tag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post3494399620786541048..comments2023-12-05T12:14:52.538+07:00Comments on Philosophy, Psychology, Spiritual, Math Education, Lesson Study, Indonesia: Prof Dr Marsigit MA : IDENTIFIKASI MASALAH PSIKOLOGI MENGAJAR MATEMATIKA, PSIKOLOGI BELAJAR MATEMATIKA DAN PSIKOLOGI PEMBELAJARAN MATEMATIKAMarsigithttp://www.blogger.com/profile/00400957216266693823noreply@blogger.comBlogger65125tag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-42784094028896887692020-01-02T10:22:56.455+07:002020-01-02T10:22:56.455+07:00Assalamu'alaikum wr.wb
Novi Indriyani Kones
19...Assalamu'alaikum wr.wb<br />Novi Indriyani Kones<br />19701251002<br />S2 PEP A 2019<br /><br />Dari pertanyaan ke-13, salah satu jawabannya adalah nilai budi berkaitan dengan moral. Dalam pembahasan filsafat moral, secara garis besar ada dua macam teori etika yaitu teleologis dan deontologis. Etika teologis merupakan etika yang menentukan baik buruknya suatu tindakan dari baik buruknya Novi Indriyani Koneshttps://www.blogger.com/profile/00564537131063599336noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-90387290539354698272020-01-02T10:20:31.313+07:002020-01-02T10:20:31.313+07:00Assalamu'alaikum wr.wb
Novi Indriyani Kones
19...Assalamu'alaikum wr.wb<br />Novi Indriyani Kones<br />19701251002<br />S2 PEP A 2019<br /><br />Dari pertanyaan ke-2, salah satu jawabannya adalah menumbuhkan motivasi siswa itu berasal dari keinginan siswa itu sendiri tetapi sebagai guru kita harus mampu memberikana dorongan positif dengan perilaku, cara mengajar yang mengasyikan dan tertanam dalam benak siswa. Dalam konteks kelas, konsep Novi Indriyani Koneshttps://www.blogger.com/profile/00564537131063599336noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-2078459426372587912019-12-31T05:05:41.479+07:002019-12-31T05:05:41.479+07:00Dini Senjaningrum
19709251067
Pendidikan Matematik...Dini Senjaningrum<br />19709251067<br />Pendidikan Matematika D 2019<br /><br />Dari pertanyaan yang sudah di jabarkan di atas, sata tertarik pada pertanyaan no. 18 terkait Bagaimana kedudukan dan fungsi hukuman dan hadiah dalam pembelajaran matematika?<br />Dari hukuman dan hadiah keduanya bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Hukuman bertujuan untuk mengubah dan memotivasi Dini Senjaningrumhttps://www.blogger.com/profile/16383809120674104163noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-563062160412811732019-12-29T22:06:01.831+07:002019-12-29T22:06:01.831+07:00Assalamu'alaykum wr wb
Dwi Kawuryani
19709251...Assalamu'alaykum wr wb <br />Dwi Kawuryani<br />19709251061<br />Pendidikan Matematika S2 D<br />Dari beberapa pertanyaan diatas saya mencoba membahas nomor 18). Bagaimana kedudukan dan fungsi hukuman dan hadiah dalam pembelajaran matematika?<br />Hukuman dan hadiah adalah ciri dari proses pembelajaran behavioristik. Dalam proses pembelajarannya sendiri, siswa akan diberi hadiah jika mereka Dwi Kawuryanihttps://www.blogger.com/profile/17640754123405812199noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-74719634709835168052019-12-25T07:29:48.016+07:002019-12-25T07:29:48.016+07:00Vera Yuli Erviana
NIM 19706261005
S3 Pendidikan Da...Vera Yuli Erviana<br />NIM 19706261005<br />S3 Pendidikan Dasar 2019 <br /><br />Assalamualaikum Wr. Wb.<br />Pada pembelajaran, peserta didik memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Guru harus memahami psikologi belajar matematika anak. Didalam pembelajaran akan dapat masalah-masalah yang menghambat proses pembelajaran. Diharapkan guru dapat mengatasi masalah tersebut.Vera Yuli Ervianahttps://www.blogger.com/profile/09801624142562571897noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-84209722206700561302019-12-16T22:27:08.761+07:002019-12-16T22:27:08.761+07:00Dini Senjaningrum
19709251067
Pendidikan Matematik...Dini Senjaningrum<br />19709251067<br />Pendidikan Matematika D 2019<br />Saya akan mencoba memberikan sedikit pendapat saya tentang pertanyaan nomor 4 yaitu bagaimana melayani kebutuhan belajar matematika yang beraneka ragam termasuk kondisi dan latarbelakang siswa?<br />Dalam sebuah kelas, terdapat berbagai jenis karakteristik dan kemampuan anak yang berbeda. Akan tetapi setiap anak memiliki Dini Senjaningrumhttps://www.blogger.com/profile/16383809120674104163noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-71875355853296629962019-12-12T22:27:08.202+07:002019-12-12T22:27:08.202+07:00Mira Amalia Yudhanti
19701251014
S2 PEP A
Seorang...Mira Amalia Yudhanti<br />19701251014<br />S2 PEP A<br /><br />Seorang guru atau calon guru perlu untuk memahami psikologi dalam pembelajaran matematika sehingga dapat menyelesaikan masalah-masalah yang ada dalam pembelajaran yang berhubungan dengan siswa maupun cara mengajar guru. Seperti dalam mengembangkan scenario pembelajaran matematika perlu disesuaikan dengan kemampuan, kebutuhan, dan Mira Amalia Yhttps://www.blogger.com/profile/14737850765119281020noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-22720783641088656862019-01-14T13:16:28.227+07:002019-01-14T13:16:28.227+07:00Diana Prastiwi
18709251004
S2 P. Mat A 2018
Guru ...Diana Prastiwi<br />18709251004<br />S2 P. Mat A 2018<br /><br />Guru penting sekali mengetahui tentang psikologi belajar matematika siswa. Jika siswa mengalami tekanan dalam pembelajaran, maka hasilnya tidak akan maksimal.Sebaliknya siswa membutuhkan motivasi dari orang-oranng terdekat agar hasilnya lebih optimal. Masalah psikologi juga dialami oleh guru, misalnya ketika mengalami nervous dalam Dianahttps://www.blogger.com/profile/17483040393210978190noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-27974395410602000092019-01-07T22:52:05.405+07:002019-01-07T22:52:05.405+07:00Kartianom
18701261001
S3 PEP 2018
Dalam psikologi...Kartianom<br />18701261001<br />S3 PEP 2018<br /><br />Dalam psikologi belajar matematika saya mengenal bahwa kesulitan belajar siswa atau beban belajar siswa disebabkan oleh beberapa hal di antaranya karena dari kompleksnya materi matematika itu sendiri dan juga dari segi penyajian materi tersebut. Matematika memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda di tiap materi. Siswa yang memiliki KARTIANOMhttps://www.blogger.com/profile/02454845429616706705noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-88451863214784432382019-01-02T23:42:18.733+07:002019-01-02T23:42:18.733+07:00Herlingga Putuwita Nanmumpuni
18709251033
S2 Pend...Herlingga Putuwita Nanmumpuni <br />18709251033<br />S2 Pendidikan Matematika B 2018<br /><br />Bagaimana mengembangkan pembelajaran bermakna dalam pbm matematika? Pembelajaran yang bermakna dalam pbm matematika adalah pembelajaran yang memberikan banyak pengalaman belajar bagi siswa. Agar siswa dapat memperoleh pembelajaran yang memberikan banyak pengalaman belajar maka guru harus menjadi pihak Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/12385734455895341243noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-57974128391788237362018-12-31T08:02:53.587+07:002018-12-31T08:02:53.587+07:00Dita Aldila Krisma
18709251012
PPs Pendidikan Mate...Dita Aldila Krisma<br />18709251012<br />PPs Pendidikan Matematika A 2018<br /><br />Beberapa hal yang bisa dilakukan ketika menjadi guru baru mengatasi nervous menyelenggarakan pembelajarn : menyiapkan materi pembalajaran dengan baik, menguasai materi, berlatih dulu sebelum mengajar maka lama-lama akan terbiasa, mengidentifikasi kemungkinan-kemungkinan yang terjadi ketika mengajar, memanajemen Dita Aldila Krismahttps://www.blogger.com/profile/08660002387758309609noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-12099028874483431822018-12-31T03:18:17.947+07:002018-12-31T03:18:17.947+07:00Surya Shofiyana Sukarman
18709251017
S2 Pendidika...Surya Shofiyana Sukarman <br />18709251017<br />S2 Pendidikan Matematika A 2018 <br /><br />Musuh utama pendidikan adalah budaya instant. Budaya instant biasa diajar guru ketika detik-detik menjelang Ujian Nasional. Para guru biasanya memberika trik atau cara cepat tanpa menguatkan konsep terlebih dahulu, padahal pemahaman konsep berupakan kunci untuk dapat meyelesaikan setiap permasalahan yang Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/10803086663974514229noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-40964334445514792022018-12-31T03:05:45.209+07:002018-12-31T03:05:45.209+07:00Surya Shofiyana Sukarman
18709251017
S2 Pendidika...Surya Shofiyana Sukarman <br />18709251017<br />S2 Pendidikan Matematika A 2018<br /><br />Bagaimana mengembangkan pembelajaran bermakna dalam pbm matematika?. Pembelajaran bermakna atau yang disebut juga meaningful learning merupakan suatu proses mengkaitkan informasi atau materi baru dengan konsep-konsep yang telah ada dalam struktur kognitifnya. Suatu pembelajaran dikatakan bermakna jika Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/10803086663974514229noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-82929275152142300232018-12-31T02:49:17.696+07:002018-12-31T02:49:17.696+07:00Surya Shofiyana Sukarman
18709251017
S2 Pendidika...Surya Shofiyana Sukarman <br />18709251017<br />S2 Pendidikan Matematika A 2018<br /><br />Bagaimana memotivasi siswa belajar matematika? Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam belajar matematika, kita tidak hanya bisa mengandalkan aspek pikiran saja untuk mempelajari atau memahami suatu pelajaran, aspek psikologi juga sangat berperan penting dalam kesuksesan pembelajaran, salah satunya motivasi Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/10803086663974514229noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-10626666216359022742018-12-31T02:37:39.053+07:002018-12-31T02:37:39.053+07:00Surya Shofiyana Sukarman
18709251017
S2 Pendidika...Surya Shofiyana Sukarman <br />18709251017<br />S2 Pendidikan Matematika A 2018<br /><br />Cara yang yang bisa dilakukan untuk menjadikan siswa aktif dikelas yaitu dengan pembelajaran student-centre, dimana siswa sendiri yang aktif membangun pengetahuannya, metode pembelajaran yang menarik juga turut andil dalam mempengaruhi keaktifan siswa dalam kelas.Pa da pembelajaran yang bersifat Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/10803086663974514229noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-65593514934398149582018-12-31T02:31:52.782+07:002018-12-31T02:31:52.782+07:00Surya Shofiyana Sukarman
18709251017
S2 Pendidika...Surya Shofiyana Sukarman <br />18709251017<br />S2 Pendidikan Matematika A 2018<br /><br />Bagaimana seorang guru muda (novice) mengatasi nervous ketika menyelenggarakan pembelajaran matematika? Ketika seorang guru muda memasuki lingkungan sekolah merupakan hal yang beru bagi guru muda tersebut, sehingga guru muda butuh beradaptasi dengan lingkungan pembelajaran. Dengan menjadi teman bagi siswa Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/10803086663974514229noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-74151543778636021272018-12-30T21:02:02.326+07:002018-12-30T21:02:02.326+07:00Surya Shofiyana Sukarman
18709251017
S2 Pendidika...Surya Shofiyana Sukarman <br />18709251017<br />S2 Pendidikan Matematika A 2018<br /><br />Bagaimana kedudukan dan fungsi hukuman dan hadiah dalam pembelajaran matematika?. Setiap guru sebelum melaksanakan pembelajaran dikelas akan melakukan persiapan terlebih dahulu dengan tujuan agar pembelajaran dikelas dapat berjalan dengan baik dan tertib. Dalam pendidikan, patuh ataupun ingkar terhadapa Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/10803086663974514229noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-90964783265286341372018-12-30T20:23:39.253+07:002018-12-30T20:23:39.253+07:00Nur Afni
18709251027
S2 Pendidikan Matematika B 20...Nur Afni<br />18709251027<br />S2 Pendidikan Matematika B 2018<br /> <br />Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.<br />Bagaimana guru muda mengatasi mengatasi nervous ketika menyelenggarakan pembelajaran matematika? Gugup adalah hal yang biasa terjadi ketika seseorang belum mempunyai pengalaman yang cukup untuk menyelengarakan pembelajaran matematika. Namun gugup tesebut dapat dihilangkan Nur Afni Yusrinhttps://www.blogger.com/profile/15105792521758487552noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-4593017819411045322018-12-30T20:18:57.017+07:002018-12-30T20:18:57.017+07:00Bagaimana mengembangkan matematika sebagai kegiata...Bagaimana mengembangkan matematika sebagai kegiatan problem solving di kelas? Mengembangkan matematika sebagai kegiatan pemecahan masalah dapat dilakukan dengan soal-soal yang bervariasi dan non rutin. Serta yang perlu diperhatikan adalah syarat atau aturan yang jelas dari proses pemecahan masalah. Kemudian didukung oleh model atau strategi pembelajaran yang sesuai seperti problem based learning Nur Afni Yusrinhttps://www.blogger.com/profile/15105792521758487552noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-66384621500838760992018-12-30T15:44:33.552+07:002018-12-30T15:44:33.552+07:00Surya Shofiyana Sukarman
18709251017
S2 Pendidika...Surya Shofiyana Sukarman <br />18709251017<br />S2 Pendidikan Matematika A 2018<br /><br />Pengaruh banyaknya tugas sekolah terhadap kondisi psikologis siswa?. Pemberian tugas memang bagus untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika, namun berkaitan dengan masalah psikologi, terlalu banyaknya tugas yang dibebankan kepada siswa maka akan mebuat siswa stress sehingga akanAnonymoushttps://www.blogger.com/profile/10803086663974514229noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-8329750091226319152018-12-30T10:41:47.507+07:002018-12-30T10:41:47.507+07:00Deden Hidayat
18709251032
S2 Pendidikan Matematika...Deden Hidayat<br />18709251032<br />S2 Pendidikan Matematika B 2018<br /><br />Menanggapi persoalan mengenai bagaimana meningkatkan kemampuan matematika siswa? Tugas seorang guru di dalam pembelajaran adalah untuk mamfasilitasi siswa dalam meningkatkan kemampuan matematikanya. Untuk dapat mewujudkan hal tersebut, hal pertama yang harus dilakukan oleh seorang guru adalah menghadirkan pembelajaran Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/06457351438253543335noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-57437490980261632362018-12-30T10:33:53.488+07:002018-12-30T10:33:53.488+07:00Deden Hidayat
18709251032
S2 Pendidikan Matematika...Deden Hidayat<br />18709251032<br />S2 Pendidikan Matematika B 2018<br /><br />Bagaimana kedudukan dan fungsi hukuman dan hadiah dalam pembelajaran matematika? Menurut saya adanya hukuman atau hadiah dalam pembelajaran matematika merupakan suatu hal yang positif. Sebuah hadiah bisa digunakan seorang guru untuk meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran. Misalnya guru akan memberikan hadiah Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/06457351438253543335noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-41211952433709703242018-12-29T16:47:13.327+07:002018-12-29T16:47:13.327+07:00Deden Hidayat
18709251032
S2 Pendidikan Matematika...Deden Hidayat<br />18709251032<br />S2 Pendidikan Matematika B 2018<br /><br />Menanggapi pertanyaan mengenai bagaimana melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran matematika? Pembelajaran matematika bukan lagi sebagai suatu proses transfer of knowledge dari guru ke siswa. melainkan pembelajaran matematika harus mampu melibatkan siswa aktif dalam membangun pengetahuannya. Cara yang dapat Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/06457351438253543335noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-28336018150564199602018-12-29T09:24:29.692+07:002018-12-29T09:24:29.692+07:00Deden Hidayat
18709251032
S2 Pendidikan Matematika...Deden Hidayat<br />18709251032<br />S2 Pendidikan Matematika B 2018<br /><br />Sekitar polemik bentuk soal UAN dan pengaruhnya terhadap psikologis siswa? Tujuan diadakannya ujian nasional adalah tidak lain untuk mengukur pencapaian hasil belajar siswa. Ujian nasional merupakan ujian yang harus dilalui oleh siswa untuk menentukan lulus atau tidaknya seorang siswa. Adanya ujian nasional tentunya Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/06457351438253543335noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-15085736498598838372018-12-29T09:05:53.846+07:002018-12-29T09:05:53.846+07:00Deden Hidayat
18709251032
S2 Pendidikan Matematika...Deden Hidayat<br />18709251032<br />S2 Pendidikan Matematika B 2018<br /><br />Bagaimana melayani kebutuhan belajar matematika dari siswa yang berprestasi tinggi? Seorang guru tentunya harus dapat melayani kebutuhan/tuntutan siswa dalam belajar matematika. Namun pastinya dalam suatu kelas terdiri dari siswa yang berprestasi tinggi maupun siswa yang berprestasi rendah. Untuk melayani siswa yang Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/06457351438253543335noreply@blogger.com