Feb 12, 2013

Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 9: School Mathematics




Oleh Marsigit

Ebbutt and Straker (1995) mendefinisikan SCHOOL MATHEMATICS, yang kemudian disebut saja sebagai Hakekat Matematika Sekolah sebagai berikut:
1. Matematika adalah kegiatan penelusuran pola atau hubungan
2. Matematika adalah kegiatan problem solving
3. Matematika adalah kegiatan investigasi
4. Matematika adalah komunikasi


Itulah hakekat matematika yang selama ini di pandang sebagai alternatif agar matematika di sekolah tampak lebih ramah dan menyenangkan bagi diri siswa.

35 comments:

  1. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs Pendidikan Matematika B 2016

    Dari keempat poin diatas tentunya memiliki hubungan yang saling keterkaitan antara point yang satu dengan yang lainnya. Keempat point tersebut tentu sebuah proses menuju pembelajaran yang inovatif. Matematika sebagai pola merupakan sebagai penelitian pola dari struktur, perubahan dan ruang.
    Di lain sisi kadang kala kegiatan problem solving menjadi momok menakutkan untuk siswa belajar matematika, karena kegiatan problem solving kadang kala tidak dikemas dalam kegiatan yang menyenangkan sehingga cenderung dihindari oleh siswa. oleh karena itu untuk menjalani hakekat matematika ini adalah suatu tantangan buat saya sendiri sebagai calon pendidik dimasa yang akan datang.

    ReplyDelete
  2. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Menurut Moorland yang mengungkapkan gunung es matematika, matematika sekolah berada jauh di dasar gunung es, sedangkan matematika perguruan tinggi (matematika formal) berada pada puncak gunung es. Hakikat dari matematika sekolah adalah matematika konkret, karena anak-anak yang bersekolah masih dalam tahap perkembangan operasional konkret, dan anak yang bersekolah di SMA sudah mulai dapat berpikir formal. Hakekat Matematika Sekolah sebagai berikut:
    1. Matematika adalah kegiatan penelusuran pola atau hubungan
    2. Matematika adalah kegiatan problem solving
    3. Matematika adalah kegiatan investigasi
    4. Matematika adalah komunikasi
    Matematika dapat dibuat nyata melalui 4 hal di atas. Tentunya siswa tidak dapat melakukan sendiri. Guru berperan dalam membimbing siswa untuk membangun matematika dalam pikiran dan mewujudkan dalam kehidupan nyata melalui pembelajaran di sekolah

    ReplyDelete
  3. Asri Fauzi
    16709251009
    Pend. Matematika S2 Kelas A 2016
    Pembelajaran matematika di sekolah mempunyai peranan sangat penting bagi siswa agar mempunyai bekal pengetahuan dan untuk pembentukan sikap serta pola pikirnya. Pembelajaran matematika di sekolah diharapkan juga dapat mengembangkan kemampuan dan membentuk pribadi yang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pembelajaran matematika sekolah adalah proses belajar mengajar matematika yang dilaksanakan di lingkungan sekolah yang berfungsi sebagai alat, pola pikir, dan pengetahuan serta bertujuan untuk mencapai tujuan pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  4. Bayu Adhiwibowo
    16709251014 / S2 Pend. Matematika
    Matematika adalah sebuah kegaiatn yang menghubungakn antara pengetahuan yang ada di dalam pikiran kita. Dalam kegaiatan mencari hubungan antar variabel pasti akan tercipta sebuah masalah , masalah itu kemudian diusahakan mencari pemecahannya dengan investigasi. Setelah mencapai hasil dari investigasi maka sebaiknya dikomunikasikan secara umum maka itu akan menjadi kebenaran matematika.

    ReplyDelete
  5. Kumala Kusuma Putri
    13301241020
    Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Assalamualaikum Wr.Wb.
    School mathematics? That is interesting topic. Ebbutt and Straker defines school mathematics in interesting way. According to the Ebbutt and Straker, school mathematics is fun. School mathematics is not scary but fun. But exactly, that is just applied in school to make students love mathematics. As we know, students in school dont like mathematics because they think that mathematics is really difficult. So, Ebbutt and Straker defines school mathematics to make mathematics is fun so that students will love it. After students love it, they will not think that mathematics is scary, but mathematics is fun eventhough mathematics is more difficult in every grade. They will have fun in solve mathematics problem because they love it. And that is teacher's task to make students love mathematics. I think enough. Thank you.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  6. RAIZAL REZKY
    16709251029
    S2 P.MAT B 2016

    dari keempat yang disebut sebagai hakekat matematika sekolah itu merupakan sesuatu yang menjadi bahan acuan dunia di abad 21 ini sebagai sesuatu pembelajaran yang diajarkan disekolah-sekolah. Karena keempat merupakan hal dasar yang perlu dimiliki oleh siswa dari bagaimana siswa itu dapat berpikir kritis, dapat melakuakn investigasi, dapat mencari pola suatu hubungan hingga komunikasi.

    ReplyDelete
  7. Bertu Takaendengan
    16709251034
    P.Mat B

    Matematika adalah pembelajaran yang paling tidak disukai dan paling dihindari oleh umumnya siswa di sekolah ini dikarenakan matematika bersifat kaku dengan dipenuhi oleh sejumlah rumus-rumus yang jauh dari dunia siswa. Sehingga perlunya mengembangkan pembelajaran yang inovatif dengan menjadikan matematika sebagai sebuah kegiatan penelusuran dalam memecahkan masalah yang dekat atau dapat dijangkau oleh penalaran siswa sehingga siswa tertarik dan terbangun rasa ingin tahu untuk menyelediki kasus yang dimaksud kemudian mampu menemukan kesimpulan dan mengkomunikasikan pendapatnya

    ReplyDelete
  8. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016

    Hakikat matematika yang disampaikan pada artikel di atas adalah kegiatan dari matematika yang seharusnya dapat dicapai oleh siswa setelah mempelajari matematika. Karena dalam bermatematika harus pandai untuk melihat keterkaitan matematika dan matematika dengan bidang lain, mampu mengkomunikasi matematika menjadi bahasa dan sebaliknya, dan mampu menyelesaikan masalah serta investigasi.

    ReplyDelete
  9. Nanang Ade Putra Yaman
    16709251025
    PPs PM B 2016

    Assalamualaikum

    SCHOOL MATHEMATICS sebagaimana yang disebutkan oleh Ebbutt and Straker (1995) pada elegi diatas baik salah satu, kombinasi atau gabungan keempat-empatnya saya kira yang mesti dicoba diterapkan dalam pendidikan kita khususnya pada tataran sekolah dasar dan menengah. Karna rohnya matematika adalah keempat item diatas secara struktur dan sistemik.

    ReplyDelete
  10. Fevi Rahmawati Suwanto
    16709251005
    PMat A / S2

    Matematika dan hakekatnaya memang harus dikemas sedemikian rupa khususnya bagi pendidikan anak seperti matematika sebagai kegiatan penelusuran pola atau hubungan, kegiatan problem solving, kegiatan investigasi, dan kegiatan komunikasi. Hal ini dikarenakan matematika tidak dapat diberikan secara formal layaknya matematika pada orang dewasa mengingat tahap perkembangan kognitifnya yang masih berada pada tingkat berpikir konkret.

    ReplyDelete
  11. Nauqi Aprilia Putri
    13301241023
    Pendidikan Matematika A 2013

    Dalam menyampaikan materi pelajaran apapun pada siswa, guru harus membuat suasana kelas menjadi nyaman, agar kelas juga menjadi efektif. Pembelajaran matematika merupakan kegiatan untuk memecahkan persoalan yaitu dengan menelusuri pola dan hubungan juga dengan mengkomunikasikannya.

    ReplyDelete
  12. Johanis Risambessy
    16701251029
    PPs PEP B 2016

    Hakekat matematika merupakan kegiatan yang harus dicapai siswa setelah mengalami proses pembelajaran matematika. Dengan mengikuti pembelajaran matematika di sekolah, siswa diharapkan dapat mengaitkan matematika dengan ilmu yang lain, sehingga dapat menemukan dan memecahkan masalah yang dihadapi.

    ReplyDelete
  13. Nilza Humaira Salsabila
    16709251026
    Pendidikan Matematika kelas B PPs 2016

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    School Mathematics untuk membangun intuiis matematika siswa. dalam pembelajaran di sekolah siswa haruslah membangun intuisi matematika mereka melalui kemampuan problem solving (kemampuan siswa dalam memecahkan permasalahan matematis, kemampuan menemukan pola atau menemukan hubungan dari fakta-fakta yang ada sehingga menjadi suatu kesimpulan, kemampuan investigasi (melakukan penyelidikan, peninjauan terhadap permasalahan yang mereka hadapi), dan kemampuan mengkomunikasikan.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  14. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Proses pembelajaran matematika di sekolah hendaknya berdasarkan kepada hakikat matematika itu sendiri.

    Adapun dari elegi tersebut, Hakekat Matematika Sekolah sebagai berikut:
    1. Matematika adalah kegiatan penelusuran pola atau hubungan
    2. Matematika adalah kegiatan problem solving
    3. Matematika adalah kegiatan investigasi
    4. Matematika adalah komunikasi
    Dari keempat point itu, harapannya tujuan pembelajaran matematika harapannya bisa tercapai. Sehingga, hal ini menjadi perhatian bagi seorang guru yang ingin memberikan pemahaman matematika.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  15. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    Dari hakekat matematika yang pertama, dalam pembelajaran matematika di sekolah dimana guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan kegiatan penemuan dan penyelidikan pola-pola untuk menentukan hubungan didalam materi pelajaran. Sehingga siswa terpancing untuk menemukan adanya urutan, perbedaan, perbandingan, pengelompokkan sehingga siswa akan membuat skema pada materi tersebut. Hakekat matematika yang kedua, guru perlu menciptakan susasan belajar matematika yang merangsang timbulnya persoalan matematika, membantu siswa memecahkan masalah menggunakan caranya sendiri. Dan yang ketiga, mendorong siswa memberikan alasan perlunya kegiatan matematika yang akan sebagai alat komunikasi.

    ReplyDelete
  16. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    School Mathematics untuk membangun intuiis matematika siswa. dalam pembelajaran di sekolah siswa haruslah membangun intuisi matematika mereka. Pembelajaran matematika di sekolah diharapkan juga dapat mengembangkan kemampuan dan membentuk pribadi yang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pembelajaran matematika sekolah adalah proses belajar mengajar matematika yang dilaksanakan di lingkungan sekolah yang berfungsi sebagai alat, pola pikir, dan pengetahuan serta bertujuan untuk mencapai tujuan pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  17. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Matematika sebagai sebuah kegiatan penelusuran dalam memecahkan masalah yang dekat atau dapat dijangkau oleh penalaran siswa sehingga siswa tertarik dan terbangun rasa ingin tahu untuk menyelediki kasus yang dimaksud kemudian mampu menemukan kesimpulan dan mengkomunikasikan pendapatnya.Matematika dan hakekatnaya memang harus dikemas sedemikian rupa khususnya bagi pendidikan anak seperti matematika sebagai kegiatan penelusuran pola atau hubungan, kegiatan problem solving, kegiatan investigasi, dan kegiatan komunikasi.

    ReplyDelete
  18. Arifta Nurjanah
    16709251030
    PPs PM B

    Matematika sejatinya bersifat abstrak sehingga sangat sulit untuk dijangkau oleh anak-anak. Sesuai dengan kodratnya, anak-anak berada di dalam ranah konkert. Maka agar matematika yang abstrak dapat dengan mudah bergaul dengan anak-anak, matematika harus dihadirkan dalam bentuk lain yang sesuai dengan perkembangannya. Matematika sekolah yang dicetuskan oleh Ebbutt dan Straker ini dapat menjadi salah satu solusinya, yaitu matematika sebagai kegiatan penelusuran pola atau hubungan, problem solving, investigasi, dan komunikasi. Hakekat matematika sekolah tersebut sebaiknya benar-benar diaplikasikan di dalam dunia pendidikan agar matematika bisa dipelajari oleh siswa.

    ReplyDelete
  19. Nur Dwi Laili Kurniawati
    13301241063
    Pendidikan Matematika C 2013

    Dalam hakekat matematika sekolah matematika adalah kegiatan penelusuran pola dan hubungan, kegiatan problem solving, kegiatan investigasi, kegiatan komunikasi. Maka dalam pembelajaran matematika disekolah tugas guru adalah memfasilitasi siswa dalam melakukan investigasi terhadap suatu fenomena atau masalah sehingga dalam investigasi tersebut siswa akan menemukan berbagai hal dan kemudian menelusuru pola atau hubungan hal yang satu dengan hal yang lainnya. Dari kegiatan invertigasi dan penelusuran pola inilah siswa nantinya akan belajar menyelesaikan masalah yang diberikan. Dan kemudian siswa harus difasilitasi untuk mengkomunikasikan hasil investigasi, penelusuran pola, serta hasil penyelesaian masalah yang telah dilakukannya. Dengan kegiatan tersebut siswa akan membangun sendiri pengetahuannya sehingga matematika disekolah akan terasa menyenangkan bagi siswa.

    ReplyDelete
  20. martin/Rwanda
    pps 2016 pep B
    let me take the second characteristic of school mathematics,Problem solving is a fundamental means of developing mathematical knowledge at any level. For this reason, it is one of the most important, if not the most important, aspect of doing mathematics. Before we begin to examine the elements of problem solving and examples of student work involving solving problems, it is important for us to share an understanding of what is meant by "problem solving."

    Problem solving means engaging in a task for which the solution method is not known in advance. In order to find a solution, students must draw on their knowledge, and through this process, they will often develop new mathematical understandings. Solving problems is not only a goal of learning mathematics, but also a major means of doing so.

    ReplyDelete
  21. Fatya Azizah
    16709251039
    Pendidikan Matematika B PPS UNY 2016

    matematika terbahi menjadi matematika murni dan matematika sekolah, kemuudian Ebbutt and Straker (1995) mendefinisikan matematika sekolah, yang kemudian disebut saja sebagai Hakekat Matematika Sekolah sebagai berikut:
    1. Matematika adalah kegiatan penelusuran pola atau hubungan
    2. Matematika adalah kegiatan problem solving
    3. Matematika adalah kegiatan investigasi
    4. Matematika adalah komunikasi
    bisa dilihat hal inilah yang menjadi fokus pendidikan matematika di sekolah, jadi seandainya tidak ada satupun dari empat aspek diatas yang terdapat dalam pembelajaran kita, ada baiknya kita mulai berikir untuk mencoba pemelajaran dengan cara yang berbeda.

    ReplyDelete
  22. Andi Sri Mardiyanti Syam
    16701251031
    PPs S2 PEP Kelas B 2016

    Bismillah.
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    Matematika sebagai matematika sekolah memang memiliki peranan yang sangat penting dalam membentuk softskill dan life skill anak nantinya, matematika sebagai penelusuran pola n hubungan sangat penting untuk membangun daya nalar anak, matematika sebagai problem solving sangat baik untuk lifeskill anak nantinya yang akan mereka gunanakan untuk memecahkan masalah sehari-hari. Matematika sebagai investigasi juga sangat diperlukan bagi pembangunan karakter dan rasa ingin tahu anak. Matematika sebagai komunikasi juga sangat baik untuk melatih kemampuan bahasa sang anak nantinya.

    Sekian, terima kasih.
    Wassalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  23. Mifta Tyas Laksita Sari
    Pend. Matematika A 2013
    13301241005

    Pada hakikatnya matematika itu adalah sebuah simbol, bersifat deduktif dan merupakan ilmu yang logis. Dalam pembelajaran matematika memang tidak lepas dari kegiatan penelusuran pola atau hubungan, pemecahan masalah, investigasi, dan komunikasi. Empat kegiatan di atas merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh siswa. guru hanya berperan sebagai fasilitator saja.

    ReplyDelete
  24. Mifta Tyas Laksita Sari
    Pend. Matematika A 2013
    13301241005

    Siswa berperan penuh dalam menemukan pola suatu hubungan dari konsep yang telah dupelajari. Siswa juga memecahkan masalah yang diberikan oleh guru, menginvestigasikannya, dan setelah selesai siswa berhak mengomunikasikan apa yang telah dipelajarinya. Pembelajaran akan lebih bermakna apabila siswa melakukan proses penemuan secara mandiri. Hakekat matematika sekolah memiliki beberapa tahapan yang sudah disesuaikan dengan tingkat siswa dan kemampuan siswa agar memiliki kemampuan berpikir intelektual.

    ReplyDelete
  25. Erni Anitasari
    16709251007
    S2 Pend. Matematika Kelas A

    Matematika sekolah memuat 4 hal seperti yang telah disebutkan di atas.
    Sebagai seorang pendidik, alangkah baiknya jika kita dapat menerapkan matematika sekolah tersebut pada saat mengajar. Misalnya saja melatih siswa melihat suatu pola atau hubungan dari sebuah fenomena, membiasakan melakukan problem solving dan penyelidikan, serta mengkomunikasikan hasil diskusi dan hasil pemikirannya kepada orang lain.

    ReplyDelete
  26. ULFA LU'LUILMAKNUN
    16709251022
    S2 Pendidikan Matematika 2016 Kelas B

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Ada empat hakekat matematika sekolah menurut Ebbutt and Straker. Dari keempat hakekat tersebut akan menjadi struktur pembelajaran matematika di sekolah. Mulai dari kegiatan penulusuran pola atau hubungan, kegiatan problem solving, kegiatan investigasi, dan kegiatan komunikasi. Oleh karena itu, guru harus bisa memfasilitasi siswa untuk mengembangkan kemampuan-kemampuan tersebut dengan memilih metode-metode yang baik dalam pembelajaran.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  27. Budi Yanto
    16709251024
    P. Mat S2 Kelas B 2016
    Matematika tidak lepas dari kehidupan manusia. Matematika diajarkan mulai dari taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi. Mulai dari dari berhitung sederhana sampai yang kompleks, mengaitkan satu konsep dengan konsep lainnya, serta. Maka pembelajaran matematika disekolah dilakukan dengan kegiatan penelusuran pola atau hubungan, problem solving, kegiatan investigasi, mengkomunikasikan matematika. oleh Karena itu guru harus melaksanakan pembelajaran yang dapat mengaitkan matematika sesuai dengan kehidupan disekitar siswa. Sehingga siswa dapat menerapkan dalam kehidupan sehari hari, tentang pemecahan masalah, komunikasi, penelitian dan lain sebagainya.

    ReplyDelete
  28. ROFI AMIYANI
    S2 P.MAT A 2016
    16709251004

    Hakekat matematika menururt Ebbutt and Straker yaitu matematika adalah kegiatan penelusuran pola atau hubungan, problem solving, investigasi, dan komunikasi. Sehingga, matematika itu dekat dengan kehidupan kita. Hal ini lah yang seharusnya lebih ditonjolkan pada matematika sekolah. Sehingga, dengan matematika, dapat mengolah pola pikir siswa. Pola pikir matematika ini lah yang nantinya akan berguna untuk menghadapi permasalahan di kehidupan sehari-hari ataupun di lingkungan kerja nantinya.

    ReplyDelete
  29. Sumbaji Putranto
    16709251028
    Pend. Matematika S2 Kelas B

    Hakekat matematika sekolah antara lain yaitu Matematika merupakan suatu kegiatan penelusuran pola atau hubungan, Matematika adalah kegiatan problem solving, Matematika adalah kegiatan investigasi, dan Matematika adalah komunikasi (Ebbutt and Straker). Sebagai suatu kegiatan, matematika digunakan sebagai aktivitas agar sekolah tampak lebih bersahabat dan menyenangkan bagi siswa. Jika diterapkan matematika murni dalam sekolah maka matematika akan dipandang sebagai sesuatu yang sangat rumit, membosankan, dan tidak menyenangkan. Inilah salah satu tugas kita sebagai guru untuk menciptakan pembelajaran sebagai suatu kegiatan yang menyenangkan bagi siswa.

    ReplyDelete
  30. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    dari postingan ini, lebih terlihat jelas bahwa ntuk menciptkan pembaelajran matematiika yang bisa menciptkan student center, meciptakan intuis pada anak adalah penelusuran pola (open ended), problem solving, investigasi dan komunikasi. keempat hal ini adalah elaorasi dari arkotetonik matematika, karen adlam prsesnya sebagai truna dari formal ke dalam hal nyata

    ReplyDelete
  31. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Yang menarik adalah hakekat matematika dibuat agar matematika tampak lebih ramah dan menyenangkan bagi siswa. Hal ini mungkin dapat menunjukkan matematika sebagai konsepsi kreatifitas pembelajaran. Namun yang jadi pertanyaan, apakah pembelajaran school mathematics ini mampu mencapai tujuan pembelajaran matematika yang sebenarnya? Karena secara pribadi, saya memandang matematika tidak se-simple empat poin di atas.

    ReplyDelete
  32. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Menambahkan sedikit terkait pembelajaran matematika yang ramah bagi siswa di sekolah. Menyadari akan peran penting matematika dalam kehidupan, maka matematika selayaknya merupakan kebutuhan dan menjadi kegiatan kegiatan yang menyenangkan. Sebagaimana dari tujuannya yakni melatih siswa berpikir dan bernalar dalam menarik kesimpulan. Karena kesimpulan dalam matematika dapat ditarik melalui proses berpikir dan bernalar. Maka, intuisi lagi-lagi memainkan peranan penting. Kolaborasi pembelajaran kooperatif dan aktif sepertinya layak dikembangkan dalam proses pembelajaran matematika yang “ramah” bagi siswa.

    ReplyDelete
  33. Jahidatu Lis Silmi I'la Alhaq
    16701251022
    S2 PEP B 2016

    Matematika adalah pola berpikir, pola mengorganisasikan pembuktian yang logik, matematika itu adalah bahasa yang menggunakan istilah yang didefinisikan dengan cermat, jelas dan akurat, representasinya dengan simbol dan padat, lebih berupa bahasa simbol yang mengenai ide daripada mengenai bunyi. Matematika adalah logika mengenai bentuk, susunan, besaran, konsep-konsep yang berhubungan dengan yang lainnya yang jumlahnya banyak.

    ReplyDelete
  34. RISKA AYU ARDANI
    16709251021
    PMAT KELAS B PPS UNY 2016

    Ebbutt and Straker (1995) mendefinisikan SCHOOL MATHEMATICS, yang kemudian disebut saja sebagai Hakekat Matematika Sekolah sebagai berikut:
    1. Matematika adalah kegiatan penelusuran pola atau hubungan
    2. Matematika adalah kegiatan problem solving
    3. Matematika adalah kegiatan investigasi
    4. Matematika adalah komunikasi

    Matematika adalah suatu ilmu jika matematika tersebut dibawa melalui sebuah pemikiran. Pemikiran tersebut terjadi atas pendugaan suatu teori yang kemudian diusahakan untuk dapat dideskripsikan, dibuktikan keabsahannya. Dengan demikian konsep tersebut dapat digunakan dalam memecahkan masalah. proses yang terjadi melibatkan proses komunikasi. Dimana matematika selalu memberikan jawaban permasalahan dalam bentuk abstrak, yang kemudian seharusnya diolah dan diinterpretasikan dalam menjawab sebuah masah. Disinilah kedudukan matematika tersebut berupa komunikasi.

    ReplyDelete
  35. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    PPs PEP B 2016

    Dalam mengebangkan inovasi dalam pendidikan matematika, guru perlu untuk mengubah paradiga mereka dari jenis matematika apa yang bisa diajarkan di sekolah. Ebutt dan Straker mengemukakan sekolah matematika itu yang bisa memiliki implikasi dalam matematika adalah yang pertama bahwa matematika adalah proses pencarian pola-pola dan hubungan. Yang kedua adalah matematika merupakan proses kreatif akan aktivitas, mengembangkan imajinasi, intuisi, dan penemuan seperti dalam hal membuat desain geometri, pemrograman komputer dsb. Yang ketiga adalah matematika sebagai panduan dalam pemecahan masalah. dan yang keempat adalah proses penerjemahan atau pemaknaan akan penyaluran ide dan informasi.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id