Dec 2, 2012

INDUCTIVISM





Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang INDUCTIVISM, koneklah:







Wss Wr Wb

30 comments:

  1. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Penalaran induktif dimulai dengan pengamatan khusus yang diyakini sebagai model yang menunjukkan suatu kebenaran atau prinsip yang dianggap dapat berlaku secara umum. Penalaran induktif dapat berbentuk generalisasi, analogi, atau hubungan sebab akibat. Generalisasi adalah proses berpikir berdasarkan hasil pengamatan atas sejumlah gejala dan fakta dengan sifat-sifat tertentu mengenai semua atau sebagian dari gejala serupa itu. Analogi merupakan cara menarik kesimpulan berdasarkan hasil pengamatan terhadap sejumlah gejala khusus yang bersamaan. Sedangkan hubungan sebab akibat ialah hubungan ketergantungan antara gejala-gejala yang mengikuti pola sebab akibat, akibat sebab, dan akibat-akibat.

    ReplyDelete
  2. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PM A PPs UNY 2018

    Induktivism atau induktivisme merupakan model tradisional dalam metode saintifik yang diterangkan pada tahun 1620 oleh Francis Bacon. Induktivisme dipandang sebagai aliran yang menggunakan landasan berpikir induktif. Aliran ini dikaji lebih dalam karena kedudukannya yang sangat penting dalam metode ilmiah. Penalaran induktif merupakan prosedur yang berpangkal dari peristiwa khusus sebagai hasil pengamatan empirik dan berakhir pada suatu kesimpulan atau pengetahuan baru yang bersifat umum.

    ReplyDelete
  3. Surya Shofiyana Sukarman
    18709251017
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Induktivisme merupakan kebalikan dari deduktivisme. Induktivism (penelaran induktif) merupakan pemahaman membentuk pola pikir dari prnyataan khusus ke pernyataan umum. Yang merupakan bagian dari empiric dengan cara pandang atau cara mengetahui pengetahuan yang berdasarkan pengalaman. Menurut Bacon metode induksi yang tepat adalah induksi yang bertitik pangkal pada pemeriksaan yang diteliti dan telaten mengenai data-data particular, yang pada tahap selanjutnya rasio dapat bergerak maju menuju penafsiran terhadap alam (interpretatio natura).

    ReplyDelete
  4. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Induktivisme merupakan bagian dari empirisme yang sangat menghargai pengamatan empiris. Induktivisme adalah aliran yang menggunakan landasan berpikir induktif, yaitu ilmu pengetahuan yang berasal dari fakta-fakta observasi. Hasil dari observasi tersebut digunakan sebagai berpikir secara induktif. Induktif juga dapat diartikan sebagai prosedur yang berpangkal dari peristiwa khusus sebagai pengamatan empirik dan berakhir pada suatu kesimpulan atau pengetahuan baru yang bersifat umum. Hasil penarikan kesimpulan sebagai salah satu bentuk kebenaran yang diperoleh dengan kajian ilmiah, sangat ditentukan oleh pemikiran induktif.

    ReplyDelete
  5. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Dari berbagai link yang diberikan, inductivism merupakan model tradisional dari sebuah metode ilmiah. Inductivism bertentangan dengan deductivism yaitu metode penalaran dengan menggunakan premis sebagai bukti kebenaran yang kuat dalam membuktikan kesimpulan. Secara Filosofis, penalaran inductivism memiliki penyederhanaan dari kasus individu/tertentu ke generalisasi yang secara luas. Sebaliknya, premis dari argumen logisnya menyatakan tingkat dukungan untuk kesimpulan yang tidak membutuhkannya.

    ReplyDelete
  6. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Induktivisme mengatakan bahwa iImu itu sebagai pengetahuan yang berasal dari fakta observasi. Induktivisme adalah pengetahuan yang sudah dibuktikan kebenarannya. Induktivisme berkaitan dengan ilmiah. Teori ilmiah berasal dari fakta pengalaman yang diperoleh melalui observasi dan penelitian. Dalam induktivisme terdapat berbagai pernyataan yang diperoleh dari hasil observasi. Selain itu, terdapat juga penalaran di dalamnya yang biasa disebut penalaran induktif.

    ReplyDelete
  7. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Induktif adalah kebalikan dari deduktif. Dalam pola induktif penganut dirujuk untuk bertolak pada berbagai masalah khusus menuju masalah umum. Berbagai macam permasalahan dijadikan awalan yang berikutnya menjadi rujukan untuk simpulan yang dapat digeneralisasi. Salah satu kelebihan dari pola pikir induktif adalah penganut mendapatkan latar yang kuat dan mantab sebagai bekal untuk menarik suatu kesimpulan yang pada akhirnya dapat digeneralkan.

    contoh kasus adalah:
    Jika dipanaskan, besi akan memuai
    Jika dipanaskan, alumunium akan memuai
    Jika dipanaskan, baja akan memuai

    ReplyDelete
  8. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan judul diatas, induktivisme yaitu Problema induksi yang mempunyai ketergantungan pengamatan pada teori. Ilmu merupakan prinsip kajian yang mendasari suatu proses kerja dan merupakan hasil dari proses pengamatan. Pada dasarnya ilmu menempati posisi yang sangat penting bagi kehidupan. Menurut Einsten, Ilmu tanpa agama maka buta, agama tanpa ilmu maka pincang. Nah, jadi agama dan ilmu harus sama-sama di pelajari. Keterbatasan induktivisme dalam perannya menyumbangkan pengetahuan melalui metode ilmiah dianalisis dari kritik-kritik yang diberikan terhadapnya.

    ReplyDelete
  9. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Induktivisme adalah aliran filsafat yang mendoktrinkan bahwa pengetahuan ilmiah dibangun atas dasar fakta-fakta khusus yang dialami. Akar dari induktivisme adalah empirisme. Empirisme menekankan pengalaman untuk memperoleh pengetahuan dan mengecilkan peran dari pemikiran. Terdapat dua ciri pendekatan empirisme yaitu: pendekatan makna dan pendekatan pengetahuan. Pendekatan makna menekankan pada pengalaman, sedangkan pendekatan pengetahuan menekankan pada kebenaran yang diperoleh melalui pengamatan.

    ReplyDelete
  10. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Induktivisme merupakan proses berpikir yang diawali dengan menganalisis gejala-gejala yang ada maupun contoh-contoh yang khusus untuk kemudian ditarik kesimpulan secara umum. Jika deduktivisme biasa digunaan dalam penelitian kuantitatif untuk membuktikan suatu teori, maka induktivisme biasanya digunakan dalam metode penelitian kualitatif yaitu dengan mengkaji fenomena-fenomena sosial yang kemudian bisa menghasilkan teori. Pada matematika, berfikir indukti sanga cocok diterapkan. Karena dengan mengantarkan matemtika dengan proses induktif maka siswa bisa mengkonstruk konsep matematikanya sendiri berdasarkan pengetahuan atau contoh-contoh yang dekat dengan siswa. Setelah itu diharapkan konsep yang mereka temukan akan lebih bermakna.

    ReplyDelete
  11. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Penalaran induktif merupakan prosedur yang berpangkal dari peristiwa-peristiwa khusus sebagai hasil pengamatan empirik dan berakhir pada suatu kesimpulan atau pengetahuan baru yang bersifat umum. Dalam studi ilmiah yang dilakukan dengan teknik eksperimen, penggunaan metode induksi sangat dominan dan memberi pengaruh yang kuat. Hasil penarikan kesimpulan sebagai salah satu bentuk kebenaran yang diperoleh dengan kajian ilmiah, sangat besar ditentukan oleh pemikiran empiris.

    ReplyDelete
  12. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Induktivisme atau induksi secara umum merupakan proses berpikir dimana seseorang berjalan dari yang kurang universal menuju yang lebih besar, dengan kata lain dari yang individual menuju universal. Induksi dapat mengantarkan manusia pada tingkatan inderawu dan individual menuju pada tingkatan intelektual dan universal.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  13. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Secara khusus, induksi merupakan suatu persoalan generalisasi empiris, yaitu ketika kita berpendapat bahwa karena sesuatu telah terbukti benar dalam sejumlah kasus yang diamati maka besar kemungkinan yang diperoleh tidak bersifat pasti, akan tetapi kemungkinannya juga bisa menjadi sangat besar dan selruh prediksi rasional kita mengenai masa depan tergantung pada referensi ini. Kemudian, pengemabilan keputusan menggunakan model / metode induksi pasti bukan sekadar masalah empiris karena kita dapat menggunakan dan menyimpulkan apa yang belum kita alami.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  14. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Berpikir induktif merupakan pola pikir dari hal-hal khusus mengarah pada hal yang lebih umum. Induktivisme adalah paham filsafat yang mengajarkan bahwa cara berpikir dari satu atau sejumlah fenomena individual untuk menurunkan suatu kesimpulan bersifat general. Pendekatan induktif merupakan pendekatan yang dilakukan untuk membangun sebuah teori berdasarkan hasil pengamatan. Suatu observasi yang dilakukan berkali-kali akan membentuk sebuah pola tertentu. Dari pola tersebut akan memunculkan suatu hipotesis. Setelah dilakukan berulang-ulang, barulah diperoleh sebuah teori.

    ReplyDelete
  15. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Inductivism atau inductivisme merupakan model tradisional yang dikembangkan oleh Francis Bacon pada tahun 1561-1626. Menurut pandangan induktivis, ilmu bertolak dari observasi. Pengamat ilmiah harus memiliki organ-organ indera yang normal dan sehat, dan harus pula secara jujur merekam apa yang ia lihat, dengar, dan sebagainya. Dalam hubungan dengan situasi yang diamatinya, ia harus melakukan penelitian tanpa prasangka apapun atau netral.

    ReplyDelete
  16. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Inductivism merupakan kebalikan dari deductivism. Dalam inductivism merupakan paham yang mengarahkan pola pikir untuk berpikir dari khusus atau dari sesuatu yang sempit kepada sesuatu yang umum atau luas. Penalaran induktif dapat berbentuk generalisasi, analogi, atau hubungan sebab akibat.

    ReplyDelete
  17. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Inductivism adalah model tradisional dari metode ilmiah yang dikaitkan dengan Francis Bacon, yang pada 1620 bersumpah untuk menumbangkan dugaan pemikiran tradisional. Inductivism menyimpulkan dari pengamatan efek yang sama dengan penyebab yang sama, dan digeneralisasikan secara tidak terbatas yaitu, dengan induksi enumeratif ke hukum universal. Terimakasih

    ReplyDelete
  18. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Induktif adalah sebuah penarikan kesimpulan yang berdasar pada hal khusus kemudian ke hal yang umum. Menurut Francis Bacon metode induktif adalah proses pemikiran dengan cara mengamati dan meneliti fenomena-fenomena yang terjadi dan kemudian digeneralisasikan sebagai kesimpulan. Dengan kata lain metode induksif adalah cara berpikir dari hal-hal yang bersifat kusus (particular) menuju ke hal-hal yang bersifat umum. Contoh: logam besi dipanaskan memuai, logam perak dipanaskan memuai, logam emas dipanaskan memuai, jadi semua logam dipanaskan memuai. Pembelajaran induktif menghendaki penarikan kesimpulan didasarkan atas fakta-fakta yang konkrit sebanyak mungkin. Semakin banyak fakta semakin mendukung hasil simpulan.

    ReplyDelete
  19. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
    Induktivisme merupakan paham atau aliran yang menggunakan landasan berpikir induktif. Dimana penalaran induktif merupakan prosedur yang berpangkal dari peristiwa khusus sebagai hasil pengamatan empirik dan berakhir pada suatu kesimpulan atau pengetahuan baru yang bersifat umum atau lebih simpelnya penarikan kesimpulan yang berdasar dari hal khusus ke hal yang umum (universal).

    ReplyDelete
  20. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Induktivisme merupakan kebalikan dari deductivisme. Dimana penalaran induktif bermula dari hal yang bersifat khusus hasil dari pengamatan empiris menuju ke hal yang bersifat umum. Menurut Bacon penalaran induksi untuk memperoleh pengetahuan didapatkan dari hasil pengamatan, pemikiran, dan uji coba yang dilakukan.

    ReplyDelete
  21. Jefri Mailool
    PEP 18701261002

    Inductivism adalah model tradisional dari metode ilmiah yang dikaitkan dengan Francis Bacon. Dalam model Baconian, seseorang mengamati alam, mengusulkan hukum yang sederhana untuk menggeneralisasi pola yang diamati, mengonfirmasinya dengan banyak pengamatan, memberlakukan hukum yang lebih luas secara sederhana, dan menegaskan bahwa juga, dengan banyak pengamatan, sambil membuang hukum yang tidak dikonfirmasi.

    ReplyDelete
  22. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3

    Fundamental metode induktif pada intinya bertumpu pada paradigma Cartesian yang menelisik dan mengurai realitas kehidupan berdasar hukum sebab-akibat. Paradigma ini merupakan representasi dari kemenangan kaum rasionalis dalam panggung ilmu pengetahuan dan hanya tunduk pada bukti-bukti empiris yang mampu menggagalkan tesis kaum rasionalis.

    ReplyDelete
  23. Rizki Nisa Setyowaati
    19701251013
    PEP S2 A

    Induktivisme meletakkan pengamatan terhadap realita sebagai dasar dari pengetahuan yang lebih umum dan dapat digeneralisasi. Pengamatan harus dilakukan secara netral tanpa prasangka, sehingga kemampuan penginderaan yang baik sangat dibutuhkan. Pengamatan harus dilakukan berkali-kali untuk mengurai fenomena yang terjadi dan melihat pola yang muncul demi mendapatkan hasil kesimpulan yang lebih valid.

    ReplyDelete
  24. Ardhya Handayani
    19701251015
    S2 PEP 2019 A

    Induktivisme merupakan model dari metode ilmiah oleh Francis Bacon. Induktivisme dapat dikatakan sebagai pengambilan kesimpulan dari sebuah fenomena yang kemudian di generalisasikan menjadi hal umum, atau melihat fenomena khusus lalu di generaliasasikan. Pola pikir induktif adalah metode yang melihat dan menggunakan bukti, atau sering disebut pengambilan keputusan dari sesuatu yang khusus ke umum.

    ReplyDelete
  25. Anna Isabela Sanam
    s2 PEP A 2019
    19701251001

    Induktivisme adalah adalah sebuah model yang sangat traditional atau dapat dikatakan juga pemikiran traditional dalam metode – scientific. Dikatakan traditional karena metode ini mendahulukan contoh – contoh konkrit dan fakta selanjutnya dirumuskan menjadi sebuah kesimpulan atau digeneralisasikan. Jika dikaitkan dalam filsafat maka bernalar secara induktif adalah proses berpikir yang yang bertolak dari pengamatan panca indera hingga pada sebuah kesimpulan. Contohnya adalah pengalaman. Pengalaman hal konkrit yang dapat menjadi sebuah alasan kuat dalam mengambil keputusan.

    Terima kasih Prof.

    ReplyDelete
  26. Choirul Amri
    (19709251078 S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2019)

    Bismillah, induktivisme adalah model tradisional bagian dalam metode saintifik yang dipandang sebagai aliran yang menggunakan landasan berpikir induktif. Memiliki kedudukan yang sangat penting dalam metode saintifik atau ilmiah. Induktivisme menggunakan suatu penalaran yang disebut sebagai penalaran induktif. Penalaran induktif dimulai dengan pengamatan khusus sebagai model yang menunjukkan suatu kebenaran atau prinsip yang dianggap dapat berlaku secara umum. Penalaran induktif dapat berbentuk generalisasi, analogi, atau hubungan sebab akibat. Terimakasih

    ReplyDelete
  27. Rifki Rinaldo
    19709251070
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Kebalikan dengan hipotesis deduktivisme, hipotesis Induktivisme merupakan hipotesis yang dirumuskan berdasarkan pengamatan untuk menghasilkan teori baru. Dalam induktivisme cenderung menggunakan pengamatan atau pengalaman sebagai langkah awal untuk mengumpulkan informasi. Sehingga informasi sesuai dengan fenomena yang terjadi dan berdasarkan fakta dilapangan. Dalam hipotesis induktivisme, panca indera merupakan syarat utama dalam pengumpulan informasi. sehingga dari informasi yang didapatkan diharapkan akan muncul suatu pengetahuan baru atau teori baru.

    ReplyDelete
  28. Lovie Adikayanti
    19709251068
    S2 Pendidikan Matematika D
    Assalamualaikum wr.wb
    Inductivism berlawanan dengan deductivism yaitu metode penalaran dimana premis dipandang sebagai bukti untuk membuktikan kebenaran kesimpulan. Definisi filosofis penalaran inductivism lebih bernuansa daripada perkembangan sederhana dari kasus tertentu / individu ke generalisasi yang lebih luas. Sebaliknya, premis dari argumen logis inductivism menunjukkan beberapa tingkat dukungan (probabilitas inductive) untuk kesimpulan tetapi tidak memerlukannya.Dalam arti kata, mereka menyarankan kebenaran tapi tidak memastikannya. Dengan cara ini, ada kemungkinan pindah dari pernyataan umum ke kasus individu (misalnya, silogisme statistik, yang dibahas di bawah).

    ReplyDelete
  29. sintha fardu anggraeni
    19709251071
    S2 pend matematika D 2019

    Sepemahaman yang saya baca induktivisme merupakan suatu ideologi yang meyakini bahwa kebenaran sesuatu bisa dicapai dengan cara penalaran induktif. Penalaran induktif merupakan prosedur penalaran yang berpangkal dari peristiwa khusus sebagai hasil pengamatan empiris dan yang kemudian dianalisi dan dipelajari lalu dihasilkan kesimpulan atau pengetahuan baru yang bersifat umum. Dalam mencari data empiris ke lapangan dan melakukan penelitian kita tidak harus memiliki konsep yang mendalam tetapi cukup mengamati lapangan dan dari pengamatan lapangan tersebut didapat suatu data atau pengalaman empiris yang kemudian dapat ditarik generalisasi (kesimpulan) dari suatu gejala.

    ReplyDelete
  30. Sri Ningsih
    19709251064
    S2 Pendidikan Matematika kelas D

    Inductivism adalah Filsafat yang memegang bahwa penelitian ilmiah dipandu oleh berbagai pengamatan dan data yang dihasilkan oleh percobaan sains sebelumnya. Dengan kata lain, bahwa ilmu kemajuan ke arah yang memiliki data percobaan sebelumnya. Abū Rayhān al-Bīrūnī8 dan David Hume mengatakan bahwa pernyataan-pernyataan umum (teori) harus didasarkan pada pengamatan empiris, yang kemudian generalized menjadi pernyataan yang dapat dianggap sebagai benar atau mungkin benar.

    ReplyDelete