Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 8: Memanipulasikan Ruang dan Waktu 1




Ass, khusus untuk Mahasiswa S2 P. Sain dan S2 P Matematika:

Manipulasikanlah Ruang dan Waktu Absolut sehingga anda bisa mendefinisikan Dunia sebagai Ruang dan Waktu Relatif. Bisa menggunakan referensi.

Demikian selamat mencoba, semoga bermanfaat. Amin.

Marsigit

22 comments:

  1. Ibrohim Aji Kusuma
    18709251018
    S2 PMA 2018

    Secara ilmiah, ruang dan waktu bersifat absolut karena merupakan variabel kehidupan yang tidak dapat dimanipulasi oleh manusia. Namun dalam filsafat, ruang dan waktu itu bersifat relatif. Hal ini disebabkan karena setiap orang memiliki ruang dan waktu masing-masing. Sebenar-benar hidup adalah ketika kita melakukan sesuatu sesuai dengan ruang dan waktunya.

    ReplyDelete
  2. Totok Victor Didik Saputro
    18709251002
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Selamat malam Prof.
    Manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan tidaklah bisa memanipulasi ruang dan waktu absolut. Ruang dan waktu absolut hanyalah milik Tuhan Yang Kuasa. Walaupun demikian dunia dapat didefinisikan sebagai ruang dan waktu relatif. Mengapa demikian? Hal ini terjadi karena kita sebagai manusia tidaklah sempurna dan memiliki kekurangan dalam diri masing-masing. Oleh karena itu, tidak dapat dipungkiri manusia terkadang tidak berada pada ruang dan waktunya. Ketika kondisi ini dialami artinya dunia berada pada ruang dan waktu relatif. Terima kasih.

    ReplyDelete
  3. Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
    Besse Rahmi Alimin
    18709251039
    s2 Pendidikan Matematika 2018

    Terkait topik Memanipulasikan Ruang dan Waktu 1 bahwa dikatakan Manipulasikanlah Ruang dan Waktu Absolut sehingga anda bisa mendefinisikan Dunia sebagai Ruang dan Waktu Relatif. Bisa menggunakan referensi yakni Konsep ruang dan waktu merupakan unsur penting yang tidak dapat dipisahkan dalam suatu peristiwa dan perubahannya dalam kehidupan manusia sebagai subyek atau pelaku sejarah. Segala aktivitas manusia pasti berlangsung bersamaan dengan tempat dan waktu kejadian. Manusia selama hidupnya tidak bisa dilepaskan dari unsur tempat dan waktu karena perjalanan manusia sama dengan perjalanan waktu itu sendiri pada suatu tempat dimana manusia hidup (beraktivitas).Ketika kita mengatakan bahwa hidup di dalam sebuah ruang maka itu mempunyai makna semantic yang sama dengan hidup di dalam sebuah dunia. Maka mengatakan hidup di ruang lain (ruang mimpi, ruang mistik) sama artinya dengan mengatakan hidup di dunia lain (dunia mimpi, dunia hantu). Salah satu contoh ruang dan waktu dikatakan relatif yakni pada Kata ajal memberi kesan bahwa segala sesuatu ada batas waktu berakhirnya, sehingga tidak ada yang langgeng dan abadi kecuali Allah Swt.

    ReplyDelete
  4. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Pada hakekatnya kita sangat terikat oleh ruang dan waktu hanya saja setiap individu memiliki kondisi ruang dan waktunya masing-masing, hal ini kenapa ruang dan waktu itu relatif karena sesuatu kejadian sangat bergantung pada situasi dan kondisinya yang dapat berubah setiap saat. Ruang dan waktu absolut merupakan sesuatu yang sudah pasti dan tidak dapat dimanipulasikan oleh manusia sekalipun. Maka sebenar-benar hidup adalah memposisikan diri sesuai dengan ruang dan waktunya.

    ReplyDelete
  5. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Segalanya tentang kehidupan manusia memliki batasan. Batasan-batasan yang dimaksud adalah batasan ruang dan waktu. Betapa tidak mudah seseorang menggapai kesadaran Ruang dan waktu. Sebenar-benar pemangsa ruang dan waktu adalah jika seseorang tidak kenal ruang dan waktu. Tidak kenal ruang karena engkau tidak mau tahu kepada siapa engkau bicara, apa yang dibicarakan, kepada siapa engkau menuntut hak. Tidak kenal waktu karena engkau tidak peduli kapan engkau bicara, kapan engkau bertindak dan bagaimana engkau bertindak. Inilah sebenar-benar peringatan agar manusia ingat dan paham akan ruang dan waktu. Sebenar-benar malapetaka di dunia adalah jika orang-orang sudah tidak sadar akan ruang dan waktu. Bukankah sadar ruang dan waktu itu sebenar-benarnya adalah menterjemahkan dan diterjemahkan. Itulah sebenar-benar hermeneutika. Maka agar engkau sadar ruang dan waktu, maka pandai-pandailah menterjemahkan dan ikhlaslah untuk diterjemahkan.

    ReplyDelete
  6. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006

    Manusia hidup membangun dunianya yang relatif terhadap ruang dan waktu. Aku yang saat ini akan berbeda dengan aku 10 menit kemudian, berbeda pula dengan aku 3 bulan sebelumnya. Karena akau yang saat ini berada pada tempat yang berbeda dengan keadaan lain, dan berada pada waktu yang berbeda pula dengan keadaan-keadaan yang lain.

    ReplyDelete
  7. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Segala sesuatu yang absolut itu hanya milik Allah dan milik manusia hanya bersifat relatif. Sehingga ruang dan waktu yang absolut itu tidak bisa dijangkau oleh manusia. Manusia hanya mampu menggapai ruang dan waktu yang relatif dengan usaha terbaiknya. Untuk itu, manusia harus selalu berikhtiar dan mendekatkan diri kepada Allah.

    ReplyDelete
  8. Luthfannisa Afif Nabila
    18709251031
    S2 Pendidikan Matematika B 2018
    Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.
    Manipulasi ruang dan waktu. Aku bisa menjelajah masa lalu, aku bisa menjelajah masa depan, sesukaku. Aku bisa melihat bagaimana kehidupan jaman dulu, aku bisa melihat bagaimana kehidupan yang akan datang. Aku bisa merasakan jalan kaki tanpa asap kendaraan, aku bisa merasakan (mungkin mobil terbang). Aku bisa bertemu buyutnya bapak ibu, dan aku bisa bertemu cucunya anakku. Aku bisa melompat bebas semauku kemana aku pergi ke waktu yang aku inginkan. Sebentar, tiba-tiba aku melihat waktu dimana aku dipanggil oleh Allah. Astaghfirullahhal’adzim, maafkan aku Ya Allah. Aku tersadar, waktu yang aku punya hanya sementara. Aku tidak bisa memanipulasi ruang dan waktu. Aku lahir dalam ruang dan waktu yang relatif dan akan kembali dalam ruang dan waktu yang relatif. Ampuni aku Ya Allah. Sebenar-benar ruang dan waktu itu relatif.
    Wassalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  9. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Menurut pendapat saya, sejatinya ruang dan waktu yang ada adalah absolut. Akan tetapi dengan adanya kemajuan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, serta usaha manusia untuk mencapai tujuan tertentu, maka ruang dan waktu dapat dimanipulasi. Sebagai contoh sederhana misalnya saat ini, detik ini, di Yogyakarta pukul 10.00 WIB, akan tetapi pada saat yang sama di tempat yang berbeda akan menunjukkan waktu yang berbeda. Hal tersebut terjadi karena adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga manusi mampu membagi-bagi wilayah menjadi berbagai daerah waktu.

    ReplyDelete
  10. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Kehidupan kita tentunya tidak mungkin dipisahkan dari adanya ruang dan waktu. Ruang dan waktu itu akan selalu ada kapanpun dan dimanapun kita berada. Adanya ruang dan waktu membuat cara pandang dari setiap orang berbeda terhadap sesuatu. Sudut pandang yang kita miliki dengan orang lain mungkin akan berbeda dalam ruang dan waktu yang sama. Hal tersebut karena ruang dan waktu disini bersifat relatif. Hal yang harus kita lakukan yaitu dapat melakukan sesuatu hal dengan ruang dan waktu yang tepat.

    ReplyDelete
  11. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PPs UNY PM A 2018

    Manusia dapat hidup jika berada pada ruang dan waktu yang sesuai dengan keberadaannya. Ruang dan waktu merupakan batasan mutlak bagi manusia, tidak ada yang bisa mengembangkan waktu yang terlewat walaupun ada diruang yang sama namun waktu tidak pernah sama. Secara nyata ruang dan waktu bersifat demikian, sementara itu ada ruang dan waktu yang bersifat relatif yaitu ruang dan waktu secara filsafat. Inilah cara filsafat memanipulasi ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  12. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Immanuel Kant mengatakan bahwa dunia itu tidak awal dan tidak punya awal. Punya akhir dan tidak punya akhir Namanya saja olah pikir. Maka berfilsafatlah dengan baik. Berbicara tentang ruang dan waktu maka tidak bisa dipisahkan. Untuk mengetahui waktu kita butuh ruang, untuk mengetahui ruang kita membutuhkan waktu. Maka sebenar benarnya hidup adalah hidup sesuai ruang dan waktu. segalasesuatu dalam hidup ini itu relatif dan selalu berkembang oleh berkembangnya waktu dan ruang. untuk semua keadaan pasti sesuai dengan waktu maupun ruang , jika tidak pada waktu danruang maka itu merupakan keadaan yang aneh dalam pandangan filsafat.

    ReplyDelete
  13. Seftika Anggraini
    18709251016
    S2 PM A 2018

    Ruang dan waktu yang absolut karena dunia ini pasti dinyatakan dengan ruang dan waktu. Pendefinisian sesuatu juga bergantung pada ruang dan waktu sehingga dikatakan bahwa ruang dan waktu itu absolut ada dalam setiap hal di dunia. Sedangkan dunia ini bersifat relatif apabila dilihat berdasarkan ruang dan waktunya.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  14. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Filsafat mendefinisikan ruang dan waktu bisa bersifat absolut dan juga relative. Hal tersebut didasari dari sudut pandang mana kita memandang ruang dan waktu. Sebagai contoh puasa ramadhan. Menurut ruang dan waktunya, puasa ramadhan dilaksanakan pada bulan ramadhan dan berlangsung kurang lebih selama 30 hari. Akan tetapi ruang dan waktu puasa ramadhan juga bisa bersifat relative. Artinya apabila kita tidak bisa berpuasa ramadhan, maka kita bisa menggantinya di bulan yang lain sesuai dengan hukum islam tentang puasa ramadhan.

    ReplyDelete
  15. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Ruang dan waktu yang absolut merupakan ruang dan waktu yang masih pada batasan-batasan definisi. Seperti halnya ruang yang terbatas pada dua dimensi, tiga dimensi, dan seterusnya yang masih tetap bisa didefinisikan. Waktu yang berlalu setiap detik, menit, jam, hari, minggu, bulan, tahun, dekade, bahkan abad pun masih dapat didefinisikan. Namun, ruang dan waktu bisa menjadi relatif ketika definisinya tak lagi dapat dibatasi. Sama halnya dengan ruang dan waktu dalam filsafat, ruang dan waktu yang dilambangkan dengan bahasa analog, definisinya tak lagi mempunyai batas, sehingga sifatnya relatif, bisa berlaku kapan saja dan dimana saja. Hanya bergantung pada pemahaman masing-masing individu mengenainya

    ReplyDelete
  16. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Penciptaan dunia beserta isinya menjadi hal yang patut dibicarakan dan dilogika dengan pikiran yang jelas, berkembang, dan terbuka. Tidak terlalu mendukung salah satu pihak, melainkan sama-sama memberikan kriteria dan cara masing-masing untuk bisa saling berkembang dalam meluaskan ruang dan waktu dalam pikiran masing-masing. Isi kepala manusia mempunyai kapasitas berbeda dan jalan atau akar yang berbeda arah dan tujuan, tetapi sama-sama memikirkan bahwa adanya ruang dan waktu di sekitar bahkan di dalam pikiran menunjukkan bahwa dunia memang mempunyai isi ruang dan waktu. Tidak membedakan mana ruang dan mana waktu, tetapi saling dikaitkan dan akan membentuk dunia itu sebagai dunia kita, dunia di dalam pikiran manusia.

    ReplyDelete
  17. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Dilansir dalam https://www.merdeka.com/teknologi/ternyata-otak-manusia-dapat-memanipulasi-waktu.html seorang pembawa acara dalam BBC menyebutkan bahwa para psikolog menyebutkan Holiday Paradox sebagai manipulasi ruang dan waktu. otak manusia dapat mempersempit dan memperluas memorinya sendiri. Hal ini disebabkan salah satunya oleh rutinitas sehari-hari yang dilakukan oleh manusia. Jadi seseorang akan merasa wkatu itu menjadi cepat berlalu dala keadaan bahagia, sedangkan dalam keadaan sedih waktu terasa sangat lama. Selain itu, rutinitas monoton yang berulangkali dilakukan akan menciptakan memory yang pendek sehingga seseorang hanya mampu mengingat 2-4 fenomenan yang terjadi, sedangkan seseorang yang selalu melakukan hal baru dia bisa meningkatkan kemampuan mengingtnya lebih dari 4 memory. Diatas merupakan salah satu contoh manipulasi ruang dan waktu terhadap memory manusia.

    ReplyDelete
  18. Surya Shofiyana Sukarman
    18709251017
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Kehidupan manusia di dunia terikat oleh ruang dan waktu. Dunia ini tak pernah menempati tempat dan waktu yang sama, karena hidup ini terus berjalan, sehingga setiap orang memiliki kadaan dan situasi yang berbeda dimasing-masing ruang dan waktunya, sehingga kehidupan di dunia ini memiliki ruang dan waktu yang relative. Ruang waktu absolut adalah sesautu yang sudah pasti dan tidak dapat dimanipulasi dan itu adalah ruang dan waktu di akhirat.

    ReplyDelete
  19. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Ruang dan waktu merupakan dimensi yang selalu memberikan ikatan pada setiap manusia. Bisakan manusia memberikan manipulasi sehingga mereka lepas dari ruang dan waktu? Bagaimana suatu ke absolutan itu dapat mencerminkan bahwa manusia telah menembus ruang dan waktu. Matematika merupaka ilmu yang serba di absulutkan, berbagai materi, terlebih yang tingkat tinggi seringkali harus mengabsolutkan diri agar dapat dipecahkan. Padahal sebenarnya ketika diaplikasikan dalam keseharian absolute itu tidak berlaku. Contoh nyata adalah ketika statistika selalu memberika alfa sebagai persentase toleransi kesalahan. Itu menunjukan bahwa semua yang ada di dunia itu tidak absolute namu untuk berbagai kepentingan dapat diasumsikan absolute.

    ReplyDelete
  20. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Meminjam kalimat dewa Einstein, bahwa waktu itu relatif. Misalkan Jika si A berada pada pesawat dengan kecepatan yang tinggi sementara si B tetap "diam" maka waktu yg berjalan pada si A akan melambat. Einstein juga berpendapat bahwa yang bersifat mutlak adalah kecepatan cahaya. Kecepatan cahaya menjadi besaran mendasar di alam semesta ini Bagaimanapun kecepatan pengamat, laju merambatnya cahaya selalu 300.000 km/detik.

    ReplyDelete
  21. Yuntaman Nahari
    18709251021
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Menurut teori Einstein, ruang dan waktu bersifat relatif. Ruang tergantung pada pengamatnya. Ruang merupakan semacam hubungan antara benda-benda yang diukur dengan cara-cara tertentu. Dengan demikian apabila pengukurannya dilakukan dengan cara yang berbeda, maka hasilnyapun akan berbeda. Begitu juga dengan Waktu yang bersifat relatif.

    ReplyDelete
  22. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Semua yang ada di dunia ini mengalir di dalam ruang dan waktu. Diri kita sendiri adalah fungsi waktu. Manusia atau subjek adalah fungsi waktu. Saya adalah fungsi waktu. Saya dikatakan sebagai fungsi waktu karena saya tidak terlepas dengan waktu. Setiap perbuatan yang saya lakukan selalu bisa ditentukan dengan waktu. Kalau kita terlepas dari fungsi waktu maka kiamat terjadi.

    ReplyDelete