Oct 17, 2012

Forum Tanya Jawab 4: Gunung Super




Ass, khusus untuk mahasiswa S2 Sain:

Saya menginginkan mahasiswa S2 Sain untuk dapat mendeskripsikan apa yang disebut GUNUNG SUPER?

Buatlah deskripsi anda sebagai sebuah komen mengikuti posting ini.

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

35 comments:

  1. Azwar Anwar
    16709251038
    Pendidikan Matematika S2 Kelas B 2016

    Gunung bisa diartikan sebagai tempat yang tinggi. Gunung super merupakan menggapai ilmu setingi-tingginya sehingga apa yang didapat bisa bermanfaat buat sendiri maupun orang lain. Niat didalam hati sangat diperlukan dalam menggapai ilmu serta keikhlasan,karena ilmu tidak berguna jika hanya menggapainya tanpa dilandasi kedua aspek tersebut. Dengan ilmu kita mampu memilah serta memilih mana yang benar dan mana yang salah, ia pun takkan terpengaruh dengan orang lain dalam menjalankan sebuah perbuatan.Maka dari itu gapailah ilmu setinggi-tingginya tanpa merendahkan orang lain.

    ReplyDelete
  2. ROFI AMIYANI
    S2 P.MAT A 2016
    16709251004

    Menurut saya gunung super berasal dari “gunung” yang diartikan sebagai suatu usaha mencapai cinta sang Maha Kuasa yaitu Tuhan, dan “super” yang artinya luar biasa besar. Sehingga dalam hal ini gunung super saya artikan sebagai sebuah usaha yang disertai niat dan kesungguhan yang begitu besar untuk menggapai Ridho Ilahi. Hal ini dapat dilakukan dengan menyelarasakan antara hati dan pikiran, dan mengorientasikan segala sesuatu yang dikerjakan semata-mata untuk memeroleh Ridho Allah SWT. Sehingga untuk mencapai puncak gunung super ini diperlukan usaha dan niat yang ikhlas dari dalam diri sendiri.

    ReplyDelete
  3. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPS Pendidikan Matematika B 2016

    Dalam elegi Tanya jawab ini, disuruh menjelaskan tentang apa gunung super itu. Menurut saya, yang dimaksud dengan gunung super adalah ilmu yang luar biasa tinggi dimana ia dilandasi oleh spritual sehingga tidak ada kekuatan apapun yang dapat mengalahankan kekuatan super yang dimiliki oleh gunung super ini, untuk menggapai gunung super dibutuhkan banyak usaha, pengorbanan dan keikhlasan, dan tingkatan gunug super dengan gunung tinggi lainnya adalah gunung super adalah kekuasan. gunung super juga bisa dikatan sebagai suatu usaha bagaimana kita menggapai kekuatan yang besar. Maksudnya, kita sebagai manusia diberikan akal dan pikiran, nah dengan menggunakan akal pikiran kita, kita bisa membangun dunia kita dengan menggapai ilmu yang setinggi-tingginya. Namun, semuanya itu bisa dicapai dengan suatu batasan, yaitu spiritual.

    ReplyDelete
  4. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    Gunung itu ibarat setinggi-tingginya pemikiran seseorang dalam menanggapi hidup. Sehingga harus ada landasan yang kokoh dibawahnya. Spiritualitas seseorang yang sangat kokoh, menjadikan dirinya sebagai gunung super dalam spiritualitasnya. Sehingga apapun yang ada dan yang mungkin ada didalam hidupnya dikaitkan dengan spiritualitas. Para filsuf pun punya gunung supernya masing-masing. Seperti Compte mempunyai gunung positivisme dalam pemikirannya.

    ReplyDelete
  5. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Tuntutlah ilmu sampai ke liang lahat. Tuntutlah ilmu sampai ke Negeri Cina. Demikianlah beberapa ungkapan yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Berangkat dari duan ungkapan tadi, maka sebagai pribadi sebaiknya akan terus menerus menuntut ilmu. Ilmu Allah sangat luas lingkupnya, sehingga masih banyak yang belum kita ketahui. Oleh karena itu dengan menuntut ilmu, maka di harapkan untuk dapat bermanfaat bagi masyarakat lain. Ketika kita menuntut ilmu di jenjang S1, di sanalah kita berusaha untuk menggapai suatu Gunung yang pastinya akan banyak bukit, naik turun lembah besar dan kecil sebelum sampai ke puncak gunung tersebut. Kemudian ketika kita ada di masa sekarang, maka di sinilah kita sama-sama berusaha untuk menggapai puncak Gunung Super yaitu ketika berada di jenjang S2. Semoga Allah merahmati perjalanan dari Gunung Super ini. Aamiin.

    ReplyDelete
  6. Bertu Takaendengan
    16709251034
    P.Mat B

    Menurut saya gunung super itu adalah gunung yang tersusun atas hakekat-hakekat pengetahuan yang sebenar-benarnya yang puncaknya gunungnya bersifat kebenaran mutlak yang berada dalam wilayah spiritual atau kuasa Tuhan YME sehingga setiap kita hanyalah mencoba berusaha untuk menggapai puncak gunung super, dengan menapaki secara perlahan tahap demi setahap meskipun kita sadar bahwa kita tidak akan mungkin dapat menggapai puncak gunung super itu karena sebenar-benarnya manusia tidak ada yang mampu menggapai wilayah Tuhan

    ReplyDelete
  7. Yurizka Melia Sari
    16701261003
    PPs PEP A 2016

    Gunung super bukanlah gunung yang paling besar dan paling kuat, akan tetapi gunung yang mampu melindungi gunung-gunung yang lain dan tidak mematikan gunung yang lain. Apabila manusia yang menjadi gunung super, hendaknya ia bisa membantu manusia-manusia yang lain, selalu mempunyai kerendahan hati, ikhlas dan tawaddu dalam mencapai logos yang mampu mensejahterakan manusia-manusia yang lain.

    ReplyDelete
  8. Arifta Nurjanah
    16709251030
    PPs PM B

    Dalam kehidupan, gunung merupakan bentuk permukaan bumi yang menjulang tinggi dan memiliki puncak, lereng serta kaki gunung. Bahkan di bagian dalam (gunung aktif) yang tidak terlihat terdapat magma. Jika dikatakan gunung super, berarti bukan hanya gunung yang biasa-biasa saja melainkan memiliki potensi yang lebih besar dari gunung pada umumnya. Jika dikaitkan dengan filsafat, gunung super dapat dianalogikan sebagai segala sesuatu yang memiliki potensi yang luar biasa. Salah satunya, gunung super dapat diibaratkan sebagai seorang siswa dengan segala potensinya. Siswa bukanlah obyek yang pasif dan tidak berkemampuan, sebaliknya siswa justru memiliki potensi yang besar. Maka dalam pembelajaran siswa dapat membangun pengetahuannya sendiri, mulai dari dasar kaki gunung, hingga naik-naik ke puncaknya. Oleh karena itu, guru hendaknya tidak menutupi potensi tersebut, guru harus memberikan kesempatan yang luas bagi siswa untuk dapat mengeksplor pengetahuannya sendiri.

    ReplyDelete
  9. Wan Denny Pramana Putra
    16709251010
    PPs Pendidikan Matematika A

    Terinspirasi dari elegi yang berjudul Kutarunggu Sang Rakata Menggelar Sidang Rakyat (pertama). Maka gunung super adalah seseorang yang memperoleh ilmu yang berlandaskan iman dan taqwa, mengembangkan potensi, mencari ketrampilan dan pengalaman dan kemudian menggunakan ilmunya, hatinya, potensinya, ketrampilannya dan pengalamannya itu untuk mengelola kuasanya demi kemaslahatan sesama.

    ReplyDelete
  10. Afifah Nur Indah Sari
    13301244006
    Pendidikan Matematika Internasional 2013


    Gunung adalah penggambaran pencapaian ilmu pengetahuan masing-masing subyek, sehingga menurut saya gunung super adalah gunung yang mengapai ilmu pengetahunanya dengan hati yang Ikhlas karena Allah untuk dipergunakan dalam membangun dunia yang berlandaskan pada asas kebermanfaatkan untuk sesama mahkluk hidup dan membagikannya kepada generasi selanjutnya.

    ReplyDelete
  11. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Gunung super menurut saya adalah orang yang selalu menambah ilmunya. Gunung tertinggi adalah gunung yang tinggi ilmunya. Namun dengan ilmu yang tinggi itu seharusnya dapat mengayomi gunung-gunung lainnya. Artinya, dengan ilmu itu, kita manfaatkan untuk kepentingan orang banyak.

    ReplyDelete
  12. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    Menggapai gunung super. Menurut pendekatan epistemologi, gunung sebagai sebuah objek yang ada dan diyakini keberadaannya. Dengan dipengeruhi sebab keberadaannya. Objek, secara pendekatan empirik adalah suatu objek yang dapat diketahui melalui indra. Sedangkan pendekatan analitik, bahwa objek tersebut adalah bentuk abstraksi yang hanya ada di dalam pikiran. Sedagkan super sebuah pernyataan kebesaran, kehebatan, keagungan, kekuatan, pengaruh kuat, power mind, tiada tandingan, dan sebagainya yang dapat didefinisikan sebagai suatu kemahaan.

    ReplyDelete
  13. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    Gunung super. Menurut pandangan empirik dinyatakan keadaan suatu objek yang dapat dibuktikan seara indrawi atau hasil obeservasi saintifk, bahwa ketiada tandingan dari sisi ukuran, bentuk, warna, jarak, dan keadaannya. Sedangkan pendekatan rasional, dianggap sebagai objek abstraksi tidak nyata, diinterpretasikan sebagai keadaan yang memilki dimensi tertinggi atau tersistem yang kokoh.

    ReplyDelete
  14. Aprisal
    16709251019
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Assalamu Alaikum Wr.Wb

    Gunung Super dalam arti yang sesungguhnya adalah suatu tempat yang tinggi yang mempunyai pondasi yang sangat kuat. Gunung super dapat dianalogikan sebagai suatu upaya untuk mendapatkan atau memperoleh ilmu yang setinggi-tingginya dan dilandasi dengan kekuatan spiritual yang kuat. Orang yang demikian tentunya tidak menjadikan ilmu sebagai suatu kesombongan karena dia sadar betul bahwa ilmu yang dimilikinya hanyalah suatu titipan. Untuk mencapai ilmu yang tinggi bukanlah sesuatu yang mudah. Dibutuhkan banyak usaha, perjuangan, dan pengorbanan untuk memperolehnya. Dan sebenar-benar ilmu yang telah kita peroleh adalah bagaimana kita mengamalkannya sehingga bermanfaat bagi sekitar kita.

    Waalaikum salam wr.wb

    ReplyDelete
  15. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Seperti yang kita ketahui, ketika mendengar gunung maka yang pertama kali terpikirkan adalah sesuatu yang besar dan tinggi. “Mendaki” gunung juga bukanlah hal yang mudah, butuh waktu dan cara yang tidak instant. Maka, apabila gunung dikaitkan sebagai cita-cita, untuk mencapai cita-cita itu tidaklah mudah. Butuh kerja keras dan perjuangan. Semakin tinggi, maka perjalanannya akan semakin sulit dan terjal. Terlebih jika kita mencoba “mendaki” gunung super, maka perjuangan yang kita lakukan juga harus “super”.

    ReplyDelete
  16. Nilza Humaira Salsabila
    16709251026
    Pendidikan Matematika kelas B PPs 2016

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Gunung Super. Gunung super adalah gunung yang memiliki kekuatan besar untuk memperngaruhi lingkungan sekitarnya. Selain itu gunung juga memiliki banyak manfaat bagi alam. Gunung tersebut dapat dianalogikan sebagai seorang guru. Guru yang super adalah seorang guru yang memberi manfaat kepada lingkungan sekitarnya, guru yang dapat memberi pengaruh positif terhadap lingkungannya, guru yang dapat menginspirasi murid-muridnya.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  17. Siska Nur Rahmawati
    16701251028
    PEP-B 2016



    Menurut pemikiran saya, gunung super adalah sebuah tujuan dalam kehidupan manusia. Untuk menggapai tujuan itu, kita perlu mengerahkan segala kemampuan, pengetahuan, dan pengalaman yang kita miliki untuk bisa menggapai gunung super tersebut. Selain kemampuan, pengetahuan, dan pengalaman, kita juga harus berdoa dan bertawakal kepada Allah SWT agar dimudahkan jalanya menuju puncak gunung super.

    ReplyDelete
  18. Syahrial
    16701251015
    S2 PEP kelas B 2016
    berdasarkan pemahaman saya, yang dimaksud gunung super ialah gunung mendefinisikan sesuatu yang tertanam kuat dan menjulang tinggi, super merupakan gambaran dari kekuatan, maka filsafat gunung super merupakan sesuatu yang memiliki kekuatan tinggi dan kokoh dalam setiaphal, dan memiliki pengaruh di sekkelilingnya, gunung juga menjadi patokan untuk melihat apa yang ada di bawah dan sekelilingnya, maka gunung dapat dan bisa di artikan sebagi kekuasaan, pemimpin, guru, ilmu, dst yang jelas merupakan subjek dalam setiap tindakan yang memiliki pengaruh.

    ReplyDelete
  19. Bayu Adhiwibowo
    16709251014 / S2 Pend. Matematika
    Gunung super adalah seseorang yang berusaha untuk mencapai ilmu yang setinggi-tingginya. Setelah ilmu kita dapatkan maka kita bisa menjadi manfaat untuk yang lain, tidak hanya untuk diri kita sendiri saja. Dan selain ilmu juga kita perlu memiliki iman dan taqwa yang baik juga, karena ilmu tanpa iman dan taqwa tidak ada gunanya.

    ReplyDelete
  20. Nira Arsoetar
    16709251018
    PPS UNY Pendidikan Matematika
    Kelas A

    Untuk mencapai puncak gunung dibutuhkan usaha dan perjuangan yang gigih tanpa menyerah. Penuh tantangan dan rintangan yang berliku dan banyak sekali resiko yang akan dihadapi. Demikian pula dalam mencari ilmu. Dalam mencari ilmu, hendaklah manusia itu selalu bersemangat dan pantang menyerah. Demi mencapai ilmu tertinggi kita memang harus menghadapi semua resiko yang akan di hadapi dengan hati yang tulus ikhlas disertai dengan kesabaran sehingga kita bisa mencapai puncak pengetahuan karena seimbangnya antara doa dan usaha.

    ReplyDelete
  21. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    PPs PEP B 2016

    Ya, bahwa gunung super bisa jadi A (huruf a capital). "A" dengan segala sifat-sifatnya. "A" itu merupakan gambar dari sebuah gunung yang tinggi dan menjulang. "A" itu bisa menjadi kokoh di awal kata setlah titik. "A" juga bisa menjadi kokoh di tengah-tengah kata seperti dalam sebuah akronim. "A" merupakan simbol diawal abjad. "A" pun bisa menjadi variabel yang bisa disubstitusikan dengan ide, gagasan, dan pandangan teman-teman, bapak dosen, guru, murid, mahasiswa, tukang ledeng, dst. "A" bisa juga merupakan sebuah fungsi dengan f(A)=1 dimana itu bisa menuntun kita ke hakekat tauhid. A itu Alif dalam abjad arab yang menyimbolkan ketauhidan pula. Sehingga saya lebih condong bahwa GUNUNG SUPER adalah "A".

    ReplyDelete
  22. MARTIN/RWANDA
    PPS2016PEP B
    One of the main attributes of the philosophizing mind is to be able to change, making the world and ourselves such that we can be surprised by them. Thus, as teachers of philosophy, we are unlikely to harm our students by helping them begin the process of development Nietzsche described. The idea and the excitement of ‘the really real’ is one of the essential elements of introducing somebody to philosophy – and in starting them out on the effortful path towards moving mountains.

    ReplyDelete
  23. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Gunung super adalah seseorang dengan puncak tertinggi dalam dirinya terdapat hati nurani dan fikiran yang digunakan untuk mencari ilmu pengetahuan namun ilmunya itu tidak membuatnya sombong melainkan bisa membawa dirinya menuju ridho Allah SWT, mengamalkan ilmunya untuk kebermanfaatan disekitarnya.

    ReplyDelete
  24. Kartika Nur Oktaviani
    16709251032
    Pendidikan Matematika S2 UNY kelas B

    Assalamu'alaikum wr wb.
    Gunung yang saya tahu adalah ilmu pengetahuan seseorang. Gunung super berarati adalah gunung yang super. Hal ini boleh dikatakan gunung yang memiliki sesuatu yang super. Bukan, bukan kekuatan super seperti superhero. Gunung yang super bagi saya adalah gunung dengan ilmu pengetahuan yang cukup tinggi, bisa dibilang sangat tinggi, namun tetap berada di jalan yang lurus. Jalannya para pencari ilmu. Walau terjal dan mendaki, dia tidak putus asa dan berhenti di tengah jalan. Saat berhasil, dia tetap rendah hati, tetap menjaga ilmunya dan hakekat ilmu itu sendiri yaitu untuk ditularkan kepada orang lain. Ilmu yang seperti itu tidak akan habis malah akan semakin bertambah.
    Wassalamu'alaikum wr wb.

    ReplyDelete
  25. Defy Kusumaningrum
    13301241022
    Pendidikan Matematika A

    Gunung adalah suatu obyek yang besar. Super berarti sangat. Sehingga gunung super berarti sangat besar. Ketika kita hendak mendaki gunung, kita harus mempersiapkan berbagai peralatan, bekal, dan mental. Begitu pula dalam hidup. Ketika kita ingin mencapai sesuatu yang besar dan tinggi, dibutuhkan usaha dan kerja keras yang lebih.

    ReplyDelete
  26. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

    Gunung super adalah gunung yang memiliki banyak gunung sebagai pengikutnya, objeknya. Gunung super dapat diibaratkan sebagai Power Now, yang menguasai kaum post modern, modern, feodal, traditional, tribal, dan archaic.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  27. Konstantinus Denny Pareira Meke
    NIM. 16709251020
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Bagaimana kita bisa mencapai sukses kalau kita bahkan tidak tau apa itu sukses untuk kita? Bagaimana kita bisa mencapai puncak kalau kita bahkan tidak tahu gunung apa yang akan kita daki? Know your passion. Jangan mengejar tanpa persiapan; Ketahui dulu batasan diri sendiri. Jangan berjalan ke utara kalau gunungnya ternyata di selatan. Jangan lupa dengan gunung yang sedang kita daki. Jangan lupa dengan cita-cita yang sedang kita coba raih. Sesulit apapun jalan yang kita tempuh, STICK TO THE PLAN! Perjalanan seribu mil dimulai dengan satu langkah pertama. Ya, yang membawa kita ke gunung itu adalah setiap langkah kita. Dan setiap langkah kita harus memperhatikan keadaan sekitar. Jangan melangkah dengan polos kalau di depan ada harimau. Jangan melangkah dengan tegap kalau di depan jurang. Jangan hanya memikirkan puncak, karena apa yang kita hadapi sehari-hari adalah keadaan sekitar.

    ReplyDelete
  28. Nanang Ade Putra Yaman
    16709251025
    PPs PM B 2016

    Assalamualaikum
    gunung super saya kira sesuatu yang berarti tinggi setinggi-tingginya karna memang super. Jika dikaitkan dengan sains maka gunung super dapat berarti titik tertinggi dan terluas dari bidang sains itu sendiri. Ini bisa merujuk pada penemuan sains yang hebat. Namun penemuan dan titik tertinggi sains ketika membawa dia sangat dekat kepada tuhannya.

    ReplyDelete
  29. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Gunung bisa diartikan sebagai yang kuat, kokoh dan menjulang tinggi. Sehingga, gunung ibarat Iman. Untuk mencapai puncak gunung, kita melewati kerikil yang tajam dan debu yang berterbangan. Terkadang dihalangi pula dengan jurang yang amat dalam, bahkan nyawa pun jadi taruhan. Berbagai cobaan kita alami sepanjang perjalanan mendaki gunung, ibarat hidup di zaman sekarang yang penuh dengan kezaliman dan tipu daya. Sehingga, mengkondisikan kita untuk harus kuat bertahan menghadapi berbagai ujian dan rintangan kehidupan. Adapula yang merelakan dirinya terjatuh dan terperosok dalam dalamnya jurang kehidupan, karena tidak kuatnya pegangan yang menjadi pedoman. Namun, hanya orang-orang yang bertahan dalam keistiqomahan lah yang akan menikmati keindahan kehidupan kelak. Layaknya seorang pendaki yang sampai ke puncak gunung, segala lelah hilang seketika, ketika melihat pemandangan di puncak gunung yang indah dan mempesona.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh

    ReplyDelete
  30. Fevi Rahmawati Suwanto
    16709251005
    PMat A / S2

    Deskripsi gunung super ini bersifat subjektif. Menurut saya, gunung super, gunung berarti tempat yang paling tinggi di dunia namun memiliki fondasi yang sangat kokoh dan super berarti luar biasa. Gunung super di sini bisa dimaknakan seseorang yang memiliki kedudukan yang tinggi namun didasari oleh ilmu pengetahuan dan spiritual yang kuat dan kokoh sehingga visioner nya menjadi lebih mantap serta berguna atau bermanfaat bagi orang lain.

    ReplyDelete
  31. Khomarudin Fahuzan
    16709251041
    PPs Pend. Matematika B


    Gunung itu seperti ilmu pengetahuan, strukturnya pun tersusun atas ilmu pengetahuan. Seperti gunung api yang mengimpan magma yang banyak dan abu vulkaniknya. Semakin tinggi kita mendaki maka akan semakin dekat dengan ilmu pengetahuan itu, tetapi ingin mendaki kesana rasanya sulit bukan main, harus melawan gravitasi dan tentu saja jalannya yang berbatu, pasir dll membuat rintangannya semakin sulit. Tetapi setelah sampai di puncaknya kita dapat menikmati pemandangan yang luar biasa indah. Benar-benar menikmati bagaimana ilmu pengetahuan itu. Tetapi ketika sudah mendapatkannya harus hati-hati, karena jika tidak gampang sekali kita terpeleset kemudian jatuh. Jika kita tidak berhati-hati dalam memanfaatkannya, maka akan menjadi bumerang dan menjerumuskan.

    ReplyDelete
  32. Bismillah
    Ratih Kartika
    16701251005
    PPS PEP B 2016



    Assalamualaikumwarahmatulahiwabarrakatuh
    Gunung adalah sesuatu yang tinggi, kokoh menopang bumi, kuat dan super artinya luar biasa, di atas rata rata. Dari istilah ini saya memaknai bahwa sebaik baik manusia adalah manusia yang memiliki karakteristik seperti gunung yang super. Ia mampu terus belajar, memperbaiki diri dengan menuntut ilmu setinggi tingginya kemudian dengan ilmunya itu ia bisa menjadi pribadi yang bermanfaat bagi banyak orang. Ia kuat menghadapi segala macam situasi, ia terbiasa menjadi pribadi yang visioner, dunia akhirat ia susun dan kejar demi kesuksesan dan kebermanfaatan bersama. Allah selalu menjadi orientasinya. Kebermanfaatan selalu ia junjung. Inilah gunung super menurut saya.

    Terimakasih.
    Wassalamualaikumwarahmatulahiwabarakatuh

    ReplyDelete
  33. Menurut saya gunung super adalah simbol keakuan yang tinggi. Begitu menjulang sehingga yang tampak adalah keelokan diri sendiri dan kesalahan atau kekurangan oranglain begitu terang benderang. Gunung ini mestinya dikendalikan dengan keikhlasan. Keikhlasan dalam melakukan sesuatu akan menuntun pada pencarian diri yang sebenarnya.

    Nur Tjahjono Suharto
    PEP 2016 A
    16701261007

    ReplyDelete
  34. Gunung super akan memandang diri sendiri lebih tinggi dari yang lain, lebih tau dari yang lain dan lebih cerdas dari yang lain. Memandang diri sendiri lebih "wah" dan memandang rendah yang lain. Gunung super terbentuk ketika kelebihan-kelebihan diri selalu ditampak-tampakkan kemudian membuai dan menjadi kesombongan yang kadang tidak dirasakan.

    Nur Tjahjono Suharto
    PEP 2016 A
    16701261007

    ReplyDelete
  35. Sehingga mengendalikan gunung yang super menjadi gunung yang biasa-biasa saja tidak semudah membalik telapak tangan. Perlu keikhlasan hati menerima kelebihan orang lain dan mengakui kekurangan diri sendiri. Dengan demikian hijab akan terbuka menuntun pada nuansa baru.

    Nur Tjahjono Suharto
    PEP 2016 A
    16701261007

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id