Nov 24, 2014

Lesson Study di Universitas

Ass. Wr. Wb.


Berikut adalah Lesson Study yang diselenggarakan di Universitas. Penggalan Video berikut diambil pada Mata Kuliah "Strategi Pembelajaran Matematika" pada Program S1 Pendidikan Matematika, FMIPA, di mana setelah memelajari berbagai macam landasan, filsafat, ideologi, teori, paradigma dan menyiapkan perangkat dan model pembelajaran, para mahasiswa oleh Dosen Model diberi kesempatan untuk menyimulasikan Pembelajaran Matematika untuk SMP.

Dosen Model: Prof. Dr. Marsigit, M.A.
Counterpart: Nila Amreta Murdiani M.Sc.
Tim Lesson Study: Endah Retnowati, Ph.D. (Ketua), Dr Sugiman, dan Dr. Ali Mahmudi
Guru Model : Ilania dibantu 3 anggota tim sebagai guru bantu model.

Untuk melihat Videonya, silahkan akses:





atau


Demikian semoga bermanfaat.

Wss Wr Wb

Marsigit

46 comments:

  1. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Berdasarkan video tersebut, Lesson Study yang dilakukan dalam kampus. Di kelas terdapat pengajar yang dibantu oleh oleh observer untuk mengamati mahasiswa. Dan dosen yang diamati oleh pengamat, bagaimana menyampaikan materi dalam kelas. Kemudian bagaimana reaksi siswa dalam kelas pada mata kuliah tersebut. Dari Lesson Study tersebut, bertujuan untuk mengetahui bagaimana keadaan kelas yang terdiri dari Dosen dan Mahasiswa yang melakukan kegiatan pembelajaran. Bagaimana interaksi mahasiswa dari penjelasan materi yang disampaikan dosen.

    ReplyDelete
  2. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Dari hasil Lesson Study, akan mendapat masukan bagaiaman masalah pembelajaran dalam kelas. Tidak hanya masalah yang disamapaikan tetapi juga mendapat masukan atau saran perbaikan dalam kesalahn dalam pembelajaran. Dari segi siswa, observer akan memberi tahukan bagaimana peran siswa dalam pembelajaran tersebut. Observer akan menjeaskan bagaimana kemampuan siswa dalam merespon pelajaran dalam kelas. Dari hasil tersebut, guru melakukan revisi atau perbaikan untuk pertemuan pembelajaran selanjutnya agar tidak terjadi kesalahan.

    ReplyDelete
  3. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Dalam Lesson Study, tidak hanya dalam pelajaran yang diberi masukan. Tetapi perangkat pembelajarannya juga. Salah satu perangkat pembelajaran adalah LKS. Siswa yang mempunyai kecerdasan yang berbeda-beda dapat difasilitasi dengan LKS. Tetapi tidak sembarang LKS dapat diberikan kepada siswa. LKS yang diberikan harus dapat mengostruk pengetahuannya sehingga siswa dapat menemukan pengetahuan barunya. Selain itu, karena siswa mempunyai kecerdasan yang berbeda, guru juga menyesuaikan isi dari LKS untuk setiap kecerdasan yang dimiliki siswa.

    ReplyDelete
  4. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Dalam video ini merupakan contoh penerapan lesson study yang dilakukan oleh mahasiswa. Sebelumnya yang tidak ada dalam video ini adalah proses pembelajaran. Kemudian barulah video ini menggambarkan bagaimana para observer yang sama-sama mahasiswa menjelaskan hasil observasi terhadap pembelajaran matematika. Kemudian dikritisi dan dievaluasi apa saja yang perlu ditingkatkan dan diperbaiki. Karena pada dasarnya lesson study adalah suatu cara untuk meningkatkan proses pembelajaran yang ditinjau dari berbagai aspek dari mulai metode pembelajaran, media pembelajara, sikap guru dan sebagainya. Dari lesson study diharapkan akan menjadi bahan guru dalam memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajarannya.

    ReplyDelete
  5. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Dari hasil lesson study, yang menarik adalah mengkritisi keberadaan LKS. Seperti yang telah dijelaskan Pak Marsigit bahwa LKS bukan hanya sekedar kumpulan soal. Tetapi LKS itu berisi tahap-tahap yang mengarahkan siswa untuk menemukan suatu konsep matematika. Oleh karena itu, yang bertugas membuat LKS adalah guru itu sendiri. Namun, berdasarkan penelitian Saya dulu masih banyak guru yang mengandalkan LKS penerbit yang berisi konsep secara langsung dan kumpulan soal-soal saja.

    ReplyDelete
  6. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Dalam video ini dijelaskan bahwa dalam pembelajaran perlunya penggunaan LKS yang disesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa. LKS untuk siswa quicker berbeda dengan LKS siswa yang Slower. Ini menjadi inspirasi bagi guru dan calon guru yang mengajar di dalam kelas yang heterogen. Memang sangat diperlukan LKS yang demikian. Karena setiap siswa menjadi lebih mengembangkan kemampuannya masing-masing.

    ReplyDelete
  7. Rosi anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika

    Terima kasih pak untuk video di atas, sangat menginspirasi sekali. Dengan adanya lesson study kita bisa mengetahui apa saja yang harus diperbaiki dan ditingkatkan dalam suatu proses pembelajaran, agar terciptanya suatu pembelajaran yang baik untuk mencapai tujuan pembelajaran.

    ReplyDelete
  8. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3


    Dalam video tersebut, lesson study bertujuan untuk mengethaui mana yang harus diperbaiki dan mana yang harus ditingkatkan atau dipertahankan dalam proses pembelajaran. Pemberian materi pun sebaiknya sesuai dengan kondisi kelas. Jika kita berada pada kelas yang heterogen di mana siswa satu berbeda dnegan lainnya, maka, pembelajaran pun akan berbeda untuk setiap siswa tersebut.

    ReplyDelete
  9. Surya Shofiyana Sukarman
    18709251017
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Lesson study merupakan salah satu upaya perbaikan pembelajaran yang dilakukan oleh guru-guru dalam meningkatkan pembelajaran dikelas, dengan langkah-langkah plan, do, dan see. Proses Pembelajaran yang baik akan terjadi manakala terdapat interaksi atau hubungan timbal balik antara siswa dengan lingkungannya guna transfer of knowledge dan juga transfer of value. Lesson study bertujuan untuk mengevaluasi proses pembelajaran. Dari hasil evaluasi tersebut pada tahapan refleksi guru akan mengetahui kekurangannya dalam proses pembelajaran yang dikaji dari waktu ke waktu agar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.

    ReplyDelete
  10. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Lesson study baik sekali untuk diterapkan di dalam pembelajaran yang sebenarnya. Guru memiliki peranan penting dalam membuat perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Akan tetapi guru tidak akan mampu menciptakan pembelajaran yang berkualitas jika hanya melakukannya sendiri tanpa ada kerja sama dengan guru lain. Lesson study merupakan wadah bagi guru untuk berkolaborasi dalam mengatasi permasalahan yang muncul di dalam perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas, hingga evaluasi. Lesson study dapat menjadi sarana untuk memperbaiki kesalahan atau kekurangan guru dalam melaksanakan pembelajaran dengan berdasarkan pada masalah nyata yang dihadapi. Dengan demikian, diharapkan lesson studi dapat memperbaiki kualitas guru, pembelajaran, dan hasil pembelajaran

    ReplyDelete
  11. Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
    Besse Rahmi Alimin
    18709251039
    s2 Pendidikan Matematika 2018

    Terkait topik bahasan mengenai Lesson Study di Universitas pada Mata Kuliah "Strategi Pembelajaran Matematika" pada Program S1 Pendidikan Matematika, FMIPA, di mana setelah memelajari berbagai macam landasan, filsafat, ideologi, teori, paradigma dan menyiapkan perangkat dan model pembelajaran, para mahasiswa oleh Dosen Model diberi kesempatan untuk menyimulasikan Pembelajaran Matematika untuk SMP. Bahwa Lesson Study bukanlah suatu strategi atau metode dalam pembelajaran, tetapi merupakan salah satu upaya pembinaan untuk meningkatkan proses pembelajaran yang dilakukan oleh sekelompok guru secara kolaboratif dan berkesinambungan, dalam merencanakan, melaksanakan, mengobservasi dan melaporkan hasil pembelajaran. Lesson Study bukan sebuah proyek sesaat, tetapi merupakan kegiatan terus menerus yang tiada henti dan merupakan sebuah upaya untuk mengaplikasikan prinsip-prinsip dalam Total Quality Management, yakni memperbaiki proses dan hasil pembelajaran siswa secara terus-menerus, berdasarkan data. Lesson Study merupakan kegiatan yang dapat mendorong terbentuknya sebuah komunitas belajar (learning society) yang secara konsisten dan sistematis melakukan perbaikan diri, baik pada tataran individual maupun manajerial.

    ReplyDelete
  12. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu'alaikum, wr, wb.
    Video yang sangat menarik. Dari video tersebut dapat diambil berbagai manfaat dalam pembelajaran. Dalam video tersebut dapat saling memperbaiki pebelajaran. Hal ini sangat bermanfaat agar pembelajaran selanjutnya dapat lebih baik.

    ReplyDelete
  13. Totok Victor Didik Saputro
    18709251002
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Selamat malam Prof.
    Lesson Study di Universitas diperlukan karena sebagai bahan persiapan bagi mahasiswa dan dosen. Terkhusus untuk mahasiswa yang mengambil konsentrasi pendidikan, lesso study di Universitas merupakan pengalaman secara langsung sebelum terjun menjadi seorang guru di sekolah. Mahasiswa mengalami secara langsung proses lesson study tersebut sehingga ketika mahasiswa tersebut sudah menjadi seorang guru, Ia tidak akan terkejut ketika akan diterapkannya lesson study di kelas yang dibimbing. Terima kasih.

    ReplyDelete
  14. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    Melalui lesson study guru dapat lebih percayadiri. Lesson study dapat membantu guru mengamati dan mengkritisi pembelajarannya untuk bahan perbaikan pembelajaran selanjutnya. Secara tidaklangsung guru belajar kemabli memperdalam pemahamannya tentang materi pelajaran, cakupan dan urutan materi yang diajarkan.
    selain itu lesson study juga membantu guru fokus pada seluruh aktivitas belajar siswa.
    jangan takut atau malu melihat kekurangan dan kelebihan sebagai guru saat mengajar.
    terimakasih

    ReplyDelete
  15. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Dalam pembahasan di video tersebut terdapat pembahasan mengenai LKS. Menurut saya, LKS sebaiknya tidak hanya memuat latihan soal soal saja, namun juga mencakup isi dan konten materi untuk memahamkan dan mengembangkan konsep siswa. Dengan adanya video pembelajaran yang diunggah, kita dapat memahami bagaimana sebaiknya pembelajaran dilakukan di depan kelas baik untuk micro teaching ataupun kelak menjadi pendidik

    ReplyDelete
  16. Darwis Cahyo Nugroho
    18709251038
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum wr.wb
    Dalam video diatas yang paling ditekankan adalah keberadaan lks yang bukan hanya contoh soal ataupun kumpulan soal soal. Melainkan, lks harus berisi petunjuk petunjuk agar siswa dapa mengkonstruksi konsep konsep yang saling berkaitan satu sama lain.

    ReplyDelete
  17. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Adanya lesson study tentu adanya keinginan untuk melakukan suatu perubahan atau perbaikan dalam pembelajaran. melalui lesson study, pendidik menjadi tahu apa saya kekurangannya saat mengajar melalui kritik dan saran dari observer. Kritik dan saran yang diberikan dijadikan sebagai bahan evaluasi dalam rangka untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas mengajarnya sehingga terciptanya suatu pembelajaran yang baik.

    ReplyDelete
  18. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Dari hasil video diatas, terlihat bahwa lesson study dilaksanakan dengan santai tetapi serius. Guru menjelaskan situasi di kelas terkait dengan pelaksaan pembelajaran dan penggunaan LKS. Observer yaitu Prof Marsigit memberi pengertian bahwa LKS tidak hanya kumpulan soal-soal tetapi juga memfasilitasi proses pembelajaran. Sehingga LKS yang baik adalah LKS yang jelas, terdapat tahap-tahap, dan dapat memunculkan proses berpikir siswa. Ketika siswa berkelompok dan LKS yang dibagikan hanya 1 per kelompok dan soalnya tidak heterogen sesuatu dengan kemampuan siswa maka siswa yang slower akan doing nothing karena dia akan panik dan merasa tidak bisa mengerjakan.

    ReplyDelete
  19. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Dalam melaksanakan lesson study memerlukan adanya orang lain yang bertindak sebagai observer. Seorang observer bukanlah orang yang asal pilih, namun mereka adalah orang-orang yang sudah direncanakan dan memiliki keahlian dalam bidangnya. Melaksanakan lesson study memang tidak mudah, karena diusahakan agar apa yang dilaksanakan dikelas merupakan sesuatu yang alami seperti yang biasanya dilakukan. Jika yang dilakukan dikelas tidak sesuai dan direkayasa karena akan adanya sebuah lesson study maka dapat membuat hasilnya juga tidak sesuai. Oleh sebab itu, diperlukan bagi observer untuk melihat mana ynag benar-benar natural dan mana yang seolah dibuat-buat sehingga memerlukan seseorang yang benar-benar ahli.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  20. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Video tersebut merupakan salah satu contoh lesson study di perguruan tinggi. Tampak pada video tersebut mahasiswa-mahasiswa mencoba untuk mengobservasi temannya sendiri ketika memberikan suatu pembelajaran matematika di dalam kelas. Kegiatan observasi tersebut merupakan sebuah tahapan perbaikan yang harus dilakukan oleh seorang guru agar mampu memberikan suatu pembelajaran yang baik. Tujuan diadakannya lesson study tersebut adalah tidak lain untuk meningkatkan kualitas seorang guru dalam melaksanakan pembelajaran di dalam kelas.

    ReplyDelete
  21. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Pembelajaran di kelas tentunya tidak bisa dipisahkan dari bahan ajar yang digunakan seorang guru. Salah satu bahan ajar yang dapat digunakan oleh seorang guru adalah LKS. Namun berdasarkan video tersebut LKS bukan hanya merupakan kumpulan soal, tetapi LKS yang digunakan di kelas harus mampu memfasilitasi proses pembelajaran. Oleh karena itu, seorang guru harus mampu mengembangkan suatu LKS, dimana LKS tersebut harus mampu memfasiitasi siswa baik yang memiliki kemampuan tinggi maupun rendah.

    ReplyDelete
  22. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Kuliah yang berbeda dari biasanya dengan menerapkan lesson study. Lesson study membantu semua pihak agar dapat mencapai tujuan masing-masing. Setiap guru dapat saling belajar dan mengevaluasi dari apa yang telah dilaksanakan sebelumnya dan mencari solusi bersama untuk kendala yang ditemukan pada pembelajaran sebelumnya. Jika pendidiknya sudah berusaha semaksimal mungkin maka diharapkan pula siswa dapat lebih efektif dan efisien dalam belajar.

    ReplyDelete
  23. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Menurut saya, lesson study sangatlah penting untuk dilakukan oleh para guru. Sebelum guru memasuki kelas, hendaknya mereka telah mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan dalam pembelajaran, yaitu apa saja yang akan dibicarakan di kelas, kesesuaian dengan topik pembelajaran, alat peraga, media, dan bagaimana untuk menuntun siswa aktif. Selama proses pembelajaran terjadi, guru lain perlu mengevaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru kelas, dan mendiskusikannya setelah jam sekolah berakhir. Sehingga setiap harinya guru akan melakukan perbaikan dan perbaikan untuk menjadi guru yang profesional.

    ReplyDelete
  24. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu'alaikum, wr, wb.
    Menurut saya lesson study akan sangat bagus. Melalui lesson study guru dapat mengevaluasi kegiatan pembelajaran yang dilakukan melalui penilaian/sudut pandangnya dan teman-teman guru lain sehingga muncul semangat untuk memperbaiki pembelajaran. Masukan-masukan dari guru-guru yang lain dapat dijadikan bahan introspeksi untuk memperbaiki pembelajaran. Sehingga pembelajaran akan semakin baik

    ReplyDelete
  25. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Pendekaatan lesson study merupakan suatu pendekatan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru secara kolaboratif, dimana langkah-langkah yang digunakan adalah merancang pembelajaran untuk mencapai tujuan, melaksanakan pembelajaran, mengamati pelaksanaan pembelajaran tersebut, serta melakukan refleksi untuk mendiskusikan pembelajaran yang dikaji tersebut untuk bahan penyempurnaan dalam rencana pembelajaran berikutnya. Pendekatan ini merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan guru dalam mengajar.

    ReplyDelete
  26. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Pendekatan ini sangat mengedepankan pendekatan secara persuasif dengan siswa yang mana setiap bentuk gerkan atau ucapan yang dilakukan menjadi catatan buat peneliti atau guru yang menerapkan pendekatan lesson study. Dari hasil temuan tersebut peneliti/guru melakukan interpretasi dan refleksi terhadap apa yang diperoleh di lapangan.

    ReplyDelete
  27. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Dalam video tersebut Prof Marsigit mengatakan bahwa “LKS is not just a collection of problem” yang mana fungsi dari LKS adalah untuk memfasilitasi proses belajar siswa. Oleh karena setiap manusia itu berbeda maka LKS yang tunggal akan menyebabkan “the quicker” menunggu “the slower”. Sebisa mungkin hindari penggunaan LKS yang satu untuk siswa yang banyak. Dan kita patut berkaca dari negara Inggris, dimana gurunya menyediakan bebarapa LKS untuk siswa di kelasnya. Berikan LKS yang kompleks untuk siswa yang mempunyai kemampuan kognitif yang bagus, sehingga LKS tersebut dapat memfasilitasi siswa yang mempunyai kemampuan tinggi agar kebutuhan belajarnya terpenuhi. Dan memberikan LKS untuk siswa yang mempunyai kemampuan menengah kebawah disertai bimbingan oleh guru. Bersikaplah yang adil saat mengajar, agar sebisa mungkin tidak merugikan siswa baik yang the quicker maupun the slower.

    ReplyDelete
  28. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Biasanya guru yang melakukan kunjungan ke sekolah-sekolah sebagai jadwal rutin dalam observasi kegiatan lesson study yang dilakukan guru-guru di sekolah secara bergantian. Bila beralih kepada dosen yang berkunjung ke universitas-universitas tertentu agar bisa observasi lesson study, bisa saja terjadi karena memang dasarnya sama-sama seorang pengajar dan bisa menjadi tambahan ilmu dan mungkin ada penemuan baru saat mengobservasi lesson study tersebut. Karena yang di didik beda umur sehingga kemungkinan menemukan hal baru yang biasanya sering terjadi pada usia sekolah hal ini tidak terjadi dan hanya terjadi pada usia mahasiswa.

    ReplyDelete
  29. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Jika kita Lihat dari definisinya, Lesson Study merupakan terjemahan dari bahasa Jepang jugyou yang berarti pelajaran dan kenkyuu yang berarti riset. Lesson Study itu sendiri merupakan suatu model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan, berlandaskan prinsip-prinsip kolegalitas dan pengetahuan bersama (mutual learning), untuk membangun komunitas belajar. Adapun beberapa manfaat dari lesson study yakni pendidik dapat mendokumentasikan kinerja dan hasilnya, pendidik dapat memperoleh umpan balik dari anggota tim lesson study yang lain, selain itu pendidik dapat mempublikasikan hasil lesson studynya.

    ReplyDelete
  30. Puspitarani
    19709251062
    S2 Pendidikan Matematika D 2019
    Terima kasih Bapak atas link tentang lesson study di universitas yang sudah Bapak share kepada kami.Video di atas menambah pengetahuan bagi saya tentang konsep lesson Study. Sebelum menyaksikan video yang dibagikan lewat link di atas, saya hanya mengetahui lesson Study terbatas pada konsep dan teorinya saja. Maka, setelah melihat video tersebut, pengetahuan saya tentang lesson Study semakin kokoh. Saya menyaksikan bagaimana kolaborasi itu dibangun, bagaimana pembelajaran dilaksanankan.Dengan adanya video lesson study ini, saya bisa tahu bagaimana pembelajaran itu dilaksanakan, sehingga dapat menjadi bekal saya untuk persiapan mengajar nantinya.

    ReplyDelete
  31. Assalamu'alaykum wr wb
    Dwi Kawuryani
    19709251061
    Pendidikan Matematika S2 D
    Pada postingan di atas dapat dilihat lesson study yang dilakukan oleh dosen di kelas mahasiswa yang diamati oleh pengamat. melalui proses lesson study mahasiswa ataupun pengajar dapat belajar tentang kekurangan dalam proses pembelajaran karena telah melakukan proses pembelajaran pengajar akan diberikan saran kritik juga komentar oleh pengamat. kegiatan seperti ini dapat membantu para pengajar untuk terus meningkatkan kualitas mengajar nya karena dapat saling berbagi pengalaman atau pemikiran dengan pengajar lain. Kegiatan seperti ini hendaknya sering dilakukan di kalangan mahasiswa pendidikan ataupun kalangan pengajar.
    Wassalamu'alaikum wr wb

    ReplyDelete
  32. Ahmad Syajili
    19709251066
    S2 PMD 2019

    Assalamualaikum wr.wb
    Terima kasih Pak Prof. atas link penggalan video yang Bapak sharing, yaitu tentang lesson study yang diselenggarakan di Universitas. Melalui video tersebut, terlihat bahwa lesson study tidak hanya bisa diterapkan pada sekolah menengah, akan tetapi juga dapat diterapkan di jejang yang lebih tinggi setingkat Universitas.
    Berdasarkan video tersebut, terlihat bahwa lesson study yang diterapkan pada mata kuliah strategi pembelajaran matematika merupakan suatu wadah bagi mahasiswa untuk belajar sekaligus sebagai pusat pelatihan, dalam rangka meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menjadi guru yang kreatif dan inovatif.

    ReplyDelete
  33. sintha fardu anggraeni
    19709251071
    S2 pendidikan matematika /D

    terimakasih Bapak Prof Marsigit atas video yang sudah bapak bagikan tentang lesson study yang dilaksanakan di Universitas pada kuliah strategi pembelajaran matematika. Melalui pembelajaran lesson study dapat belajar tentang kekurangan dalam proses pembelajaran. Sehingga dapat mengevaluasi dari apa yang telah dilaksanakan sebelumnya dan mencari solusi bersama untuk kendala yang ditemukan pada pembelajaran sebelumnya.

    ReplyDelete
  34. Assalamu'alaikum wr. wb
    Novi Indriyani Kones
    PEP S2 A 2019
    19701251002

    Dari pemaparan diatas saya menangkap satu konsep dalam menyusun media pembelajaran yaitu LKS. LKS disusun bukan hanya untuk penyusunan soal saja namun ada tahapannya, proses berpikirnya, menemukan, terdapat penyimpulan sehingga siswa diajak untuk berkegiatan dalam pembelajaran.

    Terimakasih
    Wassalamu'alaikum wr. wb

    ReplyDelete
  35. Annisa Nur Arifah
    18709251058
    S2 Pendidikan Matematika C 2018

    Lesson study adalah model pembinaan (pelatihan) profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berdasarkan prinsip-prinsip kolegalitas dan mutual learning sehingga dapat terbangun komunitas belajar. Berdasarkan penelitian Rif’ati Dina Handayani, Agung Ryskiadi, Ali Machrus,dan Rifan Acik (2015) penerapan lesson study dapat meningkatkankemampuan mengajar mahasiswa calon guru dari kriteria kurang baik menjadi kriteriasangat baik. Penelitian dengan jumlah sampel yang lebih besar dengan calon guru dari berbagai disiplin ilmu masih perlu dilakukanagar pengaruh Lesson study terhadap kemampuanmengajar mahasiswa calon guru dapat semakin tereksplorasi.

    ReplyDelete
  36. Choirul Amri
    (19709251078 S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2019)

    Bismillah, menurut video yang Bapak bagikan, lesson study adalah model pembinaan (pelatihan) profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan yang berlandaskan pada prinsip-prinsip kolegialitas dan mutual learning untuk membangun komunitas belajar. suatu pendekatan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilakukan guru secara kolaboratif, melalui langkah-langkah merancang pembelajaran untuk mencapai tujuan, melaksanakan pembelajaran, mengamati pelaksanaan pembelajaran tersebut, serta melakukan refleksi untuk mendiskusikan pembelajaran yang dikaji untuk bahan penyempurnaan dalam rencana pembelajaran selanjutnya. Lesson study merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan guru dalam mengajar yang efektif. Terimakasih.

    ReplyDelete
  37. Tiara Wahyu Anggraini
    19709251065
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Terima kasih pak atas video yang sangat menarik ini. Dari video ini dapat di ambil berbagai manfaat untuk pembelajaran dan sekaligus juga untuk memperbaiki pembelajaran sehingga pembelajaran selanjutnya dapat lebih baik lagi. Lesson Study yang dilakukan di Universitas sangat diperlukan untuk sebagai bahan persiapan bagi mahasiswa dan dosen, apalagi khusus untuk mahasiswa yang mengambil jurusan pendidikan. Lesson study merupakan pengalaman mahasiswa secara langsung yang dilakukan sebelum terjun menjadi seorang guru di sekolah. Dengan adanya mahasiswa yang mengalami secara langsung proses lesson study tersebut, membuat ia telah memiliki bekal pengalaman sehingga ketika ia telah menjadi seorang guru, ia tidak akan terkejut apabila diterapkan lesson study di kelas yang dibimbingnya.

    ReplyDelete
  38. Rifki Rinaldo
    19709251070
    S2 Pendidikan Matematika D 2019


    Dalam video tersebut dijelaskan bahwa Lesson Study merupakan pelatihan dalam mengkaji pembelajaran secara kolaboratif yang diperlukan untuk menambahkan pengalaman atau wawasan yang berlandaskan pada prinsip kolegalitas untuk membangun komunitas belajar. Kegiatan ini diharapkan menjadi bekal untuk melaksanakan pembelajaran. Lesson Study juga dapat digunakan sebagai tempat evaluasi diri sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan.

    ReplyDelete
  39. Fitria Restu Astuti
    19709251069
    S-2 Pendidikan Matematika D 2019

    Lesson study merupakan suatu model pembinaan profesi pendidik (guru) melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan, berlandaskan prinsip-prinsip colleagues and mutual learning untuk membangun komunitas belajar. Dari video yang dibagikan Prof. Marsigit saya menangkap kalimat yang sangat bermakna yaitu tentang prinsip latihan. Prinsip latihan diartikan dengan menunggu siswa yang berlajarnya lamban dan melayani siswa yang belajar dengan cepat. Dalam arti lain prinsip latihan adalah belajar berdasarkan potensi yang dimiliki oleh siswa.

    ReplyDelete
  40. Lesson study pada tingkat universitas masih perlu dilakukan; akan tetapi modelnya perlu berbeda dari lesson study pada umumnya. Lesson study pada tingkat universitas, harus memiliki kebaruan sesuai dengan bidang keahlian. Aspek kebaruan inilah yang membedakan lesson study di perguruan tinggi dengan guru-guru pada tingkat Sekolah Dasar, Sekolah Menengah dan Sekolah Menengah Atas. Selain unsur kebaruan, lesson study di universitas perlu dilakukan dengan syarat orginalitas. Originilatas perlu dilakukan sebagai hasil karya dalam bidang keahlian. Untuk itu, lesson study, sangat perlu dilakukan di tingkat Universitas

    ReplyDelete
  41. Rona Happy Mumpuni
    19709251059
    S2 Pendidikan Matematika D

    Kualitas pembelajaran merupakan hal penting yang harus menjadi perhatian dosen. Kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan melalui kolaborasi antar dosen dalam pelaksanaan lesson study. Lesson study merupakan suatu upaya pembinaan untuk meningkatkan proses pembelajaran yang dilakukan sekelompok guru atau dosen secara kolaboratif dan berkesinambungan dalam merencanakan, melaksanakan, mengobservasi dan melaporkan hasil pembelajaran. Pada dasarnya lesson study merupakan salah satu bentuk pengembangan profesional dosen yang dilakukan dengan cara saling berbagi pengalaman pembelajaran atau perkuliahan melalui kolaborasi antara seorang dosen sebagai model dan dosen lain sebagai observer.

    ReplyDelete
  42. 94. Lesson Study di Universitas Assalamu'alaykum wr wb
    Dwi Kawuryani
    19709251061
    Pendidikan Matematika S2 D
    Dalam video diatas dijelaskan tentang perlunya penggunaan LKS yang sesuai dengan tingkat kemampuan siswa. LKS untuk siswa quicker berbeda dengan LKS siswa yang Slower. Saran dan masukan ini, dapat dipertimbangkan oleh semua pendidik. Karena setiap siswa memiliki kemampuan yang berbeda, sehingga membutuhkan fasilitas yang berbeda sesuai dengan kebutuhan. Dengan adanya sebuah lesson study, guru dapat memperbaiki apa yang kurang baik, dan juga terus meningkatkan kreatifitas dalam menyusun sebuah pembelajaran. Kegiatan seperti ini sangat bermanfaat bagi guru.
    Wassalamu'alaikum wr wb

    ReplyDelete
  43. Vera Yuli Erviana
    NIM 19706261005
    S3 Pendidikan Dasar 2019

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Sebelumnya trimakasih banyak untuk referensi dalam video ini. Melalui lesson study kita dapat mengetahui apa yang sebaiknya kita perbaiki dalam proses pembelajaran agar terciptanya pembelajaran dengan kualitas yang baik. Dalam lesson study ini, bukan hanya masalah yang dihadirkan, tetapi juga masukan dan saran untuk memperbaikinya. Dari segi siswa, observer akan menjelaskan bagaimana kemampuan siswa dalam memahami pelajaran di kelas. Dari hasil tersebut, guru dapat melakukan revisi untuk pembelajaran selanjutnya agar tidak terjadi kesalahan.
    WAssalamualaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  44. Latifa Krisna Ayu
    19709251060
    S2 Pendidikan Matematika D

    LKS(Lembar Kerja Siswa) atau yang saat ini berganti nama menjadi LKPD(Lembar Kerja Peserta Didik) memang seharusnya tidak hanya merupakan kumpulan soal. Namun yang banyak terjadi ialah LKS merupakan lembar yang berisi soal untuk melihat apakah siswa mampu menerapkan konsep atau rumus yang telah ia dapatkan di tahapan sebelumnya ke dalam kegiatan penyelesaian permasalahan matematika. Hal ini sangat perlu disadari oleh guru bahwa di dalam LKS perlu adanya informasi dan tuntunan bagi siswa untuk dapat membangun konsep dan menemukan rumus, bukan hanya sekedar pmenyelesaikan soal. Pemberian LKS juga sebaiknya diberlakukan secara tim atau kelompok dengan komposisi setiap tim yang adil. sehingga dalam penyelesaian LKS, siswa yang lebih cepat dalam memahami konsep dan menyelesaikan permasalahan dapat membantu siswa lain yang lebih lambat dalam memahami konsep dan menyelesaikan permasalahan.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  45. M. Ikhsan Ghozali
    19701261003
    PEP S3 2019

    Assalamu'alaikum wr.wb.
    Sekali lagi, terima kasih Prof. atas pembelajarannya tentang Lesson Study. Bagi guru, lesson study memiliki peran penting untuk membantunya mempersiapkan pembelajaran yang bermakna, sesuai dengan perencanaan: apa saja yang masih kurang dan perbaikan yang mesti dilakukan. Bagi calon guru, lesson study menjadi bekal untuk memahami bagaimana melaksanakan pembelajaran yang baik dan bermakna. Maka, di perguruan tinggi yang notabene adalah LPTK, praktik-praktik lesson study ini penting diselenggarakan secara sistematis dan berkelanjutan sebagai media bagi mahasiswa calon guru untuk mengenal sejak awal bidang kerja yang nantinya digeluti: kemampuan yang mesti dimiliki, perangkat-perangkat pembelajaran yang mendukung yang mesti disiapkan yang menjadi acuan, dan sebagainya.
    Demikian dan terima kasih.
    Wassalamu'alaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  46. Achmad Rante Suparman
    19701261010
    PEP S3 2019

    Terima kasih atas videonya Prof, ini dapat menambah wawasan kita tentang lesson study.

    Dalam lesson study ada plan, do dan see.
    Perencanaan dilaksanakan secara bersama-sama dalm tim, dalam proses pelaksanaan dipantau oleh rekan dan pada tahap refleksi akan ada timbal balik pada proses pembelajaran. Ini dapat memberikan proses pembelajaran yang baik, sehingga proses pembelajaran akan lebih bermakna

    ReplyDelete