tag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post8621673381419663447..comments2023-12-05T12:14:52.538+07:00Comments on Philosophy, Psychology, Spiritual, Math Education, Lesson Study, Indonesia: Prof Dr Marsigit MA : Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 21: Mengapa 3+4=7 kontradiktif? (Bagian Kesatu)Marsigithttp://www.blogger.com/profile/00400957216266693823noreply@blogger.comBlogger29125tag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-84826459925829963082019-12-23T21:39:22.553+07:002019-12-23T21:39:22.553+07:00Ahmad Syajili
19709251066
S2 PM D 2019
Assalamual...Ahmad Syajili<br />19709251066<br />S2 PM D 2019<br /><br />Assalamualaikum wr.wb<br /><br />Terima kasih Pak Prof. atas postingan ini. Dari elegi ini saya memahami kenapa 3+4=7 dikatakan kontradiktif. Seperti penjelasan diatas bahwa matematika bagi para Logist-Formalist-Foundationalist adalah dunia yang terbebas dari ruang dan waktu. Sedangkan jika kita mengajarkan matematika kepada anak-anak Ahmad syajilihttps://www.blogger.com/profile/06090833089732083612noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-54668560963641749512019-12-14T22:57:54.403+07:002019-12-14T22:57:54.403+07:00Mira Amalia Yudhanti
19701251014
S2 PEP A 2019
Da...Mira Amalia Yudhanti<br />19701251014<br />S2 PEP A 2019<br /><br />Dalam dunia pendidikan khususnya pada pembelajaran matematika di sekolah guru maupun calon guru harus mampu menghadapi dunia anak terutama dunia yang terikat oleh ruang dan waktu. Misalnya guru membutuhkan keterangan tambahan agar 3+4=7 merupakan jawaban benar dan siswa mampu memahaminya dengan baik. Untuk menjelaskan kepada Mira Amalia Yhttps://www.blogger.com/profile/14737850765119281020noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-83077660184549005052019-01-09T19:12:27.249+07:002019-01-09T19:12:27.249+07:00Diana Prastiwi
18709251004
S2 P. Mat A 2018
Perse...Diana Prastiwi<br />18709251004<br />S2 P. Mat A 2018<br /><br />Persepsi matematika bagi anak sangat penting. Dalam mengajarkan pembelajaran matematika kita harus memahami subjek yang akan diajarkan, apabila subjek tersebut adalah Dunia Anak-anak SD dan SMP itu adalah Dunia yang terikat dengan Ruang dan Waktu. Sebagai seorang pendidik harus dapat menyesuaikan dengan ruang dan waktunya dalam Dianahttps://www.blogger.com/profile/17483040393210978190noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-58013344829426837062019-01-08T02:32:13.836+07:002019-01-08T02:32:13.836+07:00Erma Zelfiana Surni
18709251009
S2. P.Matematika A...Erma Zelfiana Surni<br />18709251009<br />S2. P.Matematika A 2018<br /><br />Assalamualaikum Wr. Wb<br />Untuk 3+4=7 tidak berlaku pada semua ruang dan waktu. Pernyataan tersebut bersifat absolutely true hanya untuk dunia yang terbebas oleh ruang dan waktu. Dunia anak-anak adalah dunia yang terikat oleh ruang dan waktu. Kebenaran diatas harus disertai dengan keterangannya sehingga perlu adanya Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/12454384051884601848noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-17817981960768681992019-01-08T00:26:44.581+07:002019-01-08T00:26:44.581+07:00Kartianom
18701261001
S3 PEP 2018
Sebagai seorang...Kartianom<br />18701261001<br />S3 PEP 2018<br /><br />Sebagai seorang pendidik perlu disadari bahwa dunia siswa SD, SMP adalah dunia yang terikat ruang dan waktu. Kita tidak bisa hanya mengandalkan paham Pure Mathematic yang tidak memandang adanya ruang dan waktu. Itulah tugas kita sebagai seorang pendidik untuk memberikan pembelajaran yang dapat memasuki dunia siswa itu sendiri.KARTIANOMhttps://www.blogger.com/profile/02454845429616706705noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-90393844522251733082019-01-01T16:28:06.378+07:002019-01-01T16:28:06.378+07:00Surya Shofiyana Sukarman
18709251017
S2 Pendidika...Surya Shofiyana Sukarman <br />18709251017<br />S2 Pendidikan Matematika A 2018<br /><br />Segala sesuatu yang ada di dunia semuanya terikat oleh ruang dan waktu, begitu pula dengan ilmu. Dunia Anak-anak SD dan SMP itu adalah Dunia yang terikat dengan Ruang dan Waktu .Oleh karena itu jika kita mengatakan 3+4=7 sebagai benar begitu saja tanpa keterangan apapun, maka kita telah bersifat manipulatifAnonymoushttps://www.blogger.com/profile/10803086663974514229noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-46763698420378979182018-12-31T00:20:47.998+07:002018-12-31T00:20:47.998+07:00Nur Afni
18709251027
S2 Pendidikan Matematika B 20...Nur Afni<br />18709251027<br />S2 Pendidikan Matematika B 2018<br /> <br />Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.<br />Elegi ini membuat kami harus memahami bahwa Anak-anak SD dan SMP itu adalah Dunia yang terikat dengan Ruang dan Waktu. Oleh karena itu jika kita mengatakan 3+4=7 sebagai benar begitu saja tanpa keterangan apapun, maka kita telah bersifat MANIPULATIF. Buktinya saya tidak Nur Afni Yusrinhttps://www.blogger.com/profile/15105792521758487552noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-85166562954273125992018-12-28T22:39:54.525+07:002018-12-28T22:39:54.525+07:00Fabri Hidayatullah
18709251028
S2 Pendidikan Matem...Fabri Hidayatullah<br />18709251028<br />S2 Pendidikan Matematika B 2018<br /><br />Dunia Anak-anak sekolah adalah dunia yang terikat dengan ruang dan waktu. Sementara matematika murni pada prinsipnya ialah bersifat identitas, terbebas dari ruang dan waktu. Maka tidaklah tepat jika kita membelajarkan matematika murni tanpa memberikan bantuan jembatan bagi mereka agar dapat mencapai keabstrakan fabrihttps://www.blogger.com/profile/03496361897749715407noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-59620138225414406392018-12-26T09:27:35.914+07:002018-12-26T09:27:35.914+07:00Amalia Nur Rachman
18709251042
S2 Pendidikan Matem...Amalia Nur Rachman<br />18709251042<br />S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018<br /><br />Dalam permasalahan seperti di atas rasanya tidak membekali calon guru terkait hal ini. Hal ini bergantung pada pendalaman dan pemahaman masing-masing guru mengenai kebebasan ruang dan waktu. Dunia anak-anak SD dan SMP adalah dunia yang terikat ruang dan waktu, penting bagi guru untuk tidak bersifat manipulatifAnonymoushttps://www.blogger.com/profile/14084511649584158372noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-56051046123466887392018-12-25T23:49:11.291+07:002018-12-25T23:49:11.291+07:00Rosi Anista
18709251040
S2 Pendidikan Matematika B...Rosi Anista<br />18709251040<br />S2 Pendidikan Matematika B<br /><br />Assalamualaikum wr wb<br />3+4 = 7 dikatakan kontradiktif karena bergantung pada unsur-unsur, aturan-aturan matematika namun juga terbebas ruang dan waktu. Namun jika kita mengaitkan keterkaitan dengan ruang dan waktu maka belum tentu bahwa 3+4=7. Terkait dengan pembahasan matematika kontradiktif atau tidak juga bergantung Rosi Anistahttps://www.blogger.com/profile/08762797426722719629noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-74809135553021721342018-12-25T21:05:57.926+07:002018-12-25T21:05:57.926+07:00Diana Prastiwi
187009251004
S2 P. Mat A 2018
Seba...Diana Prastiwi<br />187009251004<br />S2 P. Mat A 2018<br /><br />Sebagai seorang pendidik harus dapat menyesuaikan dengan ruang dan waktunya dalam menyampaikan materi matematika agar siswa tidak mengalami kebingungan dalam memahami materi yang diajarkan. karena dalam pembelajaran di SD siswa masih bersifat sebagai pembelajaryang dapat belajar dalam bentu real dan bisa dibayangkan. Penyempaian Dianahttps://www.blogger.com/profile/17483040393210978190noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-37203223436864267132018-12-24T20:06:44.140+07:002018-12-24T20:06:44.140+07:00Atin Argianti
18709251001
PPs PM A 2018
Matematika...Atin Argianti<br />18709251001<br />PPs PM A 2018<br />Matematika yang menggunakan Bahasa symbol atau symbol tersebut sudah terekam pada pikiran kita. Bahwa bagaimana 3, 4,7, +, = sudah ada di dalam pikiran kita. Jika dioperasikan 3+4=7 juga terdapat pada pikiran, namun jika diterapkan dalam kehidupan sama seperti 3 buku + 4 buku = 7 buku. Hal tersebut menggambarkan bahwa matematika konsisten, Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/07003093211534845075noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-20803292577785865672018-12-24T01:15:28.413+07:002018-12-24T01:15:28.413+07:00Septia Ayu Pratiwi
18709251029
S2 Pendidikan Mate...Septia Ayu Pratiwi <br />18709251029<br />S2 Pendidikan Matematika 2018<br /><br />Dalam artikel diatas dijelaskan bahwa 3 + 4 = 7 berlaku hukum kontadiktif. Operasi bilangan tersebut bersifat manipulative. Contohnya 3 buku + 4 pensil tidak sama dengan 7 buku. Guru harus mampu menjelaskan konsep ini sehingga siswa tidak bingung ketika dihadapkan dengan soal yang serupa atau bahkan berbeda. Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/08203432380887905199noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-37906593886284840442018-12-23T22:15:13.235+07:002018-12-23T22:15:13.235+07:00Anggoro Yugo Pamungkas
18709251026
S2 Pend.Matemat...Anggoro Yugo Pamungkas<br />18709251026<br />S2 Pend.Matematika B 2018<br /><br />Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.<br />Berdasarkan artikel diatas, memang benar bahwa 3+4=7 tidak berlaku untuk semua Ruang dan Waktu. Karena dalam kenyataan itu bisa menjadi tidak sama dengan. Misal 3 apel ditambah 4 jeruk maka 3 di tambah 4 tidak sama dengan 7. Memang kita dalam menerang suatu konsep Anggoro Yugo Pamungkashttps://www.blogger.com/profile/16992614964855161232noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-60104676046690041312018-12-23T16:34:44.541+07:002018-12-23T16:34:44.541+07:00Sintha Sih Dewanti
18701261013
PPs S3 PEP UNY
Pad...Sintha Sih Dewanti<br />18701261013<br />PPs S3 PEP UNY<br /><br />Pada artikel ini dituliskan “Buktinya saya tidak dapat mengatakan bahwa 3pensil + 4buku = 7buku”. 3pensil dan 4buku tidak bisa dijumlahkan. Karena dalam matematika, operasi hitung penjumlahan suku aljabar dilakukan dengan cara menjumlahkan koefisien antara suku-suku yang sejenis. Artinya penjumlahan 3pensil dan 4buku tidak sesuai Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/01601728478598500956noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-28798563168827870602018-12-20T15:53:33.268+07:002018-12-20T15:53:33.268+07:00Bayuk Nusantara Kr.J.T
18701261006
PEP S3
Saya se...Bayuk Nusantara Kr.J.T<br />18701261006<br />PEP S3<br /><br />Saya sepakat bahwa terkadang kita, sebagai seorang guru sulit untuk menjelaskan suatu kejadian dengan bahasa siswa. Artinya, terkadang kita hanya menjelaskan materi tanpa memperhatikan bahasa siswa. Bahasa siswa SD dengan bahasa siswa SMA bisa saja berbeda. Siswa SD lebih cenderung pada hal-hal konkrit. Oleh karena itu, ketika kita Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/17573725456345431089noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-26936775742277986972018-12-16T21:56:40.247+07:002018-12-16T21:56:40.247+07:00Herlingga Putuwita Nanmumpuni
18709251033
S2 Pend...Herlingga Putuwita Nanmumpuni <br />18709251033<br />S2 Pendidikan Matematika B 2018<br /><br /><br />Dunia Anak-anak SD dan SMP itu adalah dunia yang terikat dengan Ruang dan Waktu. Oleh karena itu jika kita mengatakan 3+4=7 sebagai benar begitu saja tanpa keterangan apapun, maka kita telah bersifat MANIPULATIF. Buktinya saya tidak dapat mengatakan bahwa 3pensil + 4buku = 7buku. Guru mampu Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/12385734455895341243noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-2107311718051844462018-12-15T14:21:37.349+07:002018-12-15T14:21:37.349+07:00Agnes Teresa Panjaitan
S2 Pendidikan Matematika A...Agnes Teresa Panjaitan <br />S2 Pendidikan Matematika A 2018<br />18709251013<br /><br />Ketika kita ingin menjumlahkan 3+4 dengan hasil sama dengan 7 adalah sesuatu yang bwrhubungan dengan ruang dan waktu. Dan adalah penting untuk membelajarkan dan memberi konsep pada siswa terkait hal ini. Dalam matematika ketika 3+4 tidak sama dengan tujuh, konsep ini pun dimasukkan kedalam pertidaksamaan Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/11925957528088907246noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-80403531489208086622018-12-15T13:53:13.372+07:002018-12-15T13:53:13.372+07:00Rindang Maaris Aadzaar
18709251024
S2 Pendidikan M...Rindang Maaris Aadzaar<br />18709251024<br />S2 Pendidikan Matematika 2018<br /><br />Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh<br />Benar sekali. Seperti 3+4=7 tidak selamanya benar karena bisa saja kontradiktif. Hal tersebut tergantung dengan ruang dan waktu yang mengikatnya. Seseorang yang hanya memahami matematika secara sebagian saja akan memiliki sifat manipulatif seperti kaum Rindang Maaris Aadzaarhttps://www.blogger.com/profile/11464554867301434565noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-66838242939973420082018-12-12T18:33:16.363+07:002018-12-12T18:33:16.363+07:00Eka Puspita Sari
18709251035
S2 PM B 2018
3+4=7...Eka Puspita Sari <br />18709251035 <br />S2 PM B 2018<br /><br />3+4=7 memang benar jika tanpa ruang dan waktu, tanpa prasyarat dan aturan yang mengikutinya. Namun berbeda kasus jika 3 dann 4 nya memiliki makna yang tak bebas dari ruang dan waktu, misalnya 3 buku dan 4 pulpen seperti yang Bapak contohkan maka kita tidak dapat mengatakan hasilnya adalah 7 karena buku dan pulpen bukan dari jenis Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/12400937265878919221noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-61133002135111250702018-12-12T14:33:57.538+07:002018-12-12T14:33:57.538+07:00Janu Arlinwibowo
18701261012
PEP 2018
Dalam menga...Janu Arlinwibowo<br />18701261012<br />PEP 2018<br /><br />Dalam mengajarkan konsep matematis memang seringkali ditemukan adanya reduksi, sering ditemukan bahwa simbol abstrak berupa angka tidak diiringin dengan satuan sehingga siswa menjadi operasi bilangan abstrak. Padahal untuk dasar ini kurang baik sehingga siswa sering kebingungan dengan penyimbolan atribut angka, misal x dan y itu diganti gJanu Arlinwibowohttps://www.blogger.com/profile/06413979938601416925noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-84942973905800546982018-12-12T14:29:21.570+07:002018-12-12T14:29:21.570+07:00Nani Maryani
18709251008
S2 Pendidikan Matematika...Nani Maryani <br />18709251008<br />S2 Pendidikan Matematika (A) 2018<br />Assalamu'alaikum Wr.Wb<br /><br />Matematika 3+4=7 dikatakan sebagai matematika kontradiktif karena 3+4 bisa sama dengan 7 bergantung pada ruang dan waktu. Hasil penjumlahan 3 dan 4 adalah 7 itu hanya ada di dalam pikiran, belum pada dunia nyata, karena di dunia nyata penjumlahan tersebut dapat memiliki hasil yang Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/06012026052190180314noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-77767198606107921982018-12-09T14:07:31.529+07:002018-12-09T14:07:31.529+07:00Diana Prastiwi
18709251004
S2 P. Mat A 2018
Matem...Diana Prastiwi<br />18709251004<br />S2 P. Mat A 2018<br /><br />Matematika pada anak adalah matematika yang berdasarkan pada kenyataan sehingga membrikan pembelajaran kepada anak juga harus sesuai dengan tingkat perkembangan anak. Pemberian penjumlahan awala pada anak 3+4=7, jika tidak diberikan keterangan yangpasti dalam suatu benda maka itu bagi anak, guru memanipulatif. Namu jika diberikan Dianahttps://www.blogger.com/profile/17483040393210978190noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-92010615515098698222018-12-09T12:18:12.294+07:002018-12-09T12:18:12.294+07:00Luthfannisa Afif Nabila
18709251031
S2 Pendidikan ...Luthfannisa Afif Nabila<br />18709251031<br />S2 Pendidikan Matematika B 2018<br />Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.<br />3+4=7 benar jika homogen. Maksudnya adalah 3 itu 3 satuan, 4 itu 4 satuan, sehingga 3 satuan + 4 satuan = 7 satuan. Begini misalnya dalam kehidupan sehari-hari, saya punya 3 buku ditambah 4 buku hasilnya tentu 7 buku. Tentu akan berbeda kasusnya jika 3 buku bilahttps://www.blogger.com/profile/06160860755601908703noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-33974041890086598482018-12-06T00:32:29.564+07:002018-12-06T00:32:29.564+07:00Dini Arrum Putri
18709251003
S2 P Math A 2018
Ma...Dini Arrum Putri<br />18709251003<br />S2 P Math A 2018 <br /><br />Matematila sifatnya deduktif seperti yang sudah saya katakan sebelumnya bahwa konsep matenatika dikatakan benar jika ada pembuktiannya, seperti halnya mengapa 3+4=7, di sisi lain kita juga mengenal pembuktian mengenai dua buah bilangan ganjil jika ditambahkan dapat menghasilkan bilangan genap, hal tersebut memiliki pembuktian Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/06929271158453882959noreply@blogger.com