Oct 20, 2012

Elegi Memantapkan Persiapan Selamatan Raja Purna




Oleh Marsigit

Powernow:

Wahai sang Rajudara anakku, engkau yang saya beri tugas, beserta semua bala tentara, memimpin penyebarluasan informasi dan undangan ke seluruh raja di muka bumi ini untuk menghadiri Selamatan Raja Purna di Negeri Tahta Angin ini. laporkanlah hasil-hasilmu.


Rajudara:

Wahai sang Powernow ayahku sekaligus rajaku, perkenankanlah aku melaporkan perihal tugas menyampaikan undangan. Katahuilah ada bermacam-macam undangan yang dibuat. Untuk raja-raja besar, undangan saya antar sendiri. Raja Dunia Barat menyambut sangat gembira dan antusias undanganmu itu dan berjanji akan hadir dengan raja-raja takhlukan di bawahnya. Bahkan Raja Dunia Barat mengatakan bahwa engkau itu sebetulnya masih sedarah sedaging dengan mereka, dikarenakan engkau dan sebagian rakyatmu itu berasal dari Negeri Barat. Hubungan darah itulah yang menyebabkan Raja Dunia Barat antusias untuk datang. Dia akan hadir beserta para raja taklukannya dengan tanpa syarat apapun. Dia menyampaikan salam hormat kebaginda raja seraya berdoa semoga engkau semakin berjaya di muka bumi ini.

Powernow:
Oh..hah..syukur. Aku sangat senang bahwa Raja Dunia Barat akan hadir. Tetapi ada sediit hal yang aku tidak begitu senang, kenapa dia mengungkit-ungkit masa laluku? Baik. Bagaimana dengan Raja Dunia Utara?

Rajudara:

Seperti halnya Raja Dunia Barat, Raja Dunia Utara juga mengutarakan kegembiraannya, karena merasa terhormat engkau undang. Raja Dunia Utara disamping antusias akan datang, tetapi juga menyampaikan bahwa dia beserta segenap rakyatnya sangat mengagumimu. Raja Dunia Utara beserta rakyatnya sangat mengagumi dirimu dan juga rakyat kita, dikarenakan kita pernah mengalahkannya pada peperangan waktu-waktu yang lalu. Disampaikan bahwa keadaan masyarakat di Dunia Utara sekarang berusaha meniru dan berkiblat ke negeri Tahta Angin ini. Dia akan hadir beserta para raja taklukannya dengan tanpa syarat apapun.

Powernow:

Oh..hah..syukur. Aku sangat senang bahwa Raja Dunia Utara akan hadir. Hemm...baik..baik..itulah dia si raja Dunia Utara yang baik. Dia juga selalu mengingat-ingat hukumanku agar tidak terulang lagi. Apakah dia tidak bercerita bagaimana sepak terjangku ketika aku mengalahkannya pada waktu itu? Jika dia sempat bercerita tentu sangat menarik untuk didengar. Teruskan.

Rajudara:

Untuk Raja Dunia Timur Barat Utara agak sedikit masalah. Dia bersedia datang tetapi dengan catatan agar kedua negara dapat duduk sama rendah, berdiri sama tinggi, dan tidak saling menjelekkan satu dengan yang lainnya.

Powernow:

Oo..ooo..tak masalah...pelan tapi pasti...cepat atau lambat...dia pasti bisa saya takhlukkan. Tetapi memang hatiku merasakan bahwa si raja yang satu ini bisa menjadi batu sandungan bagi diriku di masa yang akan datang. Teruskan.

Rajudara:

Untuk Raja Dunia Selatan ini agak lucu. Dia sepertinya tidak punya pendirian. Bercampur antara takut, tak mampu dan ingin mengambil untung, dia mengatakan akan hadir, tetapi tidak mempunyai dana untuk transportasi dan akomodasi. Dia akan hadir beserta segenap raja taklukannya dengan catatan engkau bisa membantu akomodasi, tiket pesawat, maupun penginapan di hotel.

Powernow:

Aku tanggung semua biaya permintaannya Raja Dunia Selatan. Sampaikan agar tidak perlu ragu-ragu bergaul denganku. Sampaikan juga bahwa hanya satu hal yang diperlukan agar mampu bergaul denganku yaitu menyelaraskan semua pikiran dan kepentingannya dengan pikiran dan kepentinganku.

Matadara:

Perkenankan hamba melapor. Hamba sebagai penjaga segenap perbatasan dari negeri Tahta Angin ini melaporkan bahwa di seberang perbatasan antara negeri kita dengan Tahta Spiritual telah dilangsungkan peretemuan para Transenden. Bahkan mereka sudah dua kali menyelenggarakan konferensi internasional. Sedangkan di perbatasan selatan negeri kita juga terdapat pertemua raja-raja lokal dari Dunia Selatan dan Dunia Timur.

Powernow:

Hai Matadara..terimakasih atas laporanmu itu. Katakan siapakah yang memimpin konferensi para Transenden itu serta siapa saja yang hadir dan apa tujuannya? Juga sampaikan siapa pemimpin raja-raja pemberontak dari Dunia Selatan dan Dunia Timur.

Matadara:

Yang memimpin konferensi itu adalah sang Transenden Ketua sedangkan yang hadir adalah Transenden dari semua dunia. Adapaun tujuannya untuk mencari penyelesaian dunia yang adil. Sementara diperbatasan selatan ada raja-raja lokal yang sudah mendengar perihal rencanamu menggelar Selamatan Raja Purna. Mereka menyatakan menolak hadir bahkan akan menentangnya dengan segala cara. Pemimpinnya tidak begitu jelas..sedangkan tujuannya juga menuntut keadilan dunia.

Powernow:

Waha...nggempelo betul itu Transenden Ketua. Ini sangat berbahaya. Ketahuilah bahwa segala persoalan dunia itu aku yang menciptakan. Apa pamrihnya sang Transenden Ketua mencari keadilan. Karena keadilan dunia itu hanya bisa diraih jika aku telah hancur. Aku adalah ketidakadilan itu. Tidak...tidakkk..jangan..jangan ..ini jangan dibiarkan. Kita cegah agar para Transenden tidak lagi melakukan segala bentuk pertemuan. Hah..kebetulan ..Sekalian memantapkan persiapansaya menyelenggarakan Selamatan Raja Purna. Hai ...Kumaratna, Rajudara, Matadara dan semua punggawaku yang hadir...agar aku dapat menyelenggarakan Selamatan Raja Purna..ternyata aku harus melakukan peperangan terlebih dulu. Dengarkan baik-baik..dengan ini aku akan bentuk brigade-brigade prajurit untuk menyerang dan menguasai musuh-musuhku. Aku sendiri yang akan melawan penguasa spiritual dan akhirat. Kamu anakku si Rajudara aku tugaskan agar melawan dan menangkap para Transenden. Sedangkan engkau Kumaratna aku beri tugas untuk melawan semua Bagawat, Cantraka, Rakata dan Cemani yang memberontak. Terakhir...kau Matadara agar bisa melawan dan menaklukan semua raja-raja lokal dari Dunia Selatan yang memberontak. Semua aku perintahkan...gunakan segala cara, tipu daya, kalau perlu adu domba agar tercapai maksud dan tujuanmu. Ciptakan pula dajal-dajalmu. Tebarkan teror dan ketakutan. Janganlah kamu bertindak bodhoh. Aku rajamu mempunyai kemampuan luar biasa dan tiada tanding. Jika engkau nantinya kamu mendengar ada makhluk Blackhole Diraja, maka itu adalah jelmaanku. Sedangkan semua Neolis-neolis itu adalah jelmaan dari prajurit-prajuritku.

Kumaratna, Rajudara, Matadara:
Baik tuanku ..kami siap melaksanakan tugas.

Powernow:
Berangkatlah atas ijin dan restuku!

45 comments:

  1. Bismillah
    Ratih Kartika
    16701251005
    PPS PEP B 2016



    Assalamualaikumwarahmatulahiwabarrakatuh
    Tidak usah jauh jauh mencari Power Now diluar sana. Sejatinya masing masing dari kita juga seorang Power Now atas diri sendiri. Kita bertanggung jawab atas setiap perkataan, sikap, perbuatan yang kita ambil. Maka dari itu jangan sampai kita lupakan nilai spiritualitas dalam kehidupan kita agar kita tidak menjadi sombong atas kekayaan, status social atau apapun hal hal yang nanti kita capai dalam hidup.

    Terimakasih.
    Wassalamualaikumwarahmatulahiwabarakatuh

    ReplyDelete
  2. ROFI AMIYANI
    S2 P.MAT A 2016
    16709251004

    Di dalam elegi ini dikisahkan seorang pemimpin (powernow) yang ingin menguasai seluruh penjuru dunia. Seseorang yang haus akan kekuasaan sehingga termakan oleh stigma yang membuat keruh hati dan pikirannya sehingga menimbulkan kesombongan akan kedudukannya. Kesombongannya membawa ia terjebak dalam dimensi kekuasaannya yang memberikan pencitraan kuat terhadap dirinya, paling hebat dan paling berkuasa diatas segala-galanya. Dalam hal ini powernow diartikan sebagai ketidakadilan. Sedangkan trancendent digambarkan sebagai keadilan. Trancendent akan berusaha semaksimal mungkin untuk mewujudkan suatu keadilan. Dimana di dalam memperoleh keadilan diperlukan adanya musyawarah mufakat dalam memperolehnya.

    ReplyDelete
  3. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Dari elegi di atas, dapat kita simpulkan bahwa seorang raja yang haus akan kekuasaan. Memiliki tahta dan banyak harta. Namun, dengan kelebihannya itu ia tidak bersikap tawadhu. Padahal sesungguhnya, setinggi apapun tahta dan sebanyak apapun harta, tak bisa mengalahkan kekuasaan dan kekayaan Allah SWT.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  4. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs Pendidikan Matematika B 2016

    Elegi Memantapkan Persiapan Selamatan Raja Purna, menceritakan tentang bagaimana sang powernow menguasai dunia. Kedigdayaan ditandai dengan berkembangnya teknologi dan industri yang dikembangkan. Hal inilah yang disebut dengan Sang Powernow. Dunia Barat membangun struktur dunia, meliputi: Archaic – Tribal – Tradisional - Feodal – Modern - Post modern - Post post modern. Oleh karena itu, Sang Powernow tidak memiliki spiritual dan yang dimiliki adalah rasa ingin tahu yang tak terbatas tanpa kendali spiritual (Archaic – Tribal – Tradisional). Powernow meliputi Neo Kapitalisme, Neo Pragmatisme, Neo Utilitarianisme, Neo Hedonisme, dan Neo Matrealisme. Dari pemikiran-pemikiran tersebut, maka muncul berbagai ilmu pengetahuan pada zaman sekarang, seperti: Matematika murni, IPA murni, Universitas murni, dan lain – lain. Dan pada akhirnya dapat juga ditandai dari adanya Kurikulum yang diberlakukan sekarang yaitu dengan menggunakan Pendekatan Saintifik, yang mungkin sebagai kanibalisme atas ilmu humaniora.Sehingga, guru sebagai pendidik saat ini banyak yang kebingungan dalam menerapkannya, maka berdampak pada siswa yang tidak mengerti pelajaran.

    ReplyDelete
  5. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    Powernow ikut andil dalam selamatan raja purna. ia ingin melakukan selamatan untuk berhasilnya dalam menghancurkan dunia. Karena belum merata, sehingga powernow punya rencana-rencana yang hebat untuk menghancurkan manusia untuk menguasainya. Ia kesampingkan sisi spiritualitas manusia. Kita tidak bisa menghindari powernow di zaman sekarang ini. Karena ada yang sudah menjadi pengikutnya, ada yang masih bertahan karena memegang teguh spiritualitasnya. Pesannya, semakin canggih dunia ini, seharusnya semakin dekat kita dengan-Nya. Karena untuk menguasai dunia tidak sebanding dengan penguasa alam semesta yang mutlak yaitu Allah SWT.

    ReplyDelete
  6. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Kegiatan yang dilakukan Powernow untuk mempersiapkan selamatan raja purna akan terancam mengalami kegagalan karena kegiatan yang dilaksanakan oleh para transenden. Powernow mempunyai sifat yang tidak mengedepankan keadilan, mengarah kekacauan dunia, ingin menguasai dunia dengan segala strateginya, mengajak untuk melakukan teror, serta peperangan. Perbuatan-perbuatan Powernow tersebut dapat digagalkan oleh kegiatan para transenden yang salah satu bentuk tujuannya adalah untuk mencari penyelesaian masalah dunia yang adil sehingga terciptakan bentuk kedamaian.

    ReplyDelete
  7. Yurizka Melia Sari
    16701261003
    PPs PEP A 2016

    Elegi diatas menceritakan apa yang sedang terjadi dengan dunia kita, dimana dunia barat dan utara telah takluk pada powernow yang dikuasai oleh unsur-unsur kapitalsme dimana agama terletak di fundamen paling dasar karena menurut mereka agama tidak dapat digunakan untuk membangun dunia. Berbeda dengan dunia timur dan selatan yang masih menjunjung kearifan lokal dan agama atau spiritual diatas, mereka mempercayai bahwa spiritual adalah hal yang paling utama dalam membangun dunia. Kehadiran spiritual mengancam keberadaan powernow, sehingga untuk mengatasi fenomena powernow, kita harus meningkatkan spiritualitas melalui ritual ikhlas yang pernah diuraikan.

    ReplyDelete
  8. Nur Dwi Laili Kurniawati
    13301241063
    Pendidikan Matematika C 2013

    Powernow adalah gambaran seorang penguasa yang menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuannya. Powernow akan menggunakan segala cara, tipu daya, kalau perlu adu domba agar tercapai maksud dan tujuannya. Powernow merupakan penguasa yang lupa akan Tuhan, lupa bahwa kekuasaan yang dimilikinya akan dipertanggungjawabkan. Powernow justru berupaya menghancurkan siapa saja yang menginginkan keadilan dan membuat ketidakadilan dimana- mana. Penguasa seperti inilah yang harus kita lawan. dan satu- satunya cara melawan powernow adalah dengan membersihkan hati kita, mendekatkan diri kita kepada Allah SWT dan senantiasa memohon petunjuk Allah SWT agar terhindar dari powernow.

    ReplyDelete
  9. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

    Entah itu kebaikan atau keburukan, akan selalu ada yang menentang dan menolak. Tapi menolak keburukan tidak semudah membalikan telapak tangan. Karena hal tersebut merupakan suatu tantangan yang amat besar dan sungguh terjal. Akan banyak cabang-cabang keburukan yang datang mendukungnya. Dengan kerja keras, pantang menyerah, kejujuran, dan bermodal kebaikan insya Allah pada akhirnya kebaikan lah yang akan menjadi pemenangnya.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  10. ULFA LU'LUILMAKNUN
    16709251022
    S2 Pendidikan Matematika 2016 Kelas B

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Pada zaman sekarang, memang kita tidak bisa terlepas dari efek dan kekuasaan Powernow di dunia. Powernow tidak akan bisa menguasai kita jika kita memiliki spritual karena kekuasaan tertinggi hanya milik Tuhan. Sehebat-hebatnya Powernow dapat menguasai dunia tetap akan kalah oeh kuasa Tuhan.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  11. Arifta Nurjanah
    16709251030
    PPs PM B

    Begitulah kejadiannya sekarang ini, powernow memiliki berbagai cara untuk menguasai dunia. Bahkan kehidupan spiritualpun digempur habis-habisan oleh power now dengan berbagai teknologi, gaya hidup instan, dan kepuasan-kepuasan lain yang telah mereka cukupi. Seperti yang dikisahkan dalam elegy ini, power now berusaha menggapai posisi kekuasaan tertinggi di dunia dengan mempengaruhi serta menghancurkan struktur kehidupan spritual yang telah dibangun. Sementara orang-orang yang seharusnya melandaskan kehidupannya pada spiritual tidak kuasa untuk menghadapinya. Pada akhirnya juga hanyut di dalam kehidupan yang telah dibangun oleh power now dengan mengesampingkan kehidupan spiritual. Hanya atas ijin dan pertolongan Allah, kita dapat selamat dari ancaman powernow.

    ReplyDelete
  12. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Elegi memantapkan persiapan selamatan raja purna ini menganalogikan kehidupan dunia nyata, yaitu usaha para powerNow untuk menguasai seluruh dunia. Serangan secara halus melalui ekonomi, hiburan, melalui politik, melalui ikatan pertemanan, yang intinya berusaha mempengaruhi. Ketika para manusia bijak seperti Prof.Marsigit mengungkapkan pendapat untuk tidak berpatok kepada powerNow, namun hal tersebut pasti hanyalah sebuah rencana yang sulit untuk diwujudkan. Segala yang ada di dunia hampir semuanya dikuasai oleh PowerNow, sampai ke teknologinya juga. Dibandingkan negara Indonesia, teknologi mereka jauh lebih canggih, saat masyarakat Indonesia ingin membanggakan produk teknologi dalam negeri, ketika menggunakannya alat tersebut mudah rusak, tidak awet, sehingga cenderung boros. Ini bukan masalah harga, namun masalah kualitas, salah satu cara untuk melawan sang PowerNow adalah percaya diri dengan milik kita. Kepercayaan diri akan muncul jika kualitasnya bisa bersaing, untuk mendapatkan kualitas yang mampu bersaing dibutuhkan banyak persiapan.

    ReplyDelete
  13. Powernow adalah simbol dari ketidakadilan yang dilambangkan pada kesombongan penguasa yang bertindak semena-mena dan merasa dirinya paling kuat dan berkuasa dibandingkan yang lain. Powernow mencerminkan sifat yang lupa diri atas takdir Tuhan dan merasa dirinya adalah segalanya, dia lupa bahwa ada Allah yang mengatur segalanya sesuai dengan takdirNya. Kesombongan itu membuatnya lupa akan keterbatasan yang mereka miliki yang cepat atau lambat dapat menghancurkannya suatu saat ini, mungkin tidak saat ini tapi perlahan namun pasti raja-raja yang merasa tidak memperoleh keadilan berkumpul, bermusyawarah dan menghimpun kekuatan untuk mengusahakan keadilan bagi semua pihak dengan melawan powernow.

    Triwid Syafarotun Najah
    16701261011
    PEP S3 (A) 2016

    ReplyDelete
  14. Aprisal
    16709251019
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Assalamu Alaikum Wr.Wb

    Powernow atau yang biasa disimbolkan sebagai kekuatan atau yang kekuasaan yang semena-mena untuk menguasai dunia ini. Keadaan dunia yang saat sekarang ini, yaitu dunia kontemporer sudah masuk dalam ranah powernow. Maka dari itu powernow tidak hanya terbatas pada kekuasaan untuk menguasai dunia tetapi juga bagaimana menyebarkan pengaruh-pengaruh agar masyarakat suatu negara jauh dari nilai-nilai luhur nya atau agamanya sehingga negara tersebut lebih mudah untuk dikuasai. Oleh karena itu sebagai bangsa yang plural, masyarakat Indonesia harus selalu bersatu dan berpegang teguh pada Bhineka Tunggal Ika, sehingga kita tidak mudah dikuasai oleh powernow.

    Waalaikum salam wr.wb

    ReplyDelete
  15. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Seseorang yang haus akan kekuasaan sehingga termakan oleh stigma yang membuat keruh hati dan pikirannya sehingga menimbulkan kesombongan akan kedudukannya. Kesombongannya membawa ia terjebak dalam dimensi kekuasaannya yang memberikan pencitraan kuat terhadap dirinya, paling hebat dan paling berkuasa diatas segala-galanya.Powernow adalah gambaran seorang penguasa yang menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuannya. Powernow akan menggunakan segala cara, tipu daya, kalau perlu adu domba agar tercapai maksud dan tujuannya.

    ReplyDelete
  16. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Bahkan kehidupan spiritualpun digempur habis-habisan oleh power now dengan berbagai teknologi, gaya hidup instan, dan kepuasan-kepuasan lain yang telah mereka cukupi. power now berusaha menggapai posisi kekuasaan tertinggi di dunia dengan mempengaruhi serta menghancurkan struktur kehidupan spritual yang telah dibangun. Maka dari itu jangan sampai kita lupakan nilai spiritualitas dalam kehidupan kita agar kita tidak menjadi sombong atas kekayaan, status social atau apapun hal hal yang nanti kita capai dalam hidup.

    ReplyDelete
  17. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Powernow adalah istilah yang sering digunakan sebagai “penguasa dunia saat ini”. Dalam perkuliahan filsafat oleh Bapak Prof. Dr. Marsigit, MA “Power Now” yang saat ini menguasai dunia adalah aliran positivisme-nya Auguste Comte. Power Now saat ini yang seolah menganggap spiritualisme di struktur bawah, sejatinya dapat menyadarkan kita untuk selalu memantapkan iman kita agar spiritualisme tidak tergerus oleh :Power Now”. Naudzubillah.

    ReplyDelete

  18. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    Powernow sebagai penguasa. Memiliki kekuasaan besar yang memiliki pemikiran kekuasaan adalah segalanya dan penting. Para transnden yang ditangkap. Para bagawat, cantraka, rakata, dan cemani yang memberontak. Serta raja lokal yang berkompromi untuk menuntuk keadilan. Dianggap para penantang. Terdapat dua tujuan yang berbeda, yang menjadi dua persepsi dan pemikiran yang saling beradu tanding. Maka inilah yang dikatakan kontroversi atau kontradiksi pemikiran yang berakibat pada perbedaan orientasi hidup.

    ReplyDelete
  19. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    Kekuasaan diantara para powernow sebagai suatu fenomena yang biasa saat ini. Negar-negara maju saling bersaing untuk memperebutkan kekuasaan. Dilakukan dengan berbagai cara untuk mendapatkan keinginan mereka. Pengorbanan dilakukan untuk mendapatkannya. Bagi kita yang tidak termasuk kedalam sistem tersebut mungkin tidak merasa tertarik membahasnya, namun bagi mereka yang pernah tahu pasti sangat penting, karena berakibat terhadap kehidupan selanjutnya.

    ReplyDelete
  20. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  21. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    Kakuasaan yang dimiliki oleh para raja bagaikan memegang atau mengendalikan kendaraan. Kekuasaannya adalah kendaraannya. Disetir kekiri berakhir pada kekejaman dan kesengsaraan, dan jika kekanan akan berakhir pada kebahagiaan dan keadilan. Maka tergantung seseorang mau dikendalikan kearah mana kendarannya.

    ReplyDelete
  22. Siska Nur Rahmawati
    16701251028
    PEP-B 2016




    Dunia semakin hari semakin dikuasai oleh PowerNow. Orang-orang korupsi, orang-orang munafik tidak menyukai orang-orang yang beriman, yang memiliki pemikiran kritis, yang jujur. Mereka sudah terkontaminasi dengan virus powernow. Jangan sampai kita termasuk ke dalam golongan orang Powernow. Kita perlu mendasari hidup dengan spiritual yang kuat.

    ReplyDelete
  23. Eka Pravista
    13301241004
    Pendidikan Matematika A 2013

    Powernow menganggap dirinyalah yang paling hebat dan memiliki kekuasaan. Kekuasaan absolut itu adalah kekuasaan Allah. Sebagai seorang manusia biasa, raja dan kita pada umumnya tidak boleh terlalu berlebihan dengan mengagung-agungkan kekuasaan yang kita miliki.

    ReplyDelete
  24. Eka Pravista
    13301241004
    Pendidikan Matematika A 2013

    Mungkin kita pernah mendengar pepatah “di atas langit masih ada langit.” Mungkin pepatah tersebut bisa kita jadikan pedoman agar kita tidak sombong karena walaupun kita menganggap diri kita itu hebat namun masih ada orang lain yang lebih hebat dari kita. Oleh sebab itu, kita tidak boleh menyombongkan kekuasaan yang kita miliki karena kekuasaan yang kau miliki saat ini adalah milik Allah.

    ReplyDelete
  25. Eka Pravista
    13301241004
    Pendidikan Matematika A 2013

    Ketika seorang pemimpin seperti POWERNOW maka daerah yang dipimpin akan cepat berkembang atau maju namun masyarakat atau rakyat akan hancur terutama hancur hati dan perasaan. Pemimpin yang lebih bagus adalah pemimpin yang bagus adalah pemimpin yang mampu membuat aman, nyaman dan tentram yang dipimpinya baik fisik maupun non fisik, material ataupun nonmaterial.

    ReplyDelete
  26. Eka Pravista
    13301241004
    Pendidikan Matematika A 2013

    Begitu pula jika ada seorang bawahan seperti KUMARATNA maka dia akan cepat maju atau naik jabatan, namun itu akan merugikan yang lain dan akan selalu menjadi bawahan. Bawahan yang bagus adalah bawahan yang selalu mengingatkan kebaikan kepada pemimpin supaya kenyamanan,keamanan dan ketentraman yang pimpin itu terwujud.

    ReplyDelete
  27. Bismillah
    RatihKartika
    16701251005
    PPS PEP B 2016



    Assalamualaikumwarahmatulahiwabarrakatuh
    Sekarang fenomena power now sedang terjadi. Paham paham kebaratan mulai menggerogoti kita. Hedonisme, Kapitalisme, Liberalis mulai menghancurkan kita. Maka sudah sepatutnya kita mawas diri dan terus belajar bagaimana menjadi yang lebih baik, bisa menangkis serangan musuh sehingga kita bisa hidup harmonis, damai sesuai tuntunan agama. Filsafat adalah salah satu jalan untuk menangkis serangan itu.

    Terimakasih.
    Wassalamualaikumwarahmatulahiwabarakatuh


    ReplyDelete
  28. Yazid Fathoni
    NIM 13301241076
    Pendidikan Matematika C 2013

    Elegi ini seperti keadaan dunia pada saat ini dengan powernow adalah sebuah negara kuasa yang dengan segala kuasanya dapat melakukan apapun dengan seenaknya sendiri. Raja dunia barat ini bagaikan pemimpin-pemimpin negara yang masuk ke dalam anggota yang dipimpin oleh powernow ini sehingga akan dengan senang hati melakukan apapun yang diperintahkan oleh powernow.

    ReplyDelete
  29. Yazid Fathoni
    NIM 13301241076
    Pendidikan Matematika C 2013

    Raja utara yang diundang oleh powernow ini lebih karena mengagumi kekuatan powernow karena pernah dikalahkan, sehingga Raja utara ini mau tidak mau harus tunduk oleh powernow, karena jika tidak akan merasakan akibat yang sama seperti ketika dikalahkan oleh powernow yang memiliki kekuatan serta pendukung yang sangat luar biasa.

    ReplyDelete
  30. Yazid Fathoni
    NIM 13301241076
    Pendidikan Matematika C 2013

    Raja Dunia Selatan ini lebih menarik, Raja dunia selatan ini seperti sebuah negara yang memanfaatkan keadaan untuk kebaikan dirinya, mengambil kesempatan dalam kesempitan, meskipun tanpa melihat efek atau akibat yang akan diperolehnya, yang lebih adalah untung bagi dirinya. Powernow yang memiliki apapun yang dibutuhkan, sehingga dapat dengan mudah memenuhi kebutuhan dari Raja dunia selatan ini untuk dapat mengikutinya.

    ReplyDelete
  31. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    PPs PEP B 2016

    Sadar tidak sadar kita telah termakan oleh powernow. Sadar tidak sadar kita telah terpedaya oleh powernow. Sadar tidak sadar kita telah dikendalikan oleh powernow. BUkannya kita tidak bisa melawan, hanya saja ketika kita berkoar-koar mengutuk powernow, kita secara tidak langsung juga mengutuk diri kita sendiri. Mengapa? sadar tidak tidak sadar kita juga selalu turut membantu powernow itu sendiri dengan menikmati produk-produk kapitalis dan bersikap hedon, pragmatik, dan utiliter. Mungkin kita hanya berijtihad. Semua diserahkan kembali kepada Sang Khalik seraya memohon ampun dan ridha-Nya dan memohon agar terhindar dari fitnah akhir zaman. Aamiin.

    ReplyDelete
  32. Syahrial
    16701251015
    S2 PEP kelas B 2016
    Powernow merupakan kekuatan besar dan merupakan gambaran negara penguasa yang merajalela di seluruh dunia, sang powernow akan melakukan apapun agar tercapai motif tujuannya. ia akan masuk dari berbagai bidang terutama pendidikan dsb. mau tidak mau sejatinya kita telah terkena propaganda powernow, namun dengan filsafat inilah kita bisa memahami dan berusaha untuk tidak terjerumus dan tergoda oleh mata kail durjana sang powernow.

    ReplyDelete
  33. Syahrial
    16701251015
    S2 PEP kelas B 2016
    sebenar-benar filsafat adalah refleksi, dan sebenar-benar refleksi adalah untuk menjadi lebih baik lagi dan menjadi bahan pembelajaran. maka dari penjelasan di atas kita mengetahui bahwa firus-firus powernow telah menyebar, maka oleh iru mari kita yang telah mengetahui hal itu untuk mengurangi sebagai konsumen produk sang powernow terkhusus dalam masalah pendidikan.

    ReplyDelete
  34. Nira Arsoetar
    16709251018
    PPS UNY Pendidikan Matematika
    Kelas A

    Raja adalah makhluk ciptaan Allah. Sebagai seorang manusia biasa, raja dan kita pada umumnya tidak boleh terlalu berlebihan dengan mengagung-agungkan kekuasaan yang dimiliki. Jangan sampai kekuasaan yang dimiliki justru melahirkan kesombongan sebab di luar sana masih ada banyak orang yang lebih hebat daripada kita. Mungkin saja kita hanya berkuasa saat ini tapi tidak berkuasa pada masa berikutnya karena sejatinya diatas orang-orang yang paling berkuasa terdapat penguasa yang sesungguhnya yaitu Allah SWT. Kekuasaan tertinggi di dunia ini semata-mata hanya milik Allah SWT. Allah lah yang menguasai seluruh alam semesta ini.

    ReplyDelete
  35. MARTIN/RWANDA
    PPS2016PEP B
    Being arrogant itself is not bad, but sometimes arrogance is critical. being so means characterized by an inflated ego and disdain for what one considers inferior. One who is arrogant is overbearingly proud and demands excessive power or consideration: an arrogant and pompous professor, unpopular with students and colleagues alike.

    ReplyDelete
  36. MARTIN/RWANDA
    PPS2016PEP B
    Being arrogant itself is not bad, but sometimes arrogance is critical. being so means characterized by an inflated ego and disdain for what one considers inferior. One who is arrogant is overbearingly proud and demands excessive power or consideration: an arrogant and pompous professor, unpopular with students and colleagues alike.

    ReplyDelete
  37. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Jika kita merefleksikan diri lebih dalam lagi kita akan mendapati diri bahwa power now sudah menjelma dalam diri kita sendiri, secara implisit kita sudah termakan oleh budaya power now itu sendiri mungkin secara tidak sadar kita pernah/sedang berlaku kapitalis,liberal,hedonism, pragmatism,utilitarianism. Tiada upaya yang bisa lakukan selalin memperbanyak istighfar memohon ampun dan pertolongan dari-Nya.

    ReplyDelete
  38. Nilza Humaira Salsabila
    16709251026
    Pendidikan Matematika kelas B PPs 2016

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Berdasarkan elegi di atas, cara agar keadilan di dunia dapat diraih adalah dengan cara hancurnya powernow. Namun hal itu terlihat sangat mustahil terjadi untuk saat ini. Karena kita sendiri membutuhkan powernow. Kita telah terlena dengan apa yang diberikan powernow. Powernow dunia barat telah menciptakan berbagai inovasi teknologi untuk mempermudah kehidupan masyarakat. Namun sebenarnya kemudahan itu sendiri membawa keburukan bagi kita.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  39. Kartika Nur Oktaviani
    16709251032
    Pendidikan Matematika S2 UNY kelas B

    Assalamu'alaikum wr wb.
    Powernow atau kontemporer bisa menjadi awal yang baik atau buruk. Sama seperti pedang. Ada sisi baik juga buruk. Sisi baik saat dia digunakan pasukan prajurit untuk membela rakyat. Sisi buruk adalah kita juga membiarkan suatu generasi hilang. Powernow antara kebimbangan kita iya atau tidak. Namun saat kita mempunyai powernow memang sudah naluri untuk berkuasa dan membasmi, yang lebih parah. Seperti itulah kira-kira.
    Wassalamu'alaikum wr wb.

    ReplyDelete
  40. Defy Kusumaningrum
    13301241022
    Pendidikan Matematika A

    Elegi ini bercerita tentang seorang penguasa yang sombong dan angkuh. Dia ingin menunjukkan kehebatan-kehebatannya pada orang lain, tetapi tidak suka ketika ada orang lain yang mengungkit-ungkit masa lalunya. Ia tidak mau terbentuk suatu kekuatan di daerah kekuasaannya, karena ia tahu bahwa ia akan hancu ketika semua raja yang dikuasainya bersatu dan memberontak padanya.

    ReplyDelete
  41. Defy Kusumaningrum
    13301241022
    Pendidikan Matematika A

    Dalam dunia nyata, powernow adalah suatu positivisme auguste comte dimana spiritualitas merupakan hal yang dianggap tidak penting. Contohnya adalah dunia barat dan utara telah takluk dan dikuasai oleh unsur-unsur kapitalsme, mereka berpikir bahwa agama tidak dapat digunakan untuk membangun dunia. Pikiran mereka telah dikuasai oleh unsur-unsur duniawi saja, sehingga semua diukur dari apa yang dapat menunjukkan eksistensinya di dunia.. Sedangkan dunia timur masih mengedepankan unsur spiritualitas, menjaga kearifan lokalnya.

    ReplyDelete
  42. Konstantinus Denny Pareira Meke
    NIM. 16709251020
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Adanya suatu keburukan pasti juga hadir penolakan-penolakan untuk memeranginya. Meskipun terkadang ada juga yang masih senantiasa mendukung kelestarian keburukan tersebut. Dalam Elegi Memantapkan Persiapan Selamatan Raja Purna diatas menggambarkan seorang penguasa yang sombong dimana ia menganggap bahwa kekuasaan adalah segalanya. Padahal sifat sombong itu merupakan sifat yang dimiliki oleh setan. Karena hal tersebut merupakan suatu tantangan yang amat besar dan sungguh terjal. Akan banyak cabang-cabang keburukan yang datang mendukungnya. Dan sekali lagi, mereka yang mendukung keburukan tersebut itulah golongan-golongan orang tersesat. Dengan kerja keras, pantang menyerah, kejujuran, dan bermodal kebaikan, pada akhirnya kebaikan lah yang akan menjadi pemenangnya.

    ReplyDelete
  43. Nanang Ade Putra Yaman
    16709251025
    PPs PM B 2016

    Assalamualaikum
    “Semua aku perintahkan...gunakan segala cara, tipu daya, kalau perlu adu domba agar tercapai maksud dan tujuanmu. Ciptakan pula dajal-dajalmu. Tebarkan teror dan er”. Saya kira kutipan makna dibalik kutipan ini tidak kita sadari benar-benar terjadi dan hanya sedikit dari kita yang menyadari. Tapi saya kira semua ada batas ruang dan waktunya, bukankah Nabi kita SAW banyak menjelaskan akan hal tersebut bahwa akan ada waktu dimana mereka diberi kekuasaan seperti yang mungkin sebagian sedang kita saksikan saat ini.

    ReplyDelete
  44. Fevi Rahmawati Suwanto
    16709251005
    PMat A / S2

    Powernow (kontemporer) dengan segala keserakahan akan kekuasaan dan kekayaan berusaha untuk menguasai dunia dengan rencana yang terselubung dan sangat rinci. Ia berusaha menguasai dengan cara yang disenangi subjek yang dikuasai dengan tanpa sadar. Salah satu contohnya seperti pilar kapitalisme, materialisme, liberalisme, pragmatisme, utilitalialisme, hedonism, komunisme masuk ke materialisme yang menguasai dunia sekarang melalui ICT.

    ReplyDelete
  45. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016

    Kita sebaiknya selalu waspada pada kehidupan saat ini yang telah dikuasai oleh powernow. Kita telah terjebak di dalamnya, karena kekuatan powernow yang sangat besar dan tidak dapat dilawan. Tugas kita saat ini sebagai ikan kecil adalah menyelamatkan diri. Bagaimana untuk menghindari racun yang telah disebar di tengah lautan. Kita harus pandai memilah-milah jalan yang baik untuk kita agar tidak terminum racun dan mati.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id