Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 28: Kegiatanku Tak Mampu Mengikuti Tulisanku




Ass, untuk semuanya:

Sintesiskan tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya untuk menemukan bahwa ternyata Kegiatanku Tidak Mampu Mengikuti Tulisan-tulisanku.

Dapat menggunakan referensi.

Tuliskan sintesis anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

12 comments:

  1. Nira Arsoetar
    16709251018
    PPS UNY Pendidikan Matematika
    Kelas A

    Sebagai contoh jika kita sedang berlibur dan sudah menulis destinasi mana saja yang akan dikunjungi. Tulisan atau rencana apapun yang kita tulis, sedemikian hingga ingin dan kita upayakan untuk dapat terlaksana, tidak serta merta akan benar-benar terlaksana. Adanya takdir dari Yang Maha Kuasa lah yang mengatur segalanya. Manusia boleh berencana dan menulis segala keinginannya. Namun, hanya kehendak dari Yang Kuasalah yang akan menentukan apakah kegiatan yang sudah direncanakan tersebut akan benar-benar terlaksana atau tidak.

    ReplyDelete
  2. ROFI AMIYANI
    S2 P.MAT A 2016
    16709251004

    Kegiatanku tidak mampu mengikuti tulisan-tulisanku. Hal ini karena melakukan suatu kegiatan itu membutuhkan energi yang lebih banyak dan membutuhkan waktu yang lebih lama dari sekedar menulis. Misalnya olahraga, kita mudah saja menuliskan kata “olagraga”. Namun, untuk melaksanakan olahraga tentu tidak semudah seperti sekedar menuliskannya.

    ReplyDelete
  3. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Orang sebelum bertindak akan lebih baik jika direncanakan terlebih dahulu. Perencanaan bersumber dari pikiran, kemudian diucapkan untuk didiskusikan, lalu kesimpulan dari rencana tersebut dituliskan agar sistematis.Dalam merencanakan suatu kegiatan, manusia bisa terancam melakukan reduksionisme, begitu pula pada pelaksanaannya. Manusia boleh berencana secara sistematis dalam tulisan-tulisan, namun pada kenyataannya saat pelaksanaan kegiatan belum tentu bisa mengikuti rencana tertulis sepenuhnya.Bahkan artis pun tidak bisa melaksanakan sama persis seperti skenario. Hal tersebut disebabkan karena dalam suatu kegiatan ada kemungkinan terjadi hal-hal di luar rencana manusia, bagaimanapun manusia boleh berencana, namun Allah lah yang menentukan. Hal tersebut karena manusia memiliki keterbatasan.

    ReplyDelete
  4. Aprisal
    16709251019
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Assalamu alaikum

    Benar dalam menjalani kehidupan ini, kegiatan yang kita lakukan tidak mampu mengikuti tulisan kita. Contohnya dalam perkuliahan filsafat ini, saya menargetkan dan telah menulis semacam memo pengingat untuk membuat komen sebanyak 7 sampai 10 komen perhari. Pertanyaannya adalah apakah kita dapat melaksanakan setiap kegiatan yang kita targetkan? Kegiatan tersebut bisa jadi terlaksana tetapi bisa juga tidak terlaksana karena sesuatu dan lain hal. Buktinya meskipun saya telah menargetkan tentang komen tersebut, tetapi hampir satu bulan belakangan saya tidak melakukan komen. Ini menandakan bahwa manusia hanya bisa berencana secara sistematis baik itu telah dituliskan dalam format sedemikian rupa dan berusaha, tetapi Allah SWT lah yang menentukan bagaimana kedepannya.

    Waalaikum salam wr.wb

    ReplyDelete
  5. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Memahami dan menginterpretasi maksud sebuah kalimat tentu bukan hal yang mudah. Setiap orang memiliki kepribadian yang mempengaruhi pola pikirnya masing-masing dan menyebabkan pikiran setiap orang berbeda-beda. Saya memahami makna kalimat “kegiatanku tak mampu mengikuti tulisanku” sebagai salah satu ciri orang yang munafik. Makna munafik memang berarti negatif, bahkan sangat negatif.
    Namun, kadang kala ketika ucapan dan tulisan kita tidak sejalan, bukankah ini merupakan salah satu ciri orang munafik yang tidak sesuai antara ucapan dan perbuatan. Na’udzubillah.

    ReplyDelete
  6. Sumbaji Putranto
    16709251028
    Pend Matematika S2 Kelas B

    Mimpi dan cita-cita menjadi sesuatu hal yang pasti dimiliki oleh setiap manusia. Namun terkadang kita tak tahu dengan cara apa kita bisa mewujudkan mimpi kita tersebut. Terkadang kita tak mampu menunjukkan sikap atau tindakan kita untuk mencapai apa yang diinginkan. Kita membiarkan mimpi kita terbengkalai dan lambat laun melupakan apa yang kita cita-citakan. Maka dapat dikatakan kegiatanku tak mampu mengikuti tulisanku.

    ReplyDelete
  7. Annisa Eprila Fauziah
    16709251040
    PPs P.Mat B 2016

    Pastinya banyak rencana yang kita buat untuk mengerjakan sesuatu, mulai dari plan A, B, C dan seterusnya. Kita targetkan dalam diri untuk mengerjakannya satu per satu, tetapi siapa yang tahu ada banyak kendala dan tantangan yang terkadang membuat kita ingin menyerah dan berhenti mengerjakan deretan rencana yang sudah disusun secara matang. Mungkin membutuhkan waktu yang tidak singkat untuk mengerjakan semuanya, tetap berusaha dan berdoa.

    ReplyDelete
  8. Kartika Nur Oktaviani
    16709251032
    Pendidikan Matematika S2 UNY kelas B

    Assalamu'alaikum wr wb.
    Seorang yang jenius, tulisannya di kertas sangat tidak beraturan. Itu karena tulisannya tidak mampu mengikuti kegiatannya, yaitu kecepatan berpikirnya. Salah satu contohnya itu. Jika dalam filsafat sendiri, kita dapat menulis tentang London, misalnya. Meski kita belum pernah sampai ke London. Karena dengan filsafat, dalam sekejap saja kita bisa sudah sampai di London. Kita menuju ke London dengan hati dan pikiran. Kegiatan kita yaitu kenyataan yang ada tidak perlulah kita melakukannya. Karena filsafat itu adalah apa yang kita pikirkan.
    Wassalamu'alaikum wr wb.

    ReplyDelete
  9. Bayu Adhiwibowo
    S2 Pend. Matematika 16709251014
    Kegiatanku tidak akan pernah mengikuti tulisanku. Dalam kehidupan sehari-hari pastilah manusia sudah membuat perencanaan sehari itu mau melakukan apa saja. Akan tetapi manusia hanya bisa berencana,semua Allah yang menentukan bahwa kita bisa melaksanakan apa yang kita lakukan atau tidak. Disitulah letak filsafat kegiatanku tak bisa mengejar tulisanku

    ReplyDelete
  10. Bismillah
    Ratih Kartika
    16701251005
    PPS PEP B 2016

    Assalamualaikumwarahmatulahiwabarrakatuh.

    Kegiatanku Tidak Mampu Mengikuti Tulisan-tulisanku.
    Manusia hanya bisa berencana, Allah lah yang berhak menentukan hasilnya.
    Terkadang kita menuliskan rencana, impian jangka pendek hingga jangka panjang untuk kehidupan kita masing masing. Apa yang kita lakukan untuk mencapai itu semua berawal dari apa yang kita pikirkan. Sedangkan kita tahu, segala yang bersentuhan dengan ruang dan waktu itu dinamis dan berubah ubah. Seiring ruang dan waktu yang berubah, maka pikiran kita berubah dan tindakan kita pun berubah. Jadi segala usaha, kegiatan tindakan yang kita lakukan juga akan berubah, tidak mampu melawan waktu dan apa yang kita rencanakan/tuliskan sejak awal.



    Terimakasih.
    Wassalamualaikumwarahmatulahiwabarakatuh.

    ReplyDelete
  11. Khomarudin Fahuzan
    16709251041
    PPs Pend. Matematika B

    Tulisan itu merupakan hasil pemikiran yang berisi ide dan rencana-rencana dan harapan, tetapi kadang memang apa yang dikerjakan tidak sesuai dengan yang diharapkan. Rencananya sudah dikonsep secara matang, tetapi ada saja kendala yang muncul sehingga menghambat kita dalam mencapai tujuan yang diharapkan. Faktor itu bisa dari internal dan eksternal, internal bisa dari percaya diri, keyakinan, semangat, motivasi, dll, sedangkan eksternal dari luar individu itu, dari orang lain, ada peristiwa lain. Sehingga wajar jika kadang apa yang kita rencanakan kadang tidak sesuai dengan harapan karena memang sulit untuk dilakukan ketika banyak kendalanya.

    ReplyDelete
  12. Mega Puspita Sari
    16709251035
    PPs Pendidikan Matematika
    Kelas B

    Menurut saya yang dimaksud dengan kegiatanku tak mampu mengikuti tulisanku adalah sama halnya dengan penjelasanku tak mampu menjelaskan apa isi pikiranku, seperti yang telah Bapak Marsigit sampaikan pada perkuliahan bahwa sebanyak apapun dan segamblang apapun penjelasan kita tentang apa yang sedang kita pikirkan tak akan mampu untuk mendeskripsikan apa yang sedang kita pikirkan, butuh penjelasan yang dipangkatakan tak terhingga, dipangkatkan tak terhingga lagi untuk menjelaskan gambaran tentang apa yang sedang kita pikirkan. Hal tersebut menurut saya sama halnya dengan kegiatanku tak mampu mengikuti tulisanku, bahwa mungkin manusia telah menuliskan daftar rencana atau cita-cita, untuk mencapai rencana atau cita-cita tersebut hendaklah memerlukan kegiatan, namun kegiatan sebanyak apapun yang kita lakukan belum tentu kita akan mencapai rencana atau cita-cita kita tersebut. dibutuhkan banyak kegiatan yang dipangkatkan tak terhingga dan dipangkatkan tak terhingga lagi untuk mencapai suatu rencana atau cita-cita yang telah kita tuliskan tersebut.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id