Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 37: Lingkaran Berjari-jari Tak Berhingga Panjangnya




Ass, untuk semuanya:

Sintesiskan tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya untuk mengetahui apa makna yang diperoleh jika Lingkaran mempunyai panjang Jari-jari Tak Berhingga.

Dapat menggunakan referensi.

Tuliskan sintesis anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

8 comments:

  1. Nira Arsoetar
    16709251018
    PPS UNY Pendidikan Matematika
    Kelas A

    Makna dari lingkaran berjari-jari tak hingga dianalogikan sebagai irisan bumi yang berbentuk lingkaran dan memiliki jari-jari yang tak berhingga panjangnya. Ketika kita memperhatikan bumi dan segala penciptaan sesuai dengan garis edar nya makna yang sesungguhnya adalah untuk mengingat kebesaran Allah. Hanya Allah yang dapat menciptakan hal yang tak hingga dan hanya kepada_Nya lah seharusnya kita mengingat kebesaran –Nya dan semakin bertambah Iman kita.

    ReplyDelete
  2. ROFI AMIYANI
    S2 P.MAT A 2016
    16709251004

    Kita sudah mengenal tentang lingkaran dan jari-jari sejak duduk di bangku sekolah dasar. Lalu bagaimana jika lingkaran mempunyai panjang jari-jari tak berhingga? Pasti kita membutuhkan kertas seluas seluruh alam semesta ini untuk menggambar lingkaran tersebut. Itu lah kuasa Tuhan, hanya Tuhan lah yang mampu membuat lingkaran dengan panjang jari-jari tak berhingga, yaitu berwujud seluruh sistem tata surya ini. Sudah sepantasnya bahwa kita sebagai manusia merasa kecil dihadapan Tuhan. Maka mohon ampunlah atas segala bentuk kesombongan kita.

    ReplyDelete
  3. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Lingkaran yang panjang jari-jarinya tak berhingga maksudnya adalah pengibaratan dari sifat dari segala yang ada dan yang mungkin ada. Kita tidak dapat menentukan banyaknya. Seribu pangkat seribu bahkan semilyar pangkat semilyar tidak dapat kita sebutkan. Jadi sifat dari panjang jari-jari ada tak berhingga, maka akibatnya sifat dari lingkaran yang dihasilkan pun ada tak berhingga pula.

    ReplyDelete
  4. Aprisal
    16709251019
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Assalamu alaikum

    Pertanyaannya adalah apakah tak berhingga itu ada? Kalau ada maka lingkaran yang dimaksud adalah daerah yang begitu sangat luas. Maka dari itu, lingkaran yang mempunyai jari-jari yang panjangnya tak berhingga dalam kehidupan dapat dianalogikan dengan berbagai aspek antara lain: Lingkaran tersebut dapat dianalogikan sebagai ilmu atau pengetahuan yang tersebar begitu banyak di dunia ini. Begitu banyak ilmu yang diciptakan oleh Allah SWT baik itu sifatnya duniawi ataupun ilmu akhirat untuk menopang dan membangun peradaban manusia yang lebih maju. Semakin kita mendalami suatu ilmu maka semakin kita akan sadar bahwa masih banyak ilmu-ilmu lain yang belum disentuh atau dikaji lebih mendalam oleh orang-orang atau ahli-ahli. Yang kedua dalam aspek agama lingkaran yang demikian menurut saya dapat juga dianalogikan sebagai sifat Ar-Rahman atau Maha Pengasih. Maha Pengasih di sini adalah dalam artian bahwa Allah SWT mempunyai sifat yang pengasih terhadap seluruh makhluknya, baik itu untuk orang yang beriman maupun tidak beriman. Ini menunjukkan bahwa Allah SWT mempunyai sifat kasih yang begitu luas bagi seluruh makhluknya. Selain itu ini juga dapat diartikan sebagai sifat Maha Pengampun Allah SWT. Karena meskipun telah berbuat dosa yang begitu banyak, begitu besar Allah tetap memberikan kesempatan bagi kita untuk bertobat dan menyadari keseluruhan dosa-dosa kita.

    Waalaikum salam wr.wb

    ReplyDelete
  5. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Dalam salah satu artikel, saya pernah membaca terkait “ketidakberhinggan dalam matematika” yang isinya seperti ini; ide tentang ketakberhinggaan sangat sulit dipahami, karena, sekilas hal itu berada di luar pengalaman manusia. Pikiran manusia terbiasa menangani hal-hal yang berhingga, yang dinyatakan dalam ide-ide yang berhingga. Maka, menurut saya ketidakberhinggan kurang tepat untuk hal-hal duniawi, ketidakberhinggan yang memang tidak dapat kita jangkau hanyalah pada struktur spiritualisme.

    ReplyDelete
  6. Ressy Rustanuarsi
    16709251033
    PPs PMAT Kelas B 2016

    Jari-jari lingkaran tak berhingga panjangnya diibaratkan segala yang ada dan yang mungkin ada. Seperti yang kita ketahui segala yang ada dan yang mungkin ada itu memiliki lebih dari semilyar pangkat semilyar sifat dimana sehebat apapun kita tak akan pernah sanggup untuk menyebutkannya. Segala sifat yang ada dan yang mungkin ada itu membentuk suatu pola, dan tak sanggup dihitung maupun dilihat oleh kita sehingga dinamakan tak berhingga.

    ReplyDelete
  7. Annisa Eprila Fauziah
    16709251040
    PPs P.Mat B 2016

    Menurut saya lingkarang dengan panjang jari-jari yang tak terhingga merupakan gambaran kekuasaan Allah terhadap bumi dan seisinya. Kecintaan Allah kepada hambanya dapat kita rasakan dengan banyaknya nikmat yang Allah berikan, tidak hanya kepada orang mu'min, kafir, bahkan atheis sekalipun Allah selalu menggerakan tangannya untuk memberikan nikmat-Nya. Oleh karena itu, kita harus selalu bersyukur karena Allah Maha Pemberi, walaupun terkadang kita tidak memintanya. Karena Allah Maha tahu atas kekurangan hamba-Nya agar tetap dicukupkan.

    ReplyDelete
  8. Kartika Nur Oktaviani
    16709251032
    Pendidikan Matematika S2 UNY kelas B

    Assalamu'alaikum wr wb.
    Lingkaran adalah kumpulan banyak titik dengan jarak terhadap suatu titik tertentu adalah sama. Itulah lingkaran. Maka bagaimana saat lingkaran memiliki jari-jari yang tak hingga? Mereka akan tetap sama jaraknya, hanya saja tak hingga. Bisa diibaratkan seperti kematian. Jarak tak hingga ataupun tidak, suatu saat akan sampai juga kepada kematian itu. Menghindar sejauh apapun, tetaplah ada yang namanya kita menuju ke sana.
    Jika kita hubungkan dengan kekuasaan Allah, kekuasaan Allah itu mencakup semua isi langit dan bumi. Mencakup semuanya, melingkari semuanya, tidak ada satupun yang tidak Allah jaga di dalam lingkaran alam semesta. Jika dipikirkan, mengapa lingkaran? Ya, karena kekuasaan Allah dan kasih sayang Allah merata, tidak ada yang lebih tidak ada yang kurang. Jika persegi, ada yang jauh dari titik pusat, ada yang dekat.
    Wassalamu'alaikum wr wb.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id