tag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post6841350456664104566..comments2023-12-05T12:14:52.538+07:00Comments on Philosophy, Psychology, Spiritual, Math Education, Lesson Study, Indonesia: Prof Dr Marsigit MA : EDUCATIONAL PARADIGMMarsigithttp://www.blogger.com/profile/00400957216266693823noreply@blogger.comBlogger37125tag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-54271536816731858082019-12-25T06:01:46.529+07:002019-12-25T06:01:46.529+07:00Lovie Adikayanti
19709251068
S2 Pendidikan Matemat...Lovie Adikayanti<br />19709251068<br />S2 Pendidikan Matematika D<br />Assalamualaikum wr.wb<br />Paradigma pendidikan merupakan suatu pemikiran mendasar yang digunakan sebagai konsep dasar atau latar belakang dalam pelaksanaan pendidikan. Maka tidak heran jika paradigma pendidikan ini terus bergeser dari masa ke masa. Seperti yang terdapat dalam link yang diposting diatas, sangat jelas tergambarLovie adikayantihttps://www.blogger.com/profile/00102724966877944211noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-55703545456911486712019-12-17T17:02:45.724+07:002019-12-17T17:02:45.724+07:00Indra Kusuma Wijayanti
18709251046
Pendidikan Mate...Indra Kusuma Wijayanti<br />18709251046<br />Pendidikan Matematika S2 C<br />Paradigma adalah cara pandang atau cara berpikir tentang sesuatu. Paradigma pendidikan adalah bagian dari sistem berfikir yang sangat penting dalam dunia pendidikan. Perbandingan paradigma pendidikan antara abad 20 dan abad 21 memperlihatkan perbedaan tujuan antara keduanya. Ketika tujuan berbeda maka alat pencapaiannya Indra Kusuma Wijayantihttps://www.blogger.com/profile/02457181340760568636noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-15991143285379442082019-12-17T15:17:05.009+07:002019-12-17T15:17:05.009+07:00Rifki Rinaldo
19709251070
S2 PMD 2019
berdasarkan...Rifki Rinaldo<br />19709251070<br />S2 PMD 2019<br /><br />berdasarkan tulisan yang saya baca pada link diatas, perubahan paradigma dari abad 20 ke abad 21 salah satu diantaranya peralihan dari pembelajaran terpusat pada guru menjadi pembelajaran berpusat pada siswa. Dimana siswa diberikan kebebasan untuk membangun pengetahuannya sendiri dengan dan guru sebagai fasilitator atau pembimbing. SelainRifki Rinaldohttps://www.blogger.com/profile/01429357594401288965noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-67997741629404361592019-12-17T12:18:32.708+07:002019-12-17T12:18:32.708+07:00Choirul Amri
(19709251078 S2 Pendidikan Matematika...Choirul Amri<br />(19709251078 S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2019)<br /><br />Bismillah, saya juga ingin menambahkan. Dalam paradigma Pendidikan perlu adanya proses kreatif pada pendidikan yang diselenggarakan di sekolah. Para ahli pendidikan perlu merumuskan kembali paradigma dan visi pendidikan. Pendidikan hendaknya mengubah paradigma teaching (mengajar) menjadi learning (belajar). Dengan Choirul Amrihttps://www.blogger.com/profile/04516221656193302026noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-61120046619584430372019-12-17T12:15:59.533+07:002019-12-17T12:15:59.533+07:00Choirul Amri
(19709251078 S2 Pendidikan Matematika...Choirul Amri<br />(19709251078 S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2019)<br /><br />Bismillah, terimakasih Bapak atas informasi dan ilmunya. Saya mencoba menambahkan apa yang saya pahami dalam komentar ini setelah membaca link tersebut. Paradigma pendidikan adalah suatu cara memandang dan memahami pendidikan, dan dari sudut pandang ini kita mengamati dan memahami masalah-masalah pendidikan yang Choirul Amrihttps://www.blogger.com/profile/04516221656193302026noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-25428230329425239122019-12-11T01:45:41.924+07:002019-12-11T01:45:41.924+07:00Anna Isabela Sanam
s2 PEP A 2019
19701251001
Jika...Anna Isabela Sanam<br />s2 PEP A 2019<br />19701251001<br /><br />Jika mengamati dengan seksama perbandingan paradigma pendidikan abad 20th dan 21st, maka saya pribadi memiliki pertanyaan dimanakah letak atau posisi kita saat ini? Salah satu contoh yang menarik adalah centricity. Apakah kenyataan dan harapan sudah berjalan seimbang? Tentunya yang sangat dituntut dalan pendidikan abad 21st adalah Anna Isabela Sanamhttps://www.blogger.com/profile/00235717723729591863noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-64143477601988934342019-09-24T20:22:10.294+07:002019-09-24T20:22:10.294+07:00Rizki Nisa Setyowati
19701251013
PEP S2 A 2019
Be...Rizki Nisa Setyowati<br />19701251013<br />PEP S2 A 2019<br /><br />Berdasarkan artikel yang saya baca dari link tersebut dan sumber lain tentang paradigma pendidikan, dapat saya simpulkan bahwa paragdima pendidikan terus mengalami perubahan seiring perkembangan zaman dan perubahan dinamika masyarakat. Pada awal abad ke 20, ketika dinamika masyarakat belum stabil karena sering terjadi perang, nisarizkhttps://www.blogger.com/profile/08607348734608734447noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-16792118275585167632019-01-07T23:40:59.740+07:002019-01-07T23:40:59.740+07:00Jefri Mailool
PEP 18701261002
Paradigma pendidika...Jefri Mailool<br />PEP 18701261002<br /><br />Paradigma pendidikan dewasa ini lebih bersifat interdisipliner,multidisipliner, serta transdisipliner dimana pendekatan-pendekatan ini diperlukan dalam menghadapi tantangan dewasa ini yang multi kompleks di segala bidang kehidupan.Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/17892627844489027507noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-47274189963658817922019-01-06T10:00:02.342+07:002019-01-06T10:00:02.342+07:00Kartianom
18701261001
S3 PEP 2018
Paradigma pendi...Kartianom<br />18701261001<br />S3 PEP 2018<br /><br />Paradigma pendidikan merupakan pandangan mendasar dari suatu proses pendidikan. Paradigma pendidikan di Indonesia harus berdasarkan pada nilai luhur bangsa Indonesia dan juga mengambil hal-hal positif dari bangsa lain. Tentunya hal tersebut memiliki tujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.KARTIANOMhttps://www.blogger.com/profile/02454845429616706705noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-27439431660880759512019-01-05T16:40:15.703+07:002019-01-05T16:40:15.703+07:00Elsa Apriska
18709251005
S2 PM A 2018
Terkait par...Elsa Apriska<br />18709251005<br />S2 PM A 2018<br /><br />Terkait paradigma pembelajaran di abad 21 terjadi banyak perubahan dibandingkan dengan paradigma pembelajaran di abad 20. Diantaranya adalah hasil pembelajaran dimana pada pembelajaran abad 20 semua berfokus pada penialian akhir sedangkan pembelajaran pada abad ke21 lebih melihat bagaimana proses dari pembelajaran itu sendiri. Jika kita Elsa Apriska Bloghttps://www.blogger.com/profile/16187923001638596780noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-42547468465096297242019-01-04T19:41:18.238+07:002019-01-04T19:41:18.238+07:00Dini Arrum Putri
18709251003
S2 P Math A 2018
P...Dini Arrum Putri <br />18709251003<br />S2 P Math A 2018 <br /><br />Paradigma pendidikan didefinisikan sebagai kerangka pikir dari suatu sistem pendidikan. Pendidikan sekarang lebih menekankan proses pembelajaran yang berpusat kepada siswa, guru hanyalah pembimbing atau fasilitator. Dalam hal ini, upaya guru dalam memfasilitasi siswa adalah dengan menerapkan proses pembelajaran dimana siswa Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/06929271158453882959noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-27316231081039157092019-01-02T19:44:42.722+07:002019-01-02T19:44:42.722+07:00Bayuk Nusantara Kr.J.T
18701261006
PEP S3
Intera...Bayuk Nusantara Kr.J.T<br />18701261006<br />PEP S3<br /><br /><br />Interaction in this era should be collaborative for some individuals. Collaboration between individuals will make a tesis and antitesis of something. They will discuss about the subject then find the solution in that discussion. Then, there will be solution (sintesis) for the problem by resuming ideas for some individuals. Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/17573725456345431089noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-44861867725577171662019-01-02T11:13:41.666+07:002019-01-02T11:13:41.666+07:00Dita Aldila Krisma
18709251012
PPs Pendidikan Mate...Dita Aldila Krisma<br />18709251012<br />PPs Pendidikan Matematika A 2018<br /><br />Terdapat perbedaan paradigm antara abad 20 dan 21. Yang menarik bagi saya adalah terkait perbedaan desain interkasi antara kelompok dan individu, penilaian summative dan formative, pembelajaran yang dulu berpusat pada guru sementara sekarang berpusat pada siswa, orientasi hasil belajar yang mana dulu orientasiny Dita Aldila Krismahttps://www.blogger.com/profile/08660002387758309609noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-92083935823402831562019-01-01T12:30:27.399+07:002019-01-01T12:30:27.399+07:00Sintha Sih Dewanti
18701261013
PPs S3 PEP UNY
Pad...Sintha Sih Dewanti<br />18701261013<br />PPs S3 PEP UNY<br /><br />Pada abad 21 ini sudah dituntut adanya berbagai perubahan sistem pendidikan dari abad 20. Keterampilan berpikir, awalnya cukup pada ranah pengetahuan, pemahaman, dan aplikasi, akan tetapi pada abad 21 tidak cukup itu. Keterampilan berpikir sudah harus tahap menganalisis, evaluasi, dan mengembangkan kreativitas. Kemampuan berpikir Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/01601728478598500956noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-24788536684127854052019-01-01T02:00:32.260+07:002019-01-01T02:00:32.260+07:00Nur Afni
18709251027
S2 Pendidikan Matematika B 20...Nur Afni<br />18709251027<br />S2 Pendidikan Matematika B 2018<br /> <br />Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.<br />Perubahan sistem pendidikan terjadi dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Perubahan terjadi dari waktu ke waktu. Perubahan paradigma pendidkan sekarang mengarah kepada pembelajaran yang memanfaatkan teknologi dan tentunya berpusat pada siswa. terimakasihNur Afni Yusrinhttps://www.blogger.com/profile/15105792521758487552noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-15104533979203618612018-12-28T18:37:39.430+07:002018-12-28T18:37:39.430+07:00Rosi Anista
18709251040
S2 Pendidikan Matematika B...Rosi Anista<br />18709251040<br />S2 Pendidikan Matematika B<br /><br />Paradigma pendidikan adalah suatu cara memandang dan memahami pendidikan, dan dari sudut pandang ini kita mengamati dan memahami masalah-masalah pendidikan yang dihadapi dan mencari cara mengatasi permasalahan tersebut. Dan juga dalam pendidikan terdapat sejumlah paradigma berfikir. Pendidikan hendaknya mengubah paradigma Rosi Anistahttps://www.blogger.com/profile/08762797426722719629noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-73995505763681686322018-12-28T10:31:32.562+07:002018-12-28T10:31:32.562+07:00Deden Hidayat
18709251032
S2 Pendidikan Matematika...Deden Hidayat<br />18709251032<br />S2 Pendidikan Matematika B 2018<br /><br />Paradigma pendidikan pada abad ke-21 fokus utamanya bukan lagi kepada penilaian akhir, melainkan berfokus kepada proses yang dilalui oleh siswa sendiri. Proses atau tahapan perkembangan siswa merupakan fokus utama dalam pembelajaran. Bukan lagi mementingakan sebuah nilai akhir, tetapi juga melihat proses yang dilakukanAnonymoushttps://www.blogger.com/profile/06457351438253543335noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-44497838970561767762018-12-27T22:13:17.309+07:002018-12-27T22:13:17.309+07:00Septia Ayu Pratiwi
18709251029
S2 Pendidikan Mate...Septia Ayu Pratiwi <br />18709251029<br />S2 Pendidikan Matematika 2018<br /><br />Berdasarkan sumber diatas, terlihat perbedaan paradigma pendidikan dari abad ke-20 ke abad ke-21 dalam beberapa aspek. Pada abad ke-20 lebih banyak interaksi individu dibandingkan kerjasama, sedangkan pada abad ke-21 lebih menekankan interksi kolaborasi atau kerjasama dan sedikit interaksi individu. Dalam aspek Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/08203432380887905199noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-33737826100746414032018-12-26T07:46:44.233+07:002018-12-26T07:46:44.233+07:00Agnes Teresa Panjaitan
S2 Pendidikan Matematika A ...Agnes Teresa Panjaitan<br />S2 Pendidikan Matematika A 2018<br />18709251013<br /> <br />paradigma pendidikan ialah suatu pemikiran yang mendasar yang dijadikan sebagai latarbelakang pada keterlaksaan pendidikan, sehingga paradigma pendidikan mengalami perubahan seiring dengan perkembangan saman. Pada abad ke 20 dan abad ke 21, terjadi perubahan paradigma pendidikan, yaitu dari sudut pandang Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/11925957528088907246noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-15484231595421007882018-12-25T22:31:25.479+07:002018-12-25T22:31:25.479+07:00Amalia Nur Rachman
18709251042
S2 Pendidikan Matem...Amalia Nur Rachman<br />18709251042<br />S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018<br /><br />Paradigma pendidikan mengalami perubahan dari abad ke abad dengan penyempurnaan sesuai perkembangan jaman. Pada zaman sekarang paradigma pendidikan yang diterapkan guru sebagai fasilitator dan mediator, sehingga dalam pelaksanaan pembelajaran siswa diharapkan berpartisipasi secara aktif. Paradigma pendidikan Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/14084511649584158372noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-79918137137732713312018-12-25T18:49:40.204+07:002018-12-25T18:49:40.204+07:00Diana Prastiwi
18709251004
S2 P. Mat A 2018
Dalam...Diana Prastiwi<br />18709251004<br />S2 P. Mat A 2018<br /><br />Dalam postingan tersebut terdapat beberapa perbedaan pendidikan abad ke-20 dan ke-21. Salah satu diantaranya adalah peralihan dari pembelajaran terpusat diiguru menjadi pembelajaran berpusat di siswa. Ini menunjukkan bahwa siswa diajak untuk lebih mengembangkan dan mengkonstruk ilmu pengetahuan mereka dengan pembelajaran yang Dianahttps://www.blogger.com/profile/17483040393210978190noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-10364836619466880002018-12-23T19:00:18.627+07:002018-12-23T19:00:18.627+07:00Deden Hidayat
18709251032
S2 Pendidikan Matematika...Deden Hidayat<br />18709251032<br />S2 Pendidikan Matematika B 2018<br /><br />Hal yang membedakan pendidikan abad ke-20 dengan ke-21 adalah bahwa pada abad ke-21 pusat dari pembelajaran di kelas adalah seorang siswa. Guru di kelas hanya sebagai fasilitator dari pembelajaran yang dilaksanakan. Pembelajaran yang berpusat pada siswa akan memberikan siswa kesempatan untuk mengeksplorasi atau Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/06457351438253543335noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-43716200345959544962018-12-22T07:12:00.793+07:002018-12-22T07:12:00.793+07:00Tiara Cendekiawaty
18709251025
S2 Pendidikan Matem...Tiara Cendekiawaty<br />18709251025<br />S2 Pendidikan Matematika B 2018<br /><br />Paradigma pendidikan adalah suatu cara memandang dan memahami pendidikan. Artinya mengamati dan memahami masalah-masalah pendidikan yang dihadapi dan mencari cara mengatasi permasalahan tersebut. Terdapat sejumlah paradigma berfikir, yaitu paradigma behavioristik, kontruktivistik dan sosial kognitif yang memiliki Tiara Cendekiawatyhttps://www.blogger.com/profile/01115650155742991273noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-33104155444741015012018-12-21T09:55:18.128+07:002018-12-21T09:55:18.128+07:00Nani Maryani
18709251008
S2 Pendidikan Matematika...Nani Maryani <br />18709251008<br />S2 Pendidikan Matematika (A) 2018<br />Assalamu'alaikum Wr.Wb<br /><br />Memasuki abad ke-21, pendidikan di Indonesia dihadapkan dengan sejumlah peluang dan tantangan yang harus dilewati, yang tentunya sangat berbeda dengan zaman sebelumnya. Untuk mengantisipasihal tersebut, badan pendidikan di Indonesia mulai mengkonsepsikan pendidikan Indonesia yang Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/06012026052190180314noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-18229927699979110342018-12-16T23:45:06.013+07:002018-12-16T23:45:06.013+07:00Anggoro Yugo Pamungkas
18709251026
S2 Pend.Matema...Anggoro Yugo Pamungkas <br />18709251026<br />S2 Pend.Matematika B 2018<br /><br />Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.<br />Berdasarkan judul diatas, paradigma pendidikan adalah suatu cara pandang dan cara memahami pendidikan dari sudut pandang yang mana kita mengamati dan memahami masalah-masalah pendidikan yang dihadapi dan mencari cara mengatasi permasalahan tersebut. Dan juga dalam Anggoro Yugo Pamungkashttps://www.blogger.com/profile/16992614964855161232noreply@blogger.com