tag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post3676352496287828027..comments2023-12-05T12:14:52.538+07:00Comments on Philosophy, Psychology, Spiritual, Math Education, Lesson Study, Indonesia: Prof Dr Marsigit MA : Why do you think people's basic math skills are weak? aMarsigithttp://www.blogger.com/profile/00400957216266693823noreply@blogger.comBlogger33125tag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-67255093571245353342020-01-03T22:43:29.280+07:002020-01-03T22:43:29.280+07:00Latifa Krisna Ayu
19709251060
S2 Pendidikan Matema...Latifa Krisna Ayu<br />19709251060<br />S2 Pendidikan Matematika D<br /><br />Menurut saya, bagaimana cara pengenalan konsep dasar matematika akan bepengaruh pada kuat atau tidaknya konsep tersebut tertanam pada siswa. Jika siswa hanya menghafal konsep atau rumus yang ada tanpa memahami dasar dari konsep tersebut, maka siswa hanya dapat menggunakan konsep tersebut pada bentuk-bentuk permasalahan Latifa Krisnahttps://www.blogger.com/profile/03184693311475046710noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-27009459792074678872019-12-30T19:01:14.841+07:002019-12-30T19:01:14.841+07:00Yufida Afkarina Nizar Isyam
19709251073
S2 Pendid...Yufida Afkarina Nizar Isyam <br />19709251073<br />S2 Pendidikan Matematika D 2019<br /><br />Menurut saya kemampuan belajar matematika rendah dikarenakan kurangnya pemahaman siswa terhadap matematika sehingga siswa hanya menghafal rumus yang diberikan guru dan tidak dapat menyelesaikan masalah yang belum pernah diberikan sebelumnya. Padahal materi dalam pembelajaran matematika saling berkaitan Yufida Afkarina Nizar Isyamhttps://www.blogger.com/profile/02434503842789333027noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-14681551344220485962019-12-30T11:12:27.558+07:002019-12-30T11:12:27.558+07:00Rona Happy Mumpuni
19709251059
S2 Pendidikan Matem...Rona Happy Mumpuni<br />19709251059<br />S2 Pendidikan Matematika D 2019<br /><br /><br />Ada beberapa hal yang mempengaruhi kemampuan matematika dasar seseorang lemah, diantaranya: matematika dianggap momok oleh sebagian orang, beberapa orang malas mencoba karena takut salah ketika melakukan penyelesaian matematika, matematika dianggap pelajaran yang kurang menyenangkan, tidak ada minat untuk Rona Happy Mumpunihttps://www.blogger.com/profile/10166402912873148094noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-89892846593650266012019-12-30T09:43:55.641+07:002019-12-30T09:43:55.641+07:00Tiara Wahyu Anggraini
19709251065
S2 Pendidikan Ma...Tiara Wahyu Anggraini<br />19709251065<br />S2 Pendidikan Matematika D 2019<br /><br />Rendahnya kemampuan dasar matematika dapat disebabkan oleh faktor internal (dari dalam) misalnya seperti motivasi, kepercayaan diri dll, kemudian faktor eksternal misalnya pengalaman belajar. Kemampuan dasar matematika sangatlah penting untuk dikuasai karena merupakan basic untuk pembelajaran di tingkatan yang Tiara Wahyu Anggrainihttps://www.blogger.com/profile/15534275556645199033noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-20257042388582703072019-12-29T19:29:05.502+07:002019-12-29T19:29:05.502+07:00Assalamu'alaykum wr wb
Dwi Kawuryani
19709251...Assalamu'alaykum wr wb <br />Dwi Kawuryani<br />19709251061<br />Pendidikan Matematika S2 D<br />Dalam pemahaman matematika terdiri dari metode matematika dan konten matematika serta sikap matematika. Disiplin diri / tanggung jawab dapat berkontribusi pada sikap matematika; tetapi mereka masih jauh dari metode matematika, konsep matematika dan sistem logis. Dengan demikian kemampuan Dwi Kawuryanihttps://www.blogger.com/profile/17640754123405812199noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-43430108337555715292019-12-25T12:00:50.984+07:002019-12-25T12:00:50.984+07:00Vera Yuli Erviana
NIM 19706261005
S3 Pendidikan Da...Vera Yuli Erviana<br />NIM 19706261005<br />S3 Pendidikan Dasar 2019<br /><br />Assalamualaikum Wr. Wb. <br />Belajar matematika lemah karena siswa selama ini hanya belajar matematika saja hanya dengan mneghafal, tidak menemukan ide atau konsep matematika dalam diri mereka sehingga masalah yang akan menjadi buntu siswa dalam menjawabnya, tidah hanya itu dalam proses pendidikan sedang siswa Vera Yuli Ervianahttps://www.blogger.com/profile/09801624142562571897noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-26899564993701385472019-12-24T14:40:31.414+07:002019-12-24T14:40:31.414+07:00Ngaenun Nangim
19709251058
S2 Pendidikan Matematik...Ngaenun Nangim<br />19709251058<br />S2 Pendidikan Matematika D 2019<br /><br />Berdasarkan artikel di atas, saya sependapat bahwa kurangnya penilaian tidak selalu dapat dimaknai kurang kompetisi. Hal ini disebabkan bahwasannya dalam kompetisi tidak hanya terjadi dalam penilaian. Kompetisi yang baik terjadi dalam suatu proses dan penilaian atas kompetisi itu cukuplah kiranya jika dilakukan di Ngaenun Nangimhttps://www.blogger.com/profile/09254710155312410961noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-67382543113744279742019-11-25T16:52:36.826+07:002019-11-25T16:52:36.826+07:00Assalamu'alaykum wr wb
Dwi Kawuryani
19709251...Assalamu'alaykum wr wb <br />Dwi Kawuryani<br />19709251061<br />Pendidikan Matematika S2 D<br />Sesuai yang Bapak tulis, bahwa keberhasilan seorang guru dalam mengajarkan matematika dikatakan berhasil jika siswa dapat merasakan "mathematics is belong to them"<br />Suatu pendefinisian yang sangat sulit dicapat, dikaitkan dengan pendapat dari William Galinaitis, bahwa pemahaman Dwi Kawuryanihttps://www.blogger.com/profile/17640754123405812199noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-83243548022344783762019-02-13T23:40:48.288+07:002019-02-13T23:40:48.288+07:00kamhar ngado
18709251048
no one perfect on the ea...kamhar ngado <br />18709251048<br />no one perfect on the earth. the only perfect is Allah almighty. when our students cannot figure out math it doesn't mean the are weak in math because study is different with study another subjects, which means study math need teachers' special attention. firstly, we have to know what are our students math's problem? if their weakness in basic Blog Matematika dan Teknologihttps://www.blogger.com/profile/01895435445455461755noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-60743178988186533562019-01-09T15:26:02.184+07:002019-01-09T15:26:02.184+07:00Sintha Sih Dewanti
18701261013
PPs S3 PEP UNY
Men...Sintha Sih Dewanti<br />18701261013<br />PPs S3 PEP UNY<br /><br />Menanggapi pendapat Ginetta Nistoran: “I've noticed more and more these days that math is taught using memorization and mechanical repetition, rather than an understanding of mechanics and logic.” Iya memang benar, terutama di bimbingan belajar. Banyak menggunakan trik-trik dalam penyelesaian soal. Mungkin cocok untuk Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/01601728478598500956noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-75428575810005111192018-12-31T14:15:39.561+07:002018-12-31T14:15:39.561+07:00Cahya Mar'a Saliha Sumantri
18709251034
S2 Pen...Cahya Mar'a Saliha Sumantri<br />18709251034<br />S2 Pendidikan Matematika B<br /><br />Assalamualaikum wr.wb.<br />Tidak bisa menyalahkan siapapun bila berbicara tentang lemahnya keahlian diri. Kecuali memang diri sendiri menyadari mengapa itu bisa terjadi dan akhirnya berani untuk membuka diri, pikiran, untuk memperbaiki dan mencoba untuk mengasah kemampuannya lagi. Untuk kemampuan Cahya Mar'a Saliha Sumantrihttps://www.blogger.com/profile/00415197294975658663noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-48125212016354975902018-12-31T05:48:34.895+07:002018-12-31T05:48:34.895+07:00Aizza Zakkiyatul Fathin
18709251014
Pps Pendidikan...Aizza Zakkiyatul Fathin<br />18709251014<br />Pps Pendidikan Matematika A<br /><br />Faktor lain yang menyebabkan siswa lemah matematikanya bisa terjadi karena guru. Guru yang tidak mampu mengantarkan siswa dalam membangun konsep matematikanya sudah barang tentu berdampak pada siswa. Guru yang sudah merancang sedemikian rupa perencanaan pembelajaran tetapi tidak semua guru dapat menerapkan. OlehAizza'shttps://www.blogger.com/profile/00358038077919523720noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-33166484462484527342018-12-31T05:38:37.519+07:002018-12-31T05:38:37.519+07:00Aizza Zakkiyatul Fathin
18709251014
Pps Pendidikan...Aizza Zakkiyatul Fathin<br />18709251014<br />Pps Pendidikan Matematika A<br /><br />Dari postingan ini, dapat diketahui bahwa banyak faktor yang menyebabkan siswa lemah dalam kemampuan matematikanya. Lingkungan rumah dan keluarga ternyata juga berpengaruh terhadap prestasi matematika. Meraka yang menerima tantangan dan harapan tinggi dari para orang tuanya cenderung tinggi skor matematikanya. Aizza'shttps://www.blogger.com/profile/00358038077919523720noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-27537326466568600212018-12-29T23:19:01.106+07:002018-12-29T23:19:01.106+07:00Hasmiwati
18709251023
S2 Pend.Matematika B 2018
A...Hasmiwati<br />18709251023<br />S2 Pend.Matematika B 2018<br /><br />Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.<br />Beberapa kali saya pernah "ngobrol" dengan anak yang kemampuan matematikanya masih rendah. Mereka mengungkapkan bahwa matematika itu sulit, bikin pusing, isinya rumus semua, gurunya galak, menjenuhkan, dan hal-hal negatif lainnya. Saya rasa tidak hanya satu atau dua anakHasmiwatihttps://www.blogger.com/profile/06030052813163012598noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-24950233856854146102018-12-26T22:42:14.087+07:002018-12-26T22:42:14.087+07:00Cahya Mar'a Saliha Sumantri
18709251034
S2 Pen...Cahya Mar'a Saliha Sumantri<br />18709251034<br />S2 Pendidikan Matematika B<br /><br />Assalamualaikum wr.wb.<br />Penilaian terhadap kemampuan matematika orang lain adalah diri mereka sendiri karena mereka yang membatasi dan mengembangkan sendiri bakat dalam mempelajari suatu hal. Bila orang lain yang menilai bisa jadi hanya penilaian luarnya saja, padahal orang tersebut bisa melebihi Cahya Mar'a Saliha Sumantrihttps://www.blogger.com/profile/00415197294975658663noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-37995879319005329512018-12-26T08:16:36.621+07:002018-12-26T08:16:36.621+07:00Yoga Prasetya
18709251011
S2 Pendidikan Matematika...Yoga Prasetya<br />18709251011<br />S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A<br />Matematika yang dianggap sebagai pelajaran yang sulit menjadi sifat yang ditakuti. Menurut Paul matematika itu dianggap sebagai konstruktivisme sosial, seperti halnya dalam proses pembelajaran di kelas seorang guru harus memberikan kesempatan kepada siswanya untuk melakukan dalam kelompok diskusi. Sehingga dalam hal ini Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/04047730947002493198noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-29145296270119533392018-12-25T14:08:49.597+07:002018-12-25T14:08:49.597+07:00Deden Hidayat
18709251032
S2 Pendidikan Matematika...Deden Hidayat<br />18709251032<br />S2 Pendidikan Matematika B 2018<br /><br />Menurut saya lemahnya keterampilan matematika siswa dipengaruhi oleh proses pembelajaran di dalam kelas. Pembelajaran yang baik yaitu pembelajaran yang mampu memahamkan siswa akan materi yang dipelajari. Tentunya pembelajaran yang seperti itu dapat terbentuk jika seorang siswa mampu mengkonstruksi pengetahuan yang Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/06457351438253543335noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-82745413416831411892018-12-25T13:55:36.269+07:002018-12-25T13:55:36.269+07:00Deden Hidayat
18709251032
S2 Pendidikan Matematika...Deden Hidayat<br />18709251032<br />S2 Pendidikan Matematika B 2018<br /><br />Matematika merupakan salah satu pelajaran yang dianggap sulit menurut beberapa siswa. Lemahnya keterampilan matematika siswa sendiri karena kurangnya minat dari siswa untuk belajar matematika. Siswa beranggapan bahwa matematika hanya sebagai mata pelajaran yang mempelajari mengenai angka-angka dan operasinya. Ditambah Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/06457351438253543335noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-49818244865708432822018-12-24T10:20:42.182+07:002018-12-24T10:20:42.182+07:00Nur Afni
18709251027
S2 Pendidikan Matematika B 2...Nur Afni <br />18709251027<br />S2 Pendidikan Matematika B 2018<br /><br />Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.<br />Menurut Bradford Hansen-Smith Cara terbaik untuk mengatasi pergumulan adalah mulai memiliki rasa ingin tahu tentang apa yang kita lakukan sampai taraf bahwa disiplin diri dan tanggung jawab menjadi hasil dari usaha tanpa usaha dalam belajar untuk mencintai melalui pengalamanNur Afni Yusrinhttps://www.blogger.com/profile/15105792521758487552noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-81518377308256920722018-12-24T09:08:41.541+07:002018-12-24T09:08:41.541+07:00Herlingga Putuwita Nanmumpuni
18709251033
S2 Pend...Herlingga Putuwita Nanmumpuni <br />18709251033<br />S2 Pendidikan Matematika B 2018<br /><br />Kemampuan matematika seseorang baik kuat maupun lemah, keduanya dipengaruhi oleh beragam faktor. Begitupula dengan siswa di kelas, dalam satu kelas ada siswa yang memiliki kemampuan matematika yang baik dan ada pula memiliki kemampuan matematika yang lemah. Kemampuan matematika yang lemah itu bisa sajaAnonymoushttps://www.blogger.com/profile/12385734455895341243noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-52363383860830962862018-12-20T13:46:36.544+07:002018-12-20T13:46:36.544+07:00Fany Isti Bigo
18709251020
PMA PPs UNY 2018
Tujua...Fany Isti Bigo<br />18709251020<br />PMA PPs UNY 2018<br /><br />Tujuan utama dari belajar adalah memperoleh hal baru yang berguna untuk kelanjutan hidup ke depan. Begitu juga tujuan dalam mempelajari matematika. Namun tidak semua orang dapat memahami matematika dengan baik dikarenakan pengalaman dengan pembelajaran matematika yang kurang menyenangkan. Oleh karena pengalaman yang kurang FanyBigohttps://www.blogger.com/profile/00160304426957179623noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-5160181932087008132018-12-17T05:57:57.223+07:002018-12-17T05:57:57.223+07:00Umi Arismawati
18709251037
S2 Pendidikan Matematik...Umi Arismawati<br />18709251037<br />S2 Pendidikan Matematika B 2018<br /><br />Assalamu'alaikum, wr, wb.<br />Setiap siswa pada dasarnya memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Ada yang memiliki kemampuan matematika tinggi ada juga yang memiliki kemampuan matematika yang lemah. Untuk itu hendaknya guru dapat memfasilitasi siswa dengan berbagai kemampuan. Memfasilitasi dapat dilakukan dengan Umi Arismawatihttps://www.blogger.com/profile/09573451425663839055noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-23934370801425228822018-12-17T05:53:40.920+07:002018-12-17T05:53:40.920+07:00Umi Arismawati
18709251037
S2 Pendidikan Matematik...Umi Arismawati<br />18709251037<br />S2 Pendidikan Matematika B 2018<br /><br />Assalamu'alaikum, wr, wb.<br />Kemampuan matematika lemah karena siswa lebih ditekankan menghafal rumus daripada penanamkan konsepnya. Guru hanya memberikan rumus dan menerapkannya dalam persoalan sehingga dalam benak siswa kurang tertatam konsep dari materi tersebut.<br />Umi Arismawatihttps://www.blogger.com/profile/09573451425663839055noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-28251181403325250852018-12-15T16:14:01.751+07:002018-12-15T16:14:01.751+07:00Totok Victor Didik Saputro
18709251002
S2 Pendidik...Totok Victor Didik Saputro<br />18709251002<br />S2 Pendidikan Matematika A 2018<br /><br />Selamat sore Prof.<br />Hal ini dapat terjadi karena matematika tidak dikenalkan secara menyeluruh sejak dini. Bagian umum dari matematika yang biasanya hanya dikenalkan pada usia dini. Selain itu, ketika diberikan materi matematika siswa ataupun guru tidak mengulang kembali apa yang sudah didapatkan. Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/13160007734091021137noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-25996682389990357862018-12-15T07:59:38.154+07:002018-12-15T07:59:38.154+07:00SUHERMI
18709251007
S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA A
Ba...SUHERMI<br />18709251007<br />S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA A<br /><br />Bagaimana pembelajaran terbaik untuk matematika selalu diperbincangkan. Dimulai dari metode, bahan ajar, media selalu dilakukan perbaikan untuk menciptakan proses pembelajaran yang maksimal yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Di Indonesia, pembelajaran matematika harus mengacu pada kurikulum yang sudah di tetapkan, dan Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/14497689007083874050noreply@blogger.com