Feb 12, 2013

Elegi Guru Menggapai Perubahan




Oleh Marsigit

Guru:
Wahai perubahan, perkenankanlah aku ingin bertanya. Apakah perubahan itu?. Apakah aku sebagai seseorang diri perlu melakukan perubahan? Jika perlu maka apakah yang harus berubah pada diriku? Dana bagaimana melakukan perubahan pada diriku?

Perubahan:
Wahai guru, tiadalah sesuatu itu tanpa perubahan. Engkau tidak memikirkanpun, maka engkau senantiasa berubah. Apakah engkau masih ragu tentang hal itu? Jika engkau masih ragu, maka tunjuklah siapa dirimu itu. Sebenar-benar yang terjadi adalah bahwa engkau tidak akan pernah bisa menunjuk dirimu itu. Begitu engkau selesai menunjuk dirimu maka dirimu telah berubah menjadi dirimu yang lain. Mengapa? Karena dirimu semula yang engkau tunjuk telah dimakan oleh ruang dan waktu.

Guru:
Jika aku berubah tanpa aku sadari maka apakah pada diriku itu yang berubah? Sedangkan jika aku menyadari dan aku ingin berubah maka apakah pada diriku itu yang berubah dan bagaimana melakukan perubahan itu?

Perubahan:
Struktur, bentuk, sifat-sifat, potensi, serta fakta-faktamu itulah yang selalu berubah walaupun engkau tidak menyadarinya. Sedangkan jika engkau mengiginkan perubahan maka engkau harus tambahkan “arah” pada perubahan dirimu. Maka sebenar-benarnya perubahan adalah kesadaran akan ruang, waktu, arah, potensi dan faktamu. Sedangkan jika keinginanmu semakin besar untuk berubah, maka engkau dapat menambahkan “makna’ pada perubahan dirimu. Perubahanmu akan bermakna jika perubahanmu bermakna pula bagi yang lainnya. Sedangkan jika keinginanmu semakin besar lagi untuk berubah, maka engkau dapat tambahkan “positif bagi dirimu dan yang lainnya” . Sedangkan jika keinginanmu semakin besar lagi untuk berubah, maka engkau dapat tambahkan “bermanfaat bagi dirimu dan yang lain” . Sedangkan jika keinginanmu semakin besar lagi untuk berubah, maka engkau dapat tambahkan “bermanfaat bagi dirimu dan dunia”. Sedangkan jika keinginanmu semakin besar lagi untuk berubah, maka engkau dapat tambahkan “bermanfaat bagi dirimu dan yang lain di dunia dan akherat”. Maka setinggi-tingginya perubahan adalah jika demikian engkau sadari bahwa perubahan itu mempunyai arah, makna positif, dan bermanfaat baik untuk dunia maupun akherat.

Guru:
Kemudian bagaimanakah aku dapat melakukan perubahan itu?

Perubahan:
Ada syarat-syarat bahwa engkau itu bisa melakukan perubahan. Pertama, engkau harus mempunyai kesadaran tentang perubahan itu sendiri. Kedua, engkau harus memperbaharui niat dan motivasi untuk melakukan perubahan. Ketiga, engkau harus menemukan alasan melakukan perubahan. Keempat, engkau harus mempunyai pemahaman tentang perubahan itu. Kelima, engkau harus mencoba, berlatih dan terbiasa melakukan perubahan. Keenam, engkau harus selalu bercermin pada dirimu sendiri.

Guru:
Wahai perubahan, bagaimanakah tentang diriku? Aku adalah seorang guru. Apakah aku sebagai guru perlu melakukan perubahan? Jika perlu maka apakah yang harus berubah pada diriku? Dana bagaimana melakukan perubahan pada diriku?

Perubahan:
Ada syarat-syarat bahwa engkau sebagai guru itu bisa melakukan perubahan. Pertama, guru harus mempunyai kesadaran tentang perubahan itu sendiri. Kedua, guruharus memperbaharui niat dan motivasi untuk melakukan perubahan. Ketiga, guru harus menemukan alasan melakukan perubahan. Keempat, guru harus mempunyai pemahaman tentang perubahan itu. Kelima, guru harus mencoba, berlatih dan terbiasa melakukan perubahan. Keenam, guru harus selalu bercermin pada dirimu sendiri.

Guru:
Wahai perubahan, jika aku ingin melakukan perubahan pada cara mengajarku, maka bagaimanakah caranya itu?

Perubahan:
Pertama, lakukan perubahan itu dengan bekerja-sama dengan orang lain. Kedua, lakukan perubahan secara sistemik. Ketiga, bekerjasamalah dengan pihak-pihak terkait dalam melakukan perubahan. Keempat, rencanakan perubahan itu. Kelima, sadarlah bahwa perubahan itu memerlukan waktu. Keenam, kenalilah dirimu sendiri dan kenalilah pula semua aspek dari pekerjaanmu sebagai guru. Ketujuh, selalu renungkanlah hakekat perubahan pada dirimu itu dan temukanlah makna di balik dari setiap perubahan mu itu. Kedelapan, tetapkanlah hatimu sebagai komandan pada setiap perubahan dirimu.

Guru:
Wahai perubahan, bagaimana cara membangun kerjasama untuk melakukan perubahan?

Perubahan:
Pertama, budayakanlah kerjasama untuk tujuan kebaikan di dunia dan akherat. Kedua, lakukanlah percobaan secara terbatas tentang aspek perubahan itu dan implementasikanlah pada masalah-masalah yang nyata. Ketiga, tetapkan harapan-harapanmu dari perubahan yang engkau lakukan. Keempat, jujurlah dan bersifat terbuka dalam kerjasamamu. Kelima, kembangkanlah sikap peduli terhadap orang lain dan lingkungan sekitar. Keenam, selalu temukanlah hikmah dari segala kejadian yang engkau alami. Ketujuh, berpikiran positiflah terhadap sesama dan lingkungan. Kedelapan, selalu ikhlaslah dalam setiap tindakanmu. Kesembilan, belajarlah mengambil keputusan yang tepat atas segala aspek kehidupanmu. Kesepuluh, lakukanlah semuanya itu dengan semangat dan tawadu’.



Guru:
Wahai perubahan, secara lebih khusus bagaimana cara melakukan inovasi pembelajaran?

Perubahan:
Pertama, kenalilah faktor pendukungnya. Kedua, Kenalilah segala informasi yang berkenaan dengan inovasi pembelajaran. Ketiga, berkomunikasilah dengan referensi dan nara sumber. Keempat, carilah orang-orang yang mempunyai visi, persepsi, kepentingan dan tujuan yang sama. Kelima, pelajarilah atau lihatlah model-model inovasi pembelajaran yang telah ada, misalnya video pembelajaran. Keenam, tetapkanlah skala prioritas. Ketujuh, kenalilah dan pelajarilah teori-teori dan paradigma pendidikan. Sesuaikan paradigma mengajarmu. Maka sebenar-benar kelas pembelajaranmu adalah laboratorium. Kedelapan, kenalilah hakekat keilmuan. Kesembilan, kenalilah hakekat siswa. Kenalilah hakekat penilaian, Kenalilah hakekat alat peraga, dst. Kesepuluh, kenalilah konteks pembelajaran, kenalilah budaya, kenalilah kebiasaan, kenalilah individu siswa, kenalilah ..dst.

Guru:
Wahai perubahan, secara lebih khusus lagi, bagaimana cara melakukan inovasi pembelajaran?

Perubahan:
Pertama, pahamilah arah dan tujuan pendidikan atau pembelajaran. Itulah yang disebut misi pendidikan. Kedua, pahamilah bagaimana cara mencapai misi tersebut. Itulah visi pendidikan. Ketiga, lakukanlah kegiatan penelitian pendidikan. Keempat, kenalilah masalah, dari mana masalah, dan kepada siapa masalah itu. Kelima, kembangkanlah skema pembelajaran yang fleksibel. Keenam, kembangkan interaksi belajar bagi semua siswa. Ketujuh, kembangkanlah sumber belajar. Kedelapan, kembangkanlah teknologi pembelajaran. Kesembilan, keterampilan menyelesaikan masalah. Kesepuluh, promosikanlah bekerja bersama dalam belajar. Kesebelas, kembangkanlah pendekatan pemecahan masalah dan inovasi pada level sekolah. Duabelas, kembangkanlah pangkalan data berkaitan dengan pemecahan masalah dan inovasi.

Guru:
Wahai perubahan, secara lebih khusus dan khusus lagi, bagaimana cara melakukan inovasi pembelajaran?

Perubahan:
Pelajarilah lesson study dan implementasikan aspek-aspeknya sesuai dengan konteksnya.Pelajarilah Penelitian Tindakan kelas dan implementasikan aspek-aspeknya sesuai dengan konteksnya.Pelajarilah model-model dan strategi pembelajaran dan implementasikan aspek-aspeknya sesuai dengan konteksnya.

Guru:
Kenapa semua itu musti terjadi?

Orang tua berambut putih:
Wahai guru, sebenar-benar kelas pembelajaran adalah laboratorium bagi siswa-siswamu. Maka sebenar-benar kegiatan pembelajaran adalah kegiatan penelitian. Maka tiadalah perubahan dan inovasi dapat engkau lakukan tanpa pemahaman-pemahaman tersebut. Sesungguhnya perubahan atau inovasi itu betul-betul sunatullah. Amien

41 comments:

  1. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Realita yang sering kita jumpai di sekolah maupun di kelas bahwa masih banyak guru yang tidak melakukan tugasnya sebagai pendidik yang profesional dengan memberikan contoh yang baik kepada siswa-siswanya. Bukanlah sesuatu yang terlambat untuk mengubah perilaku-perilaku yang kurang baik tersebut, karena sebaik-baiknya masa depan adalah mereka yang senantiasa memperbaiki kesalahan-kesalahan di masa lalunya. Perubahan sangat diharuskan ketika kita belum mampu untuk menebarkan manfaat kepada orang lain, maka sudah seharusnya kita untuk melakukan perubahan sesuai dengan kebutuhan ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  2. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Terkadang kita tidak menyadari bahwa upaya yang telah kita lakukan dalam kelas dan dihadapan siswa sudah sesuai dengan espektasi, namun kebanyakan faktanya belum sesuai karena salah satu buktinya adalah masih banyak siswa yang mengeluh ketika pembelajaran matematika diajarkan, diantara keluhannya adalah siswa merasa bosan dan cemas dalam belajar matematika. Hal ini menunjukkan bahwa seyogyanya guru untuk melakukan refleksi terhadap metode atau cara mengajar di kelas atau penyebab lainnya yang mungkin kurang tepat dalam penerapannya. Disamping itu guru juga harus melakukan perubahan dari segi cara mengajar atau hal lainnya yang bisa menunjang keberhasilan belajar siswa agar siswa tidak lagi merasa cemas dalam belajar matematika. Sebenar-benar perubahan adalah guru yang terus berinovasi dalam mengembangkan kualitas mengajarnya.

    ReplyDelete
  3. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb
    Setiap manusia pasti mengalami perubahan baik secara sadar ataupun tidak. Sebagai seorang guru perubahan penting untuk dilakukan untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada. Hal ini tentu harus dilakukan secara sadar dan niat yang ikhlas karena keikhlasan tersebut sesungguhnya kunci utama untuk dapat berubah pada hal-hal yang lebih baik. Salah satu perubahan yang baik itu adalah dalam hal inovasi yang menarik dalam proses belajar mengajar. Guru harus terus berusaha untuk melakukan inovasi-inovasi baru dalam pembelajaran karena semakin maju perkembangan jaman membutuh kemampuan yang lebih maju juga dalam mengajar mengingat bahwa karakteristik siswa juga sangat bervareasi sehingga membutuhkan keahlian guru dan inovasi terbaru oleh guru untuk dapat mengajarkan memberikan perubahan sesuai dengan yang dicita-citakan.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  4. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Perubahan dalam diri kadang tanpa terasa sudah terjadi dengna sendirinya. Mengenali diri sendiri, memahami, bagaimana suatu hal sekecil apapun dapat mempengaruhi perubahan dalam diri seseorang misalnya membuang sampah pada tempatnya sudah dianggap perubahan kecil namun dampaknya besar. Bisa saja memang sudah terbiasa membuang sampah pada tempatnya, tetapi bila hal tersebut diIstiqomahkan itu merupakan perubahan yang konstan. Bila menyangkut dengan pendidikan, guru yang menjadi sasaran utama berbagai hal yang di judge kan kepadanya, dituntut ini itu tanpa ada ujungnya dan bisa berdampak pada kelangsungan pembelajaran di kelas. Oleh karena itu, perubahan yang diuusahakan oleh guru perlu diapresiasi dan kalo perlu dibantu dan diberikan solusi yang bisa mengembangkan ide-ide baru untuk melanjutkan perubahan yang lebih baik. Hal utama yang perlu diingat adalah kenali diri dalam diri sedalam-dalamnya dulu baru akan tahu perubahan macam apa yang akan terjadi atau yang akan dilakukan. Intinya, berasal dari diri sendiri kemudian dianalisa dan dilakukan operasi pada perubahan diri seseorang.

    ReplyDelete
  5. Luthfannisa Afif Nabila
    18709251031
    S2 Pendidikan Matematika B 2018
    Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.
    Guru harus senantiasa melakukan perubahan dengan suatu inovasi di dalam pembelajaran demi kemajuan pendidikan. Konsistensi pembelajaran dengan model yang kurang baik harus segera ditinggalkan dan berganti dengan suatu perubahan dengan tujuan politik ke depan. Berubah itu perlu proses, tidak ujug-ujug langsung berubah begitu saja. Dalam proses perubahan tersebut, haruslah memperhatikan komponen yang tidak merugikan dan dirugikan.
    Wassalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

    ReplyDelete
  6. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Perubahan adalah sebuah kepastian, tanpa menunggu diri memutuskan untuk berubah, tiap menitnya diri selalu berubah, bahkan tiap detik pun berubah, tiap huruf demi huruf yang tertuang senantiasa membawa perubahan setidaknya perubahan dari huruf P ke huruf E R U B A H A dan N. Perubahan terjadi tidak hanya menuju satu arah, ada berbagai macam perubahan apakah perubahan itu bermanfaat, membawa perubahan, stagnan, atau bahkan membawa kepada keburukan, kesesatan dll. Perubahan juga terjadi baik secara sadar ataupun tak sadar. Namun, sebenarnya perubahan seperti apa yang diharapkan terjadi?
    Setinggi-tinggi perubahan adalah jika demikian engkau sadari bahwa perubahan itu mempunyai arah, makna positif, dan bermanfaat baik untuk dunia maupun akhirat. Hakikat manusia adalah selalu berubah, begitu pula dengan guru. Lantas mengapa guru harus berubah?
    Manusia diciptakan berbeda-beda tiap waktunya, bahkan diwaktu yang sama pun manusia tetap berbeda-beda dan terus berubah. Ilmu pengetahuan juga senantiasa berubah. Maka sudah sewajarnya guru harus senantiasa berubah, namun berubah tersebut adalah berubah yang sadar, berubah kearah yang lebih berarah, kearah yang dapat menuntun siswanya menuju arah yang lebih baik.

    ReplyDelete
  7. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Setiap manusia pasti selalu melewati fase perubahan, entah itu secara fisik yang terlihat maupun yang tidak. Syarat seseorang melakukan perubahan adalah dia harus sadar bahwa di akan atau sedang berubah, seseorang tersebut juga harus tau kemana arah dia berubah, kemudian orang yang akan melakukan perubahan juga harus mempunyai niat dan harus mengetahui alasan mengapa dia berubah, dan yang terakhir seseorang yang melakukan perubahan harus selalu menginstropeksi diri mengenai perubahan tersebut. Dan inti dari semua syarat tersebut adalah jika seseorang melakukan perubahan, maka dia harus memahami ruang dan waktunya dalam berubah.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  8. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Guru yang baik adalah guru yang menginspirasi dan yang memotivasi. Sebagai seorang guru, harus dengan sepenuh hati memberikan kontribusi yang baik untuk anak didiknya. Tidak jarang banyak uru yang mengajar demi memenuhi kebutuhan mengajarnya dan pembelajaran yang dilakukan hanya berguna untuk mentransfer ilmu pengetahuannya saja. Hal ini kurang berdampak positif karena siswa tidak akan mendalami pembelajaran dengan baik dan hanya akan belajar untuk mendapatkan nilai saja. Bukan untuk mendapatkan pengetahuan
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  9. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Guru harus mampu membawa perubahan yang baik untuk pendidikan Indonesia. Guru perlu mengembangkan profesionalitasnya agar tidak tertinggal dengan perkembangan global. Metode ceramah memang perlu tetapi masih banyak metode-metode lain yang bisa digunakan terlebih lagi dengan memanfaatkan adanya perkembangan teknologi yang ada. Guru harus bisa berinovatif lagi untuk menjunjung tinggi perkembangan pendidikan yang ada di Indonesia.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  10. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Perubahan adalah sesuatu hal yang tidak bisa dihindari oleh manusia. Waktu yang bergerak dengan pasti menunjukkan bahwa perubahan akan selalu ada. Sehingga, manusia harus mampu menyadari dan menyikapi perubahan yang terjadi. Dalam dunia pendidikan, implementasinya adalah inovasi pembelajaran, menanggapi perubahan dan tantangannya. Maka adalah penting bagi guru untuk melakukan inovasi agar pembelajaran yang terjadi di dalam kelas menjadi lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  11. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3

    Sebenar-benar kegiatan pembelajaran adalah kegiatan penelitian. Di dalam proses pembelajaran, guru melakukan observasi terhadap siswa, melakukan pengukuran kemampuan siswa dan lain sebagainya. Kegiatan tersebut akan menghasilkan hal-hal yang sudah baik atau mungkin saja perlu diperbaiki dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, dalam proses pembelajaran selalu ada perubahan.

    ReplyDelete
  12. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Berdasarkan artikel diatas, saya ingin mengomentari dari judulnya. seorang guru menggapai perubahan, menurut saya memang benar suatu perubahan itu sangat penting, karena kalau sebagai guru hanya seperti itu itu saja, maka kemungkinan siswa akan menjadi bosan. Perubahan disini tidak perlu harus berubah drastis, tetapi cukup sedikit demi sedikit, karena sedikit demi sedikit akan menjadi bukit :D . Perubahan dari pembelajaran tradisonal ke pembelajaran yang inovatif itu memang di perlukan, karena dengan adanya perubahan itu mungkin kesalahan-kesalahan di pembelajaran tradisonal kurang tepat, sehingga perlu ada perubahan ke pembelajaran yang inovatif.

    ReplyDelete
  13. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Pada artikel ini disampaikan 12 cara melakukan inovasi pembelajaran. Sangat bagus dan bervariasi, akan tetapi jika dipahami dan dilakukan satu persatu sangatlah berat. Pengoptimalan hasil pembelajaran memang menjadi problematika yang tiada hentinya dibahas. Sebenarnya semua ini dipengaruhi sumber daya manusia (pendidik dan peserta didik). Pendidikan melalui pembelajaran dilakukan untuk mendapatkan perubahan dalam diri pembelajar dengan adanya interaksi antara pendidik dan peserta didik.

    ReplyDelete
  14. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Manusia akan selalu mengalami perubahan dalam dirinya karena manusia bukan makhluk yang fana. Perubahan dapat dikategorikan dalam banyak hal yaitu perubahan sifat, bentuk, struktur, potensi, dan beberapa fakta yang ada pada diri sendiri. Jika manusia ingin berubah maka sebelumnya dia harus mengetahui dirinya sendiri. Selain itu, kita harus menyiapkan niat, mental dan motivasi karena tidak semuanya perubahan dapat diterima baik terutama oleh masyarakat sekitar. Beberapa hal yang harus ditetapkan sebelum memulai perubahan yaitu ‘arah’ perubahan yang kita nginkan. Jika sudah terlaksana dan kita menginginkan perubahan yang lebih besar maka dapat ditambahkan ‘makna’ pada sebuah perubahan itu. Perubahan yang lebih besar lagi yaitu pengaruh positif bagi diri sendiri. Yang lebih besar lagi adalah kebermanfaatan bagi orang lain. Setinggi-tinggnya perubahan yaitu perubahan yang mempunyai arah, makna positif, dan bermanfaat bagi orang lain.

    ReplyDelete
  15. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Sebagai tambahan, bahwa guru yang menginginkan sebuah perubahan dalam pengajaran dan pembelajarannya maka harus menilik kembali apa dan bagian mana yang sebenarnya ingin dilakukan sebuah perubahan. Jika guru merasa ada yang kurang dengan metode pengajarannya maka guru dapat merubahnya, dengan tujuan untuk memeprbaiki kualitas pengajarannya. Guru dapat mempelajarinya melalui video pembelajaran, textbook, pelatihan-pelatihan, diskusi, dan lain sebaginya. Saat ini lesson study menjadi salah satu cara untuk memperbaiki kualitas pembelajaran di kelas. Guru dapat bekerjasama dengan peneliti untuk mengvaluasi proses pembelajaran yang telah dilakukan. Sehingga nantinya peneliti dapat memberika masukan-masukan terhadap kekurangan-kekurangan yang perlu diperbaiki dan solusi dari permasalah tersebut. Harapan saya selanjutnya yaitu guru (begitu juga dengan saya) dapat legowo untuk memperbaiki kesalahan dan metode mengajarnya untuk tujuan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia

    ReplyDelete
  16. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Profesionalitas guru diperlukan dalam pembelajaran di kelas. Cara guru dalam mengajar memang disesuaikan dengan kondisi jaman dan kurikulum yang sedang berjalan. Pendidik tidak boleh memaksakan pengajaran yang statis dan tidak bersifat fleksibel karena hal tersebut akan menjadi kejenuhan siswa dan guru tersebut tidak mengembangkan cara mengajarnya yang akan berdampak langsung kepada siswa. perubahan yang ada sekarang beraitan dengan kurikulum adalah hal yang biasa terjadi karena sejatinya itu sesuatu berubah tanpa kita sadari. namun jika kita menyadari suatu perubahan dan mempunyai tujuan yang akan dicapaimakan tujuan itu adalah hal yang diinginkan oleh manusia untuk mengarahkan ke bagian tertentu. dengan potensi yang dimiliki oelhmanusia atau adanya daya juang manusia untuk melakukan perubahan yang lebih besar lagi berkaitan dengan makna perjalanan dlam perubahan itu sendiri adalah kekuatan yang lebih besar untuk berubah kearah tujuan yang diharapkan.

    ReplyDelete
  17. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Guru perlu melakukan perubahan untuk menjadi semakin baik dari segala aspek, baik keprofesionalan, pedagogik dan bahkan semua aspek terkait. Adapun beberapa syarat agar guru dapat melakukan perubahan yaitu Pertama, guru harus memiliki kesadaran mengenai perubahan itu sendiri. Kedua, guru harus memperbarui niat dan motivasi untuk melakukan perubahan. Ketiga, guru harus menemukan alasan untuk melakukan perubahan. Keempat guru harus mempunyai pemahaman tentang perubahan. Kelima guru harus senantiasa mencoba, berlatih, dan terbiasa melakukan perubahan, dan yang keenam guru harus selalu bercermin pada dirinya sendiri.

    ReplyDelete
  18. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Sebagai seorang guru matematika, penulis adalah pendidik yang memiliki impian menjadikan siswa sebagai generasi emas dan aset bangsa di masanya. Matematika adalah ilmu yang abstrak, lebih banyak berkutat dengan angka-angka, teori dan komputasi bilangan. Sebuah ide kreatif seorang guru sangat diperlukan untuk dapat mengubah situasi pembelajaran menjadi menarik dan efektif sekaligus mengajak siswa lebih aktif. Seorang guru merupakan inovator yang pada dasarnya dituntut untuk memiliki kemampuan dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui inovasi pembelajaran

    ReplyDelete
  19. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Hal yang harus dilakukan oleh seorang guru untuk melakukan perubahan pada cara mengajarnya yaitu bahwa seorang guru harus sadar bahwa perubahan memerlukan sebuah waktu. Untuk dapat melakukan perubahan dalam cara mengajar memelukan suatu proses. Dimana proses tersebut merupakan hasil evaluasi dari setiap pembelajaran yang kita laksanakan. Evaluasi tersebut bisa evaluasi terhadap karakteristik siswa, metode atau strategi yang digunakan dan yang lainnya.

    ReplyDelete
  20. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Menggapai perubahan merupakan suatu hal yang harus selalu guru lakukan dalam melakukan pembelajaran di kelas. Perubahan tersebut tidak lain untuk meningkatkan kualitas dari pembelajaran. Perubahan yang dilakukan seorang guru pada saat ini yaitu perubahan pembelajaran tradisional menjadi pembelajaran yang inovatif. Dimana pembelajaran inovatif tersebut diharapkan mampu memfasilitasi siswa dalam mengkonstruksi pengetahuan yang dimilikinya melalui pengalaman-pengalaman belajar yang dilaksanakan. Oleh karena itu, seorang guru dituntut untuk selalu inovatif dalam mengembangkan dan merancang proses pembelajaran yang akan dilaksanakan di dalam kelas.

    ReplyDelete
  21. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Orang buruk berubah menjadi baik, orang malas berubah mnjadi rajin, dsb merupakan contoh dari proses atau siklus perubahan sikap seseorang. Tidak harus dari buruk menjadi baik melainkan sering terjadi baik menjadi buruk yang tentu saja ada faktor-faktor yang mempengaruhinya. Bila menyambung ke arah guru dan perubahan apa yang perlu, maka guru perlu dan memang selalu untuk melakukan perubahan yang mengarah ke meningkat atau menjadi lebih baik lagi. Bisa saja dalam hal mengajar, dalam hal mengembangkan kreatifitas yang mengarah ke penelitian diri sendiri. Perubahan guru ini pastinya ada faktor yang mendasarinya yaitu salah satunya siswa yang semakin menampakkan perilaku yang menuntut guru untuk berubah. Itu salah satu bentuk guru yang harus melakukan perubahan.

    ReplyDelete
  22. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
    Suatu perubahan memiliki tujuan untuk mencapai sesuatu yang diinginkan. Sebagai seorang guru perubahan dalam pembelajaran perlu dilakukan sebagai bagian dari tahap evaluasi dalam pembelajaran, guna meningkatkan kualitas pendidikan siswa. Perubahan yang dapat dilakukan oleh seorang guru dengan merubah metode, media, strategi dalam pembelajaran. Jika hal tersebut dilakukan, terlihat bahwa guru melakukan variasi mengajar dalam proses pembelajaran sehingga siswapun tidak bosan dalam proses pembelajaran matematika. Selain itu melakukan kegiatan penelitianuntuk menemukan inovasi yang baru yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran juga sebaiknya dilakukan oleh guru.

    ReplyDelete
  23. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Setiap saat semua hal mengalami perubahan meskipun tanpa disengaja dan juga tanpa disadari. Guru yang bijak ialah guru yang mau berusaha untuk melakukan perubahan, baik melakukan perubahan paradigma pembelajaran, perubahan cara pandang, perubahan ilmu pengetahuan, dan lain sebagainya. Tentu perubahan yang dimaksud ialah perubahan untuk perbaikan, yaitu untuk benar-benar menciptakan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa. Salah satu upaya perubahan yang penting dilakukan oleh guru adalah selalu melakukan inovasi. Dalam melakukan inovasi, guru harus benar-benar memahami hal-hal yang berkaitan dengan pembelajarannya. Inovasi yang dilakukan oleh guru juga harus disesuaikan dengan dinamika perubahan siswa. Setiap inovasi yang dilakukan pun perlu dilakukan refleksi dan evaluasi agar perubahan yang dilakukan selalu lebih baik. Dengan demikian, pendidikan akan benar-benar mampu menjawab tantangan perubahan zaman.

    ReplyDelete
  24. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Berdasarkan elegi tersebut, perubahan perlu dilakukan oleh guru karena dengan perubahan dalam pembelajaran akan membuat siswa tertarik untuk mengikuti pelajaran. Perubahan pada guru dimulai dari diri sendiri bagaimana dirinya mantap untuk berubah atau tidak. Perubahan dilakuakn tidak hanya satu kali langsung jadi tetapi perlu waktu untuk menjadi perubahan yang lain bergantung dengan ruang dan waktu yang akan membuktikan diri sendiri sudah berubah atau belum.

    ReplyDelete
  25. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Melakukan perubahan tidaklah mudah karena membutuhkan syarat untuk berubah yaitu kita yang akan berubah memerlukan kesadaran diri untuk berubah ke arah mana perubahan tersebut, kita juga harus menguatkan hati untukberniat dalam diri bahwa akan melaukan perubahan, setelah niat aka nada motivasi dalam diri untuk berubah karena mempunyai tujuan untuk berubah, serta kita harus memiliki pandangan yang luas tentang perubahan tersebut dan mengulang-ulang untuk sebuah perubahan. Setelah melakukan hal tersebut, apakah perubahan tersebut berhasil atau belum perlu adanya evaluasi untuk tindakan yang telah dilakukan.

    ReplyDelete
  26. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Perubahan dalam pembelajaran juga perlu dilakukan agar tercipta inovasi pembelajaran. Inovasi dalam pembelajaran dapat dilakuakn salah satunya dengan berkomunikasi dengan referensi dan narasumber. Dengan adaya komunikasi akan ada feedback yang telah terjadi kemudian muncul sebuah ide untuk memperbaiki. Narasumberpun harus seorang yang mempunyai pengalaman di bidangnya agar tidak tersesat untuk melakukan perubahan. Karena pembelajaran yang terjadi akan dipertanggung jawabkan di akhirat nantinya.

    ReplyDelete
  27. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Dengan lesson study merupakan salah satu cara untuk melakukan inovasi pembelajaran. Lesson study yang mempunyai tujuan Bersama dalam segala perangkatnya. Selain itu, lesson studi yang mempunyai tahapan plan, do, dan see sangat dirasa cukup untuk melakukan inovasi pembelajaran. Karena ada observer yang akan memberi masukan, dan tidak sekedar masukan yang diberikan tetapi juga sebuah jalan keluar untuk memecahkan masalah yang ada dalam proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  28. Ibrohim Aji Kusuma
    18709251018
    S2 PMA 2018

    Setiap apapun yang ada dibumi mengalami perubahan baik sadar maupun tidak sadar. Selain itu, perubahan akan bermakna jika perubahan itu bermanfaat bagi yang lain. Perubahan dalam diri guru sangatlah penting dan haruslah bermakna bagi siswa agar siswa mendapatkan pembelajaran yang semakin meningkat berkualitasnya.

    ReplyDelete
  29. Ibrohim Aji Kusuma
    18709251018
    S2 PMA 2018

    Adapun syarat perubahan bagi guru adalah pertama, guru harus mempunyai kesadaran tentang perubahan itu sendiri. Kedua, guru harus memperbaharui niat dan motivasi untuk melakukan perubahan. Ketiga, guru harus menemukan alasan melakukan perubahan. Keempat, guru harus mempunyai pemahaman tentang perubahan itu. Kelima, guru harus mencoba, berlatih dan terbiasa melakukan perubahan. Keenam, guru harus selalu bercermin/mengevaluasi dirinya sendiri.

    ReplyDelete
  30. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Setiap orang dapat mengalami sebuah perubahan. Namun sebaiknya perubahan yang dilakukan adalah perubahan menjadi lebih baik. Dalam pembelajaran matematika perubahan penggunaan strategi atau pendekatan pembelajaran yang dapat membantu siswa belajar dengan menyenangkan perlu dilakukan. Perubahan sebagai wujud dari refleksi pembelajaran perlu dilakukan guru untuk memperbaiki kekurangan yang ada. terimakasih

    ReplyDelete
  31. Surya Shofiyana Sukarman
    18709251017
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Setiap manusia yang hidup di dunia ini pastinya mengalami perubahan dari waktu ke waktu, baik itu perubahan atas keinginan sendiri maupun adanya tuntutan dari orang lain. Hal itu juga dapat terjadi pada seorang guru. Seorang guru harus selalu melakukan upaya perbaikan dimasa depan, perubahan yang dilakukan misalnya dimulai dari perubahan dalam proses belajar mengajar, menciptakan pembelajaran yang kreatif, inovatif, bersifat eksplorasi.

    ReplyDelete
  32. Surya Shofiyana Sukarman
    18709251017
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Untuk melakukan perubahan ini guru harus melakukan refleksi dari kelemahan-kelemahan yang ada pada dirinya diwaktu lampau, sehingga bisa diperbaiki pada waktu yang akan datang, agar tidak terjadi kesalahan yang sama. Niat untuk merubah siswa menjadi lebih baik dan apalagi mengaplikasikan niat tersebut, juga merupakan perubahan pada seorang guru. Semoga perubahan-perubahan yang dilakukan setiap guru dengan niat ikhlas untuk kemajuan pendidikan di Indonesia mendapat ridha Alah SWT.

    ReplyDelete
  33. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Setiap manusia tidak akan pernah bisa nengetahui dirinya sendiri karena disirnya yanh sekarang akan berbeda dengan dirinya yang kemudian. Itu disebut manusia selalu berubah. Perubahan yang terjadi biaa sadar mau tidak sadar. Perubahan bagi guru itu adalah suatu kewajiban asalkan berubah pada hal yang lebih baik demi meningkatkan kualitas. Dalam elegi ini telah dijelaskan bahwa perubahan guru secara tidak sadar syaratnya yaitu jika mempunyai arah yabg lebih baik, makna positif yaitu semata-mata untuk meningkatkan kualitas,dan bermanfaat di dunia dan diakhirat karena dengan berubahnya guru dalam mengajar maka siswa akan paham sehingga ilmu yang diperolehnya akan sangat mudah diterapkan. Namun, perubahan itu juga harus diniati tulus, ikhlas dan sabar.

    ReplyDelete
  34. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Dari elegi diatas, dapat dilihat bahwa salah satu untuk melakukan inovasi pembelajaran dengan melakukan berbagai penelitian. Perubahan atau inovasi menuju ke arah yang lebih baik dapat ditempuh melalui melaksanakan penelitian. Sebagai seorang pengajar sudah sepatutnya kita melakukan berbagai penelitian, dalam usaha meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Salah satunya yang dapat dilakukan oleh guru yaitu melaksanakan PTK atau penelitian tindakan kelas. Penelitian ini sangat bermanfaat untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang biasa terjaid di dalam proses pembelajaran. Namun tentunya harus disadari bahwa dalam melakukan penelitian untuk memperbaiki permlasahan yang ada membutuhkan waktu yang tidak singkat.

    ReplyDelete
  35. Erma Zelfiana Surni
    18709251009
    S2. P.Matematika A 2018

    Assalamualaikum Wr. Wb
    Guru yang baik adalah guru yang menginspirasi dan yang memotivasi. Sebagai seorang guru, harus dengan sepenuh hati memberikan kontribusi yang baik untuk siswanya. Guru harus mampu membawa perubahan yang baik untuk pendidikan Indonesia. Guru perlu mengembangkan profesionalitasnya agar tidak tertinggal dengan perkembangan global. Maka sangat penting bagi guru untuk melakukan inovasi agar pembelajaran yang terjadi di dalam kelas menjadi lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  36. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Guru hendaknya memahami apa yang akan disampaikan di kelas. Cara yang ditempuh guru hendaknya sesuai dengan perkembangan jaman dan perkembangan kurikulum. Pendidik tidak boleh memaksakan pengajaran yang statis dan tidak bersifat fleksibel karena hal tersebut akan menjadi kejenuhan siswa dan guru tersebut tidak mengembangkan cara mengajarnya yang akan berdampak langsung kepada siswa. perubahan yang ada sekarang beraitan dengan kurikulum adalah hal yang biasa terjadi karena sejatinya itu sesuatu berubah tanpa kita sadari. namun jika kita menyadari suatu perubahan dan mempunyai tujuan yang akan dicapaimakan tujuan itu adalah hal yang diinginkan oleh manusia untuk mengarahkan ke bagian tertentu. dengan potensi yang dimiliki oelhmanusia atau adanya daya juang manusia untuk melakukan perubahan yang lebih besar lagi berkaitan dengan makna perjalanan dlam perubahan itu sendiri adalah kekuatan yang lebih besar untuk berubah kearah tujuan yang diharapkan.

    ReplyDelete
  37. M. Ikhsan Ghozali
    19701261
    PeP S3 2019

    Assalamu'alaikum wr.wb.
    "Tempora mutantur et nos mutamur in illis", waktu berubah dan kita ikut berubah di dalamnya. Ujaran dari bahasa Latin ini menegaskan bahwa manusia mesti terus bergerak, berubah, menjadi lebih baik, sebab jika tidak, ia akan tergerus oleh perubahan itu (kemajuan). Begitupun dalam dunia pendidikan, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang demikian pesat, menuntut adanya kesiaan untuk berubah dan berkembang mengikutinya, termasuk guru. Di era global saat ini, dituntut adanya kemampuan beradaptasi terhadap kemajuan iptek dan kemampuan mengembangkan diri untuk berinovasi, serta memanfaatkannya bagi khalayak. Untuk pengembangan diri, ada banyak usaha yang bisa dilakukan oleh guru, sebagaimana telah diuraikan dalam elegi di atas. Semoga Kita diberikan rahmat, hidayah, dan lindungan-Nya.
    Demikian yang bisa saya sampaikan. Moon maaf dan terima kasih.
    Wassalamu'alaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  38. Ngaenun Nangim
    19709251058
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Sejatinya, dalam kehidupan ini, perubahan pasti selalu ada. Namun, ada yang melakukan perubahan ke arah positif, ada juga yang ke arah negatif. Perubahan ke arah postif merupakan suatu kemajuan. Perubahan ke arah negatif merupakan suatu kemunduran. Relevansi perubahan dengan dunia pendidikan adalah bahwa pendidikanpun pasti berubah mengikuti ruang dan waktunya. Berkaca pada tuntutan zaman, maka sepatutnya pendidikan Indonesia mengambil ancang-ancang untuk merubah paradigma pembelajaran ke arah student center. Imbas nya adalah pembelajaran yang dihasilkan tidak lagi pembelajaran tradisional tetapi sudah merambah pada pembelajaran inovatif.

    ReplyDelete
  39. Ahmad Syajili
    19709251066
    S2 PM D 2019

    Assalamualaikum Wr.Wb

    Setiap orang senantiasa melakukan dan mengalami perubahan, baik itu yang disadari maupun yang tidak disadari, direncanakan maupun yang tidak direncanakan. Perubahan ini terjadi dengan sendirinya karena memang manusia itu terikat dengan ruang dan waktu yang selalu berubah. Tidak terkecuali bagi seorang guru, ia juga selalu mengalami perubahan. Perubahan dalam cara mengajar serta dalam pelaksanaan inovasi pembelajaran. Dalam setiap perubahan, yang musti diingat adalah perubahan yang kita lakukan hendaklah perubahan yang mempunyai arah, makna positif dan bermanfaat baik itu untuk dunia maupun akhirat.

    ReplyDelete
  40. Rifki Rinaldo
    S2 Pendidikan Matematika D 2019
    19709251070

    Hakekat atau makna dari perubahan adalah kesadaran akan ruang dan waktu, arah, potensi dan fakta.Dan setinggi-tingginya perubahan adalah jika kita sadari bahwa perubahan itu mempunyai arah, makna positif, dan bermanfaat baik untuk dunia maupun akherat.

    ReplyDelete
  41. Rifki Rinaldo
    S2 Pendidikan Matematika D 2019
    19709251070

    Untuk dapat melakukan perubahan maka orang harus mempunyai kesadaran tentang perubahan tersebut, mempunyai niat dan kesadaran untuk melakukan perubahan, menemukan alasan untuk melakukan perubahan, paham tentang perubahan, harus mencoba berlatih dan terbiasa melakukan perunahan, dan bercermin pada diri sendiri.

    ReplyDelete