Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 27: Sebagian Besar Dosaku karena Determinisku




Ass, untuk semuanya:

Sintesiskan tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya untuk menemukan bahwa ternyata Sebagian Besar Dosaku dikarenakan Determinisku.

Dapat menggunakan referensi.

Tuliskan sintesis anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

14 comments:

  1. Ibrohim Aji Kusuma
    18709251018
    S2 PMA 2018

    Determinist artinya bersifat determin. Determin artinya bersifat sewenang-wenang. Manusia seringkali bersifat sewenag-wenag kepada siapapun. Yang secara sadar dan tidak sadar menghasilkan sikap yang tidak adil, dholim sehingga menghasilkan dosa.

    ReplyDelete
  2. Totok Victor Didik Saputro
    18709251002
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Selamat malam Prof.
    Determinis muncul dalam bentuk akibat dari keharusan dan hal yang tak mungkin tidak dilakukan oleh manusia. Artinya adanya kewajiban yang mungkin dipaksakan sehingga membuat kita berada dalam ruang dan waktu yang tidak seharusnya. Dampaknya adalah perubahan pemikiran dan hati yang berakibat munculnya dosa dalam kehidupan kita. Hal ini bisa diatasi dengan selalu berdoa dan memohon kepada Tuhan karena Ia lah yang maha pengampun dan pemberi berkah dalam kehidupan. Terima kasih.

    ReplyDelete
  3. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Secara umum determinisme merupakan kesadaran manusia akan kebebesan dalam mengkehendaki sesuatu. hal ini merupakan suatu sifat yang tidak dimiliki oleh seorang pendidik, karena guru merupakan bagian terpenting dalam proses pembelajaran di kelas. ketika guru memiliki sifat determinist tersebut maka akan berdampak pada perilaku siswa dan proses pembelajaran kurang maksimal untuk diterima oleh para siswa. Sebagai guru yang baik tentu bagaimana guru mampu memberikan contoh yang baik, kasih sayang, dan lebih mementingkan kepentingan siswa.

    ReplyDelete
  4. Falenthino Sampouw
    18709251006
    S2 Pendidikan Matematika

    Selamat siang, Prof.
    Determinis berarti bersikap sewenang-wenang. Saya bisa bersifat ditermin terhadap motor ketika saya mengendarainya. Mungkin saja saat itu, motor sebenarnya tak ingin untuk dikendarai. Tetapi saya bersifat ditermin terhadap motor dan tanpa memikirkan keberadaannya, saya memaksakannya untuk berjalan. Mungkin contoh ini sederhana dan agaknya tidak rasional bagi beberapa orang, namun sifat yang ditunjukkan oleh saya sebenarnya sangat ditermin. Rasanya sederhana sekali, namun ternyata hal demikian adalah manifestasi sifat ditermin dalam diri saya. Diterminis tidak menghiraukan keberadaan orang lain. Dalam kehidupan sehari-harinya, saya berjalan dalam rentangan vital dan fatal serta melakukan banyak pilihan yang menjadi tujuan tanpa memperdulikan keberadaan orang lain. Dan ini terjadi setiap hari, maka saya bisa melihat betapa determinisku menjadi sumber dosaku.
    Terima kasih, Prof.

    ReplyDelete
  5. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Diterminist itu menentukan sifat, menentukan nasib orang lain. Diterminist muncul karena adanya sifat ditermin. Disadari atau tidak kita ditermin terhadap orang lain. Misalnya mengatakan orang lain sebagai tukang terlambat padahal ia baru pernah terlambat sekali. Ditermin yang berlebihan merupakan hal yang buruk dan hanya menimbulkan dosa untuk dii sendiri.

    ReplyDelete
  6. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PPs UNY PM A 2018

    Manusia tidak luput dari salah dan dosa. Kesalahan dan dosa yang dilakukan bisa dikarenakan sikap determinis, suka membatasi dan memaksa segala sesuatu tentang diri sendiri dan orang lain. Karena kebiasaan inilah timbul keinginan-keinginan untuk melakukan hal-hal yang berujung pada kesalahan dan dosa. Sikap determinis yang berlebihan bisa menjerumuskan kita dalam dosa.

    ReplyDelete
  7. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Determine merupakan suatu kegiatan menjatuhkan sifat pada sesuatu. Sering kali dalam kehidupan kita merasa menjadi orang yang paling benar. Perasaan tersebut secara tidak langsung bahwa kita telah menjauhkan suatu sifat yang salah atau kurang benar terhadap orang lain. Padahal dalam kehidupan yang kita jalani tidak akan ada yang paling benar, karena kebenaran yang mutlak hanya dimiliki Allah SWT.

    ReplyDelete
  8. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Determinis adalah menjatuhkan sifat, menentukan atu menjudge hal-hat tertentu semaunya sendiri. Determin sangat sering dilakukan oleh manusia. Hal ini terjadi karena manusia memang memiliki kekurangan atau kelemahan-kelemahan tertentu. Manusia memiliki keterbatasan untuk mengetahui hakekat dari suatu hal. Selain itu, kecenderungan manusia untuk tidak menelususri segala sesuatu sampai ke akar-akarnya juga menjadi pemicu munculnya sifat determinis. Determinis sangat berbahaya. Karena determinis sama halnya dengan menuduh tanpa bukti. Sungguh berdosa besar bagi kita yang sering kali melakukan sifat determin.

    ReplyDelete
  9. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Fitnah lebih kejam daripada pembunuhan, pepatah yang selalu terngiang dan selalu tertampar bila orang lain menujukannya kepada kita. Sama halnya dengan berpikiran negatif atas segala hal yang memang sejak awal sudah pesimis. Sehingga jatuh-jaatuhya memang ke arah pen judge an atas sesuatu, dan itu sudah termasuk determin kepada hal tersebut dan itu membuat diri ini menjadi seorang pemfitnah. Sehingga diupayakan untuk positif thinking meskipun memang berat ketimbang hanya sekedar ucapan saja.

    ReplyDelete
  10. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Manusia yang mempunyai akal dan hati bisa digunakan untuk kebaikan maupun keburukan. Maksudnya, kebaikan karena mereka menginginkan dampak baik terjadi pada mereka dan memberikan kesenangan bagi orang lain, sedangkan keburukan terjadi karena pikiran manusia yang tersumbat dan terpengaruh oleh faktor luar yang menginginkan hal buruk terjadi kepadanya dan kepada orang di sekitarnya. Termasuk di dalamnya perbuatan menjatuhkan sifat kepada orang lain, akan bagus bila menjatuhkan sifat yang indah dan tidak menyinggung lawan main. Beda ceritanya bilamenjatuhkan sifat yang seakan-akan menuduh kepada lawan main akan hal yang tidak dikerjakannya. Tujuan menjatuhkan sifat tersebut bisa jadi untuk melindungi dirinya sendiri dari serangan orang luar, bisa jadi karena sekedar kurang menyukai lawan mainnya.

    ReplyDelete
  11. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Seringkali kita menjatuhkan sifat kepada manusia. Yang artinya kita memberi label kepada seseorang atas dasar pemikiran kita. Jika label yang kita berikan itu baik maka hal tersebut tidak akan berdampak buruk kepada kita, akan tetapi jika sebaliknya maka bisa saja ‘label’ tersebut akan berbalik kepada kita.

    ReplyDelete
  12. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Manusia diciptakan dengan akal dan pikirannya. Manusia juga dibekali nafsu oleh Alloh. Inilah yang terkadang menjadi pedang bermata dua. Ketidak dapat terkendali dengan baik maka manusia akan menjadi hamba yang baik dan disegani derajatnya, namun ketika tidak terdapat control yang baik maka derajatnya pun akan turun karena lumuran dosa yang mengikuti, bahkan dalam suatu kejadian karena perbuatannya manusia derajatnya diturunkan hingga seperti hewan, Naudzubillah. Dosa itu berasal dari semua tindakan manusia sendiri, bahkan jika di ekstensif dan intensifkan, bencana-bencana itupun berasal dari manusia itu sendiri. Semoga kita dapat memanfaatkan karunia yang diberikan oleh Alloh untuk menggapai kehidupan yang baik dan benar.

    ReplyDelete
  13. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Manusia yang tidak luput dengan dosa karena sebagian besar dosanya karena perilakunya. Perilaku yag tidak sesuai dengan aturan yang berlaku. Dan karena mempunyai kekuasan manusia akan semena-mena dengan kekauasaan tersebut. Bisa saja kekuasaan tersebut adalah sebuah godaan dari syaiton yang mengganggu manusia agar berbuat dosa. Dosa yang dekat manusia akan sealu mengikuti manusia dan karena determinis manusia sendiri dosa tersebut didapat oleh manusia. Kita harus lebih banyak berdoa agar diampuni segala dosa yang telah diperbuat.

    ReplyDelete
  14. Khintoko Intan Permatasari
    19701251020
    S2 PEP A 2019

    Hidup selalu dihadapkan pada banyak pilihan. Setiap orang pasti ingin yang terbaik untuk hidupnya. Namun, untuk memperoleh yang terbaik pasti banyak sekali rintangannya, diantaranya kadang godaan setan, egoisitas dan faktor faktor lainnya menyebabkan kita hilang kendali dan menempuh jalan keburukan. Jalan keburukan itulah jalan dosa. Diri kita sendiri adalah penentu arah masa depan kita, sehingga tetaplah berpegang teguh pada ajaranNya. Semoga kita selalu dilindungi oleh Allah SWT dari jalan keburukan.

    ReplyDelete