Oct 17, 2012

Forum Tanya Jawab 4: Gunung Super




Ass, khusus untuk mahasiswa S2 Sain:

Saya menginginkan mahasiswa S2 Sain untuk dapat mendeskripsikan apa yang disebut GUNUNG SUPER?

Buatlah deskripsi anda sebagai sebuah komen mengikuti posting ini.

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

27 comments:

  1. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan forum tanya jawab 4 yang berjudul gunung super diatas, menurut saya maksud dari gunung super itu yaitu gunung yang terbaik dibanding gunung-gunung yang lain. Mengapa bisa begitu, karena kata-kata super saya jadi teringat dengan superman. Superman merupakan pahlawan laki-laki yang bisa terbang. Nah jadi hampir sama jika kata super di gandeng atau di jejerkan dengan gunung. Dan menurut saya hal itu bisa diartikan bahwa dalam menjalani hidup ini kita harus seperti mendaki gunung, dalam mendaki gunung pasti butuh tenaga, waktu dan pengorbanan. Nah itu sama halnya dalam menjalani hidup ini, jika kita menyerah sampai disini, maka kita tidak akan bisa sampai di puncak gunung. Dan jika kita telah sampai di puncak gunung, jadilah manusia seperti superman yang penuh kebaikan. :D

    ReplyDelete
  2. Ibrohim Aji Kusuma
    18709251018
    S2 PMA 2018

    Fenomena gunung super menurt saya adalah fenomana para logisist, formalist, fundamentalist dalam membangun dunia mereka. Mereka menyusun dunia pure mathematics berlandasakan aksioma, theorema, dan seterusnya dengan sangat tinggi sehingga sulit dijangkau oleh siswa di sekolah.

    ReplyDelete
  3. Totok Victor Didik Saputro
    18709251002
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Selamat malam Prof.
    Gunung super dapat diartikan sebagai pengetahuan. Pengetahuan ini diperoleh karena adanya pengalaman. Pengalaman dapat berbentuk apa saja seperti pengalaman dalam pembelajaran, pengalaman dalam menjalani kehidupan, dan lain sebagainya. Pada kesempatan ini, saya mencoba memberikan contoh dalam pembelajaran. Seorang guru yang memberikan materi pembelajaran kepada siswa-siswanya. Untuk mencapai tujuan pembelajaran, seorang guru menerapkan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik yang dimiliki oleh siswa. Artinya adanya proses dalam menggapai hal ini. Sama halnya dengan mendaki sebuah gunung yang memerlukan sebuah perjuangan. Metode pembelajaran ini diharapkan mempermudah siswa dalam menerima pembelajaran. Hasil akhir yang diharapkan adalah prestasi belajar yang tidak lain merupakan pengetahuan. Terima kasih.

    ReplyDelete
  4. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Gunung merupakan salah satu ciptaan-Nya yang patut disyukuri, merupakan salah satu dari sekian banyaknya pemandangan yang ciptakan untuk manusia agar lebih sadar diri betapa kecilnya manusia. Gunung di mana-mana ada, gunung hutan, gunung pasir, gunung bunga, gunung rumput, dll bila dibayangkan, atau dilihat gunung sangat tinggi dan besar tetapi keindahannya tetap bertahan melekat. Dikaitkan dengan tinggi besar, dikatakan super juga bisa karena bisa menjadi kata imbuhan yang menghasilkan super tinggi, super besar, super indah, dan masih banyak super lainnya. Sehingga, sebesar apapun jabatan, setinggi apapun kedudukan, masih ada yang lebih super dibandingkan semua hal itu, seperti pepatah di atas langit masih ada langit. Mendapat julukan yang mengarah ke tingginya suatu yang dimiliki seseorang malah itu merupakan ujian di mana keimanan di uji, kesetiaan di uji, dan banyak lagi yang diuji, sehingga harus tahan banting agar tetap menjadi super yang berkualitas dan elegan.

    ReplyDelete
  5. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Berkaitan dengan gunung super, hal yang dapat saya jelaskan adalah salah satu ciptaam Allah yang berwujud besar dan tinggi adalah gunung-gunung. Karena gunung-gunung tersebut memiliki beragam bentuk dan ketinggian maka sesuper-supernua gunung adalah yang memiliki kedudukan yang tinggi dibandingkan dengan gunung yang lainnya. Hal ini dapat diilustraaikan bahwa setiap manusia itu memiliki beragam karakteristik dan kemampuan yang berbeda-beda, namun yang dapat memperoleh kedudukan yang tinggi adalah mereka yang memiliki kecerdasan dan soft skill yang menunjang akan kedudukan tersebut serta hal-hal lainnya yang selaras untuk mendukung kedudukannya.

    ReplyDelete
  6. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Gunung adalah salah satu penampakan alam yang memiliki ketinggian yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan daratan disekitarnya. Sementara jika dikatakan gunung super maka artinya gunung tersebut memiliki perbedaan dengan gunung-gunung lainnya, gunung super tersebut bisa saja jauh lebih tinggi dari gunung yang lain. Kita bisa saja menganalogikan istilah gunung super tersebut menjadi pengetahuan yang super. Menurut saya pribadi maka pengetahuan yang super adalah pengetahuan yang tidak hanya bermanfaat bagi pribadi yang memiliki pengetahuan tersebut melainkan agar pengetahuan seseorang bisa dikatakan menjadi pengetahuan super maka haruslah orang tersebut mengamalkan pengetahuannya untuk kepentingan banyak orang.

    ReplyDelete
  7. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Gunung super bisa berarti gunung paling tinggi, gunung paling besar, gunung paling indah, ataupun gunung yang mengagumkan jika dilihat dari sisi yang lainnya. Selain itu, gunung super juga bisa diumpamakan sebagai seseorang yang cerdas diantara yang lainnya, seseorang yang sangat berwibawa, seseorang yang sangat baik karena selalu membantu kesulitan orang lain, dan sebagainya yang menunjukkan bahwa apa yang dimiliki orang tersebut lebih dibandingkan dengan yang lainnya. Gunung super bisa diumpamakan dan dinilai dari berbagai sudut pandang. Yang penting pandangan tersebut masih menyiratkan keunggulan dari yang dimilikinya.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  8. Luthfannisa Afif Nabila
    18709251031
    S2 Pendidikan Matematika B 2018
    Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.
    Gunung Super. Dia adalah gunung yang terbaik diantara gunung-gunung yang lainnya. Dia mempunyai kekuatan yang luar biasa ketika meletus dibanding gunung-gunung lainnya. Bukan hanya kekuatan fisik saja namun juga memiliki kekuatan hati yang bersih dan pemikiran yang jernih yang dapat memberikan pengaruh positif dan baik bagi gunung-gunung lainnya. Ia adalah gunung yang berwibawa. Ia menjadi panutan bagi gunung-gunung yang lainnya. Asapnya menjadi asap kedamaian bagi gunung yang lainnya. Tidak hanya itu, kawahnya santun dan magmanya ialah magma yang menyejukkan siapapun yang melihatnya. Dibalik kesemuanya itu, dia hanyalah gunung, sama seperti dengan gunung yang lainnya. Dihadapan Allah, semuanya sama. Ingatlah, semakin tinggi, semakin banyak yang menerpa, semakin rendah semakin banyak tanaman merambat.
    Wassalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  9. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006

    Gunung super adalah seseorang dengan puncak tertinggi dalam dirinya terdapat hati nurani dan fikiran yang digunakan untuk mencari ilmu pengetahuan namun ilmunya itu tidak membuatnya sombong melainkan bisa membawa dirinya menuju ridho Allah SWT, mengamalkan ilmunya untuk kebermanfaatan disekitarnya.

    ReplyDelete
  10. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Gunung super itu layaknya gunung yang tertinggi. Jika dikaitkan dengan kehidupan, gunung super berupa ilmu. Ilmu didapat dari hasil belajar dan pengalaman. Semakin banyak ilmu yang dimiliki, semakin sering giat ia belajar, dan semakin banyak pengalamannya maka semakin menjulang tinggi gunungnya, semakin super gunungnya.

    ReplyDelete
  11. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Menurut pendapat saya, yang dimaksud sebagai gunung di sini adalah suatu system atau struktur. Segala hal di dunia ini berstruktur, mulai dari yang paling bawah sampaui tingkatan yang paling atas. Tingkatan paling bawah menjadi pondasi atau penyangga bagi tingkatan-tingkatan diatasnya. Tingkatan paling bawah merupakan hal yang paling pokok atau fundamental. Sementara tingkatan paling atas mewakili suatu level tertinggi. Sesuatu yang berada pada level paling tinggi biasanya paling diidam-idamkan oleh manusia.

    ReplyDelete
  12. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Menurut saya gunung super disini merupakan seseorang yang mimiliki sebuah ilmu yang sangat tinggi. Dimana ilmu yang dimilikinya adalah sumber rujukan dan bacaan bagi orang lain. Tentunya tidak mudah untuk menjadi gunung super tersebut. Diperlukan suatu proses yang panjang untuk dapat mencapainya. Ikhtiar dan berdoa secara terus menerus yang harus kita lakukan untuk meningkatkan ilmu yang dimiliki sehingga menjadi gunung super yang diinginkan.

    ReplyDelete
  13. Seftika Anggraini
    18709251016
    S2 PM A 2018

    Menurut saya, gunung super merupakan salah satu aliran atau paham yang dianut manusia. Paham tersebut merupakan paham yang paling tinggi kedudukannya, paham yang membawahi paham-paham yang lain. Untuk mencapainya diperlukan langkah demi langkah dari bawah hingga sampai pada puncak.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  14. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Dalam kehidupan, gunung merupakan bentuk permukaan bumi yang menjulang tinggi dan memiliki puncak, lereng serta kaki gunung. Bahkan di bagian dalam (gunung aktif) yang tidak terlihat terdapat magma. Jika dikatakan gunung super, berarti bukan hanya gunung yang biasa-biasa saja melainkan memiliki potensi yang lebih besar dari gunung pada umumnya. Jika dikaitkan dengan filsafat, gunung super dapat dianalogikan sebagai segala sesuatu yang memiliki potensi yang luar biasa. Salah satunya, gunung super dapat diibaratkan sebagai seorang siswa dengan segala potensinya. Siswa bukanlah obyek yang pasif dan tidak berkemampuan, sebaliknya siswa justru memiliki potensi yang besar. Maka dalam pembelajaran siswa dapat membangun pengetahuannya sendiri, mulai dari dasar kaki gunung, hingga naik-naik ke puncaknya. Oleh karena itu, guru hendaknya tidak menutupi potensi tersebut, guru harus memberikan kesempatan yang luas bagi siswa untuk dapat mengeksplor pengetahuannya sendiri.

    ReplyDelete
  15. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Membutuhkan usaha dan perjuangan yang gigih tanpa menyerah untuk dapat mencapai puncak gunung. Tantangan dan rintangan yang berliku dan beresiko tinggi yang akan dihadapi. Sama halnya dengan mencari ilmu. Dalam mencari ilmu, kita harus selalu bersemangat dan pantang menyerah. Demi mencapai ilmu tertinggi kita memang harus menghadapi semua resiko yang akan di hadapi dengan hati yang tulus ikhlas disertai dengan kesabaran sehingga kita bisa mencapai puncak pengetahuan karena seimbangnya antara doa dan usaha.

    ReplyDelete
  16. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Kata super selalu identik dengan sesuatu yang terbaik dari yang biasanya, misalnya dalam hal ini gunung super berarti gunung atau puncak yang paling tinggi atau pencapaian tertunggi. Setiap manusia tentu sangat ingin mendapatkan pencapaian tertinggi dalam hidup, namun pencapaian tersebut harus kita bubuhi dengan proses kerja keras yang sungguh-sungguh, memilih jalan yang baik serta usaha maksimal dan doa yang tiada henti.

    ReplyDelete
  17. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Gunung super diatas bisa diartikan dengan banyak sekali asumsi jawaban. Akan tetapi menurut saya, gunung super itu diibaratkan sebuah ilmu yang tiada batasnya. Semakin dalam ilmu kita, semakin tinggi pula derajat kita. Orang yang berilmu mempunyai tanggungjawab yang besar terhadap ilmu, dirinya sendiri, dan bagaiman ia mengaplikasikan ilmu, apakah sudah sesuai dengan hakekat ilmu ataukah disalahgunakan untuk kepentingan yang lain. Untuk mnegalogikan gunung super ialah ilmu pengetahuan yang super atau yang mempunyai kebermanfaatan baik bagi diri sendiri maupun bagi orang lain.

    ReplyDelete
  18. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Gunung super adalah merupakan gunung yang besar, tinggi, dengan segala potensi alamiahnya. Namun jika meledak, semakin besar gunung tentu semakin besar pula potensi ledakannya. Itulah ilmu dimana semakin tinggi ilmu maka fitrahnya adalah dapat memberikan kebermanfaatan pada alam. Namun dalam keadaan tertentu, ilmu yang tinggi dapat pula menjadi bencana ketika pemiliknya tidak dapat mengendalikan. Sangat berbahaya ketika besarnya ilmu tidak digunakan dalam rute kebaikan. Lihat saja bagaimana pemilik banyak ilmu menyelewengkan ilmunya untuk kepentingannya sendiri, korupsi katakanlah.

    ReplyDelete
  19. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Gunung YANG SUPER dapat dianalogikan sebagai seorang guru. Guru yang super adalah seorang guru yang memberi manfaat kepada lingkungan sekitarnya, guru yang dapat memberi pengaruh positif terhadap lingkungannya, guru yang dapat menginspirasi murid-muridnya.

    ReplyDelete
  20. Erma Zelfiana Surni
    18709251009
    S2. P.Matematika A 2018

    Assalamualaikum Wr. Wb
    pada elegi ini saya mencoba menganalogikan gunung super ini terhadap ilmu secara umum. gunung super ibarat seseorang yang memiliki ilmu diatas rata-rata. dalam sains, orang yang pantas diberikan predikat gunung super adalah mereka yang sudah menjadi ilmuan. pemikiran-pemikirannya menjadi dasar kebanyakan orang dalam memahami teori-teori yang berkembang dalam dunia sains.

    ReplyDelete
  21. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Gunung adalah salah satu ciptaan Allah swt yang ada di bumi. Gunung memiliki tinggi yang berbeda-beda, terdiri dari unsur batuan dan tanah, kokoh dan kuat, serta bermanfaat bagi ekosistem lainnya. Jika gunung di ibaratkan manusia, maka manusia harus memiliki karakteristik seperti gunung. Yaitu dapat berdiri kokoh dan kuat dalam menghadapi segala cobaan hidup, menyeimbangkan antara bekal dunia dan akhirat, senantiasa terus belajar dan muhasabah diri agar menjadi orang yang bermanfaat, terutama bagi sekitarnya. Allah swt menjadi satu-satunya tujuan hidup. Berbibadah dan senantiasa berbuat baik adalah menjadi sarana untuk lebih mendekatkan diri pada Allah swt. Itulah hakikat manusia yang sebenarnya, seperti halnya gunung yang super.

    ReplyDelete
  22. Choirul Amri
    (19709251078 S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2019)

    Bismillah, walau saya bukan dari sains tapi saya tertarik untuk menjawab mengenai deskripsi gunung super. Menurut saya super adalah yang paling kuat, paling tinggi, paling luas dan digdaya. Untuk gunung dapat pula gunung yang paling kuat, tinggi, dan besar disbanding gunung-gunung yang lainnya. Mungkin dalam realitas kehidupan adalah gunung Himalaya. Akan tetapi, sesuper apapun gunung juga bergantung pada apa yang ada dibawahnya. Yakni jika pepohonan gundul, maka bergejolaklah bumi dan menimbulkan letusan gunung, bahkan bisa runtuh gunung itu misalnya saja Krakatau. Jadi, bisa difilosofikan setinggi apapun kedudukan kit aitu semua berkat orang-orang atau sesuatu yang dibawahnya, yang mendukung dan mendoakan kita. Terimakasih.

    ReplyDelete
  23. Vera Yuli Erviana
    NIM 19706261005
    S3 Pendidikan Dasar 2019

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Gunung super dapat diartikan sebagai pengetahuan. Pengetahuan ini diperoleh karena adanya pengalaman. Pengalaman dapat berbentuk apa saja seperti pengalaman dalam pembelajaran, pengalaman dalam menjalani kehidupan, dan lain sebagainya. Gunung super bisa berarti gunung paling tinggi, gunung paling besar, gunung paling indah, ataupun gunung yang mengagumkan jika dilihat dari sisi yang lainnya. Selain itu, gunung super juga bisa diumpamakan sebagai seseorang yang cerdas diantara yang lainnya, seseorang yang sangat berwibawa, seseorang yang sangat baik karena selalu membantu kesulitan orang lain, dan sebagainya yang menunjukkan bahwa apa yang dimiliki orang tersebut lebih dibandingkan dengan yang lainnya.

    ReplyDelete
  24. Rona Happy Mumpuni
    19709251059
    S2 Pendidikan Matematika D 2019


    Saya akan mendeskripsikan gunung super menurut pemahaman saya. Gunung super adalah gunung yang produktif, maksudnya adalah gunung yang walaupun meletus tapi letusannya bernilai manfaat untuk orang lain, misalnya: lahar dingin yang dihasilkan seperti pasir dan batu-batuan dapat dimanfaatkan dan mempunyai nilai jual tinggi. Seperti manusia, seorang manusia yang super adalah manusia yang mempunyai wibawa dan dapat membantu orang lain.

    ReplyDelete
  25. Hima Naili Hidayah
    19701251004
    PEP A 2019

    jika dianalogikan gunung super merupakan seseorang yang memiliki ilmu yang tingii yang telah melewati berbagai macam tingkatan. gunung tersebut dapat memberikan manfaat pada sekitarnya, dasarnya kuat dan pemikiranya menjulang tinggi ke ars-Nya Allah.

    ReplyDelete
  26. Dhamar Widya Safitri
    19701251009
    S2 PEP A 2019

    Assalamualaikum.
    Gunung adalah sebuah pengetahuan untuk saya. Setiap manusia memiliki gunungnya sendiri yang ia buat dari sebuah gunung kecil dan lama kelamaan akan berkembang seiring dengan semakin banyaknya ilmu pengetahuan yang dipelajari. Namun, layaknya sebuah gunung yang tinggi, jika tidak berhati-hati maka akan berpotensi jatuh. Semakin besar gunung itu semakin besar rasa sakitnya. Semakin besar ilmu pengetahuan yang dipelajari maka potensi untuk bersikap sombong semakin besar. Maka berhati-hatilah.
    Terimakasih

    ReplyDelete
  27. Ngaenun Nangim
    19709251058
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Sependek pengetahuan saya, gunung super adalah analogi untuk kumpulan yang memuncak, menjulang tinggi, dan identik dengan dasar yang lebar seperti bentuk tumpeng. Gunung super juga bisa menggambarkan diri manusia. Seorang manusia memiliki ilmu, memiliki norma yang mendasar, dan setelah dasar itu kuat akan timbul suatu pertanyaan yang mendorong ke atas semakin memuncak. Super berarti sangat besar, mempunyai ukuran ataupun kualitas yang luar biasa. Oleh sebab itu, gunung super merupakan suatu tumpukan yanag menjulang tinggi ke atas dengan ukuran ataupun kekuatan yang luar biasa, entah tumpukan ilmu, tumpukan harta, tumpukan sifat, tumpukan pahala, tumpukan dosa, ataupun tumpukan-tumpukan lain yang tak mungkin dapat terdata satu persatu. Akan tetapi, setinggi-tingginya gunung manusia, akan selalu ada yang lebih tinggi. Sejatinya dari segala yang tinggi dan dari segala yang luar biasa, Allah lah sang maha tinggi dan sang maha luar biasa.

    ReplyDelete