Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 7: Intensif dan Ekstensif dari Teori Atom Demokritus




Ass, khusus untuk mahasiswa S2 P Sain:

Intensif dan ekstensifkanlah konsep Atom dari Demokritus sehingga mampu mendefinisikan Dunia.Bisa menggunakan referensi.

Tulislah uraian anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba, semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

19 comments:

  1. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Teori atom demokritus memperkenalkan konsep penyusun suatu materi yang menyatakan bahwa jika suatu materi dibelah terus menerus maka akan diperoleh suatu partikel fundamental. Jika diintensif dan ekstensifkan pada pengertian dunia, menurut saya adalah, dalam dunia yang diwakili oleh individu yang semakin terhubung satu dengan yang lain. Keterkaitan ini akan memunculkan keberagaman sifat yang ada sesuai dengan teori atom demokritus yang menjelaskan bahwa terdapat tak terhingga jenis atom yang mempunyai sifat tersendiri(pluralisme dan individualisme) yang ada dalam dunia

    ReplyDelete
  2. Ibrohim Aji Kusuma
    18709251018
    S2 PMA 2018

    Atom adalah molekul terkecil di muka bumi. Jika dunia diibaratkan atom, maka elemen di dalam atom berupa proton, elektron, neutron bisa berarti positif, negatif dan netral. Sejatinya, dunia dalah interaksi antara ketiga elemen tersebut. Positif, negatif atau netral

    ReplyDelete
  3. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Teori atom yang dikemukakan oleh Democritus menyatakan bahwa atom itu sangat kecil untuk dilihat, Democritus menggunakan penalaran untuk mendukung eksperimen yang akan dilakukan. Democritus menemukan bahwa atom sepenuhnya padat dan tidak memiliki struktur internal, kaitannya dengan membangun dunia adalah karena atom itu adalah kumpulan partikel-partikel atau senyawa-senyawa sama halnya dengan dunia yang dihuni oleh kumpulan makhluk hidup yang beragam dan memadatkan setiap wilayah.

    ReplyDelete
  4. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Banyak ahli yang mengutarakan pemikirannya terkait dengan definisi atom, salah satunya adalah Demokritus. Menurut Demokritus, atom adalah suatu partikel fundamental yang diperoleh dari pembelahan terus-menerus dari sebuah materi. Tentunya teori Demokritus itu juga memiliki kelemahan dan kelebihan tersendiri. Atom adalah suatu satuan dasar materi, yang terdiri atas inti atom serta awan elektron bermuatan negatif yang mengelilinginya. Inti atom terdiri atas proton yang bermuatan positif, dan neutron yang bermuatan netral. Secara sederhana maka atom adalah bagian inti, terlepas dari maksut yang sebenarnya, ketika kita membicarakan tentang inti maka apabila terjadi hal-hal yang mempengaruhi inti maka tentu bagian yang lain pun akan berdampak lebih besar.

    ReplyDelete
  5. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Democritus mengembangkan teori tentang penyusun suatu materi. Menurut Democritus jika suatu materi dibelah terus-menerus sauut ketika akan diperoleh suatu partikel fundamental yang disebut sebagai atom. Menurut Democritus pula atmo itu penyusun materi yang sudah tidak dapat dibagi lagi. Dalam teorinya menyatakan bahwa atom sepenuhnya padat dan tidak memiliki struktur internal. Democritus juga menjelaskan bahwa ada tak hingga jenis atom di alam semeseta, dimana masing-masing atom mempunyai sifat tersendiri.

    ReplyDelete
  6. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Jika diintensifkan dan ekstensifkan teori atom Democritus dengan dunia maka dapat dianalogikan bahwa dunia itu suatu senyawa atau material yang dialamnya tersusun oleh atom-atom yang berbeda. Dalam dunia itu ada manusia sebagai penyusun utama dengan karakteristik masing-masing, dan berbagai hal penyusun dunia lainnya yang tentunya memiliki karakter yang berbeda-beda. Semua penyusun dunia itu kita bisa sebut sebagai atom yang saling bersenyawa dan terbentuklah dunia.

    ReplyDelete
  7. Luthfannisa Afif Nabila
    18709251031
    S2 Pendidikan Matematika B 2018
    Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.
    Berdasarkan http://www.academia.edu/17472518/Kajian_Epistemologis_Teori_Atom_Democritus_-_Dalton dikatakan bahwa Democritus mengusulkan bahwa jika kita terus memotong zat menjadi setengah terus menerus, maka akan berakhir dengan partikel yang "tidak dapat dipotong". Partikel tak terbagi ini disebut atom atau “atomos” yang berarti “tak terpecahkan” dalam bahasa Yunani. Democritus berpendapat bahwa atom kecil, partikel keras dari bahan tunggal dan dalam berbagai bentuk dan ukuran. Atom selalu bergerak dan membentuk bahan yang berbeda dengan menggabungkan dengan satu sama lain. Democritus adalah seorang filsuf Yunani yang berkeyakinan bahwa atom yang terlalu kecil untuk dilihat. Filsuf bukanlah ilmuwan, mereka tidak menguji ide-ide mereka, sebaliknya menggunakan penalaran untuk mendukung keyakinan mereka. Bagi filsuf, penalaran manusia lebih unggul dari eksperimen. Democritus menggunakan contoh pantai untuk mendukung teorinya. Dari kejauhan, pantai tampaknya menjadi massa solid, tetapi saat mendekat dapat kita temukan bahwa pantai terbuat dari butiran kecil pasir terlalu kecil untuk dilihat dari kejauhan. Disebutkan bahwa alasan ini berasal dari observasi di mana butiran pasir dapat bersama-sama membentuk sebuah pantai. Dalam analoginya, pasir adalah atom, dan pantai adalah senyawa. Analogi ini kemudian dapat dihubungkan dengan pengertian Democritus terhadap atom yang tidak bisa dibagi lagi. Walaupun sebuah pantai dapat dibagi ke dalam butiran-butiran pasirnya, butiran pasir ini tidak dapat dibagi. Democritus juga beralasan bahwa atom sepenuhnya padat, dan tidak memiliki struktur internal. Dia juga berpikir harus ada ruang kosong antar atom untuk memberikan ruang untuk pergerakannya (seperti pergerakan dalam air dan udara, atau fleksibilitas benda padat). Sebagai tambahan, Democritus juga menjelaskan bahwa untuk menjelaskan perbedaan sifat dari material yang berbeda, atom dibedakan ke dalam bentuk, massa dan ukurannya. Penemuan teori atom oleh Democritus ini secara pribadi merupakan hal yang menakjubkan, betapa luar biasanya kekuatan ide, ada keagungan dalam pikiran, dan sejarah manusia. Atom dalam teori atom Democritus adalah produk pemikiran filsafat.
    Wassalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  8. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006

    Kata atom berarti “ tidak dapat dipotong ”. bagi Democritus adalah sangat penting menekankan bahwa bagian-bagian pokok yang membentuk segala sesuatu tidak mungkin dibagi secara tak terhingga menjadi bagian yang lebih kecil lagi. Jika atom selamanya dapat dipecah menjadi bagian-bagian yang lebih kecil, alam akan hancur bagaikan sup yang kebanyakan air. Dia percaya bahwa semua atom itu keras dan padat. Namun mereka tidak mungkin sama, karena jika semua atom identik, maka kita akan bingung bagaimana atom – atom dapat menyatu untuk membentuk segala sesuatu sejak dari bunga madat dan pohon zaitun hingga kulit kambing dan rambut manusia.

    ReplyDelete
  9. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Menurut pendapat Democritus, atom merupakan bagian terkecil dari suatu dzat yang sudah tidak dapat dibagi-bagi lagi. Jadi, atom merupakan struktur terkecil dari suatu dzat. Jika hal ini kita analogikan ke dalam struktur dunia, maka ada satu hal mendasar yang menyusun atau menjadi dasar dari dunia. Satu hal mendasar dan paling penting atau paling menentukan tersebut merupakan kuasa Tuhan.

    ReplyDelete
  10. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Democritus menyatakan bahwa atom merupakan partikel terkecil dari sebuah benda atau materi. Jika suatu materi dibelah secara terus-menerus suatu ketika akan diperoleh suatu partikel fundamental yang disebut sebagai atom dan hal tersebut sudah tidak bisa diurai kembali karena sudah merupakan partikel terkecil. Kaitannya dengan dunia, bahwa dunia terdiri dari milyaran atom atom yang ada di udara, menempel pada tubuh manusia, rumah, sekolah dimanapun itu. Hal ini menunjukkan keesaan Allah SWT yang dengan kekuasaanNya bisa menciptakan hal hal yang luar biasa bahkan sekecil atom Allah merawat mengatur proses kehidupannya.

    ReplyDelete
  11. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PPs UNY PM A 2018

    Teori atom Democritus menyatakan bahwa partikel memiliki bentuk fundamental yang dapat diketahui setelah melakukan pembelahan terus menerus. Atom dengan unsur satuan terkecil yaitu atom proton, elektron dan neutron. Inti atom menyatakan muatan atom itu, bentuk luar tidak terlalu penting, pentingnya adalah inti atom. Demikian juga manusia, bentuk luar hanya rumah sementara di pengembaraan di bumi, inti jiwa manusialah yang lebih penting.

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. Seftika Anggraini
    18709251016
    S2 PM A 2018

    Democritus mengembangkan teori tentang penyusun suatu materi. Menurut Democritus jika suatu materi dibelah terus-menerus suatu ketika akan diperoleh suatu partikel fundamental yang disebut sebagai atom (Yunani: atomos = tidak terbagi). Pendapat ini ditolak oleh Aristoteles (384–322 SM), yang berpendapat bahwa materi bersifat kontinu (materi dapat dibelah terus-menerus sampai tidak berhingga). Aristoteles lebih menyetujui teori Empedokles, yaitu materi tersusun atas api, air tanah dan udara. Sekitar tahun 1592 - 1655 Gasendi mengemukakan bahwa atom merupakan bagian terkecil suatu zat.
    Sumber: Farid qimiya, http://skp.unair.ac.id/repository/Guru-Indonesia/TEORIATOM_faridqimiya_9837.pdf
    Terima kasih

    ReplyDelete
  14. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Konsep atom Democritus menunjukkan bahwa apa yang disebut dengan atom merupakan sebuah benda yang tidak dapat dibagi. Menurutnya ketika suatu materi terus menerus di belah pada suatu saat akan diperoleh sebuah partikel penyusun fundamental/ mendasar yang disebutnya dengan Atom. Kaitannya dengan membangun dunia adalah ketika milyaran atom dijadikan satu maka akan terbentuk dunia. Missal atom tanah, air, udara, dan api, maka kumpulan atom atom tersebut akan membentuk dunia. Jika sipikirkan secara intensif dan ekstensi, konsep atom ini dapat dianalogikan sebagai apa saja.

    ReplyDelete
  15. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Konsep atom secara inklusif dari Democritus yaitu pengklasifikasian atom ke dalam bentuk, massa dan ukurannya. Democritus mampu menjelaskan atom sebagai semua yang kita lihat terdiri dari bagian/blok bangunan yang lebih kecil. Sedangkan ekstensifnya konsep atom Democritus yaitu anggapan bahwa terdapat jenis atom yang tak terhingga di alam semesta, yang mempunyai sifat tersendiri. Demikian penjelasan Demokritus dalam mendefinisikan dunia, yang terdiri dari tak hingga banyaknya atom-atom yang berbeda

    ReplyDelete
  16. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Dari berbagai sumber diperoleh bahwa Democritus mengembangkan teori tentang penyusunan suatu materi. Menurut Democritus jika suatu materi dibelah terus menerus maka akan diperoleh suatu partikel fundamental yang disebut atom. Sebagai contoh butiran-butiran pasir yang secara utuh dapat membentuk sebuah pantai. Dianalogikan bahwa pasir adalah atom sedangkan pantai adalah senyawa. Jika dihubungkan dengan teori Democritus yang menyatakan bahwa atom tidak dapat dibagi lagi, maka hal ini sama dengan sebuah pantai yang bisa menjadi butiran-butiran pasir, akan tetapi butiran-butiran pasir tersebut tidak dapat dibagi lagi menjadi butiran pasir yang lebih kecil. Kesimpulannya bahwa atom merupakan partikel terkecil yang tidak dapat ditemukan lagi atom yang lebih kecilnya.

    ReplyDelete
  17. Surya Shofiyana Sukarman
    18709251017
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Objek filsafat itu terdiri dari yang ada dan mungkin ada. Untuk memahami filsafat maka kita harus berpikie intensif (lebih dalam) dan ekstensif (seluas-luasnya). Atom dalam teori atom Democritus adalah produk pemikiran filsafat. Menurut Democritus ataom adalah unsur-unsur terkecil yang membentuk realitas, tidak dapat dibagi-bagi, tidak dapat dimusnahkan dan tidak berubah. Demokritus menyatakan bahwa prinsip dasar alam semesta adalah atom-atom dan kekosongan. Jika ada ruang kosong, maka atom-atom itu dapat bergerak. Dunia dan seluruh realitas tercipta karena atom-atom yang berbeda bentuk saling mengait satu sama lain.

    ReplyDelete
  18. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Atom merupakan suatu bagian terkecil dalam suatu benda. Jika di intensifkan maka kita dapat memikirkan bahwa setiap benda yang ada di dunia ini adalah kumpulan dari atom. Dengan demikian dapat kita simpulkan bahwa segala sesuatu yang kita lihat itu memiliki keterbatasan, buktinya kita tidak dapat melihat atom sebagai unsure penyusun diri kita. Jika di ekstensifkan maka dapat kita pahami bahwa segala sesuatu itu pasti ada unsure terkecil yang menjadi hakekat. Begitu pula dalam setiap kejadian pasti ada hakekatnya, dalam setiap hakekat pasti ada hakekat yang lebih kecil, begitu seterusnya.

    ReplyDelete
  19. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Pointnya bahwa suatu material terdiri atas partikel-partikel kecil, sedemikian kecilnya sehingga tidak dapat dibagi lagi atau bisa disebut dengan atom. Hal ini merupakan salah satu bentuk kuasa Tuhan Yang Maha Esa. Sadar akan kekuasaan Tuhan, hendaknya kita selalu taat dan patuh kepada-Nya dalam menjalani kehidupan di dunia.

    ReplyDelete