Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 39: Infinit Regress




Ass, untuk semuanya:

Sintesiskan tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya bahwa Hidupku itu ternyata adalah Infinite Regress.

Dapat menggunakan referensi.

Tuliskan sintesis anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

12 comments:

  1. Ibrohim Aji Kusuma
    18709251018
    S2 PMA 2018

    Infinit regres artinya tanpa batas, tak terhingga, terus menerus. Segala sesuatu yang jumlhanya tak terbatas memiliki sifat infinite regres. Ruang linkup filsafat yaitu meliputi yang ada dan mungkin ada bersifat infinit regres. Maka sebenarnya aktivitas berfikir itu juga bersifat infinite regres. Namun, sehebat-hebat manusia berfikir pasti ada batasannya yaitu dimensi yang berbeda.

    ReplyDelete
  2. Ibrohim Aji Kusuma
    18709251018
    S2 PMA 2018

    Contoh Infinite regress yang adalah nafsu manusia. Manusia memiliki nafsu yang sampai kiamatpun, nafsu itu merasa cukup untuk apa yg dimilikinya. Nafsu manusia selalu berubah dan bertambah, jika sudah mendapatkan sesuatu kemudian keinginannya berubah menjadi lebih besar lagi dan seterusnya. Untuk mengatasinya ialah mengharap pertolongan, diberikan rasa cukup, puasa dan beribadah kepada Allah SWT.

    ReplyDelete
  3. Totok Victor Didik Saputro
    18709251002
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Selamat malam Prof.
    Infinit regress artinya tidak terbatas. Dalam kehidupan, dapat dianalogikan sebagai ketidakpuasan manusia dalam mensyukuri kehidupan. Kehidupan yang selalu berjalan sesuai dengan rencana dalam apa yang selalu diimpikan manusia. Dapat dikatakan ingin adanya kesempurnaan dalam hidup. Pada kenyataannya, kesempurnaan hanyalah milik Tuhan. Artinya sebenar-benarnya infinit regress adalah kuasa Tuhan. Terima kasih.

    ReplyDelete
  4. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Sebagai seorang penuntut ilmu tentu sangat meginginkan kemajuan selalu hadir dalam hidupnya agar visi misi hidup yang telah direncanakan dapat terwujud. Namun kita tidak pernah tahu ke depannya masalah atau ujian yang akan datang menghampiri kita itu seperti apa, kita hanya perlu mempersiapkan diri atau membekali diri dengan memperbanyak ilmu sebab dengan ilmulah kita akan mengetahui mana yang baik dan buruk. Oleh karena itu, infinite regress janganlah sampai menjadi bagian daripada kehidupan kita.

    ReplyDelete
  5. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Infinit regress artinya tak terbatas dan berlangsung secara kontinu. Olah pikir manusia menjadikan hidupnya infinit regress. Ketika seseorang memikirkan satu hal maka hal yang lainnya akan muncul. Ketika seseorang menginginkan sesuatu maka keinginan yang lain akan muncul. Begitulah hidup manusia. Namun, keinginan ini identik dengan sesuatu yang negatif, karena infinit regress juga merupakan suatu kemerosotan.

    ReplyDelete
  6. Falenthino Sampouw
    18709251006
    S2 Pendidikan Matematika

    Selamat malam, Prof.
    Kita bisa menemukan bahwa infinite regress dengan logika berpikir. Infinite regress bisa kita lihat dari cara berpikir kausalitas. Kita bisa menemukan premis-premis yang menjadi sebab dari sesuatu yang ada. Misalnya menarik kebelakan silsilah keluarga. Dengan Iman kita tahu betul bahwa manusia pertama itu eksis. Tetapi jika dalam rentangan dari manusia pertama hingga saya (misalnya) ada tak terhingganya silsilah tersebut.
    Terima kasih, Prof.

    ReplyDelete
  7. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Seperti yang pernah saya sampaikan dalam forum tanya jawab 65: si tertuduh infinit regress, bahwa: menurut pendapat saya, infinite regress merupakan suatu kondisi yang terus berjalan tanpa batas. Artinya apa pun yang terjadi, hidup akan terus berjalan. Dengan atau tanpa sesuatu hal, maka keadaan lain tidak terpengaruh, ia akan terus berjalan. Implikasi dari adanya konsep infinit regress ini dalam pembelajaran adalah dengan atau tanpa adanya sarana dan prasarana, pembelajaran tetap dapat berjalan, karena pada dasarnya sebaik-baik sarana dan prasarana adalah kreativitas dari guru. Oleh karena itu, manusia tidak boleh menyalahkan/ mengkambinghitamkan pihak lain atas suatu kondisi yang tengah dialami, karena sebenar-benar hidup adalah infinite regress- kondisi yang terus berjalan tanpa batasan-batasan apa pun.

    ReplyDelete
  8. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
    Manusia memiliki kemampuan berpikir untuk menjadikan hidupnya infinite regress. Ketika kita memiliki keinginan untuk memperoleh sesuatu sudah terpenuhi, maka keinginan yang lain akan bermunculan satu per satu, begitu seterusnya. Manusia memiliki sifat yang tidak puas akan sesuatu yang di dapatkannya, sehingga menginginkan yang lebih dan lebih. Begitu juga dengan ilmu pengetahuan yang kita cari semakin terus kita mencari ilmu pengetahuan, maka ilmu pengetahuan yang baru akan bermunculan dan semakin besar keinginan kita untuk mempelajarinya. Untuk itu kita senantiasa bersyukur kepada Allah SWT atas nikmat yang telah diberikan kepada kita.

    ReplyDelete
  9. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Infinit regress dalam hidupku karena hidupku tidak ada Batasan. Hidup di bumi tidak ada Batasan untuk segala nikmat yang telah diberikan pada Allah SWT. Dan keinginan dalam hidupku yang lebih dan lebih lagi tetapi tidak lupa untuk selalu bersyukur pada Allah SWT.

    ReplyDelete
  10. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Karena hidup dan keinginan yang infinit regress akan menyebabkan seseorang menjadi lebih tamak dan tidak bersyukur karena kemegahan dari infinit regress. Rasa yang tidak pernah puas dengan yang dimiliki, selalu ingin lebih dan lebih lagi. Hal tersebut termasuk dalam godaan syaitan karena hidupku adalah infinit regress.

    ReplyDelete
  11. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Hidup itu adalah sekumpulan kegiatan yang tak terhingga, sekumpulan ilmu yang tak hingga dan sebagainya. Dalam hidup banyak sekali yang tak hingga, bahka pelakunya sendiri pun tidak dapat menjangkau satu per satu unsure kehidupannya, apalagi mendefinisikannya.

    ReplyDelete
  12. Tri Effiyanti
    19701261007
    S3 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan 2019

    Assalamu’alaikum wr. wb.
    Hidupku adalah infinit regress. Infinite regress adalah hidup yang tak akan selesai. Bukan karena kita meninggal lantas tidak ada kehidupan lagi. Kehidupan akan dilanjutkan di alam barzah. Karena manusia tidak sempurna, sehingga ia bisa hidup. Bayangkan apabila semua sempurna, maka kehidupan sudah tidak diperlukan lagi. Semua orang jadi baik. Semua pekerjaan selesai memuaskan. Semua keinginan terkabul. Semua cantik. Semua ganteng. Semua putih (salju). Semua sempurna. Maka tidak akan ditemui kebermaknaan hidup. Karena ketidaksempurnaanlah menjadikan hidup berwarna. Butuh satu sama lain untuk saling melengkapi.

    ReplyDelete