Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 37: Lingkaran Berjari-jari Tak Berhingga Panjangnya




Ass, untuk semuanya:

Sintesiskan tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya untuk mengetahui apa makna yang diperoleh jika Lingkaran mempunyai panjang Jari-jari Tak Berhingga.

Dapat menggunakan referensi.

Tuliskan sintesis anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

13 comments:

  1. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PM A PPs UNY 2018

    Lingkaran dan jari-jari mengibaratkan kehidupan manusia yang berpusat pada suatu titik seperti jari-jari terikat pada lingkaran yaitu pada pusat lingkaran itu. Pusat lingkaran adalah Tuhan pencipta langit dan bumi, sumber hidup manusia. Jari-jari yang memiliki panjang tak terhingga menandakan hubungan manusia dengan Tuhan yang jauh tak tak terhingga. Hubungan manusia yang jauh menandakan kerentanan hidup manusia karena tidak memiliki hubungan yang dekat dengan pusatnya. Sehingga lingkaran dengan panjang jari-jari tak berhingga mengakibatkan ketidakteraturan dalam lingkaran tersebut, hal ini berarti jika manusia memiliki hidup tak hingga tanpa batasan maka manusia pun akan mengalami ketidakteraturan dalam hidup sehingga dapat melupakan pusat dari hidupnya yaitu Tuhan.

    ReplyDelete
  2. Ibrohim Aji Kusuma
    18709251018
    S2 PMA 2018

    Jika lingkaran memiliki panjang jari-jari yang tak terhingga maka luas lingkaran tersebut juga tidak hingga. Selain itu, keliling lingkaran juga tidak terhingga. Maka, segala yang ada dan mungkin ada di dunia ini akan menjadi himpunan bagian dari lingkaran ini.

    ReplyDelete
  3. Ibrohim Aji Kusuma
    18709251018
    S2 PMA 2018

    Makna yang terkadung secara filsafat adalah luas, keliling, jari-jari ini melambangkan kekuatan yang dimiliki lingkaran. Semakin tak terhingga properti yang dimiliki maka kekuatan yang dimiliki menjadi tidak terbatas. Satu satunya yang memiliki kekuatan tidak terbatas adalah Allah SWT. Sedangkan manusia pasti memiliki batasan tertentu. Oleh karena itu, kita harus selalu memohon pertolongan dengan berdoa kepada Allah Yang Maha Tidak Terbatas.

    ReplyDelete
  4. Totok Victor Didik Saputro
    18709251002
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Selamat malam Prof.
    Lingkaran berjari-jari tak berhingga panjangnya artinya berdampak pada aspek lainnya yang dimiliki oleh lingkaran tersebut seperti diameter, keliling lingkaran, luas lingkaran, dan lain sebagainya. Aspek-aspek tersebut pada akhirnya juga menjadi tak hingga besarnya (sesuai dengan satuan yang dimiliki). Artinya, lingkaran berjari-jari tak berhingga panjangnya dapat dikatakan istimewa.

    ReplyDelete
  5. Totok Victor Didik Saputro
    18709251002
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Selamat malam Prof.
    Dalam kehidupan, lingkaran berjari-jari tak berhingga panjangnya dapat diartikan sebagai filsafat. Lingkaran berjari-jari tak berhingga tersebut memiliki definisi yang sangat luas begitu pula dengan filsafat. Filsafat juga memiliki definisi yang sangat luas. Lingkaran ini dapat dikatakan istimewa dan memiliki kelebihan yang luar biasa. Hal yang sama juga dimiliki oleh filsafat. Filsafat yang demikian disebut filsafat absolut. Filsafat absolut hanyalah milik Tuhan. Ia yang menciptakan filsafat itu sendiri. Terima kasih.

    ReplyDelete
  6. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Dalam kaidah matematika bahwa semakin besar jari-jari suatu lingkaran maka semakin besar pula luas yang akan dibentuk oleh lingkaran tersebut. Seperti halnya dengan harapan, semakin tinggi atau beaar harapan yang diinginkan maka semakin besar pula dunia yang akan kita genggam dalam artian semakin besar pengaruh kita dimata dunia.

    ReplyDelete
  7. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Apabila lingkaran berjari-jari tak berhingga panjangnya maka maka semua yang berkaitan dengan lingkaran menjadi tak terhingga juga. Dalam kehidupan sehari-hari, manusia memiliki keinginan, harapan, dan doa yang tak terhingga. Tetapi sesungguhnya yang tak terhingga yang absolut hanya milik Allah karena manusia mempunyai keterbatasan.

    ReplyDelete
  8. Falenthino Sampouw
    18709251006
    S2 Pendidikan Matematika

    Selamat malam, Prof.
    Jari-jari akan berbanding lurus dengan luas dan keliling lingkaran. Saya mengartikan jari-jari sebagai doa dan kerja keras. Doa dan kerja keras akan membuat dirinya luas dalam banyak hal. Luas dalam berpikir, luas dalam sabar, luas dalam memaafkan, dan sebagainya. Dimana ia pergi yaitu setiap titik pada keliling lingkaran, ia akan mudah beradaptasi dan diterima. Ia bahkan mudah menyelesaikan seluruh problem hidupnya di situ.
    Terima kasih, Prof.

    ReplyDelete
  9. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Lingkaran yang berjari-jari tak berhingga merupakan cerminan dari Kuasa Tuhan. Karena kuasa Tuhan sejatinya meliputi segalanya. Sementara manusia hanyalah bagian kecil di dalam lingkaran tersebut. Manusia tidak akan pernah tau batasan-batasan yang ada di dunia ini, dan tak akan pernah mampu menguasai semua ilmu yang bertebaran di muka bumi ini. Itulah salah satu kekurangan manusia.

    ReplyDelete
  10. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
    Lingkaran secara matematis memiliki diameter, jari-jari, dan luas. Manusia memiliki pemikiran yang begitu luas, perkiraan, hitung-menghitung mengenai kehidupan, pengetahuan, kemajuan teknologi, kekuasan dan perkembangan namun terkadang lupa akan batasannya. Ada yang menciptakan, ada yang membentuk dunia, Ada yang tidak bisa kita pikirkan mengenai kekuasaan-Nya yang begitu luas seperti Lingkaran yang mempunyai jari-jari tak berhingga. Kita sebagai manusia biasa harus mengingat dan menyadari, memahami bahwasannya hidup ini ada yang mengatur, ada yang menciptakan, dan semua akan kembali kepada-Nya untuk dimintai pertanggungjawaban kita hidup didunia oleh Yang Maha Menciptakan, Allah SWT.

    ReplyDelete
  11. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Lingkaran berjari-jari taj berhingga jika dipisahkan maka aka nada bidang lingkaran dan garis lurus tak berhingga, namun jika kita gabungkan maka akan terbentuk spiral yang merupakan sebuah lambing dari kehidupan manusia di dunia. Bagaiaman hidup itu selalu berputar seperti spiral dan bagaimana kita sebagai manusia menghadapi kehidupan tersebut?

    ReplyDelete
  12. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Jika jari-jari tak berhingga pada lingkaran maka luas dan keliling tersebut juga tak behingga. Jika dalam filsafat maka luas lingkaran yang tak berhingga sama dengan kekuasaan Allah SWT yang tak berhingga jika kita tingkatkan pada tingkat spiritual. Dan kekuasaan Allah SWT adalah absolut dan pasti.

    ReplyDelete
  13. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Alam semesta merupakan suatu lokasi yang luasnya tidak dapat dijangkau oleh pikiran manusia. Namun satu hal yang nampak jelas yaitu bahwa alam semesta ini memiliki poros sebagai acuan berevolusi. Contonya dari bagian kecil adalah galaksi kita dimana terdapat matahari sebagai poros revolusi. Dengan adanya poros maka dapat kita tarik kesimpulan ala mini meripakan suatu lingkaran yang berjari-jari, namun kita tidak dapat menjangkau berapa jari-jari lingkaran itu.

    ReplyDelete