Apr 19, 2013

Elegi Ritual Ikhlas 28: Tasyakuran Ke Satu (Proyek Syurga)




Oleh Marsigit

Bagawat Selatan:

Wahai isteriku, anak-anakku dan menantuku, saya berniat mengadakan Tasyakuran Spiritual sebagai salah satu cara untuk menyatakan rasa syukur kita kepada Allah SWT, dengan cara mengadakan Pengajian Akbar dan dihadhliri oleh para kerabat, dan tetangga. Untuk itu aku akan mengundang seorang Ulama dari Jawa Barat yang bernama Ustad Jalaludin Rakhmat. Saya minta agar beliau dapat menguraikan perihal Proyek atau Program Menghuni Syurga. Untuk menghemat waktu marilah kita dengarkan bersama-sama.

Jalaludin Rakhmat:
Assalamu’alaikum Warakhmatullahi Wabarakatuh. Audzhubilah Himi-nassyaeton nirojim Bismillah Hiro-khman Nirokahim. Alhamdulillah hirabbil alamin. Wasalatu Wasa-lamu Ala Asrofil Ambyai Warmu-salin Syayidina muhammadin wa-ala alihi wasyohbihi ajma’in. Yang saya hormati shohibul hajat Sang Bagawat Selatan beserta keluarga besarnya. Para Alim Ulama, Tokoh Masyarakat dan masryiral muslimin yang berbahagia. Pertama marilah kita panjatkan puja puji syukur kita kehadhirat Allah SWT yang telah memberi dan melimpahkan karunia Nya kepada kita semua sehingga pada saat yang berbahagia ini kita bisa berkumpul untuk mengadakan silakhturakhim spiritual. Salawat dan salam kita haturkan kepada Junjungan Nabi Besar Muhammad SAW beserta keluarga dan para sahabatnya, tabiit, tabiin, yang memberi syafaat di hari akhir. Wabil khusus saya mengucapkan terimakasih yang sebanyak-banyaknya kepada Sang Bagawat Selatan, yang telah mempercaya dan mengundang saya untuk mengisi dan memberi ceramah spiritual pada Pengajian Akbar ini. Seperti permintaan shahibul hajat, maka saya akan menguraikan Bagaimana Mengembangkan Proyek Menghuni Syurga sebagai berikut:

Pertama: Memelihara Waktu Shalat
Diriwayatkan dalam sebuah hadis bahwa nanti, setelah manusia dihisab, ia akan masuk syurga. Para malaikat berkata kepadanya: “Tunggulan di sini di bawah lindungan ini, di dekat pintu syurga”. Orang itu dapat melihat seluruh istana, pasangan-pasangannya, dan kebun-kebunnya yang ada di dalamnya. Setelah lewat beberapa masa, bertambahlah kerinduannya kepada apa yang diberikan Allah kepadanya. Ia berkata: “Wahai Malaikat Rakhmat, aku melihat orang-orang sesudahku masuk syurga sedangkan aku diakhirkan di sini. Mengapa di akhir-akhir?” Para malaikat berkata kpadanya: “Aku mengakhirkan kamu karena kamu mengakhirkan shalatmu di dunia”

Kedua: Menghadiri Salat Berjamaah
Rasulullah SAW bersabda kepada Jibril: “Apa yang diperoleh umatku dalam shalat berjamaah?” Jibril berkata:”Wahai Muhammad, setiap rakaat yang dilakukan seorang mukmin bersama imam jamaah lebih baik baginya daripada bersedekah seratus ribu dinar kepada orang miskin; satu sujud yang ia lakukan bersama imam lebih baik daripada ibadat satu tahun. Tidak ada azab kubur dan kepedihan hari kiamat bagi orang yang menjalankan sunah dan jamaah”. Rasulullah SAW bersabda: “Takbir yang pertama bersama imam lebih baik daripada dunia dan segala isinya”

Ketiga: Bertasbih dengan Tasbih Azzahra, Terutama setelah Salat
Dari Abi Ja’far as:”Barang siapa bertasbih dengan tasbih Fathimah kemudian membaca istighfar kepada Allah, maka Allah akan mengampuninya. Tasbih itu seratus dengan lisan tetapi seribu dengan timbangan, mengusir setan dan membuat rida Allah Al-Rahman”

Keempat: Selalu Membaca Shalawat Kepada Muhammad dan Keluarganya
Rasulullah SAW bersabda:”Manusia yang paling mengabaikan aku adalah orang yang apabila disebut namaku di hadapannya, dia tidak bershalawat kepadaku. Shalawat kepadaku dan keluargaku menghilangkan kemunafikan”

Kelima: Selalu Beristighfar dan Memohonkan Ampunan
Dari para Imam as:”Sebaik-baik ibadat adalah istighfar”. Rasulullah SAW bersabda:”Segala sesuatu ada obatnya; dan obat dosa adalah istighfar”

Keenam: Selalu Berzikir Kepada Allah
Rasulullah SAW bersabda:”Barang siapa berkata Subhanallah, Allah tanamkan baginya satu pohon di syurga. Barang siapa membaca Alhamdulillah, Allah tanamkan baginya satu pohon di syurga. Barang siapa berkata La ilaha ilallah, Allah tanamkan baginya satu pohon di syurga”.

Ketujuh: Salat-salat Sunat Harian
Dari Abul Hasan as:”Salat-salat sunat adalah kurban setiap mukmin”. Dari Imam Al-Hasan Al-Askari as: “karakteristik mukmin ada lima: melakukan salat lima puluh satu rakaat, ziarah arba’in, memakai cincin disebelah kanannya, bersujud dengan pelipis, dan menzaharkan Bismillahirrahmanirrahim”

Kedelapan: Menyambungkan Silaturahmi Terutama Dengan Orang Tua
Diriwayatkan melalui para Imam as:”Silatirahmi memakmurkan rumah dan menambah usia walaupun para pelakunya bukan orang baik-baik. Silaturahmi membersihkan amalan, melipatgandakan kekayaan, menolak kecelakaan, dan menangguhkan kematian”

Kesembilan: Menyesali Dosa
Dari Imam Ali as:”Penyesalan atas keburukan akan mendorong orang meninggalkan keburukan”. Dari Abu Abdillah as:”Siapa yang berbahagia dengan perbuatan baik dan berduka karena perbuatan buruk, pastilah dia seorang mukmin”

Kesepuluh: Bergaul Baik Antara Suami Isteri
Rusulullah SAW bersabda:”Yang paling baik di antara kamu adalah yang paling baik terhadap keluarganya; dan aku adalah yang paling baik terhadap keluargaku”. Rasulullah SAW juga bersabda:”Apabila seorang isteri tidak menyayangi suaminya dan membebaninya untuk melakukan sesuatu di luar kemampuannya, tidak akan diterima dari perempuan itu kebaikan apa pun dan ia akan menemui Allah dalam keadaan murka padanya”

Demikianlah apa yang dapat saya sampaikan pada Pengajian Akbar Tasyakuran Spiritual Kesatu dirumah Sang Bagawat Selatan. InsyaAllah minggu depan kita sambung lagi. Amin. Yang baik insyaAllah itu datangnya dari Allah, sedang yang buruk itu semata-mata karena kekuranganku. Sebagai penutup marilah kita berdoa bersama. Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Allah tidak ada Tuhan melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus makhluk-Nya, tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang da di langit dan di bumi. Siapakahyang dapat memberi syafaat di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar. Ayat Kursi: Al-Baqarah:255. Demikian mohon maaf atas segala kekurangannya. Bilahittaufiq wal hidayah, Wasallamualaikum Warakhmatulahi Wabarakatuh

Referensi:
Jalaluddin Rakhmat: Meraih Cinta Ilahi-Pencerahan Sufistik, Bandung: Rosda

78 comments:

  1. Erni Anitasari
    16709251007
    S2 Pend. Matematika Kelas A

    Bagaimana Mengembangkan Proyek Menghuni Syurga? Ada banyak cara agar bias meraihnya. Allah memberi kita banyak jalan menuju surg-Nya. Hanya kita sebagai manusia seperti apa mangusahakannya. Menjalankan perintah dan menjauhi larangan. Itu yang seharusnya kita lakukan. Tapi manusia tentu saja pernah khilaf. Tetapi Allah selalu membuka pintu maaf untk hambaNya yang mau bertaubat. Karena Allah Maha Pemaaf.

    ReplyDelete
  2. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016

    Allah menjanjikan surga kepada umatnya yang mematuhi segala perintahnya dan menjauhi segala larangannya. Allah menyuruh umatnya untuk memelihara waktu shalat, shalat berjamaah, bertasbih, shalawat, istighfar, berzikir, melakukan sunah, bersilahturahmi, menyesali dosa dan masih banyak lagi lainnya yang dapat menjadi tiket kita masuk surga. Namun kita sebagai manusia acap lalai dan tidak memenui perintah Allah. Namun, kita harus selalu berusaha untuk menjadi lebih baik setidaknya menjadi lebih baik dari kemarin, baik itu pribadi maupun amalan-amalan soleh. Semoga Allah mengampuni dosa-dosa kita dan memberikan kemudahan untuk mencapai surganya. Aaamiiin.

    ReplyDelete
  3. Arifta Nurjanah
    16709251030
    PPs P Mat B

    Setiap orang yang beriman memiliki keinginan agar kelak ditempatkan surga karena surga merupakan tempat terindah yang dijanjikan oleh Allah SWT sebagai balasan dari amal dan perbuatan baik manusia. Kehidupan manusia di dunia hanyalah semntara sedangkan kehidupan di akhirat kelak ialah kekal. Maka manusia diciptakan tidak lain hanya untuk menyembah dan beribadah kepada Allah SWT semata. Amalan dan ibadah manusia yang kelak akan membawa manusia ke surga ialah seperti beberapa amalan-amalan yang diuraikan di dalam elegi ini. hendaknya amalan-amalan tersebut dilakukan secara kontinu dan berkelanjutan. Semoga kita semua kelak dapat menjadi penghuni surga-Nya. Aamiin.

    ReplyDelete
  4. MARTIN/RWANDA
    PPS2016PEP/B
    This elegi is purely Islamic. but it does not prevent other people from reading it and learn from the ideas and message contained in it. according to my thinking, with the condition we live in in the world, it is thoroughly difficulty to accomplish all of them but this should not be the reason to give in or opt.
    Let me base on the 9th components or condition which is to leave from sins and help others to stop sinning. this is a good thing we have to adopt, not only Muslim but also all the people because if we do so it is like curing a disease which seems incurable.

    ReplyDelete
  5. Misnasanti
    16709251011
    PPs PMAT A 2016

    Surga adalah muara segala pengharapan manusia. Segala keindahan, kenyamanan, kesenangan selalu digambarkan sebagai imajinasi surga. Ada banyak jalan menuju ke surga diantaranya yang dijelaskan di atas. Jalan Menuju Surga Dalam Islam Menurut Al-Qur’an akan selalu terbuka bagi setiap Hamba Allah yang taat dan senantiasa melakukan perintah dan larangan-NYA

    ReplyDelete
  6. Fevi Rahmawati Suwanto
    16709251005
    PMat A / S2

    Elegi ini banyak berisi ceramah agama yang mengingatkan kita cara-cara agar lebih dekat dengan surgaNya yaitu sholat berjamaah dan tepat waktu, bertasbih setelah sholat, bershalawat kepada nabi, berdzikir, beristigfar, sholat sunah harian, menyambug silaturrahmi dengan sesama terutama orangtua, menyesali segala dosa dan bertaubat, dan bergaul baik antara suami isteri.

    ReplyDelete
  7. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    10 proyek menuju Syurga;
    (1) Memelihara waktu shalat
    (2) Menghadiri shalat berjamaah
    (3) Bertasbih dengan tasbih az-zahra, terutama setelah shalat
    (4) Membaca shalawat kepada Baginda Rasulullah dan keluarganya
    (5) Selalu beristighfar dan memohon ampun
    (6) Selalu berzikir kepada Allah
    (7) Salat-salat sunat harian
    (8) Menyambung silaturahmi dengan orang tua
    (9) Menyesali dosa
    (10) Bergaul baik antara suami isteri

    ReplyDelete
  8. RAIZAL REZKY
    16709251029
    S2 P.MAT B 2016

    dalam sebuah tasyakuran kita akan memperoleh sesuatu yang berharga untuk bekal-bekal ketika kita menuju kehidupan akhirat karena dalam menggapai ilmu yang tadinya bukan hanya di cari di tempat-tempat yang formal seperti sekolah, kampus dan lain sebagainya tetapi juga pada kegiatan-kegiatan tasyakuran yang sekali lagi kembali mengingatkan kita untuk terus berpikir dan menjernihkan hati kita untuk menuju ke kehidupan yang lebih baik, baik itu hidup di dunia maupun di akhirat kelak.

    ReplyDelete
  9. Fajar Yanuar
    13301244021
    Pend. Matematika C 2013

    Subhanallah. Ladang pahala untuk manusia yang berfikir, berbagai jalan masuk surga bagi orang—orang yang mengharapkannya. Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang memberikan petunjuk kepada para manusia untuk bisa masuk surga-nya Allah SWT dengan mudah.

    ReplyDelete
  10. Fajar Yanuar
    13301244021
    Pend. Matematika C 2013

    Dari Elegi Ritual Ikhlas ini mengingatkan saya sendiri bahwasanya Allah memang sangat menyayangi kita, dalam kitab-Nya Allah selalu mengingatkan untuk kita berbuat baik sehingga dijauhkan dari api neraka. Melalui elegi ini kita diingatkan bahwa terdapat jalan yang ALLAH janjikan kepada manusia agar dapat lebih dekat dengan surga-Nya, maka itu bacalah, bacalah, dan bacalah. Semoga kita dapat selalu belajar untuk selalu melakukan yang terbaik atas semua perintah ALLAH SWT. Aamiin.

    ReplyDelete
  11. RAHMANITA SYAHDAN
    16709251013
    PPs Pmat A 2016

    Bismillahirrahmanirrahim
    Elegi tasyakuran spiritual ke satu menarik, ini menyiratkan kebutuhan manusia akan agama. Banyak pengaruh positif yang diberikan oleh keyakinan keagamaan. Mengingat indra dan akal tak mampu menggambarkan cara hidup benar, maka kita butuh kepada sumber pengetahuan lain yang dalam sumber-sumber religius disebut wahyu. Selain daripada menjawab kebutuhan mendasar ini, agama akan menjawab masalah-masalah fundamental kehidupan personal dan sosial manusia serta mengamban peran yang tak tergantikan. Agama dengan mengajukan suatu gambaran selaras dari sistem alam, memberi makna pada kehidupan manusia. Dahaga keabadian dan kekekalan manusia hanya teratasi dengan keyakinan kepada hari kebangkitan (ma’ad). Tak ada sesuatu pun seperti agama mampu mengokohkan seseorang dalam berhadapan dengan pelbagai kesulitan dan membukakan cahaya harapan dalam berbagai kebuntuan. Kepercayaan terhadap Tuhan yang tidak mempunyai sekutu dalam ilmu dan kekuasaan, membebaskan manusia dari kesendirian dan mengubah kesunyian (khalwat) bersama Tuhan yang tunggal, menjadi saat-saat termanis. Agama-agama tauhid merupakan wadah penampakan konsensus dan solidaritas serta melebihi faktor lain apa pun, menjamin persatuan masyarakat. Hukuman-hukuman duniawi terkadang tidak sesuai dengan ukuran kejahatan dan tidak menegakkan keadilan yang sesungguhnya; agama-agama Ilahi dengan menegaskan kehidupan sesudah mati akan menjawab kebutuhan tuntutan keadilan manusia dan dalam berhadapan dengan segala bentuk kezaliman menetapkan ganjaran yang setimpal (sepantasnya). Agama-agama Ilahi bukan candu masyarakat serta faktor penyebab keadaan statis dan keterbelakangan, melainkan mendorong masyarakat bergerak serta mengajak kaum Mukmin memerangi kezaliman dan ketimpangan.
    Dalam pelbagai dimensi agama membantu moralitas sedemikian hingga sebagian mengatakan: “Jika Tuhan tak ada, setiap perbuatan dibolehkan.”

    ReplyDelete
  12. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Allah memberi kita banyak jalan menuju surg-Nya. Hanya kita sebagai manusia seperti apa mangusahakannya, Menjalankan perintah dan menjauhi larangan.cara agar lebih dekat dengan surgaNya yaitu sholat berjamaah dan tepat waktu, bertasbih setelah sholat, bershalawat kepada nabi, berdzikir, beristigfar, sholat sunah harian, menyambug silaturrahmi dengan sesama terutama orangtua, menyesali segala dosa dan bertaubat, dan bergaul baik antara suami isteri.

    ReplyDelete
  13. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Sesungguhnya Cinta seorang hamba kepada Allah Aza wa Jalla itu merupakan puncak dari segala puncaknya segala menusia dengan berbagai macam dimensinya.Jika ingin dicintai Allah, maka cintailah Dia. Caranya tidaklah sulit, yaitu ikhlas dalam menjalankan agama, ikhlas dalam mensyukuri segala cobaan yang datang, syukuri segala nikmat yang telah dianugerahkan kepadamu.

    ReplyDelete
  14. 16701251016
    PEP B S2
    Shalat adalah aspek utama dalam berislam. Shalat adalah penoling di akhirat kelak, barang siapa yang amalan shalatnya baik maka surga adalah sepantasnya. Shalat ini adalah amalan yang pertama kali di hisab ketika mengawali perjalanan hidup yang kekal kelak.
    Tidak hanya shalat aspek lain dalam menggapai surga adalah masih banyaj, yang pastinya bersumber dari firman Allah adalah pasti surga.

    ReplyDelete
  15. Johanis Risambessy
    16701251029
    PPs PEP B 2016

    Keintiman kita dengan Tuhan sebagai salah hal paling utama jika kita ingin menggapai surga. Intinya dengan melakukan berbagai hal yang menyenangkan hati Tuhan dan selalu bertindak sesuai dengan apa yang menjadi keyakinan kita. Artinya apa yang kita ucapakan haruslah sesuai dengan Firman Tuhan.

    ReplyDelete
  16. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    Sepuluh hal tersebut jika dilakukan dengan baik, ikhlas dan jujur adalah kunci untuk masuk surga. Dasar ibadah yang pokok adalah shalat. Ketika shalat, tidak ada alasan bagi tubuh untuk tidak mematuhi tata caranya dan menghayati pesan-pesan-Nya. Dengan shalat, tubuh dan ego menjadi patuh dalam hal lisan dan perbuatan.

    ReplyDelete
  17. Fatya Azizah
    16709251039
    Pendidikan Matematika B PPS UNY 2016

    dari elegi ini dapat diambil pelajaran bahwa jika ingi masuk surga ada setidaknya sepuluh hal yang harus dipenuhi, dan bisa dilihat bahwa jika kita ingin masuk surga hubungan baik tidak hanya hanrus dijalin dengan Allah saja tetapi juga dengan sesama terutama dengan orangtua dan suami/isteri kita.

    ReplyDelete
  18. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    dari hsil pengajian diatas, pentingnay hablumninallah dan habluminannas, hablumniallah yanh dilaksanakan secara berjamaah, terutama shlata wajib, serta keutamaamn untuk tidak menunda-nunda shalat jika kita tidak mau ditunda untuk masuk surga. keutamasolat berjamaah, keutmaan bertakbir bersama imam, keutmaan rukuk bersama imam, keutaman bersujud bersaa ima, masing -masing memiki keutamaan.

    ReplyDelete
  19. Kita memerlukan tuntunan seperti ini untuk menuju kehidupan selanjutnya yang lebih kekal. Tuntunan ini memandu kita untuk membersihkan hati dan fikiran agar jalan menuju Surga tidak lagi samar samar, tidak lagi abu abu. Pengetahuan Sufistik selalu memberikan guidance, tata cara untuk menggapai keindahan hakiki. Selalu ada metode yang mencerahkan batin sehingga siapapun ia akan dituntun sesuai dengan kualitas batinnya menuju tujuan kehidupan.

    Nur Tjahjono Suharto
    PEP S3 (A)
    16701261007

    ReplyDelete
  20. Allah memberi kita banyak jalan menuju surga-Nya. Allah memerintahkan umatnya untuk memelihara waktu shalat, shalat berjamaah, bertasbih, shalawat, istighfar, berzikir, melakukan sunah, bersilahturahmi, menyesali dosa dan lain sebagainya. Hanya saja kita sebagai manusia bisa dikatakan “menyepelekan” tentang urusan agama , dan lebih mengutamakan kehidupan dunia,padahal kehidupan dunia hanyalah sementara, sedangkan kehidupan akhirat selama-lamanya. Tidak ada kata terlambat untuk bertaubat, Allah selalu membuka pintu ma’af bagi hambanya yang ingin bertaubat.

    M. Saufi Rahman
    S3 PEP Kelas A
    16701261024

    ReplyDelete
  21. Raden Muchammad Nurrizal Hasbi Ashshidiqqie
    13301244013
    S1 Pendidikan Matematika C 2013

    Manusia hidup di dunia ini hanyalah sebentar. Seperti orang Jawa bilang, hidup ini ibarat “mampir ngombe”. Kehidupan yang kekal abadi hanyalah kehidupan di akhirat, bukan kehidupan di dunia. Oleh karena itu gunakanlah kesempatan yang ada ketika hidup di dunia ini dengan hal-hal yang bermanfaat yang dapat kita jadikan bekal untuk hidup di akhirat. Perbanyak beramal dan beribadah agar kelak nantinya kita bisa menjadi penghuni surga.

    ReplyDelete
  22. Bismillah.
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    Subhanallah. Kalimat pembuka coment saya adalah ketika sesuatu yang keluar dari mulut seseorang merupakan suatu kebaikan, maka kita jangan memandang siapakah orang itu. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam sesungguhnya Allah SWT Maha Pengasih terhadap semua makhluknya. Bahkan bagi manusia yang tidak menyembah Allah pun Allah tetap mengasihinya dengan memberikannya kekayaan, kepintaran, dsb. Namun bagi orang yang menyembah Allah tanpa melakukan syirik sedikitpun terhadap-Nya, maka kasih sayang Allah SWT tetap akan berlanjut hingga di akhirat nantii, sedangkan bagi orang-orang yang melakukan kesyirikan kepada Allah, maka kasih sayang Allah hanya terbatas pada saat di dunia saja. Oleh karena itu mari kita selalu melakukan amalan-amalan seperti yang tertuang dalam meraih surga agar kita dapat selalu tercurahkan kasih sayang Allah SWT baik di dunia maupun setelah kita di akhirat nanti.

    Sekian, terima kasih.
    Wassalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  23. Andi Sri Mardiyanti Syam
    16701251031
    PPs S2 PEP Kelas B 2016

    Bismillah.
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    Barang siapa yang menanam kebaikan maka akan tumbuh kebaikan pula. Oleh karena itu janganlah kita menanam keburukan karena nantinya yang akan tumbuh adalah keburukan pula. Semua yang kita lakukan didunia ini nantinya akan mendaptka balasan di hari kemudian. Itu adalah janji Allah SWT, barangsiapa membuat kebaikan seberat dzarrah maka ia akan melihatnya dan barang siapa membuat keburukan seberat dzarrah maka ia akan melihatnya pula

    Sekian, terima kasih.
    Wassalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  24. Bayu Adhiwibowo
    16709251014 / S2 Pend. Matematika
    Bagaimana kita bisa memperoleh jalan menuju surga? Kesepuluh perintah di atas adalah jalan yang bisa kita gunakan agar kita bisa menuju surgaNya Allah SWT. Amin ya Robbalalalmin. Akan tetapi, semua hal tersebut harus dilandaskan dengan keikhlasan melaksanakan hal tersebut juga. Karena kunci ibadah kita diterima adalah niat dan keihklasan hati.

    ReplyDelete
  25. Firda Listia Dewi
    16701251014
    S2 PEP B 2016

    Elegi di atas memberitahukan cara agar dapat menghuni syurga antara lain dengan memelihara waktu shalat, melaksanakan shalat secara berjamaah, bertasbih, berdzikir, beristighfar memohon ampunan Allah, bershalawat kepada Nabi Muhammad dan keluarganya, mengerjakan shalat-shalat sunah, menyambung tali silaturahmi dan bergaul dengan baik antara suami dan istri.

    ReplyDelete
  26. Wan Denny Pramana Putra
    16709251010
    PPs Pendidikan Matematika A

    Surga terdiri dari delapan pintu, sebagaimana dalam Hadist dari Ubadah, Rasulullah ﷺ bersabda, “Barangsiapa yang bersaksi tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah dan tiada sekutu bagi-Nya, Muhammad adalah hamba dan utusan Allah, Isa adalah hamba Allah dan anak dari ibunya (Maryam), ia adalah kalimat dan Ruh dari-Nya yang Dia sampaikan kepada Maryam, bersaksi bahwa surga benar adanya, dan neraka benar adanya, maka Allah akan masukkan dia dari delapan pintu surga yang mana saja yang Dia kehendaki.” (HR. Bukhari).

    ReplyDelete
  27. Kartika Nur Oktaviani
    16709251032
    Pendidikan Matematika S2 UNY kelas B

    Assalamu'alaikum wr wb.
    Kebaikan dan keburukan sebesar zarrah pun, Allah akan Mengetahuinya. Dan saat kita mendapatkan kunci surga dan tauhid, Allah akan menempatkan kita di antara orang-orang yang beriman.
    Wassalamu'alaikum wr wb.

    ReplyDelete
  28. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Seseorang yang telah mengikrarkan dirinya menjadi muslim, memiliki tugas dan tanggung jawab untuk melaksanakan shalat fardhu lima kali sehari semalam. Namun demikian, shalat yang telah dibebankan kepadanya tidak cukup hanya dikerjakan asal-asalan saja, akan tetapi ia harus dilaksanakan sesuai dengan perintah dan petunjuk dari Rasulullah saw.
    Menurut riwayat hadits, Shalat fardhu sangat dianjurkan untuk dikerjakan secara berjamaah di masjid dan Nabi saw telah memberikan ancaman bagi siapapun yang melaksanakan shalat fardhu di rumah. Oleh karena itu, mari kita melaksanakan shalat fardhu di masjid dengan berjamaah sesuai dengan kemampuan kita. Semoga Allah swt senantiasa memberikan petunjuk dan taufik kepada hamba-hamba-Nya.

    ReplyDelete
  29. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Seharusnya, umat nabi akhir zaman ini lebih rajin dibandingkan umat islam zaman permulaan. Sebab, mereka telah mendapatkan kenikmatan yang sangat banyak bahkan lebih banyak dari umat Islam terdahulu seperti, nikmat iman, nikmat islam, nikmat sehat, nikmat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, nikmat serba kecukupan duniawi, nikmat rizki yang berlimpah ruah berupa kekayaan sumber daya alam, bahkan tidak sedikit di antara mereka yang telah beberapa kali menunaikan rukun Islam yang kelima, yakni ibadah haji ke baitullah. Mari kita lebih giat dan semangat dalam menjalankan shalat fardhu lima waktu dengan berjamaah. Semoga Allah SWT senantiasa meringankan hati kita untuk mendekatkan diri kepada-Nya. Aamiin,

    ReplyDelete
  30. Asma' Khiyarunnisa'
    16709251036
    PPs PM B 2016

    Subhanallah, elegi di atas membuat saya sadar akan masih rendahnya ibadah saya, masih jauh nya diri saya dari kata ahli surga. Elegi di atas mengajarkan mengenai beberapa hal yang sering terlupakan oleh manusia. Maka senantiasa kita untuk terus memperbaiki ibadah kita dengan penuh keikhlasan dan lillahi ta’ala.

    ReplyDelete
  31. Annisa Eprila Fauziah
    16709251040
    PPs P.Mat B 2016

    Ada banyak jalan untuk menuju surga-Nya, namun amalan-amalan di atas akan terasa berat jika dilakukan bukan karena mengharap ridho Allah. Tinggalkan sejenak kehidupan dunia yang fatamorgana, sesungguhnya gemerlap dunia hanya sementara, sebaiknya kita cicil sedikit demi sedikit bekal untuk di akhirat nanti.

    ReplyDelete
  32. Ressy Rustanuarsi
    16709251033
    PPs PMAT Kelas B 2016

    Elegi yang sangat bagus ini menjadi pengingat dan bahan instrospeksi saya. Semoga kita senantiasa selalu berusaha melakukan proyek-proyek amalan penghuni surgaNYA seperti diatas dengan penuh keistiqomahan dan tidak lalai akan kehidupan duniawi terus sehingga menjadi orang yang merugi.

    ReplyDelete
  33. Jahidatu Lis Silmi I'la Alhaq
    16701251022
    S2 PEP B 2016

    Berdasarkan elegi di atas, ada sepuluh hal yang harus dilakukan agar kita dapat meraih surga atau yang disebut proyek menjadi penghuni surga. Alangkah baiknya jika kita tidak hanya paham teorinya tapi bisa mempraktekkan semuanya. Namun yang paling utama adalah poin satu tentang memelihara waktu sholat. Kita harus melaksanakan sholat dengan tepat waktu dan tidak meninggalkan satu rakaatpun, karena sholat adalah tiang agama. Apabila kita melakukan kesepuluh poin proyek penghuni surga dengan sungguh-sungguh dan ikhlas, insyaAllah Allah akan menjadikan kita sebagai salah satu penghuni surganya.

    ReplyDelete
  34. Allah Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Allah memberi banyak jalan kepada kita untuk menuju ke surga-Nya. 10 jalan menuju syurga Allah antarlain adalah memelihara waktu shalat, shalat berjamaah, bertasbih, shalawat kepada Nabi Muhammad SAW, istighfar, berdzikir kepada Allah, shalat sunah, bersilahturahmi, menyesali dosa dan bergaul baik antara suami dan istri. Tapi sebagai manusia kita seringkali lebih mengutamakan kehidupan dunia daripada urusan agama dan akhirat, padahal kehidupan dunia hanyalah sementara, sedangkan kehidupan akhirat selama-lamanya. Maka mari kita perbaiki diri untuk menggapai syurgaNYa.

    Triwid Syafarotun Najah
    16701261011
    PEP S3 (A) 2016

    ReplyDelete
  35. RISKA AYU ARDANI
    16709251021
    PMAT KELAS B PPS UNY 2016

    Surga adalah potensi positif yang diberikan kepada manusia yang sesuai dengan kriteria Tuhan. Bukan berarti penggapai surga tak pernah melakukan kesalahan, karena manusia sendiri memiliki sifat yang tak bisa terhindar dari kesalahan. maka hanya Tuhan lah yang berkehendak atas surgaNya bagi umatNya. Sehingga sebaik baiknya manusia hanya perlu melakukan yang terbaik, pada jalanNya, meminta ampun atas segala sikap yang selalu membelenggu dan tak disadarinya.

    ReplyDelete
  36. Sumbaji Putranto
    16709251028
    Pend. Matematika S2 Kelas B

    Surga dan neraka adalah tempat kembalinya manusia yang dijanjikan oleh Allah. Surga dijanjikan kepada umatnya yang mau menjalankan perintah Allah dengan kerelaan dan keikhlasan hati. Jalan menuju surga memang murah dan tidak membutuhkan banyak biaya, karena Tuhan tidak ingin mempersulit jalan umatnya menuju surga. Hanya saja untuk mampu menysuri perjalanannya menuju surga membutuhkan kesabaran dan kegigihan hati dalam menjalaninya. Banyak godaan yang melintang dan kadang banyak pula manusia yang tergoda untuk menikmati kesenangan duniawi dengan mengabaikan perintah Tuhan. Itulah mengapa surga dijadikan tempat yang terindah karena jalan menuju ke surga harus dilalui dengan bersusah payah dan dengan keikhlasan hati. Wallahua’lam

    ReplyDelete
  37. Siti Mufidah
    13301241036
    Pendidikan Matematika A 2013

    Terima kasih pak Marsigit atas ilmu baru yang saya dapatkan. Di dunia setiap orang berlomba-lomba untuk menjadi penghuni surga Allah. Banyak cara dan langkah untuk menggapai hal tersebut diantaranya: memelihara waktu shalat, menghadiri salat berjamaah, bertasbih dengan tasbih azzahra (setelah salat), membaca shalawat, selalu istigfar, selalu berdzikir kepada Allah, salat sunah, menyambung silaturahmi, menyesali dosa, dan bergaul secara baik antara suami istri. Semoga kita termasuk hamba-hamba Allah yang dapat melaksanakan 10 hal untuk menjadi penghuni surga Allah. Amin. Terima kasih.

    ReplyDelete
  38. KASYIFATUN AENI
    13301241055
    PMA 13

    Elegi di atas mengingatkan saya untuk kembali meluruskan niat, bahwa segala yang kita lakukan di dunia semestinya bermuara pada satu visi yaitu surga, dan untuk mendapatkan surga kita harus mendapatkan ridho Alloh. Karenanya, apapun yang kita lakukan Alloh semoga senantiasa untuk mendapatkan ridhoNya.

    ReplyDelete
  39. KASYIFATUN AENI
    13301241055
    PMA 13

    Surga, tentu tidak mudah untuk didapatkan. Dalam elegi di atas, di jelaskan sepuluh hal yang dapat menuntun kita ke surga, yaitu memelihara waktu sholat, menghadiri sholat berjamaah, bertasbih dengan Tasbih Azzahra, terutama setelah sholat, selalu membaca shalawat kepada Nabi Muhammad dan keluarganya, selalu beristighfar dan memohonkan ampunan, selalu berdzikir kepada Allah, mengerjakan sholat sunnah harian, menyambungkan silaturahmi terutama dengan orang tua, menyesali dosa, dan bergaul baik antara suami istri.

    ReplyDelete
  40. LINA
    16701261022
    PEP-A/2016

    Shalat adalah amalan manusia pertama yang akan dihisab pada hari Kiamat nanti. Shalat menjadi ibadah yang sangat penting bagi setiap orang ISlam. Oleh karena itu hendaknya shalat menjadi hal terpenting dalam hidup seorang muslim. Mengerjakan shalat dengan tepat waktu, melaksanakan shalat dengan khusyu', melaksanakan shalat dengan mengerjakan syarat dan rukunnya dengan sempurna, inilah yang dinamakan dengan shalat yang berkualitas.

    ReplyDelete
  41. LINA
    16701261022
    PEP-A/2016

    Dari elegi ini, kita bisa mengetahui ada sepuluh ibadah yang mampu mengantarkan kita ke surga. Sepuluh ibadah tersebut adalah memelihara waktu shalat, (2) menghadiri shalat berjamaah, (3)Bertasbih, terutama setelah shalat, (4) Membaca shalawat kepada Nabi dan keluarganya, (5) selalu beristighfar dan memohon ampunan, (6) selalu berdzikir kepada Allah, (7) mengerjakan shalat sunat harian, (8) menyambung sillaturrahim, terutama dengan orang tua, (9) Menyesali dosa (10) bergaul dengan baik antara suami dan istri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga kita bisa senantiasa berusaha meraih surga dengan mengamalkan ibadah-ibadah di atas dengan sebaik-baiknya, amin.

      Delete
  42. LINA
    16701261022
    PEP-A/2016

    Inti dari istighfar adalah memohon ampunan Allah atas semua dosa dan khilar yang kita lakukan. Istighfar perlu dilakukan sesering mungkin mengingat kita sebagai manusia adalah tidak pernah terlepas dari dosa. Orang yang selalu melanggengkan istighfar berarti orang yang telah meleburkan ego dan kesombongannya di hadapan Tuhan. Kesombongan adalah hal yang paling dibenci oleh Allah karena dapat menyebabkan kekufuran manusia.

    ReplyDelete
  43. Rhomiy Handican
    16709251031
    pPs Pendidikan Matematika B 2016

    Elegi menggapai ikhlas ini, berisi tentang bagaimana kita menuju ke syurga Allah dengan cara yang di ridhoi olehNya. Yang pertama adalah, kita harus memelihara waktu shalat kita, jangan sampai meninggalkan shalat. Karena saat di alam barzah nanti, amalan yang pertama kali di tanyakan adalah shalat kita. Jika kita tidak shalat, maka amalan yang lain-lainnya akan sia-sia. Yang kedua, selalu shalat berjamaah, karena pahala shalat berjamaah itu sangatlah besar sekali. Bertasbih kepada Allah setelah kita melakukan shalat. Selalu bershalawat kepada Nabi SAW dan keluarga serta para sahabatnya. Beristighfar, berdzikir, shalat sunat. Menyambung silaturahmi kepada sodara muslim, dan terutama kepada orangtua. Dan yang telah memiliki nistri atau suami, bergaulah dengan baik. Jika semua amalan tersebut sudah terlaksana dengan baik. syurga telah menunggu kita. Amiin.

    ReplyDelete
  44. Yurizka Melia Sari
    16701261003
    PPs PEP A 2016

    Pernah kita mendengar suatu lirik lagu, jika surga dan neraka tak pernah ada, masihkah kita bersujud padaNYA?
    Pertanyaan ini juga terngiang di kepala saya. Akan tetapi, setelah membaca elegi ritual ikhlas saya menemukan jawaban bahwa saya masih tetap akan bersujud pada Allah SWT atas segala nikmat dan keberkahan yang diberikan. Bagaimana dengan surga? Syurga adalah tempat bagi hamba-hambaNYA yang senantiasa bersyukur dan ikhlas di jalanNYA.

    ReplyDelete
  45. Yurizka Melia Sari
    16701261003
    PPs PEP A 2016

    Ustadz jalaludin rachmat menguraikan dengan baik bagaimana proyek kita sebagai manusia untuk menuju surganya Allah SWT. pertama adalah memelihara waktu shalat, tidak hanya bagaimana kita sholat 5 waktu akan tetapi menjaga waktu sholat kita dengan melaksanakannya di awal waktu bukan di akhir waktu kalau sempat. Semoga kita bisa menjadi hamba Allah yabg yang selalu menjaga dan memelihara waktu sholat kita, Aamiin.

    ReplyDelete
  46. Yurizka Melia Sari
    16701261003
    PPs PEP A 2016

    Kedua: Menghadiri Salat Berjamaah

    Shalat berjamaah lebih mulia daripada kita sholat sendiri. Bahkan Allah pun memberikan pahala yang lebih besar bagi hambanya yang mau sholat berjamaah dan memuliakan masjid. Masihkah kita mengingkarinya?

    ReplyDelete
  47. Yurizka Melia Sari
    16701261003
    PPs PEP A 2016

    Ketiga: Bertasbih dengan Tasbih Azzahra, Terutama setelah Salat.

    Mungkin tanpa kita sadari, bahkan saya sendiri tergesa-gesa setelah melakukan sholat untuk melanjutkan pekerjaan. Padahal setelah sholat merupakan waktu yang mustajabah untuk berdoa dan waktu kita bertasbih menyebut kebesaran Allah SWT. Semoga kita selalu mengamalkan hal ini, Aamiin.

    ReplyDelete
  48. Yurizka Melia Sari
    16701261003
    PPs PEP A 2016

    Keempat: Selalu Membaca Shalawat Kepada Muhammad dan Keluarganya

    Semoga sholawat serta salam selalu tercurahkan kepada baginda Rasulullah SAW serta syafaatnya dapat melindungi kita. Semoga sholawat ini tidak hanya kita lakukan sewaktu pengajian bahkan kalau kita ingat. Akan tetapi menjadikan sebagai kebiasaan yang membawa kita menuju surganya Allah SWT, Aamiin.

    ReplyDelete
  49. Yurizka Melia Sari
    16701261003
    PPs PEP A 2016

    Kelima: Selalu Beristighfar dan Memohonkan Ampunan
    Dari para Imam as:”Sebaik-baik ibadat adalah istighfar”. Rasulullah SAW bersabda:”Segala sesuatu ada obatnya; dan obat dosa adalah istighfar”

    Manusia adalah tempatnya salah dan lupa. Sehingga seberapa beratnya kita mengamalkan Istighfar. Bahkan sudah dijelaskan pada hadits sebelumnya sebaik-baik ibadah adalah istighfar, mohon ampun atas kesalah yang kita perbuat. Semoga kita selalu menjadi hamba yang mengamalkan istighfar, Aamiin.

    ReplyDelete
  50. Sumbaji Putranto
    16709251028
    Pend. Matematika S2 Kelas B

    Subhanallah sekali ketika saya selesai membaca elegi ritual ikhlas 28 ini saya merasa mendapat pembelajaran baru perihal islam. Surga memang memang sesuatu yang dijanjikan oleh Allah yang akan diberikan kepada umatnya yang menaati dan menjalankan perintah-Nya dan juga menjauhi larangan-Nya. Secara teori memang sepertinya mudah untuk dijalankan akan tetapi terdapat banyak godaan dalam menjalankannya. Sehingga butuh suatu keikhlasan dalam menjalaninya.Semoga kita semua dapat menjadi hamba Allah yang selalu mendapat Rahmat-Nya. Aamiin.

    ReplyDelete
  51. Martalia Ardiyaningrum
    16701269002
    PEP Kelas A PPs UNY

    ”Manusia yang paling mengabaikan aku adalah orang yang apabila disebut namaku di hadapannya, dia tidak bershalawat kepadaku. Shalawat kepadaku dan keluargaku menghilangkan kemunafikan”
    Semoga kita tergolong orang-orang yang selalu mengingat Allah SWT dan Rasulullah. Amiiin..

    ReplyDelete
  52. Martalia Ardiyaningrum
    16701269002
    PEP Kelas A PPs UNY

    ”Sebaik-baik ibadat adalah istighfar”
    Istighfar merupakan cara manusia untuk menyadari bahwa apa yang dilakukan tidak bisa luput dari salah dan khilaf. Istighfar akan semakin mendekatkan diri manusia kepada Allah SWT, karena istighfar bukti manusia mengakui betapa kecil dirinya, dan betapa Agungnya Allah SWT.

    ReplyDelete
  53. Martalia Ardiyaningrum
    16701269002
    PEP Kelas A PPs UNY

    Rasulullah SAW bersabda:”Barang siapa berkata Subhanallah, Allah tanamkan baginya satu pohon di syurga. Barang siapa membaca Alhamdulillah, Allah tanamkan baginya satu pohon di syurga. Barang siapa berkata La ilaha ilallah, Allah tanamkan baginya satu pohon di syurga”.
    Terimakasih Prof.Marsigit, selalu mengingatkan kami untuk selalu memuji Allah SWT dengan segala Kesucian-Nya.

    ReplyDelete
  54. Martalia Ardiyaningrum
    16701269002
    PEP Kelas A PPs UNY

    Rasulullah SAW juga bersabda:”Apabila seorang isteri tidak menyayangi suaminya dan membebaninya untuk melakukan sesuatu di luar kemampuannya, tidak akan diterima dari perempuan itu kebaikan apa pun dan ia akan menemui Allah dalam keadaan murka padanya”.
    Isteri mengabdi kepada suami untuk mendapat ridho Allah SWT. Menyayangi suami adalah ibadah dan ladang pahala bagi seorang isteri. Semoga saya bisa menjadi isteri yang dapat selalu berbakti kepada suami. Amiiiiin.
    Terimakasih Prof. Marsigit selalu mengingatkan saya untuk terus berupaya melakukan kebaikan melalui elegi-elegi yang telah ditulis ini.

    ReplyDelete
  55. ROFI AMIYANI
    S2 P.MAT A 2016
    16709251004

    Sibuk dengan urusan duniawi membuat kita lalai akan kewajiban kita sebagi umat Islam. Surga merupakan tempat yang indah setelah kehidupan kita di dunia ini. Hanya dengan menjalankn kewajiban kita sebagai umat Islam surga akan kita dapatkan.

    ReplyDelete
  56. Khaerudin
    16701261009
    S3 PEP Kelas A 2016

    Sebaik-baiknya tujuan seorang manusia dalam beribadah dan penghambaan kepada Allah Rabbul’idzaati yaitu supaya Allah menurunkan rahmat-Nya. Karena bila Allah memberikan rahmat maka dipastikan itu akan turun beriringan dengan ridha Allah terhadap hamba-Nya, dan keluasan ridha-Nya jauh lebih besar dari Surga dengan segala isinya.

    ReplyDelete
  57. Khaerudin
    16701261009
    S3 PEP Kelas A 2016

    Alangkah lebih baiknya apabila kita beribadah kepada Allah tidak semata-mata hanya karena ingin dimasukkan ke dalam Surga, melainkan kita beribadah dikarenakan ingin mendapatkan rahmat dan ridha-Nya, karena itu adalah suatu sikap yang harus dimiliki oleh setiap hamba yang mengaku beriman kepada Allah Tabaraaka wa Ta’aala.

    ReplyDelete
  58. Khaerudin
    16701261009
    S3 PEP Kelas A 2016

    Tasyakuran ke Satu (Proyek Surga) menurut Jalaludin Rahmat yang disampaikan dalam elegi ritual ikhlas 28; 1) Memelihara waktu shalat, 2) Menghadiri shalat berjamaah, 3) Bertasbih dengan tasbih az-zahra, terutama setelah shalat, 4) Membaca shalawat kepada Baginda Rasulullah dan keluarganya, 5) Selalu beristighfar dan memohon ampun, 6) Selalu berzikir kepada Allah, 7) Salat-salat sunat harian, 8) Menyambung silaturahmi dengan orang tua, 9) Menyesali dosa, 10) Bergaul baik antara suami isteri.

    ReplyDelete
  59. Khaerudin
    16701261009
    S3 PEP Kelas A 2016

    Bahwa shalat adalah suatu kewajiban bagi setiap orang beriman. Melaksanakan shalat, berarti menegakkan agama dan tegaklah agamanya. Orang beriman yang tidak melaksanakan kewajiban shalat, berarti rusak dan hancur agamanya. Marilah kita melaksanakan shalat lima waktu dengan dasar lillah dan kita jaga dan pelihara dengan baik sesuai dengan syarat rukun dan qabulnya shalat.

    ReplyDelete
  60. Khaerudin
    16701261009
    S3 PEP Kelas A 2016

    Shalat merupakan persoalan pertama yang akan ditanyakan oleh Allah di pengadilan akhirat kelak, mustinya shalat menjadi sumber motivasi utama bagi seorang muslim untuk jalani kehidupan.

    ReplyDelete
  61. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    PPs PEP B 2016

    Bahwa memanjatkan syukur kepada Allah itu banyak macamnya. Namun alangkah lebih jika bentuk kesyukuran itu tidak dilebih-lebihkan dan tidak melanggar tuntunan syari'at. Apabila kesyukuran itu berbentuk pengajian maka dan diniatkan untuk kebaikan dan bernilai ibadah di sisi Allah, maka kita hanya akan berharap kepada ridha dari-Nya.

    ReplyDelete
  62. Sungguh beruntung orang-orang yang dapat menjaga waktu sholatnya, karena suatu saat nanti Alloh akan menjaga waktunya dalam kemanfaatan.

    Memet Sudaryanto
    S3 PEP
    16701261005

    ReplyDelete
  63. Manusia yang bisa menjaga sepuluh hal yang dapat menuntun kita ke surga adalah manusia yang senantiasa baik dalam jalan Alloh. Manusia-mansuia yang mengamalkannya tentu akan dijaga oleh Alloh. Menjaga waktu dan memelihara waktu sholat adalah sebuah cara yang sulit di era globalisasi ini.

    Memet Sudaryanto
    S3 Pep
    16701261005

    ReplyDelete
  64. Salah satu yang sulit dihindari adalah perbuatan-perbuatan yang mengganggu ibadah, seperti menggobrol, ghibah, dll. Akibatnya, kadang seseoarang sulit menghadiri sholat berjamaah dan bertasbih untuk selalu mengingat nama Alloh.

    Memet Sudaryanto
    S3 Pep
    16701261005

    ReplyDelete
  65. Hal lain yang manusia perlu siapkan adalah selalu membaca shalawat kepada Rasulullah dan keluarga Rasulullah, juga pentingnya beristighfar dan memohonkan ampunan, selalu berdzikir kepada Allah, mengerjakan sholat sunnah harian, menyambungkan silaturahmi terutama dengan orang tua, menyesali dosa, dan bergaul baik antara suami istri.

    Memet Sudaryanto
    S3 Pep
    16701261005

    ReplyDelete
  66. Manusia yang selalu berbuat baik, tentu akan mendapatkan keridhoan Tuhan, jangan lupa kunci ikhlas yang menjadi dasar tiap perlakuan manusia sehari-hari

    Memet Sudaryanto
    S3 Pep
    16701261005

    ReplyDelete
  67. Bismillah
    Ratih Kartika
    16701251005
    PPS PEP B 2016

    Assalamualaikumwarahmatulahiwabarrakatuh.
    1. Memelihara waktu salat
    2. Menghadiri salat berjamaah
    3. Bertasbih dengan tasbih Azahra, terutama setelah salat
    4. Selalu membaca salawat kepada Muhammad dan keluarganya
    5. Selalu beristighfar dan memohonkan ampunan
    6. Selalu berzikir kepada Allah
    7. Salat-salat sunat harian
    8. Menyambungkan silaturahmi terutama kepada orang tua
    9. Menyesali dosa
    10. Bergaul baik antara suami isteri

    Cara cara diatas adalah cara cara untuk bisa memasuki surga Allah, tempat kembali terbaik impian seluruh ummat manusia. Itu semua adalah bagian dari berusaha dan berdoa kepada Allah agar Ia memberkahi dan berkenan surgaNya kita ketuk dan masuki bersama sanak keluarga.



    Terimakasih.
    Wassalamualaikumwarahmatulahiwabarakatuh.

    ReplyDelete
  68. “Wahai Malaikat Rakhmat, aku melihat orang-orang sesudahku masuk syurga sedangkan aku diakhirkan di sini. Mengapa di akhir-akhir?” Para malaikat berkata kpadanya: “Aku mengakhirkan kamu karena kamu mengakhirkan shalatmu di dunia”
    Maka begitu mendengar adzn segeralah kita mengambil wudlu dan sujud kepadanya. Hal ini akan menjaadikan hati kita tenang juga tidak akan keburu-buru waktu sholat akan habis. Dan akan memperlancar kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan.

    ReplyDelete
  69. Rasulullah SAW bersabda kepada Jibril: “Apa yang diperoleh umatku dalam shalat berjamaah?” Jibril berkata:”Wahai Muhammad, setiap rakaat yang dilakukan seorang mukmin bersama imam jamaah lebih baik baginya daripada bersedekah seratus ribu dinar kepada orang miskin; satu sujud yang ia lakukan bersama imam lebih baik daripada ibadat satu tahun. Tidak ada azab kubur dan kepedihan hari kiamat bagi orang yang menjalankan sunah dan jamaah”. Rasulullah SAW bersabda: “Takbir yang pertama bersama imam lebih baik daripada dunia dan segala isinya”
    Maka dengan dua orang pun sudah berjama'ah, oleh sebab itu tidak ada alasan untuk tidak bisa berjama'ah. Dengan berjama'ah sebenarnya adalah meningkatkan tali kebersamaan bersilaturohim dengan para jama'ah untuk selalu menyayangi baik suka maupun duka.

    ReplyDelete
  70. Dari Abi Ja’far as:”Barang siapa bertasbih dengan tasbih Fathimah kemudian membaca istighfar kepada Allah, maka Allah akan mengampuninya. Tasbih itu seratus dengan lisan tetapi seribu dengan timbangan, mengusir setan dan membuat rida Allah Al-Rahman”
    Dengan memperbanyak bertasbih maka pengampunan dosa akan terbuka bagi kita yang taubat atas kesalahan yang telah kita lakukan. Dengan melipatgandakan akan menjauhkan kita dari setan.

    ReplyDelete
  71. Rasulullah SAW bersabda:”Manusia yang paling mengabaikan aku adalah orang yang apabila disebut namaku di hadapannya, dia tidak bershalawat kepadaku. Shalawat kepadaku dan keluargaku menghilangkan kemunafikan”
    Dengan bershalawat menandakan bahwa yang kita ikuti adalah hanya Nabi Muhammad SAW, kita akan selalu diingatkan bahwa kita ini tidak ada apa-apanya , kita masih memikirkan dunia sangat berbedah dengan Nabi kita SAW, maka dengan bershalawat maka kita akan selalu berintrospeksi diri., akan terhindar dari sifat kesombongan.

    ReplyDelete
  72. Dari para Imam as:”Sebaik-baik ibadat adalah istighfar”. Rasulullah SAW bersabda:”Segala sesuatu ada obatnya; dan obat dosa adalah istighfar”
    Mohon ampun atas segala kekhilafan adalah dengan mengucapkan istiqhfar berulang-ulang dengan hati yang ikhlas berjanji pada diri sendiri untuk tidak akan mengulanginya.

    ReplyDelete
  73. Rasulullah SAW bersabda:”Barang siapa berkata Subhanallah, Allah tanamkan baginya satu pohon di syurga. Barang siapa membaca Alhamdulillah, Allah tanamkan baginya satu pohon di syurga. Barang siapa berkata La ilaha ilallah, Allah tanamkan baginya satu pohon di syurga”.
    Maka setiap sholat ada tiga bacaan dan kali tigapuluh tiga maka sebanyak itu akan kali lima waktu wajib sholat belum yang habis sholat sunah... subhanallah dalam sehari sudah berapa ratus kita menanm pohon kebaikan di surga. Semoga kita mampu menjalaninya dengan benar dan ikhlas.... aamiin yarobil'alamiin...

    ReplyDelete
  74. Diriwayatkan melalui para Imam as:”Silatirahmi memakmurkan rumah dan menambah usia walaupun para pelakunya bukan orang baik-baik. Silaturahmi membersihkan amalan, melipatgandakan kekayaan, menolak kecelakaan, dan menangguhkan kematian”
    Yang diutamakan adalah bersilaturohim dengan keluarga terutama dengan orang tua kita karena beliaulah kita ada dan mampu mengada. Selain bersilaturohim selain pada orang tua kita tapi lebih baik dengan keluarga dahulu sebelum keluar rumah. Karena keluarga adalah jiwa kita. Dalam suka dan duka sampai akhir hayat adalah keluarga kita.

    ReplyDelete
  75. Dari Imam Ali as:”Penyesalan atas keburukan akan mendorong orang meninggalkan keburukan”. Dari Abu Abdillah as:”Siapa yang berbahagia dengan perbuatan baik dan berduka karena perbuatan buruk, pastilah dia seorang mukmin”
    Menjalankan perintahNya dan menjauhi laranganNya adalah orang mukmin. Maka perbuatan yang baik mendapatkan pahala dan perbuatan buruk akan mendapatkan dosa pasti orang mukmin memahami hal ini.

    ReplyDelete
  76. Rusulullah SAW bersabda:”Yang paling baik di antara kamu adalah yang paling baik terhadap keluarganya; dan aku adalah yang paling baik terhadap keluargaku”. Rasulullah SAW juga bersabda:”Apabila seorang isteri tidak menyayangi suaminya dan membebaninya untuk melakukan sesuatu di luar kemampuannya, tidak akan diterima dari perempuan itu kebaikan apa pun dan ia akan menemui Allah dalam keadaan murka padanya”
    Istri adalah belahan hati dan jiwa seorang suami jika sudah merasakan seperti ini maka segala apa baik kebaikan dan keburukan akan ditanggung bersama asal pada jalan Allah SWT. Maka sangat berdosa apabila istri bersuara lebih keras dan menolah untuk membantu dalam hal kebaikan.

    ReplyDelete
  77. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Allah SWT telah memberikan berbagai macam rahmat, dan karunia-Nya di dunia. Adapun nikmat yang Allah berikan di dunia, belumlah sebanding dengan nikmat surga yang seluas langit dan bumi. Setinggi-tingginya cita-cita adalah memperoleh ampunan dan surga-Nya. Banyak amalan yang menjadi penghantar masuk surga. Seperti yang telah dijelaskan dalam elegi di atas. Semoga Allah SWT memberikan kekuatan dan keistiqomahan dalam melakukan segala aktivitas kebaikan di dunia. Aamiin.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id