Aug 24, 2009

Epistemology of Mathematics

By Marsigit

Mathematics 1 is about the structure of immediate experience and the potentially infinite progression of sequences of such experiences; it involves the creation of truth which has an objective meaning in which its statements that cannot be interpreted as questions about events all of which will occur in a potentially infinite deterministic universe are neither true nor false in any absolute sense.

They may be useful properties 2 that are either true or false relative to a particular formal system.

Hempel C.G. (2001) thought that the truths of mathematics, in contradistinction to the hypotheses of empirical science, require neither factual evidence nor any other justification because they are self-evident.

However, the existence of mathematical conjectures 3 shows that not all mathematical truths can be self-evident and even if self-evidence were attributed only to the basic postulates of mathematics.

Hempel C.G. claims that mathematical judgments as to what may be considered as self-evident are subjective that is they may vary from person to person and certainly cannot constitute an adequate basis for decisions as to the objective validity of mathematical propositions.

While Shapiro 4 perceives that we learn perceptually that individual objects and systems of objects display a variety of patterns and we need to know more about the epistemology of the crucial step from the perspective of places-as-offices, which has no abstract commitments, to that of places-as-objects, which is thus committed.

He views that mathematical objects can be introduced by abstraction on an equivalence relation over some prior class of entities.

Shapiro 5 invokes an epistemological counterpart that, by laying down an implicit definition and convincing ourselves of its coherence, we successfully refer to the structure it defines.

References:
1 --------, 2004, “A philosophy of mathematical truth”, Mountain Math Software, Retrieved 2004
2 Ibid.
3 Hempel, C.G., 2001, “On the Nature of Mathematical Truth”, Retrieved 2004
4 Shapiro in Linnebo, Ø., 2003, “Review of Stewart Shapiro, Philosophy of Mathematics: Structure and Ontology”, Retrieved 2004 < http://www.oystein.linnebo@filosofi.uio.no>
5 In Linnebo, Ø., 2003, “Review of Stewart Shapiro, Philosophy of Mathematics: Structure and Ontology”, Retrieved 2004 < http://www.oystein.linnebo@filosofi.uio.no>

19 comments:

  1. Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
    Besse Rahmi Alimin
    18709251039
    s2 Pendidikan Matematika 2018

    Dalam topik "Epistemology of Mathematics" diketahui bahwa Epistemologi merupakan pokok bahasan yang mengkaji tentang pengetahuan serta kaitannyadengan kebenaran yang hakiki. Epistemologi menjadi pembahasan menarik ketika dikaitkan dengan ketuhanankarena kebenaran yang hakiki hanya akan dimiliki oleh tuhan, oleh karena itu hakikat dari kebenaran hakiki yang dijadikan subjek dalam Epistemologi menjadi hal yang mustahil untuk didapatkan oleh pemikiran dan rasadari manusia sebagai makhluk ciptaan tuhan. Selanjutnya, matematika merupakan ilmu pengetahuan yang memiliki objek abstrak namun pada hakikatnya memuat unsur penalaran dan bersifat sangat kuat dan jelas. Merupakan sebuah kajian ilmu yang sangat populer dan menjadi hal yang paling menarik. Maka, yang dapat dikaji di sini adalah hakikat dari matematika begitupun nilai yang terkandung di dalamnya.

    ReplyDelete
  2. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math A 2018

    Epistomologi merupakan salah satu kajian filsafat yang membahas tentang ilmu pengetahuan, membahan tentang suatu kebenaran tentang pengetahuan tersebut. Tentang hakikat dari pengetahuan itu sendiri. Dalam matematika, pengetahuannya itu bersifat pasti, ilmu yang konkret, sehingga kebenarannya sudah terbukti itulah mengapa matematika selalu dikaitkan dengan pengetahuan yang lain karena matematika merupakan sumber dari segala pengetahuan.

    ReplyDelete
  3. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Epistemologi perlu dikaji dan dikembangkan agar kita dapat mengetahui kedudukan matematika; seperti apa itu matematika, seperti apa pengetahuan pada matematika, seperti apa karakteristiknya, dan apa saja ruang lingkupnya. Dalam penerapannya, apabila kita menerima atau menyepakati kebenaran dan keberadaan suatu objek yang berkaitan dengan matematika abstrak maka kita harus mampu menjelaskan bagaimana objek tersebut diketahui oleh kita, maka perlu bukti-bukti yang mendukung argumen kita dalam menerima kebenaran dan keberadaan objek tersebut, bukti-bukti tersebut dapat dikuatkan misalnya dengan aksioma.

    ReplyDelete
  4. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018 (PM B 2018)

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Epistemologi artinya adalah suatu kebenaran dalam suatu hal. Sehingga jika epistomologi matematika adalah suatu kebenaran dalam mateamtika. Pada artikel diatas tertera bahwa menurut Hempel, bahwa kebenaran matematika bertentangan dengan hipotesis empiris dari ilmu pengetahuan. Hal ini dikarenakan tidak diperlukannya bukti faktual maupun lainnya pembenaran karena mereka jelas. Tetapi tidak semua kebenaran matematika dapat dibuktikan jika hanya dibuktikan melalui dasar dalil-dalil matematika.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  5. Elsa Apriska
    18709251005
    S2 PM A 2018

    Epistimologi berasal dari kata “episteme” dan “logos”. Episteme berarti pengetahuan dan logo berarti teori. Kajian epistimologi matematika adalah sekelompok pertanyaan mengenai apakah matematika itu, termasuk jenis pengetahuan apa, bagaimana ciri-cirinya, serta lingkupan dan pembagian pengetahuan matematika. Demikian pula persoalan tentang kebenaran matematika seperti misalnya sifat alaminya dan macamnya. Jadi, matematika jika ditinjau dari aspek epistimologi, matematika mengembangkan bahasa numerik yang memungkinkan kita untuk melakukan pengukuran secara kuantitatif.

    ReplyDelete
  6. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Epistemologi matematika merupaka cabang filsafat matematika mengenai hakikat dan lingkup pengetahuan matematika meliputi matematika murni, matematika terapan, dan berbagai cabang matematika lainnya. Ciri-ciri matematika meliputi abstrak, deduktif, hipotesis, eksak, simbolik, universal, rasional, dan lainnya. Epistimologi matematika sangat perlu untuk diketahui guru sehingga guru tahu apa itu matematika yang cocok diberikan kepada siswa sesuai dengan tahap berfikirnya, dan mengetahui bagaimana cara membelajarkannya. Sehingga matematika yang diterima siswa tidak dianggap matematika sulit, penuh rumus, dan menakutkan.

    ReplyDelete
  7. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Epistemology of mathematics ini membahas tentang kebenaran yang hakiki yaitu kebenaran tentang kebenaran suatu ilmu pengetahuan. Hakikat pertemuan bersifat konkret, absolut. Sehingga kebenarannya dapat dikaitkan dengan ilmu matematika karena ilmu matematematika merupakan dasar dari ilmu pengetahuan. Dalam artikel diatas Hempel mengatakan bahwa kebenaran matematika, dalam kontradiksi dengan hipotesis sains empiris, tidak memerlukan bukti faktual atau pembenaran lain karena mereka jelas. Selain itu Hempel C.G. mengklaim bahwa penilaian matematis tentang apa yang dapat dianggap sebagai bukti diri sendiri. Sehingga matematika dapat dikatakan dapat membuktikan diri matematika itu sendiri.

    ReplyDelete
  8. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Dari elegi tersebut dapat kita ambil pelajaran bahwa kita harus bisa memahami konsep pemecahan suatu permasalahan dan penginterpretasiannya seperti matematika. Maka matematika bukan hanya soal angka angka hitung menghitung, namun berproses dan berpikir mendalam sebuah masalah dipecahkan sehingga bisa memberikan makna bagi kita. Selain itu matematika membentuk suatu pola pemikiran yang runtut dan terstuktur, sehingga matematika juga dapat mempengaruhi kebiasaan manusia untuk jadi lebih baik.

    ReplyDelete
  9. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PPs UNY PM A 2018

    Epistemology of Mathematics. Dari tulisan ini yang dapat saya pahami bahwa epistemologi sendiri berbicara tentang hakikat suatu ilmu, kebenaran yang terkandung dalam konsep atau ilmu tersebut. Epistemologi matematika berarti membahas tentang konsep-konsep kebenaran, hakikat kebenaran dalam matematika. Dalam matematika ada objek matematika yang bersifat abstrak, konkret, simbolik, universal dan lainnya. Konsep kebenaran matematika sangat penting karena sangat berpengaruh terhadap pemahaman konsep guru ketika mengajar matematika kepada siswa. Hal ini karena kecenderungan kesalahan siswa adalah karena kurangnya konsep matematika oleh gurunya.

    ReplyDelete
  10. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Dalam artikel di atas, epistemologi matematika merupakan ilmu yang mempelajari bagaimana hakikat tentang matematika dan bagaimana cara memahaminya. Dalam epistemology matematika, koherensi, korespondensi dan pragmatis merupakan hal yang penting. Selain itu, diperlukan penalaran dan pembentukan pemahaman secara sistematis dan obyektif dalam hal ini.

    ReplyDelete
  11. Luthfannisa Afif Nabila
    18709251031
    S2 Pendidikan Matematika B 2018
    Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh
    Hempel mengatakan bahwa kebenaran matematika tidak memerlukan bukti pembenaran lain karena kebenaran matematika itu jelas. Akan tetapi di sisi lain, kebenaran dugaan matematika menunjukkan bahwasanya tidak semua kebenaran matematika dapat menjadi jelas dan bukti hanya dapat dikaitkan dengan postulat dasar matematika. Dari kebenaran matematika saja sudah terlihat kekontradiksiannya. Apalagi dalam hidup, ketika seseorang mengatakan A ternyata di lain sisi ditemukan B yang berbeda dengan yang dikatakan oleh seseorang tadi. Begitulah hidup saling melengkapi satu sama lain. Terima kasih.
    Wassalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  12. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
    Epistemology merupakan cabang dari filsafat yang berkaitan dengan teori pengetahuan, bagaimana tentang memahami hekekat matematika dan cara memahaminya. Epistemology merupakan suatu kebenaran dalam suatu hal. Matematika memiliki kebenaran yang dapat dibuktikan dengan berbagai teori. Bukti-bukti yang ada harus mampu menjelaskan epistemology matematika itu sendiri

    ReplyDelete
  13. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Dalam filsafat, semua yang adan yang mungkiada itu berstruktur. Begitu juga dengan matematika. Dari postingan di atas, matematika merupakan struktur dari pengalaman. Kemudian dikatakan bahwa tidak semua kebenaran dalam matematika bisa terbukti dengan dirinya sendiri dan bahkan jika pembuktian tersebut dikaitkan hanya kepada postulat dasar matematika.

    ReplyDelete
  14. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Pendekatan epistemologi menunjukkan kedudukan matematika di dalam konteks keilmuaan. Epistimologi matematika menelaah dasar pengetahuan matematika, seperti asal, hakikat, batas-batas, dan kebenaran pengetahuan beserta matematika sifat-sifat matematika yang meliputi abstraksi, ruang, waktu, besaran, simbolik, bentuk, dan pola. epistimologis sendiri yang ,merupakan suatu kepastian atau kebenaran dalam sebuah pengetahuan, sehingga dari semua objek matematika sendiri yang dipelajari berarti mempunyai nilaikebenaran yang harus dicari dan dibuktikan untuk mengambangkan suatu ilmu atau menerima suatu ilmu yang baru.

    ReplyDelete
  15. Wilis Putri Hapsari
    19701251017
    S2 PEP A 2019

    Matematika membawa peranan penting dalam kehidupan manusia, peranannya mencakup ke semua aspek. Interaksi sosial pun mempunyai konsep matematis tersendiri yang dapat ditelaah. Belajar epistmologi matematika adalah belajar progres potensial yang tidak akan berakhir (infinitive), kejadian-kejidian yang terjadi pada urutan tertentu menghasilkan siklus yang dapat diangkakan. Sesuatu yang terdapat dalam ruang dan waktu dapat dimatematikakan karena meraka mempunyai nilai wujud yang konkret dan dapat dibuatkan pola. Matematika juga dapat menghasilkan entitas objet dari abstraksi dan kesamaan hubungan formal dari suatu hal.

    ReplyDelete
  16. Tiara Wahyu Anggraini
    19709251065
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Epistemologi dalam Yunani yaitu episteme dan logos. Episteme berarti suatu pengetahuan dan logos berarti ilmu. Epistemologi matematika merupakan salah satu cabang filsafat yang berhubungan dengan pengetahuan matematika. Epistemologi matematika menelaah segi-segi dasar pengetahuan matematika seperti sumber, hakikat (substansi), batas-batas, dan kebenaran pengetahuan beserta ciri-ciri matematika yaitu abstraksi, ruang, waktu, besaran, simbolik, bentuk dan pola. Dalam matematika, pengetahuannya itu bersifat pasti, sehingga kebenarannya sudah terbukti itulah mengapa matematika selalu dikaitkan dengan pengetahuan yang lain karena matematika merupakan sumber dari segala pengetahuan.

    ReplyDelete
  17. Anna Isabela Sanam
    S2 PEP A 2o19
    19701251001

    Epistemology is the branch of philosophy related to the theory of knowledge. It means that epistemology of mathematics is the theories of mathematics knowledge as well.
    I try coming out with conclusion from the point of view about mathematics from those experts who mentioned:
    1. Math is about direct experience and unlimited that involves the creation of truth which has an objective meaning.
    2. There is no need for evidence or justification because the truths of mathematics are clear.
    3. Math can displayed by abstraction on an equivalence relation over some prior class of entities.
    Truthfully, I do not understand about math concepts at all since my background study was English education. However, I considered mathematics is essential part now to support my study on Research and Evaluation of Education study program
    I realize could not start learn about mathematics from the beginning therefore I consider this writing as additional knowledge.

    Thank you for share the knowledge Prof.

    ReplyDelete
  18. Indra Kusuma Wijayanti
    18709251046
    Pendidikan Matematika S2 C

    Epistemologi memandang matematika sebagai sebuah ilmu pengetahuan yang objek kajiannya merupakan ide yang terdapat dalam pikiran manusia yang sifatnya abstrak. Menurut Immanuel Kant awal dari pengetahuan matematika adalah kesadaran tentang matematika. Kesadaran demikian dianggap sebagai wadah dari kenyataan matematika (Marsigit, 2015 : 131).

    ReplyDelete
  19. Dhamar Widya Safitri
    19701251009
    S2 PEP A 2019

    Assalamualaikum.
    Epistemologi matematika adalah ilmu yang mempelajari kebenaran tentang matematika itu sendiri. Misalnya kebenaran sebuah teorema, diperlukan adanya pembuktian dalam mengetahui benar tidaknya sebuah teorema tersebut.
    Terimakasih

    ReplyDelete