Mar 7, 2011

Elegi Konferensi Nasional Imaginer Para Syaitan Dunia Selatan

Oleh Marsigit

Neopragma Diraja Selatan:
Uheh...semua hadirin yang aku banggakan. Sampailah kita pada saat yang ditunggu-tunggu. Pada Konferensi Nasional Imaginer Para Syaitan ini, aku sebagai tetua syaitan di negeri selatan ini, ingin menyampaikan bahwa semua program dan kegiatan kita itu tidak bisa terlepas dari arahan dan petunjuk Sang Powernow, dialah sang diraja penguasa Syaitan seluruh dunia. Dalam waktu dekat ini kita harus menyukseskan acara yang akan digelar oleh Powernow yaitu Selamatan Raja Purna tingkat internasional. Saya persilahkan Keynote Presenter untuk menyampaikan laporan anda.



Batu Keramat Diraja:
Kenalkanlah nama saya Batu Keramat Diraja atau Transenden Lokal Negatif Diraja. Dalam rangka menyukseskan program nasional menggoda anak cucu Adam dunia selatan, saya dengan semua prajurit-prajuritku telah berhasil menggoda banyak sekali manusia. Tetapi manusia-manusia yang berhasil aku rekrut adalah manusia yang berasal dari golongan beriman menengah ke bawah, yaitu yang berpendidikan rendah, ekonomi rendah, jabatan rendah, mental rendah, motivasi rendah, pengalaman rendah, ibadah rendah. Pendek kata, target atau sasaranku adalah masyarakat kebanyakan atau masyarakat umum. Baru-baru ini saya telah berhasil merekrut Ankala beserta keluarganya, tetapi saya mempunyai kendala besar karena niatku diketahui oleh Kyai Mursidin. Itulah sebenar-benar hambatan dan persoalan yang aku hadapi. Untuk sementara semua prajuritku saya tarik mundur. Dapat saya sampaikan bahwa keberhasilan program saya hampir delapan puluh presen. Hal ini dapat dibuktikan dengan semakin banyaknya kejahatan, konsumerisme, hidup instant, orientasi materi, dst.

Teknopragma Selatan:
Kenalkan nama saya adalah Teknopragma Selatan. Aku sebagai tetua teknokrat syaitan di negeri selatan ini, ingin menyampaikan bahwa semua program dan kegiatan kita itu tidak bisa terlepas dari arahan dan petunjuk Sang Powernow juga, dialah sang diraja penguasa Syaitan seluruh dunia. Maka sayapun berkewajiban menyukseskan acara yang akan digelar oleh Powernow yaitu Selamatan Raja Purna tingkat internasional. Tugasku adalah menggoda dan menggelincirkan teknokrat anak cucu nabi Adam dunia selatan untuk menjadi pengikutku. Baru-baru ini saya telah berhasil membalas kekalahan saya sebelumnya dari Matematikawan anak cucu nabi Adam selatan. Aku telah berhasil menyusup hingga sampai hati dan pikirannya sehingga akhirnya dia dapat menyimpulkan bahwa berdoa dan tidak berdoa itu hakekatnya sama saja. Tetapi sialnya, ketika keberhasilanku hampir sempurna, maka datanglah Bagawat selatan dan menolongnya. Itulah sebenar-benar hambatan dan persoalan yang aku hadapi, yaitu bagaimana mengalahkan Bagawat selatan.

Birokratpragma Selatan:
Kenalkan aku adalah Birokratpragma selatan. Sebagai tetua birokrat syaitan selatan aku mempunyai tugas menggoda, menggelincirkan dan merekrut birokrat anak cucu Adam. Hampir dikatakan aku telah mampu menyelesaikan programku sekitar delapan puluh persen. Hal ini dapat dibuktikan telah terjadinya banyak korupsi, kolusi dan nepotisme yang dilakakukan para birokrat negeri selatan. Tidak seperti presenter-presenter terdahulu yang mempunyai banyak kendala. Aku hampir tidak mempunyai kendala yang berarti. Tetapi tantanganku adalah bagaimana aku dapat memantapkan secara sistemik program nasional menggoda birokrat selatan semakin mantap.

Politiapragma Selatan:
Kenalkan aku adalah Politiapragma Selatan. Sebagai tetua politikus syaitan selatan aku mempunyai tugas menggoda, menggelincirkan dan merekrut politikus anak cucu Adam negeri selatan. Hampir dikatakan aku telah mampu menyelesaikan programku sekitar delapan puluh persen. Hal ini dapat dibuktikan telah terjadinya banyak korupsi, kolusi dan nepotisme di negeri selatan yang dilakukan para politisi di negeri selatan. Tidak seperti presenter-presenter terdahulu yang mempunyai banyak kendala. Aku hampir tidak mempunyai kendala yang berarti. Tetapi tantanganku adalah bagaimana aku dapat memantapkan secara sistemik program nasional menggoda politikus selatan semakin mantap.

Judistiapragma Selatan:
Kenalkan aku adalah Judistiapragma Selatan. Sebagai tetua penegak hukum syaitan selatan aku mempunyai tugas menggoda, menggelincirkan dan merekrut para penegak hukum anak cucu Adam negeri selatan. Hampir dikatakan aku telah mampu menyelesaikan programku sekitar delapan puluh persen. Hal ini dapat dibuktikan telah terjadinya banyak korupsi, kolusi dan nepotisme di negeri selatan yang dilakukan oleh para penegak hukum di negeri selatan. Tidak seperti presenter-presenter terdahulu yang mempunyai banyak kendala. Aku hampir tidak mempunyai kendala yang berarti. Tetapi tantanganku adalah bagaimana aku dapat memantapkan secara sistemik program nasional menggoda dan merekrut para penegak hukum selatan semakin mantap.

Ekonomiapragma Selatan:
Kenalkan aku adalah Ekonomiapragma Selatan. Sebagai tetua ekonomia syaitan selatan aku mempunyai tugas menggoda, menggelincirkan dan merekrut para pelaku ekonomi anak cucu Adam negeri selatan. Hampir dikatakan aku telah mampu menyelesaikan programku sekitar empat puluh persen. Hal ini dapat dibuktikan telah terjadinya banyak korupsi, kolusi dan nepotisme di negeri selatan yang dilakukan oleh para pelaku ekonomi negeri selatan. Tidak seperti presenter-presenter terdahulu yang mempunyai banyak kendala. Aku hampir tidak mempunyai kendala yang berarti. Tetapi tantanganku adalah bagaimana aku dapat memantapkan secara sistemik program nasional menggoda dan merekrut para pelaku ekonomi negeri selatan semakin mantap.

Edukatiapragma Selatan:
Kenalkan aku adalah Edukatiapragma Selatan. Sebagai tetua edukatia syaitan selatan aku mempunyai tugas menggoda, menggelincirkan dan merekrut para pelaku pendidikan anak cucu Adam negeri selatan. Hampir dikatakan aku telah mampu menyelesaikan programku sekitar empat puluh persen. Hal ini dapat dibuktikan telah terjadinya korupsi, kolusi dan nepotisme di dunia pendidikan negeri selatan. Tidak seperti presenter-presenter terdahulu yang mempunyai banyak kendala. Aku hampir tidak mempunyai kendala yang berarti. Tetapi tantanganku adalah bagaimana aku dapat memantapkan secara sistemik program nasional menggoda dan merekrut para pelaku pendidikan negeri selatan semakin mantap.

Spiritualpragma Selatan:
Kenalkan aku adalah Spiritualpragma Selatan. Sebagai tetua spiritual syaitan selatan aku mempunyai tugas menggoda, menggelincirkan dan merekrut para spiritual anak cucu Adam negeri selatan. Hampir dikatakan aku telah mampu menyelesaikan programku sekitar empat puluh persen. Hal ini dapat dibuktikan telah terjadinya banyak korupsi, kolusi dan nepotisme di negeri selatan yang dilakukan oleh para tokoh spiritual negeri selatan. Tidak seperti presenter-presenter terdahulu yang mempunyai banyak kendala. Aku hampir tidak mempunyai kendala yang berarti. Tetapi tantanganku adalah bagaimana aku dapat memantapkan secara sistemik program nasional menggoda dan merekrut para tokoh spiritual negeri selatan semakin mantap.

Neopragma Diraja Selatan:
Uhehh...mantap dan bangga hatiku. Tidak dalam waktu lama lagi tentu negeri selatan akan bisa saya kuasai semua meliputi segala aspeknya. Hadirin semua...apakah ada pertanyaan?

Batu Keramat Diraja, Teknopragma Selatan, Birokratpragma Selatan, Politiapragma Selatan, Judistiapragma Selatan, Spiritualpragma Selatan, Neopragma Diraja Selatan....bersama-sama bertanya:
Wahai sang Neopragma Diraja Selatan pemimpin besarku, perkenankanlah engkau memberi petunjuk bagaimana caranya untuk meningkatkan, mengefektifkan dan mengekstensikan program nasional kita menggoda dan menggelincirkan negeri selatan lengkap dengan para pemimpin dan rakyatnya?

Neopragma Diraja Selatan:
Uhehhh...pertanyaan yang sangat baik dan saya tunggu-tunggu. Pada bagian pertama ini saya akan menyampaikan kerangka atau skema metode mengganggu, menggoda dan menggelincirkan dunia selatan. Pertama ciptakan struktur bayangan imaginer lengkap yang bersifat isomorphisma dengan struktur negeri selatan. Jika struktur dunia selatan dapat engkau katakan sebagai Struktur Tergoda Dunia Selatan, maka strukturmu tersebut dapat engkau sebut sebagai Struktur Dunia Syaitan Selatan. Kedua, masuklah semua unsur-unsurku, yaitu semua Syaitan bawahanku agar menduduki tempat, jabatan, peran dan fungsi yang setara dan seletak yang berada di negeri selatan. Maka terjadilah pasangan satu-satu antara struktur dan penghuni negeri selatan dan dengan struktur kita. Ketiga, buatlah rumus matematika berupa Fungsi Menggoda dari Struktur Dunia Syaitan Selatan menuju Struktur Tergoda Dunia Selatan; dengan demikian maka tidak ada satupun wargaku itu tidak mempunyai tugas; dan tidak ada satupun dari warga Dunia Selatan terbebas dari godaan.

Batu Keramat Diraja, Teknopragma Selatan, Birokratpragma Selatan, Politiapragma Selatan,Judistiapragma Selatan, Spiritualpragma Selatan, Neopragma Diraja Selatan....bersama-sama bertanya:
Wahah...suatu metode yang sangat jitu. Kami masih menanti petunjukmu yang bagian kedua.

Neopragma Diraja Selatan:
Pada bagian kedua ini saya akan memberi petunjuk yang bersifat substansial bagaimana engkau mampu menggoda dan menggelincirkan dunia selatan. Pertama, ingatlah bahwa sekarang ini adalah momentum yang sangat baik dimana dunia selatan sedang mengalami masa transisi. Pada masa transisi ini maka semua penduduk dunia selatan sedang mengalami kebingungan konsep, kebingungan nilai, kebingungan arah, kebingungan orientasi, kebingungan prinsip, kebingungan pola komunikasi, kebingungan kebenaran, kebingungan panutan, kebingungan spiritual, kebingungan sosial, kebingungan ekonomi, kebingungan pendidikan, kebingungan hati nurani, kebingungan tatanilai, kebingungan budaya. Semua kebigungan itu adalah hasil kerja team imajiner sang Powernow yang telah menyusupkan nilai, paradigma, teori, dan persepsi kedalam masyarakat dunia selatan. Team imajiner sang Powernow telah berhasil menduduki hampir segmen-segmen ruang imajiner dunia selatan sehingga mereka tidak menyadarinya. Kesadaran mereka selalu tertinggal dengan dampak yang ada yang kira ciptakan.

Neopragma Diraja Selatan:
Kedua, ingatlah janji dan sumpah sang Syaitan Bertanduk Tujuh yang bertekad memperdayakan anak cucu Adam. Untuk tujuan itu maka semua yang ada dan yang mungkin ada dapat digunakan untuk medium, perantara atau cara untuk memperdayakan orang-orang dunia selatan. Janganlah berlaku bodoh...gunaan sifat, kelemahan dan kekuatan mereka untuk menggelincirkannya. Godalah matematikawan dengan matematika, godalah dokter dengan ilmu kedokteran, godalah para tokoh spiritual dengan kitab-kitab sucinya...demikian seterusnya. Godalah orang-orang yang lemah dengan syaitan yang lemah. Gunakan segenapkemampuanmu termasuk kemampuan memasuki aliran darah, aliran nafas dan aliran kesadaran. Gunakan Teori Freud untuk menggoda mereka. Gunakan Sang Anu mereka untuk memciptakan impuls dan rangsangan jahat, agresif, kenikmatan sesaat dan nafsu hedonisme. Gelincirkan mereka dengan ego-ego mereka. Gelincirkan pula superego mereka, artinya ciptakan perang diantara hati, nurani dan pikiran mereka. Gunakan Teori Maslov untuk mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan mereka. Gunakan semua teori mereka untuk menggelincirkan mereka. Hiasilah kehidupan mereka dengan hiasan-hiasan kita. Prioritaskan untuk menggoda hati dan pikiran, karena yang demikian hasilnya akan lebih besar dan lebih langgeng. Apa yang telah saya uraikan itu adalah cara-cara sistemik bagaimana kita mampu menggoda dan menggelincirkan dunia selatan. Setelah semuanya mendengar uraian saya, maka dengan ini saya komandokan agar segera berangkat kembali untuk melaksanakan tugas-tugasnya.

25 comments:

  1. Mega Puspita Sari
    16709251035
    PPs Pendidikan Matematika
    Kelas B

    Sudah menjadi tugas wajib bagi syaitan untuk memperdaya anak cucu Adam ke dalam perangkap kesesatannya melalui segala medium yang ada dan mungkin ada. Mereka selalu berusaha meningkatkan kemampuannya untuk menggoda dan menghasut manusia. Syaitan akan menggoda manusia secara terus-menerus sejak syaitan diusir dari surga sampai hari akhir nanti. Mereka bersumpah untuk menyesatkan seluruh umat manusia dari jalan yang lurus dan benar. Dengan demikian janganlah kita lupa untuk berdoa kepada Allah untuk dijauhkan dari godaan syaitan agar ia merasa kesulitan untuk masuk ke hati dan pikiran manusia.

    ReplyDelete
  2. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

    Setan akan selalu mengganggu dan menggoda kehidupan manusia dari semua sisis karena setan tidak akan pernah mati dari jaman ke jaman. Setan adalah salah satu obyek yang selalu mampu menembus ruang dan waktu. Harta duniawi, nafsu hedonisme dan kesenangan sesaat adalah hal-hal yang sangat dekat dengan setan. Banyak orang masih tidak mampu melawan karena kurangnya kesadaran akan ruang dan waktu, serta enggan menempatkan spiritualitas di atas segalanya. Manusia hanya berorientasi pada kebutuhan mereka dan keinginan tanpa diimbangi dengan berserah diri dan doa kepada Allah. Tidak ada orang pun yang mampu menahan godaan setan tanpa bantuan Allah. Semoga kita termasuk orang yang selalu mengingat Allah sehingga iblis dan setan tidak dapat menggoda kita. Aamiin YRA.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  3. Nira Arsoetar
    16709251018
    PPS UNY Pendidikan Matematika
    Kelas A

    Syaitan akan menggoda manusia dari berbgai arah, dari depan, belakang, kanan, dan kiri. Berbagai cara dilakukan agar dapat terjerumus dan mengikuti langakah syaitan. Hati dan pikiran yang kotor dan tidak jernih merupakan jalan masuknya syaitan. Berbagai kelemahan dan kelengahan manusia akan selalu digunakan syaitan untuk menggoda manusia. sehingga yang perlu diperhatikan selalu dalam keadaan berdoa, agar kita tidak lupa dan tidak muah tergoga oleh godaan syaitan. Karean pada jaman sekarang godaan syaitan dapat bermula dari hal kecil, seperti penggunaan gadget yang tidak sesuai dan disalahgunakan.

    ReplyDelete
  4. Assalamualaikum Wr. Wb
    Syaitan tidak akan pernah berhenti untuk menggoda, membisiki manusia untuk berbuat dosa, dimanapun, kapanpun dan pada saat apapun. Syaitan akan selau mencari cara untuk menggoda manusia dan terkadang hal tersebut tidaklah kita sadari, sehingga kita telah mengikuti keinginan para syaitan. sehingga iman yang kuat diperlukan agar kita terhindar dari godaan para syaitan serta senantiasa berdo’a kepada Allah SWT agar kita bisa terhindar dari godaan para syaitan.
    Wassalamualaikum Wr. Wb

    ReplyDelete
  5. Azwar Anwar
    16709251038
    Pendidikan Matematika S2 Kelas B 2016

    Syaitan adalah musuh sejati Bani Adam, maka hendaklah manusia berhati-hati serta waspada terhadap segala tipu daya yang mereka lancarkan untuk menyesatkan manusia. Di antara jurus dan tipu daya yang mereka lancarkan ialah melalui celah perbuatan dosa dan maksiat dengan berbagai tingkatannya. Godaan syaitan sangatlah kuat dan susah untuk dilawan kecuali dengan keimanan yang teguh dan selalu berlindung kepada Allah

    ReplyDelete
  6. Siska Nur Rahmawati
    16701251028
    PEP-B 2016




    Tuhan mempunyai alasan menciptakan syaitan untuk menggoda dan menguji keimanan umatnya. Saya tambah menyadari bahwa syaitan menggoda manusia dengan segala cara. Untuk itu, hendaknya kita selalu meningkatkan iman dan ketaqwaan kepada Tuhan supaya dikuatkan hati dan pikirannya supaya tidak mudah goyah dan bimbang karena rayuan syaitan.

    ReplyDelete
  7. Nur Dwi Laili Kurniawati
    13301241063
    Pendidikan Matematika C 2013

    Begitulah syaitan yang akan terus menggoda manusia sampai kapanpun. Banyaknya korupsi, merebaknya budaya instan merupakan bukti kerja syaitan yang terus menggoda manusia. Manusia- manusia yang kebimbangan, tidak memiliki pegangan akan sangat mudah tergoda oleh syaitan. Oleh karena itu sebagai manusia kita harus memiliki pegangan, kita harus memiliki landasan iman dan taqwa agar tidak mudah tergoda oleh syaitan.

    ReplyDelete
  8. Bertu Takaendengan
    16709251034
    P.Mat B

    Setan akan selalu ada untuk mengganggu dan menggoda kehidupan manusia. Tujuan utama setan adalah agar hidup kita manusia menyimpang dari Tuhan YME, setan bisa datang dalam berbagai bentuk seperti Harta duniawi , hedonisme , kesenangan sesaat , atau nafsu.Sangat sulit bagi manusia untuk menolak tawaran kenikmatan dari setan karena tiadalah manusia yang mampu menolak tawaran setan dengan kemampuannyaa sendiri, oleh karena itu perlunya menempatkan keimanan kita kepada Tuhan YME diatas segalanya agar kita dapat hidup dan terhindar dari pengaruh setan

    ReplyDelete
  9. Afifah Nur Indah Sari
    13301244006
    Pendidikan Matematika Internasional 2013


    Tidak dapat dipungkiri bahwa disetiap bidang yang kita geluti pasti ada godaan godaan setan utnuk membawa kita dalam kesesatan. Sebagai makhluk beragama tentunya jalan yang dapat kita tempuh untuk menghindari diri dari godaan syetan adalah dengan selalu mendekatkan diri kepada Allah

    ReplyDelete
  10. Afifah Nur Indah Sari
    13301244006
    Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Setiap orang mempunyai godaan syaiton yang menjerumuskan manusia ke perbuatan yang tidak baik, Dari perbuatan tidak baik tersebut tidak hanya merugikan orang lain tetapi diri sendiri pun ikut rugi. Karena tidak ada kenaikan perilaku baik pada seseorang. Untuk itu sebagai manusia ciptaan Allah, kita harus selalu mohon ampun dan mohon petunjuk agar selalu dajuhkan dari perbuatan tidak baik hasil godaan syaiton.

    ReplyDelete
  11. ROFI AMIYANI
    S2 P.MAT A 2016
    16709251004

    Syaitan akan selalu menggoda setiap manusia agar hidup kita manusia menyimpang dari Tuhan YME. Namun banyak orang masih belum mampu melawannya karena mereka tidak dekat dengan Tuhan. Mereka hanya memikirkan kebutuhan dan keinginannya saja tanpa diimbangi dengan pasrah, berserah diri, dan doa kepada Tuhan. Padahal tiadalah manusia yang mampu melawan godaan syaitan tanpa pertolongan Tuhan.

    ReplyDelete
  12. Herwati Dian Saputri
    12313244004
    Pend. Matematika (Inter.)

    Tuhan menciptakan yang baik dan yang buruk. Dalam kehidupan manusia, ada satu makhluk yang ditugaskan untuk menggoda iman manusia yaitu syaitan. Syaitan saelalu berusaha untuk mengelabui iman manusia melalui berbagai macam cara, diantaranya hasutan, bahkan melalui teknologi dan informasi. Sebagai contoh HP, saat ini sedikit orang yang tidak memiliki HP. Lihat saja, saat adzan berkumandang, banyak orang yang masih sibuk dengan HP nya tanpa bersegera untuk sholat.
    Semoga kita selalu dilindungi dari godaan godaan syaitan yang terkutuk.

    ReplyDelete
  13. Herwati Dian Saputri
    12313244004
    Pend. Matematika (Inter.)

    Setan memang ditugaskan untuk menghasut manusia. Sadar aau tidak kita sebenarnya sering tergoda oleh hasutan setan. Namun kita tidak bisa menyalahkan setan karena itu memang sudah menjadi tugasnya. Yang perlu kita lakukan adalah menjaga hati dan dii agar terhindar dari hasutan setan.

    ReplyDelete
  14. Herwati Dian Saputri
    12313244004
    Pend. Matematika (Inter.)

    Cara yang paling ampuh agar kita jauh dari hasutan setan adalah dengan senantiasa mengingat Allah, yaitu memperbanyak dzikir. Dengan dzikir, hati kita akan semakin tentram dan sulit untuk dihasut setan. Setan juga akan kesulitan menghasut orang yang ahli ibadah.

    ReplyDelete
  15. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Dari elegi di atas memberikan sebuah refleksi kepada diriku bahwasanya mempertebal dinding keimanan menjadi solusi terakhir dalam menghadapi segala hiruk pikuk kehidupan di zaman kontemporer seperti sekarang ini supaya tatkala diriku ini luput dan terseret oleh arus negatif dari pengaruh pergaulan dunia powernow bisa segera sadar dan memperbaiki diri.

    ReplyDelete
  16. Nilza Humaira Salsabila
    16709251026
    Pendidikan Matematika kelas B PPs 2016

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Godaan setan datang dari manusia atau sekelompok orang yang memiliki tujuan tertentu. Dialah powernow. Powernow memanfaatkan kelemahan kita untuk meraih kekuasaan tertinggi. Itulah sebenar-benar setan. Menggoda dengan cara yang cerdik., termasuk menggoda para spiritual dengan kitab sucinya. Disinilah hati kita harus kuat dari godaan tersebut. Jangan sampai terjerumus dalam lingkaran setan.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  17. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    PPs PEP B 2016

    Kalau kita bisa mengambil pelajaran dari tokoh yang kita anggap memberi inspirasi besar bagi alam dunia ini berarti kita juga bisa mengambil tokoh yang di anggap sebagai common enemy bagi manusia di muka bumi yakni setan. setan telah mengajarkan kita tentang banya hal yang apabila kita dengan cerdas dan bijak untuk memaknainya maka banyak pelajaran berharga yang secara tidak langsung diajarkan kepada kita. Setan ibarat cermin bagi diri kita sendiri, yang apabila kita melakukan apa-apa saja yang dilakukan oleh setan maka kita akan bernasib sama seperti setan. Intinya adalah Tuhan ingin kita cerdas secara iman dan ilmu dengan menurunkan semua ciptaannya untuk saling belajar satu sama lain sekalipun pelajaran itu kita dapat dari setan.

    ReplyDelete
  18. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    PPs PEP B 2016

    Meskipun kita tahu bahwa setan adalah musih kita, dan untuk menghadapi serangan-serangannya kitapun dibekali senjata berupa akal, hati Nurani dan wahyu dari Tuhan langsung. Namun, ternyata banyak sekali dari kita yang tunduk dan menyerah kalah terhadap serangan-serangan setan. Dalam hal komitmen dan kerja keras, mungkin tidak ada salahnya jika kita belajar dari setan.

    ReplyDelete
  19. Arifta Nurjanah
    16709251030
    PPs P Mat B

    Kehidupan kita sekarang ini sedang mengalami krisis multidimensi. Struktur kehidupan yang ditawarkan oleh sang Power Now, dengan segala teknologi canggih yang diciptakan, telah berhasil menciptakan budaya konsumtif serta kejahatan di masyarakat. Para pejabat pun banyak melakukan korupsi, kolusi dan nepotisme. Kejadian ini seperti halnya keadaan setan yang selalu menggoda setiap umat manusia. Setan menggunakan sifat, kelemahan dan kekuatan kita untuk menghancurkan kehidupan dan spiritualitas kita. Oleh karena itu, untuk dapat selamat dari godaan setan, kita semua hendaknya selalu menuntut ilmu dan menempatkan spiritualitas di atas segalanya. Tiadalah manusia mampu melawan godaan setan tanpa pertolongan Allah SWT.

    ReplyDelete
  20. Budi Yanto
    16709251024
    P. Mat S2 Kelas B 2016
    Janji dan sumpah syaitan akan menggoda manusia dan mengajak kemungkaran, mengajak ingkar kepada Allah, seperti ia menolak bersujud atau menghormati nabi Adam disurga. Maka syetan diartikan sebagai konotasi yang negative dan buruk, selalu menggoda manusia, menghiasi perbuatan-perbuatan buruk dengan wajah-wajah yang cantic dan menggoda baik hati maupu pikiran. Era power now yang mengajak keburukan dan melalaikan beribadah baik secara langsung maupun tidak langsung adalah bagian dari syetan tersebut. Misalnya gadget yang semakin canggih, kita gunakaan setiap hari sampai malalaikan dan meninggalkan sholat ataupun beribadah lainnya maka gadget itu adalah bagian dari syetan tersebut. Maka berdoalah kepada Allah agar terlindung dari godaan-godaan syetan yang melalaikan dalam beribadah kepada Allah.

    ReplyDelete
  21. Fitri Ayu Ningtiyas
    16709251037
    S2 P.Mat B UNY 2016

    Walaubagaimanapun syaitan akan selalu hadir menggoda membujuk rayu dan menghasut manusia agar kelak menjadi pengikut mereka kekal abadi di dalam neraka. Oleh sebab itu, manusia harus selalu berupaya membentengi diri dari godaan-godaan syaitan tersebut. Salah satu caranya adalah dengan selalu mendekatkan diri pada YME dan selalu meniatkan hal baik yang dilakukan hanya untuk mengharap ridha dariNya.

    ReplyDelete
  22. Andi Sri Mardiyanti Syam
    16701251031
    PPs S2 PEP Kelas B 2016

    Bismillah.
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    Kekuatan syaitan power Now dalam menghegemoni negeri-negeri di dunia selatan telah menjalar secara komprehensif. Mulai dengan globalisasinya, yang akhirnya menjadi masyarakat ekonomi ASEAN, dsb. Beberapa hari lalu saya mendengar bahwa Indonesia masih belum siap untuk mengahadapi globalisasi dengan kualitas SDM nya dan juga produknya, meskipun ada beberapa produk yang telah mendunia, seperti merek sepeda Plygon, boneka Barbie, dsb. Sehingga proyek globalisasi yang diciptakan oleh Power Now merupakan penjajahan model baru, yakni pada akhirnya kita akan dibuat ketergantungan akan produk-produk mereka yang pada akhirnya mereka bebas mempermainkan harga.

    Sekian, terima kasih.
    Wassalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  23. Andi Sri Mardiyanti Syam
    16701251031
    PPs S2 PEP Kelas B 2016

    Bismillah.
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    Kalau sudah begitu, kita ibaratnya bangsa yang telah mengalami kecanduan shabu-shabu, yakni seberapa mahal pun barang ciptaan Power Now maka mau tidak mau kita harus membelinya karena ketergantungan kita tersebut. Bila sudah begitu maka terjadilah lagi yang namanya krisis moneter di negeri ini, dimana negeri ini mengalami yang namanya negara gagal.


    Sekian, terima kasih.
    Wassalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  24. Misnasanti
    16709251011
    PPs PMAT A 2016

    Sebagai orang yang memiliki iman, kita harus menjaga diri dari syaitan. Kita harus tahu, syaitan akan lebih kuat jika iman kita lemah. Karena syaitan juga, banyak manusia jatuh ke dunia yang gelap dan mereka melakukan hal yang buruk. Tipu daya setan memang luar biasa meliputi segala aspek kehidupan bahkan dengan ilmu yang seharusnya menguatkan kita pun bisa dijadikan setan untuk menghancurkan kita. Syaitan akan selalu mencoba untuk menggoda keturunan Nabi Adam mengikuti apapun yang mereka inginkan sampai akhir waktu. Mereka akan melakukan berbagai cara untuk terjun orang untuk menggunakan cara-cara halus yang kadang-kadang tidak menyadari manusia. Apalagi dengan keadaan dunia yang tidak menentu, krisis yang melanda, maupun kemajuan teknologi yang begitu cepat membuat syaitan lebih mudah untuk menggoda manusia, dalam keadaan seperti ini hanya dengan mempertebal iman dan takwa kita dan mendekatkan diri dengan Allah SWT kita tidak akan digoda oleh syaitan dalam wujud apapun. Semoga kita termasuk orang yang selalu mengingat Allah sehingga iblis tidak dapat menggoda kita.

    ReplyDelete
  25. Aprisal
    16709251019
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Assalamu alaikum

    Dalam elegi di atas menggambarkan janji setan ketika dilaknat oleh Allah SWT untuk terus menggoda anak adam sampai akhir zaman dan menjerumuskan mereka ke dalam api neraka. Batu keramat diraja/transenden lokal negatif adalah sebagai bentuk pengaruh buruk yang diakibatkan karena kondisi kehidupan yang kurang baik, pendidikan yang rendah, ekonomi rendah, jabatan rendah, mental rendah, pengalaman rendah , ibadah yang rendah, sehingga dapat menimbulkan kejahatan, orientasi materi dan sebagainya. Sebagai contoh, kemiskinan dapat membawa seseorang melakukan tindak kejahatan pencurian, perampokan dan sejenisnya karena tuntutan untuk dapat bertahan hidup namun tanpa uang. Selanjutnya, teknopragma di sini adalah pengaruh buruk kepada para teknokrat atau orang-orang yang cerdas dalam suatu bidang dan membawa mereka kepada mendewakan kecerdasan yang mereka punya sehingga lupa kepada Tuhannya, sebagai contoh ilmuwan cerdas yang telah mengembangkan berbagai pengetahuan atau teknologi serta telah memenangkan banyak perhargaan, justru hidup dengan tanpa agama dan mengingkari adanya Tuhan pencipta alam semesta.

    Waalaikum salam wr.wb

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id