Dec 2, 2012

HERMENEUTICS





Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang HERMENEUTICS, koneklah:





Wss Wr Wb
Marsigit

32 comments:

  1. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Hermeneutika dapat digunakan sebagai dasar penalaran. Penalaran merupakan aktivitas pikiran yang abstrak, sehingga untuk mewujudkannya diperlukan simbol. Simbol atau lambang yang digunakan dalam penalaran berbentuk bahasa, sehingga wujud penalaran akan berupa argumen. Hermeneutika dan penalaran memiliki kesamaan karena masing-masing membahas metode pemikiran dan pemahaman. Namun, peran ilmu logika dalam penalaran adalah merumuskan kerangka-kerangka yang dijadikan landasan dan metode bagi seluruh pengetahuan dan pemikiran manusia, termasuk juga metode-metode umum dalam hermeneutika.

    ReplyDelete
  2. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    hermenutics adalah sebuah teori atau metodologi dalam menginterpretasikan, contohnya yang cukup dekat dengan kehidupan kita yaitu interpretasi kitab suci, literatur dan teks filsafat. Adapun aliran modern hermeneutics ,meliputi komunikasi verbal dan non verbal. Jika dikaitkan dengan apa yang selama ini saya pelajari pada mata kuliah filsafat ilmu, hermeneutics adalah proses menerjemahkan dan diterjemahkan, menginterpretasikan dan diinterpretasikan. Dan hal ini juga berlaku dalam kehidupan manusia.

    ReplyDelete
  3. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PPs UNY PM A 2018

    Hermeneutika merupakan salah satu jenis filsafat yang mempelajari tentang interpretasi makna. Empat tingkatan interpretasi yang berkembang di abad pertengahan, yaitu, literal eksegesis, allegoris eksegesis,tropologikal eksegegis, dan eskatologis eksegesis, direduksi menjadi Literal dan gramatikal eksegesis. Hermenitika dalam kehidupan berarti bagaimana kita mampu memberikan makna dan memahami setap makna yang ada dalam kehidupan kita sehari-hari. Makna tersebut dapat diketahui dari simbol-simbol atau bahasa-bahasa yang digunakan.

    ReplyDelete
  4. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Hermeneutika merupakan ilmu filsafat yang mempelajari tentang menterjemahkan dan diterjemahkan. Karena filsafat ilmu adalah kemampuan seseorang untuk menterjemahkan dan diterjemahkan. Sebenar-benar filsafat adalah hermeneutika. Hermeneutika juga dapat diartikan sebagai proses mengubah situasi atau sesuatu dari yang tidak tahu menjadi mengerti akan sesuatu tersebut. Pada intinya hermenuitika adalah kemampuan dalam mengetahui dan memahami sesuatu hal.

    ReplyDelete
  5. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Hermeneutics merupakan salah satu cabang filsafat yang mempelajari tentang penafsiran atau interpretasi makna. Hermenetika paling banyak dikenali oleh masyarakat sebagai penafsiran kitab suci. Namun hermenetika bukan merupakan isi penafsiran, tetapi merupakan metodenya. Hermenetika juga dapat dipandang sebagai metode penafsiran yang lain, yaitu penafsiran pada sesuatu yang sulit untuk ditafsirkan, seperti filologi umum, bahasa, ilmu kemanusiaan, fenomenologi, makna yang terkandung dalam simbol maupun mitos, dan lain sebagainya.

    ReplyDelete
  6. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Hermeneutika merupakan teori dan metodologi interpretasi. Pada awalnya hermeneutika diterapkan pada interpretasi dari kitab suci saja, namun saat ini sudah diperluas lagi kepada penafsiran yang lebih umum. Selain itu, hermeneutika juga meliputi komunikasi tertulis, verbal, dan non-verbal. Hermeneutika sebagai metodologi interpretasi berkaitan dengan masalah yang muncul ketika berhadapan dengan tindakan manusia yang bermakna dan produk dari tindakan tersebut, yang paling penting teks. Sebagai suatu disipli, ia tidak hanya menginterpretasikan saja, namun juga memberikan alat atau slusi untuk menangani masalah dari setiap tindakan manusia. seiring berkembannya zaman, maka semakin berbeda juga solusi yang ada karena masalah akan semakin kompleks dan tidak akan bisa selesai dengan hanya adanya satu solusi, namun perlu banyak solusi untuk dapat menyelesaikannya.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  7. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Hermeneutika adalah salah satu jenis filsafat yang mempelajari tentang interpretasi makna. Nama hermeneutika diambil dari kata kerja dalam bahasa yunani hermeneuien yang berarti, menafsirkan, memberi pemahaman, atau menerjemahkan. Bagi hermeneutik, proses pembelajaran itu seperti dialog atau permainan di mana mereka yang terlibat dibawa oleh sesuatu yang lebih besar dari dirinya kepada pandangan yang tidak mereka antisipasi sebelumnya. Diskusi sejati tidak pernah direncanakan kemajuan dan hasilnya. Guru dan murid-murid berbicara secara spontan. Sebagaimana layaknya dalam permainan pemahaman, mereka bisa merubah pandangan atau respon-responnya terhadap teks tanpa batas.

    ReplyDelete
  8. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Hermeneutika adalah suatu ilmu untuk menerjemahkan dan menafsirkan sesuatu. Hermeneutika dapat diterapkan dengan baik sebagai kajian mendalam oleh kelompok ataupun individu dalam mempelajari sesuatu yang terkandung dalam mitos maupun simbol. Yang paling terkenal mengenai hermeneutika adalah mengenai penafsiran kitab suci. Dalam menafsirkan kitab suci hermeneutika diposisikan sebagai suatu metode. Dalam perkembangannya kini hermeneutika tidak hanya mengkaji karya kuno dan kitab suci tapi juga mencakup banyak hal, yaitu kehidupan manusia dan keberadaanya.

    ReplyDelete
  9. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan judul diatas, hermeneutika adalah salah satu jenis ilmu filsafat yang mempelajari tentang interpretasi makna. Nama hermeneutika diambil dari kata kerja dalam bahasa Yunani hermeneuein yang berarti, menafsirkan, memberi pemahaman, atau menerjemahkan. Menurut saya, memahami pengertian tersebut, dalam pembelajaran matematika itu sangat penting. Karena sering kali siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah matematika. Hal itu dikarenakan kurang pahamnya siswa dalam makna dari matematika. Mungkin dengan paham maknanya, siswa akan lebih serius dan lebih dapat memahami pelajaran matematika.

    ReplyDelete
  10. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Hermeneutika adalah aliran filsafat yang mempelajari tentang interpretasi dan penafsiran makna. Makna tersebut berupa visual dan verbal. Hermeneutika merupakan proses dari diterjemahkan dan menerjemahkan sehingga menekankan untuk memahami perasaan dan maksud orang lain, memhami makna suatu peristiwa, menerjemahkan tindakan suatu kelompok tersebut, atau mengungkap makna dari suatu tulisan.

    ReplyDelete
  11. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Definisi hermeneutika sampai saat ini masihlah terus berkembang. Hermeneutika merupakan salah satu jenis filsafat yang mempelajari tentang interpretasi makna. Hermeneutika diambil dari bahasa Yunani hermeneuein yang berarti, menafsirkan, memberi pemahaman, atau menerjemahkan. Kata kerja tersebut diambil dari nama Hermes, dewa Pengetahuan dalam mitologi Yunani yang bertugas sebagai pemberi pemahaman kepada manusia terkait pesan yang disampaikan oleh para dewa-dewa di Olympus.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  12. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Jika terjadi kesalahpahaman tentang pesan dewa-dewa, maka akibatnya akan fatal bagi seluruh umat manusia. Hermes kemudian menginterpretasikan sebuah pesan ke dalam bahasa yang dipergunakan oleh pendengarnya. Sejak saat itu Hermes menjadi simbol seorang duta yang dibebani dengan sebuah misi tertentu. Berhasil atau tidaknya misi itu sepenuhnya tergantung pada cara bagaimana pesan itu disampaikan. Maka dari itu, hermeneutik pada akhirnya diartikan sebagai “proses mengubah sesuatu atau situasi ketidaktahuan menjadi mengerti”.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  13. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Hermeneutika adalah salah satu jenis filsafat yang mempelajari interpretasi makna. Nama hermenutika diambil dari kata kerja dalam bahasa Yunani hermeneuein yang berarti menafsirkan, memberi pemahamahn atau menerjemahkan. Dalam pembelajaran matematika hermeneutika dapat digambarkan lurus dan melingkar. Lurus karena dalam hidup ini waktu akan terus berjalan dan tidak mungkin kembali. Sedangkan melingkat adalah proses kehidupan yang akan terus berulanga. Selasa ini akan ketemu selasa berikutnya. Maka hermeneutika meliputi segala sesuatu yang ada dan yang mungkin ada. Dengan hermeneutika kita dapat menjalani hidup dengan lebih harmonis.

    ReplyDelete
  14. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Berkaitan dengan sejarah munculnya Hermeneutika, pertama kali terdapat pada karya Johan Konrad Dannhauer, serang teolog Jerman, yang berjudul Hermeneutica Sacra, Sive Methodeus Exponendarums Sacrarum Litterarum yang ditulis pada tahun 1654. Sebagai teolog, hermeneutika dalam buku ini masih terbatas pada pembahasan metode menafsirkan teks-teks Bibel. Dalam perkembangan saat ini, hermeneutika dipahami sebagai sebuah teori, metodologi, dan praksis penafsiran, yang digerakkan kea arah secara temporal atau kultural berjarak jauh, atau dikaburkan oleh ideologi dan kesadaran palsu.

    ReplyDelete
  15. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Hermeneutika dapat dikatakan sebagai penggambaran mengenai bagaimana sebuah kata atau suatu kejadian pada waktu dan budaya yang lalu dapat dimengerti dan menjadi bermakna secara eksistensial dalam situasi sekarang. Hermeneutika sangat luas maknanya bahkan hermeneutika juga dapat diartikan sebagai silaturahmi dengan sesama manusia. dengan adanya bersilaturahmi terjalinlah struktur masyarakat yang mengetahui keberagamaan dalam sosial.

    ReplyDelete
  16. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Hermeneutics atau hermenetika adalah salah satu jenis filsafat yang mempelajari tentang interpretasi makna. Nama hermeneutika diambil dari kata kerja dalam bahasa Yunani hermeneuein yang berarti, menafsirkan, memberi pemahaman, atau menerjemahkan. Proses pembelajaran dalam hermenetika yaitu bagaimana anak dapat memahami maksud dari tujuan pembelajaran tersebut. Guru dapat berinovasi dengan melakukan pembelajaran melalui permainan yang sesuai dengan level kecerdasan anak, kemudian anak diajak untuk memahami makna atau maksud dari permainan tersebut dan mengaitkannya dengan kehidupan sehari-hari, tentu harus dilakukan dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh anak.

    ReplyDelete
  17. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Hermeneutika selalu berarti interpretasi. Hermeneutika adalah bagian ilmu filsafat yang sejak permulaannya di zaman klasik dianggap bertujuan menerangkan berita atau teks lama atau yang berasal dari kebudayaan lain. hermeneutika tidak lagi dibatasi pada interpretasi spekulatif sebagaimana diinginkan oleh dewa atau kekuatan supranatural lainnya yang bahasanya tidak dimengerti oleh orang awam atau kebanyakan.

    ReplyDelete
  18. Seftika Anggraini
    18709251016
    S2 PM A 2018

    Konsep hermeneutika yang digunakan dari nama Hermes ini resminya digunakan untuk kebutuhan kultural untuk menentukan makna, peran dan fungsi teks-teks kesusasteraan yang berasal dari masyarakat Yunani kuno. Meskipun interpretasi hermeneutis telah dipraktekkan dalam tradisi Yunani, namun istilah hermeneutike baru pertama kali ditemui dalam karya Plato (429-347 SM) Politikos, Epinomis, Definitione dan Timeus. Dalam Definitione Plato dengan jelas menyatakan hermeneutika artinya “menunjukkan sesuatu” yang tidak terbatas pada pernyataan, tapi meliputi bahasa secara umum, penterjemahan, interpretasi, dan juga gaya bahasa dan retorika. Sedangkan dalam Timaeus Plato menghubungkan hermeneutika dengan pemegang otoritas kebenaran, yaitu bahwa kebenaran hanya dapat dipahami oleh “nabi”. Nabi disini maksudnya adalah mediator antara para dewa dengan manusia.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  19. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Wilhelm Dilthey semakin memperluas hermeneutika dengan menghubungkan interpretasi dengan objektifikasi historis. Dilthey menjelaskan bahwa perpindahan dari luar ke batin, dari ekspresi ke apa yang diungkapkan, tidak didasarkan pada empati. Empati melibatkan identifikasi langsung dengan Yang Lain. Interpretasi melibatkan pemahaman tidak langsung atau dimediasi yang hanya dapat dicapai dengan menempatkan ekspresi manusia dalam konteks historisnya. Terimakasih

    ReplyDelete
  20. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Hermeneutika berasal dari kata yunani yaitu hermeneuien yang berarti menafsirkan atau menerjemahkan. Hermeneutika sendiri merupakan aliran filsafat yang berusaha menggali makna akan sesuatu. Hal yang perlu diperhatikan dalam menginterpretasi makna adalah teks, pengarang, pembaca. Proses hermeneutika bersifat terus menerus di setiap generasi.

    ReplyDelete
  21. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math A 2018

    Hermeneutika artinya menerjemahkan, menafsirkan dan mengintepretasikan atau diinterpretasikan. Hermeneutika dapat diaplikasikan dalam kehidupan manusia yang berorientasi pada hal hal yang positif misalnya menerjemahkan sesuatu yang memiliki maka seperti kitab suci, buku buku yang berisi peraturan dalam hidup bermasyarakat.

    ReplyDelete
  22. Jefri Mailool
    PEP 18701261002

    Hermeneutika pada awalnya diterapkan pada penafsiran, atau penafsiran, dari kitab suci, dan kemudian diperluas ke pertanyaan penafsiran umum. Istilah hermeneutika dan penafsiran terkadang digunakan secara bergantian.

    ReplyDelete
  23. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3

    After I read first and second paragraph from the article, can I conclude that everything in law is the translation from hermeneutics?

    ReplyDelete
  24. Elsa Apriska
    18709251005
    S2 PM A 2018

    Dalam filsafat hermenitika merupakan proses menerjemahkan dan diterjemahkan atau merupakan kegiatan interpretasi. Pada prinsipnya hermenitika dilakukan secara istiqomah dan kontinu. Proses ini adalah sebagai perantara untuk membangun idup bermasyarakat dengan dasar critical menuju construct life sehingga menuju tujuan yang diinginkan. Seperti halnya ketika belajar filsafat di kehidupan sehari-hari menggunakan bahasa perantara berupa “analogi” atau kiasan yang lebih tinggi dalam memaknai suatu hal. Tentunya dalan berfilsafat harus memperbanyak pengalaman sehingga dapat menjadi pelajaran untuk lebih baik lagi. Seiring lebih baik lagi ditunjang dengan alur yang sistematik dalam menyelesaikan masalah.

    ReplyDelete
  25. Rizki Nisa Setyowati
    19701251013
    PEP S2 A

    Persepsi adalah kunci dari komunikasi. Agar pesan dapat tersampaikan dengan tepat diperlukan adanya kesamaan persepsi dari pihak-pihak yang berkomunikasi. Kesamaan persepsi dapat terjadi ketika orang pertama mampu menginterpretasi dengan baik maksud orang kedua. Demikian, lahirlah hermeneutika sebagai teori dan metode melakukan interpretasi yang tepat. Konsep hermeneutika tidak terikat ruang dan waktu, maksudnya hermeneutika mungkin digunakan untuk menginterpretasi sebuah kata atau suatu kejadian pada waktu dan budaya yang lalu sehingga dapat dimengerti dan menjadi bermakna secara eksistensial dalam situasi sekarang. Misalnya, dalam ilmu arkeologi, hermeneutika digunakan untuk menginterpretasi prasati-prasasti kuno atau bangunan-bangunan bersejarah. Contoh lain dalam studi teologi, hermeneutika dapat digunakan untuk menafsirkan kitab-kitab suci.

    ReplyDelete
  26. Anna Isabela Sanam
    s2 PEP A 2019
    19701251001

    Hermeneutis adalah theory dan metode yang berkaitan interpretasi. Contoh nyata yang kita lakukan adalah bagaimana kita menginterpretasikan makna kitab suci sambil mempraktekannya dalam kehidupan sehari – hari. Contoh lainnya adalah teks2 literature yang berisikan pelajaran – pelajaran akan budaya, nilai-nilai, moral, pendidikan dan lain sebagainya. Antara sadar dan tidak sadar kita mempelajari dan mempraktekannya, menginterpretasi dan diinterpretasikan.

    Terima kasih Prof.

    ReplyDelete
  27. Choirul Amri
    (19709251078 S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2019)

    Bismillah, Hermeneutika adalah studi mengenai pemahaman (the study of understanding), terutama dengan mengintepretasikan tindakan dan teks. Hermeutika sebagai interpretasi kehidupan social dan bentuk-bentuk pengungkapkan. Sehingga hampir semua aktivitas interpretasi dapat di beri laber hermeutika karena tujuan studi hermeutika adalah menciptakan pemahaman terhadap karya dan tindakan manusia dengan menginterpretasikan sifat-sifat dan arti pentingnya. Ini dapat berarti memahami perasaan dan maksud orang lain, memhami makna suatu peristiwa, menerjemahkan tindakan suatu kelompok tersebut, atau mengungkap makna dari suatu tulisan. Studi ini mencakup pula filsafat umum pengkajian terhadap pemahaman itu sendiri. Terimakasih.

    ReplyDelete
  28. Ardhya Handayani
    19701251015
    S2 PEP 2019 A

    Hermeuntika merupakan metodologi interpretasi /penafsiran, dapat dikatakan memahami makna dari suatu kalimat/ kata/ bahasa. Heremuntika menjadi kunci dalam komunikasi baik tertulis, verbal maupun non verbal. Hermeuntika digunakan sebagai petunjuk atau arahan permasalahan interpertasi sikap manusia, tulisan/ karya dan hal hal penting lain yang ada dalam kehidupan. Dalam perkembangannya hermeuntika digunakan dalam kehidupan manusia seperti hukum, sejarah dsb.

    ReplyDelete
  29. Lovie Adikayanti
    19709251068
    S2 Pendidikan Matematika D
    Assalamualaikum wr.wb
    Hermeneutics merupakan metodologi penafsiran yang berkaitan dengan masalah yang timbul saat berhadapan dengan tindakan manusia, terutama penafsiran teks dan literatur filosofis. Hermeneutics pada awalnya diterapkan pada interpretasi, atau eksegesis, tulisan suci, dan kemudian diperluas ke pertanyaan-pertanyaan penafsiran umum. Istilah " hermeneutics " dan "eksegesis" kadang-kadang digunakan secara bergantian. Hermeneutics adalah disiplin yang lebih luas yang mencakup komunikasi tertulis, lisan, dan non-verbal, sedangkan eksegesis berfokus terutama pada kata dan tata bahasa teks. Seiring perkembangannya hermeneutics modern telah mencakup komunikasi verbal dan non-verbal, serta semiotika, prasangka, dan pra-pemahaman. Dan kini hermeneutika telah diterapkan secara luas dalam humaniora, terutama dalam hukum, sejarah dan teologi

    ReplyDelete
  30. Rifki Rinaldo
    19709251070
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Hermenetika bilamana digambarkan akan berbentuk seperti garis spiral. Spiral mempunya arti bergerak maju secara terus menerus, pergerakan tersebut melingkar tetapi tidak pernah menempati titik yang sama. Misalnya kita hidup tidak akan pernah menempati waktu yang sama, namun waktu yang kita lewati berulang, seperti kamis kembali ke kamis, dan seterusnya, hanya saja kamis yang satu berbeda dengan kamis yang satunya. Dalam ranah belajar, hermenetika selalu diawali dengan praktik dan intuisi, kemudian saat mencapai puncak pemahaman suatu konsep, maka kita akan menyentuh yang dinamakan teori. Namun saat bertemu dengan hal baru, maka kita memulainya kembali dari praktek dan intuisi. Dan proses ini terus menerus berlangsung sepanjang manusia hidup.

    ReplyDelete
  31. sintha fardu anggraeni
    S2 pend matematika D 2019
    19709251071

    Hermeneutika adalah salah satu jenis filsafat yang mempelajari tentang interpretasi makna.Nama hermeneutika diambil dari kata kerja dalam bahasa Yunani hermeneuein yang berarti, menafsirkan, memberi pemahaman, atau menerjemahkan.Jika dirunut lebih lanjut, kata kerja tersebut diambil dari nama Hermes, dewa Pengetahuan dalam mitologi Yunani yang bertugas sebagai pemberi pemahaman kepada manusia terkait pesan yang disampaikan oleh para dewa-dewa di Olympus.Fungsi Hermes adalah penting sebab bila terjadi kesalahpahaman tentang pesan dewa-dewa, akibatnya akan fatal bagi seluruh umat manusia. Hermes harus mampu menginterpretasikan atau menyadur sebuah pesan ke dalam bahasa yang dipergunakan oleh pendengarnya. Sejak saat itu Hermes menjadi simbol seorang duta yang dibebani dengan sebuah misi tertentu. Berhasil-tidaknya misi itu sepenuhnya tergantung pada cara bagaimana pesan itu disampaikan. Oleh karena itu, hermeneutik pada akhirnya diartikan sebagai ‘proses mengubah sesuatu atau situasi ketidaktahuan menjadi mengerti.

    ReplyDelete
  32. Sri Ningsih
    19709251064
    S2 Pendidikan Matematika kelas D

    Hermeneutik ialah suatu disiplin ilmu yang berkaitan dengan penafsiran, interpretasi, dan pemahaman teks. Permasalahan pertama yang berhubungan dengan pemahaman adalah esensi dan hakikat pemahaman itu sendiri. Di barat, hermeneutik berproses dalam tiga jenjang historis, yaitu: hermeneutik pra klasik, hermeneutik klasik, dan hermeneutik kontemporer.

    ReplyDelete