Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 40: Reduksi




Ass, untuk semuanya:

Sintesiskan tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya untuk menemukan bahwa ternyata Hidupku itu adalah Reduksi.

Dapat menggunakan referensi.

Tuliskan sintesis anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

12 comments:

  1. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PPs UNY PM A 2018

    Terdapat begitu banyak kebutuhan, keinginan, pikiran dalam kehidupan manusia. Manusia dengan segala upaya akan berusaha untuk memenuhinya. Manusia seakan tidak lelah dan tidak beristirahat. Tetapi patut disyukuri bahwa disegala kesibukan kita masih diberikan batas-batas untuk berusaha sehingga kita diberikan kesempatan untuk memenuhi sebagian dulu dari kebutuhan kita, sebagian dari keinginan kita, memikirkan sebagian dari apa yang kita pikirkan dan melakukan sebagian dari yang kita pikirkan tersebut. Upaya kita untuk melakukan sebagian dari semua yang ada karena hidup kita sebenarnya adalah reduksi. Hal ini karena jika tidak ada reduksi maka manusia tidak mampu bertahan hidup sebab banyak tidak mampu menampung berbagai hal baru yang datang. Reduksi berarti mengurangi yang telah ada sehingga ada tempat untuk hal yang baru. Inilah cara agar manusia bisa hidup. Jadi, ternyata hidupku adalah reduksi.

    ReplyDelete
  2. Ibrohim Aji Kusuma
    18709251018
    S2 PMA 2018

    Pada hakikatnya, ilmu atau informasi yang kita terima merupakan hasil reduksi yang berhasil disimpulkan ketika proses berfikir. Maka dari itu, segala tindakan yang kita lakukan pada dasarnya adalah proses aktualisasi informasi yang kita punya melalui tindakan nyata yang secara analog juga tereduksi secara bentuk dan hasilnya. Maka, sebenar-benar hidup pada hakikatnya adalah reduksi dari informasi dan pengalaman-pengalaman yang kita dapatkan.

    ReplyDelete
  3. Ibrohim Aji Kusuma
    18709251018
    S2 PMA 2018

    Misalnya warna hijau. Warna hijau memiliki bermilyar milyar pangkat bermilyar-milyar sifat. Ada hijau tua, hijau muda, dan hijau-hijau yang lain. Karena keterbatasan manusia, manusia hanya bisa medefinisikan sifat hijau sedikit sekali dari bermilyar milyar pangkat bermilyar-milyar. Inilah bahwa manusia itu bersifat reduksi.

    ReplyDelete
  4. Totok Victor Didik Saputro
    18709251002
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Selamat malam Prof.
    Manusia dianugerahkan rahmat yang berlimpah oleh Tuhan. Anugerah ini bisa berbentuk kelebihan ataupun kekurangan. Apapun bentuknya sudah seharusnya disyukuri. Bersyukur artinya kita menerima kondisi kehidupan itu apa adanya. Bersyukur secara tidak langsung merupakan bentuk dari reduksi dalam kehidupan kita. Menyadari kekurangan yang dimiliki dan memberikan kesempatan pada diri sendiri dalam mengevaluasi dan merefleksikan apa yang seharusnya dilakukan adalah bentuk reduksi itu sendiri. Terima kasih.

    ReplyDelete
  5. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Setiap perbuatan yang kita lakukan merupakan hasil dari reduksi pikiran, karena sebenar-benar filsafat adalah kemampuan mengolah pikiran. Alur utamanya adalah pikiran kemudian akan tereduksi menjadi suatu tindakan atas pikiran dan akan tereduksi lagi kepada orang-orang sekitar. Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat buat manusia lainnya. Oleh karrena itu untuk menjadi manusia yang baik adalah mereduksikan ilmu yang kita miliki kepada orang yang membutuhkan agar dapat bermanfaat.

    ReplyDelete
  6. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006

    Setiap informasi yang ada di dunia ini merupakan hasil reduksi dari bermilyar-milyar sifat dari informasi. Hal tersebut dikarenakan manusia bersifat terbatas sehingga informasi tersebut tereduksi menjadi informasi yang dapat diolah oleh alam pikir manusia.

    ReplyDelete
  7. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Reduksi adalah upaya untuk mencapai makna dari segala sesuatu. Apa yang kita lakukan sekarang terkait dengan apa yang terjadi/didapat sebelumnya. Karena hidup adalah reduksi dari apa yang telah didapat sebelumnya sehingga orang yang benar-benar berfilsafat dapat memaknai segala sesuatu karena dapat merefleksikan dirinya sebagai hasil dari proses berpikir dan merasanya.

    ReplyDelete
  8. Falenthino Sampouw
    18709251006
    S2 Pendidikan Matematika

    Selamat malam, Prof.
    Reduksi juga berkaitan dengan upaya untuk mencari hakekat dari sesuatu. Kita adalah sebuah hakekat, mengenal diri bisa jadi suatu proses reduksi. Saya mengatakan bahwa saya adalah berkaca mata, maka sebenarnya saya mencari hakekat saya dan berkaca mata adalah sifat yang saya definisakan secara universal dalam diri saya. Padahal banyak sifat lain yang saya miliki tidak beririsan dengan kaca mata, misalnya berkulit putih. Reduksi sering menjadi hal yang sering dilakukan dalam kehidupan sehari-harinya.
    Terima kasih, Prof.

    ReplyDelete
  9. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Reduksi berarti hanya mengambil sifat-sifat tertentu saja dari suatu objek. Di dunia ini, setiap hal mempunyai tak hingga banyaknya sifat, bahkan Prof. Marsigit sering menggunakan istilah bermilyar-milyar pangkat bermilyar-milyar sifat. Manusia tidak akan pernah mampu untuk memikirkan semua sifat-sifat tersebut. Oleh karena itu, untuk memahami suatu hal atau untuk mempelajari suatu hal, manusia perlu melakukan reduksi, yakni dengan mengambil sebagian saja sifat-sifat yang dimiliki oleh objek tersebut. Dari sini aku menemukan bahwa ternyata hidup ini adalah reduksi.

    ReplyDelete
  10. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
    Setiap perbuatan yang kita lakukan merupakan hasil reduksi dari pikiran kita. pikiran kita mereduksi informasi-informasi yang telah kita terima untuk diambil sedikit saja untuk menjadi penopang ketika kita bertindak atau melakukan sesuatu. Tidak semua informasi yang kita terima dapat masuk kedalam Long Term Memori kita atau yang biasa yang kita sebut dengan menghasilkan proses informasi yang bermakna. Sebenarnya informasi yang bermakna yang kita dapat sedikit itu adalah proses reduksi akal dan pikiran kita dalam mengambil informasi-informasi yang kita perlukan saja.

    ReplyDelete
  11. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Apa yang kita pikirkan adalah sebuha hasil reduksi dalam hati. Karena hati yang berada di tingkat yang lebih tinggi dari pikiran diredukdsi sehingga memunculkan sebuah pikiran. Kemudian pikiran tersebut dapat menggerakakn seluruh sel-sel tubuh yang menjadikan perbuatan apa yang kita lakukan nantinya. Jadi kita hidup berasal dari reduksi sat uke reduksi yang lain.

    ReplyDelete
  12. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Reduksi merupakan suatu penyederhanaan yang diperlukan oleh setiap manusia untuk dapat mengkategorikan dan memikirkan berbagai hal. Mengingat bahwa kehidupan ini terdiri dari tak terhingga komponen, dikurangi satu, dua, satu juta pun masih tak terhingga banyaknya. Oleh karena itu dibutuhkan reduksi agar lebih mudah dipahami dan dianalisis. Jika tidak direduksi maka pikiran manusia akan over sehingga bukannya terbentuk pikiran yang proporsional, tapi malah melakukan pikiran-pikiran yang tidak efisien dan cenderung menyulitkan hidupnya sendiri.

    ReplyDelete