Oct 31, 2014

Pertanyaan-pertanyaan Filsafat dari mahasiswa S2 PM D




Pertanyaan-pertanyaan berikut muncul dari para Mahasiswa  pada perkuliahan Filsafat Ilmu program S2 Pendidikan Matematika (PM D) Hari Jum'at, 31Oktober 2014 pk 10.00 sd 11.40 di R. 100 B Gedung PPs Lama Universitas Negeri Yogyakarta. Silahkan para pembaca yang budiman untuk berusaha menjawab atau menanggapi satu atau lebih dari pertanyaan-pertanyaan tersebut. Selamat berfilsafat, semoga selalu diberi kecerdasan pikiran dan hati. Amin.

1. Ahmad Lutfi:
Apa hakekat Politik menurut Filsafat?


2. Ezi Apino:
Apa hakikat Metode Saintifik?


3. Retno Kusuma:
Bagaimana Netralitas/Ketidaknetralan Ilmu menurut Filsafat?


4. Ida Trisnadati
Bagaimana Filsafat di waktu yang akan datang?


5. Nurhayati:
Apa makna sifat Baik-Buruk dan Positif-Negatif dalam Filsafat?


6. Nurul Husnah:
Apa yang dimaksud Kesadaran dari sudut pandang Filsafat?


7. Juz'an Afandi:
Mohon dijelaskan apakah yang dimaksud Filsafat Kritis itu?


8. Libertus Di Umart Alvares:
Bagaimana cara memersiapkan Generasi Muda/Penerus dari kacamata Filsafat?


9. Arini Ulfah Hidayati:
Apa makna bosan atau jenuh?


10. Hanifa Prahastami Pambayun:
Apa makna Hilang?


11. Lisaiha Rodiyya:
Apakah hakekat Menguasai atau Hegemoni?


12. Dita Puspitawedana:
Apakah batasan-batasan dari konsep Hedonisme itu? Dan bagaimana menyikapinya?


13. Ristu Haiban Hirzi:
Bagaimana hubungan antara Sifat-sifat yang Ada dan yang mungkin Ada?

14. Mukhlas Triono:
Bagaimana hubungan antara konsep-konsep Kebenaran yang ada?

15. Apolonia Hendrice Ramda:
Bagaimana Filsafat mampu menjelaskan hakekat Sukses dan Gagalnya sebuah kehidupan?

16. Hafizh Praditya Mahardika:
Apa yang dimaksud sebagai Ego, Superego, Egoist, Egocentris, dan sejenisnya?

17. Rosalia Hera:
Apakah ada konsep berpikir yang sesat di dalam Filsafat? Bagaimana penjelasannya?

18. La Ode Amril:
Apakah yang disebut Fiksi itu?

19. Danis Agung Nugroho:
Bagaiman perjalanan seorang bisa sampai pada tinkatan dapat disebut sebagai Filsuf?

20. Fitriyani:
Apa hakikat Gila dalam Filsafat?

21. Lidrawati:
Bagaimana penjelasannya bahwa seseorang dapat mengetahui Pikiran orang lain? Dan bagaimana penjelasannya bahwa seseorang dapat menjelaskan kepada orang lain apa yang dia ketahui?





82 comments:

  1. DARWIS CAHYO NUGROHO
    13301244014
    PENDIDIKAN MATEMATIKA C 2013

    Makna hilang dalam filsafat adalah sesuatu yang ada Menjadi mungkin ada. Jadi, sebelumnya barang tersebut pernah ada dan Menjadi pernah ada karena barang tersebut sekarang tidak ada

    ReplyDelete
  2. DARWIS CAHYO NUGROHO
    13301244014
    PENDIDIKAN MATEMATIKA C 2013

    Berbicara tentngKegiatan fiksi, Fiksi adalah sebuah cerita yang sebagian atau seluruhnya berkaitan dengan peristiwa yang tidak terjadi dalam kehidupan nyata, atau melainkan hanya diciptakan oleh seseorang berdasarkan imajinasinya atau lebih tepatnya khayalan. Karya fiksi biasanya berbentuk cerita, untuk menyampaikan poin atau perspektif pengarang.

    ReplyDelete
  3. DARWIS CAHYO NUGROHO
    13301244014
    PENDIDIKAN MATEMATIKA C 2013

    Sebelumnya memahami apa itu EGO, Alangkahbaiknya baiknya kita memahami apa itu ID. ID adalah satu-satunya komponen kepribadian yang hadir sejak lahir, aspek kepribadiannya sadar dan termasuk dari perilaku naluriah dan primitif. Id didorong oleh prinsip kesenangan yang berusaha untuk memenuhi semua keinginan dan kebutuhan, apabila tidak terpenuhi maka akan timbul kecemasan dan ketegangan. Sebagai contoh adalah ketika merasa lapar atau haus maka akan segera memenuhi kebutuhan tersebut dengan makan atau minum sampai id tersebut terpenuhi.

    ReplyDelete
  4. DARWIS CAHYO NUGROHO
    13301244014
    PENDIDIKAN MATEMATIKA C 2013

    Ego adalah komponen kepribadian yang bertanggung jawab untuk menangani dengan realitas. Ego berkembang dari id dan memastikan bahwa dorongan dari id dapat dinyatakan dalam cara yang dapat diterima di dunia nyata. Fungsi ego baik di pikiran sadar, prasadar, dan tidak sadar. Ego beroperasi menurut proses sekunder. Tujuan proses sekunder adalah mencegah terjadinya tegangan sampai ditemukannya suatu objek yang cocok untuk pemuasan kebutuhan. Dengan kata lain fungsi ego adalah menyaring dorongan-dorongan yang ingin dipuaskan oleh Id berdasarkan kenyataan.

    ReplyDelete
  5. DARWIS CAHYO NUGROHO
    13301244014
    PENDIDIKAN MATEMATIKA C 2013

    Superego adalah suatu gambaran kesadaran akan nilai-nilai dan moral masyarakat yang ditanam oleh adat-istiadat, agama, orangtua, dan lingkungan. Pada dasarnya Superego adalah hati nurani, jadi Superego memberikan pedoman untuk membuat penilaian, baik yang benar atau yang salah. Superego hadir dalam sadar, prasadar dam tidak sadar.

    ReplyDelete
  6. DARWIS CAHYO NUGROHO
    13301244014
    PENDIDIKAN MATEMATIKA C 2013

    Kesimpulan ID, EGO, SUPEREGO
    Id, Ego dan Superego saling mempengaruhi satu sama lain, ego bersama dengan superego mengatur dan mengarahkan pemenuhan id dengan berdasarkan aturan-aturan yang benar dalam masyarakat, agama dan perilaku yang baik atau buruk.

    ReplyDelete
  7. Wan Denny Pramana Putra
    16709251010
    PPs Pendidikan Matematika A

    Menurut Machiavelli, filsafat politik adalah ilmu yang menuntut pemikiran dan tindakan yang praktis serta konkrit terutama berhubungan dengan negara. Baginya, negara harus menduduki tempat yang utama dalam kehidupan penguasa. Negara harus menjadi kriteria tertinggi bagi akivitas sang penguasa. Negara harus dilihat dalam dirinya tanpa harus mengacu pada realitas apa pun di luar negara.

    ReplyDelete
  8. Ressy Rustanuarsi
    16709251033
    PPs PMAT Kelas B 2016

    Assalamualaikum Wr.Wb
    Menurut sepengetahuan saya, segala sesuatu yang belum ada dipikiran kita adalah sesuatu yang mungkin ada. Jika ia sudah ada dipikiran kita maka sesuatu itu menjadi yang ada. (pertanyaan no 13)
    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  9. Firda Listia Dewi
    16701251014
    PEP S2 Kelas B

    2. Apa hakikat Metode Saintifik?

    Metode Saintifik ini sebenarnya hasil dari pemikiran Compte yang berupa positivisme. Metode ini melalui proses mengamati, menanya, mencoba, mengolah, dan mengkomunikasikan. Sehingga untuk membuktikan benar atau salah perlu dilaksanakan melalui percobaan. Namun, di lapangan, guru mengalami hambatan dalam melaksanakan metode Saintifik ini. Salah satunya disebabkan oleh salahnya cara guru menanya atau menarik hipotesis. Akibatnya, peserta didik tidak memperoleh nilai-nilai, pengetahuan, dan keterampilan secara berimbang.

    ReplyDelete
  10. Fevi Rahmawati Suwanto
    16709251005
    Pendidikan Matematika A / S2

    Fiksi adalah sebuah prosa yang bersifat imajiner yang masuk akal dan mengandung kebenaran yang dapat mendramatisasi kehidupan manusia. Hasil olah imajinasi pengarang ini biasanya diwarnai oleh kultur, pengalaman batin, filosofi, pendidikan, religiusitas, dan latar belakang pengarang lainnya. Contoh fiksi banyak sekali, salah satunya elegi-elegi yang tertuang dalam blog ini.

    ReplyDelete
  11. Dewi Saputri
    13301241068
    Pendidikan Matematika I 2013

    Apa yang dimaksud sebagai Ego, Superego, Egoist, Egocentris, dan sejenisnya? Pada saat perkuliahan dengan Prof. Marsigit, ego adalah ikhtiar dan takdir. Setiap orang memiliki ego. Kita harus menyukuri hal tersebut. Akan tetapi jangan sampai ke arah kesombongan karena dapat menutup hati dan pikiran.

    ReplyDelete
  12. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    6. Nurul husna:
    Apa yang dimaksud kesadaran dari sudut pandang filsafat?

    Kesadaran itu mengetahui secara persisnya mana itu hal yang baik dan mana hal buruk. Kesadaran merupakan awal mula bagi manusia untuk mengevaluasi dirinya sendiri dari semua tindakannya sehingga mempunyai acuan untuk memperbaiki kekurangan dalam diri dan memaksimalkan hal baik yang sudah ada pada diri kita. Dengan adanya kesadaran, maka kita sebagai manusia bisa berkembang dan berhasil dalam dunia dan akhirat karena pilihan hidup berdasarkan evaluasi diri. Karena kesadaranlah kita dapat menentukan arah hidup, apakah ingin sukses didunia, atau dunia dan akhirat. Menentukan arah disini artinya apakah melakukan hal-hal positif atau negatif. Kesadaran hati nurani juga penting, dimana jika kesadaran bersatu dengan hati nurani, maka adanya dorongan untuk memilih hal-hal yang positif dalam hidup.

    ReplyDelete
  13. Nuha fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    politik secara filsafat adalah motif.

    ReplyDelete
  14. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    metode saintifik, klo dilihat dari sejarahnya merupaka aliran positivisme, metode saintifik adlah gabungan ideologi idelisme, pemenides, formalisme, anlitik apriori dengan ideologi realisme, heraklitus, sintetik aposteriori yang menghasiilkan sintetik apriori yaitu metode saintifik.

    ReplyDelete
  15. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    ntralitas dan ketidak netralitas suatu ilmu dalam filsafat itu tidak ada, yag ada adalah ilmu tesis dan ilmu anti tesis, ilmu yang menerjemahakan dan ilmu yangditerjemahakan sehingga hasinya adalh ilmu yang sintsis, sintetis ini mendekati objektif karena hasil dari proses siklik dan linier sesuai dengan ruang dan waktu secara kontinyu sehingga mengahhasillkan ilmu yang netral, tidak netral sebaliknya.

    ReplyDelete
  16. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    filsafat di waktu yang akan datang akan tetap, tetap pada wadah dan isiny, tetap apda ruang dan waktunya, tetap dengan proses terjemah dan menerjemahkannya, tetap dengan tesis dan anti tesisinya, tetap dengan proses linier dan sikliknya, tetap dengan subjek dan predikatnya, tetap dengan identitas dn kontradksinya, tetap dengan idealis dan relatifnya, tetapdenag koheren dan kecocoknnya, tetap dengan filsafatnya.

    ReplyDelete
  17. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    baik dan buruk dalam filsafat adalah baik itu sopan santun dalam ruang dan waktu, buruk itu tidak sopan dan santun dlam ruang dan waktu, positif dan negatif adalah istilah dalam matematika, yang artinya positif itu daerah yang bukan negatif dan nol, negatif adalah daerah yang bukan positif dan nol. negatif adalah isi dari bilangan sebagai wadahnya, juga positif demikian. negatif dan positif adalah predikat dari subjeknya yaitu bilanagn.

    ReplyDelete
  18. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    kesadaran menurut filsafat adalah mengetahui posisinya dalam ruang dan waktu, ketika sesorang sadar maka akan mampu melakaukan hal yang abik dan yang buru, yaitu sopan santun dalam ruang dan waktu dan melakuakn sesuaitu sesuai dengan ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  19. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    objek filsafata adalah ada danmungkin ada, bagiaman dengan objek yang hilang, hilang adalah objek atau predikat yang tidak ada dalam ruang dan waktu baik selamanya (tidak ada selamanya, hilang selamanya) atau objek yang tidk ada dalam ruang dan waktu untuksemnatara (tmungkin ada, hilang sementara)

    ReplyDelete
  20. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidika matematika c 2013

    hubungan sifat-sifat yag ada dan yang mungkin ada adalah sintetik apriori, identitas dan korespondensi, berubah dan tetap, realis idealis, sintetik apriori.

    ReplyDelete
  21. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    baik dan buruk dalam filsafat adalah baik itu sopan santun dalam ruang dan waktu, buruk itu tidak sopan dan santun dlam ruang dan waktu, positif dan negatif adalah istilah dalam matematika, yang artinya positif itu daerah yang bukan negatif dan nol, negatif adalah daerah yang bukan positif dan nol. ID adalah satu-satunya komponen kepribadian yang hadir sejak lahir, aspek kepribadiannya sadar dan termasuk dari perilaku naluriah dan primitif. Id didorong oleh prinsip kesenangan yang berusaha untuk memenuhi semua keinginan dan kebutuhan, apabila tidak terpenuhi maka akan timbul kecemasan dan ketegangan. Sebagai contoh adalah ketika merasa lapar atau haus maka akan segera memenuhi kebutuhan tersebut dengan makan atau minum sampai id tersebut terpenuhi.

    ReplyDelete
  22. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Dengan adanya kesadaran, maka kita sebagai manusia bisa berkembang dan berhasil dalam dunia dan akhirat karena pilihan hidup berdasarkan evaluasi diri. Karena kesadaranlah kita dapat menentukan arah hidup, apakah ingin sukses didunia, atau dunia dan akhirat. Menentukan arah disini artinya apakah melakukan hal-hal positif atau negatif. Kesadaran hati nurani juga penting, dimana jika kesadaran bersatu dengan hati nurani, maka adanya dorongan untuk memilih hal-hal yang positif dalam hidup.

    ReplyDelete
  23. Syahrial
    16701251015
    S2 PEP kelas B 2016
    1. Apa hakekat Politik menurut Filsafat?
    hakikat politik adalah power atau kekuasaaan. menurut Plato, filsafat politik adalah upaya untuk membahas dan menguraikan berbagai segi kehidupan manusia dalam hubungannya dengan negara. Ia menawarkan konsep pemikiran tentang manusia dan negara yang baik dan ia juga mempersoalkan cara yang harus ditempuh untuk mewujudkan konsep pemikiran. Bagi Plato, manusia dan negara memiliki persamaan hakiki. Oleh karena itu, apabila manusia baik negara pun baik dan apabila manusia buruk negara pun buruk. Apabila negara buruk berarti manusianya juga buruk, artinya negara adalah cerminan mansuia yang menjadi warganya. Namaun dalam mencapai Power atau kekuasaan itulah kadangkala menggunakan jalan yang tidak sesuai dengan ruang dan waktunya sehingga kadangkala melakukan segala macam cara sehingga mencedrai hakikat dari politik tersebut dari sudut pandang filsafat.

    ReplyDelete
  24. Syahrial
    16701251015
    S2 PEP kelas B 2016
    4. Bagaimana Filsafat di waktu yang akan datang?
    segala sesuatu yang belum kita ketahui adalah masih bersifat yang mungkin ada, sehingga masa depan pun adalah sesuatu yang mungkin ada, karena masadepan masih bersifat harapan, tidak ada orang yang tau tentang masa depan, jika pun ada itu hanyalah prediksi semata, sedangkan kebenarannya belum di ketahui, namun yang pasti adalah bahwa filsafat dari masa depan adalah tujuan yang akan kita datangi. kebanran dan yang mengetahui masadepan adalan Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa.

    ReplyDelete
  25. Seftika Anggraini
    13301241013
    Pendidikan Matematika I 2013

    Saya akan mencoba menjawab pertanyaan no. "4. Ida Trisnadati
    Bagaimana Filsafat di waktu yang akan datang?"
    Filsafat di waktu yang akan datang akan sama dengan filsafat saat ini. Filsafat pada saat ini adalah sama dengan filsafat di waktu lalu. Filsafat itu berasal dari para filsuf sejak waktu dahulu dan filsuf waktu sekarang yang ilmunya bersifat tetap.

    ReplyDelete
  26. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  27. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  28. Seftika Anggraini
    13301241013
    Pendidikan Matematika I 2013

    Makna hilang adalah kondisi dimana suatu kejadian tidak sesuai dengan ruang dan waktunya. Tidak adanya suatu pengada.

    ReplyDelete
  29. Seftika Anggraini
    13301241013
    Pendidikan Matematika I 2013

    Menurut saya, seseorang dapat mengetahui Pikiran orang lain itu karena adanya intuisi. Intuisi itu bertingkat-tingkat dan dapat diasah.

    Dan penjelasan bahwa seseorang dapat menjelaskan kepada orang lain apa yang dia ketahui adalah berkaitan dengan ego. Setiap orang memiliki ego, dengan ego tersebut, seseorang terdorong untuk menjelaskan apa yang dia ketahui.

    ReplyDelete
  30. Seftika Anggraini
    13301241013
    Pendidikan Matematika I 2013

    Menurut saya, dalam filsafat juga terdapat konsep berpikir yang sesat. Konsep berpikir yang sesat adalah jika seseorang berpikir tidak sesuai ruang dan waktunya. Selain itu, konsep berpikir yang sesat juga dapat terjadi jika seseorang menghasilkan ide atau pikiran dengan berlandaskan ilmu pengetahuan yang tidak diakui kebenarannya.

    ReplyDelete
  31. RISKA AYU ARDANI
    16709251021
    PMAT KELAS B PPS UNY 2016


    Apa makna Hilang menurut filsafat?

    Hidup ini berstruktur, dunia berstruktur, segala sesuatu yang ada dan mungkin ada berstruktur dan berdimensi. Hilang adalah sesuatu yang tergantung pada konteks ruang dan waktunya. Hilang dan tidak terlihat disini, bukan berarti hilang dan tidak hilang disana. Sesuatu yang hilang akan muncul pada ruang waktu dan dimensi yang lain. Sebenar benarnya hilang tidak pernah hilang. Hilang adalah persepsi pada diri manusia yang tidak bisa melihat sesuatu, yang sesungguhnya sesuatu itu tidak hilang karena sesuatu itu berada pikiran manusia itu sendiri.

    ReplyDelete
  32. Kartika Nur Oktaviani
    16709251032
    Pendidikan Matematika S2 UNY kelas B

    Assalamu'alaikum wr wb.
    Bagaimana filsafat di waktu yang akan datang?Tidak ada yang dapat memprediksi kejadian yang akan datang. Sedetik sesudah ini pun kita tidak akan tau apa yang terjadi. Sedetik lagi, bahkan sepersekian detik lagi pasti ada perubahan. Contohnya menurut saya aliran darah kita ion kita terus mengalir. Waktu yang mengalir tidak akan pernah sama. Entah apakah akan ada pemikiran-pemikiran filsuf yang baru atau tidak. Apakah dunia semakin baik atau tidak, atau semakin saling menghancurkan.
    Apa makna bosan atau jenuh? Bosan atau jenuh dapat terjadi jika sesuatu tidak sesuai dengan ruang dan waktunya. Kita seakan-akan berada di tempat yang asing.
    Wassalamu'alaikum wr wb.

    ReplyDelete
  33. Wadiyono
    16701251021
    Penelitian dan Evaluasi Pendidikan S2 2016
    Menanggapi dari pertanyaan Sdr Ahmad Lutfi:
    tentang Apa hakekat Politik menurut Filsafat?
    Secara harifiah definisi Politik menurut Plato dan Aristoteles adalah suatu usaha untuk mencapai masyarakat politik (polity)yang terbaik di dalam politik, manusia akan hidup bahagia karena memiliki peluang untuk mengembangkan bakat hidup dengan rasa kemasyarakatan yang akrab dan hidup dalam suasana moralitas.
    Namun pengertian politik secara Filsafat adalah bahwa mengembangkan power mind untuk kepentingan kebahagiaan hidup masyarakat luas,hidup damai aman berdampingan bertoleransi dan bukan mengedepankan “Power Now”. Mengembangkan sisi positif dari sifat dan kesempatan manusia untuk kemaslahatan sesama dan sedapat mungkin menjaukan dari sikap dan sifat “ Power Now”...

    ReplyDelete
  34. Wadiyono
    16701251021
    Penelitian dan Evaluasi Pendidikan S2 2016

    Menanggapi pertanyaan dari Mukhlas Triono:
    tentang bagaimana hubungan antara konsep-konsep Kebenaran yang ada?
    Kehidupan memerlukan kebenaran, sedangkan kebenaran tidak dapat seluruhnya diperoleh dengan indera dan akal, karena indera dan akal itu terbatas kemampuannya. Menurut Kant, dasar apriori itu ada pada sains, akan tetapi, indra (sains) itu terbatas, disinilah Critique of The Practical Reason berbicara, Kant bertanya “Bila akal dan indra tidak dapat diandalkan dalam mempelajari agama, apa selanjutnya?”. Jawabannya adalah akal atau indra dapat terus berkembang dan dikembangkan, namun setelah semua itu, moral merupakan ukuran kebenaran.

    ReplyDelete
  35. Wadiyono
    16701251021
    Penelitian dan Evaluasi Pendidikan S2 2016

    Baik dan buruk selalu berhubungan dengan Moral. Kemudian Apa moral itu?
    Moral adalah suara hati, Perasaan, menentukan sesuatu itu benar atau salah. Moral itu Imperatif Kategori, Perintah tanpa syarat yang ada dalam kesadaran kita. Kata hati itu memerintah, perintah itu ialah perintah untuk berbuat sesuai dengan keinginan tetapi dalam batas kewajaran. Hukum kewajaran bersifat universal. Menurut Kant, apa yang dianggap sebagai sikap moral sering kali merupakan sikap yang secara moral justru harus dinilai negatif. Heteronomi moral adalah sikap dimana orang memenuhi kewajibannya bukan karena ia insaf bahwa kewajiban itu pantas dipenuhi, melainkan karena tertekan, takut berdosa, dan sebagainya.

    ReplyDelete
  36. Ika Dewi Fitria Maharani
    16709251027
    PPs UNY P.Mat B 2016

    Saya akan mencoba menanggapi pertanyaan no 21 oleh saudara Lidrawati yaitu Bagaimana penjelasannya bahwa seseorang dapat mengetahui Pikiran orang lain? Dan bagaimana penjelasannya bahwa seseorang dapat menjelaskan kepada orang lain apa yang dia ketahui?

    Sebenarnya jawaban dari pertanyaan ini ada di dalam bacaan bagaimana membangun pengetahuan di dalam filsafat. Dijelaskan bahwa masalah dalam filsafat itu ada dua yaitu bagaimana menjelaskan apa yang ada di dalam pikiran kita dan bagaimana mengetahui pikiran orang lain. sayangnya kita sebagai manusia memiliki keterbatasan, tiadalah seseorang yang bisa menjawab pertanyaan tersebut dengan sempurna dan absolut. Namun kita selalu bisa berusaha untuk mencoba sebaik meungkin menjawab kedua persoalan itu dengan cara kita.

    ReplyDelete
  37. Khaerudin
    16701621009
    S3 PEP Kelas A 2016

    Tanggapan pernyataan dari saudari Ristu Haiban Hirzi: Bagaimana hubungan antara Sifat-sifat yang Ada dan yang mungkin Ada?
    Objek filsafat yang ada dan yang mungkin ada, metode belajar filsafat dengan hermeneutika dari dalam yang sedalam dalamnya telaah yang luas seluasnya. Objek formal dan material, objek material adalah yang ada dan mungkin ada sedangkan objek formalnya adalah metodenya. Segala sesuatu selama di dunia dengan menggunakan bahasa analog yang lebih tinggi dari kiasan atau perumpamaan.

    ReplyDelete
  38. Wadiyono
    16701251021
    Penelitian dan Evaluasi Pendidikan S2 2016

    2. Ezi Apino:
    Apa hakikat Metode Saintifik?

    Metode saintifik adalah sebuah strategi atau metode sebagai terobosan pembelajaran yang memungkinkan peserta didik untuk mengerjakan kegiatan yang beragam dalam rangka mengembangkan ketrampilan dan pemahamannya, dengan penekanan peserta didik belajar sambil bekerja, dan berfikir secara Ilmiah. Sementara guru menggunakan berbagai sumber dan alat bantu belajar (termasuk pemanfaatan lingkungan), supaya pembelajaran lebih menarik, menyenangkan dan efektif.

    ReplyDelete
  39. Wadiyono
    16701251021
    Penelitian dan Evaluasi Pendidikan S2 2016

    5. Nurhayati:
    Apa makna sifat Baik-Buruk dan Positif-Negatif dalam Filsafat?

    Filsafat adalah ilmu yang berusaha mencari sebab yang sedalam-dalamnya bagi segala sesuatu berdasarkan pikiran atau rasio dari yang ada dan yang mungkin ada. Filsafat adalah pandangan hidup dari seseorang orang yang merupakan konsep dasar mengenai kehidupan yang dicita-citakan sesuai dengan kaidah ruang dan waktunya
    Saya berpendapat bahwa hidup adalah “PROSES”. proses untuk memilih,memilah dan mengambil resiko dari yang kita kerjakan. Memilih ada resikonya,memilah juga ada resikonya. Hidup selau terdapat dua kutub yang tidak terpisahkan dan merupakan hal saling berpasangan dan saling melengkapi.
    Dalam Filsafat tidak ada yang mutlak buruk dan mutlak baik demikian juga dengan yang mutlak positif dan mutlak negatif.......

    ReplyDelete
  40. Wadiyono
    16701251021
    Penelitian dan Evaluasi Pendidikan S2 2016

    7. Juz'an Afandi:
    Mohon dijelaskan apakah yang dimaksud Filsafat Kritis itu?
    Manusia memiliki logika untuk membedakan antara benar dan salah, memiliki etika yang dapat membedakan antara baik dan buruk, serta estetika yang membedakan antara indah dan jelek yang kesemua ini akan digunakan manusia dalam menjalani kehidupannya secara pribadi, antar sesama, dengan alam sekitar dan dengan Sang Pencipta melalui ajaran agama. Agama mengantarkan manusia kepada kebenaran dan filsafat membuka jalan bagi manusia yang mencari kebenaran. Sedangkan ilmu pengetahuan pada hakekatnya adalah kebenaran itu sendiri. Dengan demikian manusia selalu mengembangkan diri dengan menuntut ilmu, dengan tujuan mencari tahu rahasia alam agar gejala alamiah tersebut tidak lagi menjadi misteri. Jadi Filsafat kritis adalah memandang dan menyimpulkan segala kejadian kehidupan dengan pikiran yang mendalam dan obyektif....

    ReplyDelete
  41. Wadiyono
    16701251021
    Penelitian dan Evaluasi Pendidikan S2 2016

    20. Fitriyani:
    Apa hakikat Gila dalam Filsafat?
    Dalam filsafat tidak semua yang berkonotasi buruk adalah buruk. Demikian juga sebaliknya. Berfikir kritis dan radikal bisa diartikan secara positif dan negatif. Berfikir radikal cenderung tidak disukai orang lain. Berfikir divergen bisa diartikan berfikir “Gila” karena berbeda dari cara berfikir pada umumnya. Kreatifitas bisajuga disebut berfikir “Gila”,karena segala karya yang diciptakan dalam karya seni termasuk dalam pemikiran “gila” para kreator. Jadi Gila dalam filsafat bisa juga berfikir yang lain dari yang lain. Dan berfikir lain dari yang lain belum tentu juga menghasilkan “sesuatu” yang buruk bagi orang lain tetapi bisa juga menghasilkan yang sangat berguna bagi kehidupan....Kita boleh “gila” Ilmu’’’boleh “gila” kreativitas, boleh juga “gila” kerja....

    ReplyDelete
  42. Andina Yuliana Dewi
    13301241007
    P.Matematika I 2013

    Saya ingin menanggapi pertanyaan "Bagaimana Filsafat di waktu yang akan datang?". Ruang lingkup filsafat adalah yang ada dan mungkin ada. Masa depan ataupun waktu yang akan datang adalah sesuatu yang mungkin ada. Tidak ada yang bisa memastikan tentang masa depan, jadi waktu yang akan datang itu mungkin ada.

    ReplyDelete
  43. Andina Yuliana Dewi
    13301241007
    P.Matematika I 2013

    Dengan adanya pertanyaan "Apa hakekat Politik menurut Filsafat?", saya jadi mencari sumber-sumber yang dapat menjawab pertanyaan tersebut. Merujuk salah satu filsuf yaitu Plato, filsafat politik adalah upaya untuk membahas dan menguraikan berbagai segi kehidupan manusia dalam hubungannya dengan negara. Bagi Plato, manusia dan negara itu memiliki persamaan hakiki. Apabila manusia baik negara pun akan baik tetapi apabila manusia buruk negara pun buruk. Jadi, negara adalah cerminan dari manusia yang menjadi warganya.

    ReplyDelete
  44. Andina Yuliana Dewi
    13301241007
    P.Matematika I 2013

    "Bagaimana perjalanan seorang bisa sampai pada tinkatan dapat disebut sebagai Filsuf?". Seseorang dikatakan seorang filsuf karena mengkaji masalah filosofis yang berhubungan dengan perkembangan teoritis secara umum dan perkembangan teori ilmiah dari suatu disiplin ilmu secara spesifik. Dan dikatakan seorang filsuf karenaia berfikir mencari suatu permasalahan sampai pada akarnya. Filsuf harus memiliki sifat radikal (berpikir sampai ke akar), universal (berpikir menyeluruh), sistematik (berpikir logis), dan Spekulatif (berfikir spekulatif terhadap kebenaran yang perlu pengujian untuk memberikan bukti kebenaran yang difikirkannya).

    ReplyDelete
  45. Andina Yuliana Dewi
    13301241007
    P.Matematika I 2013

    Menanggapi pertanyaan "Apa yang dimaksud Kesadaran dari sudut pandang Filsafat?". Setelah saya membaca beberapa sumber, saya menemukan pendapat dari salah satu filsuf bernama Sartre. Menurut Sartre, kesadaran adalah gejala yang sangat menarik perhatian. Kesadaran adalah sumber yang menciptakan ketiadaan. Akan tetapi, saya masih belum paham apa arti kesadaran di filsafat.

    ReplyDelete
  46. mengementari pertanyaan 9. Arini Ulfah Hidayati: Apa makna bosan atau jenuh?

    Bosan dan jenuh memiliki makna yang yang hampir sama ,definisnya adalah perasan lelah keetika kegiatan yang dilakukan tersu menerus dari waktu kewaktu atau rutinitas yang menjadi kegiatan harian terjadi secara monoton. Rasa Bosan karena menginginkan perubahan suasana yangbaru.


    M. Saufi Rahman
    S3 PEP Kelas A
    16701261024

    ReplyDelete
  47. Defy kusumaningrum
    13301241022
    Pedidikan Matematika A 2013

    Menurut saya hakikat saintifik merupakan salah satu pemikiran dimana pendidikan berupaya untuk menumbuhkan pemikiran ilmiah pada diri siswa. Yang di maksud pemikiran ilmiah disini adalah siswa belajar menghadapi suatu permasalahan yang disajikan dengan mengumpulkan berbagai informasi kemudian melakukan analisis pemecahannya.

    ReplyDelete
  48. Defy kusumaningrum
    13301241022
    Pedidikan Matematika A 2013

    Menjawab pertanyaan dari La Ode Amril. Sesuatu yang fiksi merupakan sesuatu yang tidak nyata, sebagai salah satu akibat dari imaginasi pikiran.

    ReplyDelete
  49. Dian Rizki Herawati
    13301241057
    PMA 13

    Sesat pikir ialah kekeliruan penaralan yang disebabkan oleh pengambilan kesimpulan yang tidak sahih dengan melanggar ketentuan-ketentuan logika atau susunan dan penggunaan bahasa serta penekanan kata yang secara sengaja atau tidak, telah menyebabkan pertautan atau asoiasi gagasan tidak tepat.

    ReplyDelete
  50. Dian Rizki Herawati
    13301241057
    PMA 13

    politik adalah tentang kekuasan.Hal ini didasari oleh suatu kesadaran bahwa faktor kekuasaan mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan sosial.
    jadi, segala tentang negara, bangsa, kekuasaan disebut politik

    ReplyDelete
  51. Dian Rizki Herawati
    13301241057
    PMA 13

    kita harus membangun Generasi Muda yang Progresif, Agamis dan Nasionalis
    Generasi muda memiliki kecenderungan untuk bersikap antusias dalam menghadapi berbagai isu, baik yang terkait langsung maupun tidak langsung dengan kehidupan mereka sehari-hari, Generasi muda yang agamis ditandai dengan laku dan tindak dari pemuda yang dilandasi oleh moral-moral normatif agama.

    ReplyDelete
  52. Dian Rizki Herawati
    13301241057
    PMA 13

    Seorang filsuf adalah seseorang yang banyak melakukan refleksi dan observasi: dengan memanfaatkan setiap pengalaman dalam mencari suatu pengertian, bahkan jika dibutuhkan kejujuran yang sangat berani untuk melakukan hal ini.
    ilsuf tidak hanya memberikan pendapat dan mengobrol tanpa arti. Justru sebaliknya, para filsuf mengembangkan argumen, berdasarkan sebuah dalil yang bisa dan akan ditantang oleh para filsuf yang lain.

    ReplyDelete
  53. Asma' Khiyarunnisa'
    16709251036
    PPs PM B 2016

    Metode saintifik merupakan sebuah metode yang digunakan dala proses pembelajaran. Pada saat ini metode saintifik dikembangkan untuk digunakan hampir di seluruh mata pelajaran pada kurikulum 2013. Metode saintifik berdasarkan pada tiga asumsi, yaitu (1) Kenyataan 'di luar sana' untuk diketahui, (2) observasi langsung adalah cara mengetahui itu, (3) penjelasan tentang hal-hal pada kejadian yang dapat diamati selalau mencukupi dan penjelasan metafisik tidak pernah dibutuhkan. Jadi pada dasarnya, metode saintifik membuat siswa melakukan berbagai pengalaman belajar melalui observasi dan menjelaskan hasil pengamatannya.

    ReplyDelete
  54. Umi Arismawati
    13301241032
    Pendidikan Matematika A 2013

    Metode Saintifik dicetuskan oleh Compte. Metode Saintitif merupakan pendekatan yang terdapat pada kurikulum 2013. Pendekatan saintifik ini terdapat 5 tahap yaitu pengamatan, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan. Metode saintifik ini diharapkan dapat melatih siswa lebih aktif dan pembelajaran lebih bermakna. Terima kasih

    ReplyDelete
  55. Andi Sri Mardiyanti Syam
    16701251031
    PPs S2 PEP Kelas B 2016

    Bismillah.
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.


    Untuk pertanyaan dari saudara Lutfi, yakni apa hakekat politik menurut filsafat. Politik dalam sejarah dahulunya digunakan untuk mensejahterakan rakyat, jadi ketika seorang pemimpin berusaha untuk mensejahterakan rakyatnya, maka pemimpin itu dikatakan berpolitik. Namun pergeseran maknanya sekarang berubah, yakni politik untuk mencari kekuasaan. Politik merupakan suatu metode yang digunakan oleh seseorang untuk menggapai jabatan ataupun kekuasaan dengan cara menghalalkan berbagai macam cara. Oleh karena itu seseorang yang telah terjun ke dalam politik, maka harus siap dengan segala konsekuensinya, ykani akan menerima berbagai macam fitnah, kampanye hitam dan sebagainya.

    Sekian, terima kasih.
    Wassalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  56. Andi Sri Mardiyanti Syam
    16701251031
    PPs S2 PEP Kelas B 2016

    Bismillah.
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    Untuk pertanyaan dari saudara Ezi Apino, yakni apa hakekat metode saintifik. Metode saintifik pada hakekatnya masuk dalam metode konstruktivisme, yakni siswa sendirilah yang mengkonstruksi pelajaran yang didapatkannya. Kenapa harus siswa sendiri yang mengkonstruksi, yakni agar terjadi kreativitas di dalamnya dan juga agar ilmu yang didapatkannya itu dapat terserap dengan baik, dikarenakan siswa telah menguasai konsep dari suatu materi yang dibahas tersebut.

    Sekian, terima kasih.
    Wassalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  57. Andi Sri Mardiyanti Syam
    16701251031
    PPs S2 PEP Kelas B 2016

    Bismillah.
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    Untuk pertanyaan dari saudari Retnio yakni bagaimana netralitas ilmu menurut filsafat. Netralitas ilmu, berarti ilmu tersebut bersifat obyektif. Obyektif berarti penilaian di dalamnya itu benar-benar berasal dari hasil kerja obyek yang dinilai tersebut tanpa ada pengaruh embel-embel lainnya. Untuk menjaga netralitas sangatlah tidak mudah karena akan ada banyak godaan-godaan yang akan datang memuluskan tujuan sang obyek. Sehingga kenetralan merupakan hal yang sangat sulit dilakukan, seperti halnya para hakim yang ada di mahkamah konstitusi maupun yang ada di mahkamah agung, mereka mempunyai beban yang sangat berat untuk menjaga kenetralan mereka dalam mengambil suatu judge keputusan.

    Sekian, terima kasih.
    Wassalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  58. Andi Sri Mardiyanti Syam
    16701251031
    PPs S2 PEP Kelas B 2016

    Bismillah.
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    untuk pertanyaan dari saudari ida, yakni bagaimana filsafat di waktu yang akan datang. Filsafat di waktu yang akan datang bersifat sangat dinamis karena ilmu pengetahuan yang digunakan untuk mengupas masalah secara mendalam juga akan semakin berkembang. Namun hal yang tak boleh diganti adalah bingkai filsafat itu sendiri, yakni bingkai filsafat yang tertinggi haruslah tetap spiritualitas agar filsafat tidak berkembang secara membabi buta karena liberalisasi pemikiran di dalamnya.

    Sekian, terima kasih.
    Wassalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  59. Andi Sri Mardiyanti Syam
    16701251031
    PPs S2 PEP Kelas B 2016

    Bismillah.
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.
    Untuk pertanyaan dari saudara Nurhayati, yakni apa makna sifat baik buruk dan positif negatif di dalam filsafat. Baik buruk dan positif negatif di dalam filsafat merupakan suatu kontradiksi. Kontradiksi di dalam kehidupan ini sangatlah diperlukan, karena memang semua yang diciptakan di dunia harus berpasang-pasangan. Segala sesuatu yang berpasang-pasangan itu pada akhirnya akan saling mengisi satu sama lainnya. Magnet tidak akan dapat bekerja bila tidak memiliki sisi positif dan negatif, itu hanyalah salah satu bukti bahwa kontradiksi sangat lah dibutuhkan agar sistem dapat berjalan dengan harmonisnya.


    Sekian, terima kasih.
    Wassalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  60. Andi Sri Mardiyanti Syam
    16701251031
    PPs S2 PEP Kelas B 2016

    Bismillah.
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    untuk pertanyaan dari saudara Husnah, yakni apa makna kesadaran dalam pandangan filsafat. Kesadaran berarti orang tersebut dalam melakukan seuatu itu berada dalam keadaan merasa. Merasa disini berarti panca indranya + otaknya sedang bekerja semua. Sehingga kesadaran itu tercapai ketika semua panca indra + otak berfungsi secara paralel dalam suatu tujuan dan kegiatan yang bersifat seri.

    Sekian, terima kasih.
    Wassalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  61. Andi Sri Mardiyanti Syam
    16701251031
    PPs S2 PEP Kelas B 2016

    Bismillah.
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    Untuk pertanyaan dari saudara Juz’an, yakni apa yang dimaksud dengan filsafat kritis. Filsafat kritis artinya filsafat digunakan untuk memikirkan hal-hal secara kritis dan mendalam terhadap suatu obyek yang sedang menjadi pokok permasalahan, karena ntelah kita ketahui bersama bahwa salah satu fungsi dari filsafat adalah untuk menjawab permasalahan-permasalahan yang terjadi pada suatu obyek.

    Sekian, terima kasih.
    Wassalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  62. Fitri Ayu Ningtiyas
    16709251037
    S2 P.Mat B UNY 2016

    Pertanyaan mengenai apa makna sifat baik-buruk dan positif-negatif dalam filsafat dapat dilihat dari mengenai sifat baik-buruk itu sendiri. Baik buruk dalam filsafat dapat dilihat dari sisi etika, dan indah tidak indah dapat dilihat dari sisi estetika. Etika mengenai baik buruk sendiri tidak benar-benar mutlak antara satu orang dan orang lainnya. Sebab dalam filsafat baik buruknya segala sesuatu bergantung pula pada sudut pandang seseorang dalam memandang suatu hal atau permasalahan.

    ReplyDelete
  63. RAIZAL REZKY
    16709251029
    S2 P.MAT B 2016

    pertanyaan no. 6 dari Nurul Husnah yaitu "Apa yang dimaksud kesadaran dari sudut pandang filsafat?". Kesadaran dalam filsafat yaitu sadar akan ruang dan waktu, dalam hal ini kita perlu tahu bahwa manusia itu keberadaannya terikat oleh ruang dan waktu, namun ketika manusia hendak terbebas dari ruang dan waktu maka manusia harus meningkatkan olah pikirnya karena olah pikir itu adalah filsafat. jadi olah pikir yang kita lakukan adalah filsafat maka dengan demikian kita telah sadar akan diri kita.

    ReplyDelete
  64. RAIZAL REZKY
    16709251029
    S2 P.MAT B 2016

    pertanyaan no. 17 dari Rosalia Hera yaitu "Apakah ada konsep berpikir yang sesat didalam filsafat? Bagaimana penjelasannya?". Sesat dalam filsafat yaitu ketika kita telah dikuasai oleh kesombongan yang ada dalam diri kita, sehingga kita melupakan hal-hal yang semestinya kita lakukan dan tidak semestinya kita lakukan. dari kesombongan juga itu telah tercipta bahwa kita telah menguasai semua yang ada dan mungkin ada sehingga kita berhenti. dan berhentinya seseorang dapat dikatakan sebagai mitos dan dia telah mati. maka dengan demikian kita telah tersesat kedalam alam yang gelap dan tersesat dari bujuk rayu syaitan yang terus meneus menggoda kita.

    ReplyDelete
  65. Andina Yuliana Dewi
    13301241007
    P.Matematika I 2013

    Saya ingin menanggapi pertanyaan dari sdri. Hanifa tentang "Apa makna Hilang?".
    Menurut saya, karena objek dalam filsafat itu adalah yang ada dan yang mungkin ada. Maka, yang dimaksud hilang adalah, sesuatu yang pernah ada menjadi tidak ada.

    ReplyDelete
  66. Andina Yuliana Dewi
    13301241007
    P.Matematika I 2013

    Saya ingin membantu menjawab pertanyaan tentang apa maksud Filsafat Kritis itu?
    Filsafat kritis di definisikan filsafat yang berusaha memahami hakikat realitas yang ditentukan penindasan dan penghisapan. Filsafat kritis ingin membongkar dan merubah struktur penindasan dalam masyarakat. Hal ini yang baru saya ketahui tentang filsafat kritis.

    ReplyDelete
  67. Andina Yuliana Dewi
    13301241007
    P.Matematika I 2013

    Berdasarkan pertanyaan "Apa yang dimaksud sebagai Ego, Superego, Egoist, Egocentris, dan sejenisnya?". Saya jadi bingung, setau saya Ego dan Superego itu di bahas di psikologi. Saya belum pernah membaca tentang ego dan superego jika didefinisikan secara filsafat.

    ReplyDelete
  68. ROFI AMIYANI
    S2 P.MAT A 2016
    16709251004

    Saya tertarik membahas pertanyaan Arini Ulfah Hidayati yaitu “Apa makna bosan atau jenuh?”
    Rasa jenuh bisa muncul akibat menjalankan rutinitas yang sama setiap harinya. Pada awalnya kehidupan yang teratur terasa begitu menyenangkan. Namun seiring berjalannya waktu, kita justru bisa merasa bosan dengan kegiatannya. Kejenuhan bisa kita atasi dengan memberikan variasi-variasi pada rutinitas kita. Sesekali kita memang membutuhakan liburan untuk mengecharge semangat kita

    ReplyDelete
  69. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

    Berdasarkan hasil pembelajaran filsafat ilmu dengan Pak Marsigit, saya ingin menanggapi pertanyaan nomor 2 tentang hakikat Metode Saintifik. Metode saintifik menurut Bernard dalam Keyes (2010: 21) berdasarkan pada 3 asumsi, (a) kenyataan “di luar sana” untuk diketahui, (b) observasi langsung adalah cara mengetahui itu, (c) penjelasan tentang hal-hal pada kejadian yang dapat diamati selalu mencukupi dan penjelasan metafisik tidak pernah dibutuhkan. Jadi pada dasarnya metode ilmiah membuat siswa melakukan berbagai pengalaman belajar melalui observasi dan menjelaskan hasil pengamatannya.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  70. Sumbaji Putranto
    16709251028
    Pend. Matematika S2 Kelas B

    Uraian jawaban pertanyaan saudara Ahmad Lutfi “Apa hakekat Politik menurut Filsafat?”
    Filsafat politik adalah cabang dari filsafat yang hendak memahami hakekat dari kehidupan politik manusia, dan memberikan arahan tentang cara menciptakan politik yang mewujudkan keadilan dan kemakmuran bagi semua. Dua prinsip yang penting di dalam filsafat politik, yakni keadilan dan kesetaraan. Ada beragam arti dari konsep keadilan dan kesetaraan. Filsafat politik hendak mengupas dan mengembangkan beragam arti tersebut, dan melihat kemungkinan penerapannya di berbagai keadaan. Dua prinsip ini menjadi nyata, ketika ia menjadi prinsip utama di dalam berbagai institusi publik yang menata keadaan politik sebuah komunitas. Filsafat politik juga memiliki ciri kritis. Ia tidak pernah puas dengan satu jawaban. Tidak ada jawaban final. Yang ada adalah proses diskusi terus menerus, sehingga pandangannya bisa terus menyesuaikan dengan keadaan dunia yang terus berubah dengan cepat sekarang ini.

    ReplyDelete
  71. Sumbaji Putranto
    16709251028
    Pend. Matematika S2 Kelas B

    Menanggapi “Apa makna sifat Baik-Buruk dan Positif-Negatif dalam Filsafat?” menurut saya Baik-Buruk dan positif-negatif bukanlah istilah dalam filsafat, karena dalam filsafat sesuatu itu lebih ke ranah yang disesuaikan dengan ruang dan waktu. Maka bukanlah baik buruk atau postif dan negatif, namun sesuatu itu berada pada ruang dan waktu yang tepat atau tidak.

    ReplyDelete
  72. Sumbaji Putranto
    16709251028
    Pend. Matematika S2 Kelas B

    Uraian jawaban pertanyaan “Bagaimana cara memersiapkan Generasi Muda/Penerus dari kacamata Filsafat?” Generasi terbaik adalah generasi yang mampu menciptakan generasi yang lebih baik dari sebelumnya. Saat ini banyak manusia yang bertindak tidak sesuai dengan ruang dan waktu. Banyak kejahatan terjadi dimana-mana, kecurangan kian merebak, korupsi menjadi suatu hal yang biasa. Naudzubillah. jika kita tidak ingin tumbuh menjadi bangsa yang gagal, maka sejatinya perlu mempersiapkan generasi yang sadar akan ruang dan waktunya. Generasi yang santun terhadap ruang dan waktu. Santun terhadap ruang dan waktu adalah mereka yang tau atau sadar dimana mereka berada dan tau bagaimana harus bersikap di posisi tersebut. Maka dengan demikian jika semua santun terhadap ruang dan waktu tidak akan ada lagi orang yang berlomba-lomba memperkaya diri dengan merampas hak orang lain.

    ReplyDelete
  73. ULFA LU'LUILMAKNUN
    16709251022
    S2 Pendidikan Matematika 2016 Kelas B

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Apa yang dimaksud Kesadaran dari sudut pandang Filsafat? Kesadaran adalah ketika kita tahu apa yang kita sedang kerjakan, sadar adalah hidup, jika tidak sadar maka tidak hidup. Contoh kesadaran dalam illmu pengetahuan misalnya ketika orang tidak memiliki pengetahuan dia adalah batu, ketika memiliki kesadaran untuk mencari ilmu pengetahuan maka batu itu akakn menjadi krikil dan kemudian akan menjadi debu dan jadi udara.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  74. Luthfannisa Afif Nabila
    13301241041
    Pendidikan Matematika A 2013
    Makna bosan atau jenuh adalah penyimpangan sikap karena kemonotonan aktivitas yang dilakukan setiap harinya sehingga timbul perasaan menginginkan nuansa yang berbeda sebagai pelampiasan atas sikap penyimpangan tersebut.

    ReplyDelete
  75. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Saya tertarik mengomentari pertanyaan nomor dua, “Apa hakekat metode saintifik?”
    Metode saintifik merupakan buah dari pemikiran positivisme yang digagas oleh Auguste Comte berabad-abad silam. Diakui atau tidak, disadari atau tidak sesungguhnya dunia sekarang telah berada dalam arus positivisme-nya Auguste Comte. Positivisme telah menjelma menjadi “Power Now” dan menguasai dunia. Bahayanya, Indonesia sekarang yang mencanangkan kurikulum 2013 berdasarkan metode saintifik telah tidak sadar bahwa ikut tergerus dalam arus positivisme yang meletakkan spiritualisme di struktur paling bawah.

    ReplyDelete
  76. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Selanjutnya, izinkan saya menanggapi pertanyaan nomor tujuh, “Mohon dijelaskan apakah yang dimaksud Filsafat Kritis itu?”
    Criticisme adalah salah satu aliran filsafat yang digagas oleh Immanuel Kant. Aliran ini bermula dari adanya pertentangan antar 2 kubu, yakni Rasionalisme dan Empirisme. Immanuel Kant lahir sebagai juru damai antara kedua aliran ini dan memunculkan sintetik a priori. Setelah itu, muncullah pertanyaan-pertanyaan kritis Kant yang dikenal sebagai Kant’s Basic Epistemological Question. Hal yang memicu Kant bersikap kritis adalah untuk menyelidiki batas-batas kemampuan rasio sebagai sumber pengetahuan manusia. Oleh sebab itu, filsafat kritis adalah munculnya pertanyaan dan keinginan kita untuk menjawab pertanyaan tersebut.

    ReplyDelete
  77. Martalia Ardiyaningrum
    16701269002
    PEP Kelas A PPs UNy

    Menanggapi pertanyaan dari Ida Trisnadati,
    Bagaimana Filsafat di waktu yang akan datang?
    Filsafat dr waktu ke waktu akan terus berkembang berdasarkan pertanyaan-pertanyaan yang muncul dari keingintahuan manusia.
    Filsafat merupakan ilmu dari ilmu, semua ilmu membutuhkan filsafat untuk membangun ilmu tersebut. Oleh karena itu filsafat akan ada selagi ruang dan waktu dalam dunia ini tetap tersedia.

    ReplyDelete
  78. Martalia Ardiyaningrum
    16701269002
    PEP Kelas A PPs UNy

    Saya berupaya menanggapai pertanyaan saudari Nurul Husnah:
    Apa yang dimaksud Kesadaran dari sudut pandang Filsafat?

    Kesadaran merupakan kondisi kita paham bahwa ruang dan waktu mengikat kita. Kita tau apa yang kita butuhkan dan tau apa yang dilarang dan diperbolehkan dilakukan menurut agama. Kesadaran inilah yang akan membawa/ mengarahkan kita dari kondisi mitos ke logos melalui upaya/ikhtiar dan doa.

    ReplyDelete
  79. Martalia Ardiyaningrum
    16701269002
    PEP Kelas A PPs UNy

    Saya mencoba menanggapi pertanyaan Saudari Fitriyani:
    Apa hakikat Gila dalam Filsafat?
    Gila dapat diartikan tidak sadar. Manusia gila merupakan manusia yang tidak terikat oleh ruang dan waktu. Tidak ada kewajiban untuk ikhtiar, berjalan dari mitos ke logos.

    ReplyDelete
  80. Martalia Ardiyaningrum
    16701269002
    PEP Kelas A PPs UNy

    Berupaya menanggapi pertanyaan saudari Arini Ulfah Hidayati:
    Apa makna bosan atau jenuh?
    Bosan merupakan kondisi sudah tidak suka lagi karena sudah terlalu sering atau banyak melakukan kegiatan tersebut.
    Dalam filsafat, kondisi bosan dan jenuh akan membelenggu pikiran dan pengalaman seseorang dalam ruang dan waktu yang gelap. Bosan dan jenuh akan mengantarkan kita pada posisi mitos.
    Oleh karena itu, jika kondisi jenuh dan bosan menghinggapi pikiran dan hati kita, maka segeralah beristighfar dan berdoa memohon ampun dan petunjuk kepada Allah SWT.
    Mohon maaf jika ada penjelasan yang kurang tepat. Astaghfirullahhal'adzim...

    ReplyDelete
  81. Martalia Ardiyaningrum
    16701269002
    PEP Kelas A PPs UNy

    Berupaya menanggapi pertanyaan Saudara Danis Agung Nugroho:
    Bagaiman perjalanan seorang bisa sampai pada tinkatan dapat disebut sebagai Filsuf?

    Filsuf merupakah ahli dalam ilmunya. Filsuf merupakan orang yang terus membangun dunianya melalui pikiran dan pengalaman.
    Dan menuangkan hasil2 pikirannya dalam tulisan yamg bisa dibagikan kepada orang lain.
    Dan seseorang menjadi filsuf berdasarkan dari pengakuan orang lain berdasarkan hasil pikiran dan hasil tulisannya.
    Semoga bermanfaat. Amiiin.

    ReplyDelete
  82. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Apakah batasan-batasan dari konsep Hedonisme itu? Dan bagaimana menyikapinya?
    Hedonisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan. Artinya bahwa pandangan dan tujuan hidup manusia yang memiliki kecenderungan hedonis dia akan mencari kesenangan, dan kebahagian dengan cara apapun.

    Untuk menghindari dari hedonisme, menurut hizbuttahrir (2016) Adapun hedonisme merupakan gaya hidup yang mendekatkan pada kehancuran karena mengikuti hawa nafsu untuk dijadikan pandangan hidup. Maka Allah Subhanahu wa Ta’ala memberi peringatan kepada kaum muslimin untuk tidak terpedaya atau mengikuti gaya hidup tersebut.

    “jangan sekali-kali kamu terpedaya oleh kegiatan orang-orang kafir yang bergerak dalam negeri. Itu hanyalah kesenangan sementara, kemudian tempat tinggal mereka Jahannam, dan Jahannam itu adalah tempat yang seburuk-buruknya.” (QS. Ali- Imran 196-197)

    Hendaknya hal tersebut dijadikan peringatan dan pelajaran terutama bagi kaum muslimin di negeri ini untuk berlandasan Al-Qur’an dan As Sunnah sebagai landasan berfikir dalam meraih tujuan agar tidak terjebak pada gaya hidup Hedonisme. Sesungguh Islam sudah jauh hari mengingatkan kaum muslimin terhadap penyakit duniawi. Kecintaan akan duniawi hendaknya tidak melibihi cinta kita kepada Allah dan Rosul-Nya. Apalagi sampai mengorbankan aqidahnya hanya untuk mencari kenikmatan duniawi.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id