Oct 11, 2011

Elegi Mengintip Seminar International Pendidikan Matematika




Ass Wr Wb

Untuk semua Mahasiswa saya S1 dan S2 baik yang sedang mempelajari Filsafat Ilmu, Psikologi Belajar Matematika, Bahasa Inggris untuk Pendidikan Matematika serta Bahasa Inggris untuk Matematika, saya persilahkan untuk mempelajari aspek pelaksanaan Seminar dan Konferensi tentang Pendidikan Matematika, yang akan diselenggarakan di Thailand, 1-6 Nopember 2011, dengan akses ke:

http://apec-lessonstudy.kku.ac.th

Untuk Posting ini, buatlah Comment, bisa tentang konferensi atau tentang Makalah yang saya presentasikan. Hanya makalah perlu di download dulu.

Untuk download makalah, maka menuju ke halaman 2 dengan klik NEXT dibagian bawah halaman pertama. Kemudian dibagian bawah halaman 2, klik Document DOWNLOAD.

Demikian semoga setiap hal mampu menyerdaskan hati dan pikiran kita. Amin

NB:
Berikut saya nukilkan saran dari

'Afifatul Muslikhah 11709251005 P Mat B

Sekedar ingin memudahkan akses makalah Pak, agar teman2 tidak mengalami kesulitasn seperti yang saya alami, yaitu kesulitan mencari makalah Bapak. Oleh karena itu saya ingin share link makalah Bapak, coba

http://apec-lessonstudy.kku.ac.th/upload/paper%20apec/Marsigit.pdf

Saya tambahkan jika ingin melihat makalah yang lain berarti bisa akses ke:


http://apec-lessonstudy.kku.ac.th/upload/paper%20apec


Terimakasih mbak Afifatul Salikhah






Marsigit

22 comments:

  1. Ibrohim Aji Kusuma
    18709251018
    S2 PMA 2018

    Lesson Study merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran yang dilaksanakan secara kolaboratif dan berkelanjutan oleh sekelompok guru. Tujuan utama Lesson Study yaitu untuk : (1) memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana siswa belajar dan guru mengajar; (2) memperoleh hasil-hasil tertentu yang bermanfaat bagi para guru lainnya dalam melaksanakan pembelajaran; (3) meningkatkan pembelajaran secara sistematis melalui inkuiri kolaboratif. (4) membangun sebuah pengetahuan pedagogis, dimana seorang guru dapat menimba pengetahuan dari guru lainnya.

    ReplyDelete
  2. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Buku teks adalah salah satu sumber belajar yang dapat digunakan dalam pembelajaran. Namun, seringkali buku teks hanya berisi rangkuman-rangkuman rumus atau definisi-definisi saja. Hal ini tidak akan mengkonstruk pemahaman siswa. Oleh karena itu, guru dituntut untuk menggunakan sumber belajar lain yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat mengkonstruk pemahaman siswa. Contohnya LKS, modul, bahan ajar, dan lainnya atau dengan Buku SMK berbasis pemecahan masalah seperti dalam makalah in, yang disusun memuat langkah-langkah bagaimana suatu konsep dapat dikonstruk siswa. Sehingga belajar matematika tidak dihafal namun akan membuat belajar lebih bermakna. Dengan demikian, buku yang Bapak kembangkan akan sangat bermanfaat bagi pembelajaran di SMK dan dapat menjadi contoh guru bagaimana seharusnya membuat bahan ajar.

    ReplyDelete
  3. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Makalah yang disampaikan dalam seminar tersebut membahas tentang simulasi simulasi pembelajaran menggunakan textbook matematika yang berdasarkan pemecahan masalah di SMK. Pembahasan tersebut didasari oleh alasan bahwa tidak ada satu sumber belajar yang sempurna dan baik yang dapat digunakan untuk semuanya. Maka dari itu, penyediaan buku sebagai sumber belajar merupakan salah satu hal penting yang perlu dilakukan oleh guru. Hal ini karena gurulah yang benar-benar mengetahui kebutuhan dan karakteristik siswa, sedangkan buku yang beredar di pasaran belum tentu sesuai dengan karakteristik siswa dan kebutuhan siswa. Maka hal ini juga memberikan implikasi bahwa seharusnya siswa diberikan kebebasan dalam memilih buku yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhannya sendiri.

    ReplyDelete
  4. Seftika Anggraini
    18709251016
    S2 PM A 2018

    Masalah yang melatarbelakangi penelitian tersebut yaitu guru belum bisa menyusun textbook sendiri. Artikel tersebut telah disusun tujuh tahun yang lalu. Namun demikian, masalah itu masih belum bisa teratasi hingga saat ini. Kenapa guru perlu menyusun textbook sendiri karena guru yang lebih tahu textbook seperti apa yang dibutuhkan siswa-siswanya.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  5. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006

    Lesson Study merupakan kerja kolektif sekelompok guru. Pembuatan rencana pembelajaran (planning) dapat dikerjakan secara bersama-sama, diimplementasikan dengan menunjuk salah satu anggota sebagai guru model, guru lain dan pakar bertindak sebagai observer, kemudian dari hasil observasi tersebut dianalisis (melalui tahapan reflecting) secara bersama-sama.

    ReplyDelete
  6. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Pemahaman saya dari makalah yang ditautkan dalam seminar internasional yang disajikan oleh bapak adalah setiap sumber belajar yang digunakan dalam pembelajaran tidak ada yang sempurna ataupun cocok untuk semua materi. Oleh sebab itu, ciperlukan sumber bacaan yang cocok untuk karakter siswa, dan guru sebagai fasilitator dapat memberi acuan atau tinjauan buku yang menjadi sumber belajar siswa.

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Berdasarkan elegi di atas, salah satu yang paling penting dalam mengemabangkan pendidikan di Indonesia khususnya bidang studi matematika adalah pengadaan bahan ajar. Adapun bahan ajar yang sering digunakan oleh guru ketika mengajar di kelas adalah buku teks, modul, LKS dan sebagainya. Dirasakan bahwa penggunaan bahan ajar tersebut belum sepenuhnya mencapai target dari apa yang menjadi tujuan pembelajaran itu sendiri. Dengan begitu diperlukan pengembangan-pengembangan lebih lanjut dan lebih baik dari segi isi, konten dan kualitas yang dapat disajikan dalam bahan ajar tersebut.

    ReplyDelete
  9. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Ada banyak cara yang dapat digunakan dan dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, bisa melalui diadakannya Lesson Study ataupun pengadaan buku teks ajar interaktif. Lesson Study merupakan suatu pendekatan peningkatan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru secara kolaboratif, dengan lagkah-langkah pokok merancang pembelajaran untuk mencapai tujuan, melaksanakan pembelajaran, mengamati pelaksanaan pembelajaran tersebut, serta melakukan refleksi untuk mendiskusikan pembelajaran yang dikaji tersebut untuk bahan penyempurnaan dalam rencana pembelajaran berikutnya. Diperlukan kerendahan hati dari para guru agar bersedia melakukan Lesson Study, karena sebenar-benar guru adalah guru yang senantiasa memperbaiki diri dan selalu menganggap perlunya belajar untuk menjadi lebih baik. Dan buku ajar merupakan salah satu penunjang peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia, tidak hanya harus bersedia senantiasa memperbaiki diri guru juga seharusnya memiliki kemampuan untuk membuat butu teks ajar yang lebih kreatif dan interaktif untuk siswanya.

    ReplyDelete
  10. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Pembelajaran membutuhkan buku teks yang mampu memfasilitasi kemampuan siswa. Buku teks disarankan memuat layout yang baik, referensi yang mendukung, skema kognitif yang jelas, matematika yang aplikatif, contoh kehidupan sehari-hari, dan sejarah matematika. Kaitannya dengan konteks, buku teks harus mendukung siswa dalam mencapai kompetensinya, berorientasi pada kegiatan pemecahan masalah, dan didasarkan pada kurikulum yang berlaku.

    ReplyDelete
  11. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018 (PM B 2018)

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Elegi tersebut membahas makalah yang berjudul "Simulasi Guru tentang Pengembangan Buku Pelajaran Matematika Berbasis Pemecahan Masalah di Pengajaran Matematika Sekolah Menengah Kejuruan di Indonesia". Garis besar dari makalah tersebut adalah tentang indikasi tidak terstruktur dari para guru SMK terhadap kendala untuk mengembangkan buku teks. Kesulitan tersebut adalah tentang buku teks tersebut untuk kelas junior dimana kurang adanya keterampilan dan pengetahuan menulis buku teks matematika. Masalah lainnya adalah kesulitan dalam mengelola dan mengalokasikan waktu. Kesulitan tersebut adalah membutuhkan anggaran, tidak mudah untuk menentukan tema buku, tidak mudah mengumpulkan data pendukung, sulit mengembangkan buku teks ilustrasi yang menarik dan bagus, sulit menggali ide atau konsep buku teks dan paradigmanya, tidaklah mudah bagaimana mengembangkan buku teks berbasis kurikulum, sulit untuk mengembangkan buku teks yang komprehensif, dan tidak mudah bagaimana menggunakan bahasa yang sederhana, komunikatif dan terstandarisasi
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  12. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Sebagai guru, kita akan memilih pendekatan pembelajaran agar tercapai pembelajaran yang efektif. Banyak macam pendekatan yang bisa dijadikan solusi dalam pembelajaran matematika. Salah satunya pendekatan pemecahan masalah yang erat kaitannya dengan aktivitas siswa untuk berpikir kirtif dan solutif. Pembelajaran pemecahan masalah yang sekarng banyak disyaratkan dalam peningkatan kepahaman materi oleh siswa. pembelajaran yang berbasis mprojek untuk menyelesaikan masalah dengan kreatif dan inovatif merupakan tujuan pendidikan yang harus dicapai. pemecahan masalah meruapakan salah satu metode pembelajaran yang ada untuk meningkatkan berfikir siswa untuk menyelesaikan aslaha yang ada dalam masyarakat. dalam pembelajaran ini juga membutuhkan text book, karena text book adalah salah satu sumber belajar yang bisa digunakan oleh guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar. text book atau LKS digunkan sebagai peprangkat pembelajaran yang menunjang suatu metode dilakukan dengan arahan atau rancangan yang sudah dibuat oleh guru.

    ReplyDelete
  13. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PPs UNY PM A 2018

    Berdasarkan tulisan ini maka yang saya pahami bahwa pengembangan buku teks masih mengalami kendala dimana kurangnya kemampuan dan pengalaman guru dalam menyusun buku teks yang sesuai dengan taraf perkembangan kognitif siswa. Buku teks yang umum digunakan terkadang tidak disusun dengan baik sehingga penggunaannya masih sulit dipelajari sendiri. Pengembangan buku tentu perlu dana, ide, penggunaan bahasa yang sesuai dan ini tidak mudah dilakukan tanpa adanya kerja sama semua pihak.

    ReplyDelete
  14. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
    Dunia pendidikan matematika memiliki berbagai masalah mengenai pembelajaran matematika. Seminar internasional tersebut membahas mengenai bahan ajar yang digunakan oleh para guru. Bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran matematika harus mendukung tujuan pencapaian pembelajaran. Selain bahan ajar, media dan strategi pembelajaran juga perlu dikembangkan. Sehingga siswa mampu memecahkan masalah matematika dengan baik.

    ReplyDelete
  15. Elsa Apriska
    18709251005
    S2 PM A 2018

    Makalah yang saya baca mengenai simulai guru mengembangkan textbook yang berbasis pemecahan masalah. Buku teks sampai saat ini masih menjadi salah satu sumber utama dalam proses pembelajaran. Namun sampai sekarang belum terlalu banyak buku teks yang bisa membantu siswa untuk mengkonstruk pengetahuannya sendiri seperti buku teks yang berbasis pemecahan masalah. Oleh karena itu semoga kedepannya akan lebih banyak pengembangan buku teks.

    ReplyDelete
  16. Totok Victor Didik Saputro
    18709251002
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Selamat pagi dan Selamat Tahun Baru 2019 Prof.
    Lesson Study diperlukan guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Lesson Study bertujuan untuk mengevaluasi proses pembelajaran oleh guru. Hasilnya adalah guru mengetahui kekurangan dan kelebihan dalam pembelajaran sehingga guru dapat memperbaiki pembelajaran menjadi lebih baik dan berkualitas. Terima kasih.

    ReplyDelete
  17. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Ada masalah mendasarbagi para guru untuk mengembangkan buku seperti itu karena pemahaman konsep-konsep masalah memecahkan sendiri. Penelitian ini berusaha untuk mengungkap persepsi guru tentang buku teks yang disarankan, pada konsep pemecahan masalah dan bagaimana menerapkannya ke dalam pembelajaran mengajar matematika. Hasil simulasi guru mengarah langsung ke kompetensi dan kesiapan untuk menerbitkan buku teks matematika berbasis pemecahan masalah.

    ReplyDelete
  18. Puspitarani
    19709251062
    S2 Pendidikan Matematika D 2019
    Terima kasih Bapak atas link-link yang telah Bapak share kepada kami. Artikel yang berjudul Elegi Mengintip Seminar Internasioan ini sangatlah bermanfaat untuk dibaca. Selama ini saya belum pernah ikut dan berpartisipasi dalam seminar Internasional. Makalah Bapak membahas tentang persepsi guru terhadap buku teks pemecahan masalah yang disarankan. Salah satu kemampuan matematis siswa yang dituntut pada abad 21 ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematis. Siswa sudah barang tentu membutuhkan sumber belajar untuk mendukung mereka memiliki kemmapuan problem solving ini. Sumber belajar yang krusial tentu buku atau modul yang tepat mengasah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Buku akan maksimal digunakan oleh siswa apabila sesuai dengan karakteristik siswa. Orang yang paling tahu karakteristik siswa adalah guru, oleh sebab itu sangat dibutuhkan keahlian guru untuk mengetahui karakteristik siswanya dan kemampuan untuk menyusun bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik siswanya. Sehingga, tujuan kemampuan pemecahan masalah matematis akan dimiliki oleh siswa.

    ReplyDelete
  19. Khintoko Intan Permatasari
    19701251020
    S2 PEP A 2019

    Elegi di atas menjelaskan banyak sekali pendekatan yang bisa digunakan dalam pembelajaran matematika. Salah satunya pendekatan pemecahan masalah yang sangat erat kaitannya dengan aktivitas siswa untuk berpikir kirtif dan solutif. Pendekatan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika adalah pendekatan yang menggunakan projek dalam pembelajarannya, sehingga siswa dilatih untuk memecahkan masalah yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga dengan dibiasakannya pembelajaran matematika menggunakan pendekatan pemecahan masalah diharapkan siswa akan jauh lebih mudah dalam memecahkan masalah dalam kehidupan sehari- hari. Selain itu siswa dapat berinovasi untuk menerapkan pembelajaran tersebut dalam kehidupan nyata dimasyarakat nanti. Disebutkan pula bahwa text book juga sangat dibutuhkan pada saat pembelajaran karena sebaagai satu sumber belajar yang bisa digunakan oleh guru dan siswa dalam kegiatan belajar di sekolah.

    ReplyDelete
  20. Ngaenun Nangim
    19709251058
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Seperti yang kita ketahui bahwasannya pembelajaran seyogyanya memang menggunakan buku teks yang dapat memotivasi siswa, memfasilitasi proses belajar sesuai dengan karakteristik siswa, dan disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran yang dilakukan. Kreativitas dan inovasi dalam pengembangan buku teks seperti itu dirasa penting untuk memungkinkan ketersediaanhya buku teks yang berbasis pada kemampuan lokal siswa, guru, dan sarana pembelajaran di sekolah yang bersangkutan. Akan tetapi, dasar dari semua itu adalah keinginan dari guru sendiri. Jika keinginan untuk menyediakan fasilitas belajar yang sesuai dengan siswa, guru, dan kebutuhan pembelajaran, maka buku teks akan lebih memungkinkan untuk diadakan. Dengan kata lain, motivasi intenal guru itulah yang sebaiknya perlu dipupuk salah satunya dengan pelatihan tersebut.

    ReplyDelete
  21. Wilis Putri Hapsari
    19701251017
    S2 PEP A 2019

    Kesuksesan proses belajar mengajar memperlukan kerjakeras dari semua komponen termasuk media pembelajaran. Media utama yang digunakan oleh guru saat ini dan masih populer serta dinilai efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa adalah buku teks. Buku teks dapat dinilai efektif ketika guru dapat menggunakannya dengan baik. Permasalahan yang sering saya temui di lapangan ketika menjadi guru adalah banyak guru yang masih terpaku pada buku teks sebagai sumber belajar dan media utama pembelajaran, tanpa ada inovasi lain. Seyogyanya lingkungan pendidikan dan perkembangan teknologi dapat dimanfaatkan sebagai sumber dan media pembelajaran.

    ReplyDelete
  22. Syaiful Syamsuddin
    19701261002
    S3 PEP 2019

    Assalamu alaikum wr.wb
    Matematika merupakan alat untuk memberikan cara berpikir, menyusun pemikiran yang jelas, tepat, dan teliti. Tentunya dalam mengajarkan matematika di Sekolah Dasar tidak semudah dengan apa yang kita bayangkan, selain siswa yang pola pikirnya masih pada fase operasional konkret, juga kemampuan siswa juga sangat beragam. Pengalaman akan benda-benda kongkrit yang dimiliki anak sangat membantu dalam mendasari pemahaman konsep-konsep yang abstrak. Matematika di sekolah adalah adalah lebih mengarah sebagai suatu aktivitas sosial, bukanlah matematika formal seperti matematika bagi orang dewasa. Selain itu, pembelajaran matematika SD, diharapkan terjadi penemuan kembali (reinvention). Penemuan kembali adalah menemukan suatu cara penyelesaian secara informal dalam pembelajaran di kelas. Selanjutnya dalam pembelajaran matematika harus terdapat keterkaitan antara pengalaman belajar siswa sebelumnya dengan konsep yang akan diajarkan. Sehingga diharapkan pembelajaran yang terjadi merupakan pembelajaran menjadi lebih bermakna, siswa tidak hanya belajar untuk mengetahui sesuatu, tetapi juga belajar, belajar menjiwai, dan belajar bagaimana seharusnya belajar, serta bagaimana bersosialisasi dengan sesama temannya.

    ReplyDelete