Jul 31, 2010

Elegi Menggapai Awal dan Akhir Kedua

Oleh Marsigit

Awal dan akhir adalah semua yang ada dan yang mungkin ada.
Maka tiadalah awal dan akhir itu di luar waktumu.


Awal dan akhir bukanlah tentang semua yang ada dan yang mungkin ada.
Maka awal dan akhir itu berada dalam pikiranmu.
Tiadalah awal jika dia bertemu dengan akhir.
Padahal aku menyaksikan awal berada di dalam akhir.
Tetapi yang demikian aku menjadi merasa tidak adil.
Karena aku bisa mengatakan bahwa akhir berada dalam awal.
Tiadalah akhir jika dia itu bertemu dengan awal.
Padahal aku menyaksikan akhir berada di dalam awal.
Tetapi yang demikian aku menjadi merasa tidak adil.
Karena aku bisa mengatakan bahwa akhir berada dalam awal.
Jika awal dan akhir itu berada di luar pikiranmu.
Maka itulah awal sama dengan akhir.
Padahal aku menemukan awal tidak sama dengan awal.
Aku juga menemukan akhir tidak sama dengan akhir.
Jika engkau bingung tetapkanlah saja awal tidak sama dengan akhir.
Jika engkau bersemangat awal mungkin sama dengan akhir.
Maka segala yang ada dan yang mungkin ada adalah awal dan akhir.
Jika awal dan akhir itu satu.
Maka Yang Satu itu Yang Kuasa.
Jika awal dan akhir itu banyak.
Maka aku termasuk di dalamnya.
Jika awal dan akhir itu diriku.
Itulah yang ada dan yang mungkin ada.
Jika awal dan akhir itu diri Nya.
Maka sudah pastilah ketetapan Nya.
Maka aku menemukan bahwa diriku itu berada di antara awal dan akhir.
Jika engkau ragu, itulah karena mereka berada di luar pikiranmu.
Sedangkan jika engkau paksakan mereka berada dalam pikiranmu.
Maka engkau masih diminta pertanggungjawabannya.
...
Maka renungkanlah.

38 comments:

  1. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Awal dan akhir itulah hidup. Tapi manusia tidak bisa mengetahui awal dan akhir karena keduanya berada diluar pikiran. Awal dan akhir hanyalah diketahui Alloh SWT karena keduanya adalah ketetapan-Nya. Oleh karena itu, yang dapat dilakukan manusia hanya dengan ikhtiar dan berdoa dengan hati yang ikhlas untuk mengharap ridho Alloh SWT.

    ReplyDelete
  2. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math A 2018

    Segala sesuatunya pasti ada awal dan akhir, bertemu dan berpisah. Bagaimana awal dan akhir kehidupan manusia? Manusia hanya bisa berencana, kita ada di dunia jika atas kehendak Allah untuk menjalani segala perintahnya namun bagaimana dengan akhir? Akhir kehidupan kita paati akan kembali kepadaNYA tinggal seberapa banyak amal dan kuatnya iman kita di dunia yang menentukannya. Dan kita tidak pernah tahu kapan akhir dari kehidupan kita menghampiri.

    ReplyDelete
  3. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Hidup kita sebagai manusia perjalanannya berada dalam satuan waktu antara awal dan akhir. Perjalanan tersebut terdiri dari fase-fase atau masa. Awal tak selamanya jadi awal, karena awal bisa menjadi akhir bagi sesuatu yang lain. Begitu pula dengan akhir yang juga bisa menjadi awal bagi sesuatu yang lainnya lagi. Dan sebagai manusia, hamba Allah S.W.T. yang memiliki akal pikiran, kita tahu bahwa kita harus menggunakan sebaik mungkin waktu atau masa yang kita miliki. Sesungguhnya manusia benar-benar dalam kerugian kecuali mereka yang beriman dan mengajarkan amal shaleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran. Semoga kita semua menjadi bagian dari yang tidak berada dalam kerugian.

    ReplyDelete
  4. Ameliasari Tauresia Kesuma
    18701261015
    S3 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan

    Sebagai seseorang yang memiliki keyakinan harus berhenti, ke depan atau ke belakang – ke depan awalannya, ke belakang akhir atau kiamat. Jadi beriman sangat penting, bahwa dunia ada awalan dan akhiran. Ada satu yang selalu berada diawal dan diakhir yaitu Tuhan.

    ReplyDelete
  5. SUHERMI
    18709251007
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA A

    Awal dan akhir itu sudah menjadi seperti siklus yang tidak akan pernah bisa terputus. kapan tepatnya awal itu berakhir dan akhir itu berawal tidak ada yang tahu pasti. Kita hanya tahu sesuatu itu sudah berakhir, ketika sudah berlalu. Dan awal itu kita sadari ketika sudah terjadi. kebenaran tentang awal dan akhir hanyalah milik Allah SWT.

    ReplyDelete
  6. Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
    Besse Rahmi Alimin
    18709251039
    s2 Pendidikan Matematika 2018

    Teerkait topik bahasan mengenai Elegi Menggapai Awal dan Akhir Kedua bahwa Manusia tidak punya parameter untuk mengukur apa yang berlebihan pada pembangunan Negaranya, pada kemewahan teknologinya, pada eksplorasi dan manifestasi kebudayaannya, serta pada batas antara kebutuhan dan keinginan di peradabannya. Sehingga Dialah Yang Awal dan Yang Akhir Yang Zhahir dan Yang Bathin; dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu.

    ReplyDelete
  7. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006

    intinya semua yang terjadi di alam semesta ini memiliki awal dan akhir yang saling berkesinambungan. Jika awal dan akhir itu jumlahnya 1 awal (sebab paling awal) dan Akhir (Akibat paling akhir), Siapa yang mengawali dan mengakhiri ? Yakni Dia , zat tiada pengawal dan tiada pengakhir (Tuhan)

    ReplyDelete
  8. Erma Zelfiana Surni
    18709251009
    S2. P.Matematika A 2018

    Assalamualaikum Wr. Wb
    Awal dan akhir adalah fase siklik yang akan terus dialami manusia. Manusia berada diantara awal dan akhir kerena manusia berada dintara fase perputaran awal dan akhir. Dari awal menuju akhir lalu dari akhir lahirlah awal begitu seterusnya. Usaha berakhir dengan kegagalan akan melahirkan awal untuk keberhasilan-keberhasilan yang lainnya dari awal itu akan menuju akhir kembali apakah berakhir gagal atau berhasil. Manusia mengawali kehidupan didunia dengan kelahiran kemudian akan berakhir dengan kematian dan memulai lagi kehidupan didunia lain. Namun sebenar benar awal dan akhir itu adalah rahasia Allah SWT. Tiada seorangpun yang tahu kapan awal itu berawal dan kapan akhir itu berakhir. Awal dan akhir yang diketahui manusia itu hanyalah sebagaian kecil awal dan akhir yang dapat dijangkau pikirannya

    ReplyDelete
  9. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PPs UNY PM A 2018

    Awal dan akhir adalah dua hal yang saling berkaitan. Dikatakan berkaitan karena akhir menunjukkan ketidaksempurnaan awal. Awal tidak bisa terus menjadi awal karena ujungnya harus berakhir. Awal berada diakhir karena ketika sesuatu berakhir maka pada saat itu juga awal mulai terjadi. Sehingga awal dan akhir saling terikat.

    ReplyDelete
  10. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PPs UNY PM A 2018

    Dalam kehidupan ini setiap ada awal pasti ada akhir begitu juga sebaliknya, ada akhir jika ada awal. Awal kehidupan manusia ditandai dengan ditiupkannya roh hidup Allah ke dalam tubuh manusia yang bermanifestasi dalam bentuk jiwa yang berada di dalam kandungan seorang ibu dan akhir kehidupan manusia ketika datang kematian dimana roh hidup yang berada dalam jiwa manusia diambil oleh Allah. Namun perjalanan tidak sampai disini karena ketika kematian menjemput, akan ada awal kehidupan baru di akhirat yang kekal.

    ReplyDelete
  11. Yuntaman Nahari
    18709251021
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Awal dan akhir berada di dalam pikiran. Tiada awal yang sebenar-benarnya awal dan tiada akhir yang sebenar-benarnya akhir selain akhir zaman nanti. Sebenar-benar awal selalu ada awal sebelumnya dan awal sebelumnya akan menjadi akhir dari yang sekarang. Bahkan setelah akhir zaman pun masih ada kehidupan selanjutnya. Akhir zaman adalah awal dari kehidupan setelahnya. Jadi tidak ada awal dan akhir yang absolut kecuali jika Allah berkehendak.

    ReplyDelete
  12. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
    Setiap awalan pasti memiliki akhiran, Awal dan akhir dua kata yang selalu berkaitan. Begitu juga dengan kehidupan, semua yang ada di dunia ini pasti berawal dan pasti berakhir. Namun tak selamanya awal menjadi awal begitu juga tak selamanya akhir menjadi akhiran. Awal bisa menjadi akhir sebuah cerita, akhir bisa menjadi awal sebuah cerita sesuai dengan ruang dan waktunya. namun hakekatnya awal dan akhir dunia ini hanya Allah SWT yang Maha Kuasa atas Segala-Nya.

    ReplyDelete
  13. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Seperti elegi sebelumnya, apakah awal dapat dikatakan akhir? Atau akhir dapat dikatakan awal? Jawabannya mungkin bisa saja benar bisa juga salah. Benar karena antara awal dan akhir nyaris tak berjarak. Contohnya saja siswa SMA yang sedang melakukan Ujian Nasional, hal tersebut merupakan akhir dari masa studinya di SMA, namun hal tersebut juga dapat dikatakan awal dari masa studinya di Perguruan Tinggi, karena tanpa melakukan Ujian Nasional maka seorang siswa takdapat menjadi Mahasiswa. Dekat bukan, tipis, dan nyaris tak berjarak. Oleh karenanya, jangan terlalu menyesali sebuah akhir, karena akhir itu pula yang akan menjadi penyebab sebuah awal yang baru.

    ReplyDelete
  14. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Awal dan akhir merupakan buah dari pikiran kita masing-masing. Mungkin awalan kita melakukan sesuatu dapat menjadi akhiran kita dalam melakukan sesuatu yang telah lalu. Atau akhiran kita saat ini dapat menjadi awalan dari aktivitas berikutnya. Awal kehidupan dipandang melalui sebuah kelahiran, namun kelahiran dapat juga diartikan sebagai akhiran masa kandungan. Akhir dalam kehidupan biasanya diidentikan dengan kematian, namun kematian dapat juga dijadikan awal, awal dari kehidupan di alam kubur. Awal dan akhir itu relatif tergantung dari mana kita memandang. Awal dan akhir yang hakiki hanyalah milik Alloh, hanya Alloh yang tahu.

    ReplyDelete
  15. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018 (PM B 2018)

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Seperti dalam postingan dia tas yang salah satunya tertera makna bahwa
    Awal dan akhir adalah semua yang ada dan yang mungkin ada. Maka tiadalah awal dan akhir itu di luar waktumu. Artinya, segala sesuatu yang ada dunia ini sebenar-benarnya adalah ada dan yang mungkin ada. Sehingga dapat disimpulkan bahwa awal dan akhir bisa berada di dalam pikiran dan di luar pikiran tergantung ruang dan waktu yang ada
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  16. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Awal dan akhir. Belum tentu dan tidak selamanya awal adalah awal begitupula dengan akhir. Awal dapat pula bermakna akhir dan akhir dapat dikatakan sebagai awal. Hal ini karena kita melewati ase kehidupan yang terus berjalan siklik dan linear. Menjalani angkaian kejadian yang berulang-ulang secara tetap dan teratur. Selain itu, waktu terus berputar ada awal dan akhir yang beriringan dan terus berjalan maju menuju fase kehidupan berikutnya.

    ReplyDelete
  17. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    “aku menemukan bahwa diriku itu berada diantara awal dan akhir” adalah kalimat pengingat bahwa dunia ini hanya sekejap. Awal dan akhir nyaris tak berbatas. Jika sekarang awal maka satu detik yang lalu adalah akhir, begitulah seterusnya hingga nyaris tak berjarak lagi. Lantas, setelah mengetahui hal ini seharusnya setiap harinya kita harus menjadi versi terbaik dari diri kita. Karena kita tak tau kapan akhir tersebut akan datang menghampiri. Namun, nyatanya terkadang manusia menjadi terlena diantara batas awal dan akhir yang nyaris tak berjarak tersebut.

    ReplyDelete
  18. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Awal dan akhir merupakan rahasia Allah. Manusia tidak akan pernah mampu memikirkan awal dan akhir dari kehidupannya. Karena sejatinya setiap awal adalah akhir bagi sesuatu sebelumnya, sementara akhir adalah awal dari sesuatu sesudahnya. Oleh karena itu, dalam pemikiran manusia, awal dan akhir itu bersifat relative. Sementara awal dan akhir absolut adalah bergantung pada kuasa Allah.

    ReplyDelete
  19. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Awal dan akhir merupakan pasangan. Awal dan akhir itu relatif pada pikiran manusia.Bagi manusia satu mungkin akhir dari suatu usahanya namun bagi manusia lagi itu meruakan awal dari suatu perjuangannya, namun awal dan akhir adalah pasangan yang tidak dapat dipisahkan, karena adanya suatu akhir dimulai dari suatu awal begitupun sebliknya. Manusia itu terbatas dan lemah tidak bisa mendefin isikan awal dan akhir itu kapan. Awal dan akhir merupakan suatu rangkaian yang tidak akan terpisahkan.

    ReplyDelete
  20. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Pikiran manusia itu terbatas dan lemah tidak bisa mendefinisikan awal dan akhir itu kapan. Awal dan akhir merupakan suatu rangkaian yang tidak akan terpisahkan. Karena adanya awal pasta akan ada akhir begitu seterusnya karaena awal dan akhir sesuai dengan ruang dan waktu adn selalu berkembang sesuai dengan keadaan karaena awal dan akhir selalu mengiringi manusia.

    ReplyDelete
  21. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Awal dan akhir adalah paket lengkap. Apabila sesuatu diawali, maka akan ada akhir. Apabila sesuatu diakhiri, maka ada yang namanya tahapan awal sebelum hal tersebut berakhir. Oleh karena itu, ketika sesuatu diawali maka manusia harus menyadari bahwa akan ada akhir dari apa yang diawali. Maka hal ini harus disadari oleh manusia ketika manusia dihadapkan oleh penderitaan maka tersebut akan berakhir, ketika manusia dihadapkan dengan kebahagiaan ataupun penderitaan semuanya hanya bersifat sementara.

    ReplyDelete
  22. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Awal dan akhir merupakan dua kata yang saling erat hubungannya satu sama lain. Tindakan yang kita lakukan di awal akan menentukan hasil yang kita petik di akhir. Seperti istilah apa yang ia tanam itulah yang akan ia petik. Meskipun kita tidak pernah mampu menjangkau akan hasil yang kita peroleh, namun kita harus berusaha dengan sungguh-sungguh di awal.

    ReplyDelete
  23. Luthfannisa Afif Nabila
    18709251031
    S2 Pendidikan Matematika B 2018
    Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh
    Awal dan akhir itu berada dalam pikiranmu. Awal dan akhir adalah keputusanmu. Ada awal, karena ada akhir. Ada akhir, karena ada awal. Awalmu belum tentu sama dengan akhirmu. Akhirmu belum tentu sama dengan awalmu. Namun, kau hanya bisa mengupayakan agar akhirmu lebih baik dari awalmu. Kau hanya bisa mengupayakan yang terbaik untuk awalmu. Bagaimana awalmu menentukan akhirmu. Sebenar-benar awalmu tak terlepas dari akhirmu. Terima kasih.
    Wassalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  24. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Dalam filsafat semua yang ada dan yang mungkin ada merupakan awal dan akhir. Contohnya awal dalam bertanya, akhir dalam bertanya. Awal dalam menjawab merupakan akhir dari pertanyaan. Sehingga dapat dikatakan akhir berada dalam awal. Mempelajari flsafat tidaklah mudah, harus memiliki rasa giat dan ikhlas dalam mempelajarinya.

    ReplyDelete
  25. Wilis Putri Hapsari
    19701251017
    S2 PEP A 2019

    Di ufuk engkau terbenam, aku terbit
    Di teluk engkau tenggelam, aku pasang
    Sejauh apa pun garis waktu engkau tempuh
    Hadirku selalu di balik matamu
    Seluas apa pun ruang yang engkau rengkuh
    Cintaku selalu di luar sadarmu

    Akulah awal dan engkaulah akhir
    Meniadakan kita berdua
    Adalah satu-satunya cara kita bisa bersama

    (Akhir Prosa Pembuka Intelegensi Embun Pagi – Dee Lestari)

    Awal dan akhir merentang sejauh kita dapat memahaminya, mereka selalu berkejaran dan terus menerus, dan diantaranya kita ada atau mungkin ada. Awal dan akhir kadang kala bersembunyi di dalam kita terlebih di dalam pikiran, karena timbul dan seringnya tenggelam karena pikiran kita menyuruhnya demikian. Sering tenggelam karena awal dan akhir, keberadaan mereka sering tidak tersadar oleh kita, manusia. Karena terlalu sibuk berada diantara, maka seringlah lupa menyadari bahwa akan selalu ada ujungnya atas segala sesuatu ini. Di ujung-ujung tersebut (2 ujung, seperti garis) adalah singgasana awal dan akhir yang akan tak pernah berkesudahan dan selalu taat pada titah Tuhannya.

    ReplyDelete
  26. Assalamu'alaykum wr wb
    Dwi Kawuryani
    19709251061
    Pendidikan Matematika S2 D
    Awal adalah akhir, itulah hidup. Karena hidup adalah siklus, yang berarti setiap hal akan berjalan sesuai dimensi waktunya, namun tidak ada yang benar-benar berakhir karena setiap hal yang berakhir akan diganti dengan awal yang lain sehingga dapat dikatakan bahwa awal adalah akhir. Hal ini bisa menjadi pembelajaran kepada kita bahwa apapun yang terjadi, hidup harus tetap dijalani karena setiap hal yang terasa sudah berakhir sesungguhnya adalah awal. Dengan menyadari hal tersebut maka kita akan sadar bahwa belajar tidak akan pernah ada habisnya, belajar adalah proses yang harus dijalani sepanjang hidup manusia.
    Wassalamu'alaikum wr wb

    ReplyDelete
  27. Zuari Anzar
    19701251006
    S2 PEP A 2019

    Awal dan akhir adalah semua yang ada dan yang mungkin ada. Maka awal dan akhir merupakan dua kata yang saling terikat satu sama lain. Ada awal karena ada akhir begitupun sebaliknya ada akhir karena ada awal. Sehingga awal dan akhir itu sudah menjadi siklus yang tidak akan terputus. Sebagai contoh ketika seseorang lahir didunia, itu merupakan awal kehidupannya namun akhir dia dalam kandungan. Begitupun ketika orang meninggal, itu merupakan akhir kehidupannya didunia namun awal kehidupan di alam selanjutnya

    ReplyDelete
  28. Tiara Wahyu Anggraini
    19709251065
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Awal adalah akhir dan akhir adalah awal. Yaa.. dulunya saya belum memahami mengapa awal disebut juga akhir. Setelah membaca tulisan bapak, saya telah memahami bahwa awal ialah akhir. Awal dan akhir ialah suatu siklus yang tidak akan pernah bisa terputus. Ketika sesuatu menjadi awalan itu berarti telah ada yang berakhir, dan ketika sesuatu telah berakhir itu berarti akan datang awalan. Kita hanya akan tahu sesuatu itu sudah berakhir, ketika sudah berlalu. Sedangkan awal itu kita sadari ketika sudah terjadi. Terjadinya awal dan akhir adalah kehendak dari Allah SWT.

    ReplyDelete
  29. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  30. Hajra Yansa
    19701251012
    S2 PEP A 2019

    Awal dan akhir adalah siklik kehidupan yang menempati ruang dan waktu. Pada setiap akhir kehidupan (kematian) selalu ada awal kehidupan (menuju fase baru) atau kelahiran. Pada setiap akhiran kejadian selalu ada awalan baru suatu kejadian yang abru pula. Sehingga awal itu berada dalam akhir dan akhir berada dalam awal. Siklus ini terus menerus terjadi yang diatur oleh Sang Tunggal yang sudah pasti ketetapannya. Dan saya sepakat Prof bahwa "sayapun menemukan bahwa diriku diantara awal dan akhir" karena menenmpati ruang dan waktu yang sama.


    ReplyDelete
  31. Khintoko Intan Permatasari
    19701251020
    S2 PEP A 2019

    Awal adalah akhir,akhir adalah awal sampai seterusnya. Awal dan akhir itu relatif pada pikiran manusia. Manusia itu terbatas dan lemah tidak bisa mendefinisikan awal dan akhir itu kapan. Awal dan akhir tidak akan bisa dipisahkan. Menurut kita ini adalah awal beserta akhir yang tadi. Menurut kita ini adalah akhir,tetapi awal untuk sesuatu yang baru. Karena adanya awal pasti akan ada akhir begitu seterusnya karena awal dan akhir sesuai dengan ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  32. Dhamar Widya Safitri
    19701251009
    S2 PEP A 2019

    Assalamualaikum.
    Awal dan akhir adalah sesuatu yang tidak bisa dilepaskan. Jika sesuatu itu memiliki awal, maka sesuatu itu pun pasti memiliki akhir. Hanya Allah yang mengetahui awal dan akhir.
    Terimakasih

    ReplyDelete
  33. Indra Kusuma Wijayanti
    18709251046
    Pendidikan Matematika S2 C
    Tidak akan ada awal jika tidak ada akhir, tidak akan ada akhir jika tidak ada awal, maka keduanya saling berhubungan dan tidak dapat dipisahkan. Sebagai manusia, awal kehadiran, kehidupan, dan perjalanannya ditandai dengan adanya kelahiran, sedangkan akhir dari perjalanan, kehidupan, dan kehadiran manusia ditandai dengan adanya kematian. Hanya Tuhan yang Maha Absolut yang tidak ada awal dan tidak memiliki akhir.

    ReplyDelete
  34. Aulia Nur Arivina
    18709251051
    S2 Pendidikan Matematika C 2018

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Awal dan akhir sudah menjadi ketetapan Allah SWT. Sebagai makhluk Tuhan, kita hendaknya menjalani kehidupan dengan penuh rasa syukur dan terus berusaha dengan sepenuh hati. Untuk itu, jika melakukan sesuatu harus diniati dengan ikhlas dan diakhiri dengan bersyukur dan berserah diri.

    ReplyDelete
  35. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Meilan Lengkong
      19701251011
      S2- PEP A 2019

      Kembali lagi ke persepsi Filsafat, bahwa segala sesuatu bisa Ada dan mungkin Ada, semuanya harus sesuai ruang dan waktu . Awal dan akhir mungkin tidak akan bertemu dan tidak mungkin terjadi secara bersamaan, keduanya bisa saja saling bertolak belakang. Yang mengetahui awal dan akhir hanyalah yang Kuasa yang berada diluar pikiran kita.
      Terima Kasih

      Delete
  36. Ardhya Handayani
    19701251015
    S2 PEP 2019 A

    Hal yang saya pahami dan ambil dari elegi ini adalah bagiamana awal dan akhir bergantung pada persepsi seseorang. awal dan akhir dapat dilihat sebagai dua hal yang sangat berlawanan, karena dimuai dan diakiri. Namun dapat pula diartikan bahwa akhir dari suatu hal merupakan awal dari hal berikutnya, dan sebaliknya. Dalam kehidupan manusia didunia diawali dengan kelahiran lalu berakhir dengan kematian. Namun kematian juga menjadi awal manusia di alam barzah dan alam akhirat. Awal dan khir tersebut merupakan ketetapan Allah. Seorang manusia yang hidup saat ini diantra awal dan akhir, sehingga harus selalu berbuat baik dan beramal.

    ReplyDelete
  37. Rizki Nisa Setyowati
    19701251013
    PEP S2 A

    Hidup adalah lingkaran siklus awal dan akhir yang saling menyambung. Manusia, dengan segala keterbatasannya, tidak mampu menentukan awal sebenar benarnya awal dan akhir sebenar-benarnya akhir. Selama manusia masih hidup dalam ruang dan waktu maka akhir adalah awal dan awal akan beeakhir.

    ReplyDelete