Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 33: Penguasa Dunia




Ass, untuk semuanya:

Sintesiskan tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya untuk menemukan bahwa ternyata Penguasa Dunia itu adalah Sang Multi Facet.

Dapat menggunakan referensi.

Tuliskan sintesis anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

13 comments:

  1. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PM A PPs UNY 2018

    Multi facet dapat diartikan sebagai multi segi atau beraneka segi. Ini berarti bahwat terdapat segi positif dan negatif, segi baik dan buruk, segi kelemahan dan kelebihan dan lain sebagainya. Multi facet dapat pula dilihat dari segi ekonomi, politik, perkembangan teknologi, sosial atau apa saja yang berkaitan dengan kehidupan manusia. Kehidupan manusia tentu saja ada diantara multi face ini. Orang yang berkuasa atas dunia yang mempunyai pengaruh besar dalam beraneka macam segi ini adalah Penguasa dunia. Pengaruh yang digunakan sang penguasa ini mencakup semua bidang kehidupan sehingga membawa dampak yang beraneka ragam, positif atau negatif, baik ataupun buruk. Sehingga dapat dikatakan bahwa Sang Penguasa adalah sang multi facet.

    ReplyDelete
  2. Ibrohim Aji Kusuma
    18709251018
    S2 PMA 2018

    Multi facet artinya sesuatu yang tersusun atas banyak faktor. Dikatakan multi jika terdiri dari lebih dari dua faktor. Semakin banyak faktor yang menyusun sesuatu tersebut maka akan semakin kompleks dan sempurna. Jika dunia ini terdiri dari berbagai faktor penyusun maka jika sesuatu itu menguasai semakin banyak faktor penyusun dunia maka ia adalah penguasa dunia ini.

    ReplyDelete
  3. Ibrohim Aji Kusuma
    18709251018
    S2 PMA 2018

    Facet atau faktor disini dapat diartikan beragam seperti bidang-bidang kehidupan seperti ekonomi, sosial, politik, budaya, pendidikan dan sebagainya. Atau juga facet ini dapat diartikan dengan ilmu pengetahuan seperti sains, sosial, hukum dan seterusnya. Atau facet juga dapat berarti jargon, sifat, logos dan lain sebagainya.

    ReplyDelete
  4. Totok Victor Didik Saputro
    18709251002
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Selamat siang Prof.
    Sebenar-benarnya penguasa dunia adalah milik yang Kuasa. Ia dapat menguasai dunia akhirat dan dunia kehidupan. Sedangkan, multi facet mungkin hanya dapat menguasai dunia kehidupan karena saling mempengaruhi. Sebenar-benarnya multi facet menjadi penguasa dunia, Tuhan lah penguasa dari penguasa dunia ini. Terima kasih.

    ReplyDelete
  5. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Setiap individu berhak untuk memimpin suatu instansi kelembagaan atau sejenisnya, karena manusia diciptakan di muka bumi untuk menjadi seorang pemimpin minimal bisa memimpin diri sendiri. Berbicara tentang pemimpin dunia maka tentu bukanlah sesuatu yang mudah untuk meraihnya karena terdapat multi facet yang menjadi penilaian atau perhatian banyak orang. Semakin seseorang tersebut memiliki keahlian dan kemampuan diberbagai bidang maka semakin besar peluang untuk mejadi seorang pemimpin dunia.

    ReplyDelete
  6. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006

    Tuhan merupakan sebenar-benarnya penguasa dunia. Demi mengatur dunia, maka Tuhan menciptakan multi facet. Artinya multi facet dapat diibaratkan manusia yang diciptakan oleh Tuhan. Apabila manusia menguasa dunia, dapat diartikan yang menguasai dunia ini merupakan sesuatu yang menciptakan manusia tersebut. Sehingga dapat dikatakan bahwa Tuhan merupakan sang penguasa duunia

    ReplyDelete
  7. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Facet berarti segi/bidang, sehingga multi facet adalah berbagai segi/berbagai bidang. Multi facet meliputi segala bidang kehidupan, seperti pendidikan, ekonomi, dsb. Penguasa dunia saat ini sudah menguasai multi facet yang dampaknya mungkin baik dan mungkin buruk. Sebagai penerima pengaruh dari multi facet kita harus dapat mereduksi.

    ReplyDelete
  8. Falenthino Sampouw
    18709251006
    S2 Pendidikan Matematika

    Selamat malam, Prof.
    Multifacet berarti banyak sisi, banyak faktor, banyak rupa, banyak bidang, dan sejenisnya. Menguasai dunia adalah menguasai segala segi/faktor/rupa/bidang/aspek standar dunia. Jika bidang didunia ini berupa pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial, dan lain sebagainya. Maka kita bisa saja mengatakan bahwa penguasa dunia ini adalah kesehatan. Namun kita menemukan juga bahwa, kesehatan dapat maju dengan teknologi pengobatan yang baik berasal dari pendidikan yang baik, ekonomi yang baik, sosial yang baik, dan sebagainya. Begitu pula dengan pendidikan, ekonomi dan lainnya, tak akan mampu berdiri sendiri. Implikasinya adalah dalam menguasai dunia, jadilah multifacet dimana berdiri dengan beragam kemampuan sebagai faktor dunia.
    Terima kasih, Prof.

    ReplyDelete
  9. Luthfannisa Afif Nabila
    18709251031
    S2 Pendidikan Matematika B 2018
    Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh
    Aku bisa bahagia. Aku bisa bersedih. Aku bisa menangis. Aku bisa senang. Aku bisa ceria. Aku bisa marah. Aku bisa cemberut. Aku bisa tersenyum. Aku bisa termenung. Aku bisa melamun. Wow, aku bisa bisa berganti wajah semauku sesuai kondisiku.. karena aku multifacet. Kemultifacetanku inilah yang mewarnai duniaku. Hari-hariku menjadi penuh makna. Aku bisa menguasai dunia yang aku punya. Aku bisa menguasai duniaku sesukaku sesuai kondisiku. Karena ternyata Penguasa Dunia itu adalah Sang Multifacet.
    Wassalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  10. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Dunia ini tersusun dari berbagai unsur. Manusia hanyalah bagian kecil dari struktur dunia. Kemampuan manusia tidak akan pernah mampu untuk menguasai dunia. Memimpin diri sendiri saja belum tentu manusia mampu melakukannya dengan baik, apalagi memimpin atau bahkan menguasai dunia. Sesungguhnya, sebenar-benar penguasa dunia adalah Sang Maha Pencipta, Allah SWT, Tuhan Yang Maha Segalanya.

    ReplyDelete
  11. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Cita-cita jaman dulu bila guru bertanya seperti itu maka anak-anak menjawabnya dengan ceria tanpa tahu bagaimana cita-cita itu akan terwujud. Salahs tunya mungkin cita-cita ingin menjadi penguasa dunia, mungkin maksudnya agar anak-anak bisa bermain sepuasnya di seluruh dunia dan mereka tidak perlu membayar karena mereka memilikinya sendiri. Bila membicarakan versi dewasanya, maka pemikiran seperti itu dianggap suatu tindakan yang siap-siap menyerang seluruh dunia. Padahal tanpa repot seperti itu manusia bisa menjdi penguasa dunia dengan memimpikannya dalam pikiran, karena kalau sudah berbicara tentang pikiran maka akan memasuki dunia yang benar-benar milik sendiri.

    ReplyDelete
  12. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Manusia yang diciptakan dengan multi facet atau beraneka segi. Hal tersebut menunjukka bahwa manusia juga mempunyai kelemahan dan kelebihan masing masing. Mulai dari segi berpikir yang logis atau terancam oleh mitos.sehingga yang berkuasa adalah sang pencipta dari manusia yang beraneka ragam yaitu Allah SWT. dengan kuasa Allah SWT manusia akan menerima segala takdirnya dan manusia hanya dapat berusaha dan berdoa dengan takdir yang telah dituliskannya.

    ReplyDelete
  13. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Penguasa dunia adalah Alloh, sehingga utusan yang dikehendaki Allohlah yang dapat menuruni kekuasaanya, itupun terbatas. Dapat dipastikan penguasa dunia utusan Alloh tersebut adalah manusia yang memiliki tingkat religiusitas yang tinggi dan memiliki kemampuan interaksi sosial di atas rata-rata, habluminallah, habluminannas… Dalam bahasa keseharian dapat dikategorikan bahwa beliau penguasa dunia adalah orang yang mampun menempatkan diri dalam kondisi apapun, ruang manapun, waktu kapanpun.

    ReplyDelete