Oct 20, 2010

The Relevant of Philosophy to Mathematics and Science Teachers




By Marsigit
Yogyakarta State University

The main benefit for Mathematics and Science teachers when they learn the philosophy of Mathematics and Science are to develop their vision about Mathematics and Science education and all of its aspects.

The first book addresses the central problem of the philosophy of Mathematics and Science education i.e. the impact of conceptions of Mathematics and Science and Mathematics and Science education on Mathematics and Science educational practices.

The second book highlights contemporary thinking on philosophy and emphasizes the importance of language in understanding Mathematics and Science.

The teachers can also develop their discussion on:
how mathematics and science invented or discovered by the students,
what methodology is involved,
how does mathematics and science knowledge achieve its status as warranted knowledge,
how the students develop their mathematical and science experiences,
what is the value of Mathematics and Science,
the aim of Mathematics and Science education,
the genesis of learning mathematics and science,
the genesis of teaching mathematics and science,
the genesis of assessment,
the genesis of students’ learn Mathematics and Science,
the genesis of teaching learning resources, and
the genesis of school Mathematics and Science.

The structures in a tradition¬ally-organized classroom can be linked readily with the routine classroom activities of teacher-exposition and teacher-supervised desk work.

If the teacher wants to introduce new ideas or skills s/he may feel it is appropriate to carry out teacher-led discussion.

In this case the teacher may be faced with difficult styles of classroom interaction.

Teacher-led discussion as : individual pupils have difficulty concentrating because they are not fully involved, shy pupils will fear exposure, the teacher is wholly occupied and the progress of the entire class can be interrupted by the misbehavior of a single pupil.

On the other hand, if discussion takes place in a group, as he suggests, individual pupils have far more opportunity to speak, pupils are more likely to develop their answers, pupils are more involved and therefore less likely to have problems with their concentration, shy pupils can speak with less fear of exposure, the teacher is freed to monitor/intervene/assess/talk to individuals, the teacher can deal with distractions and misbehavior without stopping the work of the entire class.

Mathematics and Science teaching is about facilitating the learning process of pupils, and thus good teaching requires a combination of subject competency, a flexibility of teaching style and strategy, and a concern for the emotional and social as well as the cognitive need of pupils.

Further, she suggested that this requires the use of a range of teaching styles and a focus on pupils' conceptions and ways of working as well as on mathematical content.

It is suggested that approaches to the teaching of a particular piece of Mathematics and Science need to be related to the topic itself and the abilities and experience of both teachers and children; that methods which may be extremely successful with one teacher and one group of children will not necessarily be suitable for use by another teacher or with another group of children.

In-depth study of philosophy of Mathematics and Science education may lead to the conclusion that different philosophical position has significantly different educational implications.

Concepts for the teaching and learning of Mathematics and Science – more specifically: goals and objectives, syllabi, textbooks, curricula, teaching methodologies, didactical principles, learning theories, Mathematics and Science educational research, teachers’ conceptions of Mathematics and Science and Mathematics and Science teaching as well as students’ perception of Mathematics and Science – carry with them or even rest upon particular philosophical and epistemological views of Mathematics and Science

Teaching Mathematics and Science is difficult, because students find learning Mathematics and Science difficult.

Teachers generally find it easier not to change their styles of teaching, which they have probably developed over a period of increasingly successful years in a school.

An Individual teacher may hold very firm views on a particular issue in mathematical education, but must at the same time accept that very different, even completely contrary, views may be held by a colleague in the same school.

Further, he claimed that some teachers believe that Mathematics and Science should be a silent activity with each of the children always producing their own work, but others teacher value discussion between pupils.

Above all indicate the importance of the study of philosophy and theoretical ground of Mathematics and Science education.

22 comments:

  1. Dita Nur Syarafina
    NIM. 16709251003
    PPs Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Keuntungan guru matematika ketika mempelajari filsafat adalah guru dapat mengembangkan pandangannya tentang pendidikan matematika dan ilmu pendidikan serta memahami karakteristik tiap siswa. Guru juga daoat menyadari hakekatnya sebagai guru, kewajiban dan haknya, batas-batasnya sehingga guru tidak sampai menzalimi siswanya dengan menutupi sifat siswa. Guru dapat memahami bahwa dalam memahamkan siswa dibutuhkan kemampuan untuk berfikir secara intensif dan ekstensif.

    ReplyDelete
  2. Budi Yanto
    16709251024
    P. Mat S2 Kelas B 2016

    Manfaat belajar filsafat dalam pembelajaran matematika adalah dapat belajar bahwa setiap siswa memiliki karakteristiknya masing-masing. Bagaimana membangun pengetahuan siswa, bagaimana diskusi yang dapat diterima oleh siswa dan lain-lain. salah satu membangun pengetahuan dan memberikan kesempatan siswa dalam mengkomunikasikan pikirannya adalah dengan diskusi kelompok. Dengan pembelajaran diskusi kelompok guru menyarankan setiap siswa aktif mengkomunikasikan, mengembangkan jawaban, dan memberikan kebebasan siswa untuk mengeksplorasi kemampuannya sendiri. sedangkan guru hanya sebagai pembimbing yang memantau, mengarahkan dan memberikan masukan kepada siswa sesuai ruang dan waktunya.

    ReplyDelete
  3. Areani Eka Putri
    12301249003
    Pend. Matematika Sub'12

    Dengan penerapan filsafat dalam pembelajaran berarti secara tidak langsung proses belajar mengajar terutama matematika akan berjalan dengan efektif dan efisien. Dengan adanya pelajaran filsafat, maka guru akan lebih memahami karakter dari siswa-siswanya. Belajar filsafat adalah berpikir, sehingga guru dapat mengetahui sejauh mana pola pikir siswa-siswanya dalam memahami matematika. Pada pelajaran filsafat, pendidikan karakter juga tercakup di dalamnya. Pendidikan karakter meliputi material, formal, normatif dan spiritual. Dan dalam pembelajaran di sekolah dan perguruan tinggi, keempat faktor tersebut merupakan salah satu peran filsafat dalam pembelajaran di sekolah

    ReplyDelete
  4. Mifta Tyas Laksita Sari
    13301241005
    Pend. Matematika A 2013

    Guru memiliki banyak manfaat dalam mempelajari filsafat. Dengan mempelajari filsafat guru lebih memahami perannya sebagai guru dalam mengajar dan mengatasi kesulitan-kesulitan mengajar dan kesulitan siswa karena keanekaragaman siswa dalam kelas.

    ReplyDelete
  5. Mifta Tyas Laksita Sari
    13301241005
    Pend. Matematika A 2013

    Sebagai calon guru, bukan hanya calon guru matematika yang harus mempelajari filsafat, namun guru secara umum. Guru memiliki peran sentral dalam dunia pendidikan. Pendidikan sangat erat kaitannya dengan filsafat. Sangat dibutuhkan filsafat karena masalah dalam dunia pendidikan tidak hanya menyangkut pelaksanaan pendidikan tetapi juga masalah-masalah lain yang lebih kompleks.

    ReplyDelete
  6. Bertu Takaendengan
    16709251034
    P.Mat B

    Guru memegang peranan yang sangat krusial dalam ketercapaian pembelajaran di sekolah, dengan mempelajari filsafat diharapkan guru dapat mengembangkan cara mengajar yang akan diterapkannya dengan memperhatikan tingkat kesukaran materi dan kemampuan karakteristik siswa. Membelajarkan matematika adalah hal yang sulit karena dalam persepsi siswa sudah menganggap bahwa matematika itu sulit. Sehingga dalam proses pembelajaran guru harus mampu menyesuaikan fasilitas belajar yang digunakan dengan kebutuhan siswa sebab ada siswa yang menginginkan pembelajaran dengan berdiskusi agar siswa dapat terlibat aktif dalam berkomunikasi dan mengemukakan apa yang dia pikirkan tapi ada juga siswa yang menginginkan pembelajaran yang tenang dengan sedikit aktivitas sehingga siswa lebih dibebaskan untuk belajar dan memproduksi secara mandiri pengetahuannya.

    ReplyDelete
  7. Azwar Anwar
    16709251038
    Pendidikan Matematika S2 Kelas B 2016

    Seorang guru, baik sebagai pribadi maupun sebagai pelaksana pendidikan, perlu mengetahui filsafat pendidikan.Guru tidak hanya mengajar sesuai dengan bidangnya saja tetapi pentingnya sebuah pembelajaran filsafat dalam menerapkan di kelas. Pendidikan membutuhkan filsafat karena masalah-masalah pendidikan tidak hanya menyangkut pelaksanaan pendidikan yang dibatasi pengalaman. Karena pentingnya sebuah filsafat pendidikan untuk tujuan pendidikan itu sendiri dan juga langsung berhubungan dengan tujuan hidup kita sebagai manusia bermasyarakat.

    ReplyDelete
  8. ROFI AMIYANI
    S2 P.MAT A 2016
    16709251004

    Manfaat utama untuk guru matematika dan IPA ketika mereka belajar filsafat adalah dapat mengembangkan visi mereka tentang pendidikan matematika dan IPA besrta semua aspeknya. Apa yang saya dapatkan di sini adalah, jika kita sudah mempelajarinya, maka ketika ada beberapa masalah di kelas, guru dapat dengan mudah membuat sebuah inovasi dalam proses belajar mengajar. Dalam hal ini, keterampilan mengajar yang dimiliki oleh guru menjadi sebuah barang penting. Keterampilan mengajar merupakan kompetensi profesional yang cukup kompleks, sebagai integrasi dari berbagai kompetensi guru secara utuh dan menyeluruh. Guru harus mengikuti perkembangan jaman terutama dengan kemajuan teknologinya dan juga harus membudayakan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan intuisinya. Guru tidak boleh lagi egois dengan metode ceramahnya tanpa memberikan kesempatan siswa untuk mengungkapkan ide kreatifnya.

    ReplyDelete
  9. Nilza Humaira Salsabila
    16709251026
    Pendidikan Matematika kelas B PPs 2016

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit bagi siswa. matematika yang bersifat abstrak dan banyak rumus yang harus dipahami merupakan beberapa di antara matematika dipandang menakutkan. Untuk itu matematika dalam jenjang SMP berusaha dibuat senyata (konkret) mungkin agar siswa lebih mudah menangkap informasi yang diberikan.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  10. Diah Nuraini Kartikasari
    13301241006
    Pend. Matematika A 2013

    Belajar filsafat dapat menjadikan seorang guru menjadi seorang pendidik yang lebih berkualitas. Pembelajaran matematika yang dilandasi dengan pola pikir secara filsafat akan lebih membantu guru dalam memahami karakteristik masing-masing siswa di sekolah tempatnya mengajar.

    ReplyDelete
  11. Diah Nuraini Kartikasari
    13301241006
    Pend. Matematika A 2013

    Seorang guru perlu mempelajari filsafat untuk kepentingan secara pribadi maupun dalam hal pelaksanaan pendidikan di sekolah. Pembelajaran filsafat juga perlu diterapkan di kelas baik secara langsung maupun tidak langsung. Hal ini dilaksanakan karena permasalahan yang dihadapi dalam dunia pendidikan juga secara tidak langsung sedikit banyak pasti terjadi dalam kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan masyarakat.

    ReplyDelete
  12. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Filsafat ilmu itu adalah referensi bagi ranah filsafat yang lainnya tidak hanya untuk matematika saja, Karena filsafat itu adalah notabenya adalah ilmu olah fikir maka dapat disimpulkan bahwa olah fikir itu tidak akan lepas atau pasti akan memilki relevansi yang sangat erat dengan ilmu lainnya seperti Matematika, Fisika, biologi dst karena semua ilmu itu adalah sejatinya juga merupakan olah fikir. Berdasarkan prinsip dasar ini maka seorang guru dalam mempelajari filsafat sudah menjadi keharusan baginya karena filsafat itu juga adalah mengenal hakekeat terhadap segala hal secara mendalam dan kritis baik itu yang ada maupun yang mungkin ada , ini sangat bermanfaat dalam memdiik, membing siswanya sendiri agar bisa sebagai jembatan fasilitator bagi siswa dalam mencapai aktualisasi diri mereka masing-masing.

    ReplyDelete
  13. Intan Fitriani
    13301241024
    Pend. Matematika A 2013

    Tidak hanya kemampuan kognitif yang dibutuhkan untuk menjadi seorang guru. Diperlukan pula bagaimana cara untuk memahami perasaan siswa dan cara yang sesuai untuk manyalurkan ilmu tersebut kepada siswa. Karena hal itu, kita perlu mempelajari filsafat matematika. Banyak manfaat yang kita dapatkan ketika kita mempelajari filsafat matematika.

    ReplyDelete
  14. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    PPs PEP B 2016

    Filsafat sebenarnya ilmu untuk mencerahkan. Begitupun dengan illmu matematika. Ia juga mengajarkan tentang pencerahan. Berpikir kritis mutlak dimiliki oleh guru, apalagi guru matematika. Karena Guru matematika juga akan memahami bahwa sebenar-benar ia memahami matematika, maka sebenar-benar ia memahami filsafat. Sehingga guru matematika secara tidak langsung mengajarkan filsafat kepada murid-muridnya.

    ReplyDelete
  15. Bismillah
    RatihKartika
    16701251005
    PPS PEP B 2016

    Assalamualaikumwarahmatulahiwabarrakatuh
    Dalam pembelajaran matematika sebenarnya guru juga sudah mulai menerapkan ilmu filsafat. Dari intuisi, kemudian berpikir dalam dan luas serta menerapkan sisi spiritualitas dalam pembelajaran. Selain itu dengan berfilsafat seorang guru juga akan lebih memahami betapa banyaknya perbedaan antar siswa sehingga memotivasi beliau untuk mengerti keragaman siswa dan belajar untuk menyatukannya.


    Terimakasih.
    Wassalamualaikumwarahmatulahiwabarakatuh

    ReplyDelete
  16. Fitri Ayu Ningtiyas
    16709251037
    S2 P.Mat B UNY 2016

    Dalam mengajarkan suatu materi baru dan tujuan pembelajaran baru kepada siswa, ada baiknya guru dapat membimbing siswa melakukan diskusi dibawah bimbingan guru. Walaupun faktanya dikelas, guru akan menemukan hambatan-hambatan dalam upaya membangkitkan minat siswa untuk mengemukakan ide-ie dan gagasan, guru tidak perlu khawatir karena hal ini mungkin disebabkan karena siswa merasa tidak sepenuhnya terlibat, siswa malu mengemukakan ide, dan lain sebagainya sehingga peran guru diperlukan untuk dapat mendorong siswa berani dan mampu berpikir kritis.

    ReplyDelete
  17. Sumbaji Putranto
    16709251028
    Pend. Matematika S2 Kelas B

    Mempelajari filsafat menjadi salah satu hal penting untuk dilakukan oleh seorang pendidik. Dengan mempelajari filsafat maka pendidik dapat mengetahui bagaimana matematika dan ilmu pengetahuan diciptakan atau ditemukan oleh siswa, apa metodologi yang terlibat, bagaimana matematika dan ilmu pengetahuan mencapai status sebagai pengetahuan yang benar, bagaimana siswa mengembangkan pengalaman matematika dan ilmu pengetahuan mereka dan lain sebagainya. Selain itu dengan mempelajari filsafat seorang pendidik akan menjadi lebih bijak menurut saya. Karena dalam filsafat tidak mengenal benar dan salah. Yang ada yaitu ketidaktepatan pada ruang dan waktu. Maka ketika siswa melakukan kesalahan, guru tidak serta merta menjudge bahwa siswa salah, siswa bodoh, namun tentu guru akan menjadi lebih bijak dalam menyikapinya. Menggunakan ketidaktepatan yang dibuat siswa sebagai ujung tombak perbaikan bagi pembelajaran selanjutnya.

    ReplyDelete
  18. Misnasanti
    16709251011
    PPs PMAT A 2016

    Manfaat utama untuk Matematika dan Ilmu Pengetahuan guru ketika mereka belajar filsafat Matematika dan Ilmu Pengetahuan adalah untuk mengembangkan visi mereka tentang pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan dan semua aspeknya. Jika kita sudah untuk mempelajarinya, maka jika ada beberapa masalah dalam kelas bahkan dari siswa atau metode kami dalam belajar, guru dapat dengan mudah membuat sebuah inovasi dalam proses belajar mengajar. Guru harus paham tentang filsafat, mengikuti perkembangan jaman terutama dengan kemajuan teknologinya dan juga harus membudayakan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan intuisinya.

    ReplyDelete
  19. Moh. Bayu Susilo
    16709251012
    S2/P. Matematika/A/2016

    Dalam pengajaran matematika menjadi sangat penting bagi seorang guru untuk memahami filsafat dari matematika tersebut. Karena dengan memahami filsafat, seorang guru menjadi mengerti metode-metode yang sesuai untuk diterapkan pada setiap peserta didik. Sehingga guru juga dapat memahami aspek psikologi dari siswa dan apa yang diinginkan oleh siswa tersebut. Sehingga proses pembelajaran menjadi aktif dan efektif.

    ReplyDelete
  20. NUR AZIZAH
    16709251017
    PMAT KELAS A PPS UNY 2016

    Banyak diantara kita yang memandang filsafat tidak relevan dengan pengembangan kompetensi kita sebagai pendidik. Padahal manfaat mempelajari filsafat terlebih khususnya bagi guru matematika dan ilmu pengetahuan adalah bahwa filsafat membantu mengembangkan visi mereka tentang pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan dan semua aspeknya. Dengan mempelajari filsafat maka kita akan dapat berpikir dengan kritis sehingga kita dapat menangkap isu-isu yang dapat dijadikan bahan kajian bersama dalam rangkan pengembangan pendidikan matematika.

    ReplyDelete
  21. RAHMANITA SYAHDAN
    16709251013
    PPs Pmat A 2016

    Bismillahirrahmanirrahim
    Filsafat mengambil peran penting karena dalam filsafat kita bisa menjumpai pandangan-pandangan tentang apa saja (kompleksitas, mendiskusikan dan menguji kesahihan dan akuntabilitas pemikiran serta gagasan-gagasan yang bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan intelektual (Bagir, 2005).
    Ilmu secara harfiah tidak terlalu berbeda dengan science yang berasal dari kata scire. Namun ilmu memiliki ruang lingkup yang berbeda dengan science (sains). Sains hanya dibatasi pada bidang-bidang empirisme – positiviesme sedangkan ilmu melampuinya dengan nonempirisme seperti matematika dan metafisika (Kartanegara, 2003). Berbicara mengenai ilmu (sains) maka tidak akan terlepas dari filsafat. Tugas filsafat pengetahuan adalah menunjukkan bagaimana “pengetahuan tentang sesuatu sebagaimana adanya”.

    ReplyDelete
  22. Aprisal
    16709251019
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Assalamu alaikum

    Filsafat merupakan akar dari semua ilmu pengetahuan yang ada tidak terkecuali matematika dan ilmu pengetahuan alam. Pentingnya para pelaku pendidikan khususnya matematika dalam mempelajari filsafat adalah mereka dapat membangun dan mengembangkan pandangan,pemikiran, dan visi misi mereka tentang pendidikan. Dari filsafat juga para pelaku pendidikan khususnya guru dapat memahami berbagai macam karakteristik peserta didiknya yang begitu beragam sehingga dapat diterapkan paradigma pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Selain itu dalam filsafat, menurut Kant ada yang namanya intuisi, di mana intuisi ini sendiri sangatlah bermanfaat bagi peserta didik dalam bermatematika dan ilmu-ilmu exact lainnya.

    Waalaikum salam wr.wb

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id