Jan 13, 2013

SCHISM





Ass, jika ingin membaca tentang Schism, bisa konek berikut:


Wss

44 comments:

  1. Asri Fauzi
    16709251009
    Pend. Matematika S2 Kelas A 2016
    Schism artinya perpecahan pada sebuah organisasi gerakan atau agama. Sebuah skismatik adalah orang yang menciptakan atau menghasut pada sebuah perpecahan di sebuah organisasi. Ini merupakan sarana sifat yang berkaitan dengan perpecahan ide-ide, kebijakan dan lain-lain yang diduga. Jika diterapkan dalam sebuah organisasi kaum inilah yang menyebabkan adanya perpecahan dan membuat organisasi menjadi dua atau lebih kelompok yang berbeda pendapat. Dalam bahasa Indonesia ada istilah “mengadu domba”, mungkin istilah ini jika dibawa ke ranah filsafat akan berubah menjadi skisma. Orang-orang yang senang mengadu domba akan memiliki banyak wajah, bergantung dia berada di mana. Dia akan baik jika wajahnya menghadap kepada orang yang ada dihadapannya, namun jika dia berbalik dan bertemu dengan orang lain, dia akan menceritakan hal buruk tentang orang tersebut.

    ReplyDelete
  2. Wan Denny Pramana Putra
    16709251010
    PPs Pendidikan Matematika A

    Schism adalah perpecahan antar manusia, kelompok, organisasi, pemahaman agama dan sebagainya. Saya akan membahas tentang perselisihan tentang pemahaman agama. Perpecahan umat ini merupakan ujian bagi orang yang beriman, hendaknya mereka memilih jalan yang benar dan meninggalkan kelompok tersesat lainnya. Adapun dalil wajibnya kita bersatu, tidak boleh berpecah-belah dan bergolong-golongan. “Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah orang-orang yang bersaudara” [Ali-Imran ; 103]

    ReplyDelete
  3. ROFI AMIYANI
    S2 P.MAT A 2016
    16709251004

    Skisma adalah suatu pemisahan yang terjadi di dalam lembaga umat beragama atau pemisahan diri dari persaudaraan umat beriman tanpa menyangkal ajaran iman. Pemisahan ini lebih mengarah kepada birokrasi yang ada dalam agama dan pada umumnya menyangkut disiplin serta tata tertib. Pemisahan umumnya terjadi dikarenakan adanya perbedaan pendapat dan tumpang tindih kepentingan individu dalam organisasi tersebut. Umumnya skisma lebih dihubungkan pada masalah agama [perpecahan agama] yang kadang timbul akibat pergantian kepemimpinan.

    ReplyDelete
  4. Arifta Nurjanah
    16709251030
    PPs P Mat B

    Kata skismatik dapat merujuk kepada gagasan, kebijakan, dan lain sebagainya yang dianggap dapat menyebabkan perpecahan. Orang-orang skismatik menciptakan atau menghasut perpecahan di dalam sebuah kelompok. Dalam pengertian yang lebih umum, khususnya di luar agama, kata skisma dapat merujuk kepada perpecahan antara dua orang atau lebih, baik saudara, teman, kekasih, maupun perpecahan di dalam suatu negara, gerakan dalam politik, atau bidang apapun, pecah menjadi dua atau lebih kelompok yang saling berbeda pendapat.

    ReplyDelete
  5. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Sumber http://en.wikipedia.org/wiki/Schism. Schism dalam bahasa Indonesia dituliskan skisma, yang berarti adalah perpecahan. Skismatik adalah sebutan untuk kaum yang melakukan perpecahan, baik yang menghasut agar terjadi perpecahan atau golongan yang memisahkan diri. Hasutan agar terjadi perpecahan tidak hanya dengan fitnah, namun dapat melalui sebuah kebijakan yang menuai kontroversi (pro dan kontra). Negara Indonesia yang terdiri dari ribuan suku, tentu resiko terjadi perpecahan sangat besar jika warganya tidak berlandaskan rasa cinta tanah air, dan sadar akan kesatuan NKRI. Oleh karena itu selain usaha preventif mencegah skismatik, diperlukan pelajaran dasar mengenai pelajaran kenegaraan seperti saat ini yang menjadi mata pelajaran wajib di sekolah.

    ReplyDelete
  6. Johanis Risambessy
    16701251029
    PPs PEP B 2016

    Skisma (schisma) dapat diartikan sebagai perpecahan. Hal ini biasanya terjadi dalam sebuah kelompok organisasi. Seseorang yang skismatik akan menjadi penghasut untuk memecahkan orang-orang dalam kelompok tertentu. Dalam arti yang lebih luas, skisma dapat merujuk pada perpecahan antara dua orang atau lebih, baik saudara, teman, dalam berbagai bidang kehidupan, maupun negara, menjadi dua kubu yang tetap memegang teguh apa yang dianggap mereka benar, sehingga muncullah perpecahan karena perbedaan pendapat.

    ReplyDelete
  7. Bertu Takaendengan
    16709251034
    P.Mat B

    Schism dapat diartikan sebagai perpecahan atau memisahkan diri dari kelompok atau organisasi,, pada awalnya Schism sering dipakai dalam bidang agama Kristen yang menunjuk kepada kelompok Kristen yang memisahkan diri dari kelompoknya, misalnya pada tahun 1054 ketika terjadi Skisma Timur–Barat, atau Skisma Besar, yang memisahkan Kekristenan Khalsedonia menjadi bagian Barat (Latin) dan bagian Timur (Yunani), namun jika diartikan secara lebih umum khusunya diluar agama kata schism digunakan untuk menunjuk orang-orang yang membuat atau menciptakan perpecahan dengan memberikan ide, gagasan, kebijakan, dll yang dapat menkonfrontir keadaan sehingga dapat menyebabkan perpecahan antara dua orang atau lebih, perpecahan dari suatu negara, gerakan dalam politik, atau bidang apapun juga.

    ReplyDelete
  8. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Schism atau bahasa Indonesia disebut Skisma, berasal dari bahasa yunani yang berarti memecah atau memisahkan. Dalam pengertian yang lebih luas, schism berarti perpecahan yang biasanya terjadi dalam sebuah organisasi atau gerakan.
    Perpecahan yang paling menakutkan adalah perpecahan yang timbul karena faktor internal, karena seringkali perpecahan karena faktor internal dapat benar-benar menghancurkan dibandingkan perpecahan yang disebabkan faktor eksternal.

    ReplyDelete
  9. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Schism adalah istilah untuk suatu perpecahan. Schism diartikan sebagai memecah atau memisahkan. Hal ini juga digunakan dari perpecahan dalam organisasi non-agama atau gerakan atau, lebih luas, dari pemisahan antara dua orang atau lebih, baik itu saudara, teman, kekasih, dll. Istilah ini mengarah pada pemecahan yang disebabkan oleh ketidaksetujuan atas sesuatu yang lain daripada doktrin dasar.

    ReplyDelete
  10. Konstantinus Denny Pareira Meke
    NIM. 16709251020
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Pada awalnya Schism adalah perpecahan yang terjadi pada gereja yang pada akhirnya membuat gereja gereja saingan yang kemudian diistilahkan sebagai divisi divisi. Jadi secara sederhana satu kata yang dapat menjelaskan apa itu schism adalah perpecahan. Dalam rangka untuk sampai pada keputusan untuk apa mempengaruhi kontroversi Donatis telah pada pengembangan intelektual Agustinus, perlu untuk melihat berapa lama dan seberapa intens ia prihatin dengan itu. Kita telah melihat bahwa bahkan sebelum ia adalah seorang uskup ia membela Gereja Katolik melawan Donatis, dan setelah konsekrasi ia mengambil bagian secara langsung atau tidak langsung dalam semua diskusi penting dari masalah ini, beberapa di antaranya telah telah disebutkan, dan membela menyebabkan Gereja di surat dan khotbah serta dalam bukunya banyak tulisan polemik formal.

    ReplyDelete
  11. Nilza Humaira Salsabila
    16709251026
    Pendidikan Matematika kelas B PPs 2016

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Schism dalam bahasa inggris memiliki arti perpecahan atau dalam bahasa indonesia skisma. Kata skisma merujuk kepada perpecahan antara Islam Sunni dan Syi'ah pada tahun 632 Masehi mengenai siapa yang berhak menggantikan kedudukan Nabi Muhammad, dan pada 661 serta 680 mengenai siapa yang berhak mengklaim Kekhalifahan.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  12. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs Pendidikan Matematika B 2016

    Scism berarti perpecahan, yang biasanya terjadi dalam sebuah organisasi atau gerakan. Orang yang skismatik adalah orang yang menciptakan atau menghasut perpecahan di dalam sebuah kelompok atau seorang anggota dari kelompok yang memisahkan diri. Kata skismatik dapat pula merujuk kepada gagasan, kebijakan, dll., yang dianggap dapat menyebabkan perpecahan. Dalam pengertian yang lebih umum, khususnya di luar agama, kata skisma dapat merujuk kepada perpecahan antara dua orang atau lebih, baik saudara, teman, kekasih, dll. atau perpecahan dari suatu negara, gerakan dalam politik, atau bidang apapun juga, menjadi dua atau lebih kelompok yang saling berbeda pendapat. Perbedaan aliran-aliran (denominasi) memang fakta yang tidak bisa dikaburkan. Bahkan karena perbedaan itu, saling serang, bunuh, caci dan maki antar kelompok menjadi tak terhindarkan. Kebanyakan, pertarungan yang bersifat politis seringkali menghinggapi perdebatan ilmiah soal perbedaan akidah itu. Sayangnya, tak sedikit pemimpin agama yang tidak bisa menerima kenyataan kalau sejarah agama juga berkelindan dengan kepentingan-kepentingan non-agama.

    ReplyDelete
  13. Selain karena sudah merupakan fakta yang tak terbantahkan, bisa dikatakan terjadinya skisma itu sebagai hal yang wajar, lumrah. Dalam kenyataan sosial, kekecewaan terhadap kelompok mapan, tak jarang memunculkan gerakan-gerakan pinggiran, baik karena masalah teologis murni ataupun soal politis yang dibungkus baju teologis. Belakangan ini, kita disuguhi panorama yang buram sebagai implikasi dari adanya skisma dalam sejarah agama. Penistaan alquran yang diduga dilakukan oleh gubernur DKI Jakarta adalah salah satunya. Apapun dalihnya, apa yang terjadi di ibu kota itu tetap menyimpan cerita yang tak sedap soal skisma dalam Islam.

    ReplyDelete
  14. Firda Listia Dewi
    16701251014
    S2 PEP B 2016

    Schism atau Skisma berarti perpecahan, yang biasanya terjadi dalam sebuah organisasi atau gerakan. Orang yang skismatik merupakan orang yang menciptakan perpecahan atau menghasut agar terjadi perpecahan di dalam sebuah kelompok (organisasi), dan juga seorang anggota yang memisahkan diri dari kelompok. Skismatik dapat pula merujuk kepada gagasan, kebijakan, dll., yang dianggap dapat menyebabkan perpecahan.

    ReplyDelete
  15. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016

    Schism adalah perpecahan antar manusia, kelompok, organisasi, pemahaman agama dan sebagainya. Orang-orang schismatic menciptakan atau menghasut perpecahan di dalam sebuah kelompok. Hasutan agar terjadi perpecahan tidak hanya dengan fitnah, namun dapat melalui sebuah kebijakan yang menuai kontroversi (pro dan kontra).

    ReplyDelete
  16. Firda Listia Dewi
    16701251014
    S2 PEP B 2016

    Skismatik yang dapat menyebabkan perpecahan ini sangatlah berbahaya bagi keutuhan suatu organisasi baik organisasi kecil hingga organisasi dengan skala besar seperti negara. Selain dapat menghambat untuk mencapai tujuan organisasi, juga dapat membuat suasana yang tidak nyaman di antara anggota dalam organisasi tersebut, bahkan lebih parahnya dapat membuat organisasi tersebut hancur dan bubar.

    ReplyDelete
  17. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Skisma atau schism biasa diartikan sebagai perpecahan, yang biasanya terjadi dalam sebuah organisasi atau gerakan. Dalam tradisi agama-agama, skisma lebih sering digunakan dalam tradisi gereja. Yang sudah pasti menjadi catatan penting adalah great schism, atau skisma besar pada tahun 1054 yang menyebabkan berpisahnya Gereja Barat dan Timur. Dalam pengertiannya yang luas, skisma sebagai perpecahan, memang dikenal banyak dalam tradisi agama. Dalam Islam, skisma seringkali diperdebatkan apakah ia ada dalam tradisi agama tersebut atau tidak. Mereka yang tidak terlalu bersepakat dengan skisma beralasan kalau di Islam tidak pernah ada dua Paus yang berseberangan.

    ReplyDelete
  18. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Pada kenyataanya sesuatu dikatakan terjadinya skisma itu sebagai hal yang wajar, lumrah. Dalam kenyataan sosial, kekecewaan terhadap kelompok mapan, tak jarang memunculkan gerakan-gerakan pinggiran, baik karena masalah teologis murni ataupun soal politis yang dibungkus baju teologis.

    ReplyDelete
  19. Nanang Ade Putra Yaman
    16709251025
    PPs PM B 2016

    Assalamualaikum

    Schism sendiri berarti perpecahan kalau dilhat translate katanya. Dari link https://en.wikipedia.org/wiki/Schism dikatakan bahwa Schismatic as an adjective means pertaining to a schism or schisms, or to those ideas, policies, etc. that are thought to lead towards or promote schism. Yang artinya Skismatik sebagai sarana sifat yang berkaitan dengan perpecahan atau perpecahan, atau ide-ide, kebijakan, dll yang diduga mengarah kepada atau mempromosikan perpecahan. Orang-orang skismatik dari sisi ideology sangat berbahaya. Di zaman ke zaman mereka juga beregenerasi. Contohnya peradaban islam timur pada catatan sejarahnya runtuh dikarnakan salah satu penyebab utama dan mulanya adalah perpecahan yang dicetus oleh orang-orang berjiwa schism yang generasinya sampai saat ini masih ada dan berkembang.

    ReplyDelete
  20. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Skismatik adalah sebutan untuk kaum yang melakukan perpecahan, baik yang menghasut agar terjadi perpecahan atau golongan yang memisahkan diri. Hasutan agar terjadi perpecahan tidak hanya dengan fitnah, namun dapat melalui sebuah kebijakan yang menuai kontroversi. Dalam pengertian yang lebih umum, khususnya di luar agama, kata skisma dapat merujuk kepada perpecahan antara dua orang atau lebih, baik saudara, teman, kekasih, dll. atau perpecahan dari suatu negara, gerakan dalam politik, atau bidang apapun juga, menjadi dua atau lebih kelompok yang saling berbeda pendapat. Perbedaan aliran-aliran (denominasi) memang fakta yang tidak bisa dikaburkan. Bahkan karena perbedaan itu, saling serang, bunuh, caci dan maki antar kelompok menjadi tak terhindarkan.

    ReplyDelete
  21. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Orang yang skismatik merupakan orang yang menciptakan perpecahan atau menghasut agar terjadi perpecahan di dalam sebuah kelompok (organisasi), dan juga seorang anggota yang memisahkan diri dari kelompok. Skismatik dapat pula merujuk kepada gagasan, kebijakan, dll., yang dianggap dapat menyebabkan perpecahan. Hal ini juga digunakan dari perpecahan dalam organisasi non-agama atau gerakan atau, lebih luas, dari pemisahan antara dua orang atau lebih, baik itu saudara, teman, kekasih, dll. Istilah ini mengarah pada pemecahan yang disebabkan oleh ketidaksetujuan atas sesuatu yang lain daripada doktrin dasar.

    ReplyDelete
  22. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    S2 PEP B 2016

    Skismatik, ketika membaca pengertiannya pertama kali kita hanya dapat mengingat tentang politik adu domba, namun itu bisa lebih dari itu. Skisma sendiri mungkin terlahir karena egoisme dan sikap stubborn seseorang dalam memahami suatu ide yang ia pahami atau bisa juga terlahir dari fanatisme terhadap ilmu. Ketika seseorang sudah melihat ada yang sesuatu yang tidak sesuai dengan pendapatnya, maka dengn sendirinya orang itu akan memikirkan cara untuk memasukkan pandangannya diterima. Namun ketika tidak diterima maka lahirlah skisma untuk menyaingi pendapat sebelumnya dan lahirlah perpecahan.

    ReplyDelete
  23. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    S2 PEP B 2016

    Kasus skisma yang terjadi dapat dilihat dari beberapa agama, organisasi, dan pandangan politik. Dalam pandangan politik misalnya, seperti kasus lahirnya paham anakisme dari Mikhail Bakunin yang merasa sudah tidak sepaham dengan paham komunisme dari Karl Marx.

    ReplyDelete
  24. Fevi Rahmawati Suwanto
    16709251005
    PMat A / S2

    Sebuah perpecahan biasanya ditekankan pada organisasi, gerakan, atau denominasi agama. Perpecahan bisa menjadikan setiap perbedaan pendapat bagaikan sebuah golongan yang terpisah dari golongan lain. Dalam Islam yang saya anut juga melarang bercerai-berai (perpecahan) karena faktanya juga bahwa perpecahan tidak lebih banyak memberikan dampak positif dibanding negatifnya. Lebih banyak yang bisa dicapai bila bersatu dan menyatukan perbedaan. Ibaratnya bila menyapu dengan sapu lidi, bila sebatang akan sulit untuk membersihkan namun sebaliknya bila disusun dari banyak lidi.

    ReplyDelete
  25. Fatya Azizah
    16709251039
    Pendidikan Matematika B PPS UNY 2016

    Dapat diketahui dari artikel diatas bahwa schism merupakan suatu paham yang berkaitan dengan perpecahan. Perpecahan yang terjadi dapat dikarenakan oleh berbagai sebab, entah itu organisasi, perkumpulan, atau bisa juga disebabkan oleh agama. Tetapi perpecahan itu juga dapat berkaitan dengan individu, misalnya perpecahan yang terjadi antarsaudara, dsb. Kaum yang menganut paham ini terkadang pandai menciptakan adu domba agar timbul suatu perpecahan entah dalam suatu kelompok atau pun individu.

    ReplyDelete
  26. Azwar Anwar
    16709251038
    Pendidikan Matematika S2 Kelas B 2016

    Schism yaitu yang berarti perpecahan, yang biasanya terjadi dalam sebuah organisasi atau gerakan. Tetapi dalam hal ini ada perpecahan yang tidak boleh terjadi(perpecahan yang negatif), dan ada perpecahan yang harus terjadi(perpecahan yang positif). Dalam penggunaaan schism ini terdapat dibeberapa lingkungan berbagai bidang terutama dibidang politik, agama, ras dan lain-lain. Tetapi untuk semua orang pasti ingin menghindari sifat ini, karena dapat merusak bangsa.

    ReplyDelete
  27. MARTIN/RWANDA
    PPS2016PEP B
    Actually, The Schism in Philosophy is an introduction to a mode of philosophizing rather than simply a history of philosophical questions and the responses proposed to them. Historically there have been two contrasting modes of philosophizing: the communal mode of the Hellenic world and the individualistic mode of the post-Roman West. What the Greeks sought was the “criterion of truth”: a thing was true when it did not change or decay. Whereas existents themselves are ephemeral and subject to decay, the mode of their coexistence is the rationality of harmony and beauty, and this mode of being renders the universe a cosmos, a thing of ordered beauty. Consequently, the Greeks found their criterion of truth—that upon which they founded philosophy—not only in changelessness but also in the communal verification of knowledge: a thing was true if it could be defined as the result of shared experience. In contrast, in the Western tradition truth was a product of the individual’s intellectual capacity—sufficient on its own to guarantee the possession of knowledge—rather than a product of communal verification; for Western philosophers truth was defined as “the coincidence of the perceived object with its intellectual conception” (adaequatio rei et intellectus). This book’s purpose is to trace the divergent paths along which philosophy developed in the Hellenic and the Western traditions as a result of this fundamental schism."

    ReplyDelete
  28. Erni Anitasari
    16709251007
    S2 Pend. Matematika Kelas A

    Skisma atau schism biasa diartikan sebagai perpecahan, yang biasanya terjadi dalam sebuah organisasi atau gerakan. Pemisahan umumnya terjadi dikarenakan adanya perbedaan pendapat dan tumpang tindih kepentingan individu dalam organisasi tersebut. Sehingga untuk orang-orang yang beragama, semestinya perpecahan ini tidak boleh terjadi.

    ReplyDelete
  29. Bismillah
    RatihKartika
    16701251005
    PPS PEP B 2016





    Assalamualaikumwarahmatulahiwabarrakatuh
    Skismatik merujuk pada perpecahan. Bisa perpecahan organisasi, gerakan agama , non agama maupun lebih luas. Istilah ini mengarah pada perpecahan yang dikarenakan oleh ketidaksepakatan atas sesuatu.

    Wassalamualaikumwarahmatulahiwabarakatuh

    ReplyDelete
  30. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    Mereka yang menganut paham ini, orang-orang yang pandai dalam menghasut seseorang lainnya sehingga adanya perpecahan didalam sebuah kelompok tersebut. Perpecahan agama juga bisa dikatakan dari seseorang yang menganut paham ini. Dari agama kesatuan, kemudian terbagi menjadi beberapa karena perbedaan pandangan, lalu terpecah lagi karena didalam perpecahan tersebut berbeda pandangan lagi.

    ReplyDelete
  31. Ressy Rustanuarsi
    16709251033
    PPs PMAT Kelas B 2016

    Skisma atau schism biasa diartikan sebagai perpecahan, yang biasanya terjadi dalam sebuah organisasi atau gerakan. Dalam pengertiannya yang luas, skisma sebagai perpecahan, memang dikenal banyak dalam tradisi agama. Dalam tradisi agama-agama, skisma lebih sering digunakan dalam tradisi gereja. Yang sudah pasti menjadi catatan penting adalah great schism, atau skisma besar pada tahun 1054 yang menyebabkan berpisahnya gereja barat dan timur.

    ReplyDelete
  32. Schism berasal dari bahasa Yunani "schisma" (dari kata schizo, "memecah", "memisahkan"), yang berarti perpecahan, yang biasanya terjadi dalam sebuah organisasi atau gerakan. Orang yang skismatik adalah orang yang menciptakan atau menghasut perpecahan di dalam sebuah kelompok atau seorang anggota dari kelompok yang memisahkan diri. Kata skismatik dapat pula merujuk kepada gagasan, kebijakan, dll., yang dianggap dapat menyebabkan perpecahan. Dalam pengertian yang lebih umum, khususnya di luar agama, kata skisma dapat merujuk kepada perpecahan antara dua orang atau lebih, baik saudara, teman, kekasih, dll. atau perpecahan dari suatu negara, gerakan dalam politik, atau bidang apapun juga, menjadi dua atau lebih kelompok yang saling berbeda pendapat.

    Triwid Syafarotun Najah
    16701261011
    PEP S3 (A) 2016

    ReplyDelete
  33. Mega Puspita Sari
    16709251035
    PPs Pendidikan Matematika
    Kelas B

    Schism berasal dari bahasa Yunani yaitu schisma yang berarti perpecahan. Sehingga schism diartikan sebagai memecah atau memisahkan. Orang-orang dengan paham ini merupakan orang-orang yang suka menghasut dan menimbulkan perpecahan dalam sebuah kelompok, parpol, bahkan Negara. Sehingga orang-orang yang menganut paham ini disebut dengan skismatik, yang jika diistilahkan ke dalam bahasa indonesia menjadi pengadu domba. Kata skismatik dapat pula merujuk kepada gagasan, kebijakan, dll., yang dianggap dapat menyebabkan perpecahan. Dalam pengertian yang lebih umum, khususnya di luar agama, kata skisma dapat merujuk kepada perpecahan antara dua orang atau lebih, baik saudara, teman, kekasih, dan lain lain. atau perpecahan dari suatu negara, gerakan dalam politik, atau bidang apapun juga, menjadi dua atau lebih kelompok yang saling berbeda pendapat.

    ReplyDelete
  34. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Kata skismatik dapat pula merujuk kepada gagasan, kebijakan, dll., yang dianggap dapat menyebabkan perpecahan. Dalam pengertian yang lebih umum, khususnya di luar agama, kata skisma dapat merujuk kepada perpecahan antara dua orang atau lebih, baik saudara, teman, kekasih, dll. atau perpecahan dari suatu negara, gerakan dalam politik, atau bidang apapun juga, menjadi dua atau lebih kelompok yang saling berbeda pendapat (https://id.wikipedia.org/wiki/Skisma).

    Skisme dalam islam mengandung pengertian pecahnya islam menjadi beberapa golongan atau kelompok. Kesadaran akan adanya skisme itu akhir-akhir ini, sebagaimana telah sering dibicarakan, muncul dengan kuat di kalangan kaum muslimin Indonesia khususnya dan dunia umumnya karena adanya Revolusi Iran pada 1979.

    Skisme terjadi akibat paham nasionalisme yang memecah umat islam menjadi lebih dari 50 negara. Ketika Daulah Islam runtuh pada 03 Maret 1924 oleh Musthafa Kemal Attaturk agen inggris. Padahal dulu islam merupakan entitas tunggal yang kuat bahkan mampu menjadi mercusuar dunia dengan kegemilangan yang dicapai di segala bidang kehidupan dan menaungi dunia selama hampir 14 abad dengan luas wilayah 2/3 dunia.
    Oleh karena itu, islam melarang perpecahan terhadap tubuh umat islam. Hal ini sudah diterangkan dalam firman Allah SWT.

    Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai-berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah orang-orang yang bersaudara. (QS Ali Imran:103).

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  35. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

    Schism atau skisme berarti perpecahan, yang biasanya terjadi dalam sebuah organisasi atau gerakan. Orang yang skismatik adalah orang yang menciptakan atau menghasut perpecahan di dalam sebuah kelompok atau seorang anggota dari kelompok yang memisahkan diri. Skisme dapat disebut sebagai perbedaan pendapat/kebijakan/pahamdalam suatu organisasi yang menciptakan sekte-sekte baru yang memisahkan diri dari paham asalnya.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  36. RISKA AYU ARDANI
    16709251021
    PMAT KELAS B PPS UNY 2016

    Schism adalah suatu kejadian perpecahan yang terjadi pada sautu kumpulan organisasi atau bahkan suatu aliran agama. Menurut hemat saya hal ini terjadi atas pemikiran manusia yang berusaha untuk menjadi tinggi dalam menelaah Tuhan. Sehingga menimbulkan persepsi yang salah bagi penganut umum, yang menurutnya adalah suatu persepsi yang benar atas aturan. Pemikiran ini tiada menjadi arti jikalah tidak ada pemikiran lain yang sama yang menguatkan dan mendukung. Sehingga terjadulah perpecahan yang saling mempertahankan persepsi yang dianggapnya benar. Sebenarnya manusia tak mampu mencapai kebenaran itu, hanya berusaha mencapai kebenaran itu dengan tidak menjadi absolut memandang suatu aturan.

    ReplyDelete
  37. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c2013

    Schisme (dibaca siz-em) adlah pembagaian dantara orang, yang buiasanya memiliki sebuah organisai, gerakan, atau dominasi agama. Kata tersebut paling banyak diterapkan untuk memisahkan pada apa yang sebelumnya tubuh agama yang tunggal, seperti sizme timur-barat atau siz-me barat. Ini juga digunakan untuk memisahkan organisasi non religius atau pergerakan, secara lebih luas, pisahan antara dua atau lebih orang, menjadikannya sudara, teman, dst

    ReplyDelete
  38. Jahidatu Lis Silmi I'la Alhaq
    16701251022
    PEP B S2 201

    Skisme adalah pembagian antara orang, biasanya milik sebuah organisasi, gerakan, atau pecahan agama. Kata yang paling sering apa yang sebelumnya telah diterapkan pada perpecahan dari tubuh agama tunggal. Sksimatik adalah orang yang menghasut atau perpecahan di sebuah organisasi atau kelompok.

    ReplyDelete
  39. Siska Nur Rahmawati
    16701251028
    PEP-B 2016


    Skisme yang berarti perpecahan, yang biasanya terjadi dalam sebuah organisasi atau gerakan. Orang yang skismatik adalah orang yang menciptakan atau menghasut perpecahan di dalam sebuah kelompok atau seorang anggota dari kelompok yang memisahkan diri. Kata skismatik dapat pula merujuk kepada gagasan, kebijakan, dll., yang dianggap dapat menyebabkan perpecahan. Dalam pengertian yang lebih umum, khususnya di luar agama, kata skisma dapat merujuk kepada perpecahan antara dua orang atau lebih, baik saudara, teman, kekasih, dll. atau perpecahan dari suatu negara, gerakan dalam politik, atau bidang apapun juga, menjadi dua atau lebih kelompok yang saling berbeda pendapat.

    ReplyDelete
  40. Naja Nusaibah
    13301241042
    Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Dari link-link tersebut, schism adalah perpecahan diantara orang, biasanya milik sebuah organisasi, gerakan, atau denominasi agama. Kata ini paling sering diterapkan pada pembagian dalam apa yang sebelumnya merupakan sebuah agama tunggal, seperti Schism East-West dari Great Western Schism. Schism juga digunakan dalam organisasi atau gerakan non-agama, atau dari perpecahan antara dua orang atau lebih, baik itu saudara, teman, kekasih, dll.

    ReplyDelete
  41. Naja Nusaibah
    13301241042
    Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Schismatic adalah orang yang menciptakan atau menghasut perpecahan di sebuah organisasi atau yang merupakan anggota dari kelompok yang berpisah. Schismatic sebagai sifat bermakna yang berkaitan dengan perpecahan, atau ide-ide perpecahan, kebijakan, dll yang dianggap menyebabkan atau pemicu yang menuju kedalam perpecahan.

    ReplyDelete
  42. Naja Nusaibah
    13301241042
    Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Terima kasih Bapak Prof. Marsigit telah membagikan link tentang schism dalam filsafat. InsyaAllah link tersebut dan isinya akan bermanfaat bagi seluruh pembaca dalam blog ini khususnya saya, mungkin sekarang, besok, atau seterusnya. Semoga postingan kali ini dapat menjadi amal bagi Bapak sekeluarga. Amin.

    ReplyDelete
  43. Ika Dewi Fitria Maharani
    16709251027
    PPs UNY P.Mat B 2016

    schism berasal dari bahasa Inggris atau dari bahasa Yunani σχισμα, schisma (dari kata σχιζω, schizo, "memecah", "memisahkan"), yang berarti perpecahan, yang biasanya terjadi dalam sebuah organisasi atau gerakan. Orang yang skismatik adalah orang yang menciptakan atau menghasut perpecahan di dalam sebuah kelompok atau seorang anggota dari kelompok yang memisahkan diri

    Filsafat schism ini mengajarkan kita untuk berhati hati dalam mengatakan sesuatu. Lidah lebih tajam dari sebilah pedang. Dikhawatirkan dapat mengakibatkan perpecahan. Terlebih jika kita adalah seorang pemimpin. Seornag pemimpin baiknya menjaga perkataannya agar tak terhidar dari perpecahan.

    ReplyDelete
  44. YUNDA VICTORINA TOBONDO
    16709251015
    P.MAT A 2016

    Schism berarti perpecahan, yang biasanya terjadi dalam sebuah organisasi atau gerakan. Orang yang skismatik adalah orang yang menciptakan atau menghasut perpecahan di dalam sebuah kelompok atau seorang anggota dari kelompok yang memisahkan diri. kata skisma dapat merujuk kepada perpecahan antara dua orang atau lebih, baik saudara, teman, kekasih, dll. atau perpecahan dari suatu negara, gerakan dalam politik, atau bidang apapun juga, menjadi dua atau lebih kelompok yang saling berbeda pendapat.
    dalam hal ini, jika dikaitkan dengan kehidupan berbangsa dan bernegara maka tidaklah benar jika perpecahan ini sampai terjadi. karena, walaupun terdapat perseteruan dan terdapat perbedaan sebaiknya semuanya itu diselaisaikan dengan kepala dingin dan berlandaskan musyawarah mufakat agar perpecahan bisa dihindari

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id