Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 25: Ilmuku adalah Kontradiksi itu




Ass, untuk semuanya:

Sintesiskan tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya untuk menemukan bahwa ternyata Ilmuku adalah sebuah Kontradiksi.

Dapat menggunakan referensi.

Tuliskan sintesis anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

14 comments:

  1. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PM A PPs UNY 2018

    Ilmu adalah sebuah kontradiksi yang timbul dan menimbulkan segala sesuatu yg bersifat kontradiktif. Ilmu muncul dari pemikiran-pemikiran kita yang bertentangan dengan orang lain sehingga muncul berbagai pertanyaan dari kita. Pertanyaan dari perbedaan pemikiran dan pemahaman tersebut yang dapat kita cari solusinya di saat kita memperdalam ilmu kita. Kita mempelajari ilmu dari hal-hal yang sederhana menuju kearah yang lebih kompleks. Semakin tinggi tingkat pendidikan ilmu seseorang semakin kompleks pula ilmu yang akan dipelajari

    ReplyDelete
  2. Ibrohim Aji Kusuma
    18709251018
    S2 PMA 2018

    Dunia ini penuh dengan kontradiksi. Segala sesuatu yang sudah turun kebumi maka akan tercipta kontradiksi. Sesuatu akan tetap konsisten/identitas jika tetap berada di alam pikiran. Ilmu yang kita pelajari pada hakikatnya adalah ide yang sudah tertuang dalam tulisan. Maka ilmu yang kita pelajari akan dijumpai kontradiksi.

    ReplyDelete
  3. Ibrohim Aji Kusuma
    18709251018
    S2 PMA 2018

    Ilmu yang kita miliki sekarang bisa sangat mungkin berbeda dengan perkembangan ilmu di masa depan. Mungkin dan sah-sah saja. Oleh karena itu, ilmu yang kita miliki bisa menjadi kontradiksi dengan ilmu yang ada di masa depan kelak. Jangankan dengan masa depan, di era sekarang saja sangat mungkin ilmu kita berkontradiksi dengan yang lain.

    ReplyDelete
  4. Totok Victor Didik Saputro
    18709251002
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Selamat sore Prof.
    Kontradiksi bisa muncul kapan saja jika diperlukan. Kontradiksi muncul baik disadari maupun tidak disadari. Hal yang sama juga terjadi pada ilmu. Ilmu dapat diperoleh kapan dan dimana saja. Artinya ilmu berkembang dalam kehidupan. Ilmu merupakan pemikiran-pemikiran yang lahir dari kelompok yang meyakininya. Ilmu beranjak dari masalah-masalah yang dialami kelompok orang tersebut. Artinya terdapat orang-orang yang mungkin tidak menyetujui pemikiran atau ilmu tersebut. Hal ini berarti ilmu dapat disimpulkan sebagai hal yang kontradiksi. Ketidakpuasan dari hasil dan bentuk ilmu itu sendiri menyebabkan ilmu dapat dikatakan sebagai hal yang kontradiksi. Terima kasih.

    ReplyDelete
  5. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Sebenar-benar hidup adalah kontradiktif, banyak sekali dalam kehidupan sekeliling kita yang tanpa kita sadari adalah sesuatu yang kontradiktif, seperti halnya orang yang duduk dikursi bagian depan pada saat pelajaran cenderung lebih cepat memahami pelajaran yang telah disampaikan namun tidak semua yang duduk di depan dapat memahami pelajaran yang disampaikan. Inilah kenapa kita disekeliling kita penuh dengan kontradiksi. Sama halnya ketika kita ingin menyampaikan ilmu yang kita miliiki, kita mungkin menganggap bahwa cara penyampain kita sudah sangat baik ditelinga orang lain akan tetapi ternyata masih ada beberapa orang yang belum memahami daripada ilmu yang diberikan.

    ReplyDelete
  6. Falenthino Sampouw
    18709251006
    S2 Pendidikan Matematika

    Selamat siang, Prof.
    Kehidupan kita selalu diwarnai dengan kontradiktif. Sederhananya adalah apa yang kita pikirkan sering tak sesuai dengan realita kehidupan yang ada. Kita bisa tahu banyak hal tentang teman kita misalnya. Namu sebenar-benarnya keberadaan teman kita, ia adalah makhluk yang bebas dan tidak bisa kita tebak. Ia mampu berwajah manis dengan senyumnya, namun perasaan bisa saja dalam kesedihan dan tidak kita ketahui. Ia mesti cerita dahulu sehingga kita bisa mengetahuinya. Pengetahuan kita tentangnya tidak cukup menunjukkan bagaimana ia sebenarnya. Bahkan ia bisa berupah kapan dan dimana saja ia inginkan.
    Terima kasih, Prof.

    ReplyDelete
  7. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Ilmuku adalah Kontradiksi itu. Menurut saya, hal ini bermakna ilmu itu menjadi kekontradiksian dari pengalaman-pengalaman dan pemikiran tanpa ilmu dan juga ilmu dapat menjadi kontradiksi ketika apa yang kita pikirkan dan yakini dalam hati berbeda dengan ilmu yang kita dapat.

    ReplyDelete
  8. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Kontradiksi merupakan suatu hal yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan. Begitupun dengan ilmu, ilmu merupakan suatu hal yang akan terus berkembang dari waktu ke waktu. Perkembangan yang terus terjadi akan mengakibatkan perbedaan suatu ilmu pada saat ini dan pada masa yang akan datang. Terkadang ilmu yang kita miliki dalam diri kita berbeda dengan ilmu yang sedang kita pelajari, hal tersebut menunjukkan bahwa suatu ilmu pada diri kita merupakan sebuah kontradiksi.

    ReplyDelete
  9. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Hidup adalah kontradiksi. Diriku adalah kontradiksi. Apa yang ada dalam pikiranku selalu berisi kontradiksi-kontradiksi. Dari kontadiksi-kontradiksi tersebut seng memunculan keraguan-keraguan dalam pikiranku. Keraguan-keraguan itulah yang justru memacuku untuk senantiasa mencari ilmu. Maka dapat aku simpulkan bahwa sesungguhnya ilmuku adalah kontradiksi itu sendiri. Terima kasih.

    ReplyDelete
  10. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Ilmu merupakan hasil pemikiran manusia. Sedangkan kontradiksi merupakan suatu pemahaman mengenai obyek dengan penalaran logis yang memiliki makna kebalikannya. Sebagai contohnya tesis kebalikan dari anti tesis. Sehingga kontradiksi dalam pemahaman sebuah ilmu diperlukan agar tidak tercampur antara obyek yang satu dengan kebalikannya

    ReplyDelete
  11. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Kodrat manusia adalah selalu belajar. Disamping itu, manusia selalu menemui kesalahan. Ilmu merupakan kotradiksi yang timbul dalam pemikiran seseorang. Karena setiap orang memiliki pemikirannya masing-masing maka selalu tibul pertentangan antara satu dengan yang lainnya. Dari pertentangan tersebut sehingga muncul sebuah pertanyaan. Karena setiap orang berbeda pemikirannya maka ia akan belajar untuk menjawab pertanyaan dengan sudut pandanganya. Sehingga semakin tinggi ilmu seseorang, maka ia akan menemukan masalah yang semakin kompleks. Di sinilah sebenarnya kontradiksi dari ilmu tersbut.

    ReplyDelete
  12. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Dunia ini penuh ilmu, ada banyak ilmu yang bahkan tidak bisa dihitung oleh manusia, tidak dapat dijangkau oleh manusia. Keterbatasan manusia dalam menggapai kebenaran ilmu membuat adanya subjektifitas dalam dirinya sehingga dalam setiap pandangan manusia pasti ada pandangan lain yang berbeda. Singkatnya semua thesis pasti ada anti thesisnya. Dalam perkembangan ilmu, justru perdebatan-perdebatan thesis dan anti thesis itulah yang membuat varian ilmu tumbuh dengan cepat. Diawali suatu perdebatan maka akan muncul suatu sintesis yang menghasilkan berbagai macam teori baru, entah membenarkan salah satu pihak atau menjadi pihak lain lagi.

    ReplyDelete
  13. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Sebuah kontradiksi akan memunculkan sebuah ilmu, karena dengan kontradiksi akan ada perbedaan pandangan yang bisa jadi hal yang lebih penting atau memunculkan ide baru. Dari ha tersebut akan menjadikan pengetahuan yang baru dan dapat jadikan sebuah ilmu jika kita mempelajarinya. Sehingga dapat dikatan ilmu adalah sebuah kontradiksi itu.

    ReplyDelete
  14. Jewish Van Septriwanto
    19709251077
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Terima kasih untuk tulisan ini prof, Hakekat Dunia terbagi menjadi dua, yaitu Dunia yang terbebas Ruang dan Waktu; dan Dunia yang terikat Ruang dan Waktu. Ciri-ciri dari Dunia Hakekat adalah bahwa di dalam Dunia hakekat terdapat Dua Prinsip Hakekat, yaitu Prinsip Identitas dan Prinsip Kontradiksi. Jika dia bukan Identitas, maka dia adalah Kontradiksi; dan jika dia bukan Kontradiksi maka dia adalah Identitas. Kontradiksi yang ada pada Dunia yang terbebas Ruang dan Waktu, tentu berbeda dengan Kontradiksi yang ada pada Dunia yang terikat Ruang dan Waktu. Wadah tak akan pernah sama dengan isi.Itulah yang dinamakan kontradiksi dalam filsafat. Tanpa adanya kontradiksi maka tak ada makna kehidupan. Jadi hidup manusia memang suatu kontradiksi. Oleh karena itu manusia selalu diwarnai oleh kontradiksi-kontradiksi hidupnya. Maka ilmuku dalam hidup ini pun adalah kontradiksi

    ReplyDelete