Jan 13, 2013

INDIVIDUALISM





Ass, jika ingin membaca tentang Individualism, bisa konek berikut:


Wss

44 comments:

  1. Asri Fauzi
    16709251009
    Pend. Matematika S2 Kelas A 2016
    Ajaran ini dikenalkan sebahai ajaran metodologis untuk ilmu-ilmu sosial oleh Weber Max. individualis adalah hidup seenaknya sendiri dan tidak mau memperhatikan kepentingan orang lain. Kita sering menolak dan mengatakan orang Barat sebagai individualisme, ternyata kitalah yang sebenarnya individualis. Kehidupan individualis sering kita temui, terutama di kota besar

    ReplyDelete
  2. ROFI AMIYANI
    S2 P.MAT A 2016
    16709251004

    Individualis mempromosikan pelaksanaan tujuan seseorang dan keinginan dan nilai kemerdekaan dan kemandirian dan advokat bahwa kepentingan individu harus mencapai diutamakan daripada negara atau kelompok sosial, sementara menentang campur tangan eksternal pada kepentingan sendiri oleh masyarakat atau lembaga seperti pemerintah. Individualisme membuat individu fokus dan mulai dengan premis dasar bahwa individu manusia adalah kepentingan utama dalam perjuangan pembebasan. Liberalisme, eksistensialisme dan anarkisme adalah contoh gerakan yang mengambil individu manusia sebagai unit pusat analisis. Individualisme dengan demikian melibatkan hak individu untuk kebebasan dan realisasi diri.

    ReplyDelete
  3. Arifta Nurjanah
    16709251030
    PPs P Mat B

    Individualisme merupakan aliran filsafat yang memiliki pandangan moral, politik, ideologi atau sosial yang menekankan pada nilai individu. Individualis mempromosikan pencapaian tujuan dan keinginan individu. Mereka menganjurkan bahwa kepentingan individu harus lebih diutamakan daripada kepentingan negara atau kelompok sosial. Pandangan ini menentang intervensi dari masyarakat, negara, dan setiap kelompok terhadap kepentingan pribadi mereka.

    ReplyDelete
  4. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Individualisme adalah aliran filsafat yang mementingkan kepentingan pribadi, hal ini sangat berdekatan dengan sikap egoisme. Orang yang menganut aliran ini tidak akan mengindahkan segala aturan jika hal tersebut bertentangan dengan keinginannya. Menurut saya hal tersebut kurang baik, dan sangat bertentangan dengan teori dari Immanuel Kant. Immanuel Kant mengungkapkan bahwa segala sesuatu yang baik itu adalah keseimbangan antara idealis dan realita. Orang yang bersifat individualisme tentu hanya menuruti idealita mereka masing-masing, dan tidak memikirkan realita yang ada.

    ReplyDelete
  5. M A Kholiq Arfani
    13301241064
    PMI 2013

    Individual merujuk pada kata individu atau dirinya sendiri. individualism merupakan pikiran yang melihat sgala sesuatu harus berjalan sesuai keinginannya dan hasilnya harus memiliki manfaat untuk dirinya sendiri.

    ReplyDelete
  6. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Individualism atau dalam bahasa Indonesia dosebut individualisme adalah sebuah filsafat yang memiliki pandangan moral, politik atau sosial yang menekankan kemerdekaan manusia serta kepentingan bertanggungjawab dan kebebasan sendiri. Seorang individualis akan melanjutkan perncapaian dan kehendak pribadi.

    Individualisme tentu memiliki dua sisi, negatif maupun positif. Namun sebagai makhluk, yang perlu kita ingat bahwa manusia tidak bisa hidup sendiri karena jika sendiri itu bukan hidup. Kita hidup karena dianggap ada oleh manusia lain, dianggap hidup lah yang membuat kita hidup. Meskipun pada akhirnya, keberadaan kita ditentukan oleh diri kita sendiri.

    ReplyDelete
  7. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Individualism adalah paham yang menepatkan kepentingan pribadi diatas kepentingan negara atau kelompok sosial. Individualisme ini juga menjadi dasar analisis pada paham pahanm yang ada saat ini yaitu Liberalisme, eksistensialisme dan anarkisme. Menurut saya paham individualisme ini kurang tepat unuk kita jadikan paham yang kita terapkan pada kehidupan kita karena pada hakikatnya manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup tanpa bantuan orang lain.

    ReplyDelete
  8. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Zaman sekarang dimana eranya gadget yang semua serba instan dan cepat maka sebagian besar masyarakat memilih hal hal yang serba cepat itu. Kepraktisan mungkin menjadi alasan tanpa memikirkan dampak jangka panjang yang akan timbul. Maka sebagai generasi muda dan generasi penerus bangsa sudah sepatutnya untuk bisa memilih dan memilah segala sumber informasi yang berkenaan dengan efek global. Sebagai bangsa memang sudah sepatutnya untuk memiliki filter agar budaya budaya seperti individualism tidak berkembang di Indonesia (Individual dalam arti negatif)

    ReplyDelete
  9. Konstantinus Denny Pareira Meke
    NIM. 16709251020
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Individualisme merupakan satu filsafat yang memiliki pandangan moral, politik atau sosial yang menekankan kemerdekaan manusia serta kepentingan bertanggung jawab dan kebebasan sendiri. Seorang individualis akan melanjutkan percapaian dan kehendak pribadi. Mereka menentang intervensi dari masyarakat, negara dan setiap badan atau kelompok atas pilihan pribadi mereka. Dalam konsepsi individualisme, seseorang melakukan sesuatu dengan bebas. individualisme lebih menekankan pada hak pribadi, kebebasan beraspirasi, kemandirian, dan tanggung jawab. Setiap individu dinilai berdasarkan pada kualitas dan integritasnya, bukan berdasarkan kedekatan hubungannya. Mereka akan diperlakukan sama. Setiap individu mendapatkan imbalan sesuai dengan jasanya.

    ReplyDelete
  10. Nilza Humaira Salsabila
    16709251026
    Pendidikan Matematika kelas B PPs 2016

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Menurut KBBI individualisme merupakan (1) paham yang menganggap manusia secara pribadi perlu diperhatikan (kesanggupan atau kebutuhannya tidak boleh disamaratakan), (2) paham yang menghendaki kebebasan berbuat dan menganut suatu kepercayan bagi setiap orang; paham yang mementingkan hak per-seorangan di samping kepentingan masyarakat atau negara, (3) paham yang menganggap diri sendiri lebih penting daripada orang lain. Aristoteles merupakan salah satu tokoh yang mempelopori paham individualisme.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  11. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs Pendidikan Matematika B 2016

    Individualisme merupakan satu filsafat yang memiliki pandangan moral, politik atau sosial yang menekankan kemerdekaan manusia serta kepentingan bertanggung jawab dan kebebasan sendiri. Seorang individualis akan melanjutkan percapaian dan kehendak pribadi. Kebudayaan Individualistik menekankan pada nilai-nilai individual, seperti kekuasaan dan pencapaian pribadi. Beberapa hal yang perlu diketahui dalam kebudayaan Individualistik:Individualisme berkembang dalam masyarakat yang ikatan antar individunya longgar/ tidak terlalu akrab, Orang-orang dalam kebudayaan individualistic menganggap dirinya sebagai seorang individu yang istimewa, berbeda dengan orang lain, menekankan pada kata “Aku”, Mereka berkounikasi secara efektif, terus terang, to the point, tanpa basa-basi, Mengutamakan kesuksesan dan keberhasilan pribadi dalam pekerjaannya, tak segan bersaing untuk memperebutkan posisi

    ReplyDelete
  12. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016

    Individualisme merupakan aliran filsafat yang memiliki pandangan moral, politik, ideologi atau sosial yang menekankan pada nilai individu. Individualisme ini juga menjadi dasar analisis pada paham pahanm yang ada saat ini yaitu Liberalisme, eksistensialisme dan anarkisme. Kebudayaan Individualistik menekankan pada nilai-nilai individual, seperti kekuasaan dan pencapaian pribadi.

    ReplyDelete
  13. Firda Listia Dewi
    16701251014
    S2 PEP B 2016

    Individualism atau individualisme merupakan pandangan moral, politik atau sosial yang menekankan kemerdekaan manusia serta kepentingan bertanggung jawab dan kebebasan sendiri. Seorang individualis akan lebih mementingkan kehendak pribadi. Mereka menentang intervensi dari masyarakat, negara dan setiap badan atau kelompok atas pilihan pribadi mereka. Oleh itu, individualisme menentang pendapat yang menempatkan tujuan suatu kelompok lebih penting dari tujuan pribadinya.

    ReplyDelete
  14. Firda Listia Dewi
    16701251014
    S2 PEP B 2016

    Koruptor merupakan salah satu contoh seorang individualis, karena dia lebih mementingkan keuntungan pribadinya dibandingkan kepentingan atau kebutuhan masyarakat. Seseorang yang individualis ini akan cenderung tidak memiliki rasa tenggang rasa, egois, dan kurang peduli dengan orang lain. Individualism ini lebih mementingkan hak perseorangan daripada kepentingan masyarakat/negara dan menganggap diri sendiri lebih penting daripada orang lain.

    ReplyDelete
  15. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Konsep individualisme memiliki pengertian (terms) ganda. (1) Sebagai doktrin yang berkaitan dengan liberalisme yang menekankan pada kemandirian (autonomy), kepentingan (importance), dan kebebasan (freedom) individu dalam hubungan dengan masyarakat dan negara. (2) individualisme juga dipahami sebagai budaya dalam masyarakat modern yang berkaitan dengan kepemilikan pribadi (private property), konsumsi, dan subjektivitas.

    ReplyDelete
  16. Nanang Ade Putra Yaman
    16709251025
    PPs PM B 2016

    Assalamualaikum

    Dalam link https://en.wikipedia.org/wiki/Individualism dikatakan “Individualisme adalah sikap moral, filsafat politik, ideologi, atau pandangan sosial yang menekankan nilai moral individu. Individualis mempromosikan pelaksanaan tujuan seseorang dan keinginan dan nilai kemerdekaan dan kemandirian dan advokat bahwa kepentingan individu harus mencapai lebih diutamakan daripada negara atau kelompok sosial, sementara menentang campur tangan eksternal pada kepentingan sendiri oleh masyarakat atau lembaga seperti pemerintah”. Kita patut berhati-hati dengan paham ini karna banyak dari kita di zaman sekarang ini karna ruang dan waktu tidak menyadari bahwa sedang melakukan praktek-praktek paham individualism.

    ReplyDelete
  17. Wan Denny Pramana Putra
    16709251010
    PPs Pendidikan Matematika A

    Individualisme merupakan satu filsafat yang memiliki pandangan moral, politik atau sosial yang menekankan kemerdekaan manusia serta kepentingan bertanggung jawab dan kebebasan sendiri. Seorang individualis akan melanjutkan percapaian dan kehendak pribadi. Mereka menentang intervensi dari masyarakat, negara dan setiap badan atau kelompok atas pilihan pribadi mereka. Oleh itu, individualisme melawan segala pendapat yang menempatkan tujuan suatu kelompok sebagai lebih penting dari tujuan seseorang individu yang dengan sendiri adalah dasar kepada setiap badan masyarakat. (https://id.wikipedia.org/wiki/Individualisme)

    ReplyDelete
  18. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    S2 PEP B 2016

    Salah satu bahasan penting dalam otonomi individu adalah konsep kebebasan positif dan negatif yang dikemukakan oleh Isiah Berlin. Walaupun pembedaan kebebasan yang positif dan negatif ini dapat ditelusuri hingga Kant dan Rosseau, Isiah Berlinlah yang mengartikulasi pendapat ini lebih jauh dalam esainya Two Concepts of Liberty. Pengertian negatif kebebasan adalah keadaan di mana manusia dapat menentukan pilihannya sendiri tanpa ada pembatasan dan campur tangan dari pihak luar, termasuk pemerintah atau kelompok penguasa. Sedangkan pengertian positif kebebasan adalah kemampuan manusia untuk menentukan sendiri nasib dan tujuan hidupnya, karena manusia merupakan makhluk rasional yang otonomi dan dapat memilih keputusan yang terbaik bagi dirinya. Kemampuan rasio manusia ini merupakan hal penting yang membedakannya dari makhluk-makhluk lain, dan hanya dengan kebebasan manusia dapat mengimplementasikan sepenuhnya kelebihannya tersebut.

    ReplyDelete
  19. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    S2 PEP B 2016

    Berbagai pandangan individualisme liberal menunjukkan bahwa kebebasan individu mutlak menjadi sesuatu yang harus dijaga dan dilindungi. Hal ini juga berlaku dalam hal penentuan kebenaran, di mana individu berhak untuk menentukan hal yang terbaik baginya, dan penilaiannya itu harus bebas dari paksaan pihak lain maupun doktrindoktrin yang beredar di lingkungan sekitarnya. Penilaian individu haruslah objektif dan netral, serta terbebas dari nilai-nilai kelompok, terutama yang bersifat paksaan.

    ReplyDelete
  20. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    S2 PEP B 2016

    Dalam filsafat individualisme dikenal pula cabang ethical egoism atau egoisme etis. Menurut paham egoisme etis, tindakan menolong orang lain dianggap sebagai tindakan untuk menolong diri sendiri karena mungkin saja kepentingan orang lain tersebut bertautan dengan kepentingan diri sehingga dalam menolong orang lain sebenarnya juga dalam rangka memenuhi kepentingan diri. Inti dari paham egoisme etis adalah apabila ada tindakan yang menguntungkan orang lain, maka keuntungan bagi orang lain ini bukanlah alasan yang membuat tindakan itu benar. Yang membuat tindakan itu benar adalah kenyataan bahwa tindakan itu menguntungkan diri sendiri.

    ReplyDelete
  21. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Individualism adalah paham yang menepatkan kepentingan pribadi diatas kepentingan negara atau kelompok sosial.Individualisme merupakan aliran filsafat yang memiliki pandangan moral, politik, ideologi atau sosial yang menekankan pada nilai individu. Individualis mempromosikan pencapaian tujuan dan keinginan individu. Mereka menganjurkan bahwa kepentingan individu harus lebih diutamakan daripada kepentingan negara atau kelompok sosial.

    ReplyDelete
  22. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Individualisme tentu memiliki dua sisi, negatif maupun positif. Namun sebagai makhluk, yang perlu kita ingat bahwa manusia tidak bisa hidup sendiri karena jika sendiri itu bukan hidup. Kita hidup karena dianggap ada oleh manusia lain, dianggap hidup lah yang membuat kita hidup. Meskipun pada akhirnya, keberadaan kita ditentukan oleh diri kita sendiri. Dalam konsepsi individualisme, seseorang melakukan sesuatu dengan bebas. individualisme lebih menekankan pada hak pribadi, kebebasan beraspirasi, kemandirian, dan tanggung jawab. Setiap individu dinilai berdasarkan pada kualitas dan integritasnya, bukan berdasarkan kedekatan hubungannya.

    ReplyDelete
  23. Naja Nusaibah
    13301241042
    S1 Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Terima kasih Bapak Prof. Marsigit telah membagikan link tentang individualism dalam filsafat. InsyaAllah link tersebut dan isinya akan bermanfaat bagi seluruh pembaca dalam blog ini khususnya saya, mungkin sekarang, besok, atau seterusnya. Semoga postingan kali ini dapat menjadi amal bagi Bapak sekeluarga. Amin.

    ReplyDelete
  24. Naja Nusaibah
    13301241042
    S1 Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Dari link tersebut, individualisme adalah sikap moral, filsafat politik, ideologi, atau pandangan sosial yang menekankan nilai moral individu. Individualis mendukung pelaksanaan tujuan dan keinginan seseorang, juga nilai kemandirian seseorang. Dan kepentingan-kepentingan tersebut lebih diutamakan daripada negara atau kelompok sosial sembari menentang gangguan eksternal pada kepentingan sendiri oleh masyarakat atau lembaga seperti pemerintah. Individualisme sering dibandingkan dengan totalitarianisme atau kolektivisme.

    ReplyDelete
  25. Naja Nusaibah
    13301241042
    S1 Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Individualisme membuat seseorang fokus dan memulai dengan dasar bahwa individualisme manusia adalah kepentingan utama dalam perjuangan untuk pembebasan. Liberalisme, eksistensialisme, dan anarkisme adalah contoh gerakan individu. Sehingga Individualisme juga melibatkan hak individu untuk kebebasan dan realisasi diri.

    ReplyDelete
  26. Fevi Rahmawati Suwanto
    16709251005
    PMat A / S2

    Sikap moral, filsafat politik, ideologi, atau pandangan sosial yang menekankan nilai moral individu diistilahkan dengan individualisme. Sebagai makhluk social yang tidak dapat hidup sendiri, manusia harus bersosialisasi dengan sesama. Sosialisasi itu dapat berjalan dengan baik kalau kita menghargai kepentingan sesama dibandingkan kepentingan individu. Bukan berarti individualistis harus disingkirkan, karena pastilah setiap orang ingin untung dan menganggap baik sebagai suatu keuntungan. Maka individualisme seseorang haruslah disesuaikan dengan konteksnya. Misalkan bila bergabung dengan komunitas, individualisme harus ditekan, dan oleh karena itu manusia belajar untuk rela berkorban.

    ReplyDelete
  27. Fatya Azizah
    16709251039
    Pendidikan Matematika B PPS UNY 2016

    Sejalan dengan apa yang telah disampaikan dari artikel diatas ahwa sebenarmya paham Individualisme merupakan merupakan suatu paham yang menekankan pada kebebasan manusia atas kepentingan dan tanggungjawab diri sendiri. Bagi kaum individualis, masyarakat adalah sekumpulan manusia yang mempunyai banyak kepentingan yang berbeda dan sering bertentangan dan ini menjadi penghalang besar pagi para individualis dalam mewujudkan keinginannya karena terbatasi oleh pihak lain. Individu dan masyarakat dianalogikan seperti dua mata logam yang tidak bisa dipisahkan. Dimana tak ada individu yang hidup di dunia ini tanpa masyarakat.

    ReplyDelete
  28. Azwar Anwar
    16709251038
    Pendidikan Matematika S2 Kelas B 2016

    Individualisme merupakan satu falsafah yang mempunyai pandangan moral, politik atau sosial yang menekankan kemerdekaan manusia serta kepentingan bertanggungjawab dan kebebasan sendiri. Seseorang yang individualism tidak terikat kepada takat moral yang diguna pakai oleh masyarakat dan individualism adalah bebas untuk mementingkan diri sendiri, hidup dengan altruisme atau apa-apapun cara hidup yang mereka gemar tanpa memperdulikan orang lain, dan bahkan sampai melupakan kodrat mereka sebagai makhluk sosial. Sikap hidup seperti inilah yang dapat memudarkan solidaritas dan kesetiakawanan sosial, gotong royong dan sebagainya.

    ReplyDelete
  29. martin/Rwanda
    PPS2016PEP B
    In brief, Individualism is a moral, political or social outlook that stresses human independence and the importance of individual self-reliance and liberty. It opposes most external interference with an individual's choices, whether by society, the state or any other group or institution (collectivism or statism), and it also opposed to the view that tradition, religion or any other form of external moral standard should be used to limit an individual's choice of actions.

    ReplyDelete
  30. Mega Puspita Sari
    16709251035
    PPs Pendidikan Matematika
    Kelas B

    Individualisme dimaknai sebagai sikap moral, filsafat politik, ideologi, sosial atau pandangan itu menekankan nilai moral individu. Aliran ini menekankan pada kebebasan dan kemerdekaan individu serta memberikan kebebasan pada kepentingan individu secara bertanggung jawab dan menitik beratkan pada kebebasan secara mandiri. Individualis berusaha mencari kepuasan tersendiri dalam mencapai tujuan hidupnya, para individualis berusaha sendiri untuk mencapai apa yang menjadi keinginan, tujuan dan konsep hidupnya karena mereka menganggap bahwa mereka mampu untuk berusaha sendiri tanpa adanya intervensi juga interaksi dengan orang lain atau kelompoknya.

    ReplyDelete
  31. Erni Anitasari
    16709251007
    S2 Pend. Matematika Kelas A

    Individualis adalah suatu kepercayaan diri dari seseorang dan bentuk kemandirian. Apabila seseorang memiliki rasa individualis maka seseorang tersebut akan tidak mudah terpengaruh oleh orang lain. Individualis yang positif akan membuat seseorang menjadi konsisten dengan pendiriannya karena rasa kepercayaan dirinya itu dan mempengaruhi psikologisnya yang akan berdampak pada hasil belajarnya yang optimal.

    ReplyDelete
  32. YUNDA VICTORINA TOBONDO
    16709251015
    P.MAT A 2016

    Individualis merupakan suatu sifat yang menganggap dengan mengandalkan diri sendiri dia mampu menangani dan menyelesaikan segala hal. Hal ini bertentangan dengan sifat dasar manusia, yakni manusia adalah makhluk sosial. Namun, seperti halnya ada baik pasti ada buruk dan ada hitam juga ada putih, maka individualisme juga memiliki sisi positif. Apabila dikaitkan dalam pembelajaran di sekolah khususnya ketika mengahadapi ulanagn maka, sifat individualislah yang sangat diharapkan agar kita benar-benar dapat menilai pemikiran siswa kita.

    ReplyDelete
  33. Bertu Takaendengan
    16709251034
    P.Mat B

    Individualisme adalah merupakan satu paham yang menerangkan bahwa seseorang yang mementingkan haknya pribadi tanpa memperhatikan orang lain.Dimana manusia hidup tanpa adanya sosialisasi dengan orang lain.Kepentingan individu ditempatkan sebagai tujuan utama hidup untuk mencapai kebahagiaan dan kemakmuran secara pribadi.Ciri orang individualis adalah egois, tidak memiliki rasa toleransi serta tidak peduli dengan keadaan sekitar sehingga mereka menganggap bahwa sebenar-benarnya hidup adalah untuk diri mereka sendiri.

    ReplyDelete
  34. Bismillah
    Ratih Kartika
    16701251005
    PPS PEP B 2016

    Assalamualaikumwarahmatulahiwabarrakatuh
    Individualisme mangarah pada individualistis. Aliran ini merupakan aliran filsafat yang memiliki pandangan moral, politik, ideologi atau sosial yang menekankan pada nilai atau kepentingan individu. Individualis mempromosikan pencapaian tujuan dan keinginan individu. Pahamini berkontradiksi dengan paham sosialis. Tidak mementingkan kepentingan orang banyak.


    Wassalamualaikumwarahmatulahiwabarakatuh

    ReplyDelete
  35. Sumbaji Putranto
    16709251028
    Pend. Matematika S2 Kelas B

    Layaknya mata uang yang selalu mempunyai dua sisi, individualis juga mempunyai dua sisi yaitu sisi positif dan sisi negative. Sisi positifnya adalah bahwa individualis menumbuhkan rasa kepercayaan diri pada pemiliknya dan mendorong kemandirian dalam menjalankan tugas-tugasnya. Namun disisi lain individualis juga mempunyai sisi negative yaitu terkadang rasa individualis menyebabkan pemiliknya memiliki sikap egois karena dia hanya mementingkan kepentingannya sendiri.

    ReplyDelete
  36. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    Individualisme merupakan paham yang melakukan sesuatu dengan bebas tanpa ada campur tangan orang lain dan tanpa melihat orang lain. Jadi, pikirannya benar-benar bebas juga sehingga dapat melakukan sesuatu yang bebas. Kebebasan dalam individu seseorang dapat berhenti apabila kebebasan tersebut mulai mengancam kebebasan orang lainnya dalam hal ini orang lain dirugikan. Individualisme juga dapat diartikan sebagai mementingkan dirinya sendiri, tapi dari sisi positifnya adlaah kebebasan melakukan apapun.

    ReplyDelete
  37. Ressy Rustanuarsi
    16709251033
    PPs PMAT Kelas B 2016

    Individualisme merupakan satu falsafah yang mempunyai pandangan moral, politik atau sosial yang menekankan kemerdekaan manusia serta kepentingan bertanggungjawab dan kebebasan sendiri. Seorang individualis akan melanjutkan percapaian dan kehendak peribadi. individualisme melawan segala pendapat yang menempatkan tujuan suatu kelompok sebagai lebih penting dari tujuan seseorang individu yang dengan sendiri adalah dasar kepada setiap badan masyarakat. Pendapat-pendapat yang di tentang termasuk holisme, kolektivisme dan statisme, antara lain. Filsafat ini juga kurang senang dengan segala standar moral yang berlaku ke atas seseorang karena peraturan-peraturan itu menghalangi kebebasan seseorang.

    ReplyDelete
  38. Individualisme merupakan satu filsafat yang memiliki pandangan moral, politik atau sosial yang menekankan kemerdekaan manusia serta kepentingan bertanggung jawab dan kebebasan sendiri. Seorang individualis akan melanjutkan percapaian dan kehendak pribadi. Seseorang yang menganut paham individualisme ini akan cenderung bersifat egois karena mementingkan diri sendiri dan kurang memperhatikan persepsi masyarakat, tapi dalam beberapa kasus ini bernilai positif karena membuat kita mandiri dan tidak mengandalkan orang lain, asal tidak kebablasan saja karena kodrat manusia juga sebagai makhluk sosial selain sebagai individu.

    Triwid Syafarotun Najah
    16701261011
    PEP S3 (A) 2016

    ReplyDelete
  39. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Individualisme merupakan satu filsafat yang memiliki pandangan moral, politik atau sosial yang menekankan kemerdekaan manusia serta kepentingan bertanggung jawab dan kebebasan sendiri. Seorang individualis akan melanjutkan percapaian dan kehendak pribadi. Mereka menentang intervensi dari masyarakat, negara dan setiap badan atau kelompok atas pilihan pribadi mereka. Oleh itu, individualisme melawan segala pendapat yang menempatkan tujuan suatu kelompok sebagai lebih penting dari tujuan seseorang individu yang dengan sendiri adalah dasar kepada setiap badan masyarakat. Pendapat-pendapat yang di tentang termasuk holisme, kolektivisme dan statisme, antara lain. Filsafat ini juga kurang senang dengan segala standar moral yang berlaku ke atas seseorang karena peraturan-peraturan itu menghalangi kebebasan seseorang (https://id.wikipedia.org/wiki/Individualisme).

    Individualisme ini tumbuh subur dalam sistem demokrasi-kapitalis, karena paham ini memberikan hak yang sebebas-bebasnya dalam bertingkah laku, berpendapat, kepemilikian, dan beragama walaupun hal tersebut merugikan orang lain. Individualisme juga menganggap bahwa masalah multidimensi masyarakat yang terjadi bukanlah menjadi hal yang perlu untuk dibenahi, karena mereka menganggap bahwa hal tersebut adalah masalah mereka dan tidak ada hubungannya dengan kehidupan mereka.

    Inilah buah dari ideologi kapitalis yang melahirkan sikap individualis, sehingga persoalan masyarakat yang sedemikian komplek saat ini, kaum individualis masih belum ingin berkontribusi dalam perbaikan ketatanegaraan.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  40. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

    Individualisme berasal dari kata individu yang artinya per orangan. Individualisme merupakan satu filsafat yang memiliki pandangan moral, politik atau sosial yang menekankan kemerdekaan manusia serta kepentingan bertanggung jawab dan kebebasan sendiri. Seorang individualis akan melanjutkan percapaian dan kehendak pribadi. Individualisme erat kaitannya ddngan egoisme, eksistensialisme, kebebasan berpikir, humanisme, hedonisme, kebebasan, dan objektivisme.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  41. Miftahir Rizqa
    16701261027
    PEP Kelas A

    Individualism merupakan filsafat yang memandang moral, politik dan sosial yang menekankan kepada kebebasan individu. individualism mengutamakan kepentingan pribadi di atas kepentingan kelompok. Persoalan kelompok dianggap persoalan yang tidak penting untuk dibicarakan, karena persoalan kelompok tersebut tidak ada kaitan dengan dirinya. individu mempunyai kebebasan sendiri yang dapat dipertanggung jawabkan.

    ReplyDelete
  42. Miftahir Rizqa
    16701261027
    PEP Kelas A

    Individualism merupakan kelompok yang memikirkan dirinya sendiri. Persoalan pribadi dijadikan persoalan utama di atas persoalan kelompok. Persoalan kelompok tidak perlu dicarikan solusinya, karena secara pribadi tidak memiliki kaitan langsung.

    ReplyDelete
  43. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    Individualisme adalah pendirian moral, filsafat politik, ideologi, atau sosial outlook yang mendukung nilai moralindividual. Individualis mempromosika latihan tujaun seseorang dan keinginan dan begitu nilai kemerdekaan/kebebasan dan relian diri dan menganjurkan bahwa interes individu seharusnya dilebih dahuukan dibandingkan kelompok.

    ReplyDelete
  44. Miftahir Rizqa
    16701261027
    PEP Kelas A

    Individualism erat kaitannya dengan egoism. Egoisme merupakan sifat yang mengutakan kepentingan pribadi di atas kepentingan umum. Dari link Prof Marsigit dikatakan bahwa egoism memiliki two variant yaitu descriptive or normative.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id