Oct 14, 2011

Elegi Silaturahim Matematika




Oleh: Marsigit

Matematika1:
Aku adalah matematika. Matematika ya matematika. Aku bukanlah ilmu alam. Tetapi sebetul-betulnya aku adalah ilmu tentang bicara. Guruku adalah Thales.



Matematika2:
Au adalah matematika. Jika aku geometri maka aku bukanlah bilangan. ku ada di dalam pikiranmu. Sesungguhnya sifatku itu abstrak. Yang konkrit itu hanyalah contohku. Aku telah ada secara lengkap dalam pikiranmu. Jika engkau tidak bisa menemukanku, itu hanyalah kekurang pahamanmu. Guruku adalah Plato.

Matematika3:
Aku adalah matematika. Aku adalah ilmu yang koheren. Bilanganku dapat mengatur alam. Tetapi sulit dibedakan atara aku dengan ilmu alam. Tetapi hidupku memang memerlukan bukti. Bagiku ruang adalah diskret. Dalil Pythagoras adalah diriku yang paling terkenal. Bisa saja orang-orang mengagumiku. Tetapi dalam diriku terdapat incommensurability. Guruku adalah Pythagoras.

Matematika4:
Aku adalah logika pertama. Aku tersusun atas proposisi-proposisi. Jiwaku adalah silogisma. Di dalam diriku terdapat infinite regress. Aku bersifat apodiktic. Postulat dan aksioma adalah landasanku. Guruku adalah Aistoteles.

Matematika5:
Aku adalah matematika. Aku bersifat aksiomatik. Yang utama dari diriku adalah geometri. Metodeku adalah deduksi. Postulat ke 5 adalah yang paling terkenal. Guruku adalah Euclides.

Matematika6:
Aku adalah matematika. Aku bersifat empiris. Aku adalah persoalan konkrit sehar-hari. Bagiku logika tidak meberikan informasi apapun. Guruku adalah Bacon, Locke, Berkely dan Hume.

Matematika7:
Aku adalah matematika. Diriku yang utama adalah geometri. Aku berada di dalam pikiranmu. Aku beranat dari keragu-raguanmu. Aku bersifat deduktif. Guruku adalag Rene Descartes.

Matematika8:
Aku adalah matematika. Aku bersifat sintetik a priori. Aku berada dalam intuisimu. Ituisimu adalah ruang dan waktumu. Keputusanmu adalah diriku yang tertinggi. Guruku adalah Immanuel Kant.

Matematika9:
Aku adalah matematika. Sebenarnya diriku adalah logika. Logika itulah matematika. Kalkulus pernyataan adalah contohku. Guruku adalah Leibniz, Frege dan Russell.

Matematika10:
Aku adalah matematika. Intuisimu adalah metodeku. Aku lebih mementingkan membangun dari sekedar diberikan. Guruku adalah Brouwer.

Matematika11:
Aku adalah matematika. Aku adalah pengamatanmu. Maka aku adalah kekeliruanmu. Guruku adalah Lakatos.

Matematika12:
Aku adalah matematika. Aku lebih mementingkan sistem. Aku adalah konsistensimu. Aku bersifat rigor. Sistemku benar-benar tunggal. Aku memerlukan dasar yang kokoh. Konsistensi adalah nyawaku. Orang biasa menyebut diriku sebagai formalisme. Guruku adalah Hilbert.

Matematika13:
Aku adalah matematika. Tetapi wujudku adalah bahasa. Walaupun aku itu empiris. tetapi aku tetap logika. Guruku adalah Wittgenstein.

Matematika14:
Aku adalah matematika. Matematika ya matematika. Aku tidak dipengaruhi oleh benda-benda kongkrit.
Kebenaranku terbebas dari nilai-nilai. Orang sering menyebut diriku sebagai absolutisme.

Matematika15:
Aku adalah matematika. Jika aku lengkap maka aku tidaklah konsisten. Tetapi jika aku konsisten, maka aku tidaklah lengkap. Guruku adalag Godel.

Matematika16:
Aku adalah matematika. Konstructivis adalah jiwaku. Guruku adalah Aristoteles, Piaget, dan Paul Ernest


Matematika17:Aku adalah matematika. Diriku yang utama adalah pola-pola dan relasi. Guruku adalah Ebutt dan Strakker.

Matematika18:
Aku adalah matematika. Diriku tiada lain adalah komunikasi. Tiadalah diriku yang tidak dapat dikomunikasikan. Guruku adalah Ebutt dan Strakker.

Matematika19:
Aku adalah matematika. Diriku adalah investigasi. Kegiatan penelitian itu adalah diriku. Guruku adalah Ebutt dan Strakker.

Matematika20:
Aku adalah matematika. Diriku bisa obyektif dan bisa subyektif. Diriku obyektif jika berada di luar dirimu. Diriku subyektif jika berada di dalam dirimu. Diperlukan pergaulan agar engkau mengetahui aku yang subyektif dan obyektif. Guruku adalah Paul Ernest.

Matematika21:
Aku adalah matematika. Bidangku tidaklah datar. Bidangku adalah kurva-kurva lengkung. Jumlah besar sudut pada segitigaku tidaklah sama dengan seratus delapan puluh derajat. Guruku bukanlah Euclides. Guruku adalah Lobachevski

Tunggal:
Aku adalah matematika. Aku bersifat tunggal. Landasanku bersifat kokoh. tetapi kebanyakan orang meyebut aku sebagai mitos.

Universal:
Aku adalah matematika. Aku bersifat universal. Tetapi kebanyakan orang juga mengatakan bahwa aku adalah mitos.

Pasti:
Aku adalah matematika. Aku menjamin kepastianku. Tetapi dengan demikian, aku juga dikatakan sebagai mitos.

Obyektif:
Aku adalah matematika. Aku menjamin obyektivitas. Tetapi dengan demikian, aku juga dikatakan sebagai mitos.

30 comments:

  1. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math A 2018

    Matematika adalah ilmu pasti. Ilmu yang bersifat konkret. Dana matematika digunakan dalam segala aspek. Dimanapun kita berada dan bagaimana tetap saja matematika merupakan aspek dari segala kehidupan dan kita sering menemui atau bertemu dengan matematika. Itulah mengapa matematika sangat penting untuk diajarkan dan dipahami, dan penting membuat matematika dijadikan sebagai pelajaran yang menarik.

    ReplyDelete
  2. Ibrohim Aji Kusuma
    18709251018
    S2 PMA 2018

    Matematika bisa menjadi filsafat apapun. Tergantung ruang dan waktunya. Bisa menjadi abstrak tokohnya adalah plato dst. Yang penting jangan sampai matematika hanya sekedar mitos. berhenti sampai situ saja dan tidak mau menambah pengetahuannya.

    ReplyDelete
  3. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Matematika bisa disebut sebagai mother of knowledge. Karena matematika adalah landasan bagi ilmu-ilmu yang lain Belajar matematika itu hasilnya bukan seberapa mahir dalam berhitung tetapi hasilnya adalah cara berpikir karena matematika adalah ilmu tentang berpikir logis, sistematis, dan analitis. Berpikir yang demikian akan sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari untuk memecahkan setiap masalah yang dihadapi.

    ReplyDelete
  4. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Berdasarkan elegi tersebut bahwa kita menjadi mengetahui bahwa matematika itu sangat beragam. Keberagaman tersebut timbul karena pemikiran dari masing-masing tokoh mengenai makna dari matematika itu sendiri. Matematika itu adalah sesuatu ilmu yang abstrak, namun terkadang matematika adalah ilmu yang sangat dekat dengan kehidupan kita. Tugas kita yaitu menyikapi keberagaman tersebut sebagai hal yang positif, sehingga dapat kita gunakan atau manfaatkan untuk kehidupan kita.

    ReplyDelete
  5. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Matematika dapat dipandang dalam berbagai cara. Dia bisa dipandang sebagai ilmu, tetapi sekaligus kontradiksinya, yaitu bukan ilmu. Dia adalah bahasa dan cara berpikir yang logis, sistematis, dengan struktur deduktif. Matematika mempunyai beberapa sifat, yaitu tunggal, universal, pasti, dan obyektif. Sifat-sifat itu merupakan satu-kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Hanya memegang dan mengagung-agungkan salah satu saja dari sifat-sifat matematika akan menjadikannya sebagai mitos, sebenar-benarnya musuh dari ilmu. Jadi, matematika akan menjadi sebuah ilmu hanya jika dia bersifat tunggal, universal, pasti, dan sekaligus obyektif.

    ReplyDelete
  6. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Ada pendapat yang mengatakan bahwa dipandang dari segi filsafah maka ilmu terbentuk karena manusia berfikir lebih jauh mengenai pengetahuan yang dimilikinya. Ilmu haruslah dicari sepanjang hidup kita sebagai manusia. Dengan mencari ilmu selama kita hidup itu sudah menjadi salah satu cara untuk mensyukuri hidup. Terlebih lagi bila kita mampu berbagi ilmu kepada banyak orang. Ilmu itu sangatlah luas, sementara manusia memiliki keterbatasan ruang dan waktu, termasuk juga terbatas daya pikirnya. Sehingga janganlah merasa bahwa kita telah menguasai seluruh ilmu yang ada, karena sesungguhnya kita hanya mempelajari sebagian kecilnya saja.
    Seperti dengan halnya metematika, matematika adalah multifaset. Multifaset sendiri memiliki makna bersegi banyak atau beraneka segi. Sehingga ketika dikatakan bahwa matematika adalah ilmu yang multifaset maka matematika dianggap sebagai ilmu yang beragam jenis yang dibedakan menurut sudut pandang tertentu. Matematika itu tidaklah tunggal. Contoh sederhananya yaitu matematika yang dipelajari siswa-siswa di sekolah (matematika sekolah) dan matematika murni (matematika yang dipelajari para ilmuwan) adalah 2 hal yang berbeda. Matematika di sekolah memang diperuntukkan bagi para siswa karena sifat dari matematika sekolah itu konkrit.

    ReplyDelete
  7. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Bila ingin mendefinisikan matematika dengan satu definisi tentu merupakan satu hal yang sulit, karena matematika dengan kepastiannya dapat diinterpretasikan oleh berbagai sudut pandang. Sehingga menurut saya, matematika merupakan ilmu yang dapat dipelajari dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, dan satu hal yang bisa dilihat dari matematika adalah matematika dekat dengan kehidupan.

    ReplyDelete
  8. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Elegi ini memberikan wawasan tentang definisi matematika dan macam-macamnya. Melalui elegi ini, kita mengetahui bahwa matematika ialah ilmu yang sangat luas. Selain itu, hakekat matematika ialah berstruktur dan berhierarki sehingga sulit untuk mendefinisikan matematika menjadi satu pengertian. Matematika memiliki banyak definisi, sebanyak orang yang memikirkannya dan definisi tersebut tergantung subyek yang memikirkannya. Maka pada bagian akhir elegi ini juga diungkapkan bahwa jika matematika itu tunggal, universal, pasti, dan objektif maka itulah yang disebut mitos

    ReplyDelete
  9. Muhammad Fendrik
    18706261001
    S3 Dikdas 2018
    Silaturahim atau biasa yang disebut dengan silaturahmi berarti mengikat tali persahabatan atau persaudaraan. Sedangkan elegi mengandung ratapan atau ungkapan dukacita (kesedihan). Elegi silaturahmi menurut saya memiliki makna bahwa ratapan atau ungkapan dukacita dalam mengikat tali persahabatan terhadap matematika yang terkenal dengan "kehororannya" sehingga tidak sedikit orang yang fobia terhadap pelajaran matematika. Maka saya rasa perlu kesadaran para pendidik dalam mewujudkan "matematika sekolah" yang menginginkan siswa untuk dapat membangun pengetahuannya sendiri (mengkonstruk) pengetahuan terhadap pelajaran matematika sehingga pembelajaran matematika dapat lebih bermakna bagi siswa di sekolah.

    ReplyDelete
  10. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PPs UNY PM A 2018

    Berdasarkan elegi diatas dapat saya simpulkan bahwa matematika bersifat luas dan dalam, satu teori memperkaya teori yang lain. Setiap ahli mempunyai pendapat yang berbeda-beda tentang matematika. Matematika yang sangat luas itu tidak hanya terpaku pada rumus, bangun datar/ruang, hitungan, dan sebagainya namun lebih pada penerapan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga dengan belajar matematika, kita dapat menyelesaikan persoalan-persoalan yang ada dalam kehidupan sehari-hari.

    ReplyDelete
  11. Seftika Anggraini
    18709251016
    S2 PM A 2018

    Matematika itu banyak obyeknya yang dipelajari sehingga tokohnya pun banyak. Matematika itu berawalnya dari kehidupan nyata dan dikembalikan di kehidupan nyata untuk diterapkan lebih luas lagi. Sifat matematika bermacam-macam, misalnya, bisa tunggal dan bisa universal. Sifat-sifatnya bergantung pada ruang dan waktu.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  12. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006

    Matematika merupakan ilmu yang terstruktur dan terorganisasi karena matematika dimulai dari unsur yang tidak didefinisikan, kemudian unsur yang didefinisikan ke aksioma / postulat dan akhirnya pada teorema. Konsep-konsep matematika tersusun secara hierarkis, terstruktur, logis, dan sistematis mulai dari konsep yang paling sederhana sampai pada konsep yang paling kompleks. Matematika juga bukan hanya tentang teori tapi ilmu pendekatan untuk saling dapat berkompromi. Ketika ada yang "menemukan"/mengemukakan sebuah teori baru & itu disepakati bersama, jadilah itu sebuah ketetapanbaru.

    ReplyDelete
  13. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Pengertian matematika sangat luas. Matematika sesuai dengan pandangan dari ilmuwan yang mempunyai kepakaran masing-masing. matematika itu komplek sesuai pandangan dan tempat penggunaan. Menurut saya Matematika itu luas dan komplek dalam definisinya sesuai pandangan orang dan sesuai dengan para ahli sejarah yang menemukan teorema matematika. penggunaan matematika tersebut juga sesuai dengan waktu dan tempat, jika matematika digunakan oleh seorang akademisi akan jauh lebih rumit dalam mata kuliahkalkulus, geometri,statistika, aljabar dll, namun dalam kehidupan sehari-hari punjuga menggunakan matematika misal dalam pasar matematika untuk menghitung untung dan rugi, jika dalam pembangunan untuk menghitung berapa banyak bahan yang dibutuhkan untuk membangun rumah dll. matematika itu dekat dengan kita disadari atau tidak, disukai atau tidak matematika selalu kita temui dalam kehidupan.

    ReplyDelete
  14. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Matematika merupakan ilmu pengetahuan yang hingga saat ini masih digunakan disegala aspek kehidupan. Setiap aktivitas kita pasti selalu ada kaitannya dengan matematika sebagai contoh ketika kita bangun pasti kita melihat jam, nah jam itu merupakan bagian dari matematika dan masih banyak lagi hal-hal yang berkaitan dengan matematika. Inilah urgensi dalam mempelajari matematika karena dengan matematika kita dapat memecahkan persoalan kehidupan sehari-hari. Hal tesebut merupakan bagian kecil daripada matematika.

    ReplyDelete
  15. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Seperti yang kita ketahui bahwa matematika memiliki pengertian yang luas, yaitu ada yang mengatakan matemataika adalah ilmu hitung, ilmu abstrak, dan lain-lain. Semuanya itu benar, karena itu dahulunya ditemukan dan dirumuskan oleh para ilmuwan yang hebat seperti Aristoteles, Albert Einstein, dan masih banyak lagi. Matematika itu memiliki keunikan tersendiri dibandingakan dengan bidang studi yang lain, Salah satu keunikannya adalah matematika dapat ditemukan diberbagai bidang studi yang ada.

    ReplyDelete
  16. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Silaturahim matematika tersebut menunjukkan bahwa matematika berperan penting dalam berbagai disiplin ilmu pengetahuan dan mengembangkan daya pikir manusia sehingga terdapat para tokoh beserta pendapatnya. matematika merupakan ilmu eksak dengan objek abstrak. Tidak hanya sekedar objek abstrak maupun symbol-simbol saja, matematika mempelajari pola dan hubungan. Matematika tumbuh dan mengakar dalam kehidupan sehari-hari.

    ReplyDelete
  17. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Matematika itu luas, matematika itu kompleks, walaupun matematika itu abstrak namun matematika itu ditemui setiap hari. Ditemui setiap hari dan telah menjadi bagian dari kehidupan manusia. Maka tak heran ada begitu banyak pemikiran-pemikian yang berbeda diantara pada ahli, karena wajar akibat dari luasnya matematika tersebut. Matematika juga bagian dari ilmu-ilmu lain yang tak bisa lepas dari matematika.

    ReplyDelete
  18. Luthfannisa Afif Nabila
    18709251031
    S2 Pendidikan Matematika B 2018
    Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh
    Setiap tokoh mempunyai persepsi sendiri-sendiri mengenai ilmu matematika yang melahirkan pengetahuan tentang matematika yang bermacam-macam. Seberapa besarpun godaan yang menimpa kita, kalau kita fokus maka godaan sebesar apapun itu tak akan mampu menggoyahkan kefokusan kita. Kalau kita tidak fokus, maka akan mudah goyah. Berhati-hatilah. Terima kasih.
    Wassalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

    ReplyDelete
  19. Elsa Apriska
    18709251005
    S2 PM A 2018

    Matematika merupakan ilmu yang sangat luas pengertiannya. Pendapat masing-masing ahli mengenai matematika itu senidri berbeda-beda. Mereka mendefinisikan matematika sesuai dengan bidangnya masing-masing. Ada yang mengatakan bahwa maematika itu bersifat aksiomatik. Ada yang mengatakan matematika itu deduktif. Adapula yang menyatakan matematika itu bersifat sintetik matematika. ini menunjukkan matematika disiplin ilmu yang begitu luas. Namun demikian ilmu dalam matematika saling berkaitan. Bahkan tak jarang ilmu matematika saling berhubungan dengan ilmu-ilmu lain.

    ReplyDelete
  20. Totok Victor Didik Saputro
    18709251002
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Selamat pagi dan Selamat Tahun Baru 2019 Prof.
    Matematika sangat erat hubungannya dengan kehidupan manusia. Disadari ataupun tidak matematika selalu hadir dalam kehidupan. Tidaknya bersifat abstrak seperti pandangan umum mengenai matematika itu sendiri melainkan matematika hadir dalam bentuk yang sederhana membantu aktivitas keseharian manusia. Matematika merupakan logos bagi setiap hal dan dapat pula menjadi mitos apabila pelaku matematika tersebut (manusia) salah dalam memanfaatkannya. Terima kasih.

    ReplyDelete
  21. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Matematika merupakan dasar dari ilmu yang lainnya, oleh sebab itu objek matematika snagat luas. Jika kita mendefiniskan matematika, maka matematika bisa jadi intuisi, teorinya sendiri atau bahkan kehidupan kita. Perbedaan matematika terletak pada fungsi dan kebermanfaatannya. Seperti perbedaan matematika sekolah dan matematika murni. Matematika sekolah berfungsi untuk leatih kemampuan berpikir anak, sedangkan matematika murni diaplikasikan kearah yang lebih kompleks.

    ReplyDelete
  22. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Lagi-lagi kita dapat berbicara mengenai sudut pandang. 100 orang bersamaan memfoto gajar maka akan beda hasil gambar dari 100 orang tersebut, siapakah yang benar? Semuanya benar. Siapakah yang jujur? Semuanya jujur. Tinggal bagaimana menjabarkannya, menjelaskannya, menerjemahkannya.

    ReplyDelete
  23. Puspitarani
    19709251062
    S2 Pendidikan Matematika D 2019
    Terima kasih Bapak atas artikel yang telah Bapak share kepada kami.Matematika merupakan sesuatu yang abstrak, namun dapat menjadi sesuatu yang konkrit apabila ada contohnya.Matematika meliputi segala yang ada dan yg mungkin ada. Dimana cangkupannya sangat luas. Seperti halnya tokoh-tokoh yang disebutkan pada elegi ini, Tokoh-tokoh besar yang ilmunya masih terus mengalir hingga saat ini, dan yang menjadi pointnya adalah tokoh-tokoh tersebut adalah para ilmuan matematika yang memberikan berbagai macam pengetahuan, tidak hanya matematika saja akan tetapi ilmu lainnya seperti biologi, fisika dll. sehingga kita sekarang dapat memahami berbagai macam pengetahuan. matematika juga tidak hanya dipelajari di sekolah, namun matematika dapat dipelajari dikehidupan sehari-hari bahkan hingga kiamat nanti.

    ReplyDelete
  24. Zuari Anzar
    19701251006
    S2 PEP A 2019

    Bahwa matematika itu sendiri tidak bersifat tunggal. Matematiika memiliki definisi-definisi yang berbeda antara satu dengan yang lain. Namun telah menjadi kodratnya bahwa matematika itu tidak boleh berisi kekeliruan. Matematika itu ada dalam pikiran. Jika keluar maka itu adalah bayangan matematikanya. Bahwa matematika pun memliki struktur dan dimensi yang mengikatnya. Dan matematika itu koheren. Matematika itu memiliki banyak pengertian dari beberapa tokoh yang berbeda. Dengan mengetahui keberagaman dalam Matematika kita harus mampu menyikapinya. Bagaimana kita dapat menerapkannya dalam kehidupan sehingga dapat bermanfaat pula dalam kehidupaan kita.

    ReplyDelete
  25. Ngaenun Nangim
    19709251058
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Matematika adalah ilmu yang saling terkait. Keterkaitan materinya banyak dan kuat. Sebuah jurnal internasionalpun pernah meneliti hubungan antara bimbingan yang diberikan kepada siswa dalam pembelajaran dengan kuat lemahnya keterkaitan antar materi terhadap hasil belajar siswa. Hasilnya adalah keterkaitan antara materi memberikan pengaruh terhadap hasil belajar sehingga ditemukan interaksi antar keduanya. Sub matematika tidak dapat dipisahkan dengan sub matematika yang lainnya. Ibarat satu tubuh, tubuh matematika akan saling membutuhkan dan saling melengkapi satu dengan lainnya. Silahturahmi itu hadir tatkala suatu sub matematika dikupas dan didalamnya ditemukan sub matematika lain dalam proses penyelesaian dan konsep sub matematika tersebut.

    ReplyDelete
  26. Dhamar Widya Safitri
    19701251009
    S2 PEP A 2019

    Assalamualaikum.
    Matematika dikenal sebagai ratunya ilmu pengetahuan (Mathematics as the queen of science). Matematika adalah pondasi atau dasar semua pengetahuan. Hampir semua yang manusia lakukan setiap harinya melibatkan matematika. Sehingga, matematika adalah ilmu yang tidak dapat dihindari manusia.
    Terimakasih

    ReplyDelete
  27. Hajra Yansa
    19701251012
    S2 PEP A 2019

    Pada pernyataan dari elegi diatas "Aku adalah matematika. Matematika ya matematika. Aku bukanlah ilmu alam. Tetapi sebetul-betulnya aku adalah ilmu tentang bicara. Guruku adalah Thales." Menunjukan bahwa matematika adalah bahasa artinya matematika sebagai alat yang menyatukan manusia dalam berhitung. Bahasa matematika berlaku universal, internasional. Di mana pun kita berada. Dengan bahasa matematika memungkinkan adanya perhitungan secara kuantitatif. Bahasa matematika lebih singkat dari bahasa biasa, lambang dan simbol yang dipergunakan untuk mempersingkat kata-kata yang berlebihan. Pada bahasa matematika telah disepakati simbol-simbol tertentu.

    ReplyDelete
  28. Hajra Yansa
    19701251012
    S2 PEP A 2019

    Pernyataan Aku adalah matematika. Sebenarnya diriku adalah logika. Logika itulah matematika. Kalkulus pernyataan adalah contohku. Guruku adalah Leibniz, Frege dan Russell. Kaum logisisme memandang bahwa matematika sebagi bagian dari logika. Oleh karen aitu pengkajiannya juga harus menggunakan logika. Sehingga matematika lebh logis untuk dipahami. Russell dalam bukunya yang berjudul The principle of Mathematics menyatakan bahwa matematika dan logika berkembang secara bersamaan seperti halnya anak kecil dan orang dewasa. Pengakuan Bertrand Russell menerima logisise adalah yang paling jelas dan dalam rumusan yang sangat eksplisit. Dan 3 pernyataan penting yang dikemukakannya yaitu (1) semua konsep matematika secara mutlak dapat disederhanakan pada konsep logika, (2) semua kebenaran matematika dapat dibuktikan dari aksioma dan aturan penarikan kesimpulan secara logika semata.


    ReplyDelete
  29. Hajra Yansa
    19701251012
    S2 PEP A 2019

    Teorema pytagoras diberi nama pytagoras karena ia yang pertama memberi bukti (Secara geometris). Tetapi hubungan antara sisi-sisi segitiga siku-siku tersebut telah lama dikenal jauh sebelum pytagoras. Pytagoras mendirikan mazhab pytagoras, yang mendakwakan bahwa matematikalah yang menguasai semesta da dihargai denan beberapa pengembangan matematika lanjut seperti penemuan bilangan irasional.

    ReplyDelete
  30. Wilis Putri Hapsari
    19701251017
    S2 PEP A 2019

    Matematika adalah perwujudan dari kemudahan dalam mengkomunikasikan bilangan, jumlah, dan intensitas dalam bahasa angka. Sebagai pelajaran wajib yang dipunyai oleh siswa sejak taman kanak-kanak, matematika memiliki tempat yang ekslusif untuk menjelma menjadi sebuah kecerdasan yang dipunyai oleh seseorang. Sehingga matematika menjadi kajian yang populer di dunia.

    ReplyDelete