tag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post3375029367656995444..comments2023-12-05T12:14:52.538+07:00Comments on Philosophy, Psychology, Spiritual, Math Education, Lesson Study, Indonesia: Prof Dr Marsigit MA : Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 17: Apakah Matematika Kontradiktif? (Bagian Ketujuh)Marsigithttp://www.blogger.com/profile/00400957216266693823noreply@blogger.comBlogger26125tag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-59480370064185178622020-01-05T23:11:12.243+07:002020-01-05T23:11:12.243+07:00Jewish Van Septriwanto
19709251077
S2 PM D 2019
T...Jewish Van Septriwanto<br />19709251077<br />S2 PM D 2019<br /><br />Terima kasih prof untuk tulisan ini, Secara filsafat definisi matematika hanya bisa dibedakan kedalam dua macam definisi, yaitu Definisi yang sesuai dengan Prinsip Identitas dan Prinsip Kontradiksi. Jika matematika hanya dibangun dengan Prinsip Identitas saja maka tidak dapat disebut Ilmu. Maka agar matematika disebut Ilmu, Jewish Van Septriwantohttps://www.blogger.com/profile/08626323898028358186noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-83612388694049541242019-12-25T10:04:10.909+07:002019-12-25T10:04:10.909+07:00Vera Yuli Erviana
NIM 19706261005
S3 Pendidikan D...Vera Yuli Erviana <br />NIM 19706261005<br />S3 Pendidikan Dasar 2019<br /><br />Assalamu'alaikum Wr.Wb <br />Berdasarkan elegi diatas, bahwa terdapat berbagai macam definsi matematika, akan tetapi secara filsafat definisi matematika hanyalah cukup dalam dua definisi saja yaitu sesuai dengan prinsip identitas dan dengan sendirinya dan identitas sesuai dengan prinsip kontradiksi. Matematika Vera Yuli Ervianahttps://www.blogger.com/profile/09801624142562571897noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-11261984041605589772019-12-22T15:03:47.566+07:002019-12-22T15:03:47.566+07:00Ahmad Syajili
19709251066
S2 PM D 2019
Assalamual...Ahmad Syajili<br />19709251066<br />S2 PM D 2019<br /><br />Assalamualaikum wr.wb<br /><br />Terima kasih Pak Prof. atas postingan elegi bagian ketujuh ini. Dari elegi ini saya menemukan jawaban kenapa matematika haruslah bersifat kontadiktif. Hal ini dikarenakan secara filsafat matematika merupakan ilmu dimana ilmu matematika tidak bisa dibangun hanya dengan menggunakan prinsip identitas. Ahmad syajilihttps://www.blogger.com/profile/06090833089732083612noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-18999497825152808072019-12-14T22:47:04.191+07:002019-12-14T22:47:04.191+07:00Mira Amalia Yudhanti
19701251014
S2 PEP A 2019
Be...Mira Amalia Yudhanti<br />19701251014<br />S2 PEP A 2019<br /><br />Berdasarkan elegi di atas, relasi “adalah” merupakan pembentuk suatu kalimat matematika dengan menghubungkan subyek dan predikatnya. Pada contoh kalimat matematika 3+4=7 yang dihubungkan oleh kata hubung “=” memiliki makna “adalah” dapat bersifat kontradiksi. Kalimat 3+4=7 merupakan kontradiksi jika berada dalam ruang bilangan Mira Amalia Yhttps://www.blogger.com/profile/14737850765119281020noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-90770474641879094862019-01-08T02:17:52.167+07:002019-01-08T02:17:52.167+07:00Erma Zelfiana Surni
18709251009
S2. P.Matematika A...Erma Zelfiana Surni<br />18709251009<br />S2. P.Matematika A 2018<br /><br />Assalamualaikum Wr. Wb<br />Satu-satunya prinsip yang terbebas dari sifat konradiktif adalah Prinsip Identitas. Tetapi Prinsip Identitas tidak mampu memberikan informasi apapun kepada kita; jadi Prinsip Identitas tidak memberikan ilmu atau tidak bisa digunakan sebagai Basis Pembentuk Ilmu. Sehingga matematika tidaklah Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/12454384051884601848noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-15823045196768205732019-01-08T00:18:07.326+07:002019-01-08T00:18:07.326+07:00Kartianom
18701261001
S3 PEP 2018
Immanuel Kant m...Kartianom<br />18701261001<br />S3 PEP 2018<br /><br />Immanuel Kant menyebutkan bahwa sebeanr-benar ilmu adalah kontradiksi. Jikalau tidak kontradiksi maka bukanlah ilmu. Jadi sistem matematika haruslah bersifat identitas sekaligus kontradiksi.KARTIANOMhttps://www.blogger.com/profile/02454845429616706705noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-767050385593808662019-01-04T22:35:49.546+07:002019-01-04T22:35:49.546+07:00Yoga Prasetya
18709251011
S2 Pendidikan Matematika...Yoga Prasetya<br />18709251011<br />S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A<br />Bilangan 3 + 4 = 7 menjadi memiliki banyak makna dan arti dilihat dari segi identitas ruang dan waktu yang berbeda, tidak ada salah dan tidak ada benar. Keduanya memiliki makna yang dapat dipahami masing-masing. Karena matematika itu selalu ada kontradiksi di dalamnya. Prinsip identitas dan kontradiksi merupakan prinsip Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/04047730947002493198noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-47127670678265934532019-01-04T01:01:22.463+07:002019-01-04T01:01:22.463+07:00Surya Shofiyana Sukarman
18709251017
S2 Pendidika...Surya Shofiyana Sukarman <br />18709251017<br />S2 Pendidikan Matematika A 2018<br /> <br />Immanuel Kant mengatakan sebenar-benar ilmu adalah kontradiktif. Matematika dibuat dan dikembangkan melalui suatu yang kontradiktif. Jika ilmuan menemukan matematika tanpa sebuah asumsi atau anggpan mengnai benar atau salah maka tentulah akan disimpulkan langsung tanpa ada suatu kajian mendalam mengenai Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/10803086663974514229noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-69248299169927632402018-12-28T22:38:26.798+07:002018-12-28T22:38:26.798+07:00Fabri Hidayatullah
18709251028
S2 Pendidikan Matem...Fabri Hidayatullah<br />18709251028<br />S2 Pendidikan Matematika B 2018<br /><br />Menurut Immanuel kant, sebenar-benar ilmu ialah bersifat kontradiktif. Maka matematika pun agar demikian. Jika matematika dipaksakan dengan prinsip identitas saja, maka itu baru separuh dunia. Maka secara filsafat, matematika dapat dikatakan sebagai ilmu jika pembentuk sistemnya bersifat kontradiktif. Hal ini fabrihttps://www.blogger.com/profile/03496361897749715407noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-3972163719962432852018-12-26T10:27:07.767+07:002018-12-26T10:27:07.767+07:00Amalia Nur Rachman
18709251042
S2 Pendidikan Matem...Amalia Nur Rachman<br />18709251042<br />S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018<br /> <br />Dalam filsafat, definisi matematika dibedakan ke dalam dua definisi, yaitu definisi yang sesuai dengan prinsip identitas dan definisi yang sesuai dengan prinsip kontradiksi. Oleh karena itu, matematika merupakan ilmu yang bersifat kontradiktif dan hal ini sesuai dengan pandangan Immanuel Kant bahwa Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/14084511649584158372noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-3534310153880675022018-12-25T23:08:54.747+07:002018-12-25T23:08:54.747+07:00Rosi Anista
18709251040
S2 Pendidikan Matematika B...Rosi Anista<br />18709251040<br />S2 Pendidikan Matematika B<br /><br />Assalamualaikum wr wb<br />Dari elegi di atas dijelaskan bahwa ada dua prinsip dasar matematika, yaitu prinsip identitas dan prinsip kontradiksi. Jika matematika berprinsip identitas maka matematika tidak bisa dikatakan ilmu, maka jika ditinjau dari filsafat jelas terbukti bahwa matematika itu kontradiktif.Rosi Anistahttps://www.blogger.com/profile/08762797426722719629noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-75844557164625698882018-12-24T20:02:35.994+07:002018-12-24T20:02:35.994+07:00Atin Argianti
18709251001
PPs PM A 2018
Dari elegi...Atin Argianti<br />18709251001<br />PPs PM A 2018<br />Dari elegi tersebut, saya belajar bahwa matematika yang mengajarkan bagaimana memecahakan masalah matematika tetapi terlebih dahulu mengajarkan konsep agar dapat dipecahkan permasalahan matematika tersebut. Konsep dalam matematika yang merupakan kebenaran jangan sampai siswa mengalami miskosepsi dari pembelajaran matematika. Ruang dan waktu Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/07003093211534845075noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-10496381511391462912018-12-23T21:08:22.749+07:002018-12-23T21:08:22.749+07:00Septia Ayu Pratiwi
18709251029
S2 Pendidikan Mate...Septia Ayu Pratiwi <br />18709251029<br />S2 Pendidikan Matematika 2018<br /><br />Matematika didefinisakan dalam dua yaitu sesuai dengan prinsip identitas dan sesuai dengan prinsip kontradiksi. Jika matematika dibangun dengan prinsip identitas saja, maka matematika tersebut jelas bukan merupakan ilmu. Oleh sebab itu, dari segi filsafat supaya matematika merupakan ilmu maka harus dibentuk system Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/08203432380887905199noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-55986876624496548492018-12-23T15:21:02.783+07:002018-12-23T15:21:02.783+07:00Sintha Sih Dewanti
18701261013
PPs S3 PEP UNY
Dal...Sintha Sih Dewanti<br />18701261013<br />PPs S3 PEP UNY<br /><br />Dalam artikel ini dinyatakan bahwa “Jikalau matematika dibangun dengan Prinsip Identitas saja maka jelaslah dia Bukan Ilmu. Maka secara filsafat, tidaklah bisa dihindari bahwa agar matematika merupakan Ilmu maka Definisi pembentuk Sistemnya HARUSLAH BERSIFAT KONTRADIKTIF.” Tetapi kalau dibentuk formulasinya menjadi “tidak mungkin Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/01601728478598500956noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-20264650246416407142018-12-18T13:36:06.426+07:002018-12-18T13:36:06.426+07:00Bayuk Nusantara Kr.J.T
18701261006
PEP S3
Sebena...Bayuk Nusantara Kr.J.T<br />18701261006<br />PEP S3<br /><br /><br />Sebena-benar ilmu adalah kontradiktif. Menurut KBBI kontradiktif didefinisikan sebagai bersifat kontradiksi; berlawanan; bertentangan. Immanuel Kant berpendapat bahwa sebenar-benar ilmu adalah kontradiktif artinya yaitu bertentangan. Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/17573725456345431089noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-68358771053233103642018-12-16T22:17:13.658+07:002018-12-16T22:17:13.658+07:00Herlingga Putuwita Nanmumpuni
18709251033
S2 Pend...Herlingga Putuwita Nanmumpuni <br />18709251033<br />S2 Pendidikan Matematika B 2018<br /><br />Seperti kita ketahui bahwa terdapat bermacam-macam definisi matematika; tetapi secara filsafat maka definisi matematika cukup bisa dibedakan kedalam dua macam definisi saja, yaitu Definisi yang sesuai dengan Prinsip Identitas dan dengan sendirinya selain itu adalah definisi yang sesuai dengan Prinsip Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/12385734455895341243noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-82745013202356448092018-12-14T22:17:46.100+07:002018-12-14T22:17:46.100+07:00Rindang Maaris Aadzaar
18709251024
S2 Pendidikan M...Rindang Maaris Aadzaar<br />18709251024<br />S2 Pendidikan Matematika 2018<br /><br />Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh<br />Menurut Immanuel Kant, sebenar-benarnya ilmu adalah kontradiktif. Hal ini dapat dilihat dari adanya perbedaan dari penggunaan sepert 3+4=7. Yang membedakan adalah kapan dan siapa yang digunakan dalam suatu konteks. Misal = dibaca “adalah” sehingga terbebas dari Rindang Maaris Aadzaarhttps://www.blogger.com/profile/11464554867301434565noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-14082683398756624422018-12-12T14:08:30.146+07:002018-12-12T14:08:30.146+07:00Janu Arlinwibowo
18701261012
PEP 2018
Matematika ...Janu Arlinwibowo<br />18701261012<br />PEP 2018<br /><br />Matematika memiliki konteks, 1+1=2 benar jika 1 nya itu dianggap sama satunya sehingga dapat dijumlahkan menjadi dua. Secara simbol yang disamakan maka dianggap sama dan dapat dijumlahkan. Konteks kedua sebenarnya adalah basis, jika basis 10 maka benar jawabnya adalah 2 basis 10, namun jika konteksnya 2 maka berbeda lagi hasilnya. Dengan Janu Arlinwibowohttps://www.blogger.com/profile/06413979938601416925noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-17239416955523699152018-12-11T20:33:08.386+07:002018-12-11T20:33:08.386+07:00Agnes Teresa Panjaitan
S2 Pendidikan Matematika A ...Agnes Teresa Panjaitan<br />S2 Pendidikan Matematika A 2018<br />18709251013<br /> <br />Konsep prinsip identitas dan prinsip kontradiktif adalah dua hal yang berbeda. Jikalau identitas berarti kekonsistenan sesuatu kontradiktif adalah lawan dari kekonsistenan tersebut. Namun pemahaman saya dalam tulisan ini coba untuk dijelaskan mengenai ketidak konsistenan (kontradiktif) diperlukan untuk dapat Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/11925957528088907246noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-22114457995495831822018-12-11T10:14:55.288+07:002018-12-11T10:14:55.288+07:00Nani Maryani
18709251008
S2 Pendidikan Matematika...Nani Maryani <br />18709251008<br />S2 Pendidikan Matematika (A) 2018<br />Assalamu'alaikum Wr.Wb<br /><br />Dalam elegi pemberontakan mengenai matematika kontradiktif ini membahas mengenai uji kontradiksi antara relasi atau operasi sebagai komponen dasar pembentuk konsep dan sistem pada matematika. Operasi merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan dari matematika, maka dari itu penting untuk Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/06012026052190180314noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-27383760754131479242018-12-09T14:54:08.685+07:002018-12-09T14:54:08.685+07:00Tiara Cendekiawaty
18709251025
S2 Pendidikan Matem...Tiara Cendekiawaty<br />18709251025<br />S2 Pendidikan Matematika B 2018<br /><br />Terimakasih Prof atas penjelasannya, saya menjadi paham bahwa tata cara membaca dalam matematika sangat menetukan maknanya. 3+4=7. Cara membaca yang paling general adalah 3+4 sama dengan 7 dan jarang sekali yang membacanya 3+4 adalah 7. Sama dengan dan adalah ternyata mempunyai makna tersendiri dan dapat Tiara Cendekiawatyhttps://www.blogger.com/profile/01115650155742991273noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-69678123238295163462018-12-09T13:56:36.714+07:002018-12-09T13:56:36.714+07:00Diana Prastiwi
18709251004
S2 P. Mat A 2018
Matem...Diana Prastiwi<br />18709251004<br />S2 P. Mat A 2018<br /><br />Matematika terbebas dari ruang dan waktu. Jika suatu pernyataan matematika tidak terbebas dari ruang dan waktu, maka akan timbul kontradiksi di dalamnya. dihadapkan dengan dua pilihan dalam matematika yaitu prinsip identitas dan kontradiktif adalah dua sisi yang berlawanan adanya. Namun jika kita memberatkan salah satu saja menjadi Dianahttps://www.blogger.com/profile/17483040393210978190noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-79096570709172961152018-12-09T12:12:47.915+07:002018-12-09T12:12:47.915+07:00Luthfannisa Afif Nabila
18709251031
S2 Pendidikan ...Luthfannisa Afif Nabila<br />18709251031<br />S2 Pendidikan Matematika B 2018<br />Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.<br />Dari membaca elegi diatas, muncul pertanyaan dalam diri saya yaitu apa itu bilangan berbasis 8? Apa itu bilangan berbasis 7? Kenapa ketika kita mengatakan bilangan berbasis 7, 3+4=7 menjadi tidak benar? Dan kenapa ketika kita mengatakan bilangan berbasis 7, 3+4bilahttps://www.blogger.com/profile/06160860755601908703noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-33693884044076666112018-12-05T16:36:15.177+07:002018-12-05T16:36:15.177+07:00Dini Arrum Putri
18709251003
S2 P Math A 2018
D...Dini Arrum Putri <br />18709251003<br />S2 P Math A 2018 <br /><br />Dalam belajar matematika, matematika selalu dihubungkan dengan sifat pembuktian. Suatu konsep matematika dianggap sebuah kebenaran jika ada sebuah pembuktian. Elegi di atas menggambarkan bahwa matematika tidak bersifat kontradiktif. 3+4 = 7 dapat dikatakan benar jika konsep tersebut berada dalam ruang dan waktu yang tepat. Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/06929271158453882959noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-23595400834156143222018-11-28T05:23:48.889+07:002018-11-28T05:23:48.889+07:00Aan Andriani
18709251030
S2 Pendidikan Matematika ...Aan Andriani<br />18709251030<br />S2 Pendidikan Matematika B<br /><br />Assalamualaikum wr.wb<br />Sasaran uji yang dilakukan adalah pada relasi atau operasi penghasil komponen dasar pembentuk konsep atau sistem matematika. Relasi atau operasi yang diambil tidak perlu yang rumit tapi bisa yang sederhana saja. Misalnya saja diambil contoh 3+4=7 dapat bersifat kontadiktif apabila berada dalam Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/18030152295452015631noreply@blogger.com