Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 35: Menjawab Semua Pertanyaan




Ass, untuk semuanya:

Sintesiskan tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya untuk menentukan apakah semua pertanyaan-pertanyaan itu memerlukan jawabannya?

Dapat menggunakan referensi.

Tuliskan sintesis anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

13 comments:

  1. Ibrohim Aji Kusuma
    18709251018
    S2 PMA 2018

    Jawabannya sederhana yaitu tidak. Bisa jadi jika kita menjawab pertanyaan tersebut hasilnya adalah salah dan benar jika kita diam saja atau tidak menjawabnya sama sekali. Contoh lain adalah pertanyaan-pertanyaan klise yang sering kita jumpai di kehidupan sehari-hari, yang pada hakikatnya penanya tidak membutuhkan jawaban dari pertanyaan kita melainkan basa basi saja.

    ReplyDelete
  2. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PM A PPs UNY 2018

    Maksud dari pertanyaan adalah mendapatkan jawaban. Pertanyaan yang berisi atau tidak tergantung dari seberapa dalam penanya ingin mengetahui konsep atau hal tersebut. Pertanyaan ditanyakan karena rasa ingin tahunya terhadap sesuatu hal yang tidak dimengerti atau tidak diketahui. Pertanyan bisa tentang apa, siapa, mengapa, bagaimana dan kapan serta meminta menyebutkan menguraikan, menunjukan dan lain sebagainya. Setiap orang yang mengajukan pertanyaan, tentunya mempunyai harapan bahwa apa yang ditanyakan tersebut akan dijawab atau mempunyai jawabannya.. Setiap pertanyaan yang ditanyakan tentunya mempunyai maksud agar diperoleh jawaban yang bisa memberi rasa puas terhadap keingintahuan seseorang. Jadi, sebuah pertanyaan itu, tentunya mempunyai jawaban.

    ReplyDelete
  3. Totok Victor Didik Saputro
    18709251002
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Selamat malam Prof.
    Pertanyaan disampaikan karena ketertarikan pada suatu hal sehingga menimbulkan rasa ingin tahu yang lebih. Harapannya setiap pertanyaan yang diajukan mendapatkan respon yang baik pula, yaitu sebuah jawaban. Dari pernyataan ini, dapat dikatakan jawaban diperlukan oleh pertanyaan. Mengapa demikian? Jawaban merupakan bentuk konfirmasi atas rasa ingin tahu kita terhadap sesuatu hal yang ingin kita pahami. Pemahaman ini pula dapat menimbulkan pertanyaan-pertanyaan baru lainnya. Artinya, tingkat penyampaian jawaban ditentukan dari kualitas pertanyaan yang diberikan. Terima kasih.

    ReplyDelete
  4. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Jawaban muncul karena ada pertanyaan, belum tentu pertanyaan ada karena pasti jawaban akan muncul. Bisa jadi jawaban muncul tanpa adanya pertanyaan, jawaban muncul sendiri di dalam pikiran tanpa memerlukan pertanyaan karena memang sudah terbaca apa yang akan tersirat. Pertanyaan yang tidak mempunyai jawaban bisa jadi karena jawaban yang dicari ada di dalam pertanyaan itu sendiri, jadi memahami pertanyaan yang akan mengarah ke mana lalu bila memang sudah memahami bila jawaban sudah tersirat di dalam pertanyaan maka tidak memerlukan jawaban.

    ReplyDelete
  5. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Secara umum, ketika kita diberikan sebuah pertanyaan maka sebaiknya dibalas dengan jawaban sesuai dengan pemahaman yang kita miliki. Terkadang ada pertanyaan yang harus dijawab dengan jawaban singkat ada juga yang harus dipaparkan secara luas atau panjang kali lebar. Namun, sebagai seprang yang berilmu tentu kita ketahui bersama bahwa tidak semua jenis pertanyaan membutuhkan jawaban, karena bisa jadi pertanyaan itu dapat mempengaruhi keyakinan kita. Oleh karena itu pandai-pandailah kita dalam memahami setiap pertanyaan dan memberikan jawaban.

    ReplyDelete
  6. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006

    Apabila ada pertanyaan pasti ada jawabannya. Begitulah prinsip matematika, ada masalah pasti ada solusi. Tinggal kita mau mencari jawaban itu atau tidak dikarenakan terkadang jawaban dari suatu pertanyaan memerlukan waktu yang cukup lama untuk ditemukan

    ReplyDelete
  7. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Semua pertanyaan pasti ada jawabannya tetapi tidak semua pertanyaan tidak membutuhkan jawaban yang terucap dengan jelas dan harus dijawab pada saat itu juga. Karena jawaban akan pertanyaan sesuai dengan ruang dan waktu, maka diam pun bisa menjadi jawaban. Ketika kita bertanya kepada orang lain akan suatu hal, tidak semua yang kita tanyakan akan dijawab oleh orang tersebut tetapi kita akan mendapat jawaban mungkin di waktu lain dan bukan melalui orang tersebut.

    ReplyDelete
  8. Falenthino Sampouw
    18709251006
    S2 Pendidikan Matematika

    Selamat sore, Prof.
    Sudah pasti bahwa pertanyaan mempunyai jawaban. Untuk itulah pertanyaan perlu dicarikan jawabannya. Bentuk jawaban bisa berbeda-beda. Ini bergantung bagaimana jawaban itu diberikan. Misalnya ada yang bertanya pada seseorang dan orang tersebut berlaku diam. Maka diam adalah sebuah jawaban atas pertanyaan tersebut. Dengan demikian, tidak menjawab semua pertanyaan adalah bentuk dari menjawab.
    Terima kasih, Prof.

    ReplyDelete
  9. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Menurut pendapat saya, semua pertanyaan memerlukan jawaban. Pertanyaan diajukan memang karena ingin mengetahui sesuatu hal. Dari pertanyaan lah, ilmu pengetahuan berkembang. Pertanyaan merupakan wujud ketidaktahuan sekaligus keingintahuan seseorang, sementara jawaban merupakan wujud usaha manusia dalam membangun pengetahuannya.

    ReplyDelete
  10. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Tanya jawab, ada soal ada penyelesaian, ada masalah ada solusi begitu seterusnya karena di setiap ada tanda tanya maka ada saja hal yang bisa menghapus tanda tanya tersebut. Belum tentu juga ada solusinya karena kadang pertanyaan hanya sebatas pertanyaan sekedar pertanyaan tidak memerlukan solusi jawaban. Pertanyaan menjadi pengingat akan hal yang kurang pas pada suatu kondisi sehingga jawabannya ada dalam kesadaran diri sendiri.

    ReplyDelete
  11. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Anak kecil rajin sekali untuk menanyakan apapun yang dia tidak tahu atau memang anak kecil masih belum tahu apa-apa. Tapi kadang bila belum sesuai umurnya maka orang tua akan memberikan jawaban yang dihubungkan dengan dongeng, hewan atau tokoh kartun kesukaan dia. Bila kasusnya orang dewasa yang bertanya maka memang ada hal yang belum mereka ketahaui akan suatu hal, sehingga patut dijawab dengan menghubungkan segala ilmu yang pernah diperolehnya.

    ReplyDelete
  12. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Sama halnya dengan hukum sebab akibat, pertanyaan juga akan membutuhkan jawaban. Orang yang bertanya pasti membutuhkan jawaban, entah itu jawaban yang simple atau yang Panjang. Sebuah penjelasan untuk menjawab rasa ingin tahu penanya. Dan orang yang bertanya tidak mungkin asal untuk membuat pertanyaan, pasti akan ada rasa penasaran sehingga memunculkan pertanyaan. Sehingga pertanyaan tersebut membutuhkan jawaban.

    ReplyDelete
  13. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Pertanyaan merupakan pangkal dari suatu ilmu, namun tidak semua pertanyaan seharusnya dijawab. Harus ada pertimbangan manfaat dan mudharat dalam menjawab. Katakanlah di era penjajahan, seorang pejuang disiksa oleh penjajah pun tidak akan membocorkan lokasi persembunyian teman-temannya. Dalam setiap tindakan kita harus melihat dari berbagai sudut pandang, terutama sudut pandang impact yang ditimbulkan,

    ReplyDelete