Oct 11, 2013

Elegi Menggapai Hati Kesatu




Oleh Marsigit

Logos Muda:
Wahai Logos Tua, aku ingin memberitakan kepadamu bahwa aku baru saja mengikuti pemberontakan para logos. Kemudian aku ingin bertanya kepada dirimu. Bagaimanakah komentarmu tentang Elegi Pemberontakan Para Logos. Apakah engkau juga ikut memberontak?
Apa pula sebenarnya yang dimaksud dengan pemberontakan para logos itu?



Logos Tua:
Wahai Logos Muda, ketahuilah bahwa aku juga terlibat dalam pemberontakan itu. Berdasar pengamatanku, maka semua logos tanpa kecuali terlibat di sana.

Logos Muda:
Apa alasanmu dan apa alasan mereka mengadakan pemberontakan para logos?

Logos Tua:
Menurutku, aku mempunyai alasan yang berbeda dengan dirimu. Aku juga menemukan bahwa setiap logos mempunyai alasan yang berbeda. Ternyata tidak hanya itu. Aku juga menemukan bahwa setiap logos juga mempunyai sasaran pemberontakan yang berbeda.

Logos Muda:
Bolehkah aku mengetahui alasan apa sehingga engkau melakukan pemberontakan?

Logos Tua:
Aku memberontak karena aku merasa selalu dikejar-kejar oleh mitos? Alasan yang lain adalah karena aku juga merasa dikejar-kejar oleh ruang gelap dan waktu tiada. Ketahuilah bahwa setiap aku membangun logosku maka seketika itu pula muncul mitosku. Maka dalam rangka mengusir mitos-mitosku itulah aku melakukan pemberontakan.

Logos Muda:
Lalu apa yang engkau maksud dengan ruang gelap.

Logos Tua:
Ketahuilah, yang aku maksud sebagai ruang gelap adalah ruang dimana aku telah merasa nyaman untuk tinggal di situ sehingga aku enggan untuk melanjutkan perjalananku. Padalah aku menyadari bahwa tiadalah aku itu dalam keadaan berhenti. Maka sebenar-benar ruang gelap itu adalah keadaan dimana saya mengalami kontradiksi.

Logos Muda:
Lalau apa yang engkau maksud dengan waktu tiada?

Logos Tua:
Waktu tiada adalah saat dimana aku tidak dapat memutuskan segala sesuatu. Aku merasa di waktu tiada, ketika aku tidak dapat memilih baik dari yang buruk, manfaat dari yang merugi, dan benar dari yang salah. Itulah sebenar-benar keadaan dimana saya paling merasa takut untuk menjalaninya.

Logos Muda:
Wahai orang tua. Aku telah mendapatkan bahwa engkau itu ternyata telah mengalami keadaan kontradiksi dalam kontradiksi.

Logos Tua:
Mengapa engkau katakan demikian?

Logos Muda:
Bukankah engkau selalu katakan bahwa sebenar-benar hidupmu adalah kontradiktif. Tetapi mengapa engkau merasa ketakutan berada di ruang gelap yang menyebabkan engkau bersifat kontradiktif?

Logos Tua:
Oh terimakasih, ternyata engkau adalah Logos Muda yang cerdas. Setelah engkau deskripsikan keadaanku yang demikian, sekarang aku juga mengakui dan merasakan bahwa aku dalam keadaan kontradiktif dalam kontradiktif.

Logos Muda:
Tunggu dulu Logos Tua, aku belum selesai. Ternyata aku juga telah menemukan kontradiktif mu dalam kontradiktifmu yang lain?

Logos Tua:
Lho mengapa?

Logos Muda:
Bukankah engkau telah mengatakan bahwa engkau merasa ketakutan tidak dapat memilih baik dari yang buruk, manfaat dari yang merugi, dan benar dari yang salah; yang engkau sebut sebagai waktu tiada? Bukankah dengan pernyataanmu itu engkau telah menunjukkan bahwa engkau telah memutuskan untuk mendeskripsikan dirimu sebagai keadaan dimana menurutmu engkau tidak dapat memutuskan. Bukankah itu juga keputusanmu yang menyatakan bahwa engkau tidak dapat memutuskan?

Logos Tua:
Subhanallah. Terimakasih Logos Muda. Engkau memang betul-betul cerdas. Engkau telah mengingatkan ku kembali bahwa ternyata hidupku itu telah dipenuhi oleh kontradiksi di atas kontradiksi yang lain? Lalu bagaimana tentang dirimu?

Logos Muda:
Lho jangan tanyakan beberapa hal kepada diriku. Karena sebetul-betulnya yang terjadi adalah bahwa saya hanya mampu bertanya. Maka semua itu hanyalah pertanyaanku. Sedangkan jawabannya aku tidak mengetahui atau mungkin masih saya pikirkan.

Wahai Logos Muda yang Centhil:
Boleh aku tersenyum sedikit?

Logos Muda:
Lho kenapa?

Logos Tua:
Aku bangga mempunyai teman Logos Muda sepertimu. Tidaklah penting bagi diriku seberapa pengetahuanmu itu. Tetapi yang labih penting adalah engkau telah memahami ruang dan waktu. Kita telah saling memahami ruang dan waktu kita masing-masing.

Logos Muda:
Lho jangan ngledhek begitu Logos Tua.

Logos Tua:
Bukan ngeledhek karena aku juga ingin mengatakan bahwa aku juga telah menemukan kontradiktif dalam dirimu.

Logos Muda:
Lho kontradiktif yang mana?

Logos Tua:
Bukankah engkau telah mengaku hanya bisa bertanya. Tetapi kenapa engkau buat pengakuanmu itu di dahapanku. Bukankah itu juga keputusanmu bahwa engkau telah mendeskripsikan dirimu sebagai orang yang hanya bisa bertanya. Maka aku ternyata juga telah menemukan bahwa engkaupun bersifat kontradiktif.

Logos Muda:
Oh maaf..oh terimakasih Logos Tua. Benar katamu, ternyata aku juga telah mengalami kontradiktif.

Logos Tua:
Ntar dulu..aku belum selesai. Aku juga telah menemukan kontradiktifmu yang lain atas di atas kontradiktifmu.

Logos Muda:
Apa itu Logos Tua?

Logos Tua:
Engkau kelihatannya sangat menikmati pujianku sebagai Logos Muda yang Chentil, yang pandai yang kreatif. Artinya engkau telah merasa bangga dengan predikat yang telah aku berikan sebagai Logos Hebat. Bukankah hal yang demikian adalah juga bahwa engkau akan terancam oleh mitosku dan juga oleh mitosmu?

Logos Muda:
Oh ampunilah..maksudku aku mohon maaf atas keadaanku yang demikian itu.

Logos Tua:
Permohonan maafmu itu telah menunjukkan bahwa engkau telah bersifat kontradiktif kembali atas kontradiktifmu yang lain.

Logos Muda:
Wah...wahai Logos Tua. jangan engkau mentang-mentang lebih tua dari diriku. Bicara seenaknya saja. Begini salah, begitu salah. Lantas saya harus bagaimana? Aku ini sudah mulai emosional dan sebentar lagi bisa marah kepadamu.

Logos Tua:
Emosi dan amarahmu itu menunjukkan dimensimu.

Logos Muda:
Wah whe lah dhalah..apakah engkau sudah merasa bisa menjunjung langit? Apakah engkau sudah merasa bisa memadamkan api neraka? Apakah engkau sudah bisa membakar surga?

Orang Tua Berambut Putih datang:
Stop..stop..jangan melampaui batas. Wahai para logos janganlah lanjutkan pemberontakanmu itu? Karena hal yang demikian tidak akan membawa keuntungan apapun.

Logos Tua dan Logos Muda menjawab bersama:
Wahai Orang Tua Berambut putih, untuk kali ini juga kami telah menemukan bahwa engkau telah berlaku kontradiktif. Bukankah pemberontakan para logos itu merupakan sifat hakiki para logos. Jika tiadalah pemberontakan maka itu berarti bukan logos namanya.

Orang Tua Berambut Putih:
Ooh maafkan aku, aku telah keliru menilai keadaan. Tetapi aku juga telah menemukan bahwa kedua dirimu itu juga berlaku konradiktif. Kelihatannya engkau menyalahkan diriku telah berlaku kontradiktif. Bukankah engkau tahu bahwa sebenar-benar diri kita semua, selama masih berada di dunia ini, maka kita itu selalu bersifat kontradiktif?

Orang Tua Berambut Putih dan Para Logos berkompromi:
Marilah kita konsultasikan persoalan ini kepada para hati.

.... Elegi ini belum selesai...dan insyaallah dilanjutkan dengan ...Elegi menggapai Hati Kedua.

Amii.

47 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Erma Zelfiana Surni
    18709251009
    S2. P.Matematika A 2018

    Assalamualaikum Wr. Wb
    Logos tua disini saya asumsikan sebagai pemikiran kita yang lama. Logos yang tua memberontak ketika sudah terjadi kontradiktif dimana pemikiraan yang lama dianggap benar namun disisi lain justru sadar bahwa pemikiran itu belum tentu benar. Sehingga adanya pertentangan ini membuat logos tua tidak bisa memutuskan. Untuk mengatasi ini, dengan upaya berpikir kritis maka akan muncullah pemikiran yang baru. Pemikiran yang baru ini itulah logos muda. logos mudapun akan mengalami hal yang sama seperti logos tua, sehingga logos muda juga akan menjadi logos tua dan melahirkan logos muda selanjutnya, begitu seterusnya.
    Jadi selama pemikiran tidak berhenti, maka akan selalu terjadi fase pemikiran lama menjadi pemikiran baru, pemikiran baru akan berubah menjadi pemikiran lama dan melahirkan pemikiran baru selanjutnya, begitu seterusnya selama kita berada didunia. Namun untuk setiap pemikiran kontradiktif yang terjadi, lewat hati kita bisa meminta petunjuk dariNya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dita Aldila Krisma
      18709251012
      PPs Pendidikan Matematika A 2018

      Seperti halnya dalam proses berpikir, kita memperoleh pengetahuan yang tersimpan menjadi struktur pengtahuan atau skemata. Dalam pikiran pun terdapat skemata asimilias dan skemata akomodasi. Assimilation occurs when new information, which is similar but not identical to the existing schematic knowledge, is integrated or incorporated into a existing schema. Accommodation occurs when changes in the existing schema are made in order to fit the new information.

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Dari percakapan tersebut, saya belajar bahwa logos yang yang dimaksud dalam bacaan tersebut adalah ilmu pengetahuan yang aktif, dan mitos adalah keadaan yang diam tanpa ada ilmu. Dari hal tersebut saya semakin yakin bahwa setiap manusia mempunyai mitosnya sendiri. Bagaimana manusia tersebut menghindari mitos dan selalu menggapai logosnya. Dalam filsafat, manusia yang mempunyai logos adalah manusia yang hidup, sebaliknya manusia yang terserang mitos tidak akan tahu bagaimana kedepannya. Hanya kepada Allah SWT, manusia memohon perlindungan agar terhindar dari mitos dan selalu berusaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dita Aldila Krisma
      18709251012
      PPs Pendidikan Matematika A 2018

      Untuk menggapai logos, manusia harus senantiasa berpikir. Ketika logos sudah tercapai maka tetap harus dipikirkan jika tidak maka hanya akan menjadi mitos. Seperti halnya ilmu, ilmu yang kita milkiki harus selalu digunakan, diterapkan, dan direfleksi. Ilmu yang dimiliki hanya tersimpan di otak, disimpan sendiri, tidak untuk kebermanfaatan maka ilmu tersebut tidak begitu berarti.

      Delete
  5. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Dalam percakan tersebut, saya juga belajar bahwa hidup adalah sebuah kontradiksi. Dengan kontradiksi tersebut, kita tidak hanya menggunakan pikiran dalam berpikir tetapi juga menggunkan hati kita. Menyeimbangkan hati dan pikiran akan membantu kita mengetahui arti hidup sesungguhnya. Dan menggunakan hati dan pikiran kita sesuai dengan ruang dan waktunya, karena sesungguhnya tanpa ruang dan waktu kita tidak akan hidup.

    ReplyDelete
  6. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Dari pecakapan antara logos tua dengan logos muda, dapat saya ambil beberapa kesimpulan. Proses dalam filsafat yang substantif, ontologis, , dan hakiki semua proses adalah mengada. Mengada dari ada menjadi pengada. Semua yang adalah pengada. Semua yang ada adalah mengada. Semua yang ada adalah ada.
    Mengapa berulang-ulang? Ini karena aturan. Aturan hirarkisnya adalah ada, mengada, kemudian baru pengada. Pengada itu hasil. Semuanya bisa dibolak-balik karena ingin membuat bingung pikiran untuk pembelajaran. Jika sudah pasti justru sulit belajar filsafat, maka belajar filsafat adalah dekontruksi (membongkar kejelasan dalam pikiran). Konsep lama akan terbongkar kembali yang selama ini diyakini ternyata hanya terperangkap dalam mitos. Mitos adalah lawan dari logos. Logos adalah berpikir. Filsafat itu berpikir. Mitos tidak berpikir. Sebenar-benarnya hidup, hanya ada dua yaitu mitos dan logos.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  7. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Dialog terus berujung perdebatan dan kemudian terputus di tengah jalan, berhentinya perdebatan karena membutuhkan pihak lain yaitu hati. Manusia bahkan makhluk hidup lain juga mengalami kontradiksi antar sesamanya, baik dalam berpendapat, arah jalan pulang atau kontradiksi dengan diri sendiri alias perang bathin. Tapi bagaimanapun kontradiksi yang dialami bisa diusahakan untuk menjadi satu titik terang untuk digunakan bersama ke depannya, kuncinya adalah sama-sama saling mengikhlaskan untuk menerima dan menyepakati. Kontradiksi bisa dibiarkan untuk tetap menjadi sebuah kontradiksi agar menjadi pembelajaran agar berani untuk mengambil keputusan yang berbeda dan beragam sebagai tindakan untuk antisipasi sebuah kondisi darurat.

    ReplyDelete
  8. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PPs UNY PM A 2018

    Berdasarkan elegi diatas ternyata kehidupan manusia di dunia ini tidak terlepas dari namanya kontradiksi, baik itu dalam tutur kata maupun perbuatan kita. kontradiksi hadir karena ada suatu keadaan kemudian muncul keadaan lain yang bertentangan dengan keadaan awal. Hal ini karena hidup terus bergerak dan berubah sehingga keadaan awal akan berubah menjadi keadaan sekarang. Begitu terus dan tidak berhenti. Untuk menghadapi hal tersebut, maka hendaknya kita dengan ikhlas hati menjauhkan segala perbuatan dan tutur kata yang tidak berkenan, agar tidak merugikan diri sendiri dan juga orang lain.

    ReplyDelete
  9. SUHERMI
    18709251007
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA A

    Selama hidup manusia dimuka bumi ini tidak akan bisa terlepas dari kontradiksi. Kontradiksi dapat diketahui dengan berfikir. Dengan berfikir akan membuat fikiran kita bekerja. Hingga hasil dari pemikiran tersebut kita wujudkan dalam ucapan dan perbuatan. Dan hati berperan sebagai penyeimbang berbagai hal yang kita fikirkan.

    ReplyDelete
  10. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P.Mat A 2018

    Pada postingan artikel diatas merupakan sifat manusia satu dengan yang lain, sifat manusia tersebut tidak semua sejalan dan tidak semua bertolak belakang, hanya saja sifat manusia itu unik, namun sejatinya manusia yang berilmu semakin tingginya ilmu maka dia semakin bijaksana dalam menanggapi masalah. Allah juga menyukai orang yang berilmu. Namun, tidak bisa di pungkiri bahwa manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri, sehingga manusia haruslah saling mengingatkan karena dasar nya manusia banyak salah dan khilafnya. Dunia ini ada banyak hal yang kontradiktif yang berjalan di dunia, dan sudah menjadi hal yang umum. Walaupun banyak kontradiktif tetapi kita juga harus menjadi manusia yng bisa mengingatkan dan dingatkan orang lain.

    ReplyDelete
  11. Rosi anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr wb
    Dialog yang sangat menarik pak, dari percakapan di atas saya dapat menarik kesimpulan bahwa sejuta manusia maka sejuta pemikiran juga. Setiap manusia memiliki pemikiran yang berbeda karena cara pandang, penilaian, cara menghadapi masalah yang berbeda-beda. Tidak jarang perbedaan tersebut menimbulkan banyak perdebatan. Namun demikian, perbedaan tersebut bisa disatukan dengan mengedepankan toleransi antar manusia.

    ReplyDelete
  12. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Apa yang dipikirkan dan apa yang diharapkan oleh manusia terkadang ada kalanya tidak sesuai dengan realitas yang ada. Dalam diri kita pun sebenarnya mempunyai banyak keraguan. Keraguan dalam diri inilah yang menimbulkan kontradiksi dalam diri kita. Namun demikian, kita tidak boleh membiarkan kontradiksi tersebut menghambat pemikiran maupun perbuatan kita. Dalam upaya memperbaiki diri, kita sebagai makhluk sosial dapat mengingatkan satu sama lain agar tetap pada jalan kebaikan. Dengan bersosialisasi, kita dapat mengetahui berbagai sudut pandang yang akan membantu kita untuk memutuskan suatu permasalahan dengan lebih bijak, tentunya tidak lupa semua hal yang kita lakukan selalu diiringi doa kepada Allah SWT.

    ReplyDelete
  13. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Kontradiksi merupakan bagian dari hidup yang tidak mungkin dapat kita pisahkan. Kontradiksi dalam diri kita akan selalu bekerja untuk mengolah sesuatu ilmu pengetahuan yang baru. Adanya kontradiksi tersebut akan mampu menghindarkan diri kita dari mitos-mitos yang ada dalam kehidupan. Hal tersebut dikarenakan kita lebih selektif dalam memahami sesuatu melalui pikiran dan hati yang kita miliki.

    ReplyDelete
  14. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3

    Selagi kita masih ada di dunia ini, maka, kita akan bersifat kontradiktif. Hal ini saya sepakat. Terkadang manusia telah berlaku kontradiktif baik dengan dirinya maupun dengan yang lain. Kontradiksiadalah sifat berlawanan. Ketika kita sedang malas melakukan sesuatu, maka, ada sebagian sifat dalam diri kita yang melawan. Itu lah mengapa selama kita masih hidup di dunia ini maka kita akan bersifat kontradiktif.

    ReplyDelete
  15. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Keadaan disaat kita berhenti, tidak mau lagi belajar, sudah merasa puas terhadap apa yang sudah dimiliki, merupakan keadaan kita yang sudah terjebak oleh mitos. Sementara itu, ketika kita melampaui batasan kita dengan merasa mampu memikirkan hal-hal yang berada di luar kemampuan kita, maka kita juga terjebak mitos. Seperti yang digambarkan dalam elegi ini, bahwa setiap yang ada di dunia bersifat kontradiksi. Bahkan apa saja yang kita ungkapkan, pikirkan, dan yakini terdapat kontradiksinya. Pesan lain yang saya dapat dari elegi menggapai hati kesatu ini adalah janganlah mudah terjebak oleh pujian yang membuat kita merasa bangga dan merasa hebat, padahal hal tersebut justru akan mengancam diri kita. Maka selalu kembalikan pada hati yang bersih.

    ReplyDelete
  16. Tidak dapat sama-sama benar, pada waktu yang sama dan dalam pengertian yang sama itulah pengertian kontradiksi menurut saya. Hidup penuh dengan masalah dunia, penuh dengan segala keputusan penuh juga denngan hal yang berbeda baik secara batin atau lahirriah. jadi setiap kejadian yang ada di dunia ioni bisa di katakan kontradiksi karena semua kejadian berawal dari niat, keputusan ataupun kehendak dan tidak kehendak manuasia itu sendiri

    ReplyDelete
  17. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Bagi logos kebenaran adalah ketika ia tetap berusaha mencari kebenaran sehingga ia selalu terhindar dari mitos. Sebaliknya bagi mitos, kebenaran adalah ketika mitos mampu mempengaruhi logos agar berubah menjadi mitos. Untuk itulah selalu berusahalah untuk memperoleh kebenaran yang sebenar-benarnya. Kebenaran yang absolut adalah kebenaran Allah S.W.T.. Logos tidak selamanya menjadi logos. Banyak hal yang bisa menyebabkan logos bisa berubah menjadi mitos. Begitu juga sebaliknya, maka agar berhati-hatilah agar logos – logos dalam dirimu tidak berubah menjadi mitos. Mintalah petunjuk dan berdoalah selalu kepada Allah S.W.T..

    ReplyDelete
  18. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Bukan berarti sesuatu yang konvensional itu tidak dapat lagi digunakan ketika hadir sebuah yang modern. Namun keduanya dapat diimplementasikan secara bersamaan atupun terpisah sesuai dengan konteks atau situasi yang ada dan yang mungkin ada. Mendapatkan pengetahuan baru bukan berarti meninggalkan pengetahuan lama. Tetapi lebih kepada merancang kombinasi keduanya. terimakasih

    ReplyDelete
  19. Surya Shofiyana Sukarman
    18709251017
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Setiap perbedaan-perbedaan mungkin saja akan menimbulkan kontradiksi-kontradiksi. Namun, Hal itu meruapakan sesuatu yang wajar dalam kehidupan manusi. kontradiksi mejadikan apa yang ada dalam diri seseorang mampu merefleksikan setiap tindakan untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya, dengan membenahi diri untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan yang pernah dilakukan sebelumnya, namun dalam prosesnya harus disertai dengan hati dan pikiran yang jernih

    ReplyDelete
  20. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Sebenar-benar hidup adalah kontradiksi. Elegi tersebut mengajarkan kepada kita bahwa hidup itu sesungguhnya penuh dengan kontradiksi, jika tidak kontradiksi, jika selalu sesuai maka justru itu yang berbahaya. Hakikat menuasia itu selalu berubah, setiap detiknya manusia selalu berubah. Walaupun tempat yang kita duduki tetap sama atau benda yang kita kenakan sama tapi tetap saja kita telah berubah. Apakah ada jaminan posisi kita tetap seperti satu menit yang lalu? Tentu tidak kan, apakah ada jaminan nafas yang kita hirup sekarang adalah orsigen yang sama dengan satu menit yang lalu? Tentu tidak ada jaminan pula. Kemudia apakah ada jaminan pikiran yang kita pikirkan sekarang sama dengan yang kita pikirkan satu detik yang lalu? Sudah jelas tidak. Maka sebenar-benar hidup adalah kontradiksi, karena dengan kontradiksi kita akan selalu melakukan proses berpikir, seperti misalnya memikirkan mengapa saya begini, mengapa saya tidak seperti tadi dan lain-lain. Kontradiksi membantu pikiran untuk tetap berpikir, jika tetap berpikir maka akan senantiasa berfilsaf

    ReplyDelete
  21. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Selain tentang kontradiksi, elegi tersebut sesungguhnya mengingatkan kita pada sifat manusia yang kadang tidak mampu menerima sebuah kritik. Ketika mengkritik orang lain seakan kita adalah dewa kebenaran, namun saat tiba gilirannya yang dikritik ia akan mengelak dengan seribu alasan bahkan hingga berlaku tidak sopan kepada orang lain. Seperti yang dilakukan oleh Logos Muda yang marah saat di kritik oleh Logos Tua. Hidup itu adalah terjemah dan menterjemahkan. Bukan hanya selalu kita yang menterjemahkan orang lain, ada saat dimana orang lainlah yang menterjemahkan kita. Maka, saat diterjemahkan oleh orang lain hendaknya menerima, menyadari dan merenungi hasil terjemahan tersebut dan berusaha untuk memperbaikinya. Bukan malah justru tidak terima hingga berpotensi melawan orang lain terutaman yang lebih tua dari pada kita. Hormatilah orang yang menterjemahkan kita, maka orang yang kita terjemah akan berlaku hal yang sama. Hormatilah orang yang lebi tua, maka orang lain akan menghormati kita pula hingga tua kelak.

    ReplyDelete
  22. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    "Ketahuilah, yang aku maksud sebagai ruang gelap adalah ruang dimana aku telah merasa nyaman untuk tinggal di situ sehingga aku enggan untuk melanjutkan perjalananku"
    Terkadang manusia merasa sudah nyaman dengan kondisi tertentu dan dia enggan untuk berpindah, enggan untuk mengambil tindakan lain. Hal ini janganlah dibiarkan terus bersemayam dalam diri karena zona nyaman itu belum tentu yang terbaik untuk kita. Tantangan hidup sangatlah berpengaruh dalam diri manusia untuk memberikan banyak pelajaran dalam kehidupan ini. Jadi, janganlah terlena dengan zona nyaman yang telah kita rasakan, tapi teruslah bergerak untuk menikmati kehidupan yang sesungguhnya.

    ReplyDelete
  23. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Perjalanan hidup manusia selalu dihantui oleh damai akibat kesenangan karena hidup meras nyaman. Keduanya saling berkotradiksi satu sama lain. Kepuasan keinginan manusia memang tidak ada batasnya. Selama masih bernafas, banyak hal yang ingin dicapai oleh manusia tersebut. Ada kalanya menggunakan kata hati ketika menginginkan suatu hal untuk mencapai kepuasan batin.

    ReplyDelete
  24. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Dalam berfilsafat kita harus siap untuk melakukan kontradiksi di dalam pikiran. Hukum kontradiksi yang berlaku di dunia ini yaitu dunia ruang dan waktu. Dimana sesuatu di dunia tidak akan pernah mencapai hukum identitas (A=A). Karena segalasesuatu di dunia ini terkait dengan ruang dan waktu. Itulah sebabnya mengapa kita selalu menemui kontradiksi di kehidupan ini.

    ReplyDelete
  25. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Berdasarkan dengan percakapan antara logos tua dan logos muda bahwa sering kali kita tidak menyadari dalam kehidupan sehari-hari penuh dengan kontradiksi sesuai dengan ruang dan waktunya. Sebab kontradiksi yang terjadi pada orang lain lebih mudah kita menemukan secara langsung daripada yang terdapat dalam diri kita sendiri. Oleh karen itu, sebenar-benarnya hidup adalah penuh dengan kontradiktif.

    ReplyDelete
  26. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Manusia harus berusaha untuk terhindar dari mitos, berusaha untuk terhindar dari ruang dan waktu gelap. Agar dapat terhindar dari hal, hal tersebut manusia harus senantiasa berpikir. Berhentinya manusia dalam berfikir akan menyebabkan manusia terancam kematian. Sehingga hidup harus terus berjalan.
    Selain itu, manusia memanglah makhluk yang tak sempurna. Karena ketaksempurnaan itulah manusia sering berlaku kontradiksi. Bahkan sebenar-benar hidup kita adalah kontradiksi. Oleh karena itulah, manusia tidak boleh hanya menggunakan pikirannya saja, manusia juga harus menggunakan hatinya dalam setiap hal.

    ReplyDelete
  27. Elsa Apriska
    18709251005
    S2 PM A 2018

    Untuk terhindar dari mitos kita harus senantiasa mengejar logos. Logos tua yang digambarkan dalam elegi di atas saya pahami sebagai ilmu pengetahuan yang sudah alam dimiliki yang akhirnya melakukan pemberontakan karena ia merasa ada yang kontradiktif. Hal ini dikarenakan ilmu pengetahuan yang terus berkembang dan mengalamai perubahan, jadi bisa saja pengetahuan yang sudah kita miliki sejak lama menjadi kontradiksi dengan pengetahuan baru yang berkembang saat ini yang dalam elegi ini digambarkan melalui logos muda. Logos muda inipun pada masanya nanti akan menjadi logos tua yang akan diperbaharui oleh logos muda. Begitulah seterusnya selama manusia hidup dan berpikir.

    ReplyDelete
  28. Darwis Cahyo Nugroho
    18709251038
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum wr.wb
    Dari dialog diatas, setelah perdebatan panjang akhirnya terputus di tengah cerita, berhentinya perdebatan karena membutuhkan pihak ketiga yaitu hati. Manusia sangat dimungkinkan akan mengalami kontradiksi antar sesama manusia terutama dalam berpendapat, hingga berujung pada perang batin. Namun, kontradiksi yang dialami bisa diusahakan untuk menjadi satu titik terang untuk digunakan bersama ke depannya, kuncinya adalah saling menerima dan menyepakati.

    ReplyDelete
  29. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Logos muda dan logos tua janganlah melampaui batas. Sebagai seorang yang berilmu janganlah kita melampaui batas. Apalagi merasa sombong dengan ilmu yang kita miliki. Selama apa yang ada di dunia ini bersifat kontradiktif, begitu juga dengan ilmu. Maka teruslah kita mencari ilmu, sembari berdoa kepada Tuhan semoga dijauhkan dari sifat sombong.

    ReplyDelete
  30. Hendra B.
    18701261008
    PEP S3 2018

    sebenar-benar hidup adalah kontradikitif. Segala sesuatu yang ada di dunia adlah kontradiktif. Maka kebenaran yang absolut hanyalah milih tuhan yang Esa.

    ReplyDelete
  31. Vera Yuli Erviana
    NIM 19706261005
    S3 Pendidikan Dasar 2019

    Sejatinya dalam hidup manusia selalu ada yang namanya kontradiksi. Tidak hanya kontradiksi pada orang lain tetapi pada diri sendiri juga ada. Kontradiksi diartikan sebagai cara pandang dan cara berpikir seseorang, jadi dilihat wajar bila perbedaan cara pandang dan cara pikir itu berbeda. Adanya penengah misal orang ketiga dalam percecokan karena perbedaan tersebut dianggap wajar dan merupakan hal baik. Sebagai manusia juga harus dapat menerima saran masukan orang lain agar kontradiksi yang ada tidak berujung pada keburukan.

    ReplyDelete
  32. M. Ikhsan Ghozali
    19701261003
    PEP S3 2019

    Assalamu'alaikum wr.wb.
    Elegi di atas menunjukkan bahwasanya kontradiksi itu melekat pada diri manusia: pikiran, hati, tindakan. Kontradiksi tersebut tidak tunggal dan saling terhubung, bahkan satu kontradiksi memunculkan kontradiksi lainnya. Kontradiksi ini tidak hanya terjadi dalam diri satu individu melainkan juga bisa terjadi antarindividu.
    Seeorang seringkali tidak menyadari kontradiksi dalam dirinya sehingga butuh orang lain untuk mengingatkannya agat tidak terjerumus dalam hal yang buruk akibat kontradiksi tersebut.
    Ketika terjadi kontradksi antarindividu, maka dibutuhkan penengah agar tidak menjadi kontradiksi yang tak berujung dan berdampak negatif. Selain itu, penting kiranya menggunakan hati untuk mengimbangi/menyikapi kontradiksi tersebut, seperti ungkapa bijak, "kepala boleh panas, tapi hati harus tetap dingin". Selanjutnya, selalu mengingat dan memohon pada Sang Pencipta agar terlindungi dari kontradiksi yang membawa pada keburukan.
    Demikian yang bisa saya sampaikan. Mohon maaf dan terima kasih.
    Wassalamu'alaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  33. Assalamu'alaykum wr wb
    Dwi Kawuryani
    19709251061
    Pendidikan Matematika S2 D
    Sebenar-benar hidup adalah kontradiktif. Artinya dalam setiap hal dalam hidup pasti memiliki kontradiktif. Adanya kontradiktif tidak membuat hidup menjadi membingungkan, tetapi membuat kita sadar bahwa setiap hal dalam hidup memiliki dua sisi yang berbeda. Hal itu akan memberikan kita lebih banyak kesadaran untuk dapat melihat setiap hal dengan perspektif yang berbeda. Setiap manusia pasti memiliki perspektif nya masing-masing. Dengan belajar memahami akan hal itu, kita memiliki kesempatan untuk belajar lebih banyak, belajar menerima pendapat yang berbeda dengan pendapat kita.
    Wassalamu'alaikum wr wb

    ReplyDelete
  34. Sintha fardu anggraeni
    19709251071
    S2 pend matematika /D/2019

    Terimkasih bapak Prof Marsigit. Dari elegi ini yang saya pahami adalah Logos Muda dan Logos Tua menggunakan logika dan rasio dalam pemikiriannya. Menurut Hegel kehidupan manusia itu tidak lain adalah mendapati kemajemukan, oposisi-oposisi, dan kontradiksi dalam pengalaman sehari-harinya. Tentu saja baik Logos Muda dan Logos Tua akan senantiasa menemukan kontradiksi. Rasio (Vernunft) menurut Hegel memiliki kepentingan dasar yaitu mengusahakan kesatuan yang utuh dari kontradiksi-kontradiksi tersebut, karena kontradiksi-kontradiksi tersebut tidak memuaskan pikiran, dengan kata lain rasio selalu menginginkan mencapai apa yang dinamakan dengan “Yang Absolut” yang hanya bisa dicapai dengan cara refleksi. (Hardiman, 2007:176)

    ReplyDelete
  35. Indra Kusuma Wijayanti
    18709251046
    Pendidikan Matematika S2 C

    Di dalam dunia ini tidak ada manusia yang sempurna. Manusia identik dengan ketidaksempurnaanya sehingga sering melakukan kesalahan. Akan tetapi kita tidak boleh menyerah dalam ketidaksempurnaan, di dalam ketidaksempurnaan ada suatu kebaikan yang bisa kita kembangkan sehingga kita bisa mendekati kesempurnaan itu. Kuncinya adalah berada pada hati kita masing-masing. Mari kita bersihkan hati kita dari penyakit-penyakit hati.

    ReplyDelete
  36. Fitria Restu Astuti
    19709251069
    S-2 Pendidikan Matematika D 2019

    Dari elegi ini saya belajar agar menjadi orang yang tidak cepat bangga karena pujian. Menurut pendapat saya, orang mau bersyukur atas apa yang dia dapat setelah mengusahakan akan mendapat nikmat yang lebih. Akan tetapi bersyukur bukan akhir dari perjuangan. Setelah bersyukur hendaknya kita berusaha berjuang untuk dapat melampaui capaian kita yang terdahulu. Ini lah yang disebut sebagai orang yang tidak mudah berbangga diri menurut saya.

    ReplyDelete
  37. Sri Ningsih
    19709251064
    S2 Pendidikan Matematika kelas D

    Dari tulisan ini ada beberapa poin penting saya yang dapatkan yaitu logos, mitos dan ruang gelap. Sepemahaman saya ruang gelap disini adalah zona nyaman. Kerena sudah merasa nyaman di zona itu sehingga sudah tidak ingin mengeksplore atau mencoba hal-hal baru. Padahal, bisa jadi ada hal baru, potensi, atau kemampuan yang luar biasa yang mungkin kita dapat setelah meninggalkan atau keluar dari zona nyaman.

    ReplyDelete
  38. Sekar Hidayatun Najakh
    19701251007
    S2 PEP A 2019

    Assalamualaykum wr wb...
    Sebenar-benarnya menggapai hati pertama adalah ikhlas. Sebab ikhlas adalah murni, pengakuan tertinggi tentang apa yang sebenarnya ada di dalam diri. Hati adalah ruang yang luas tanpa batas. Zona yang apabila dia dalam keadaan sehat, maka sehatlah seluruh tubuh. Zona yang apabila dia dalam keadaan sakit, maka sakitlah seluruh tubuh. Maka segala yang diterima oleh hati harus dikondisikan sebaik mungkin. Hati menjadi lorong penyeleksi mana yang baik dan mana yang buruk.

    Terimakasih Prof.

    ReplyDelete
  39. Ngaenun Nangim
    19709251058
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Setiap orang pasti pernah berlaku kontradiktif. Hal ini sangatlah mungkin karena itu memang sudah kodratnya. Jika kita pandang dunia ini, maka tidaklah mungkin kiranya kita menafsirkannya secara parsial. Oleh karena itu, tidaklah mungkin pula jika seseorang semasa hidupnya selalu bertindak yang tidak kontradiktif, begitupun sebaliknya. Sesungguhnya tindakan manusia semasa hidupnya adalah keseimbangan antara tindakan yang tidak kontradiktif dan tindakan yang kontradiktif.

    ReplyDelete
  40. Tiara Wahyu Anggraini
    19709251065
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Memang benar, sesungguhnya manusia hidup dan mencari ilmu itu selalu dikejar-kejar oleh ruang gelap dan waktu tiada. Ruang gelap yaitu ruang dimana manusia telah merasa nyaman dengan apa yang dimiliki atau lebih tepatnya terperangkap zona nyaman. Terkadang manusia sudah merasa puas terhadap ilmu yang dimilikinya, padahal sebetulnya diatas langit masih ada langit. Sedangkan waktu tiada adalah saat dimana manusia memutuskan segala sesuat. Terkadang manusia bisa juga luput atas pilihannya, sulit memutuskan mana yang baik diantara keburukan. Oleh karena itu, untuk menghindarinya, sebagai manusia hendaknya selalu berdoa agar nantinya diberikan kemantapan hati.

    ReplyDelete
  41. Latifa Krisna Ayu
    19709251060
    S2 Pendidikan Matematika D

    Elegi diatas menjelaskan bahwa manusia sebenarnya hidup dalam kontradiksi dalam kontradiksi. Salah satu contoh dari elegi di atas adalah ketika kita mengatakan bahwa kita tidak bisa memutuskan, maka sebenarnya kita sudah memberikan keputusan bahwa kita tidak bisa memutuskan. Contoh lain yang sangat nyata adalah jika kita menunjuk orang lain, maka sebenarnya kita juga menunjuk diri kita sendiri karena satu jari menunjuk orang lain namun empat jari lainnya menunjuk diri sendiri. Saya rasa rendah hati merupakan salah satu solusi agar kita tidak selalu terjebak dalam hidup penuh kontradiksi dalam kontradiksi.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  42. Assalamualaikum wr. wb
    Novi Indriyani Kones
    19701251002
    PEP S2 A 2019

    Hati merupakan unsur utama dalam kehidupan. Hati dapat digapai dengan keikhlasan dalam menjalani hidup. Ketika rasa ikhlas sudah tertanam dalam hati maka pencapaian tujuan hati telah diperoleh. Hati yang sehat ketika diselimuti ikhlas dan syukur. Sementara, Hati yang tidak sehat ketika diselimut penyakit-penyakit hati seperti jumud, kaku, beku, iri, dengki, takabur, sombong, ujub, riya, syirik, rakus, tamak, dendam dan munafik.

    Terimakasih
    Wassalamu'alaikum wr.wb

    ReplyDelete
  43. Dea Armelia
    19709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2019
    Berdasarkan elegi diatas, sejatinya dalam hidup manusia selalu ada yang namanya kontradiksi, baik itu dalam tutur kata maupun perbuatan kita. kontradiksi hadir karena ada suatu keadaan kemudian muncul keadaan lain yang bertentangan dengan keadaan awal. Kontradiksi merupakan sifat berlawanan, Ketika kita sedang malas melakukan sesuatu, maka ada sebagian sifat dalam diri kita yang melawan. Itu lah mengapa selama kita masih hidup di dunia ini maka kita akan bersifat kontradiktif. Tidak hanya kontradiksi pada orang lain tetapi pada diri sendiri juga ada. Kontradiksi diartikan sebagai cara pandang dan cara berpikir seseorang, jadi dilihat wajar bila perbedaan cara pandang dan cara pikir itu berbeda.

    ReplyDelete
  44. Annisa Nur Arifah
    18709251058
    S2 Pendidikan Matematika C 2018

    Hati yang bersih akan selalu memancarkan sikap dan perilaku yang suci. Orang berhati bersih akan selalu menyediakan kalimat yang tak membuat hati orang lain ternoda, apalagi terluka. Orang lain yang berinteraksi dengan pemilik hati yang bersih hanya akan dilimpahi kata-kata yang lezat dinikmati, menenteramkan, dan menyegarkan jiwa. Hati yang bersih hanya akan memberikan sikap santun, tulus, dan terpuji. Menggapai hati yang bersih memerlukan upaya sepanjang waktu, tiada henti. Sebab, bisa saja orang lain (tak sengaja) mengotori hati. Dan, begitu sikap orang lain memantikkan emosi negatif, seyogianya kita harus buru-buru membersihkannya.

    ReplyDelete
  45. Rifki Rinaldo
    19709251070
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Dalam elegi ini dapat disimpulkan bahwa apabila kita tidak berani keluar dari zona nyaman maka kita berada dalam ruang gelap. Dimana kita akan dikejar-kejar oleh mitos kita. Maka agar kita tidak dikejar oleh mitos-mitos kita maka kita harus berani keluar dari zona nyaman kita dan banyak melakukan pemberontakan pada mitos-mitos kita.Dan ruang gelap adalah ketika kita mengalami kontradiksi.Hidup memang penuh kontradiksi jadi janganlah kita takut mengalami kontradiksi.

    ReplyDelete