Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 41: Anti Filsafat




Ass, untuk semuanya:

Sintesiskan tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya bahwa ternyata Anti Filsafat itu ternyata adalah Filsafat juga.

Dapat menggunakan referensi.

Tuliskan sintesis anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

11 comments:

  1. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PPs UNY PM A 2018

    Filsafat adalah pemikiran akan segala hal yang ada yang mungkin ada. Anti filsafat adalah kontrakdiksi dari filsfat. Anti filsafat adalah juga memikirkan kontrakdiksi dari filsafat yang berisi pemikiran yang ada dan yang mungkin ada. Jadi, filsafat maupun anti filsafat sama-sama berisi pemikiran sehingga dikatakan filsafat.

    ReplyDelete
  2. Ibrohim Aji Kusuma
    18709251018
    S2 PMA 2018

    Saya pernah mendengar bahwa di dunia ini ada beberapa orang yang sangat anti dengan filsafat. Mosi ini muncuk dikarenakan anggapan/stigma negatif yang diekatkan pada filsafat sehingga menjatuhkan sifat dan tereministik untuk dirinya sendiri. Ketahuilah, orang yang demikian itu, sebenarnya telah melakukan proses berfikir untuk mendapatkan kesimpulan demikian. Sehingga tanpa disadari mereka menolak filsafat yang mana sudah ia lakukan metodenya sebelumnya.

    ReplyDelete
  3. Totok Victor Didik Saputro
    18709251002
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Selamat malam Prof.
    Filsafat memiliki arti yang tak berhingga batasnya. Artinya semua hal dalam kehidupan ini merupakan filsafat. Dapat dikatakan anti filsafat merupakan filsafat pula. Hal ini terjadi karena anti filsafat lahir karena sekumpulan orang-orang yang berlawanan dengan filsafat. Sebenar-benarnya apa yang dilakukan orang-orang ini adalah berfilsafat. Apa yang ada dan mungkin ada dalam pikiran dan akan atau mungkin tidak dilakukan adalah filsafat itu sendiri. Terima kasih.

    ReplyDelete
  4. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Filsafat memiliki ruang lingkup yang luas, seluas kita memandang dunia maka seluas itu pula filsafat. Kita tidak akan bisa menghindar dari filsafat, karena filsafat dapat melebur keberbagai aspek kehidupan. Sebenar-benar filsafat adalah dirimu, maka dari iitu kita paham atau tidak tetap saja filsafat melekat pada diri kita. Sejauh apapun kita menghindar dari filsafat maka sejauh itu pula filsafat akan mendekat. Tidak satupun diantara kita yang terhindar dari filsafat.

    ReplyDelete
  5. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006

    Semua yang ada di dunia memiliki lawannya. Siang lawannya malam, Kuat lawannya lemah, dan lain sebagainya. Begitupun filsafat, dimana filsafat memiliki kontradiksi yaitu anti filsafat. Dengan merefleksikan diri, bahwa sebenarnya-benarnya filsafat merupakan semua yang ada dan yang mungkin ada termasuk anti filsafat

    ReplyDelete
  6. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Filsafat adalah olah pikir. Dan anti filsafat juga sebenarnya olah pikir. Mengapa? Karena orang yang anti filsafatpun pasti memikirkan bagaimana cara mematahkan apa yang diajarkan dari filsafat. Olah pikir bagaikan tesis, sedangkan anti filsafat bagaikan anti-tesis sehingga pada hakekatnya semua adalah filsafat, semua menggunakan pikiran untuk berpikir.

    ReplyDelete
  7. Falenthino Sampouw
    18709251006
    S2 Pendidikan Matematika

    Selamat siang, Prof.
    Ketika tesis ada anti tesisnya, ketika liberal ada anti liberal, dan semua yang berdiri dengan antinya masing-masing, kita berpikir apakah ada anti filsafat.
    Filsafat adalah menterjemahkan sesuatu agar memiliki makna. Dari definisi tersebut kita akan menterjemahkan anti dari filsafat agar memiliki makna sebgai anti filsafat. Ternyata yang kita lakukan adalah filsafat karena menterjemahkan dan mencari makna. Anti filsafat adalah filsafat itu sendiri.
    Terima kasih, Prof.

    ReplyDelete
  8. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Filsafat adalah olah piker, untuk menemukan hakekat tentang suatu hal. Jika ada pihak-pihak tertentu yang meyatakan diri bahwa ia anti filsafat, sesungguhnya ia telah berfilsafat juga. Seseorang yang mampu mendeklarasikan diri untuk menentang filsafat atau anti filsafat berarti dirinya mempunyai alasan yang menjadikannya menentang filsafat. Proses untuk menemukan alasan hingga ia mampu mendeklarasikan diri sebagai anti filsafat pastilah melalui proses berpikir. Dengan demikian sejatinya ia telah berfilsafat.

    ReplyDelete
  9. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Anti filsafat dan filsafat tidak jauh berbeda karena sama-sama menggunakan pikiran. Karena keduanya juga termasuk olah pikir tetapi berbeda pandangan saja. Pandangan tersebut sebuah kecenderungan yang dapat menamainya dengan filsafat dan anti filsafat. Jadi anti filsafat yang menggunakan pikiran juga sama dengan filsafat.

    ReplyDelete
  10. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Saya teringat materi kuliah Prof. Marsigit ketika menerangkan struktur dunia, dimana dalam perjalanan perkembangan filsafat muncul Aguste Compte sebagai tokoh antagonis yang menentang keberadaan filsafat. Dia mendeklarasikan diri sebagai penganut paham anti-filsafat karena terlalu berbelit-belit dan rumit. Tanpa dia sadari sebenarnya aliran yang dia ciptakan pun merupakan filsafat, karena filsafatnya adalah dirinya.

    ReplyDelete
  11. Jewish Van Septriwanto
    19709251077
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Terima kasih untuk tulisan ini prof, Filsafat mempelajari yang ada dan mungkin ada. Jadi ketika ada seseorang suka filsafat atau anti filsafat sekalipun tetap dianggap itu adalah filsafat. Karena sebenar-benar filsafat mempelajari yang ada dan mungkin ada. Sehingga anti filsafat juga termasuk filsafat.

    ReplyDelete