tag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post6719373273273786671..comments2023-12-05T12:14:52.538+07:00Comments on Philosophy, Psychology, Spiritual, Math Education, Lesson Study, Indonesia: Prof Dr Marsigit MA : Pembelajaran Matematika Seperti Apa yang Kita Harapkan di SD?Marsigithttp://www.blogger.com/profile/00400957216266693823noreply@blogger.comBlogger52125tag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-5743491637566579402020-01-05T19:51:28.172+07:002020-01-05T19:51:28.172+07:00Dini Senjaningrum
19709251067
Pendidikan Matematik...Dini Senjaningrum<br />19709251067<br />Pendidikan Matematika D 2019<br /><br />Pembelajaran terbaik untuk mengajar di SD adalah dengan menggunakan materi ajar yang dapat dengan mudah dipahami siswa, materi pelajaran dihubungkan dengan masalah sehari-hari yang dekat dengan siswa,dan melibatkan siswa dalam pembelajaran. Guru memberikan pendekatan terbaik kepada siswa agar lebih termotivasi dalam Dini Senjaningrumhttps://www.blogger.com/profile/16383809120674104163noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-62266419849992274012020-01-02T10:02:23.055+07:002020-01-02T10:02:23.055+07:00Assalamu'alaikum wr.wb
Novi Indriyani Kones
19...Assalamu'alaikum wr.wb<br />Novi Indriyani Kones<br />19701251002<br />S2 PEP A 2019<br /><br />Berdasarkan pengalaman saya selama belajar pada saat SD. Saya mengalami pembelajaran yang menurut saya menyenangkan yaitu pembelajaran yang dilakukan di luar sekolah dengan mengelilingi persawahan di sekitas lingkungan sekolah. Dari kegiatan tersebut, Saya dapat mempelajari berbagai mata pelajaran Novi Indriyani Koneshttps://www.blogger.com/profile/00564537131063599336noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-31188266950135874132020-01-02T09:58:54.041+07:002020-01-02T09:58:54.041+07:00Assalamu'alaikum wr.wb
Novi Indriyani Kones
19...Assalamu'alaikum wr.wb<br />Novi Indriyani Kones<br />19701251002<br />S2 PEP A 2019<br /><br />Proses pembelajaran di SD sebaiknya diawali dengan proses perencanaan yang matang. Hal ini dikarenakan oleh siswa SD masih dalam tahap memahami dengan konteks kehidupan sehari-hari dan lingkungan sekitar sehingga dalam pembelajaran SD semampu mungkin guru menyajikan pembelajaran yang melibatkan Novi Indriyani Koneshttps://www.blogger.com/profile/00564537131063599336noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-75231072421921638552019-12-30T22:55:53.408+07:002019-12-30T22:55:53.408+07:00Rona Happy Mumpuni
19709251059
S2 Pendidikan Matem...Rona Happy Mumpuni<br />19709251059<br />S2 Pendidikan Matematika D 2019<br /><br />Pembelajaran Matematika di sekolah dasar seharusnya mengarah ke arah benda-benda nyata. Siswa Sekolah Dasar (SD) berada pada umur yang berkisar antara usia 7 hingga 12 tahun, pada tahap ini siswa masih berpikir pada fase operasional konkret. Kemampuan yang tampak dalam fase ini adalah kemampuan dalam proses Rona Happy Mumpunihttps://www.blogger.com/profile/10166402912873148094noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-46328641162070985242019-12-26T20:36:27.642+07:002019-12-26T20:36:27.642+07:00Sekar Hidayatun Najakh
19701251007
S2 PEP A 2019
...Sekar Hidayatun Najakh<br />19701251007<br />S2 PEP A 2019<br /><br />Assalamualaykum wr wb...<br />Ilmu, termasuk matematika merupakan unsur dari suatu proses, prosedur, dan produk. Paradigma yang terbentuk adalah proses merupakan jalan lahirnya penelitian, prosedur merupakan jalan lahirnya metode, dan produk merupakan jalan lahirnya pengetahuan yang sistematis. Ideologinya, tentang apa yang Jejak Sederhana Sekarhttps://www.blogger.com/profile/08531229707277870327noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-27439037312184854672019-12-25T07:19:51.060+07:002019-12-25T07:19:51.060+07:00Vera Yuli Erviana
NIM 19706261005
S3 Pendidikan Da...Vera Yuli Erviana<br />NIM 19706261005<br />S3 Pendidikan Dasar 2019 <br /><br />Assalamu’alaikum Wr. Wb.<br />Pembelajaran yang sepatutnya diharapkan di SD adalah pembelajaran matematika yang bermakna. Guru sebagai fasilitator saja. Siswa dapat berperan secara aktif dalam pembelajaran agar penanaman konsep matematika dapat bermakna dalam pembelajaran. Penggunaan metode harus tepat untuk peserta Vera Yuli Ervianahttps://www.blogger.com/profile/09801624142562571897noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-55104003263660476222019-12-22T22:43:49.254+07:002019-12-22T22:43:49.254+07:00Assalamu'alaykum wr wb
Dwi Kawuryani
19709251...Assalamu'alaykum wr wb <br />Dwi Kawuryani<br />19709251061<br />Pendidikan Matematika S2 D<br />Tujuan pembelajaran matematika di sekolah dasar secara umum adalah agar siswa mampu dan terampil menggunakan matematika. Selain itu pembelajaran matematika dapat memberikan tekanan penataran nalar dalam penerapan matematika. Ketepatan dalam memilih strategi pembelajaran adalah bagian Dwi Kawuryanihttps://www.blogger.com/profile/17640754123405812199noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-82463573830095972472019-12-17T12:34:12.399+07:002019-12-17T12:34:12.399+07:00Hidayatul wafiroh
19701251010
S2 PEP A 2019
Pemb...Hidayatul wafiroh <br />19701251010<br />S2 PEP A 2019<br /><br />Pembelajaran matematika yang dilaksanakan dengan peran aktif siswa akan lebih membekas pada diri siswa daripada hanya dengan menjelaskannya saja. Saat siswa ikut berperan aktif maka siswa akan terus berupaya menggali apa yang ada pada dirinya dan disekitarnya. Dalam ranah ini, tugas guru adalah sebagai fasilitator dab motivator. Hidayatul wafirohhttps://www.blogger.com/profile/06491434206709962366noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-2568330242969956582019-12-13T16:29:22.034+07:002019-12-13T16:29:22.034+07:00Yufida Afkarina Nizar Isyam
19709251073
S2 Pendidi...Yufida Afkarina Nizar Isyam<br />19709251073<br />S2 Pendidikan Matematika D 2019<br /><br />Saya setuju jika langkah-langkah tersebut diterapkan dalam proses pembelajaran matematika yang realistis karena pembelajaran berorientasi pada siswa, tidak berpusat pada guru, mengembangkan potensi siswa sehingga siswa lebih berkembang, mandiri, dan kreatif. Kemudian memang benar bahwa bagi siswa sekolah Yufida Afkarina Nizar Isyamhttps://www.blogger.com/profile/02434503842789333027noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-48703751620239751932019-12-12T22:16:52.029+07:002019-12-12T22:16:52.029+07:00Mira Amalia Yudhanti
19701251014
S2 PEP A
Dalam k...Mira Amalia Yudhanti<br />19701251014<br />S2 PEP A<br /><br />Dalam kegiatan pembelajaran, guru yang akan menentukan keberhasilan proses belajar mengajar di kelas. Oleh karena itu, guru harus mampu membuat strategi yang inovatif dan bervariasi supaya kegiatan belajar mengajar terasa lebih menyenangkan. Karena apabila siswa merasa senang dalam proses pembelajaran maka siswa akan lebih mudah untukMira Amalia Yhttps://www.blogger.com/profile/14737850765119281020noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-30817924562967979072019-12-11T21:42:02.820+07:002019-12-11T21:42:02.820+07:00Dini Senjaningrum
19709251067
Pendidikan Matematik...Dini Senjaningrum<br />19709251067<br />Pendidikan Matematika D 2019<br /><br />Sekolah Dasar merupakan jenjang pendidikan dimana Matematika secara teori mulai diajarkan. Pada tahap ini lah awal konsep tentang matematika mulai dibentuk secara formal. Pada tulisan di atas, banyak diberikan informasi bagaimana seharusnya matematika disampaikan dan dipelajari. Untuk membangun konsep matematika yang Dini Senjaningrumhttps://www.blogger.com/profile/16383809120674104163noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-2768884281389603742019-11-12T16:50:55.870+07:002019-11-12T16:50:55.870+07:00Khintoko Intan Permatasari
19701251020
PEP A S2 20...Khintoko Intan Permatasari<br />19701251020<br />PEP A S2 2019<br /><br />Assalamu'alaikum wr.wb<br />Pembelajaran matematika harus relevan terhadap masyarakat dan sesuai dengan pengalaman anak. Salah satunya adalah dalam pembelajaran realistik yang mangaitkan lingkungan dalam suatu pembelajaran matematika. Selain supaya siswa dapat dengan mudah memahami materi pelajaran siswa juga dapat KHINTOKO INTAN Phttps://www.blogger.com/profile/16715931444355557099noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-75055365626376285082019-10-18T18:07:34.449+07:002019-10-18T18:07:34.449+07:00Assalamu'alaykum wr wb
Dwi Kawuryani
19709251...Assalamu'alaykum wr wb <br />Dwi Kawuryani<br />19709251061<br />Pendidikan Matematika S2 D<br />dalam postingan tersebut saya dapat menangkap 2 poin penting yang saat ini sering dilupakan oleh guru SD. yang pertama adalah guru perlu menyiapkan masalah kontekstual dalam proses persiapan. sementara seperti yang saat ini dapat kita amati di banyak SD bahwa guru biasanya memberikan permasalahan Dwi Kawuryanihttps://www.blogger.com/profile/17640754123405812199noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-18741200824742248622019-10-09T07:25:01.565+07:002019-10-09T07:25:01.565+07:00Lovie Adikayanti
19709251068
S2 Pendidikan Matemat...Lovie Adikayanti<br />19709251068<br />S2 Pendidikan Matematika D<br /><br />Assalamualaikum wr.wb<br />Pembelajaran matematika akan lebih efektif apabila matematika lebih dekat dengan kehidupan peserta didik , dari pengalamannya ataupun suatu hal yang berhubungan dengan apa yang ada di lingkungannya. Artinya, dari pembelajaran matematika itu sendiri, pengetahuan yang diperoleh peserta didik Lovie adikayantihttps://www.blogger.com/profile/00102724966877944211noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-22597983549640941052019-10-08T22:07:20.584+07:002019-10-08T22:07:20.584+07:00Ahmad Syajili
19709251066
S2 PM D 2019
Dalam memp...Ahmad Syajili<br />19709251066<br />S2 PM D 2019<br /><br />Dalam mempelajari matematika, memang lebih baik jika mempelajarinya berangkat dari kenyataan sehari-hari yang dekat dengan kehidupan siswa. Karena pada dasarnya siswa menyukai hal-hal yang bersifat dekat dengan lingkungan disekitarnya, sehingga siswa benar-benar merasakan manfaat dari hal yang mereka pelajari tersebut. Seperti yang Ahmad syajilihttps://www.blogger.com/profile/06090833089732083612noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-36611697193650696502019-01-14T13:09:31.986+07:002019-01-14T13:09:31.986+07:00Diana Prastiwi
18709251004
S2 P. Mat A 2018
Pembe...Diana Prastiwi<br />18709251004<br />S2 P. Mat A 2018<br /><br />Pembelajaran matematika di SD, anak masih belajar tentang apa yang dilihat. Kemudian untuk langkah selanjutnya hampir sama dengan yang dijabarkan pada tulisan ini. Fenomena dan masalah nyata tersebut akan menjadikan LKS yang dibut bersifat kontekstual dan siswa dapat memahami manfaat mempelajari suatu topik matematika. Kemudian padaDianahttps://www.blogger.com/profile/17483040393210978190noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-62323527523523370272019-01-03T00:05:55.535+07:002019-01-03T00:05:55.535+07:00Herlingga Putuwita Nanmumpuni
18709251033
S2 Pend...Herlingga Putuwita Nanmumpuni <br />18709251033<br />S2 Pendidikan Matematika B 2018<br /><br />Pembelajaran matematika yang diharapkan di SD adalah pembelajaran matematika yang sesuai dengan karakter, keadaan psikologis, kemampuan perkembangan kognitif, maupun kebutuhan siswa SD. Pembelajaran matematika bagi anak SD itu menggunakan matematika sekolah yaitu cabang matematika yang di ajarkan Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/12385734455895341243noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-46031464852946460392019-01-02T09:25:01.533+07:002019-01-02T09:25:01.533+07:00Atin Argianti
18709251001
PPs PM A 2018
Pembelaja...Atin Argianti<br />18709251001<br />PPs PM A 2018<br /> Pembelajaran matematika akan menjadi lebih baik jika kita melakukan yang terbaik dalam pembelajaran tersebut. Tetapi menjadi terbaik pasti membutuhkan usaha yang tidak sedikit, harus mempunyai ekstra usaha untuk melakukannya. Belajar menjadi yang terbaik dimulai dari dalam diri kita sendiri dengan selalu bersyukur dengan apa yang kita milikiAnonymoushttps://www.blogger.com/profile/07003093211534845075noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-83168761719650865872019-01-02T09:23:14.845+07:002019-01-02T09:23:14.845+07:00Atin Argianti
18709251001
PPs PM A 2018
Pada prose...Atin Argianti<br />18709251001<br />PPs PM A 2018<br />Pada proses pembelajaran, guru mengaplikasikan rencana pembelajaran di kelas. Harapannya rencana pelaksanaannya sesuai tetapi besar kemungkinan berbeda karena masih rencana pembelajaran. Dalam proses pembelajaran guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran dan membebaskan siswa dalam mengkostruk pengetahuannya. Sehingga siswa dapat menemukan Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/07003093211534845075noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-57268822096024444902019-01-02T09:22:24.246+07:002019-01-02T09:22:24.246+07:00Atin Argianti
18709251001
PPs PM A 2018
Seorang gu...Atin Argianti<br />18709251001<br />PPs PM A 2018<br />Seorang guru sebelum melakukanproses pembelajaran pasti akan membuat rencana pembelajaran yang isinya tentang apa yang akan disampaikan dala proses pembelajaran. Pada tahap persiapan guru harus berpikir Panjang mengenai apa materi yang akan disampaikan, masalah apa yang harus dibahas, kemudian bagaimana cara menyelesaikan masalah tersebut Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/07003093211534845075noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-90399063483156918472019-01-01T17:50:51.006+07:002019-01-01T17:50:51.006+07:00Darwis Cahyo Nugroho
18709251038
S2 Pendidikan Mat...Darwis Cahyo Nugroho<br />18709251038<br />S2 Pendidikan Matematika B 2018<br /><br />Assalamualaikum wr.wb<br />Terkait dengan langkah pembelajaran tersebut, dengan pemecahan masalah, pada umumnya siswa akan lebih memahami dan mengingat ilmu lebih lama, apabila siswa dapat mencari sendiri cara memecahkan masalah tertentu. Namun hal itu tidak terlepas dari bimbingan guru untuk mengarahkannya Darwis Cahyo Nugrohohttps://www.blogger.com/profile/16988338101874266262noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-89255346005590239592019-01-01T17:45:14.745+07:002019-01-01T17:45:14.745+07:00Darwis Cahyo Nugroho
18709251038
S2 Pendidikan Mat...Darwis Cahyo Nugroho<br />18709251038<br />S2 Pendidikan Matematika B 2018<br /><br />Assalamualaikum wr.wb<br />Pembelajaran matematika akan lebih efektif apabila matematika lebih dekat dengan kehidupan siswa, entah dari pengalamannya ataupun suatu hal yang berhubungan dengan apa yang ada di lingkungannya. Artinya, dari pembelajaran matematika itu sendiri, pengetahuan yang diperoleh siswa dapat Darwis Cahyo Nugrohohttps://www.blogger.com/profile/16988338101874266262noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-88286664389274634922018-12-31T07:17:17.424+07:002018-12-31T07:17:17.424+07:00Dita Aldila Krisma
18709251012
PPs Pendidikan Mate...Dita Aldila Krisma<br />18709251012<br />PPs Pendidikan Matematika A 2018<br /><br />Saya melihat dokemantasi teman-teman saya yang mengajar di SD kalau pembelajaran yang mereka terapkan lebih menarik, aktif, dan kreatif dibandingkan saat saya SD dulu. Seiring berjalannya waktu, guru-guru saat ini maulai berinovasi dan berupaya menciptakan pembelajaran yang melibatkan keaktifan siswa. Upaya ini Dita Aldila Krismahttps://www.blogger.com/profile/08660002387758309609noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-56409044647718676852018-12-30T19:50:40.096+07:002018-12-30T19:50:40.096+07:00Nur Afni
18709251027
S2 Pendidikan Matematika B 20...Nur Afni<br />18709251027<br />S2 Pendidikan Matematika B 2018<br /> <br />Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.<br />Pembelajaran matematika di sd disesuaikan dengan kemampuan berpikir anak sd. Pembelajaran matematika berbasis realistik sangatlah membantu siswa untuk memahami konsep matematika. Mengenalkan benda-benda dalam kehidupan sehari-hari siswa kedalam konsep yang akan diajarkan. Nur Afni Yusrinhttps://www.blogger.com/profile/15105792521758487552noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-13196963852524237552018-12-30T10:53:58.628+07:002018-12-30T10:53:58.628+07:00Deden Hidayat
18709251032
S2 Pendidikan Matematika...Deden Hidayat<br />18709251032<br />S2 Pendidikan Matematika B 2018<br /><br />Saya sependapat dengan pendapat saudara Septia bahwa pembelajaran matematika di sekolah dasar harus disesuaikan dengan kemampuan anak. Untuk dapat melakukan hal tersebut tentunya diperlukan kepekaan dari seorang guru dalam memahami mengenai karakteristik-karakteristik siswa di kelas. Setalah memahami karakteristik dariAnonymoushttps://www.blogger.com/profile/06457351438253543335noreply@blogger.com