Aug 17, 2009

Resources for Lesson Plan

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung
> Teruuusss...!Kiriman dari Prof Abdul Gafur
>
> -----Original Message-----
> From: "Teacher Tip Newsletter"
>
> Date: Sat, 15 Aug 2009 20:09:32
> To:
> Subject: Start of School Teaching Guide- Teacher Tips #475
>
>
> TeAchnology.com's- Tips for Teachers Issue #475
> =============================================================
>
> The Start School of Teaching Guide can be found here:
>
>
> http://www.teach-nology.com/newsletters/475.html
>
>
> You may need to cut and paste the above link into your web browser.
>
>
> This week's
> newsletter can be found here.

>
> -------------------------------------------------------------
>
> This week's teaching theme is a First Weeks of School Teaching Guide.
>
>
> Start of School Teaching Theme Page:
>
> http://www.teachnology.com/themes/holidays/firstweeks/
>
>
> Start of School Lesson Plans:
>
> http://www.teachnology.com/gold/lessons2.html
>
>
> Start of School Teacher Printables and Worksheets:
>
> http://www.teachnology.com/gold/worksheets3.html
>
>
> Back To School Unit:
>
> http://www.teachnology.com/themes/holidays/back/
>
>
> Start of School Lesson Series:
>
> http://www.teachnology.com/gold/new/startofschool.html
>
>
> Teacher Timesavers Set:
>
> http://www.teachnology.com/gold/new/timesavers.html
>
>
> -------------------------------------------------------------
>
> * Teachers: Ready To Go Back To School?*
>
> Brand New - 25,000+ teacher resources to make your day easy!
>
> Awesome - Worksheets, Lessons, Timesavers everything for you.
>
>
> Print it here:
>
>
> http://www.teachnology.com/gold/worksheets.html
>
> -------------------------------------------------------------
>
> View the Teacher
> Resource Center

>
> -------------------------------------------------------------
>
> "I cannot possibly explain to you how unbelievably helpful
> your web site is. Thank you from the bottom of my heart."
>
> - Mary Donald, Veteran Teacher
>
> Visit: http://www.teachnology.com/gold/worksheets.html
>
> -------------------------------------------------------------
>
> You are receiving teacher tips because you have signed up to
> receive them at AGAFURDA@YOGYA.WASANTARA.NET.ID . See:
> http://teachertipnewsletter.com
> to change your status.
>

21 comments:

  1. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Terimakasih Pak atas link-link yang sudah diberikan, Link diatas bersumber pada web www.tech-nology.com dimana berisi tentang lesson plan (RPP), Worksheet(LKS) dan Teacher helper yang berisi rubrik-rubrik yang dapat menolong siswa. Lesson plan yang disediakan juga sudah memberi contoh tugas-tugas yang dapat diselesaikan siswa. Namun, mungkin konsep nya yang agak berbeda dikarenakan tidak adanya kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh siswa. Lks yang diberikan juga cukup menarik dengan adanya gambar dan diagram panah yang dapat membantu siswa dalam menyelesaikan suatu permasalahan dalam materi yang diberikan.

    ReplyDelete
  2. Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
    Besse Rahmi Alimin
    18709251039
    s2 Pendidikan Matematika 2018

    Berdasarkan informasi yang dimuat di blok ini yang kemudian diberi judul "Resources for Lesson Plan", memuat sejumlah link yang membahas tentang guru, siswa, metoode dan media pembelajaran selama proses pembelajaran di kelas. Misalnya pada link http://www.teach-nology.com/newsletters/475.html, bahwa dipaparkan beberapa tips untuk guru selama proses pembelajaran di kelas, seperti;
    1. Sapa murid di pintu.
    2. Jadikan rutinitas kelas awal untuk siswa dan diri Anda sendiri.
    3. Gunakan "lakukan sekarang" atau penilaian cepat.
    4. Ingat untuk hadir.
    5. Memiliki area masuk.
    6. Dengarkan kekhawatiran siswa.
    Hal yang semacam ini, tentunya dibutuhkan guru untuk lebih peduli terhadap siswanya, memperhatikan gerak-geriknya serta kebutuhan siswa di sekolah pada khususnya, seperti poin terakhir bahwa dengarkan kekhawatiran siswa, bahwa guru tidak boleh bersifat otoriter terhadap siswa, demi menjaga kepercayaan diri siswa di sekolah.

    ReplyDelete
  3. Yuntaman Nahari
    18709251021
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Beberapa link di atas memuat referensi yang tentunya sangat bermanfaat bagi kami para pendidik dan calon pendidik untuk berinovasi dalam pembelajaran. Salah satu bentuk inovasi dalam pembelaaran adalah dengan menyusun worksheet yang berpusat pada siswa, menarik, inovatif, menciptakan aktivitas yang menyenangkan di dalam worksheet. Seperti contoh, dalam http://www.teach-nology.com/gold/samples/worksheets/math/visual.html terdapat gambar ulat di dalam worksheet yang diintegrasikan dengan matematika dan kreativitas siswa dalam mewarnai. Hal ini tentunya akan menarik perhatian siswa dalam memahami dan mengerjakan worksheet. Oleh karena itu, diharapkan para pendidik dan calon pendidik senantiasa mampu mengembangkan worksheet dan perangkat pembelajaran lainnya agar siswa tertarik dengan pembelajaran matematika sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.

    ReplyDelete
  4. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006

    Lesson plan perlu dipandang sebagai dokumen yang hidup, dinamis, dapat diubah sesuai dengan situasi, kondisi, serta kebutuhan yang dihadapi di ruang kelas oleh guru dikarenakan kondisi ruang kelas yang dihadapi oleh guru berbeda-beda untuk tiap kelas.

    ReplyDelete
  5. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Pada Beacon Lesson Plan Library tercantum susunan lesson plan yaitu description, objective, materials, preparations, procedures, assessments, extensions, web links, attached files. Worksheet mudah dipahami dan terstruktur. Selain itu, terdapat konten worksheet materi-materi yang menarik dan mudah diakses, juga terdapat tools untuk membuat worksheet maker sehingga kita bisa membuat seperti puzzle, timeline, word search, dan lain-lain, serta terdapat rubric penilaian. Tidak hanya itu, pada link lainnya juga berisi student learning contract bagi siswa, orang tua, dan guru yang berisi rules bagi ketika pihak untuk mendukung proses belajar siswa. Sajian yang menarik dari setiap konten di web dapat dijadikan inspirasi bagi guru untuk merencanakan proses pembelajaran dan bagi orang tua dapat berkreasi ketika menemani anak belajar.

    ReplyDelete
  6. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Dilihat dari segi fungsional, lesson plan sangat bermanaat bagi guru yaitu merencanakan pembelajaran yang matang dan akurat sehingga bisa memprediski keberhasilan atau pencapaian tujuan pembelajaran, memanaatkan sumber belajar yang tepat, perencanaan membantu pembelajaran dapat berjalan secara teroganisir dan sistematis sehingga bisa memanaatkan waktu dnegan efektif.

    ReplyDelete
  7. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018 (PM B 2018)

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Terimakasih atas link yang telah diberikan. Link-link yang ada sangat bermanfaat. Pada link http://www.teach-nology.com/newsletters/475.html, dapat ditemukan beberapa bahan pendukung untuk guru seperti adanya lesson plan, worksheet, tips-tips mengajar, ice breaking yang bisa dilakukan di kelas, dan lainnya. Website tersebut sangat berguna untuk guru guna meningkatkan kualitas mengajarnya dan agar siswa tidak mudah bsa dalam mengikuti pelajaran karena adanya pembelajaran yang bervariatif
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  8. Elsa Apriska
    18709251005
    S2 PM A 2018

    Terimakasih atas link yang telah diberikan Pak. Lesson plan yang saya ketahui adalah suatu struktur atau program perencanaan yang dibuat oleh pengajar. Tujuan dari pembuatan lesson plan adalah untuk mempermudah proses pengajaran di dalam kelas. Lesson plan ini dapat membuat proses pengajaran dalam kelas berjalan lebih efektif dibandingkan dengan pengajar yang membuatnya. Dengan adanya perenanaan pelajaran ini, dapat membuat jalannya pelajaran menjadi lebih terstruktur dan terorganisasi. Elemen-elemen yang digunakan dalam sebuah lesson plan adalah : topik yang akan dibahas, tingkatan pengajaran, tempo pelajaran, tujuan yang akan dicapai, alat-alat, proses, dan evaluasi.

    ReplyDelete
  9. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Terimakasih Prof. Marsigit karena sudah membagikan link diatas. Link www.tachnology.com berisi tentang worksheet, Lesson Plan, dan sumber-sumber lain yang dapat digunakan oleh guru. Terdapat beberapa kategori yang tertera dalam worksheet yaitu Back to school, countries and continents, critical thinking, early childhood, graphic organizer, research skill, theme worksheet, dan lain sebagainya. Dengan adanya panduan belajar tersebut, diharapkan guru dapat belajar dan mengembangkan skillnya baik hard skill maupun soft skill supaya dapat meningkatkan kualitas pembelajarannya.

    ReplyDelete
  10. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Pendidikan dan teknologi semakin berkembang. Maka sebagai guru dan pembelajar, kita harus up date dan bijak menggunakan sumber sumber yang ada di internet. Kemudahan yang ditawarkan oleh kemajuan teknologi harus dibarengi dengan semangat bijak belajar dan menggunakan sumber sumber tersebut. teknologi juga merupaka sumber belajar dalam pengetahuan kependidikan, dengan adanya teknologi kita dapatmengetahui perkembangan kependidikan yang ada di Indonesia maupun Dunia. Dan kita akan tahu maslah dalam kependidikan dan dapat mencarisumber yang tepat untuk menyelesaikan maslah yang ada, menjadi guru yang aktif dan tidak biasa saja menjadikan pembelajaran dikelas selalau ingin dikembangkan lagi dan lagi guna untuk memperbaiki kualitas pendidikan yang ada di Indonesia.

    ReplyDelete
  11. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Terimakasih Prof atas link mengenai referensi rencana pembelajaran yang sangat bermanfaat bagi guru dalam menyusun perangkat pembelajaran. Dari link tersebut memberikan inspirasi bagi guru dalam merencanakan pembelajaran yang menyenangkan. Berbagai metode dan worksheet yang tersedia kemudian disesuaikan dengan kondisi kelas akan membuat siswa selalu memperhatikan dalam pembelajaran. Karena salah satu cara membuat siswa untuk selalu memberikan attentionnya adalah penggunaan metode dan media yang bervariasi dalam pembelajaran sehingga siswa akan leih tertarik dan termotivasi dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  12. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PPs UNY PM A 2018

    Link diatas berisi tentang lesson plan. Lesson plan sendiri menurut saya sama seperti halnya RPP yang kita kenal. Lesson plan berisi tentang rencana mengajar yang dibuat dengan seksama. Rencana mengajar dibuat dengan memperhatikan tujuan yang akan dicapai dalam pembelajaran dan memanfaatkan berbagai sumber belajar. Dari link tersebut juga diperoleh berbagai worksheet atau yang kita kenal LKS serta ide-ide mengajar yang menyenangkan.

    ReplyDelete
  13. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Sebelumnya saya ucapkan terimakasih Pak atas sumber rencana pembelajaran yang diberikan. Semoga dengan sumber-sumber rencana pembelajaran tersebut kami mampu menggunakannya dalam memberikan suatu pembelajaran kepada siswa, sehingga siswa lebih tertarik dan termotivasi untuk belajar. Link www.teach-nology.com merupakan salah satu link yang berisi mengenai lembar kerja matematika, dengan adanya contoh-contoh lembar kerja tersebut semoga kami mampu mengadaptasi lembar kerja tersebut untuk kemudian diterapkan dalam pembelajaran di kelas.

    ReplyDelete
  14. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math A 2018

    Terimakasih pak sebelumnya atas sumber yang telah diberikan. Lesson plan dalan rencana pembelajaran. Guru perlu menyiapkan dan menyusun perangkat pembelajaran seperti membuat RPP silabus dan lembar kerja siswa agar pembelajaran dapat berlangsung efektif dan optimal. Dalam proses pembelajaran guru tidak selalu dapat membuat LKs namun dapat menerapkan media belajar sesuai kebutuhan siswa.

    ReplyDelete
  15. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
    Terimakasih prof untuk postingan link-link yang berguna untuk calon pendidik di masa depan. link tersebut insyaAllah akan berguna untuk kami yang akan berkecimpung dalam dunia pendidikan, sehingga mendapatkan pengetahuan luas dalam proses pembelajaran.
    Pengembangan Math Worksheets sangat diperlukan sekali agar pembelajaran matematika selalu bervariasi, dan menjadikan siswa menyukai pembelajaran matematika. Ini menuntut guru untuk sadar akan kebutuhan siswanya yang beragam akan karakteristiknya.

    ReplyDelete
  16. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Rencana pembelajaran merupakan hal utama yang harus disiapkan oleh guru. Membuat rencana bagaimana membelajarkan matematika kepada siswa dengan cara yang efektif dan efisien. Terima kasih atas link yang Bapak bagikan di atas, semoga bermanfaat dalam mengembangkan rencana pembelajaran matematika di kelas.

    ReplyDelete
  17. Wilis Putri Hapsari
    19701251017
    S2 PEP A 2019

    Thanks for providing us a lot of kind of useful link Prof, a teacher should be aware and creative to what phenomenom among them. So these kind of lesson plans and worksheets must be accessed and concidered to be one of compulsory material to an international engagement. To a teacher in rural region like me, english isn’t suitable language in the classroom, but it can be an interesting class activity that the teacher can provide the student to to these kind of work sheets in an english lesson or any kind of extraculicualr acitvity. Thanks prove, knowing this link is challenge me!

    ReplyDelete
  18. Tiara Wahyu Anggraini
    19709251065
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Terima kasih pak telah men-share beberapa link di atas yang memuat referensi-referensi yang sangat bermanfaat bagi kami para pendidik dan calon pendidik untuk berinovasi dalam pembelajaran. Beberapa bahan pendukung yang ada di link-link tersebut ialah lesson plan, worksheet, tips-tips mengajar, ice breaking yang bisa dilakukan di kelas, dan lainnya. Hal-hal tersebut sangat berguna untuk para calon guru dan guru dalam meningkatkan kualitas mengajarnya sehingga siswa tidak bosan dan jenuh dalam mengikuti pelajaran, sehingga dapat menarik perhatian siswa dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  19. Dhamar Widya Safitri
    19701251009
    S2 PEP A 2019

    Assalamualaikum.
    Terimakasih link-link yang bapak berikan yang akan bermanfaat. Lesson Plan sendiri sangat mempermudah proses pengajaran di dalam kelas. Dengan adanya Lesson Plan, proses pembelajaran di kelas akan menjadi lebih terstruktur dan teroganisir.
    Terimakasih

    ReplyDelete
  20. Indra Kusuma Wijayanti
    18709251046
    Pendidikan Matematika S2 C

    Terimakasih Pak Prof Marsigit telah memberikan banyak referensi terkait Rencana Pembelajaran. Link ini sangat berguna ketika kita sebagai guru/pendidik akan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran yang biasanya diikuti dengan pembuatan LKS atau Modul atau media lainnya. ketika saya s1, beberapa link tersebut sangat bermanfaat untuk menjadi referensi pembuatan lesson Plan. Meskipun ada yang mengatakan bahwa terkadang pembelajaran itu mengalir apa adanya, namun hal tersebut pasti telah ada perencanaan sebelumnya yang telah direncanakan sedemikian rupa mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan.

    ReplyDelete
  21. Jewish Van Septriwanto
    19709251077
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Terimakasih Pak atas link-link yang sudah diberikan, Link diatas bersumber pada web www.tech-nology.com dimana berisi tentang lesson plan (RPP), Worksheet(LKS) dan Teacher helper yang berisi rubrik-rubrik yang dapat menolong siswa. Lesson plan yang disediakan juga sudah memberi contoh tugas-tugas yang dapat diselesaikan siswa. Namun, mungkin konsep nya yang agak berbeda dikarenakan tidak adanya kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh siswa. Lks yang diberikan juga cukup menarik dengan adanya gambar dan diagram panah yang dapat membantu siswa dalam menyelesaikan suatu permasalahan dalam materi yang diberikan.

    ReplyDelete