tag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post486435663027336442..comments2023-12-05T12:14:52.538+07:00Comments on Philosophy, Psychology, Spiritual, Math Education, Lesson Study, Indonesia: Prof Dr Marsigit MA : Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 9: School MathematicsMarsigithttp://www.blogger.com/profile/00400957216266693823noreply@blogger.comBlogger38125tag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-91406561566757811962019-12-30T16:21:16.345+07:002019-12-30T16:21:16.345+07:00Hidayatul wafiroh
19701251010
S2 PEP A 2019
Hake...Hidayatul wafiroh <br />19701251010<br />S2 PEP A 2019<br /><br />Hakekat matematika menurut ebbutt dan straker adalah hakekat yang ramah dan menyenangkan. Dimana siswa diajak terlibat secara langsung dalam proses pemecahan masalah. Hal tersebut akan membantu siswa untuk membangu konsep dan kemampuan intuisi siswa. Sehingga kemampuan berpikir siswa menjadi lebih baik baik. Berbeda ketika Hidayatul wafirohhttps://www.blogger.com/profile/06491434206709962366noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-15552888593583359682019-12-25T09:18:14.472+07:002019-12-25T09:18:14.472+07:00Vera Yuli Erviana
NIM 19706261005
S3 Pendidikan Da...Vera Yuli Erviana<br />NIM 19706261005<br />S3 Pendidikan Dasar 2019 <br /><br />Assalamu'alaikum Wr. Wb.<br />Pada hakekatnya, matematika adalah kegiatan penelusuran bola, kegiatan problem solving, kegiatan investigasi dan komunikasi. Hakekat tersebut dipandang sebagai alternatif supaya matematika di sekolah tampak menyenangkan. Tetapi pada kenyataannya peserta didik banyak yang enggan Vera Yuli Ervianahttps://www.blogger.com/profile/09801624142562571897noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-52722430234379195002019-12-22T14:22:53.243+07:002019-12-22T14:22:53.243+07:00Ahmad Syajili
19709251066
S2 PM D 2019
Assalamual...Ahmad Syajili<br />19709251066<br />S2 PM D 2019<br /><br />Assalamualaikum wr.wb<br /><br />Terima kasih Pak Prof. atas postingan ini. Dari elegi ini saya dapat mengambil pelajaran bahwa dalam mengenalkan matematika kepada anak-anak tidaklah mudah. Kita harus benar-benar memperhatikan faktor apa saja yang memungkinkan bagi anak agar mampu menerima pembelajaran matematika dengan baik. Untuk itu, Ahmad syajilihttps://www.blogger.com/profile/06090833089732083612noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-75560530938814915842019-12-13T19:06:20.114+07:002019-12-13T19:06:20.114+07:00Mira Amalia Yudhanti
19701251014
S2 PEP A 2019
Ha...Mira Amalia Yudhanti<br />19701251014<br />S2 PEP A 2019<br /><br />Hakekat matematika di sekolah menurut Ebbutt and Straker tampak lebih ramah dan menyenangkan bagi diri siswa. Karena matematika bisa didefinisikan sebagai suatu kegiatan, berarti bahwa siswa dilibatkan secara langsung dalam menemukan dan bagaimana menyelesaikan persoalan-persoalan yang berhubungan dengan matematika. Sehingga Mira Amalia Yhttps://www.blogger.com/profile/14737850765119281020noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-61031846165205206732019-01-08T02:07:35.750+07:002019-01-08T02:07:35.750+07:00Keempat Hakekat matematika menurut Ebbut and Strak...Keempat Hakekat matematika menurut Ebbut and Straker ini memang menjadi ramah dan menyenangkan bagi diri siswa dan hal tersebut akan bertahan apabilah seorang siswa memiliki kertertarikan terhadap empat hakekat matematika sekolah tersebut. Dengan demikian siswa dapat termotivasi mempelajari matematika karena mereka menganggap bahwa matematika itu menyenangkan.Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/12454384051884601848noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-81588874432760924222019-01-08T02:07:13.252+07:002019-01-08T02:07:13.252+07:00Hakekat matematika menurut Ebbut and Straker terse...Hakekat matematika menurut Ebbut and Straker tersebut memang menjadi ramah dan menyenangkan bagi diri siswa dengan tentunya siswa tersebut terlebih dahulu memahami kapasitas ilmunya dalam matematika. Siswa yang cenderung menyukai komunikasi maka itulah yang membuatnya termotivasi mempelajari hal tersebut. Sehingga hal ini dikatakan matematika adalah komunikasi.Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/12454384051884601848noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-39518568937668753842019-01-08T02:06:52.123+07:002019-01-08T02:06:52.123+07:00Hakekat matematika menurut Ebbut and Straker terse...Hakekat matematika menurut Ebbut and Straker tersebut memang menjadi ramah dan menyenangkan bagi diri siswa dengan tentunya siswa tersebut terlebih dahulu memahami kapasitas ilmunya dalam matematika. Siswa yang cenderung menyukai kegiatan investigasi maka itulah yang membuatnya termotivasi mempelajari hal tersebut. Sehingga hal ini dikatakan matematika adalah kegiatan investigasi.Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/12454384051884601848noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-64190311301781267842019-01-08T02:06:31.785+07:002019-01-08T02:06:31.785+07:00Hakekat matematika menurut Ebbut and Straker terse...Hakekat matematika menurut Ebbut and Straker tersebut memang menjadi ramah dan menyenangkan bagi diri siswa dengan tentunya siswa tersebut terlebih dahulu memahami kapasitas ilmunya dalam matematika. Siswa yang cenderung menyukai problem solving maka itulah yang membuatnya termotivasi mempelajari hal tersebut. Sehingga hal ini dikatakan matematika adalah kegiatan problem solving.Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/12454384051884601848noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-25716405380137485862019-01-08T02:05:56.241+07:002019-01-08T02:05:56.241+07:00Erma Zelfiana Surni
18709251009
S2. P.Matematika A...Erma Zelfiana Surni<br />18709251009<br />S2. P.Matematika A 2018<br /><br />Assalamualaikum Wr. Wb<br />Ebbutt and Straker (1995) mendefinisikan SCHOOL MATHEMATICS, yang kemudian disebut saja sebagai Hakekat Matematika Sekolah sebagai berikut:<br />1. Matematika adalah kegiatan penelusuran pola atau hubungan<br />2. Matematika adalah kegiatan problem solving<br />3. Matematika adalah kegiatan Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/12454384051884601848noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-70660985259695705682019-01-07T23:49:41.144+07:002019-01-07T23:49:41.144+07:00Kartianom
18701261001
S3 PEP 2018
School Mathemat...Kartianom<br />18701261001<br />S3 PEP 2018<br /><br />School Mathematics untuk membangun intuiis matematika siswa. dalam pembelajaran di sekolah siswa haruslah membangun intuisi matematika mereka melalui kemampuan problem solving (kemampuan siswa dalam memecahkan permasalahan matematis, kemampuan menemukan pola atau menemukan hubungan dari fakta-fakta yang ada sehingga menjadi suatu kesimpulan, KARTIANOMhttps://www.blogger.com/profile/02454845429616706705noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-33339635395559946252019-01-02T06:18:44.793+07:002019-01-02T06:18:44.793+07:00Umi Arismawati
18709251037
S2 Pendidikan Matematik...Umi Arismawati<br />18709251037<br />S2 Pendidikan Matematika B 2018<br /><br />Assalamu'alaikum, Wr. Wb.<br />Dalam matematika sekolah, tidak dianjurkan pembelajaran bermula dengan definisi. Definisi merupakan suatu hal yang abstrak yang susah dipahami oleh siswa. Sesuai dari hakekat matematika sekolah yang telah disebutkan bahwa matematika sebagai aktivitas pola atau hubungan, kegiatan Umi Arismawatihttps://www.blogger.com/profile/09573451425663839055noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-73828554650652141482019-01-02T06:14:49.721+07:002019-01-02T06:14:49.721+07:00Umi Arismawati
18709251037
S2 Pendidikan Matematik...Umi Arismawati<br />18709251037<br />S2 Pendidikan Matematika B 2018<br /><br />Assalamu'alaikum, Wr. Wb.<br />Dalam definisi tersebut dijelaskan salah satu hakekat matematika yaitu matematika adalah kegiatan problem solving. Dalam pembelajaran, guru dapat memulai dengan memberikan masalah dan masalah yang disajikan merupakan masalah kontekstual. Hal ini dimaksudkan agar siswa tahu bahwa Umi Arismawatihttps://www.blogger.com/profile/09573451425663839055noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-17674246395114637132019-01-02T06:10:56.807+07:002019-01-02T06:10:56.807+07:00Umi Arismawati
18709251037
S2 Pendidikan Matematik...Umi Arismawati<br />18709251037<br />S2 Pendidikan Matematika B 2018<br /><br />Assalamu'alaikum, Wr. Wb.<br />Mengubah pandangan para siswa dengan kembali matematika sebagai aktivitas pola atau hubungan, kegiatan pemecahan masalah, kegiatan investigasi, dan komunikasi pencarian. Kebiasaan guru masih mengajar matematika dengan mentransfer ilmu dan memberikan latihan yang harus berubah karena Umi Arismawatihttps://www.blogger.com/profile/09573451425663839055noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-49979821610995654602018-12-31T09:28:59.841+07:002018-12-31T09:28:59.841+07:00Surya Shofiyana Sukarman
18709251017
S2 Pendidika...Surya Shofiyana Sukarman <br />18709251017<br />S2 Pendidikan Matematika A 2018<br /><br />dengan menghadirkan sebuah masalah maka siswa akan berusaha untuk memechkannya, hal ini membantu siswa dalam membangun kognitifnya melalui proses pembelajaran. Dengan kegiatan pemecahan masalah mendorong siswa untuk berfikir logis, konsisten, sistematis. Mengembangkan kompetensi dan keterampilan untuk Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/10803086663974514229noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-62596900411296180182018-12-31T09:14:00.717+07:002018-12-31T09:14:00.717+07:00Surya Shofiyana Sukarman
18709251017
S2 Pendidika...Surya Shofiyana Sukarman <br />18709251017<br />S2 Pendidikan Matematika A 2018<br /><br />Ebbutt and Straker (1995) menyatakan bahwa hakekat matmeatika sekolah adalah proses komunikasi, matematika adalah komunkasi maka kita bisa katakan bahwa matematika sebagai bahasa, yaitu menyatakan ataupun mengkomunikasikan gagasan ataupun ide-ide menggunakan simbol-simbol matematika. <br />Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/10803086663974514229noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-1724553119041331442018-12-30T22:43:30.139+07:002018-12-30T22:43:30.139+07:00Nur Afni
18709251027
S2 Pendidikan Matematika B 20...Nur Afni<br />18709251027<br />S2 Pendidikan Matematika B 2018<br /> <br />Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.<br />Hal yang dapat disimpulkan dari elegi ini adalah Hakikat matematika agar dipandang ramah adalah matematika adalah sebagai kegiatan penelusuran pola atau hubungan. Matematika sebagai kegiatan pemecahan masalah. Matematika sebagai kegiatan investigasi. Dan matematika sebagai Nur Afni Yusrinhttps://www.blogger.com/profile/15105792521758487552noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-78336470483403116242018-12-28T22:32:24.600+07:002018-12-28T22:32:24.600+07:00Fabri Hidayatullah
18709251028
S2 Pendidikan Matem...Fabri Hidayatullah<br />18709251028<br />S2 Pendidikan Matematika B 2018<br /><br />Matematika sejatinya bersifat abstrak sehingga sangat sulit untuk dijangkau oleh anak-anak. Sesuai dengan kodratnya, anak-anak berada di dalam ranah konkert. Maka agar matematika yang abstrak dapat dengan mudah bergaul dengan anak-anak, matematika harus dihadirkan dalam bentuk lain yang sesuai dengan fabrihttps://www.blogger.com/profile/03496361897749715407noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-62278987446169701822018-12-28T22:07:13.254+07:002018-12-28T22:07:13.254+07:00Yoga Prasetya
18709251011
S2 Pendidikan Matematika...Yoga Prasetya<br />18709251011<br />S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A<br />Matematika dianggap sebagai pelajaran yang sulit dan menakutkan, oleh karena itu pendidik dapat menggunakan berbagai pendekatan seperti pendekatan problem solving. Dengan menggunakan pendekatan tersebut membuat pelajaran matematika yang abstrak dapat mudah diterima dan dipahami oleh siswa. Sehingga dalam hal ini siswa Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/04047730947002493198noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-37470929231398451462018-12-27T17:06:15.775+07:002018-12-27T17:06:15.775+07:00Amalia Nur Rachman
18709251042
S2 Pendidikan Matem...Amalia Nur Rachman<br />18709251042<br />S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018<br /><br />Dalam mempelajari matematika, siswa dapat memahami secara mendalam serta mengaplikasikannya dengan baik. Banyak potensi besar untuk memberikan berbagai macam kemampuan dan sikap yang diperlukan oleh manusia agar ia bisa hidup secara cerdas (intelligent) dalam lingkungannya. Adapun diantaranya ialah kemampuan Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/14084511649584158372noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-42405712561030873322018-12-25T14:44:29.825+07:002018-12-25T14:44:29.825+07:00Rosi Anista
18709251040
S2 Pendidikan Matematika B...Rosi Anista<br />18709251040<br />S2 Pendidikan Matematika B<br /><br />Assalamualaikum wr wb<br />Matematika sangat erat kaitannya dengan problem solving, sehingga pernyataan di atas yang menyebutkan bahwa matematika adalah kegiatan problem solving sangat benar. Kemampuan dalam memecahkan masalah haruslah menjadi kemampuan dasar seseorang dalam matematika. Sehingga <br />keterampilan proses dan Rosi Anistahttps://www.blogger.com/profile/08762797426722719629noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-61084650973481221292018-12-24T20:17:40.475+07:002018-12-24T20:17:40.475+07:00Atin Argianti
18709251001
PPs PM A 2018
Siswa yang...Atin Argianti<br />18709251001<br />PPs PM A 2018<br />Siswa yang mempunyai mindset bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit dan menakutkan harus dihilangkan. Salah satu cara menghilangkan mindset bahwa matematika sulit dan menakutkan adalah dengan memberikan pujian tentang hasil belajar siswa. Dengan pujian tersebut, siswa akan terkurang beban kognitifnya. Mengurangi beban kognitif siswa Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/07003093211534845075noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-77113372170115977672018-12-23T11:29:25.160+07:002018-12-23T11:29:25.160+07:00Sintha Sih Dewanti
18701261013
PPs S3 PEP UNY
Sal...Sintha Sih Dewanti<br />18701261013<br />PPs S3 PEP UNY<br /><br />Salah satu hakekat matematika sekolah yang disebutkan di atas adalah “Matematika adalah kegiatan penelusuran pola atau hubungan”. Implikasi dari pandangan ini terhadap pembelajaran matematika adalah: guru perlu memberi kesempatan kepada siswa untuk melakukan kegiatan penemuan dan penyelidikan pola-pola untuk menentukan hubungan, Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/01601728478598500956noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-51535219813437925942018-12-22T01:02:30.748+07:002018-12-22T01:02:30.748+07:00Septia Ayu Pratiwi
18709251029
S2 Pendidikan Mate...Septia Ayu Pratiwi <br />18709251029<br />S2 Pendidikan Matematika 2018<br /><br />Matematika adalah kegiatan penelusuran pola dan hubungan, kegiatan problem solving, kegiatan investigasi, dan komunikasi. Oleh sebab itu matematika memiliki hubungan dnegan ilmu yang lainnya. Matematika ialah dasar dari suatu ilmu pengetahuan. Mengomunikasikan matematika yaitu dengan menerapkan konsep-konsep Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/08203432380887905199noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-10935957804289848782018-12-18T13:16:05.111+07:002018-12-18T13:16:05.111+07:00Bayuk Nusantara Kr.J.T
18701261006
PEP S3
Matema...Bayuk Nusantara Kr.J.T<br />18701261006<br />PEP S3<br /><br /><br />Matematika adalah komunikasi. Komunikasi dalam matematika sekolah bisa dilakukan melalui kelompok diskusi. Kelompok diskusi bisa dikelompokkan sesuai dengan achievement siswa. Dalam kelompok diskusi tersebut, siswa dapat mengutarakan ide ide dan menerima pendapat dari orang lain. Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/17573725456345431089noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-80679197777738779582018-12-17T05:53:25.256+07:002018-12-17T05:53:25.256+07:00Herlingga Putuwita Nanmumpuni
18709251033
S2 Pend...Herlingga Putuwita Nanmumpuni <br />18709251033<br />S2 Pendidikan Matematika B 2018<br /><br />Matematika itu tidaklah tunggal. Contoh sederhananya yaitu matematika yang dipelajari siswa-siswa di sekolah (matematika sekolah) dan matematika murni (matematika yang dipelajari para ilmuwan) adalah 2 hal yang berbeda. Matematika di sekolah memang diperuntukkan bagi para siswa karena sifat dari Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/12385734455895341243noreply@blogger.com