tag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post9064655071370181610..comments2023-12-05T12:14:52.538+07:00Comments on Philosophy, Psychology, Spiritual, Math Education, Lesson Study, Indonesia: Prof Dr Marsigit MA : Teori Marsigit tentang Bagaimana Membangun Pengetahuan dan Ilmu PengetahuanMarsigithttp://www.blogger.com/profile/00400957216266693823noreply@blogger.comBlogger54125tag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-2249741218010610492020-01-01T23:43:58.265+07:002020-01-01T23:43:58.265+07:00Syaiful Syamsuddin
19701261002
PEP S3 2019
Assala...Syaiful Syamsuddin<br />19701261002<br />PEP S3 2019<br /><br />Assalamu alaikum wr.wb. Terima kasih banyak prof atas teori yang prof berikan. <br />Membangun pengetahuan dapat dimulai dari yang ada dan yang tidak ada. Dari yang ada muncullah dua hal yang penting yaitu subjek dan objek. Selanjutnya dari mungkin yang dan tidak ada yang sedang dipikirkan atau sedang diperhatikan sifat-sifatnya, SYAIFUL SYAMSUDDINhttps://www.blogger.com/profile/11259045528809876643noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-87340385161854413542019-12-28T20:15:34.016+07:002019-12-28T20:15:34.016+07:00Wiwin Mistiani
PEP S3 2019
Terimakasih Prof Atas...Wiwin Mistiani<br />PEP S3 2019 <br />Terimakasih Prof Atas Shering Ilmunya. Dengan Membaca tulisan prof saya semakin menyukai filsafaf, yang sebelumnya saya kurang menyukainya. Prof penyajian Materi Filsafat dengan cara yang unik dan bahasa lugas sehingga memudahkan kami untuk memahaminya. dari Uraian diatas saya memahami jika membangun pengetahuan dapat dilakukan dengan mengidentifikasi Wiwin Mistianihttps://www.blogger.com/profile/12963486493214256194noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-14237843438246303032019-12-26T21:18:00.559+07:002019-12-26T21:18:00.559+07:00Latifa Krisna Ayu
19709251060
S2 Pendidikan Matema...Latifa Krisna Ayu<br />19709251060<br />S2 Pendidikan Matematika D<br /><br />Jujur, banyak waktu yang saya butuhkan untuk memahami tulisab Prof. Marsigit dia atas. Hal yang paling menarik bagi saya adalah tentang bagaimana pembelajaran matematika pada individu dewasa berbeda dengan pembelajaran matematika pada anak kecil. Pada individu dewasa, pembelajaran matematika merupakan proses berpikir Latifa Krisnahttps://www.blogger.com/profile/03184693311475046710noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-1100193369683987282019-12-26T15:04:30.408+07:002019-12-26T15:04:30.408+07:00Vera Yuli Erviana
NIM 19706261005
S3 Pendidikan Da...Vera Yuli Erviana<br />NIM 19706261005<br />S3 Pendidikan Dasar 2019<br /><br />Assalamu’alaikum Wr. Wb.<br />Sebelumnya, terimakasih banyak untuk berbagai referensi bagaimana membangun pegetahuan dan ilmu pengetahuan, sebab teori yang telah dipaparkan sebelumnya memang belum pernah ditemukan di berbagai referensi buku yang banyak dijumpai, dan menjadi sumber acuan utama untuk menambah wawasan Vera Yuli Ervianahttps://www.blogger.com/profile/09801624142562571897noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-74298794801223838472019-12-26T09:00:26.615+07:002019-12-26T09:00:26.615+07:00Alfiana Dewi
19701251005
S2 PEP A 2019
Bismillah,...Alfiana Dewi<br />19701251005<br />S2 PEP A 2019<br /><br />Bismillah, dalam pembukaan artikel sudah disuguhi dengan kata bagimana/bangunlah, dari sini kita sudah harus berpikir apa upaya atau usaha kita untuk melakukan sesuatu tindakan atau perubahan menjadi lebih baik atau bagaimana membangun pengetahuan dan ilmu pengetahuan.Dan melalui filsafat ini kita membentuk suatu kegiatan olah pikir yangMARSIGIT PHILOSOPHY 2019 ALFIANA DEWIhttps://www.blogger.com/profile/14648902102133518437noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-55974113770718000492019-12-24T18:18:23.363+07:002019-12-24T18:18:23.363+07:00Sri Ningsih
19709251064
S2 Pendidikan Matematika ...Sri Ningsih <br />19709251064<br />S2 Pendidikan Matematika kelas D<br /><br />Saya tertarik dengan kalimat “Jadi pada setiap kegiatan memeroleh Pengetahuan dari Pengalaman, selalu terjadi proses pengenalan, menghasilkan, dan pengembangan.” Dari kalimat ini mengindikasikan bahwa belajar dari pengalaman akan terjadi proses pengenalan, menghasilkan dan pengembangan. <br />Sri Ningsihhttps://www.blogger.com/profile/02896347110502401197noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-34027406715847377072019-12-23T15:50:42.433+07:002019-12-23T15:50:42.433+07:00Rona Happy Mumpuni
19709251059
S2 Pendidikan Matem...Rona Happy Mumpuni<br />19709251059<br />S2 Pendidikan Matematika D<br /><br />Saya sangat setuju dengan pernyataan Immanuel Kant tentang Pengetahuan Konseptual dapat berupa Pengetahuan Murni dan Pengetahuan Empiris. Ketika seorang anak kecil mendapatkan pengalaman baru dari aktivitas-aktivitas yang dia lalui setiap harinya, ia akan mendapatkan pengetahuan konseptual sekalipun ia belum bersekolahRona Happy Mumpunihttps://www.blogger.com/profile/10166402912873148094noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-46077286946255419002019-12-19T18:55:14.028+07:002019-12-19T18:55:14.028+07:00Rifki Rinaldo
19709251070
S2 Pendidikan Matematika...Rifki Rinaldo<br />19709251070<br />S2 Pendidikan Matematika D 2019<br /><br />Pada bagian III, saya tertarik dengan pembahasan bahwa sebenar-benar ilmu menggunakan rasio tapi tidak menggunakan pengalaman sedangkan sebaliknya menggunakan pengalaman tapi tidak menggunakan rasio. Dalam pembahasannya disebutkan bahwa masing-masing paham mempunyai kelebihan dan kekurangannya. Oleh sebab itu, Rifki Rinaldohttps://www.blogger.com/profile/01429357594401288965noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-41447313343278083652019-12-18T03:50:41.185+07:002019-12-18T03:50:41.185+07:00Fitria Restu Astuti
19709251069
S-2 Pendidikan Mat...Fitria Restu Astuti<br />19709251069<br />S-2 Pendidikan Matematika D 2019<br /><br />Pada setiap kegiatan memeroleh Pengetahuan dari Pengalaman, selalu terjadi proses pengenalan, menghasilkan, dan pengembangan. Disampaiakan oleh Prof. Marsigit, hal ini selaras dengan ontologi umum tentang Ada (dapat secara sepintas dikatakan sebagai kenal), Mengada (dapat dimaknai sebagai proses menghasilkan) Fitria Restu Astutihttps://www.blogger.com/profile/02808481214399412761noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-32947576745906200742019-12-16T23:13:24.132+07:002019-12-16T23:13:24.132+07:00Annisa Nur Arifah
18709251058
S2 Pendidikan Matema...Annisa Nur Arifah<br />18709251058<br />S2 Pendidikan Matematika C 2018<br /><br />Filsafat ilmu menjadi dasar dalam memahami esensi dari rasa ingin tahu manusia dan kebenaran. Rasa ingin tahu yang ada pada manusia menjadikan manusia memiliki pengetahuan. Menurut KBBI pengetahuan adalah segala sesuatu yang diketahui; segala sesuatu yang diketahui berkenaan dengan hal (mata pelajaran). Sedangkan Annisa Nur Arifahhttps://www.blogger.com/profile/05478185678213308619noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-86251964060457257512019-12-16T13:04:46.840+07:002019-12-16T13:04:46.840+07:00Choirul Amri
(19709251078 S2 Pendidikan Matematika...Choirul Amri<br />(19709251078 S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2019)<br /><br />Bismillah, terimakasih sebelumnya bapak atas ilmu yang diberikan, setelah membaca tulisan bapak diatas saya mengerti bahwa membangun pengetahuan dan ilmu pengetahuan itu dalam proses belajar memberikan kesempatan kepada siapapun untuk dapat mengemukakan gagasan yang lahir dari pikirannya sendiri, dengan bahasa Choirul Amrihttps://www.blogger.com/profile/04516221656193302026noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-44989028537551823612019-12-12T14:10:40.696+07:002019-12-12T14:10:40.696+07:00Jewish Van Septriwanto
S2 Pendidikan Matematika D ...Jewish Van Septriwanto<br />S2 Pendidikan Matematika D 2019<br />19709251077<br />terimkasih Bapak Prof Marsigit.<br />Yang dapat saya pahami dari tulisan ini adalah objek yang diperdalam atau dikaji dalam filsafat adalah objek yang ada dan mungin ada. Dalam hal mungkin ada, saya menafsirkannya sebagai objek yang ada di dalam pikiran. Masih mungkin ada, ataupun objek yang belum ada di pikiran( Jewish Van Septriwantohttps://www.blogger.com/profile/08626323898028358186noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-71549633671996252982019-12-12T04:16:25.529+07:002019-12-12T04:16:25.529+07:00Lovie Adikayanti
19709251068
S2 Pendidikan Matemat...Lovie Adikayanti<br />19709251068<br />S2 Pendidikan Matematika D<br /><br />Assalamualaikum wr.wb <br />Belajar filsafat dimulai dari yang ada dan yang mungkin ada.<br />Dari yang ada masih juga memungkinkan untuk muncul hal-hal yang mungkin ada.<br />Dari hal-hal tersebut muncul Identitas dan Kontradiksi. Pada dasarnya identitas hanya ada dalam pikir kita. Aku adalah aku, kamu adalah kamu, dia Lovie adikayantihttps://www.blogger.com/profile/00102724966877944211noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-25880822792168293472019-12-12T04:15:50.190+07:002019-12-12T04:15:50.190+07:00Novi Indriyani Kones
19701251002
S2 PEP A 2019
Ass...Novi Indriyani Kones<br />19701251002<br />S2 PEP A 2019<br />Assalamualaikum wr.wb<br /><br />Bagian VI artikel ini menjelaskan perkembangan pikiran manusia dari pikiran berdasarkan pengalaman dimana Prof menyebutnya sebagai pengetahuan konseptual. Pengetahuan konseptual ini biasanya dialami oleh anak-anak, jika dalam matematika dapat dikatakan pengetahuan matematika murni. Semakin dewasa maka Novi Indriyani Koneshttps://www.blogger.com/profile/00564537131063599336noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-70531986419275728222019-12-10T09:34:33.005+07:002019-12-10T09:34:33.005+07:00Novi Indriyani Kones
19701251002
S2 PEP A 2019
Ass...Novi Indriyani Kones<br />19701251002<br />S2 PEP A 2019<br />Assalamualaikum wr.wb<br /><br />Bagian V artikel ini menjelaskan bagaimana pengalaman dapat menjadikan sebuah pengetahuan?. Saya setuju dengan peryataan Prof yang menyatakan kita memperoleh Pengalaman juga dengan Pengalaman, dan menghasilkan Pengalaman juga dengan Pengalaman sehingga pengalaman menurut saya tidak menghasilkan Novi Indriyani Koneshttps://www.blogger.com/profile/00564537131063599336noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-51149112518513139502019-12-10T09:21:05.285+07:002019-12-10T09:21:05.285+07:00Novi Indriyani Kones
19701251002
S2 PEP A 2019
Ass...Novi Indriyani Kones<br />19701251002<br />S2 PEP A 2019<br />Assalamualaikum wr.wb<br /><br />Bagian IV artikel ini saya menangkap satu pembelajaran mengenai metode dalam penyampaian matematika untuk anak kecil dan dewasa. Berdasarkan pemaparan pada artikel ini matematika disampaikan kepada anak dengan sintetik a posteori artinya penyampaian matematika melibatkan pikiran luar dari anak dengan Novi Indriyani Koneshttps://www.blogger.com/profile/00564537131063599336noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-39040956425862124382019-12-09T11:26:31.273+07:002019-12-09T11:26:31.273+07:00Novi Indriyani Kones
19701251002
S2 PEP A 2019
Ass...Novi Indriyani Kones<br />19701251002<br />S2 PEP A 2019<br />Assalamualaikum wr.wb<br /><br />Bagian III artikel ini yang menarik adalah pernyataan Immanuel Kant yang menyatakan bahwa sebenar-benarnya pikira adalah rasionalisme dan empirisisme sehingga kita dapat menggabungkan antara rasio atau logika dengan pengalaman. karena ketika kita melakukan suatu hal maka kita akan memikirkan logika yangNovi Indriyani Koneshttps://www.blogger.com/profile/00564537131063599336noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-71468570446382187262019-12-09T11:15:10.400+07:002019-12-09T11:15:10.400+07:00Novi Indriyani Kones
19701251002
S2 PEP A 2019
Ass...Novi Indriyani Kones<br />19701251002<br />S2 PEP A 2019<br />Assalamualaikum wr.wb<br /><br />Objek pikiran itu yang ada dan yang mungkin ada. Pikiran itu ada yang berasal dari dalam pikir kita ada juga yang berasal dari luar pikir kita. Pikiran yang dari dalam pikir kita menghasilkan kegiatan-kegiatan yang idealis tetapi pikiran yang dari luar pikir kita menghasilkan kegiatan-kegiatan yang Novi Indriyani Koneshttps://www.blogger.com/profile/00564537131063599336noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-8334503478809620572019-12-09T11:12:05.489+07:002019-12-09T11:12:05.489+07:00This comment has been removed by the author.Novi Indriyani Koneshttps://www.blogger.com/profile/00564537131063599336noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-78996012715737954202019-12-08T20:52:01.601+07:002019-12-08T20:52:01.601+07:00Dea Armelia
19709251072
S2 Pendidikan Matematika D...Dea Armelia<br />19709251072<br />S2 Pendidikan Matematika D 2019<br /><br />selanjutnya Objek yang sering disebut sebagai realitas atau kenyataan (the reality), yang mana Realita yang tampak maupun yang tak tampak dan mempelajari baik secara fragmental (menurut bagian-bagian dan jenis-jenisnya) maupun secara integral (menurut keterkaitan antara bagian-bagian dan jenis-jenis itu dalam suatu Dea Armeliahttps://www.blogger.com/profile/08589086882764927348noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-16952578302821681912019-12-08T20:44:18.048+07:002019-12-08T20:44:18.048+07:00Dea Armelia
19709251072
S2 Pendidikan Matematika ...Dea Armelia <br />19709251072<br />S2 Pendidikan Matematika D 2019<br /><br />Berbicara tentang objek filsafat, pada Bagian II di artikel ini dijelaskan bahwa Objek filsafat yang berada di dalam pikiran berupa konsep, dimana komponen utama dari sebuah konsep adalah Forma/Wadah/Bentuk dan Sustansi/Isi. <br />Oleh karena itu, dari kutipan di atas saya mencoba memberikan tambahan dari referensi yangDea Armeliahttps://www.blogger.com/profile/08589086882764927348noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-90066374639162980582019-12-04T10:49:13.498+07:002019-12-04T10:49:13.498+07:00Novi Indriyani Kones
19701251002
S2 PEP A 2019
Ass...Novi Indriyani Kones<br />19701251002<br />S2 PEP A 2019<br />Assalamualaikum wr.wb<br /><br />Pada bagian I artikel ini membahas asal mula ilmu pengetahuan dan pengetahuan dari yang ada dan yang mungkin ada. Ada dan yang mungkin ada itu memiliki sifatnya masing-masing berupa subjek dan objek filsafat. Sebenar-benarnya ilmu adalah yang berasal dari pikiran sendiri sehingga dimanapun kapanpun ilmuNovi Indriyani Koneshttps://www.blogger.com/profile/00564537131063599336noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-18340370442847931052019-10-29T23:55:32.462+07:002019-10-29T23:55:32.462+07:00sintha fardu anggraeni
19709251071
S2 pendidikan m...sintha fardu anggraeni<br />19709251071<br />S2 pendidikan matematika /D<br /><br />terimkasih Bapak Prof Marsigit.<br />pembangun pengetahuan atau ilmu pengetahuan secara filsafat dapat dilakukan dengan cara mengidentifikasi sifat meliputi, yang ada dan yang mungkin ada sedangkan identifikasi dari sifat sifat yang ada dan yang mungkin adajuga ditinjau secara filosofi. jika obyek pikir ada dalam MARSIGIT SINTHA FARDU ANGGRAENIhttps://www.blogger.com/profile/07557930204613910527noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-88613814629362795382019-09-20T13:35:43.440+07:002019-09-20T13:35:43.440+07:00Ainun Mahfuzah
19706261011
S3 Pendidikan Dasar 201...Ainun Mahfuzah<br />19706261011<br />S3 Pendidikan Dasar 2019<br />Assalamualaikum, wr.wb?<br /> Menurut hemat saya, dalam memahami filsafat Prof Marsgit telah berulang kali menjelaskan di kelas dan dalam tulisan” beliau yang terdiri dari beberapa bagian yang telah saya ringkas bahwa penting memahami yang ada dan yang mungkin ada, ada objek filsafat yang berada di dalam pikiran dan di luar Ainun Mahfuzahhttps://www.blogger.com/profile/03016526775591021520noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-74117156150216378712019-09-08T14:24:34.168+07:002019-09-08T14:24:34.168+07:00M. Ikhsan Ghozali
19701261003
PEP S3
Assalamu'...M. Ikhsan Ghozali<br />19701261003<br />PEP S3<br /><br />Assalamu'alaikum wr.wb.<br />Filsafat terkai dengan hal pikir. Manusia bisa melakukan hal pikir ini secara berproses, dari belum tahu menuju tahu, dari tahu sedikit menuju tahu banyak, dari tahu yang belum tentu benar menuju tahu yang benar. Melalui proses inilah, baik oleh satu individu maupun individu-individu lain, terbentuk eM. Ikhsan Ghohttps://www.blogger.com/profile/01097346171815044107noreply@blogger.com