Jul 31, 2010

Elegi Menggapai Awal

Oleh Marsigit

Awal:
Siapa yang dapat menjawab pertanyaanku? Apakah awal itu?



Takdir
Bagiku “awal” adalah takdir. Tuhan telah menciptakan “awal” dari semua kehidupan ini.

Permulaan:
Bagiku awal adalah permulaan. Maka setiap awal adalah permulaan.

Awal:
Wahai permulaan, lalu apakah yang dimaksud dengan “permulaan”

Permulaan:
Bagiku “permulaan” adalah “awal”.

Awal:
Itulah yang disebut lingkaran syaitan. Engkau mendefinisikan “awal” dengan “permulaan” dan mendefinisikan “permulaan” dengan “awal”. Maka aku tidak mempercayaimu.

Tidak Ada:
Bagiku “awal” itu tidak ada. Apapun engkau sebut sebagai awal maka selalu ada hal atau peristiwa yang mendahului. Maka bagiku “awal” itu tidak ada.

Awal:
Wahai “tidak ada” bukankah engkau telah menyebut bahwa “awal” itu tidak ada. Maka itulah kesimpulanmu bahwa “awal” adalah “tidak ada”. Artinya engkau telah mengakui bahwa sebetulnya ada awal, yaitu “tidak ada”.

Tidak Ada:
Jika diriku yaitu “tidak ada” adalah awal bagaimana aku bisa menjelaskannya.

Awal:
Tanyakan saja kepada Immanuel Kant. Dia telah bisa membuktikan menggunakan bahasa sintetiknya bahwa “awal” dan “tidak ada awal” kedua-duannya benar atau kedua-duanya salah.

Ada:
Bagiku "awal" adalah "ada".

Awal:
Wahai "ada", jelaskan bahwa "awal" itu "ada".

Ada:
Itu adalah keyakinanku. Aku yakin bahwa "awal" itu "ada". Sekali yakin tetap yakin. Tidak hanya keyakinanku, tetapi itulah keimananku.

Awal:
Keyakinanmu sama juga dengan keyakinanku. Tetapi di sini aku tidak hanya memerlukan keyakinan, tetapi juga pemikiran. Maka jelaskan keyakinanmu itu pada kesempatan yang lainnya.

Definisi:
Bagiku awal adalah definisi. Maka segala ilmuku itu aku mulai dengan definisi.

Awal:
Berikan contohnya?

Definisi:
Kursi adalah tempat duduk.

Awal:
Wahai definisi, bagaimana engkau bisa mendefinisikan duduk?

Definisi:
Duduk adalah keadaan berada di atas kursi.

Awal:
Itulah yang disebut sebagai lingkaran syaitan. Engkau mendefinisikan “kursi” dengan “duduk”, kemudian mendefinisikan “duduk” dengan “kursi”. Maka engkau tidak dapat dipercaya. Artinya menurutku engkau itu bukan definisi.

Analitik:
Kenalkan aku adalah analitik. Menurutku "awal" adalah "pre-assumption"

Awal:
Apakah yang dimaksud "pre-assumtion"?

Analitik:
Pre-assumption adalah anggapan awal. Dia lebih awal dari definisi. Dia yang lazimnya sudah diketahui oleh banyak orang.

Awal:
Berikan contohnya?

Analitik:
Bagi percakapan sehari-hari maka aku tidak perlu mendefinisikan "kursi". Karena menurut anggapanku semua orang yang termasuk kategori wajar-wajar, atau orang pada umumnya telah mengetahui apa itu kursi.

Awal:
Apa peranan dalam membangun ilmu pengetahuan.

Analitik:
Pre-assumption disebut juga sebagai unsur-unsur primitif dalam setiap pengetahuan. Dia adalah unsur-unsur yang cukup hanya dianggap diketahui begitu saja dan tidak perlu ditanyakan.

Awal:
Contoh kongkritnya?

Analitik:
Dalam matematika misalnya, kita tidak perlu mendefinisikan apa yang disebut sebagai "anggota", "membilang", "bangun", "sama dengan", "urut", "definisi". Maka dalam percakapan sehari-hari juga kita tidak perlu mendefinisikan "adalah".

Pengalaman:
Kenalkan aku adalah pengalaman. Bagiku "awal" adalah "kesadaranku". Maka segala macam pengalamanku bermula dari "kesadaranku".

Sintetik:
Kenalkan aku adalah sintetik. Bagiku "awal" adalah "subyek". Subyek adalah segala-galanya. Jika tikad ada "subyek" maka tidak adalah "predikat". Jika tidak ada subyek dan predikat maka tidak ada sintetik.

Vitalitas:
Kenalkan aku adalah vitalitas. Vitalitas adalah fakta hidupku. Bagiku "awal" adalah "potensi". Tiadalah vitalitas diriku jika tidak ada potensi diriku.

Takdir, Permulaan, Tidak Ada, Definisi, Analitik, Pengalaman, Sintetik, Vitalitas:
Wahai awal, berikan penjelasan kepada diriku agar aku menjadi lebih terang?

Awal:
Perkenankanlah aku juga ingin menyampaikan pemikiranku. Bagiku "awal" adalah "kontradiksi". Aku sendiri bersifat kontradiktif. Jika aku katakan engkau bukan “awal” itu adalah kata-kataku yang tadi. Tetapi kata-kataku yang nanti mungkin berlainan. Karena aku ingin mengatakan bahwa engkau semua itu ternyata adalah “awal” jika aku definisikan bahwa “awal” adalah "keputusanmu". Amiin.

38 comments:

  1. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Pada akhir elegi ini disebutkan bahwa “awal” adalah “keputusanmu”. Jadi awal itu bersifat relatif. Awal itu tergantung ruang dan waktu. Bagaiman seseorang bisa mengatakan jika itu sebuah awalan itu bergantung dengan sudut pandang orang tersebut dalam melihat ruang dan waktunya. Awal yang absolut hanya diketahui oleh Sang maha menciptakan awal, Alloh SWT.

    ReplyDelete
  2. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math A 2018

    Awal berarti memulai, dan sesuatu yang dimulai adalah sebuan pilihan kita untuk memulai sesuatu. Bagaimana kita mengawalinya? Bagaimana kita memutuskan untuk mengawalinya? tentu saja semuanya dniatkan karena Allah dan untuk Allah pula. Manusia hanya bisa berencana dan Allah yang menentukan. "Karena aku ingin mengatakan bahwa engkau semua itu ternyata adalah awal, jika aku definisikan bahwa awal adalah keputusanmu" kalimat ini dapat saya simpulkan bahwa sebenar-benar hidup adalah tentang bagaimana kamu mengawalinya.

    ReplyDelete
  3. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Awal adalah sebuah permulaan. Jika awal adalah keputusan, maka keputusan tersebut memiliki dampak besar terhadap berjalannya suatu proses. Untuk itu maka ambilah keputusan dengan berhati-hati, pikirkanlah secara matang agar terhindar dari sifat mengambil keputusan hanya karena emosi sesaat. Awal bukanlah 100% penentu dari keberhasilan, namun ia tetap menjadi faktor pendukung yang besar. Berupayalah untuk selalu memulai dengan awal yang baik, karena dengan awal yang baikpun belum tentu kita memperoleh suatu akhir yang baik pula.

    ReplyDelete
  4. SUHERMI
    18709241007
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA A

    Jika segala sesuatu harus didefinisikan sangat sulit untuk diungkapkan. Apalagi untuk hal-hal yang tidak konkret, yang hanya dapat menjadi objek fikir dalam benak kita. Selain itu, untuk membuat sebuah definisi diperlukan pemikiran. Pemikiran setiap orang berbeda-beda tergantung pada pengetahuan, pengalaman dan wawasan yang di miliki.
    Termasuk untuk kata awal yang maknanya berkaitan dengan konsep waktu. Awal merupakan saat sebelum waktunya. Awal dari segala sesuatu adalah awal itu sendiri. Makna awal itu sendiri mungkin lebih mudah dipahami jika digabungkan dengan kata lain, misalkan tahun, maka menjadi awal tahun. Maka awal tahun adalah sesaat sebelum tahun itu terjadi.

    ReplyDelete
  5. Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
    Besse Rahmi Alimin
    18709251039
    s2 Pendidikan Matematika 2018

    Terkait topik bahasan Elegi Menggapai Awal serta pertanyaan mengenai 'Siapa yang dapat menjawab pertanyaanku? Apakah awal itu'' maka Filosofi yang hadir, seseorang tidak bisa menyombongkan hari akhir. Tidak bisa memberi lingkaran di kalender kapan pengakhiran akan datang. Tidak bisa gembar-gembor tentang akhir dari suatu hal. Karena bagaimanapun, akhir belum datang. Akhir sudah datangpun, tidak disadari manusia sebagai akhir. Terkadang apa yang dianggap akhir merupakan awal. Dan awal bisa menjadi akhir, jika percaya. Yang pasti, hidup untuk hari ini merupakan penggambaran sempurna bagi kita yang tidak tahu rahasia awal dan akhir yang ditulis Tuhan dalam buku skenario-Nya. Sehingga awal adalah hakikat dari Kuasa Tuhan.

    ReplyDelete
  6. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006

    Makna "awal" untuk semua yang ada di muka bumi ini bersifat relatif sehingga memaknai "awal" akan sesuai dengan pengalaman masing-masing subjek.

    ReplyDelete
  7. Erma Zelfiana Surni
    18709251009
    S2. P.Matematika A 2018

    Assalamualaikum Wr. Wb
    Awal itu sesungguhnya kontradikitif karena awal adalah akhir dan akhir adalah awal. Kita baru memulai awal sudah berakhir menjadi awal yang baru karena adanya arus ruang dan waktu, begitulah seterusnya. Awal itu bisa menjadi lingkaran syaitan ketika kita tetap kembali pada awal yang sama. Misal seseorang yang awalnya adalah preman setelah melewati arus ruang dan waktu tetap saja jadi preman. Diri yang tidak mengalami perubahan baik disetiap ruang dan waktu yang ia jalani itulah sebenar-benar orang yang terjebak awalnya lingkaran syaitan. Awal adalah keputusan kita, memutuskan apakah tetap kembali pada awal yang sama ditengah arus perjalan ruang dan waktu atau berusaha melalui fase perubahan menuju awal yang baru, awal yang lebih baik.

    ReplyDelete
  8. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Awal mula menjadi awalan dari semua permulaan. Jika ingin mencari awalan kata, lihat di awal paragraf, baca dan pahami bagaimana awal kata dalam paragraf tertulis. Bagaimana cara mengawali suatu tindakan, coba awali dengan niat, karena tanpa niat bisa jadi awalan terjadi karena kebetulan atau keterpaksaan. Jadi awali hidup dengan berdoa, berdoa agar diberikan awal yang baik untuk melanjutkan dan membuat awalan awalan yang baik pula dan memberikan efek positif bagi orang lain di samping diri ini.

    ReplyDelete
  9. Yuntaman Nahari
    18709251021
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Setiap “awal” selalu diikuti oleh “akhir”. Semua yang ada di dunia ini berawal dari Allah dan akan berakhir kepada Allah. Tiada yang mampu memberi awal dan akhir selain Allah SWT. Setiap manusia selalu mengalami awal dan akhir. Sebagai contoh, seseorang yang sedang diuji kebahagiaan dan orang tersebut tidak mampu menghadapi ujian tersebut maka akan berakhir dengan penderitaan. Sebaliknya, orang yang sedang diuji kesusahan dan orang tersebut mampu menghadapi ujian dengan ikhtiar dan doa maka akan berakhir dengan kebahagiaan. Maka bersabarlah dalam menghadapi setiap ujian yang Allah berikan. Karena seberat apapun Allah mengawali dengan ujian, suatu saat pasti akan berakhir ujian tersebut. Hanya Allah yang tidak memiliki awalan dan akhiran.

    ReplyDelete
  10. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
    Awal bisa menjadi sebuah permulaan dan sebuah akhiran karena awal adalah sebuah keputusan sesuai ruang dan waktu yang berbeda. Awal dan akhir merupakan sebuah kontradiksi yang selalu ada dalam kehidupan. karena awal bisa berada di dalam akhir begitu juga sebaliknya, akhir berada di dalam awal. Filsafat mengajarkan olah pikir mengenai awal yang sulit untuk dituliskan.

    ReplyDelete
  11. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PPs UNY PM A 2018

    Sebuah awal berhubungan dengan keputusan dimana kita akan mengambil awal. Terkadang begitu sulit untuk menentukan awal dari sesuatu karena kita belum mampu memutuskan sesuatu tersebut adalah baik untuk ke depan atau tidak. Sering yang sekarang terlihat baik belum tentu kedepan juga baik. Oleh karena itu, jika ingin memulai suatu hal sebaiknya kita memutuskan untuk benar melakukannya sehingga terjadilah awal tersebut.

    ReplyDelete
  12. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Awal, terdiri dari huruf A W A L dimana A adalah huruf pertama dalam susunan hufur abjad. Dari huruf depannya saja sudah tergambar bahwa awal adalah yang pertama, atau yang mengawali sesuatu. Maka apapun itu, awal adalah yang pertama ada sebelum yang lain mengikuti. Awal kemarin adalah awal untuk hari ini, dan awal hari ini adalah awal untuk besok. Sehingga dapat disimpulkan bahwa setiap detik adalah awal dari detik berikutnya. Lalu, dimanakan akhir? Bukankan awal juga dekat dengan akhir? Jika tak ada akhir awal pun pasti tak ada. Awal dan akhir sama-sama mempunyai huruf pertama yang sama yaitu sama-sama huruf pertama didalam susunan abjad. Lantas, apakah akhir juga dapat dikatakan awal? Atau sebaliknya, apakah awal dapat dikatakan akhir?

    ReplyDelete
  13. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Awal dapat dianggap menjadi bermacam-macam, banyak asumsi, muncul dari berbagai sudut pandang. Awal merupakan subjek, menurut sintetik, beralasan bahwa tanpa awal tidak akan pernah ada yang terjadi. Logis karena memang awalah yang menentukan terjadinya sesuatu. Berbeda dengan pemikiran yang lain, karena sesungguhnya arti awal adalah sesuai pikiran masing-masing. Namun, dalam kehidupan awal sudah dikenal maksudnya tanpa menanyakan definisinya. Anak kecil tahu arti awal tanpa diterangkan maksud dari kata tersebut.

    ReplyDelete
  14. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018 (PM B 2018)

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Awal merupakan segala sesuatu yang dapat merubah sesuatu dalam kehidupan. Sesuatu dapat dikatakan sebagai kontradiksi karena awal merupakan suatu kontradiksi. Jika terjadi suatu awal, maka dunia akan berubah menjadi suatu kontradiksi. Dari yang mengada menjadi ada. Dari yang tidak ada menjadi ada. Oleh karena itu, awal adalah suatu kontradiksi
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  15. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Kita bisa mengetahui awal tanpa mendefinisikan apa itu awal. Namun kita dapat mencari dan memahami makna dari “awal” apabila awal itu diposisikan sebagai unsur dalam suatu hal dan memaknainya bergantung pada pengalaman. Misalnya saja, dalam pembelajaran kita mengenal prior knowledge (pengetahuan awal). Menurut Liliasari dan Rahmatan (2012), prior knowledge adalah “kumpulan dari pengetahuan dan pengalaman individu yang diperoleh sepanjang perjalanan hidup mereka dan yang akan ia bawa ke¬pada suatu pengalaman belajar yang baru”. Adanya prior knowledge ini mempermudah proses pembelajaran dan mengoptimalkan kejelasan materi-materi pelajaran sehingga pembelajaran berlangsung secara efektif.

    ReplyDelete
  16. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Awal adalah keputusan. Keputusan apa yang kita ambil dalam melakukan suatu hal berarti disebut dengan awal. Dan benar bahwa awal adalah kontradiksi. Karena setiap detiknya itu merupakan awal, setidaknya awal dalam hembusan nafas yang terhirup setiap detik. Jika seperti itu, maka dapat dikatakan pula setiap detik juga merupakan akhir, lantas apakah awal dan akhir berarti satu kesatuan? Jika setiap detiknya adalah awal maka tidak akan pernah ada kata terlambat. Kontradiksi memang. Tetapi juga benar bahwa tidak ada kata terlambat karena setiap detiknya kita mempunyai kesempatan yang sama, apakah kesempatan itu untuk memperbaiki kesalahan atau melanjutkan dan menikmati kesalahan yang telah terjadi. Ciptakanlah versi terbaik awalmu sesuai dengan ruang dan waktumu.

    ReplyDelete
  17. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Sesungguhnya awal itu bersifat relative. Dalam kajian ilmu pengetahuan, ada hal-hal tertentu yang tidak perlu didefinisikan. Hal-hal itu disebut dengan istilah pre-assumption. Dengan adanya pre-assumption, manusia dapat membangun pengetahuan dengan memproduksi definisi-definisi. Dengan demikian, dalam ilmu pengetahuan selalu ada awal, yakni pre-assumption yang kemudian dilanjutkan dengan definisi-definisi tertentu.

    ReplyDelete
  18. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Berdasarkan elegi diatas dapat diketahui bahwa awal itu relatif. Semua tergantung dari sudut pandang orang yang memaknainya. Apalagi segala sesuatu yang bersentuhan dengan ruang dan waktu itu berubah, maka berubah dan berbeda pula setiap orang mendefinisikan awal. Hubungan awal dan akhir adalah hubungan yang tidak dapat dipisahkan, awla dan akhir memang suatu yang relaitif. begitupun dengan senang dan sedih yang selalu berdampingan seperti halnya dengan awal dan akhir karena awl dan akhir tergantung manusia memandang dan manusia ada dalam keadaan itu. Awal adalah kontradiksi, ada dan mungkin ada di dalam pikiran manusia dan sebenar benarnya awal adalah Allah SWT.

    ReplyDelete
  19. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Setiap orang selalu mengalami awal untuk pengalaman yang baru. Awal pertama kali melihat, berbicara, belajar dan awal yang lain. Sebagai pembelajar, kita seharusnya percaya pada kemampuan kita untuk setiap awal yang kita lakukan. Karena disetiap awal kita akan belajar untuk menjadi lebih baikpada berikutnya.

    ReplyDelete
  20. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Pada bungkus mie instan terdapat rincian cara memasaknya, yang di awali dengan membuka bungkus mie dan mengeluarkan semua isinya dan kemudian memanaskan air, begitu seterusnya hingga sudah jadi masakan mie tersebut. Hal yang bisa dipetik yaitu bila memasak mie langsung jadi maka proses pemasakan air akan terlewati dan mie tersebut tidak akan menjadi mie yang matang, sehingga jangan mengabaikan istruksi awal. Semua proses dalam kehidupan manusia membutuhkan runtutan yang bisa menuntun ke arah yang diinginkan dan menjadi benar dan menghasilkan sesuatu yang tidak diduga pada awalnya. Apapun kegiatan yang dilakukan dibutuhkan awalan yang bagus agar prosesnya menjadi runtut dan berakhir sesuai dengan goal.

    ReplyDelete
  21. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Secara umum manusia menggunakan kata awal sebagai pembuka, tahapan pertama, namun apabila menelusuri kata awal lebih jauh lagi, maka dapat disimpulkan bahwa awal adalah proses yang dibutuhkan dalam membuat keputusan, ketika awal tidak dilalui maka tidak akan ada keputusan yang dapat dilakukan atau ditetapkan.

    ReplyDelete
  22. Luthfannisa Afif Nabila
    18709251031
    S2 Pendidikan Matematika B 2018
    Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh
    Awal adalah keputusanmu. Awal adalah kontradiksimu. Kau bisa memutuskan A lalu dilain kondisi kau bisa memutuskan B. Sungguh, yang manakah awalmu? A ataukah B? A kah keputusanmu ataukah B kah keputusanmu? A kah kontradiksimu ataukah B kah kontradiksimu? A atau B? Keputusan atau kontradiksimu? Dimanakah kamu berpijak? Di Keputusanmu ataukah di kontradiksimu? Kontradiksimu ataukah di keputusanmu?Terima kasih.
    Wassalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  23. Ameliasari Tauresia Kesuma
    18701261015
    S3 PEP

    Awal adalah bagaimana kita berpikir tentang awal, pemikiran logika ala aristoteles dapat dijadikan dasar untuk menjawab masalah awal, karena jika dalam pikiran seseorang telah terbentuk konsep kebenaran maka dengan aturan logis akan ditemukan jawaban atau gagasn yang lain yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya

    ReplyDelete
  24. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Berdasarkan elegi di atas, banyak sekali hal pendapat tentang awal. Dikatakan juga bahwa awal itu tidak ada, karena setiap awal dari sesuatu pasti ada sesuatu juga yang mendahului awal tersebut. Namun dengan menyebut awal itu tidak ada telah membuktikan bahwa awal itu ada, yaitu ‘tidak ada’. Dalam filsafat sendiri awal itu bersifat kontradiksi.

    ReplyDelete
  25. Wilis Putri Hapsari
    19701251017
    S2 PEP A 2019

    Apabila kita bahas mengenai awal maka awal adalah dirinya sendiri. Seberapapun cara yang dicoba untuk meyakinkan awal bahwa dia adalah takdir, permulaan, tidak ada, ada, definisi, analitik, pengalaman, sintetik, atau vitalitas, awal akan tetap menjadi dirinya sendiri. Menurutnya dirinya adalah kontradiksi, counter dari segala sesuatu menurut keputusannya, sendiri. Bagiku, awal ingin dipahami tetapi tidak ingin dijadikan kesamaan atas suatu hal, ia mampu mendefine keputusannya sendiri, atau mungkin awal hanya ingin di dengarkan? Sepanjang awal yang merentang menjadi akhir, sepanjang itulah kita diizinkan untuk memahaminya.

    ReplyDelete
  26. Assalamu'alaykum wr wb
    Dwi Kawuryani
    19709251061
    Pendidikan Matematika S2 D
    Awal dapat diartikan berbagai hal. makna dari awal sendiri sesuai dengan apa yang akan dilakukan atau apa yang akan dipelajari. Namun sebenar-benarnya awal maka awal adalah akhir karena awal dari suatu hal adalah akhir dari hal yang lain. Sehingga awal tidak benar-benar hanya bermakna awal.
    Wassalamu'alaikum wr wb

    ReplyDelete
  27. Zuari Anzar
    19701251006
    S2 PEP A 2019

    Berdasarkan elegi diatas, awal dijelaskan dari beberapa sudut pandang namun menurut awal hal itu selalu kontradiksi. Tapi pada akhir elegi disebutkan bahwa awal adalah “keputusanmu”. Jadi dapat diketahui bahwa awal adalah relatif, tergantung sudut pandang memaknainya dalam ruang dan waktunya.

    ReplyDelete
  28. Tiara Wahyu Anggraini
    19709251065
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Dari cerita di atas ternyata pengertian awal sendiri sangatlah rumit. Tergantung dari sudut pandang mana dilihatnya. Semuanya mendefinisikan awal dari berbagai sudut pandang, tetapi sang “awal” menyebutnya kontradiksi. Tapi pada akhirnya awal mendefinisikan sebagai keputusanmu. Awal ialah akhir, dimana sesuatu menjadi awalan itu berarti telah ada yang berakhir, dan ketika sesuatu telah berakhir itu berarti akan datang awalan. Namun sebenar-benarnya, awal yang absolut hanya diketahui oleh Allah SWT.

    ReplyDelete
  29. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  30. Hajra Yansa
    19701251012
    S2 PEP A 2019

    Segala sesuatu beranjak dari sebuah titik yang diasumsikan sebagai titik permulaan atau awalan. Bagi definisi awal itu dimulai saat menerjemahkan, bagi analitik awal itu dimulai dari anggapan awal yang dipahami melalui pengalaman. Sedangkan bagi pengalaman diawali dengan kesadaran, Bagi sintetik awalan dimulai dari sebuah eksistensi sebuah subyek. Dan bagi vitalitas awal adalah fakta hidup. Sehingga disimpulkan awal dimulai dari penciptaan (fakta hidup), subyek (eksistensi), kesadaran, pengalaman dan berakhir pada definisi. Namun awal selalu kontradiktif karena awal adalah akhir dari sesuatu dan akhir adalah awal dari sesuatu

    ReplyDelete
  31. Khintoko Intan Permatasari
    19701251020
    S2 PEP A 2019

    Awal bersifat relative terhadap ruang dan waktu, maka awal memiliki banyak definisi. Definisi-definisi tersebut sesuai dengan sudut pandang kita dalam melihat makna “awal”. Awal didunia adalah sebuah kontradiksi. Dimana kontradiksi adalah segala sesuatu yang ada dan mungkin ada dalam fikiran kita. Awal menurut kita bukanlah awal yang sesungguhnya dan yang kita inginkan. Sebenar-benarnya awalah adalah Allah SWT.

    ReplyDelete
  32. Dhamar Widya Safitri
    19701251009
    S2 PEP A 2019

    Assalamualaikum.
    Jika seseorang ditanya apa itu awal, maka setiap orang memiliki penjelasan yang berbeda. ‘Awal’ adalah ‘keputusan’, ini berarti awal adalah dari mana seseorang itu melihatnya.
    Terimakasih

    ReplyDelete
  33. Indra Kusuma Wijayanti
    18709251046
    Pendidikan Matematika S2 C
    Sejatinya awal itu kontradiktif, dikarenakan tidak ada yang bisa menentukan secara tepat dan sama. Sebenar-benar yang absolut hanyalah Allah SWT yang tidak ada awal karena Allah itu kekal abadi. Jika ada awal maka ada akhir. Itulah pasangan. Tidak ada kesepakatan awal yang mutlak bagi manusia karena sebelum manusia ikut menyepakati sudah ada akhir yang mendahului. Begitu seterusnya dunia ini berputar sampai kiamat datang.

    ReplyDelete
  34. Puspitarani
    19709251062
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Terimakasih prof, elegi ini sungguh menambah pengetahuan saya. Saya hanya mengetahui bahwa makna awal merupakan permulaan, namun ternyata makna awal sungguh sangatlah beragam, sesuai dari sudut pandang mana kita melihat.
    Saya setuju bahwa awal adalah keputusan. Karena jika ada suatu awalan tanpa kita memutuskan untuk berusaha menggapai awal tersebut maka itu tidak dapat dikatakan sebagai awal.

    ReplyDelete
  35. Aulia Nur Arivina
    18709251051
    S2 Pendidikan Matematika C 2018

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Banyak makna dari kata awal, antara lain takdir, permulaan, tidak ada, definisi, pre-assumption, pengalaman, subjek, dan potensi. Berdasarkan berbagai pendapat mengenai awal adalah kontradiksi yang merupakan awal dari berbagai ilmu. Semuanya tergantung bagaimana cara kita memaknai awal dalam diri dan dari segi mana kita melihatnya.

    ReplyDelete
  36. Meilan Lengkong
    19701251011
    S2-PEP A 2019

    segala sesuatu dimulai dari Pemikiran kita. jika dari permulaan berpikir kita sudah mengasumsikan bahwa "awal" adalah permulaan, maka akan secara terus menerus akan berkata saat ditanyakan "apakah awal, menurutmu" maka akan dengan cepat mengatakan bahwa awal adalah "permulaan". itulah mengapa persepsi pemikiran kita sangat menentukan.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  37. Ardhya Handayani
    19701251015
    S2 PEP 2019 A

    Dari elegi ini, hal yang dapat saya tangkap adalah bagiamana awal memiliki makna yang berbeda , tergantung dari sudut pandang nya. Berbagai sudutpandang menyebabkan awal bersifat yang kontradiktif, berarti mungkin saja makna dari "awal" dari brbagai sudut pangdung berbeda. Sehingga dapat dikatakan bahwa awal merupaka keputusan dari berbagai sudut pandang yang berbeda pula.

    ReplyDelete
  38. Rizki Nisa Setyowati
    19701251013
    PEP S2 A

    Awal adalah kontradiksi karena awal memiliki makna berbeda dilihat dari sudut pandang berbeda. Maka,awal adalah keputusan karena bersifat relatif tergantung ruang dan waktu. Sejatinya awal yang absolut hanya diketahui oleh Tuhan Sang Maha Tahu.

    ReplyDelete