Jan 13, 2013

FICTIONALISM





Ass, jika ingin membaca tentang Fictionalism, bisa konek berikut:


Wss

42 comments:

  1. Asri Fauzi
    16709251009
    Pend. Matematika S2 Kelas A 2016
    Fiksionalisme mencakup mengenai pandangan yang menganggap kebenaran harafiah sebagai semacam fiksi. Fiksionalisme dalam matematika dikembangkan pada tahun 1980 oleh Hartry Field. Fiksionalisme disebut-sebut sebagai gagasan terbaik sebagai reaksi platonisme (tinjauan matematika terhadap objek yang bersifat abstrak) dari matematika. http://plato.stanford.edu/entries/fictionalism/

    ReplyDelete
  2. ROFI AMIYANI
    S2 P.MAT A 2016
    16709251004

    Fictionalism adalah pandangan dalam filsafat yang menurut pernyataan yang tampaknya deskripsi dunia tidak dapat dianggap seperti itu, tapi malah harus dipahami sebagai kasus "membuat percaya", berpura-pura untuk mengobati sesuatu yang benar secara harfiah ("berguna fiksi "). Dua hal penting fictionalism adalah fictionalism modal yang dikembangkan oleh Gideon Rosen, yang menyatakan bahwa kemungkinan dunia, terlepas dari apakah mereka ada atau tidak, mungkin menjadi bagian dari wacana yang berguna, dan fictionalism matematika yang dianjurkan oleh Hartry Field, yang menyatakan bahwa pembicaraan tentang angka dan objek matematika lainnya tidak lebih dari kenyamanan untuk melakukan ilmu pengetahuan. Juga dalam meta-etika, ada posisi setara disebut fictionalism moral (diperjuangkan oleh Richard Joyce). Banyak versi modern fictionalism dipengaruhi oleh karya Kendall Walton dalam estetika.

    ReplyDelete
  3. Arifta Nurjanah
    16709251030
    PPs P Mat B

    Fiksionalisme merupakan aliran yang berpandangan bahwa pengalaman beserta hubungannya hanyalah sebagai ketentuan yang diterima orang yang masih perlu diatur dan dikuasai. Oleh karena itu, kebenaran hanyalah hipotesis kerja yang masih perlu diuji kepastiannya. Dalam matematika, fiksionalisme memandang bahwa proposisi-proposisi matematis dapat benar tanpa mengandaikan keberadaan entitas matematika secara independen. Proposisi matematis hanyalah instrumen dalam memahami realitas spasio-temporal; bilangan hanyalah nama-nama yang kita terakan pada semesta fisik. Posisi ini menyatakan bahwa karena entitas-entitas matematika tidak ada, maka sebagian besar proposisi matematis keliru.

    ReplyDelete
  4. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Fiksionalisme berasal dari kata dasar fiksi. Fiksionalisme adalah aliran filsafat yang memandang dunia harus dipahami dengan membuat percaya dari kepura-puraan "fiksi". Fiksionalisme terdiri dari dua, yaitu fiksionalisme modal dan matematika. Fiksionalisme modal adalah kemungkinan dunia (ada maupun tidak) menjadi wacana yang berguna. Fiksionalisme matematika adalah pandangan bahwa orang belajar matematika (angka, bentuk) tidak lebih dari kepura-puraannya dalam memerankan kenyamanan untuk memperoleh ilmu matematika.

    ReplyDelete
  5. Mega Puspita Sari
    16709251035
    PPs Pendidikan Matematika
    Kelas B

    Fictionalism adalah pandangan dalam filsafat yang menurut pernyataan tampak nyata, tetapi lebih baik harus dipahami sebagai hal yang abstrak. Fictionalism di sisi lain memiliki pandangan bahwa kalimat dan teori-teori matematika menjadi obyek matematika yang sifatnya abstrak. Dan merupakan reaksi platonisme yaitu tinjauan matematika terhadap objek yang bersifat abstrak. Misalkan, apakah benar-benar 7 adalah bilangan prima atau apakah benar 2+3=5.

    ReplyDelete
  6. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Fictionalism adalah sebuah pandangan filsafat yang menurut pernyataan yang tampaknya deskripsi dunia tidak boleh ditafsirkan seperti itu, melainkan harus dipahami sebagai kasus :membuat percaya”, berpura-pura untuk mengobati sesuatu yang benar secara harfiah.

    Secara sederhana, dapat diartikan bahwa fictionalism berarti kemungkinan dunia.
    Kembali lagi ke objek filsafat adalah ada dan mungkin ada.

    ReplyDelete
  7. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Fictionalism adalah pandangan dalam filsafat yang menurut pernyataan yang tampaknya deskripsi dunia tidak boleh ditafsirkan seperti itu, melainkan harus dipahami sebagai kasus "membuat percaya", berpura-pura untuk mengobati sesuatu yang benar secara harfiah (a "yang berguna fiksi "). Dua helai penting fictionalism adalah fictionalism modal yang dikembangkan oleh Gideon Rosen, yang menyatakan bahwa kemungkinan dunia, terlepas dari apakah mereka ada atau tidak, mungkin menjadi bagian dari wacana yang berguna, dan fictionalism matematika dianjurkan oleh Hartry Field, yang menyatakan bahwa pembicaraan tentang angka dan benda-benda matematika lainnya adalah tidak lebih dari sebuah kenyamanan untuk melakukan ilmu. Juga dalam meta-etika, ada posisi yang setara disebut fictionalism moral. Banyak versi modern fictionalism dipengaruhi oleh karya Kendall Walton dalam estetika.

    ReplyDelete
  8. Konstantinus Denny Pareira Meke
    NIM. 16709251020
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Fiksional yakni konten yang sarat rekaan alias fiktif. fiksionalisme adalah gagasan terbaik sebagai sebuah reaksi terhadap platonisme. Platonisme adalah (a) tinjauan yang ada tentang objek yang bersifat abstrak (yaitu objek nonspatiotemporal), dan (b) kalimat serta teori-teori dimana kita dapat memberikan gambaran yang benar tentang objek-objek. Fiksionalisme dalam matematika diperkenalkan dalam tahun 1980 ketika Hartry Field mempublikasikan Science Without Numbers, yang menolak dan bahkan membalikkan argumen Quine. Dimana Quine menganggap bahwa matematika harus ada untuk teori-teori sains terbaik, sehingga diterima sebagai kebenaran yang membicarakan tentang wujud yang ada secara independen. Field menganggap bahwa matematika telah diabaikan, dan oleh karena itu sebaiknya dipandang sebagai kebohongan yang tidak berbicara tentang sesuatu yang riil.

    ReplyDelete
  9. Nilza Humaira Salsabila
    16709251026
    Pendidikan Matematika kelas B PPs 2016

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.Fictionalism atau fiksionalisme dipelopori oleh Harty Field pada tahun 1980 ketika ia mempublikasikan Science Without Numbers. Dimana ia menolak argumen Quine, yang menyatakan bahwa matematika harus ada untuk teori-teori sains terbaik, sehingga diterima sebagai kebenaran yang membicaarakan tentang wujud yang ada secara independen.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  10. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs Pendidikan Matematika B 2016

    Fiksionalisme adalah sebuah tinjauan yang merupakan kalimat dan teori–teori matematika kita yang mengartikan tentang objek-objek matematika yang bersifat abstrak, seperti pendapat-pendapat dalam platonisme, tetapi tidak ada benda yang abstrak sehingga teori-teori matematika kita menjadi tidak benar. Karena itu, ide seperti kalimat “3 adalah bilangan prima” adalah salah, atau tidak benar, untuk alasan yang sama, mengatakan bahwa “peri itu murah hati” adalah salah atau tidak benar, karena tidak ada orang yang seperti peri, jadi tidak ada sesuatu yang seperti angka 3. Hal ini penting untuk dicatat, meskipun nama tinjauan, fiksionalisme tidak melibatkan beberapa pernyataan yang sangat kuat tentang analogi antara matematika dan fiksi. Misalnya, tidak ada pernyataan disini bahwa teks tentang matematika adalah sebuah jenis fiksi atau sesuatu sejenisnya. Karena itu, kekhayalan tidak dimasukkan ke dalam tesis yang tidak ada ketidakanalogisan yang penting antara matematika dan fiksi. Akhirnya, ini seharusnya juga dicatat di awal bahwa fiksionalisme adalah sebuah versi nominal matematika, tinjauan bahwa tidak ada sesuatu yang sama dengan objek matematika.

    ReplyDelete
  11. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016

    Fictionalism adalah pandangan dalam filsafat yang menurut pernyataan yang muncul untuk menjadi deskripsi dari dunia tidak dapat dianggap seperti itu, tapi malah harus dipahami sebagai kasus untuk "membuat percaya", berpura-pura untuk mengobati sesuatu yang benar secara harfiah (a "berguna fiksi").

    ReplyDelete
  12. Firda Listia Dewi
    16701251014
    S2 PEP B 2016

    Fictionalism adalah pandangan dalam filsafat yang menurut pernyataan yang tampaknya deskripsi dunia tidak boleh ditafsirkan seperti itu, melainkan harus dipahami sebagai kasus "membuat percaya". Fiksionalisme mengemukakan bahwa pengalaman beserta hubungannya (kategorinya) hanyalah sebagai ketentuan yang diterima orang yang masih perlu diatur dan dikuasai. Jadi, kebenaran hanyalah hipotesis kerja hanya prasangka belaka yang masih perlu diuji lagi kepastiannya.

    ReplyDelete
  13. Nanang Ade Putra Yaman
    16709251025
    PPs PM B 2016

    Assalamualaikum

    Fiksionalisme matematika atau bisa disebut sebagai fiksionalisme adalah gagasan terbaik sebagai sebuah reaksi terhadap platonisme matematika. Platonisme adalah tinjauan yang ada tentang objek matematika yang bersifat abstrak dan kalimat serta teori-teori matematika dimana kita dapat memberikan gambaran yang benar tentang objek-objek tersebut. fiksionalisme, di sisi lain adalah sebuah tinjauan yang merupakan kalimat dan teori–teori matematika kita yang mengartikan tentang objek-objek matematika yang bersifat abstrak, seperti pendapat-pendapat dalam platonisme, tetapi tidak ada benda yang abstrak sehingga teori-teori matematika kita menjadi tidak benar. Karena itu, ide seperti kalimat “19 adalah bilangan prima” adalah salah, atau tidak benar, untuk alasan yang sama, mengatakan bahwa “peri itu murah hati” adalah salah atau tidak benar, karena tidak ada orang yang seperti peri, jadi tidak ada sesuatu yang seperti angka 3.

    ReplyDelete
  14. Wan Denny Pramana Putra
    16709251010
    PPs Pendidikan Matematika A

    Fiksionalisme (oleh Vaihinger, 1852 - 1932), mengemukakan bahwa pengalaman beserta hubungannya (kategorinya) hanyalah sebagai ketentuan yang diterima orang yang masih perlu diatur dan dikuasai. Jadi, kebenaran hanyalah hipotesis kerja (persangkaan belaka) yang masih perlu diuji lagi kepastiannya.

    ReplyDelete

  15. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Fictionalism umumnya mengacu pragmatis, posisi anti realist dalam perdebatan realisme ilmiah. Penggunaan teori atau konsep dapat diandalkan tanpa teori adalah benar dan tanpa entitas yang disebutkan benar-benar ada. Ketika kebenaran (atau keberadaan) kurang kita berhadapan dengan sebuah fiksi. Jadi fictionalism adalah wajar dari instrumentalism, pandangan bahwa apa yang penting tentang teori adalah kehandalan dalam prakteknya.

    ReplyDelete
  16. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    S2 PEP B 2016

    Pendapat utama untuk hasil fiksionalisme yang utama adalah dengan mencoba untuk menghapuskan/ menghilangkan semua alternatif/ pilihan-pilihan. Pendapat tersebut dapat dikatakan seperti ini :
    Kalimat matematika seperti “4 adalah bilangan genap” harus dibaca menurut bentuk dasarnya, seperti mereka harus dibaca sebagai bentuk dari “Fa” dan oleh sebab itu, sebagai pembuat pernyataan yang berterusterang/ benar tentang sifat dari benda-benda tertentu, contohnya, “4 adalah bilangan genap” harus dibaca sebagai pembuat pernyataan yang berterus terang/ benar tentang sifat dari angka 4.
    Tetapi, jika kalimat-kalimat seperti “4 adalah bilangan genap” harus dibaca menurut bentuk dasarnya, dan jika selain itu mereka (kalimat-kalimat itu) adalah benar, maka harus benar-benar ada benda hidup dari jenis seperti yang disebutkan tadi, misalnya, jika “4 adalah bilangan genap” menjadikan sebuah pernyataan yang benar tentang sifat dari angka 4, dan jika kalimat ini adalah benar secara harfiah, maka harus ada contoh nyata yang mewakili angka 4. Oleh karena itu, dari penafsiran nominalisme dan Neo-Meinongianisme, itu menunjukkan bahwa jika kalimat-kalimat seperti “4 adalah bilangan genap” adalah benar, maka harus ada semacam benda sebagai obyek matematika. Tetapi, jika ada semacam benda seperti obyek matematika, maka ada benda-benda abstrak, dengan kata lain, objek/ benda-benda nonspatiotemporal, contohnya, jika ada semacam benda seperti angka 4, maka itu adalah sebuah benda/ objek absrak, bukan benda fisik atau benda mental.
    Tidak ada macam benda yang seperti benda abstrak. Oleh karena itu, dari fisik serta Psikologisme dan Platonisme dengan menggunakan modus tollens, ini berarti bahwa tidak ada macam benda seperti objek matematika.

    ReplyDelete
  17. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Dua hal penting fictionalism adalah fictionalism modal yang dikembangkan oleh Gideon Rosen, yang menyatakan bahwa kemungkinan dunia, terlepas dari apakah mereka ada atau tidak, mungkin menjadi bagian dari wacana yang berguna, dan fictionalism matematika yang dianjurkan oleh Hartry Field, yang menyatakan bahwa pembicaraan tentang angka dan objek matematika lainnya tidak lebih dari kenyamanan untuk melakukan ilmu pengetahuan. Fiksionalisme matematika atau bisa disebut sebagai fiksionalisme adalah gagasan terbaik sebagai sebuah reaksi terhadap platonisme matematika. Platonisme adalah tinjauan yang ada tentang objek matematika yang bersifat abstrak dan kalimat serta teori-teori matematika dimana kita dapat memberikan gambaran yang benar tentang objek-objek tersebut.

    ReplyDelete
  18. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    fiksionalisme adalah gagasan terbaik sebagai sebuah reaksi terhadap platonisme.Fictionalism adalah pandangan dalam filsafat yang menurut pernyataan tampak nyata, tetapi lebih baik harus dipahami sebagai hal yang abstrak. Fictionalism di sisi lain memiliki pandangan bahwa kalimat dan teori-teori matematika menjadi obyek matematika yang sifatnya abstrak.

    ReplyDelete
  19. Naja Nusaibah
    13301241042
    S1 Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Terima kasih Bapak Prof. Marsigit telah membagikan link tentang eksperimentalism dalam filsafat. InsyaAllah link tersebut dan isinya akan bermanfaat bagi seluruh pembaca dalam blog ini khususnya saya, mungkin sekarang, besok, atau seterusnya. Semoga postingan kali ini dapat menjadi amal bagi Bapak sekeluarga. Amin.

    ReplyDelete
  20. Naja Nusaibah
    13301241042
    S1 Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Dari link tersebut, experimentalism dapat diartikan sebagai keyakinan filosofis bahwa percobaan menghasilkan kebenaran, empirisme. Tahun 1960-an adalah masa experimentalism.

    ReplyDelete
  21. Naja Nusaibah
    13301241042
    S1 Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Eksperimentalism juga bisa berarti keyakinan filosofis bahwa kebenaran dinilai berdasarkan kegunaan yang ditunjukannya, instrumentalisme.

    ReplyDelete
  22. Naja Nusaibah
    13301241042
    S1 Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Dua hal penting dari fictionalism yaitu fictionalism pengandaian yang dikembangkan oleh Gideon Rosen, yang menyatakan bahwa kemungkinan dunia, terlepas dari apakah mereka ada atau tidak, mungkin menjadi bagian dari wacana yang berguna. Yang kedua adalah fictionalism matematika yang didukung oleh Hartry Field, yang menyatakan bahwa pembicaraan tentang angka dan objek matematika lain tidak lebih dari sebuah kenyamanan dalam melakukan tindakan ilmiah/sains.

    ReplyDelete
  23. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Fiksionalisme dalam matematika diperkenalkan dalam tahun 1980 ketika Hartry Field mempublikasikan Science Without Numbers, yang menolak dan bahkan membalikkan argumen Quine. Dimana Quine menganggap bahwa matematika harus ada untuk teori-teori sains terbaik, sehingga diterima sebagai kebenaran yang membicarakan tentang wujud yang ada secara independen. Field menganggap bahwa matematika telah diabaikan, dan oleh karena itu sebaiknya dipandang sebagai kebohongan yang tidak berbicara tentang sesuatu yang riil. Ia melakukan ini dengan memberikan aksiomatisasi lengkap dari mekanika Newton yang tidak membutuhkan bilangan sebagai acuan atau fungsi sama sekali. Ia mulai dengan "keantaraan" dari aksioma Hilbert untuk mengkarakterisasi ruang tanpa mengkoordinasikannya, dan kemudian menambahkan relasi tambahan diantara titik-titik untuk mengerjakan pekerjaan sebelumnya dan menyelesaikannya dengan lapangan vektor (vector fields). Geometri Hilbert adalah matematik, karena berbicara tentang titik-titik yang abstrak, tetapi dalam teori Field, titik-titik ini adalah titik-titik nyata dari ruang fisik, sehingga tidak ada obyek-obyek matematik yang khusus sama sekali yang dibutuhkan.

    ReplyDelete
  24. Fevi Rahmawati Suwanto
    16709251005
    PMat A / S2

    Fiksionalisme menganggap pengalaman beserta hubungannya atau kategorinya hanya sebagai ketentuan yang diterima orang namun masih perlu diatur dan dikuasai lagi, dalam artian kebenaran hanyalah sebuah dugaan atau hipotesis kerja atau persangkaan belaka yang masih perlu diuji lagi kepastiannya.

    ReplyDelete
  25. Azwar Anwar
    16709251038
    Pendidikan Matematika S2 Kelas B 2016

    Fiksionalisme adalah sebuah tinjauan yang merupakan kalimat dan teori–teori matematika kita yang mengartikan tentang objek-objek matematika yang bersifat abstrak, seperti pendapat-pendapat dalam platonisme. Fiksionalisme memberikan pandangan platonisme dari kondisi kebenaran pada kalimat matematika tetapi masih menyangkal tesis ontologis Platonis bahwa terdapat benda-benda abstrak.

    ReplyDelete
  26. Fatya Azizah
    16709251039
    Pendidikan Matematika B PPS UNY 2016

    berdasarkan link pertama didapatkan bahwa
    Fictionalism adalah pandangan dalam filsafat yang menurut pernyataan yang muncul untuk menjadi deskripsi dari dunia tidak dapat dianggap seperti itu, tapi malah harus dipahami sebagai kasus "membuat percaya", berpura-pura untuk mengobati sesuatu yang benar secara harfiah (a "berguna fiksi"). Dua hal penting dari fictionalism yang fictionalism modal yang dikembangkan oleh Gideon Rosen, yang menyatakan bahwa kemungkinan dunia, terlepas dari apakah mereka ada atau tidak, mungkin menjadi bagian dari wacana yang berguna, dan fictionalism matematika dianjurkan oleh Hartry Field, yang menyatakan bahwa pembicaraan tentang angka dan objek matematika lainnya adalah tidak lebih dari sebuah kenyamanan untuk melakukan hal ilmu pengetahuan. Juga di meta-etika, ada posisi yang setara disebut fictionalism moral (diperjuangkan oleh Richard Joyce). Banyak versi modern dari fictionalism dipengaruhi oleh karya Kendall Walton dalam estetika.

    ReplyDelete
  27. MARTIN/RWANDA
    PPS2016PEP B
    This philosophical term is really complicated, actually i know it from litterature. mathematically,is the view that (a) our mathematical sentences and theories do purport to be about abstract mathematical objects, as platonism suggests, but (b) there are no such things as abstract objects, and so (c) our mathematical theories are not true. Thus, the idea is that sentences like ‘3 is prime’ are false, or untrue, for the same reason that, say, ‘The tooth fairy is generous’ is false or untrue—because just as there is no such person as the tooth fairy, so too there is no such thing as the number 3. It is important to note, however, that despite the name, fictionalist views do not have to involve any very strong claims about the analogy between mathematics and fiction. For instance, there is no claim here that mathematical discourse is a kind of fictional discourse.

    ReplyDelete
  28. Erni Anitasari
    16709251007
    S2 Pend. Matematika Kelas A

    Fictionalism adalah pandangan dalam mendiskripsikan sesuatu yang tidak ditafsirkan secara langsung akan tetapi dapat dimengerti dan dipercaya. Contohnya dalam matematika seperti titik merupakan sesuatu yang direpresentasikan (.), tetapi kita tidak dapat menunjukkan titik tersebut berada di mana dalam kehidupan sehari-hari akan tetapi kita tahu benda titik itu apa didalam pikiran kita.

    ReplyDelete
  29. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    Pandangan pada paham ini mencirikan bahwa klain yang dibuat dalam wacana yang bukan dilihat baik sebagai tujuan kebenaran, tetapi lebih dilihat sebagai semacam fiksi. Sehingga sesuatu hal itu masih dalam tahap pengaturan dari pengalaman dan hubungannya yang hanyalah sebuah ketentuan yang diterima orang. Sehingga para fiksionalis berpikir bahwa mempunyai paham ini merupakan ide yang terbaik dalam menanggapi platonisme.

    ReplyDelete
  30. Bismillah
    Ratih Kartika
    16701251005
    PPS PEP B 2016

    Assalamualaikumwarahmatulahiwabarrakatuh
    Fiksi adalah abstrak dan seolah olah nampak nyata. Fiksionalisme berasal dari kata dasar fiksi. Fiksionalisme adalah aliran filsafat yang memandang dunia harus dipahami dengan membuat percaya dari kepura-puraan "fiksi"

    Wassalamualaikumwarahmatulahiwabarakatuh


    ReplyDelete
  31. Sumbaji Putranto
    16709251028
    Pend. Matematika S2 Kelas B

    Fictionalism dapat dideskripsikan sebagai suatu bentuk pernyataan untuk mendeskripsikan sesuatu yang berada di dalam pikiran kita. Ada hal-hal yang hanya ada di dalam pikiran kita namun tidak ada di kehidupan nyata. Contohnya adalah angka-angka. Kita tidak dapat melihat secara nyata melihat angka did ala kehidupan sehari-hari kita. Angka hanya ada di dalam pikiran kita. Contoh lain adalah titik. Titik hanya ada di dalam pikiran kita yang tersimbolkan dengan noktah.

    ReplyDelete
  32. Ressy Rustanuarsi
    16709251033
    PPs PMAT Kelas B 2016

    Fictionalism terdiri setidaknya tiga tesis berikut: (1) klaim yang dibuat dalam domain wacana diambil sebagai kebenaran, yaitu, benar atau salah; (2) domain wacana adalah untuk ditafsirkan pada nilai nominal - tidak direduksi menjadi berarti sesuatu yang lain; dan (3) tujuan dari wacana dalam setiap domain yang diberikan tidak benar, tetapi beberapa kebajikan lainnya (misalnya, kesederhanaan, jelas lingkup).

    ReplyDelete
  33. Fictionalism adalah sebuah tinjauan yang merupakan kalimat dan teori–teori matematika yang mengartikan tentang objek-objek matematika yang bersifat abstrak. Dua hal penting fictionalism adalah fictionalism modal yang dikembangkan oleh Gideon Rosen, yang menyatakan bahwa kemungkinan dunia, terlepas dari apakah mereka ada atau tidak, mungkin menjadi bagian dari wacana yang berguna, dan fictionalism matematika yang dianjurkan oleh Hartry Field, yang menyatakan bahwa pembicaraan tentang angka dan objek matematika lainnya tidak lebih dari kenyamanan untuk melakukan ilmu pengetahuan.

    Triwid Syafarotun Najah
    16701261011
    PEP S3 (A) 2016

    ReplyDelete
  34. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Fiksionalisme adalah paham bahwa pandangan bahwa Tuhan, sebagai substansi immaterial, ada sejauh dinyatakan demikian dalam narasi religius tertentu, dan tidak ada di luarnya. Artinya, Tuhan ada sebagai entitas kultural, yakni objek yang dinyatakan keberadaannya oleh konvensi sosio-kultural tertentu, atau sebagai entitas mental, sebagai objek kepercayaan. Ini adalah semacam ateisme yang lunak: suatu sikap ateistik yang diplomatis.( http://indoprogress.com/2013/12/marxisme-dan-ketuhanan-yang-maha-esa/)

    Kekeliruan dari paham ini adalah memandang bahwa keberadaan Tuhan sebagai kebiasaan kebudayaan sosial tertentu. Jadi, tidak memutlakkan adanya keberadaan Tuhan. Menganggap bahwa Tuhan hanyalah simbol budaya. Jadi, menurut mereka Tuhan hanyalah pelengkap saja, dan tidak dijadikan sebagai sesuatu yang agung. Semoga kita terhindar dari paham ini. Aamiin.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  35. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

    Fictionalism atau fiksionalisme adalah suatu aliran yang memandang bahwasanya dunia harus dipahami sebagai sesuatu yang dapat dipercaya. Fiksionalisme dibagi menjadi dua. Pertama fiksionalisme pengandaian yang dikembangkan oleh Gideon Rosen yang menyatakan bahwa dunia kemungkinan entah aa atau tidak dapat menjadi bagian pembelajaran yang beguna. Kedua fiksionalisme matematika yang diusulkan oleh Hartry Field, yang menyatakan bahwa obrolan tentang bilangan dan objek matematika lainnya tidak lebih dari sebuah keuntungan dari belajar ilmu pengetahuan.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  36. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    Fiksionlaisme adalh pandangna filsafat menurut statmen yang muncul untuk gambaran dunia seharusnya tdiak di tafsirkan seperti demikian, tapi segharusnya malah dipahmai sebagai kasus “make belive”, berpura-pura untuk enagani sesuatu secara harfiah benar(“usefull fiction”)

    ReplyDelete
  37. Jahidatu Lis Silmi I'la Alhaq
    16701251022
    PEP B S2 2016

    Berdasarkan salah satu link di atas fictionalism tentang wilayah wacana dapat sementara dicirikan sebagai pandangan bahwa klaim yang dibuat dalam wacana yang tidak terbaik dilihat sebagai yang bertujuan kebenaran harfiah tetapi lebih baik dianggap sebagai semacam 'fiksi'.

    ReplyDelete
  38. Siska Nur Rahmawati
    16701251028
    PEP-B 2016



    Fictionalisme adalah sebuah paham yang memandang bahwa segala yang terjadi di dunia ini adalah fiktif. Fiktionalisme memandang bahwa segala yang ada di dunia ini bersifat khayalan. Penghayalan ini biasanya bersifat relatif tergantung pada pikiran masing-masing orang.

    ReplyDelete
  39. RISKA AYU ARDANI
    16709251021
    PMAT KELAS B PPS UNY 2016

    Fiksionalisme (oleh Vaihinger, 1852 - 1932), mengemukakan bahwa pengalaman beserta hubungannya (kategorinya) hanyalah sebagai ketentuan yang diterima orang yang masih perlu diatur dan dikuasai. Jadi, kebenaran hanyalah hipotesis kerja (persangkaan belaka) yang masih perlu diuji lagi kepastiannya. Segala yang terjadi didunia ini hanya bersifat sementara atau bahkan faham ini melihat bahwa kejadian dalam kehidupan ini adalah salah satu yan bertentangan dengan sesuatu yang bersifat realisme absolute. helai penting dari fictionalism yang fictionalism modal yang dikembangkan oleh Gideon Rosen, yang menyatakan bahwa kemungkinan dunia, terlepas dari apakah mereka ada atau tidak, mungkin menjadi bagian dari wacana yang berguna, dan fictionalism matematika dianjurkan oleh Hartry Field, yang menyatakan bahwa pembicaraan tentang angka dan objek matematika lainnya adalah tidak lebih dari sebuah kenyamanan bagi melakukan ilmu pengetahuan

    ReplyDelete
  40. YUNDA VICTORINA TOBONDO
    16709251015
    P.MAT A 2016

    Fictionalism atau fiksionalisme merupakan suatu paham dimana setiap bagian dari dunia ini adalah bagian dari ilusi yang perlu dibuktikan kebenarannya. Dalam hal ini, apabila dikaitkan dengan ilmu pengetahuan maka setiap pembuktian-pembuktian dalam matematika bisa dikatakan merupakan wujud dari fiksionalisme itu sendiri dan simbol-simbol dalam matematikapun merupakan bagian di dalamnya.

    ReplyDelete
  41. Ika Dewi Fitria Maharani
    16709251027
    PPs UNY P.Mat B 2016

    Fictionalism adalah pandangan dalam filsafat yang menurut pernyataan yang tampaknya deskripsi dunia tidak boleh ditafsirkan seperti itu, melainkan harus dipahami sebagai kasus "membuat percaya", berpura-pura untuk mengobati sesuatu yang benar secara harfiah (a "yang berguna fiksi ").
    Fictionalism ini sesungguhnya adalah benar-benar filsafat terkait ada dan yang mungkin ada. Hal ini karena ajaran in berusaha/ikhtiar mengadakan ynag mungkin ada dengan menyajikan fiksi-fiksi.

    ReplyDelete
  42. ULFA LU'LUILMAKNUN
    16709251022
    S2 Pendidikan Matematika 2016 Kelas B

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Fiksionalisme dalam matematika diperkenalkan dalam tahun 1980 ketika Hartry Field mempublikasikan Science Without Numbers, yang menolak dan bahkan membalikkan argumen Quine. Dimana Quine menganggap bahwa matematika harus ada untuk teori-teori sains terbaik. Fiksionalisme matematika atau bisa disebut sebagai fiksionalisme adalah gagasan terbaik sebagai sebuah reaksi terhadap platonisme matematika. Platonisme adalah tinjauan yang ada tentang objek matematika yang bersifat abstrak dan kalimat serta teori-teori matematika dimana kita dapat memberikan gambaran yang benar tentang objek-objek. fiksionalisme tidak melibatkan beberapa pernyataan yang sangat kuat tentang analogi antara matematika dan fiksi. fiksionalisme adalah sebuah versi nominal matematika, tinjauan bahwa tidak ada sesuatu yang sama dengan objek matematika.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id