Jul 18, 2009

Sumber Penting untuk Pembelajaran Matematika

Untuk semua guru dan calon guru matematika, berikut saya sampaikan sumber penting untuk pengembangan pembelajaran matematika bertaraf internasional. Berbagai sumber pembelajaran matematika dapat di akses: rpp, video, lesson study, dst

Silahkan klik berikut:

http://hrd.apec.org/index.php/Main_Page

Sumber tersebut diberikan oleh Prof. Akihiko Takahashi, Ph.D dari DePaul University, Chicago, Amerika Serikat.

Selamat mmemanfaatkannya.

19 comments:

  1. Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
    Besse Rahmi Alimin
    18709251039
    s2 Pendidikan Matematika 2018

    Meskipun link http://hrd.apec.org/index.php/Main_Page pada sub topik bahasan tentang Sumber Penting untuk Pembelajaran Matematika, tidak dapat saya akses, akan tetapi jika maksud dari informasi ini adalah untuk pengembangan pembelajaran matematika bertaraf internasional yang menampilkan berbagai sumber pembelajaran matematika seperti: RPP, video, lesson study, dst. Maka, memang benar jika semua guru dan calon guru matematika harus mengetahui hal tersebut, Misalnya; RPP merupakan hal paten yang harus di miliki seorang guru selama melaksanakan pembelajaran di kelas yang merupakan acuan seorang pendidik dalam menata sistem pemebelajaran secara efektif, selanjutnya vidio merupakan salah satu media pemmbelajaran yang bisa mendukung efesiensi pembelajaran di kelas serta mengikuti blanded learning, selanjutnya lesson studi merupakan pembelajaran yang diamati demi memantau perkembangan pembelajaran di kelas, dll.

    ReplyDelete
  2. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006

    Semakin banyak sumber belajar yang diketahui dan digunakan oleh guru, maka semakin baik pula guru tersebut untuk membuat suasana belajar mengajar agar ilmu yang disampaikan dapat dipahami oleh siswa.

    ReplyDelete
  3. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018 (PM B 2018)

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Terimakasih atas link yang diberikan. Sayangnya link http://hrd.apecwiki.org/ tidak dapat diakses lagi. Semoga kedepannya bisa dilakukan update link yang terbaru agar dapat diperbanyak lagi sumber yang ada sehingga dapat dipelajari lebih lanjut. Namun demikian, saya tetap mencari sumber yang ada pada blog ini dalam postingan yang lainnya
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  4. Elsa Apriska
    18709251005
    S2 PM A 2018

    Terimakasih Pak atas share link nya. Tapi mohon maaf saya sudah coba untuk membukanya namun tidak bisa. Mungkin kedepannya bisa diupdate. Sumber-sumber seperti ini sangat penting sebenarnya bagi para calon pendidik dan pendidik guna membuat pengembangan pembelajaran matematika menjadi lebih baik.

    ReplyDelete
  5. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Terimakasih Prof atas link yang telah diberikan tetapi mohon maaf link tersebut sudah tidak bisa dibuka. Namun, dengan berkembangnya teknologi yang semakin canggih maka akses untuk mencari sumber pembelajaran matematika menjadi semakin luas. Berbagai referensi perangkat pembelajaran banyak tersedia di internet. Dari berbagi referensi tersebut guru dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam membuat perangkat pembelajaran. Sehingga matematika yang diajarkan kepada siswa akan menyenangkan dengan penggunaan metode-metode atau media yang variatif dan tentunya tujuan pembelajaran akan tercapai dengan optimal.

    ReplyDelete
  6. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu'alaikum, wr, wb.
    Terimakasih kepada Bapak Prof Marsigit yang telah membagi link yang berupa sumber penting untuk pengembangan pembelajaran matematika bertaraf internasional. Walaupun sayangnya link nya sudah tidak bisa dibuka. Seorang guru maupun calon guru memang harus selalu mengempangkan kemampuannya. Beberapa link tentang pengembangan pembelajaran apalagi yang bertaraf internasional sangat bermanfaat untuk kami. Pengembangan pembelajaran bertaraf internasional semakin membuka wawasan kami tentang pembelajaran diberbagai negara. Terimakasih pak.

    ReplyDelete
  7. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Terimakasih atas link diatas, sayangnya link tersebut sudah tidak daapt diakses lagi. Akan tetapi saya yakin bahwa link tersebut sangat bermnafaat. Untuk mendapatkan pembelajaran matematika yang sistematis dan efektif, guru harus memmbuat persiapan-persiapan terkait pembelajaran tersebut. Seperti RPP, LKS, dan media pembelajaran yang akan digunakan untuk menyelenggarakan pembelajaran. Dan terkait link diatas, saya berharap link tersebut dapat diperbaiki supaya dapat diakses kembali. Terima kasih…

    ReplyDelete
  8. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Saya pun mengalami hal yang sama, link tersebut tidak dapat diakses. Entah apa yang terjadi, padahal link tersebut memuat informasi penting tentang RPP, Lesson Study dan lain-lain. Dimana sumber tersebut berasal dari sumber Internasional. Sungguh sangat disayangkan kami tidak bisa mengakses situs tersebut. Melalui informasi tersebut mungkin saja kami dapat melihat bagaimana rancangan pembelajaran atau RPP dibuat, yang mungkin dapat memberikan kami informasi lebih mengenai RPP, mengingat bahwa pembuatan RPP tidak semudah dan sesimpel kependekannya.

    ReplyDelete
  9. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu'alaikum, wr, wb.
    Sebagai guru dan calon guru, kita harus terus belajar memberikan fasilitas yang maksimal untuk siswa selama pembelajaran. Untuk itu, sangat penting untuk memiliki sumber-sumber referensi yang baik untuk materi yang akan diajarkan atau perangkat pembelajaran untuk mengajar siswa. Sehingga link yang seperti bapak Marsigit berikan sangat bermanfaat walau sayangnya tidak bisa di buka.

    ReplyDelete
  10. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
    Mohon maaf Prof, linknya tidak dapat dibuka. kami akan mencoba mencari sumber-sumber yang penting untuk menambah pengetahuan tentang pengembangan pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  11. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Dalam pembelajaran matematika sumber belajar itu merupakan hal yang penting dalam menunkang pengetahuan siswa akan suatu pengetahuan. karena sumber-sumber beajar matematika sendiri dangat diperlukan untuk guru maupun siswa, karena sumber belajar ini dapat digunkan sebagai alat peraga, metode, materi yang dapat diberikan kepada siswa agar lebih paham dan lebih dalam mempelajari suatu ilmu pengatahuan itu sendiri. Adanya sumber belajar matematika menjadikan lebih banyak referensi untuk belajar dengan cara, metode maupun ilmu yang baru.

    ReplyDelete
  12. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Sebagai seorang pendidik berbagai refrensi sumber pembelajaran matematika sangatlah penting untuk menambah pengetahuan kita dan juga meningkatkan kualitas pembelajaran. Terima kasih atas link yang Bapak bagikan di atas, sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  13. Assalamualaikum Pak, terima kasih untuk link berjudul Sumber Penting untuk Pembelajaran yang sudah bapak informasikan kepada kami semua. Dengan informasi mengenai Sumber Penting untuk Pembelajaran kita dapat mengetahui berbagai sumber belajar yang baik dan sesuai agar saat proses pembelajaran yang berlangsung dapat melibatkan siswa secara aktif dan dapat meningkatkan kreatifitas siswa.

    ReplyDelete
  14. Puspitarani
    19709251062
    S2 Pendidikan Matematika D 2019
    Terima kasih Bapak atas link yang sudah Bapak share kepada kami, walaupun saya sudah tidak bisa membuka link tersebut, namun dari yang saya baca dikomentar-komentar kurang lebih link tersebut berisi tentang RPP, LKS dan sumber penting untuk pembelajaran lainnya. namun selain hal tersebut, ada hal yang ingin saya tanyakan kepada Bapak, yaitu seberapakah pentingnya penggunaan sumber untuk pembelajaran seperti RPP dan LKS di era sekarang ini Pak? apalagi dengan siswa yang beraneka ragam karakteristiknya, misalnya siswa yang tidak bisa bekerja dalam kelompok, atau ada siswa yang terlalu menonjolkan dirinya dalam kelompok, serta ada siswa yang kesulitan dalam penguasaan materi dan hanya mengerti jika gurunya yang menjelaskan saja? Apakah RPP dan Lks itu hanya suatu formalitas saja atau adakah fungsi tersendiri dalam aplikasinya? apalagi saat ini banyak sekali metode, pendekatan yang digunakan oleh guru, sedangkan tidak semua metode atau pendekatan tersebut cocok untuk semua materi. Terima kasih Bapak. Saya sangat berharap Bapak menjawab pertanyaan saya entah lewat blog ini atau saat bertatap muka secara langsung.

    ReplyDelete
  15. Wilis Putri Hapsari
    19701251017
    S2 PEP A 2019

    Terimakasih atas informasi yang diberikan serta trigger semangat untuk selalu menjadi pribadi yang selalu belajar dan terbuka untuk perubahan yang lebih baik. Dengan mengetahui RPP ataupun administrasi belajar mengajar di tempat lain akan menyediakan inspirasi dan peningkatan kualitas pembelajaran serta kebijaksanaan dalam memberikan penilaian. Semoga semua dari kita selalu merasa nikmat atas lelahnya belajar.

    ReplyDelete
  16. Assalamu'alaykum wr wb
    Dwi Kawuryani
    19709251061
    Pendidikan Matematika S2 D
    Terima kasih kepada Bapak yang sudah memberikan banyak sumber untuk kami para mahasiswa untuk terus belajar baik itu belajar secara mandiri atau terbimbing. Dengan semakin banyaknya sumber belajar yang dimiliki mahasiswa sehingga diharap semakin banyak juga ilmu dan pengetahuan yang dimiliki untuk menjadi pengajat yang baik.
    Wassalamu'alaikum wr wb

    ReplyDelete
  17. Tiara Wahyu Anggraini
    19709251065
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Terima kasih pak atas linknya. Walaupun link tersebut tidak bisa terbuka, mungkin kami dapat mencari sumber-sumber lain di internet, mengingat sekarang kita sudah bisa mencari berbagai informasi di internet yang sangat luas ini. Semoga dengan berbagai sumber belajar yang kami dapatkan bisa meningkatkan kualitas ilmu dan pengetahuan kami yang insya Allah akan menjadi guru atau bahkan dosen nantinya.

    ReplyDelete
  18. Indra Kusuma Wijayanti
    18709251046
    Pendidikan Matematika S2 C

    Terima kasih bapak, nmun mohon maaf pak sayangnya link tersebut tidak dapat kami akses, hal ini mungkin dikarenakan link sudah ada sejak 10 tahun yang lalu. semoga di lain kesempatan bapak berkenan sharing materi-materi yang lainnya yang dapat kami akses. terima kasih pak, kami akan tetap belajar melalui postingan yang lain.

    ReplyDelete
  19. Dhamar Widya Safitri
    19701251009
    S2 PEP A 2019

    Assalamualaikum.
    Sebelumnya mohon maaf, link tersebut tidak bisa diakses lagi. Tapi, berdasarkan penjelasan singkat yang bapak berikan saya mengetahui bahwa link tersebut menjadi sumber penting untuk pengembangan pembelajaran matematika bertaraf internasional. Dengan berkembangnya teknologi sekarang ini, saya kira akan mudah untuk mencari sumber yang lain untuk mendapat materi yang sejenis.
    Terimakasih

    ReplyDelete