tag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post7711146451072275759..comments2023-12-05T12:14:52.538+07:00Comments on Philosophy, Psychology, Spiritual, Math Education, Lesson Study, Indonesia: Prof Dr Marsigit MA : Elegi Logos Berdialog Dengan BelalangMarsigithttp://www.blogger.com/profile/00400957216266693823noreply@blogger.comBlogger44125tag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-63804079238559339962020-01-08T08:06:26.293+07:002020-01-08T08:06:26.293+07:00Rona Happy Mumpuni
19709251059
S2 Pendidikan Matem...Rona Happy Mumpuni<br />19709251059<br />S2 Pendidikan Matematika D 2019<br /><br />Saya dapat menarik kesimpulan bahwa terkadang kita memaksakan peserta didik untuk mencapai suatu tingkat tertentu utamanya tingkat tertinggi dalam pencapaian belajar sehingga memaksa mereka belajar ekstra. Paksaan untuk siswa belajar adalah logos, dan siswa adalah belalang. Belajar memang penting untuk pertumbuhanRona Happy Mumpunihttps://www.blogger.com/profile/10166402912873148094noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-43459569447368941112020-01-08T06:04:25.932+07:002020-01-08T06:04:25.932+07:00Annisa Nur Arifah
18709251058
S2 Pendidikan Matema...Annisa Nur Arifah<br />18709251058<br />S2 Pendidikan Matematika C 2018<br /><br />Spiritualisme mengandung beberapa arti yakni, ajaran yang menyatakan bahwa kenyataan yang terdalam adalah roh (Pneuma, Nous, Reason, Logos) yaitu roh yang mengisi dan mendasari seluruh alam; spiritualisme juga kadang-kadang dikenakan pada pandangan idealistik yang menyatakan adanya roh mutlak; spiritualisme dipakaiAnnisa Nur Arifahhttps://www.blogger.com/profile/05478185678213308619noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-41758732321452243762020-01-07T23:02:41.148+07:002020-01-07T23:02:41.148+07:00Dea Armelia
19709251072
S2 Pendidikan Matematika ...Dea Armelia <br />19709251072<br />S2 Pendidikan Matematika D 2019<br />Saya menyoroti pernyataan tentang “Engkau sedang berusaha menggapai logos”, sehingga dapat dipahami bahwa dengan mencari-cari, berusaha menggapai, menggali dan mendalami ‘ilmu pengetahuan’ adalah suatu kewajiban dan suatu keharusan. Dengan berfikir kita dapat memperoleh ilmu pengetahuan dan dengan ilmu pengtahuan seseorang Dea Armeliahttps://www.blogger.com/profile/08589086882764927348noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-45397632288296561882019-12-31T18:28:46.585+07:002019-12-31T18:28:46.585+07:00Assalamualaikum wr. wb
Novi Indriyani Kones
197012...Assalamualaikum wr. wb<br />Novi Indriyani Kones<br />19701251002<br />PEP S2 A 2019<br /><br />Dari artikel ini saya dapat mengambil pelajaran bahwa kita sebagai manusia tidak seharusnya ambisius terhadap apa yang kita ingin capai atau apa yang kita cita-citakan. Boleh saja kita memiliki cita-cita setinggi langit dan ingin mencapai cita-cita tersebut tetapi dalam menjalani proses menggapai Novi Indriyani Koneshttps://www.blogger.com/profile/00564537131063599336noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-38623106082792934652019-12-30T18:53:27.285+07:002019-12-30T18:53:27.285+07:00Yufida Afkarina Nizar Isyam
19709251073
S2 Pendidi...Yufida Afkarina Nizar Isyam<br />19709251073<br />S2 Pendidikan Matematika D 2019<br /><br />Pelajaran yang dapat saya ambil adalah sebagai manusia kita harus mempu bercermin pada diri kita mengenai apa yang mampu kita lakukan dan yang tidak dapat kita lakukan. Sebagai manusia kita tidak boleh memiliki kesombongan sedikitpun. Yufida Afkarina Nizar Isyamhttps://www.blogger.com/profile/02434503842789333027noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-78611931975076896352019-12-28T12:06:16.678+07:002019-12-28T12:06:16.678+07:00Latifa Krisna Ayu
19709251060
S2 Pendidikan Matema...Latifa Krisna Ayu<br />19709251060<br />S2 Pendidikan Matematika D<br /><br />Elegi diatas bagi saya bermakna bahwa kita harus melihat segala sesuatunya tergantung ruang dan waktunya. Sikap kita harus kita tempatkan sesuai dengan ruang dan waktunya, begitu pula jika kita berinteraksi dengan orang lain. Kita harus melihat dengan siapa kita berinteraksi dan pada ruang dan waktu yang bagaimana. Latifa Krisnahttps://www.blogger.com/profile/03184693311475046710noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-58629063778875172992019-12-21T05:14:52.985+07:002019-12-21T05:14:52.985+07:00Sekar Hidayatun Najakh
19701251007
S2 PEP A 2019
...Sekar Hidayatun Najakh<br />19701251007<br />S2 PEP A 2019<br /><br />Assalamualaykum wr wb...<br />Pemahaman di dalam pikir adalah logika. Paralogos adalah bukan sekedar logika biasa. Paralogos adalah logika dibawah logika.<br />Tindakan ada dua macam, yakni tindakan berdasarkan pemahaman dan tindakan berdasarkan ketidakpahaman. Logikanya belalang, adalah paralogosnya dewanya belalang. Belalang Jejak Sederhana Sekarhttps://www.blogger.com/profile/08531229707277870327noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-44395860947351646252019-12-21T01:31:32.357+07:002019-12-21T01:31:32.357+07:00Ngaenun Nangim
19709251058
S2 Pendidikan Matematik...Ngaenun Nangim<br />19709251058<br />S2 Pendidikan Matematika D 2019<br /><br />Manusia tidak akan mampu menggapai semua ilmu di dunia ini. Karena di atas ilmu masih ada ilmu, di atasnya pun masih ada ilmu, di atas atasnya ilmu masih ada ilmu lagi dan begitulah seterusnya. Tak kan habis ilmu jika kita mempelajarinya. <br />Mengutip ungkapan Ki Hajar Dewantara, bahwa “Dengan kecerdasan jiwalah Ngaenun Nangimhttps://www.blogger.com/profile/09254710155312410961noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-89691096015742193252019-12-20T19:34:54.941+07:002019-12-20T19:34:54.941+07:00Rifki Rinaldo
19709251070
S2 Pendidikan Matematika...Rifki Rinaldo<br />19709251070<br />S2 Pendidikan Matematika D 2019<br /><br />Dalam elegi yang bapak jelaskan, bahwa hal ini berkaitan dalam proses pembelajaran dikelas antara guru dan siswa. Seorang siswa tentu akan mengambil ilmu dari gurunya. Dan guru dengan sukarela memtransfer ilmunya kepada siswanya. Namun dalam proses itu guru dan siswa saling berusaha bagaimana si siwa menggapai ilmu Rifki Rinaldohttps://www.blogger.com/profile/01429357594401288965noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-51906245918021520362019-12-18T10:30:16.173+07:002019-12-18T10:30:16.173+07:00Syaiful syamsuddin
19701261002
S3 PEP 2019
Dialog...Syaiful syamsuddin<br />19701261002<br />S3 PEP 2019<br /><br />Dialog yang disampaikan memiliki arti tentang sindiran guru terhadap siswa. Harapan yang sangat tinggi seorang guru terhadap siswanya. Sisi positif yang dapat diambil dari elegi tersebut ialah bagaimana guru tersebut terus memberikan motivasi kepada muridnya agar memiliki tekad untuk belajar dan menerima materi yang diberikan gurunya.SYAIFUL SYAMSUDDINhttps://www.blogger.com/profile/11259045528809876643noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-66058622922103467772019-12-18T10:27:48.187+07:002019-12-18T10:27:48.187+07:00This comment has been removed by the author.SYAIFUL SYAMSUDDINhttps://www.blogger.com/profile/11259045528809876643noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-83373449351931055732019-12-18T10:27:02.428+07:002019-12-18T10:27:02.428+07:00This comment has been removed by the author.SYAIFUL SYAMSUDDINhttps://www.blogger.com/profile/11259045528809876643noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-57967655356630479342019-12-18T04:10:41.148+07:002019-12-18T04:10:41.148+07:00Fitria Restu Astuti
19709251069
S-2 Pendidikan Mat...Fitria Restu Astuti<br />19709251069<br />S-2 Pendidikan Matematika D 2019<br /><br />Dari elegi ini saya menangkap bahwa belalang dan logos dikatakan berada pada dimensi ruang dan waktu yang berbeda. Logos sudah berhasil menembus ruang dan waktu sedangkan belalang masih terperangkap dalam ruang dan waktu. Logos dapat memahami belalang tetapi belalang tidak mampu mengerti logos. Logos diibaratkanFitria Restu Astutihttps://www.blogger.com/profile/02808481214399412761noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-36401761903350871152019-12-12T14:29:33.140+07:002019-12-12T14:29:33.140+07:00Jewish Van Septriwanto
S2 Pendidikan Matematika D ...Jewish Van Septriwanto<br />S2 Pendidikan Matematika D 2019<br />19709251077<br /><br />Dari elegi ini saya membayangkan tentang hubungan antar guru dan siswa. Dimana terkadang, beberapa guru menginginkan pemahaman mereka sama dengan teman-teman yang lain. Sementara setiap siswa berbeda dan membutuhkan perlakuan berbeda. Menurut saya tidaklah salah bagi guru untuk mengharapkan siswa berhasil Jewish Van Septriwantohttps://www.blogger.com/profile/08626323898028358186noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-27467270645849116062019-11-30T22:13:30.268+07:002019-11-30T22:13:30.268+07:00Dini Senjaningrum
19709251067
Pendidikan Matematik...Dini Senjaningrum<br />19709251067<br />Pendidikan Matematika D 2019<br /><br />Dari percakapan di atas, terdapat perbedaan antara ikhiar dan ambisi. Ikhtiar adalah usaha untuk mencapai tujuan dan berlandaskan aturan dan ketentuan yang berlaku. Sedangakan ambisi adalah keinginan yang kuat untuk mencapai sesuatu tujuan. Setiap orang pasti ingin mencapai kesuksesan, itu dapat diartikan sebagai Dini Senjaningrumhttps://www.blogger.com/profile/16383809120674104163noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-64510375155451667112019-11-26T21:48:16.849+07:002019-11-26T21:48:16.849+07:00Sintha fardu anggraeni
19709251071
S2 Pend Matemat...Sintha fardu anggraeni<br />19709251071<br />S2 Pend Matematika/ D/ 2019<br /><br />Terimaksih Bapak Prof Marsigit. saya menyadari bahwa pada dasarnya setiap orang mampu untuk menjadikan dirinya menjadi seperti apa yang setiap orang inginkan, hal ini tergantung tergantung apakah dirinya mampu untuk mengetahui jati dirinya. Selain itu, tergantu pula bagaimana dia memposisikan dirinya, ada dimana MARSIGIT SINTHA FARDU ANGGRAENIhttps://www.blogger.com/profile/07557930204613910527noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-19317177309653781902019-11-26T08:50:26.261+07:002019-11-26T08:50:26.261+07:00Hidayatul wafiroh
19701251010
S2 PEP A 2019
Tiad...Hidayatul wafiroh <br />19701251010<br />S2 PEP A 2019<br /><br />Tiadalah sebenar-benar dirimu belalang, yang benar adalah engkau sedang berusaha menggapai dewa. Berarti sebenar-benarnya murid adalah yang sedang berusaja menggapi ilmu yang dimiliki oleh gurunya. Dalam menggapi logos (ilmu) kita terkadang memiliki kesalahan dan kesombongan. Sehingga kita tidak mau untuk menggapai logos yang lain Hidayatul wafirohhttps://www.blogger.com/profile/06491434206709962366noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-15298969688901804612019-11-16T20:04:08.889+07:002019-11-16T20:04:08.889+07:00Dhamar Widya Safitri
19701251009
S2 PEP A 2019
As...Dhamar Widya Safitri<br />19701251009<br />S2 PEP A 2019<br /><br />Assalamualaikum.<br />Semua manusia memiliki kesombongan dan kesalahannya masing-masing. Yang terbaik adalah segera menyadarinya. Meminta maaf dan memperbaiki kesalahan yang diperbuat, juga tidak lagi berlaku sombong dan melakukan kesalahan yang sama.<br />TerimakasihDhamar Widya Safitrihttps://www.blogger.com/profile/01795775915306520308noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-46579018705413650422019-10-22T21:01:52.321+07:002019-10-22T21:01:52.321+07:00Imroatus Syarifah
19709251057
Pend. Matematika S2 ...Imroatus Syarifah<br />19709251057<br />Pend. Matematika S2 D 2019<br /><br />Berdasarkan elegi diatas dpat dipetik beberapa hal antaar percakapan logos dan belalang. Dimana keduanya sebaiknya saling menekan ego. Seseorang boleh mengharapkan orang lain untuk memahaminya atau mengharapkan respon yang baik, tetapi jangan memaksa. Boleh saja tetapi perlahan. Tetapi di lain pihak, seseorang jika Myo Syarifahhttps://www.blogger.com/profile/01797848764721772017noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-72339216581004253522019-01-08T01:08:29.428+07:002019-01-08T01:08:29.428+07:00Hendra B.
18701261008
PEP S3 2018
Aku melihat bai...Hendra B.<br />18701261008<br />PEP S3 2018<br /><br />Aku melihat baik Logos maupun para Belalang sama-sama mempunyai kesalahan dan kesombongan masing-masing. Saranku adalah agar engkau semuanya segera merefleksikan diri dan mohon ampun atas segala kesalahan. Ini smeacam kesmobongan tersembunyi sebenarnya niat kita baik akan tetapi ternyata kebaikan itu ada sedikit titik rasa kesomobongan dan Lenterahttps://www.blogger.com/profile/01083954116802345882noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-73940526875821652052019-01-05T23:31:19.973+07:002019-01-05T23:31:19.973+07:00Kartianom
18701261001
S3 PEP 2018
Dari elegi di a...Kartianom<br />18701261001<br />S3 PEP 2018<br /><br />Dari elegi di atas mengingatkan saya bahwa sebagai seorang manusia kita tidak bisa memaksakan kehendak kita terhadap orang lain. Seperti juga seorang guru yang tidak bisa memaksakan agar siswanya memahami sesuatu sesuai dengan pemahaman yang dimiliki gurunya.KARTIANOMhttps://www.blogger.com/profile/02454845429616706705noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-5680219151973923232018-12-30T17:19:44.618+07:002018-12-30T17:19:44.618+07:00Fabri Hidayatullah
18709251028
S2 Pendidikan Matem...Fabri Hidayatullah<br />18709251028<br />S2 Pendidikan Matematika B 2018<br /><br />Dialog ini dapat dipikirkan seluas-luasnya dan sedalam-dalamnya. Dialog antara logos dan belalang ini dapat memberikan gambaran tentang komunikasi antara guru dengan siswa. Seringkali guru memiliki harapan yang terlalu tinggi pada siswa untuk dapat memahami seperti yang ia pahami. Atau guru menggunakan bahasa fabrihttps://www.blogger.com/profile/03496361897749715407noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-44725926601353257602018-12-29T23:41:18.765+07:002018-12-29T23:41:18.765+07:00Darwis Cahyo Nugroho
18709251038
S2 Pendidikan Mat...Darwis Cahyo Nugroho<br />18709251038<br />S2 Pendidikan Matematika B 2018<br /><br />Assalamualaikum wr.wb<br />Dari cerita singkat yang saya ambil intisarinya, sesungguhnya kesombongan akan menghancurkan diri kita. Ambisius yang tidak terkontrol akan menghancurkan diri juga. Terkadang kita perlu mendengarkan saran dari orang lain untuk mengontrol ambisi kita sehingga nantinya tidak terjebak Darwis Cahyo Nugrohohttps://www.blogger.com/profile/16988338101874266262noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-36018548695957575542018-12-29T23:38:33.951+07:002018-12-29T23:38:33.951+07:00Darwis Cahyo Nugroho
18709251038
S2 Pendidikan Mat...Darwis Cahyo Nugroho<br />18709251038<br />S2 Pendidikan Matematika B 2018<br /><br />Assalamualaikum wr.wb<br />Dari elegi tersebut, logos sangat berharap pada belalang, meskipun ia sedang memperingatkan belalang namun belalang tidak pernah mendengarkan nasihat dari logos. Belalang hanya berambisi untuk memiliki atau menggapai sesuatu. Ambisi yang disertai kesombongan tersebut akhirnya berakhir Darwis Cahyo Nugrohohttps://www.blogger.com/profile/16988338101874266262noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-6321884981484884432018-12-28T00:20:05.041+07:002018-12-28T00:20:05.041+07:00Hasmiwati
18709251023
S2 Pend.Matematika B 2018
A...Hasmiwati<br />18709251023<br />S2 Pend.Matematika B 2018<br /><br />Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.<br />Elegi diatas menceritakan logos yang berekspektasi terlalu tinggi terhadap belalang. Elegi tersebut bisa dijadikan sebagai sebuah analogi dari guru yang selalu berekspektasi tinggi terhadap murid-muridnya. Padahal, jelas guru dan siswa memiliki kemampuan menembus ruang dan waktu Hasmiwatihttps://www.blogger.com/profile/06030052813163012598noreply@blogger.com