Dec 2, 2012

TRANSCENDENTALISM





 Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang TRANSCENDENTALISM, koneklah:

http://en.wikipedia.org/wiki/Transcendentalism








Wss Wr Wb
Marsigit


30 comments:

  1. Aprisal
    16709251019
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Assalamu Alaikum Wr.Wb

    Transendetalisme merupakan suatu pemahaman yang beranggapan bahwa pengetahuan itu tidak terbatas. artinya tidak terbatas hanya dari pengalaman saja dan pengamatan, tetapi manusia dapat melampauinya tetapi tetap sesuai dengan norma norma yang berlaku, karena transendetalisme ini lebih banyak berhubungan dengan aspek kerohanian manusia. Dalam filsafat agama, transendentalisme mempelajari sifat Tuhan yang dapat ditangkap melalui realitas semesta.kata "transenden" terdiri dari dua kata "trans" yang berarti seberang, melampaui, atas, dan kata "scandere" yang berarti memanjat. Istilah ini bersama-sama dengan bentuk-bentuk lain seperti "transendental". Transendetalisme lebih banyak bekerja pada aspek kerohanian manusia. Dengan penalaran yang mendalam, transendentalisme meyakini bahwa segala sesuatu yang tampak oleh mata merupakan perwujudan atau representasi dari dunia rohani atau transenden. Untuk memahami paham transendetalisme, manusia mutlak harus menggunakan daya nalarnya untuk menemukan apa yang mutlak benar, yang ada di balik dunia nyata.

    Waalaikum salam wr.wb.

    ReplyDelete
  2. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Transcendentalism adalah gerakan filosofis yang berkembang di tahun 1820-an akhir dan 1830-an di wilayah timur Amerika Serikat. Gerakan ini adalah reaksi atau protes terhadap keadaan umum intelektualisme dan spiritualitas. Doktrin gereja Unitarian seperti yang diajarkan di Harvard Divinity School adalah kepentingan tertentu,

    ReplyDelete
  3. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Trancendentalism adalah sebuah aliran filsafat yang berkembang pada abad 18.Aliran ini tumbuh sebagai bentuk protes akan aliran intellectualism dan spiritualism.
    Transcendentalism merupakan aliran yang berkeyakinan bahwa manusia dan alam memiliki suatu kebaikan yang tak terpisahkan. Transcendentalism sangat erat hubungannya dengan aliran unitarian.

    ReplyDelete
  4. Budi Yanto
    16709251024
    P. Mat S2 Kelas B 2016
    Transendentalisme adalah paham yang menekankan bahwa pengetahuan tidak terbatas pada, dan tidak berasal semata-mata dari pengalaman atau pengamatan, melainkan melampauinya dan ada ekstensi lain yang ada. Transendentalisme meyakini bahwa segala sesuatu yang tampak oleh mata merupakan perwujudan atau representasi dari dunia transenden. Dunia transenden adalah dunia dari kuasa Tuhan yang mempunyai kekuasaan dan pengetahuan yang tidak terhingga dan mustahil manusia memahami semua sifat-sifat Tuhan.

    ReplyDelete
  5. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    Transendental merupakan sesuatu yang melampaui atau tidak terbatasnya pengetahuan. Paham transendentalisme merupakan paham yang berlawanan dengan empirisme, berupa pengalaman nyata yang artinya pengalamanlah yang menjadi sumber utama pengetahuan. Tetapi transendentalisme berpendapat bahwa pengetahuan tidak berasal semata-mata dari pengalaman tapi melampau atau melebihi itu.

    ReplyDelete
  6. Rizki Ayu Amalia
    13301241038
    Pendidikan Matematika A 2013

    Transendentalisme adalah sebuah paham filsafat yang berpengaruh di abad 18. Paham filsafat tersebut menekankan bahwa pengetahuan tidak terbatas pada, dan tidak berasal semata-mata dari pengalaman atau pengamatan, melainkan melampauinya. Transendentalisme juga meyakini bahwa pemecahan masalah-masalah yang dihadapi manusia dapat didukung dengan perkembangan emosi individu. Transendetalisme lebih banyak bekerja pada aspek kerohanian manusia.

    ReplyDelete
  7. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Transendetalisme adalah pandangan filsafat mengenai kemampuan manusia tidak hanya berasal dari pengalamannya saja, namun juga kemampuan berpikir atau logikanya. Sama seperti ungkapan bahwa, manusia yang bekerja karena pengalaman tanpa menggunakan pikirannya adalah orang yang bodoh, orang yang hanya bisa berencana dengan pikirannya tanpa bertindak adalah omong kosong, dan orang yang bertindak selalu dengan rencana dengan mempertimbangkan pengalaman yang pernah dihadapi adalah orang yang bijak. Sehingga akan lebih baik jika manusia dapat berpikiran seperti paham transendentalisme.

    ReplyDelete
  8. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016

    Transcendentalism adalah gerakan filosofis yang berkembang di tahun 1820-an akhir dan 1830-an di Amerika Serikat bagian timur. Ini muncul sebagai reaksi atau protes terhadap keadaan umum intelektualisme dan spiritualitas pada saat itu. Sebuah keyakinan inti dari transendentalisme adalah dalam kebaikan yang melekat dari masyarakat dan alam. Penganut percaya bahwa masyarakat dan lembaga-lembaganya telah rusak kemurnian individu, dan mereka memiliki iman bahwa orang-orang terbaik mereka ketika benar-benar "mandiri" dan independen. Transcendentalism menekankan intuisi subjektif lebih empirisme objektif.

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Arifta Nurjanah
    16709251030
    PPs P Mat B

    Transendentalisme merupakan filsafat idealis yang secara umum mengutamakan masalah-masalah intuisi dan spiritual atas masalah-masalah empiris dan materi. Istilah transendentalisme sendiri berawal dari ucapan filsuf Immanuel Kant, yaitu “all knowledge transcendental which is concerned not with objects but with our mode of knowing objects.” Keberadaan suatu objek menjadi penting bukan disebabkan karena enititi objek tersebut, tetapi bagaimana seseorang memandang dan berpikir untuk memahami objek tersebut. Hal inilah yang kemudian mengacu pada pemikiran transendental yaitu berupaya menyelamatkan manusia dari alam dan menghidupkan kembali karakter spiritualnya.

    ReplyDelete
  11. Konstantinus Denny Pareira Meke
    NIM. 16709251020
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Transendentalisme adalah sebuah paham filsafat yang berpengaruh pada abad 18. Paham filsafat tersebut menekankan bahwa pengetahuan tidak terbatas pada, dan tidak berasal semata-mata dari pengalaman atau pengamatan, melainkan melampauinya. Dengan demikian, paham tersebut menjadi berseberangan dengan Empirisme.Transendentalisme adalah paham filsafat yang menekankan bahwa pengetahuan tidak terbatas pada, dan tidak berasal semata-mata dari pengalaman atau pengamatan, melainkan melampauinya. Transendtalisme juga meyakini bahwa pemecahan masalah-masalah yang dihadapi manusia dapat didukung dengan perkembangan emosi individu.

    ReplyDelete
  12. Misnasanti
    16709251011
    PPs PMAT A 2016

    Transcendentalism muncul dari Inggris dan Jerman Romantisisme, kritik Bibel Herder dan Schleiermacher, skeptisisme Hume, dan filsafat transendental Immanuel Kant dan Idealisme Jerman. Hal itu juga dipengaruhi oleh agama-agama India, khususnya Upanishad. Filsafat sebelum Kant memiliki proses berpikir yang mana subjek harus mengarahkan diri pada objek (dunia, benda-benda). Kehadiran Kant membawa sebuah evolusi besar dalam cara berpikir metafisis, karena menurutnya, bukan subjek yang mengarahkan diri pada objek, tetapi sebaliknya. Yang mendasar dari pemikiran Kant ini adalah ia tidak memulai dari objek-objek tetapi dari subjek. Objek-objek itu yang harus “menyesuaikan” diri dengan subjek. Dengan demikian menurut filsafat Kant, realitas itu ada dalam akal budi manusia. Inilah yang disebut sebagai revolusi Kopernikan, artinya sebuah perubahan cara berpikir semendasar Kopernikus yang mengubah pandangan dari geosentris menuju heliosentris.
    Selanjutnya filsafat Kant ini disebut sebagai filsafat transendental (transcendental Philosophy). Filsafat transendental adalah filsafat yang berurusan bukan untuk mengetahui objek pengalaman melainkan bagaimana subjek (manusia) bisa mengalami dan mengetahui sesuatu. Filsafat transendental itu tidak memusatkan diri dengan urusan mengetahui dan mengumpulkan realitas kongkrit seperti misalnya pengetahuan tentang anatomi tubuh binatang, geografis, dll, melainkan berurusan dengan mengetahui hukum-hukum yang mengatur pengalaman dan pemikiran manusia tentang anatomi tubuh binatang, dan lain-lain

    ReplyDelete
  13. Fitri Ayu Ningtiyas
    16709251037
    S2 P.Mat B UNY 2016

    Transendentalisme merupakan sebuah paham filsafat yang berpengaruh pada abad 18. Transenden terdiri dari dua kata, yaitu trans yang berarti seberang, melampaui, atas, dan kata scandere yang berarti memanjat. Paham ini menekankan bahwa pengetahuan tidak terbatas dan tidak berasal semata-mata dari pengalaman atau pengamatan. Transendentalisme juga meyakini bahwa pemecahan masalah-masalah yang dihadapi manusia dapat didukung dengan perkembangan emosi individu. Transendentalisme lebih banyak bekerja pada aspek kerohanian manusia. Dengan penalaran yang mendalam, transendentalisme meyakini bahwa segala sesuatu yang tampak oleh mata merupakan perwujudan atau representasi dari dunia rohani. Para penganut transendentalisme percaya bahwa pengetahuan bisa diraih bukan hanya melalui indera, tetapi juga melalui intuisi dan perenungan dengan mengadopsi seluruh koneksi doktrin spiritual. Dengan demikian, para transenden mengaku bersikap skeptis terhadap semua agama dan percaya bahwa sifat keilahian terletak pada diri manusia itu sendiri.

    ReplyDelete
  14. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Transendental adalah gagasan, ide, konsep yang melampaui kategori-kategori dan mendahului pengalaman apapun. Transendentel memiliki ciri-ciri universal. Untuk menuju yang univeversal dibutuhkan sebuah pijakan teori yang mempunyai fungsi menggeneralisasi.

    ReplyDelete
  15. Johanis Risambessy
    16701251029
    PPs PEP B 2016

    Transendental ialah sesuatu yang berada di luar kemampuan manusia. Sesuatu yang melampaui apa yang dipikirkan. Paham yang berlawanan dengan emperism ini memandang segala sesuatu bukan hanya dari apa yang dilihat semata tetapi sesuatu dapat dipandang melebihi batas pemikiran.

    ReplyDelete
  16. Rhomiy Handican
    16709251031
    pPs PEndidikan Matematika B 2016

    Menurtu wikipedia Transendentalisme adalah sebuah paham filsafat yang berpengaruh pada abad 18. Paham filsafat tersebut menekankan bahwa pengetahuan tidak terbatas pada, dan tidak berasal semata-mata dari pengalaman atau pengamatan, melainkan melampauinya.Dengan demikian, paham tersebut menjadi berseberangan dengan Empirisme. Transendtalisme juga meyakini bahwa pemecahan masalah-masalah yang dihadapi manusia dapat didukung dengan perkembangan emosi individu. transenden adalah: lebih unggul, agung, melampaui, superlatif, melampaui pengalaman manusia, berhubungan dengan apa yang selamanya melampaui pemahaman terhadap pangalaman biasa dan penjelasan ilmiah.

    ReplyDelete
  17. Asri Fauzi
    16709251009
    Pend. Matematika S2 Kelas A 2016
    Transcendentalism menekankan intuisi subjektif lebih empirisme objektif. Penganut percaya bahwa individu mampu menghasilkan wawasan benar-benar asli dengan sedikit perhatian dan rasa hormat untuk master masa lalu. Tanscendentalism adalah gerakan filosofis yang muncul sebagai reaksi atau protes terhadap keadaan umum intelektualisme dan spiritualitas.

    ReplyDelete
  18. Fatya Azizah
    16709251039
    Pendidikan Matematika B PPS UNY 2016

    Aliran Transendentalisme dipimpin oleh Ralph Waldo Emerson. Emerson menggarisbawahi pandangannya yang transendental mengenai prinsip kepercayaannya, yaitu tujuan dari hidup ini adalah mempelajari eksistensi kehidupan melalui pengamatan, pemahaman, dan interpretasi terhadap alam semesta. Apa yang ada di alam semesta ini adalah ajaran-ajaran. Manusia bertanggung jawab pada apa-apa yang diajarkan oleh alam semesta kepadanya. Dari aliran inilah muncul pemahaman bahwa kebenaran dan kebahagiaan bersumber pada spiritualitas.

    ReplyDelete
  19. Filsafat sebagai induk Ilmu Pengetahuan memiliki keluasan pengetahuan yang dapat mencakup segala wawasan keilmuan. Transenden melampaui alam fikir manusia. Manusia dapat saja menjangkaunya. Dalam Filosofi Jawa semua ini dapat dihayati dengan Ilmu Rasa. Dalam kitab-kitab Jawa Kuno, dituturkan tentang pengetahuan yang melintas batas jauh diluar alam fikir manusia. Sekali lagi ada strukturnya.
    Munculnya transendentalisme ini memberikan jawaban kepada hal-hal yang tidak dapat dijawab secara logika, metode rasionalis.
    Filsafat memberikan kita wawasan yang luas mengenai kehidupan baik yang Ada maupun yang mungkin Ada.

    Nur Tjahjono Suharto
    S3 PEP (A)
    16701261007

    ReplyDelete
  20. Azwar Anwar
    16709251038
    Pendidikan Matematika S2 Kelas B 2016

    Transendentalisme yaitu memeprtahankan bahwa ada suatu realitas ideal, spiritual yang melampaui dunia pengalaman ruang dan waktu yang dapat ditangkap. Transendentalisme bertujuan untuk mengetahui dengan pasti prinsip-prinsip fundamental a priori atau proses-proses yang membentuk seluruh pengetahuan. Transendentalisme menekankan nilai transenden. Dalam filsafat agama, transendentalisme mempelajari sifat Tuhan yang dapat ditangkap melalui realitas semesta.

    ReplyDelete
  21. Nanang Ade Putra Yaman
    16709251025
    PPs PM B 2016

    Assalamualaikum
    Dari salah satu link diatas diatakan bahwa inti dari transendentalisme adalah dalam kebaikan yang melekat adalah dari masyarakat dan alam. Penganut percaya bahwa masyarakat dan lembaga-lembaganya telah rusak kemurnian individu, dan mereka memiliki kepercayaan bahwa orang-orang terbaik mereka benar-benar percaya diri dan independen. Transendetalisme lebih banyak bekerja pada aspek kerohanian manusia. Dengan penalaran yang mendalam, transendentalisme meyakini bahwa segala sesuatu yang tampak oleh mata merupakan perwujudan atau representasi dari dunia rohani atau transenden. Untuk memahami paham transendetalisme, manusia mutlak harus menggunakan daya nalarnya untuk menemukan apa yang mutlak benar, yang ada di balik dunia nyata. Kemampuan penalaran meliputi kemampuan bebas dan intuitif.


    ReplyDelete
  22. MARTIN/RWANDA
    PPS2016PEP B
    TRANSCENDENTIALISM is a kind of practice by which the world of facts and the categories of common sense are temporarily exchanged for the world of ideas and the categories of imagination. The point of this exchange is to make life better by lifting us above the conflicts and struggles that weigh on our souls. As these chains fall away, our souls rise to heightened experiences of freedom and union with the good.

    ReplyDelete
  23. MARTIN/RWANDA
    PPS2016PEP B
    TRANSCENDENTIALISM is a kind of practice by which the world of facts and the categories of common sense are temporarily exchanged for the world of ideas and the categories of imagination. The point of this exchange is to make life better by lifting us above the conflicts and struggles that weigh on our souls. As these chains fall away, our souls rise to heightened experiences of freedom and union with the good.

    ReplyDelete
  24. Siska Nur Rahmawati
    16701251028
    PEP-B 2016



    Transcendenticalism menekankan bahwa pengetahuan tidak terbatas dan tidak berasal semata-mata dari pengalaman atau pengamatan, melainkan melampauinya. Transendtalisme juga meyakini bahwa pemecahan masalah-masalah yang dihadapi manusia dapat didukung dengan perkembangan emosi individu. Untuk memahami paham transendetalisme, manusia mutlak harus menggunakan daya nalarnya untuk menemukan apa yang mutlak benar, yang ada di balik dunia nyata. Kemampuan penalaran meliputi kemampuan bebas dan intuitif.

    ReplyDelete
  25. Moh. Bayu Susilo
    16709251012
    S2/P. Matematika/A/2016

    Transcendenticalism merupakan aliran filsafat yang menitikberatkan bahwa sebuah ilmu tidak hanya berasal dari pengalaman atau empirisme maupun realisme semata. namun ada sebuah entitas diluar kemampuan manusia dalam memperoleh ilmu pengetahuan yang dalam dunia religius disebut sebagai wahyu. Sehingga hal ini lebih jauh dari sekedar pengalaman atau empirisme dan realisme.

    ReplyDelete
  26. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Para penganut Transendentalisme percaya bahwa pengetahuan bisa diraih bukan hanya melalui indera, tetapi juga melalui intuisi dan perenungan. Dengan demikian, mereka mengaku bersikap skeptis terhadap semua agama dan percaya bahwa sifat keilahian terletak pada diri manusia itu sendiri.

    Menurut Syed Naquib al-Attas, konsep Tuhan pada level esoteris seperti anggapan kalangan transendentalis adalah konsep yang keliru. Pengakuan akan adanya Tuhan saja tidak cukup. Karenanya, iblis juga mengakui Tuhan sebagai satu-satunya Realitas Akhir, Yang Mutlak, Yang Tidak Terbatas, dan Maha Sempurna. Jadi, memahami Tuhan hanya sebagai esensi (Tuhan sebagai satu-satunya Realitas Akhir, Yang Mutlak, Yang Tidak Ter batas, dan Maha Sempurna) masih bisa sesat. (http://wahdah.or.id/transendentalisme-kritik-prof-syed-muhammad-naquib-al-attas/).

    Konsep Tuhan dalam Islam bukan hanya mengakui-Nya sebagai satu-satunya Realitas Akhir, Yang Mutlak, Yang Tidak Terbatas, dan Maha Sempurna. Namun, menurut Islam, pengakuan terhadap-Nya harus juga diikuti sekaligus dengan pengakuan untuk tidak tidak menyekutukan-Nya dan tunduk kepadanya dengan cara, metode, jalan, dan bentuk yang dipersetujui oleh-Nya, seperti yang ditunjukkan oleh para rasul yang telah di utus-Nya.(http://wahdah.or.id/transendentalisme-kritik-prof-syed-muhammad-naquib-al-attas/).

    Pengalaman keagamaan ini sangat tidak tepat jika dianggap sebagai akidah kaum Muslim.
    Menurut Syed Muhammad Naquib al-Attas, gagasan para tokoh transendentalis tentang titik temu agama-agama pada level esoteris adalah melampaui tingkatan pengalaman keagamaan masyarakat umum. Ini jelas bukan maksud agama yang diturunkan untuk semua manusia. Agama Islam adalah tidak hanya untuk elite tertentu, namun untuk keseluruhan umat. (http://wahdah.or.id/transendentalisme-kritik-prof-syed-muhammad-naquib-al-attas/).
    Wallahu'alam bi shawab.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  27. Ressy Rustanuarsi
    16709251033
    PPs PMAT Kelas B 2016

    Paham ini menekankan bahwa pengetahuan tidak terbatas pada, dan tidak berasal semata-mata dari pengalaman atau pengamatan, melainkan melampauinya. Transendentalisme merupakan filsafat idealis yang mengutamakan masalah-masalah intuisi dan spiritual atas masalah-masalah empiris dan materi. Istilah ransendentalisme sendiri berawal dari ucapan filsuf immanuel kant, yaitu “all knowledge transcendental which is concerned not with objects but with our mode of knowing objects.” Dengan kata lain, segala pengetahuan yang bersifat transenden berkutat bukan pada objek tetapi lebih pada cara kita memahami objek. Dalam hal ini keberadaan suatu objek menjadi penting bukan disebabkan karena enititi objek tersebut, tetapi bagaimana seseorang memandang dan berpikir untuk memahami objek tersebut. Hal inilah yang kemudian mengacu pada pemikiran transendental yaitu berupaya menyelamatkan manusia dari alam dan menghidupkan kembali karakter spiritualnya.

    ReplyDelete
  28. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    #Bismillahirrahmanirrahim
    Transendental dapat diartikan sebagai sesuatu yang melampaui pemahaman terhadap pengalaman biasa dari penjelasan ilmiah. Hal-hal yang transenden bertentangan dengan dunia material. Pengertian ini dapat disamakan dengan METAFISIKA. Bahwa transendental mengkoneksikan pengaruh terhadap spiritual, mukjizat, keeksistensian manusia, hakikat, maupun rohani, yang semua itu sebagai pengakuan kebenaran.

    ReplyDelete
  29. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    #Bismillahirrahmanirrahim
    Sebagian filsuf mengakui ilmu pengetahuan dari batasan sains. itu suatu perinsip yang mereka yakini. sementara transenden melampaui pemahaman terhadap pengalaman biasa dari penjelasan ilmiah semata. Maka saya berfikir bahwa konsep transenden merupakan batasan pandangan yang melihat suatu kenyataan berdasarkan hakikat. Atau menurut teologi, sebagai pengakuan atas kebenaran ketuhanan. Saya rasa kepercayaan ini cukup adil, karena melihat lebih banyaknya konsep ketuhanan di dunia modern ini adalah MATERIAL. Maka kebenaran harus diungkap berdasarkan keeksistensian manusia sendir. Pasti ada tujuan dibalik penciptaan?

    ReplyDelete
  30. Wan Denny Pramana Putra
    16709251010
    PPs Pendidikan Matematika A

    Kata "transenden" terdiri dari dua kata "trans" yang berarti seberang, melampaui, atas, dan kata "scandere" yang berarti memanjat. Istilah ini bersama-sama dengan bentuk-bentuk lain seperti "transendental", "transendensi". Untuk memahami paham transendetalisme, manusia mutlak harus menggunakan daya nalarnya untuk menemukan apa yang mutlak benar, yang ada di balik dunia nyata. Kemampuan penalaran meliputi kemampuan bebas dan intuitif.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id