tag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post380738537429959064..comments2023-12-05T12:14:52.538+07:00Comments on Philosophy, Psychology, Spiritual, Math Education, Lesson Study, Indonesia: Prof Dr Marsigit MA : Constructing Mathematics Activity at Group-Discussion of The 6th Grade Students Of Primary SchoolsMarsigithttp://www.blogger.com/profile/00400957216266693823noreply@blogger.comBlogger17125tag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-38645767291785321582019-01-04T23:51:50.715+07:002019-01-04T23:51:50.715+07:00Yoga Prasetya
18709251011
S2 Pendidikan Matematika...Yoga Prasetya<br />18709251011<br />S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A<br />Tulisan di atas menjelaskan mengenai hasil penelitian yang dilakukan dengan diskusi kelompok untuk siswa SD kelas 6 yang berlangsung tiga siklus. Pendekatan dengan menggunakan diskusi kelompok merupakan salah satu pendekatan yang dapat diterapkan untuk membangun karakteristik siswa. Siswa dituntut untuk menemukan ide Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/04047730947002493198noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-48821241325294555122019-01-02T20:38:39.694+07:002019-01-02T20:38:39.694+07:00Herlingga Putuwita Nanmumpuni
18709251033
S2 Pend...Herlingga Putuwita Nanmumpuni <br />18709251033<br />S2 Pendidikan Matematika B 2018<br /><br />Dalam pembelajaran di kelas, tidak terkecuali dalam pelajaran matematika dibutuhkan adanya komunikasi baik antara guru dengan siswa maupun antara siswa dengan siswa. Bahkan dalam mengkonstruksikan matematika di dalam benak siswa pun diperlukan adanya komunikasi. Seperti teori Vygotsky dimana adanya Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/12385734455895341243noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-91154347054281200092018-12-31T10:15:03.214+07:002018-12-31T10:15:03.214+07:00Nur Afni
18709251027
S2 Pendidikan Matematika B 20...Nur Afni<br />18709251027<br />S2 Pendidikan Matematika B 2018<br /> <br />Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.<br />Dapat disimpulkan bahwa Persepsi guru tentang perannya dalam mendukung pembelajaran anak-anak dan niat mereka untuk kegiatan tersebut tampaknya berubah dari satu siklus ke siklus berikutnya. dalam seluruh kegiatannya ini juga tampak jelas; salah satu indikasi adalah fakta Nur Afni Yusrinhttps://www.blogger.com/profile/15105792521758487552noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-54785289689517882552018-12-31T10:12:31.002+07:002018-12-31T10:12:31.002+07:00Nur Afni
18709251027
S2 Pendidikan Matematika B 20...Nur Afni<br />18709251027<br />S2 Pendidikan Matematika B 2018<br /> <br />Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.<br />Lanjut pada siklus ketiga, guru memperkenalkan pelajaran, menyampaikan informasi, mengajukan masalah dan menjelaskan apa yang harus dilakukan siswa dalam kegiatan berikut.setelah memerintahkan siswa untuk menghasilkan perkalian dari dua jenis angka yang dapat dibalik, guru Nur Afni Yusrinhttps://www.blogger.com/profile/15105792521758487552noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-78883830836615500882018-12-31T10:11:30.517+07:002018-12-31T10:11:30.517+07:00Nur Afni
18709251027
S2 Pendidikan Matematika B 20...Nur Afni<br />18709251027<br />S2 Pendidikan Matematika B 2018<br /> <br />Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.<br />Pada siklus pertama, guru memperkenalkan pelajaran, menyampaikan informasi, mengajukan masalah dan menjelaskan apa yang harus dilakukan siswa. kemudian guru membiarkan siswa untuk bekerja dalam diskusi kelompok; total ada 8 diskusi kelompok, masing-masing terdiri dari 4 Nur Afni Yusrinhttps://www.blogger.com/profile/15105792521758487552noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-68346387516479208932018-12-28T22:48:03.435+07:002018-12-28T22:48:03.435+07:00Fabri Hidayatullah
18709251028
S2 Pendidikan Matem...Fabri Hidayatullah<br />18709251028<br />S2 Pendidikan Matematika B 2018<br /><br />Salah satu cara yang dapat ditempuh guru untuk melibatkan siswa secara aktif di dalam pembelajaran ialah dengan diskusi kelompok. Siswa dibagi ke dalam kelompok-kelompok kecil agar dapat berdiskusi dengan teman kelompoknya dalam membangun pengetahuan. Dalam kegiatan ini, guru harus mengetahui sejauh mana perannya fabrihttps://www.blogger.com/profile/03496361897749715407noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-24701031993390424782018-12-26T20:12:19.506+07:002018-12-26T20:12:19.506+07:00Agnes Teresa Panjaitan
S2 Pendidikan Matematika A ...Agnes Teresa Panjaitan<br />S2 Pendidikan Matematika A 2018<br />18709251013<br /><br />Tulisan diatas menjabarkan tentang hasil penelitian tindakan kelas yang terlaksana dalam pembelajaran matematika. Dapat disimpulkan bahwa pada pembelajaran yang terjadi, guru adalah fasilitator yang membangun diskusi siswa sehingga terjadi interaksi siswa dalam diskusi. Kemudian, guru memiliki peran yang Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/11925957528088907246noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-69647335909196233252018-12-26T10:51:06.708+07:002018-12-26T10:51:06.708+07:00Atin Argianti
18709251001
PPs PM A 2018
Berdasarka...Atin Argianti<br />18709251001<br />PPs PM A 2018<br />Berdasarkan artike tersebut, dapat disimpulkan bahwa interaksi antara guru dan siswa. Interaksi yang terjadi antara guru dan siswa dapat menumbuhkan motivasi siswa. Karena dengan interaksi tersebut, guru yang mengetahui motivasi belajar siswanya akan lebih mendekati siswa yang memiliki motivasi yang kuran tanpa melupakan siswa yang lain. Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/07003093211534845075noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-6273920823871618202018-12-26T09:49:06.255+07:002018-12-26T09:49:06.255+07:00Rosi Anista
18709251040
S2 Pendidikan Matematika B...Rosi Anista<br />18709251040<br />S2 Pendidikan Matematika B<br /><br />Guru dengan tugas pokok dan fungsinya sebagai pendidik bertindak sebagai fasilitator san motivator dalam kegiatan pembelajaran. Siswa dengan kemampuannya diberikan kebebasan untuk mengembangkan daya pikir, kreativitas dan inovasinya. Interaksi guru dengan siswa dan antar siswa menjadi lebih terjalin. Alhasil, proses Rosi Anistahttps://www.blogger.com/profile/08762797426722719629noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-28924765847588028572018-12-26T02:00:00.514+07:002018-12-26T02:00:00.514+07:00
Amalia Nur Rachman
18709251042
S2 Pendidikan Mate...<br />Amalia Nur Rachman<br />18709251042<br />S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018<br /><br />Pembelajaran matematika secara konstruktivis dan kooperatif akan mengarahkan siswa untuk bekerja sama dalam kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari berbagai tingkat latar belakang dan kondisi yang berbeda untuk saling membantu satu sama lain dalam mempelajari materi pelajaran. Para siswa akan dapat Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/14084511649584158372noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-65718271235906444092018-12-25T01:49:30.569+07:002018-12-25T01:49:30.569+07:00Septia Ayu Pratiwi
18709251029
S2 Pendidikan Mate...Septia Ayu Pratiwi <br />18709251029<br />S2 Pendidikan Matematika 2018<br /><br />Artikel diatas berisi tentang penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kolaboratif evaluative-reflektif-partisipatif-kritis. Penelitian ini bertujuan untuk memperluas pembelajaran anak-anak dari siklus 1 ke siklus 3 memberikan pengalaman siswa untuk mengembangkan konsep mereka. Terdapat keterkaitan Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/08203432380887905199noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-60446131599615762352018-12-24T15:18:44.591+07:002018-12-24T15:18:44.591+07:00Sintha Sih Dewanti
18701261013
PPs S3 PEP UNY
Pad...Sintha Sih Dewanti<br />18701261013<br />PPs S3 PEP UNY<br /><br />Pada artikel ini dijelaskan bahwa “These important roles were not only evident in her having an awareness of the developmental goals, but also the knowledge of their students, her sensitivities to the student’s interests and motivation.” Dalam hal ini diperlukan hubungan kedekatan antara guru dengan siswa. Hubungan guru dengan Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/01601728478598500956noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-8273187613666755762018-12-23T17:48:27.591+07:002018-12-23T17:48:27.591+07:00Anggoro Yugo Pamungkas
18709251026
S2 Pend.Matemat...Anggoro Yugo Pamungkas<br />18709251026<br />S2 Pend.Matematika B 2018<br /><br />Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.<br />Berdasarkan artikel diatas, menjelaskan dan memahamkan interaksi antara guru dan siswa mereka dan di antara siswa sendiri dalam diskusi kelompok. Peran guru menjadi salah satu faktor penting bagi anak-anak mereka untuk mengembangkan kognitif mereka di antara kendala Anggoro Yugo Pamungkashttps://www.blogger.com/profile/16992614964855161232noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-63437512471610275562018-12-20T21:48:19.078+07:002018-12-20T21:48:19.078+07:00Dini Arrum Putri
18709251003
S2 P Math A 2018
Ar...Dini Arrum Putri <br />18709251003<br />S2 P Math A 2018<br /><br />Artikel di atas menjelaskan tentang bagaimana guru dan siswa sama sama membuat suasana pembelajaran yang berorientasi dimana siswa dapat menyelesaikan masalah terkait kehidupan sehari-hari, bagaimana guru mencoba mengenalkan pola dan struktur atau konsep konsep agar siswa lebih mengerti dalam belajar matematika. Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/06929271158453882959noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-69766077410440907232018-12-20T17:02:52.348+07:002018-12-20T17:02:52.348+07:00Bayuk Nusantara Kr.J.T
18701261006
PEP S3
I agree...Bayuk Nusantara Kr.J.T<br />18701261006<br />PEP S3<br /><br />I agree that students' way in achieving task seemed to be different. Students way in understanding the material is different also. This should be our consideration in delivering the material because students are different. Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/17573725456345431089noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-60632373342949267792018-12-15T16:01:24.425+07:002018-12-15T16:01:24.425+07:00Rindang Maaris Aadzaar
18709251024
S2 Pendidikan M...Rindang Maaris Aadzaar<br />18709251024<br />S2 Pendidikan Matematika 2018<br /><br />Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh<br />Pada diskusi kelompok yang dilakukan untuk siswa SD kelas 6, dapat dilihat adanya interaksi antara siswa dan guru dalam kelompok. Dengan dilakukan diskusi kelompok, kemampuan siswa lebih berkembang lagi baik secara eksplisit hingga implisit. Dalam hal ini guru Rindang Maaris Aadzaarhttps://www.blogger.com/profile/11464554867301434565noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-92195253741748131602018-12-13T13:57:15.036+07:002018-12-13T13:57:15.036+07:00Nani Maryani
18709251008
S2 Pendidikan Matematika...Nani Maryani <br />18709251008<br />S2 Pendidikan Matematika (A) 2018<br />Assalamu'alaikum Wr.Wb<br /><br />Artikel ini berisi tentang suatu penelitian mengenai peran guru dan aktivitas siswa untuk membangun karakteristik pola yang cocok dalam pengajaran matematika kelas 6 sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplor bagaimana peran guru dan kegiatan siswa dalam tiga Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/06012026052190180314noreply@blogger.com