tag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post5253754810191557946..comments2023-12-05T12:14:52.538+07:00Comments on Philosophy, Psychology, Spiritual, Math Education, Lesson Study, Indonesia: Prof Dr Marsigit MA : Forum Tanya Jawab 63: Bagaimana Siswa Bisa Menentukan Kurikulum?Marsigithttp://www.blogger.com/profile/00400957216266693823noreply@blogger.comBlogger36125tag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-90549219633181037742021-10-07T11:30:59.405+07:002021-10-07T11:30:59.405+07:00dapatkan bonus harian berupa uang tunai di padang ...<br />dapatkan bonus harian berupa uang tunai di <a href="http://45.77.174.38" rel="nofollow">padang toto</a> , bisa dapat penghasilan tambahan dari rumah loh...nemo4dhttps://www.blogger.com/profile/10909700887994128742noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-68208297378832674172019-12-23T13:02:45.244+07:002019-12-23T13:02:45.244+07:00Ngaenun Nangim
19709251058
S2 Pendidikan Matematik...Ngaenun Nangim<br />19709251058<br />S2 Pendidikan Matematika D 2019<br /><br />Pembelajaran yang dijelaskan tersebut dapat menjadi cermin bagi pendidikan Indonesia untuk lebih menghargai ruang dan waktu. Setiap pembelajaran ada dalam ruang dan waktu berbeda sehingga tidaklah mungkin yang terjadi di dalamnya disamakan. Pembelajaran memang seharusnya dikondisikan sesuai ruang dan waktunya, Ngaenun Nangimhttps://www.blogger.com/profile/09254710155312410961noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-54599736877117502052019-10-01T21:23:57.972+07:002019-10-01T21:23:57.972+07:00M. Ikhsan Ghozali
19701261003
PEP S3 2019
Assalam...M. Ikhsan Ghozali<br />19701261003<br />PEP S3 2019<br /><br />Assalamu'alaikum wr.wb.<br />Tulisan di atas menguak perbedaan paradigma pembelajaran matematika di Indonesia dan London. Di Indonesia, pembelajaran berpusat pada guru, sedangkan di Londonm pembelajaran berpusat pada siswa. Di London, hal semacam ini diterapkan karena kebutuhan siswa yang berbeda-beda. Untuk menunjang itu, eM. Ikhsan Ghohttps://www.blogger.com/profile/01097346171815044107noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-33694309327564171512019-01-06T13:05:25.036+07:002019-01-06T13:05:25.036+07:00Kartianom
18701261001
S3 PEP 2018
Melalui membaca...Kartianom<br />18701261001<br />S3 PEP 2018<br /><br />Melalui membaca artikel yang Bapak tulis di atas, dapat disadari bahwa perbedaan yang menonjol dari penerapan pembelajaran matematika di London dibandingkan dengan di Indonesia. Dalam hal definisi kurikulum pun telah berbeda. Di London kurikulum dapat disesuaikan oleh sekolah masing-masing, menyerupai RPP di Indonesia. Sedangkan di Indonesia KARTIANOMhttps://www.blogger.com/profile/02454845429616706705noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-72142339578785022982019-01-02T07:37:56.660+07:002019-01-02T07:37:56.660+07:00Aizza Zakkiyatul Fathin
18709251014
Pps Pendidikan...Aizza Zakkiyatul Fathin<br />18709251014<br />Pps Pendidikan Matematika A<br /> <br />Terimakasih Pak Prof. atas pengalaman dalam observasi pembelajaran di London. Dari hasil observasi tersebut jelaslah berbeda dengan di Indonesia. Seperti yang telah disimpulkan dalam positingan ini bahwa di Indonesia pembelajaran matematika untuk siswa-siswa yang berbeda dituntut untuk mempelajari matematika Aizza'shttps://www.blogger.com/profile/00358038077919523720noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-16040924386619154732019-01-01T18:15:58.824+07:002019-01-01T18:15:58.824+07:00Surya Shofiyana Sukarman
18709251017
S2 Pendidika...Surya Shofiyana Sukarman <br />18709251017<br />S2 Pendidikan Matematika A 2018 <br /><br />Dari elegy diatas, bisa kita lihat perbedaan guru yang ada di London dan di Indonesia. Dimana guru di London mampu memfasilitasi siswa yag memilki tingkat kemampuan yang berbeda, contohnya menyediakna LKS yang beragam sesuai dengan kemampuan siswanya. Di indoesia, walaupun telah dilakukan penelitian Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/10803086663974514229noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-50064393026699674672019-01-01T18:07:25.829+07:002019-01-01T18:07:25.829+07:00Surya Shofiyana Sukarman
18709251017
S2 Pendidika...Surya Shofiyana Sukarman <br />18709251017<br />S2 Pendidikan Matematika A 2018 <br /><br />Kurikulum merupakan tumpuan awal bagaimana sistem pendidikan di suatu negara dilaksanakan. kurikulum bisa berbeda-beda antara sekolah satu dengan sekolah lain tergantung kebutuhan siswa dalam sekolah tersebut. Oleh karena itu butuhnya peran siswa dalam menentukan kurikulum. Dalam hal ini, siswa hendaknya Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/10803086663974514229noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-1096419288291889112018-12-29T09:53:05.371+07:002018-12-29T09:53:05.371+07:00Atin Argianti
18709251001
PPs PM A 2018
Berbeda de...Atin Argianti<br />18709251001<br />PPs PM A 2018<br />Berbeda dengan pembelajaran di Indonesia, kurikulum yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Harapannya kurikulum tersebut dapat diterapkan di sekolah dengan media guru. Guru yang hanya melakukan apa yang ditetapkan pemerintah untuk menjalankan kurikulum tersebut. Di Indonesia, guru dituntut untuk berinovasi dalam pembelajarannya dan kreatif Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/07003093211534845075noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-43103888252722288812018-12-29T09:51:10.170+07:002018-12-29T09:51:10.170+07:00Atin Argianti
18709251001
PPs PM A 2018
Dalam post...Atin Argianti<br />18709251001<br />PPs PM A 2018<br />Dalam postingan tersebut, menurut saya pembelajaran matematika yang dilakukan di kelas yang paling utama adalah menanamkan kesenangan pada siswanya. Jika siswa senang, siswa akan mengikuti pembelajaran dengan sangat antusias. Siswa yang mempunyai perbedaan dalam kemampuan dapat difasilitasi guru dengan memberikan LKS yang berbeda sesuai Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/07003093211534845075noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-20092915869601075692018-12-28T22:46:05.796+07:002018-12-28T22:46:05.796+07:00Fabri Hidayatullah
18709251028
S2 Pendidikan Matem...Fabri Hidayatullah<br />18709251028<br />S2 Pendidikan Matematika B 2018<br /><br />“Luar biasa prof”, itu yang terlintas dalam benak saya ketika membaca pengalaman Prof. Marsigit dalam bacaan di atas. Pembelajaran tersebut akan benar-benar dapat memfasilitasi kondisi siswa yang beragam. Pembelajaran dilakukan dengan menyesuaikan kebutuhan masing-masing siswa. Bahkan media pembelajaran dan fabrihttps://www.blogger.com/profile/03496361897749715407noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-28706036675521653022018-12-28T16:05:03.115+07:002018-12-28T16:05:03.115+07:00Erma Zelfiana Surni
18709251009
S2. P.Matematika A...Erma Zelfiana Surni<br />18709251009<br />S2. P.Matematika A 2018<br /><br />Assalamualaikum Wr. Wb<br />Salah satu tantangan terbesar guru adalah memfasilitasi semua siswa dalam belajarnya sesuai dengan karakteristiknya masing-masing. Didalam kelas tentu ada beberapa siswa yang menonjol dari siswa yang lainnya, siswa inilah yang kemudian digelari sebagai siswa yang cerdas. Namun siswa yang tidakAnonymoushttps://www.blogger.com/profile/12454384051884601848noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-85524120303846285532018-12-28T15:31:56.687+07:002018-12-28T15:31:56.687+07:00Erma Zelfiana Surni
18709251009
S2. P.Matematika A...Erma Zelfiana Surni<br />18709251009<br />S2. P.Matematika A 2018<br /><br />Assalamualaikum Wr. Wb<br />Dari sini saya memahami bahwa pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang turut melibatkan siswa dalam penilaian, refleksi, evaluasi maupun perencanaan pembelajaran. Sudah sepatutnya hal itu dilakukan mengingat tujuan dari pembelajaran itu ialah untuk dan milik mereka, merekalah yang Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/12454384051884601848noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-87839421904440334942018-12-28T15:20:53.063+07:002018-12-28T15:20:53.063+07:00This comment has been removed by the author.Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/12454384051884601848noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-70038114928345430392018-12-26T23:00:23.509+07:002018-12-26T23:00:23.509+07:00Cahya Mar'a Saliha Sumantri
18709251034
S2 Pen...Cahya Mar'a Saliha Sumantri<br />18709251034<br />S2 Pendidikan Matematika B<br /><br />Assalamualaikum wr.wb.<br />Sama halnya dengan perubahan guru yang bisa didasari oleh sikap siswa, berlanjut ke arah sistem pendidikannya. Maksudnya, bila telah diterapkan suatu pedoman mengajar tetapi tidak sesuai apa yang terjadi di lapangan dengan faktor siswa yang di luar ekspektasi pedoman maka itu Cahya Mar'a Saliha Sumantrihttps://www.blogger.com/profile/00415197294975658663noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-29342467506702628022018-12-26T08:17:33.259+07:002018-12-26T08:17:33.259+07:00Rosi Anista
18709251040
S2 Pendidikan Matematika B...Rosi Anista<br />18709251040<br />S2 Pendidikan Matematika B<br /><br />Kurikulum adalah seperangkat atau sistem rencana dan pengaturan mengenai isi dan bahan pembelajaran yang dipedomani dalam aktivitas belajar mengajar. Kurikulum merupakan suatu sistem pembelajaran yang digunakan untuk mencapai tujuan karna berhasil atau tidaknya sistem pembelajaran diukur dari banyaknya tujuan-tujuan yang Rosi Anistahttps://www.blogger.com/profile/08762797426722719629noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-91966559341053916782018-12-26T02:18:06.630+07:002018-12-26T02:18:06.630+07:00Amalia Nur Rachman
18709251042
S2 Pendidikan Matem...Amalia Nur Rachman<br />18709251042<br />S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018<br /><br />Di Indonesia, kurikulum ditentukan oleh pemerintah dapat dikatakan belum sesuai dengan kebutuhan para siswa. Sementara di Inggris, kurikulum disesuaikan dengan kebutuhan para siswa. Diperlukan usaha yang lebih dan profesionalisme yang luar biasa dari guru agar para siswanya dapat belajar berdasarkan kebutuhan.Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/14084511649584158372noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-89087502275566358802018-12-25T20:20:56.254+07:002018-12-25T20:20:56.254+07:00Deden Hidayat
18709251032
S2 Pendidikan Matematika...Deden Hidayat<br />18709251032<br />S2 Pendidikan Matematika B 2018<br /><br />Siswa menentukan kurikulum, merupakan sebuah judul yang menarik menurut saya. Seperti yang kita tahu bahwa kurikulum merupakan sebuah perangkat pembelajaran yang diberikan oleh suatu lembaga pendidikan yang berisi mengenai rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada siswa. Namun kurikulum yang ada dikita ini terasa Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/06457351438253543335noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-10363803749323778712018-12-25T20:05:45.880+07:002018-12-25T20:05:45.880+07:00Deden Hidayat
18709251032
S2 Pendidikan Matematika...Deden Hidayat<br />18709251032<br />S2 Pendidikan Matematika B 2018<br /><br />Seorang guru dituntut untuk selalu mampu mengembangkan bahan ajar yang mampu memfasilitasi kemampuan siswa di kelas. Namun kemampuan siswa di dalam kelas tidak hanya satu macam, melainkan ada yang siswa berkemampuan tinggi dan ada siswa yang berkemampuan rendah. Oleh karena itu bahan ajar yang dirancang oleh seorang Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/06457351438253543335noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-92144595795292998252018-12-24T21:45:59.916+07:002018-12-24T21:45:59.916+07:00Endah Kusrini
18709251015
S2 Pendidikan Matematika...Endah Kusrini<br />18709251015<br />S2 Pendidikan Matematika A 2018<br /><br />Tugas guru memang tidak mudah. Guru adalah salah satu factor penentu keberhasilan proses pembelajaran. Yang perlu digarisbawahi adalah keberhasilan proses pembelajaran bukan diartikan sebagai semua siswa mencapai kompetensi yang sama, namun bagaimana siswa-siswa dapat memaksimalkan potensi yang ada pada diri mereka Endah Kusrinihttps://www.blogger.com/profile/05763224166681198152noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-12756477512695068962018-12-24T15:13:08.219+07:002018-12-24T15:13:08.219+07:00Septia Ayu Pratiwi
18709251029
S2 Pendidikan Mate...Septia Ayu Pratiwi <br />18709251029<br />S2 Pendidikan Matematika 2018<br /><br />Terdapat beberapa perbedaan kurikulum di Indonesia dan di Inggris. Meskipun terdapat kelebihannya masing-masing, terdapat pula kelemahannya masing-masing pula. Kurikulum di Indonesia cenderung menyamaratakan kemampuan anak yang sebenarnya berbeda. Pelajaran yang dapat diambil dari pemaparan diatas adalah bahwa LKS Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/08203432380887905199noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-2883519255684193612018-12-24T08:12:55.071+07:002018-12-24T08:12:55.071+07:00Sintha Sih Dewanti
18701261013
PPs S3 PEP UNY
Ket...Sintha Sih Dewanti<br />18701261013<br />PPs S3 PEP UNY<br /><br />Ketika membaca kalimat “bagaimana mungkin seorang siswa ikut menentukan Kurikulum?”. Rasanya agak aneh. Akan tetapi jika dipahami isinya, memang benar seharusnya untuk mengembangkan dan menentukan kurikulum juga harus melihat kompetensi yang dibutuhkan siswa untuk era sekarang dan masa depan. Berbagai permasalahan yang muncul Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/01601728478598500956noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-59828594424144638942018-12-23T19:17:00.738+07:002018-12-23T19:17:00.738+07:00Anggoro Yugo Pamungkas
18709251026
S2 Pend.Matemat...Anggoro Yugo Pamungkas<br />18709251026<br />S2 Pend.Matematika B 2018<br /><br />Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.<br />Berdasarkan artikel diatas, terima kasih prof atas cerita dalam artikel ini. Dala artikel ini menunjukkan bahwa pada waktu yang berbeda, berbagai siswa, mempelajari matematika yang berbeda, dengan kecepatan dan kemampuan yang berbeda, dengan hasil yang boleh berbeda Anggoro Yugo Pamungkashttps://www.blogger.com/profile/16992614964855161232noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-55050003192633487012018-12-20T16:24:02.617+07:002018-12-20T16:24:02.617+07:00Bayuk Nusantara Kr.J.T
18701261006
PEP S3
Kalima...Bayuk Nusantara Kr.J.T<br />18701261006<br />PEP S3<br /><br /><br />Kalimat berikut seharusnya dijadikan sebagai refleksi untuk kita "Untuk waktu yang sama, berbeda-beda siswa, dituntut mempelajari matematika yang sama, dengan hasil yang harus sama, yaitu sama dengan yang dipikirkan oleh gurunya". Artinya, siswa di Indonesia "dipaksa" untuk mempelajari matematika yang sama Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/17573725456345431089noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-29293475234615841602018-12-16T21:17:33.466+07:002018-12-16T21:17:33.466+07:00Herlingga Putuwita Nanmumpuni
18709251033
S2 Pend...Herlingga Putuwita Nanmumpuni <br />18709251033<br />S2 Pendidikan Matematika B 2018<br /><br />Saya tertarik pada fakta dimana setiap siswa mendapat LKS yang berbeda sesuai dengan kecepatan dan kemampuan siswa masing-masing. Bagi saya ini sungguh mengagumkan. Untuk mempersiapkan LKS satu jenis saja untuk pembelajaran tidaklah dapat dikatakan mudah, apalagi mempersiapkan LKS yang berbeda sesuai Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/12385734455895341243noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-61231063944684735902018-12-16T21:15:29.605+07:002018-12-16T21:15:29.605+07:00Herlingga Putuwita Nanmumpuni
18709251033
S2 Pend...Herlingga Putuwita Nanmumpuni <br />18709251033<br />S2 Pendidikan Matematika B 2018<br /><br />Dari forum tanya jawab ini dapat disimpulkan bahwa :<br />"Pbm matematika di London, menganut paradigma : pada waktu yang berbeda, berbeda-beda siswa, mempelajari matematika yang berbeda, dengan kecepatan dan kemampuan yang berbeda, dengan hasil yang boleh berbeda pula". Cara Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/12385734455895341243noreply@blogger.com