Oct 17, 2012

Forum Tanya Jawab 5: Matinya Sebuah Danau




Ass, khusus untuk mahasiswa S2 Sain:

Buatlah diskripsi singkat, dengan pendekatan scientific untuk menjelaskan seberapa mungkin dan karakteristik Matinya Sebuah Danau.

Buatlah deskripsi anda sebagai sebuah komen mengikuti posting ini.

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin.

Marsigit

26 comments:

  1. Azwar Anwar
    16709251038
    Pendidikan Matematika S2 Kelas B 2016

    Matinya sebuah danau diibaratkan dengan keadaan bisa matinya hati yang bersih dan pikiran.Karena jika hati dan pikiran sudah tidak dimanfaatkan lagi maka ilmu akan susah berkembang. Di kehidupan kita pentingnya sebuah hati dan pikiran yang berguna untuk menggapai ilmu artiya sesuatu yang diharapkan untuk kehidupan selanjutnya. Penggunaan hati dan pikiran dapat di aplikasikan dalam teori-teori kehidupan yang membantu menyelesaikan sebuah masalah. Untuk mari kita jaga pikiran dan hati yang bersih ini dengan lebih banyak mendekatkan diri kepda Allah serta rajin dalam menggapai ilmu.

    ReplyDelete
  2. ROFI AMIYANI
    S2 P.MAT A 2016
    16709251004

    Matinya sebuah danau menurut pendapat saya adalah kematian sebuah danau yang dapat disebabkan salah satunya adalah dengan adanya pendangkalan, pendangkalan tersebut dapat diakibatkan dari banyaknya limbah atau sampah yang dibuang ke dalam danau tersebut sehingga danau tersebut menjadi dangkal dan lama-kelamaan air di dalam danau tersebut surut dan hilang. Danau disini diibaratkan sebagai pemikiran manusia. Sama halnya dengan manusia, pemikiran manusia jika dimasuki oleh pemikiran – pemikiran negatif, picik, dan sempit maka lama-kelamaan akan menjadi dangkal. Dangkal disini dapat diartikan sebagai tidak dapat berpikir logis, berpikir jernih, berpikir yang terbaik bagi semua pihak, dan lain sebagainya.

    ReplyDelete
  3. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs Pendidikan Matematika B 2016

    Menurut saya, tentang matinya sebuah danau dalam hubungannya dengan pendekatan scientific adalah matinya suatu wadah. Dengan adanya kurikulum dengan pendekatan scientific, disini bisa membunuh karakter siswa. Karena wadah yang harus diisi oleh siswa, telah tak berfungsi lagi. wadah dapat berarti menampung, jadi jika seberapa mungkin mati nya sebuah danau oleh pendekatan saintific ya sangat mungkin, karena matinya danau diawali dengan pendangkalan dan matinya ikan-ikan ini sama hal nya pendekatan saintific yang bisa saja membuat proses berpikir siswa menjadi dangkal karena adanya sintak pemikiran yang ditetapkan dan juga mati nya ikan dimaksd kan sebagai matinya kreatifitas siswa untuk dapat berenang kesana kesini didalam wadah danau.

    ReplyDelete
  4. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    Kita mengamati bahwa danau adalah tempat teraman air yang berada didalamnya. Karena danau merupakan genangan air yang terlampau besar. Lalu kita akan menanyakan hal yang sama, bagaimana air tersebut bisa berada didalam danau dengan tenangnya. Sehingga dengan menalar kita tahu bahwa danau menopang air yang ada didalamnya. Danau diartikan sebagai penopang kehidupan bagi manusia, pondasi segala hal, bisa itu ilmu, agama, dan banyak lagi. Matinya sebuah danau artinya, matinya seseorang dalam membangun pondasinya dalam mencari ilmu, matinya seseorang dalam agamanya sehingga tidak ada penopang dalam hidupnya.

    ReplyDelete
  5. Yurizka Melia Sari
    16701261003
    PPs S3 PEP A 2016

    Matinya sebuah danau dapat dikatakan bahwa danau sudah tidak berfungsi lagi sebagai semestinya. Layaknya sebuah tempat yang terasingkan. Danau yang mati adalah danau yang tidak mempunyai penghuni atau biota-biota danau yang sudah mati salah satu penyebabnya adalah limbah. Dianalogikan dengan dunia, dunia akan mati jikalau manusia-manusia didalamnya tidak bisa survive oleh limbah power now. Agar dunia tidak segera mati, maka manusia harus bisa mengendalikan diri dari limbah tersebut dengan membuat tameng melalui elegi ritual ikhlas.

    ReplyDelete
  6. Bertu Takaendengan
    16709251034
    P.Mat B

    Danau jika diartikan secara harafiah berarti sebuah wadah yang digenangi oleh air tawar ataupun air asin, Matinya sebuah danau berarti danau itu menjadi kering karena sudah tidak digenangi oleh air baik itu air tawar atau air asin dalam elegi matinya sebuah danau, saya menganalogikan bahwa danau itu adalah diri kita sendiri, air tawar adalah pikiran dan air asin adalah hati, sehingga matinya sebuah danau itu berarti matinya diri kita sendiri karena tidak mampu lagi menggunakan hati dan pikiran dalam kehidupan.

    ReplyDelete
  7. Arifta Nurjanah
    16709251030
    PPs PM B

    Danau dalam arti sebenarnya merupakan cekungan dari bagian permukaan bumi yang digenangi air yang sangat luas. Kebanyakan air yang ada di danau merupakan air yang bersih. Matinya sebuah danau berarti danau yang menjadi kering, tidak ada airnya. Jika dikaitkan dengan filsafat, danau bisa diibaratkan sebagai hati yang jernih yang terbebas dari godaan setan. Sedangkan danau yang mati ialah hati yang sudah kering, yaitu hati yang sudah kehilangan keernihannya bahkan tergantikan oleh hal-hal negatif. Keadaan tersebut sangat berbahaya karena akan menimpulkan hal-hal buruk. Oleh karena itu, kita harus menjaga kejernihan hati dengan senantiasa meningkatkan kualitas ibadah kita kepada Allah SWT.

    ReplyDelete
  8. Wan Denny Pramana Putra
    16709251010
    PPs Pendidikan Matematika A

    Untuk mendeskripsikan matinya sebuah danau, saya menganalogikannya matinya sungai positif pada elegi yang berjudul Elegi Bendungan Komte dan Sungai Positive. Segala apapun yang ada di dalam danau tersebut termasuk danau juga di ibaratkan sebagai hasil dari usaha dari pikiran. Namun semua itu hanya akan menjadi sampah dan dapat dikatakan danau yang mati jika tidak diiringi oleh hati yang bersih.

    ReplyDelete
  9. Afifah Nur Indah Sari
    13301244006
    Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Mendengar kata danau tentunya yang terbayang dalam benak kita adalah sebuah cekungan di bumi yang menampung air. Jika kita bayangkan, kedua unsur ini seperti wadah dengan isinya. Sperti yang kita ketahui bahwa air adalah sumber penting untuk manusia melangsungkan kehidupannya di bumi. Maka matinya sebuah danau dapat dideskripsikan sebagai danau yang tidak lagi menjalankan fungsinya, yaitu danau yang tidak lagi menampung air. Dalam kehidupan sehari-hari artiya sesuatu yang diharapkan untuk kehidupan selanjutnya namun tidak bisa lagi diharapkan, bisa matinya hati yang bersih atau matinya mendalami hakekat ilmu sehingga terjebak pada mitos.

    ReplyDelete
  10. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Kematian danau dapat disebabkan oleh banyak hal. Pendangkalan danau merupakan fenomena yang dapat menyebabkan kematian sebuah danau. Pendangkalan danau dimulai dengan menyusutnya morfometri danau. Pengurangan kedalaman dan luas penampang basah danau penyusutan. Ada begitu banyak hal yang dapat memicu danau endapan ini. Salah satu penyebab adalah erosi sedimentasi tinggi bahan deposisi oleh sungai yang mengalir ke danau. Jumlah erosi material dapat dipicu oleh banyak erosi yang ada di daerah tangkapan air hujan. Peningkatan erosi dapat disebabkan oleh tutupan lahan atau vegetasi yang telah mengurangi pengolahan lahan yang kurang tepat. Secara umum, peningkatan kejadian erosi dan terusannya adalah tekanan penduduk atas tanah.

    ReplyDelete
  11. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    Matinya sebuah danau dalam pendekatan saintifik. Saintifik sendiri diartikan sebagai sebuah pendekatan yang dilakukan berdasarkan observasi ataupun indrawi yang kemudian dideskripsikan sehingga menjadi pengetahuan menggunakan pendekatan empirik. Maka ketika pendekatan saintifik digunakan sebagai mengukur suatu objek, maka persyaratan objek tersebut harus dapat dibuktikan secara indrawi.

    ReplyDelete
  12. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    “Matinya sebuah danau” menggunakan pendekatan saintifik. Merupakan suatu pemikiran yang berlandaskan dengan data empirik. Proses analisisnya harus menggunakan pemahaman bahwa objek yang disebutkan mampu dibuktikan. Kemudian diinterpretasikan yang menjadi penyebab berubahnya objek tersebut, atau disebut penelitian.

    ReplyDelete
  13. Aprisal
    16709251019
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Assalamu Alaikum Wr.Wb

    Saintifik, karakteristik, dan matinya sebuah danau. Menurut saya ini berkaitan dengan penerapan metode saintifik untuk semua mata pelajaran yang ada di sekolah. Pada awal perkembangannya metode saintifk ini berawal dari suatu struktur dari Auguste Comte yang menempatkan saintifik diantara agama dan positivisme, dengan kata lain agama yang lebih menenkankan pada pembentukan perilaku yang baik kalah posisi dari metode saintifik yang lebih menekankan pada cara berpikir ilmiah, padahal tidak selamanya pikiran dapat menggapai agama. Dalam Penerapan metode saintifik tentunya harus mempertimbangkan setiap karakteristik setiap mata pelajaran, apakah cocok untuk diterapkan pada setiap mata pelajaran atau tidak. Selain itu penerapan metode saintifik harus juga melihat esensi pembentukan karakter siswa apakah dengan penerapan saintifik ini karakter siswa dapat terbentuk sebagaimana mestinya atau hanya malah membuat karakter siswa menjadi bobrok.

    Waalaikum salam wr.wb

    ReplyDelete
  14. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    “Mati”nya sebuah danau, kata “mati” dapat diartikan hilangnya fungsi. Maka, ketika sesuatu dikatakan telah hilang fungsi, hilang pula keberadaannya yang semula dianggap ada. Sesuatu yang dulu tampak indah dipandang mata, pun akan terlupakan ketika tak lagi mampu menampakkan fungsinya. Kita dianggap ada, karena kita ada dalam pikiran orang lain.
    “Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat orang lain”. Maka, ketika kita mampu bermanfaat lah kita dianggap “hidup”. Mati ketika kita tak lagi bermanfaat bagi orang lain.

    ReplyDelete
  15. Nilza Humaira Salsabila
    16709251026
    Pendidikan Matematika kelas B PPs 2016

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Matinya sebuah danau. Danau merupakan sebuah cekungan besar di permukaan bumi digenangi oleh air yang memiliki banyak sekali manfaat. Salah satunya sebagai sumber kehidupan. Dapat diandaikan danau adalah simbol seorang guru yang memberikan ilmu pengetahuan bermanfaat kepada murid-muridnya. Murid-murid yang merupakan generasi penerus bangsa. Namun jika danau itu mati, jika eksistensi seorang guru mati, maka hilang sudah generasi penerus bangsa kita.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  16. Siska Nur Rahmawati
    16701251028
    PEP-B 2016



    Danau merupakan genangan air yang banyak yang memang sengaja dibuat oleh manusia untuk membantu manusia dalam memenuhi kebutuahan sehari-hari karena memiliiki banyak sekali manfaat. Dalam dunia pendidikan, danau itu sendiri diibaratkan sebuah pengetahuan. Pengetahuan itu memiliki banyak sekali manfaat bagi kehidupan sehari-hari jika kita menggunakannya sesuai ruang dan waktu. Ketika kita tidak menggunakan pengetahuan tersebut sesuai kebutuhan, ruang, dan waktu, maka pengetahuan itu menjadi mati dan tidak bermanfaat lagi.

    ReplyDelete
  17. Syahrial
    16701251015
    S2 PEP kelas B 2016
    karakteristik matinya sebuah danau merupakan gambaran dari ketidak bermanfaatannya dan kebermakanaan danau tersebut, dengan pendekatan saintifik ialah bahwa danau merupakan sarana kehidupan yang memberikan kehidupan bagi sekelilingnya, ketika danau itu mati maka itu disebabkan ketidak sesuaian dalam penggunaannya, dengan pendekatan saintifik danau memiliki arti bagaikan pendidikan yang ada di suatu tempat yang kemudian diberikan pembuktian, pengamatan, yang tidak sesuai dengan karakteristik pendidikan tersebut maka pendidikan di suatu tempat yaang di ibaratkan danau akan mengalami kematian pola pikir, perkembangan, kemajuan dan kematian dalam berinovasi menjadi lebih baik lagi, di sebabkan ketidak sesuaian ruang tersebut, mati dalam arti yang seluas-luasnya dan sedalam-dalamnya.

    ReplyDelete
  18. Bayu Adhiwibowo
    16709251014 / S2 Pend. Matematika
    Matinya sebuah danau ketika sebuah danau tidak bermanfaaat untuk lingkungan sekitar. Pada pembelajaran saintifik ada beberapa proses mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengelaborasi dan mengomunikasi. Ketika sebuah danau tidak bisa dgunakan untuk proses 5M itu maka dikatakan mati oleh sekitarnya.

    ReplyDelete
  19. Nira Arsoetar
    16709251018
    PPS UNY Pendidikan Matematika
    Kelas A

    Matinya sebuah danau berarti sebuah danau telah kehilangan isinya (mengering). Danau bisa menjadi dangkal jika perlahan kehilangan airnya. Sama halnya apabila danau diibaratkan sebagai hati manusia. Hati manusia bila telah dirasuki kesombongan dan perasaan-perasaan buruk lainnya lama kelamaan hati tersebut bisa mati dan mengering. Supaya hati manusia tidak menjadi mati maka kita perlu mengaliri hati dengan siraman rohani dan juga menjaga sifat-sifat yang baik. Keseimbangan dalam diri manusia terjadi bila pemikiran manusia bisa dikomandani oleh hati yang bersih dan ikhlas.

    ReplyDelete
  20. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    PPs PEP B 2016

    Menurut Hipotesis saya danau bisa mati karena keringnya mata airnya. Danau bisa mati disebabkan mata airnya telah habis. Atau bisa jadi ada retakan pada struktur dibawahnya. Mungkin kejadiannya hampir sama dengan matinya danau di Greenland disebabkan oleh retakan seperti yang diberitakan oleh National Geographic di tahun 2012. Dalam studi yang dilansir jurnal Nature, peneliti telah menemukan sebab terbentuknya retakan itu: adanya tekanan yang berasal dari pergerakan lapisan es. Pergerakan lapisan dipicu dari tetesan air es itu sendiri.

    ReplyDelete
  21. MARTIN/RWANDA
    PPS2016PEP B
    Obviously don’t just start yakking about yourself out of nowhere. But as soon as you see even a slight opening, just jump into it. Your passions and projects are where your personality resides. Find a way to talk about what you’re up to, even if it’s just with one person on the side.

    ReplyDelete
  22. Annisa Eprila Fauziah
    16709251040
    PPs P.Mat B 2016

    Matinya sebuah danau dapat diibaratkan hilangnya kemauan untuk belajar dan merasa puas dengan ilmu yang dimiliki. Danau akan menjadi kering, pikiran menjadi tumpul dan tidak bisa berpikir secara luas dan mendalam, dengan demikian orang tsb akan risau sendiri dengan keegoannya.

    ReplyDelete
  23. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Matinya danau dicirikan apabila dananu terssebut tidak bisa menghidupi segala isi dari danau tersebut. Hal ini bisa terjadi apabila danau tersebut sudah tersemar dengan limbah-limbah power now berupa neokapitalism, neoliberalism,pragmatism,utilitarianism,hedonisme. Jika limbah-limbah ini sudah semakin menyebar mulai dari pusat danau (kota) sampai kepinggir danau (desa) maka bisa dipastikan dananu tersebut sudah tidak bisa lagi memproduksi oksigen sebagai nafas kehidupan bagi semua isi dari danau mencakup ikan, karang dst ( oksigen disini saya analogikan berupa spiritual manusia dan humaniora sudah tidak menjadi pegangan azas berkehidupan)

    ReplyDelete
  24. Kartika Nur Oktaviani
    16709251032
    Pendidikan Matematika S2 UNY kelas B

    Assalamu'alaikum wr wb.
    Pertama kita bayangkan dulu danau. Apa itu danau? Danau adalah sejumlah air (tawar atau asin) yang terakumulasi di suatu tempat yang cukup luas, yang dapat terjadi karena mencairnya gletser, aliran sungai, atau karena adanya mata air (Wikipedia). Jika telah membayangkan danau seperti apa, selanjutnya kita dapat membayangkan apa saja komponen penyusun danau itu. Ya, selain air tawar atau asin, tentu ada berbagai spesies kehidupan di sana. Entah ikan, kepiting, keong, plankton, mungkin juga hewan-hewan melata.
    Matinya danau berarti matinya sumber penghidupan danau itu yaitu matinya air. Air itu mati artinya air hilang, musnah, karena berbagai hal. Seperti yang diketahui, misal karena limbah. Padahal air itu dibutuhkan oleh spesies-spesies tadi. Air tidak ada, berarti mereka semua mati karena tidak ada penghidupan.
    Jika diibaratkan sebuah negeri, dataran, dan semua penghuninya, yaitu alam, manusia, binatang, dan tumbuhan. Jika suatu negeri itu telah terkontaminasi dengan paham-paham kapitalis, pragmatis, dan sebagainya, yang salah, tentu negeri itu akan goyah. Nilai-nilai spiritual terkikis. Semakin jauh dari Tuhan. Akhirnya tidak pandang bulu, merusak apa saja tatanan yang ada yang sudah benar atas nama positivisme. Seperti sebuah danau tadi. Jika tidak kuat menghadapi semua itu, negeri beserta semua yang ada du dalamnya, lama-kelamaan hanya tinggal sejarah.
    Wassalamu'alaikum wr wb.

    ReplyDelete
  25. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

    Matinya sebuah danau dalam sains disebut dengan istilah eutrofikasi. Eutrofikasi merupakan sebuah proses alamiah di mana danau mengalami penuaan secara bertahap dan menjadi lebih produktif bagi tumbuhnya biomassa. Masalah ini disinyalir akibat langsung dari aliran limbah domestik. Kondisi eutrofik sangat memungkinkan alga, tumbuhan air berukuran mikro, untuk tumbuh berkembang biak dengan pesat (blooming) akibat ketersediaan fosfat yang berlebihan serta kondisi lain yang memadai. Akibatnya, kualitas air di banyak ekosistem air menjadi sangat menurun. Rendahnya konsentrasi oksigen terlarut, bahkan sampai batas nol, menyebabkan makhluk hidup air seperti ikan dan spesies lainnya tidak bisa tumbuh dengan baik sehingga akhirnya mati. Permasalahan lainnya, cyanobacteria (blue-green algae) diketahui mengandung toksin sehingga membawa risiko kesehatan bagi manusia dan hewan.
    Hal ini jika diibaratkan dalam dunia pendidikan, kebiasaan hidup instan, mencontek, plagiasi, dsb dapat dibaratkan sebagai limbah dalam danau pendidikan kita. Sehingga menyebabkan matinya etika dan estetika, serta norma dan nilai-nilai kebaikan dalam hati.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  26. Konstantinus Denny Pareira Meke
    NIM. 16709251020
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Di dalam hati setiap orang ada sebuah danau air yang jernih. Namun, entah mengapa kita tidak bisa menemukan sumber danau ini. Karena itu, batin kita pun menjadi sangat kering. Kita harus mencari sumber danau kita dalam hati kita. Setelah menemukannya, maka kita harus bekerja keras untuk terus menjaganya agar tetap tenang. Danau yg luas dan tenang tdk akan bergelombang meski di jatuhi batu besar.. Tp hny akan beriak sedikit.. Sembari menelan dan menenggelamkan batu tsb. danau tak berombak selalu tenang, seperti manusia yang bijaksana. Menjadi sumber air, diantara daratan yang kering. Danau akan mati dan tidak bermanfaat airnya apabila telah mengering atau bahkan terkontaminasi racun atau zat yang berbahaya. Begitupun yg berjiwa besar. Akan mati bila disi dengan ketamakan dan bukan dengan sifat rendah hati

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id