Feb 12, 2013

Peran Penelitian dalam Pengembangan Pendidikan Matematika




Penelitian merupakan kegiatan untuk mendapatkan pengetahuan yang disebut sebagai ilmu, dilakukan dengan prosedur tertentu yang bersifat sistematis dan didukung oleh suatu metodologi yang merupakan suatu pengkajian dari aturan-aturan dalam metodenya.

Sebagai seorang guru atau calon guru matematika yang inovatif dituntut untuk selalu melakukan pembahasan mengenai bagaimana kita mendapatkan pengetahuan tentang pembelajaran matematika yang sesuai dengan trend terkini. Pengetahuan kita tentang aspek pembelajaran matematika dikehendaki sebagi pengetahuan yang bersifat ilmiah yaitu suatu pemahaman tentang cara bekerjanya pikiran individu siswa dalam mempelajari matematika, bagaimana memperoleh pemahaman tentang aspek pembelajaran secara arkitektural serta bagaimana seorang guru memahami adanya analogi-analogi di antara pengetahuan siswa, pengetahuan guru dan pengetahuan praktisi tentang pembelajaran matematika. Usaha tersebut dapat dicapai jika dikembangkan suatu metode ilmiah yang memenuhi sifat koherensi dan sifat korespondensi. Penjelasan mengenai fenomena yang terjadi dalam proses belajar matematika sebagai suatu deskripsi kebenaran, memerlukan langkah-langkah empiris yang bersifat rasional untuk memperoleh teori tentang kebenaran dan idealitas praktek pembelajaran matematika. Pengetahuan demikian pada akhirnya baik secara ontologis maupun secara legal formal dapat meningkatkan profesionalisme guru dalam bidang pendidikan matematika (Marsigit)

58 comments:

  1. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Peran guru yaitu mengetahui perkembangan pendidikan matematika dan juga ikut berperan di dalamnya. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh guru adalah melalui penelitian. Dengan penelitian yang dilakukan guru memperoleh banyak manfaat antara lain guru mengetahui metode penelitian, guru mempelajari lebih dalam tentang ilmu matematika, guru mengasah kemampuan dalam pembelajaran matematika untuk lebih memperhatikan siswa dalam belajar, dan guru semakin ahli dalam mengkomunikasikan ide melalui hasil penelitiannya. Dengan penelitian berarti guru memikirkan hal-hal baru atau perubahan atau modifikasi yang harus dilaksanakan atau yang diperlukan dalam suatu pembelajaran. Penelitian tindakan kelas dirasa sebagai ukuran yang valid karena penelitian haruslah menggunakan metodologi yang telah ditentukan, seperti suatu nasihat bahwa 'percuma menguasai suatu materi tanpa menguasai metodologi dalam penelitian'.

    ReplyDelete
  2. Bayu Adhiwibowo
    16709251014 / S2 Pend. Matematika
    Penelitian yang selama ini dilakukan oleh para ahli, para mahasiswa yang digunakan untuk pembuatan skripsi, atau thesis bahkan disertasi akan menghasilkan banyak ilmu untuk para guru yang tidak melakukan penelitian. Ilmu-ilmu itu bisa juga kita terapkan dalam pembelajaran yang kita lakukan saat ini. Hal itu bisa dibuktikan dengan hasil penelitian mereka yang baik, maka bisa kita guanakan sebagai contoh. Bisa jug akita sebagai guru mencoba melakukan penelitian itu sesekali.

    ReplyDelete
  3. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs PEndidikan Matematika B 2016

    Peran penelitian dalam pengembangan pendidikan matematika. Penelitian sangat penting dilakukan agar pendidikan menjadi lebih bagus. Tujuan dilakukan penelitian dalam pengembangan pendidikan adalah; Untuk bahan masukan, meningkatkan mutu isi, proses serta hasil pembelajaran dan pendidikan di sekolah, untuk membantu tenaga kependidikan seperti guru dan lainnya dalam mengatasi masalah pendidikan dan pembelajaran baik di luar maupun di dalam kelas, untuk meningkatkan profesionalisme di dalam dunia pendidikan maupun tenaga kependidikan, Untuk menumbuhkan dan mengembangkan budaya akademik dalam lingkungan sekolah, sehingga bisa melakukan perbaikan mutu pembelajaran dan pendidikan secara berkelanjutan dan Untuk meningkatkan keterampilan bagi tenaga pengajar khususnya saat melakukan PBT, serta untuk meningkatkan kerja sama yang profesional di antara para pendidik maupun tenaga kependidikan.

    ReplyDelete
  4. ROFI AMIYANI
    S2 P.MAT A 2016
    16709251004

    Penelitian Pendidikan Matematika dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kualitas pendidikan matematika dapat dikategorikan, sudah sesuaikah proses belajar dengan idealitas pada pembelajaran matematika. Pemahaman cara pikir individu siswa dalam belajar matematika, memperoleh pemahaman bagaimana seorang guru memahami siswa, dan pengetahuan guru beserta praktisi pendidikan terhadap matematika semuanya tercover dalam penelitian. Sehingga dengan adanya penelitian, bila dilakukan dengan benar, dapat meningkatkan profesionalisme seorang guru.

    ReplyDelete
  5. RAIZAL REZKY
    16709251029
    S2 P.MAT B 2016

    penelitian sangatlah penting dalam pengembangan matematika di dunia pendidikan, hal ini terjadi karena dari suatu proses penelitian yang memperoleh bukti-bukti tentang suatu kebenaran dengan melakukan pembuktian yang bersifat empiris akan menghasilkan suatu inovatif baru dalam dunia pendidikan saat ini. bagi seorang guru ataupun calon guru pembelajaran yang inovatif disekolah itu sangatlah penting karena dari situlah dapat terlihat bagaimana seorang guru dapat terus mengembangkan pola pikir yang dimilikinya sehinga dari pengembangan pola pikir itu akhirnya terjadi proses pentransferan ilmu lebih baik lagi antara guru dan siswa. dan untuk mendapatkan itu semua guru hendaknya melakukan penelitian-penelitian.

    ReplyDelete
  6. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016

    Ya, menurut saya penelitian berperan penting dalam pengembangan matematika. Karena dengan adanya penelitian, kita bisa menemukan masalah dan berusaha menemukan solusi dari permasalahan tersebut. Begitu banyak masalah matematika yang coba diselesaikan dengan berbagai model dengan diadakannya penelitian di beberapa sekolah sehingga sebuah model dapat digeneralisasikan dan diambil kesimpulan. Semakin banyak ditemukan masalah semakin banyak pula yang melakukan penelitian dan mencarikan solusinya. Semakin pesat pula perkembangan pendidikan matematika.

    ReplyDelete
  7. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Dalam perkembangan zaman di era yang sekarang, penelitian dalam pendidikan memang perlu untuk dilakukan. Mengingat kebutuhan akan guru dan siswa dalam menghadapi perkembangan zaman kian banyak. Hal ini ditambah dengan era globalisasi yang ditandai dengan munculnya era MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) dan ekonomi digital yang tentunya memerlukan proses adaptasi yang berbeda.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  8. Nanang Ade Putra Yaman
    16709251025
    PPs PM B 2016

    Assalamualaikum

    Saya kira benar bahwa sebagai seorang atau calon guru matematika yang inovatif dituntut untuk selalu melakukan pembahasan mengenai bagaimana kita mendapatkan pengetahuan tentang pembelajaran matematika yang sesuai trend masa kini. Kita harus melebur dengan tuntutan zaman agar tidak tertinggal. Tantangan untuk berubah berkembang salah satunya lewat penelitian harus selalu diupayakan. Pembelajaran matematika inovatif, kreatif, berbasis masalah, berbasis IT, keyakinan untuk bermatematika sisiwa, membangun kultur matematika siswa adalah topik yang sering diteliti untuk dikembangkan. maka kita harus ikut serta dalam kegiatan-kegiatan yang demikian dalam rangka mengembangkan diri yang berdampak bagi kecerdasan matematika siswa. PTK adalah salah satu jenis penelitian yang baik agi guru sebagai salah satu alternative solusi dari berbagai permasalahan dikelas khususnya pembelajaran matematika siswa.


    ReplyDelete
  9. Nilza Humaira Salsabila
    16709251026
    Pendidikan Matematika kelas B PPs 2016

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Penelitian sangat berperan penting untuk mengambangkan pendidikan matematika. Penelitian akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan mutu pendidikan matematika di Indonesia. Melalui penelitian kita dapat memperoleh pengetahuan baru. Sebagai seorang yang bergelut di bidang pendidikan sudah sepatutnya kita menerapkan kebiasaan menulis atau melakukan penelitian. Akan banyak sekali manfaat yang terasa dengan dilakukannya penelitian.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  10. Fevi Rahmawati Suwanto
    16709251005
    PMat A / S2

    Penelitian merupakan suatu prosedur tertentu yang digunakan untuk memahami, memecahkan dan mengantisipasi masalah. Peran penelitian dapat dilihat dari tujuannya yaitu penemuan yakni data dari penelitian benar baru yang belum pernah diketahui sebelumnya; pembuktian yakni data yang diperoleh digunakan untuk membuktikan adanya keraguan terhadap informasi atau pegetahuan tertentu; dan pengembangan yaitu memperdalam dan memperluas pengetahuan yang ada. Maka peran penelitian dalam pengembangan pendidikan matematika yaitu dapat memperdalam dan memperluas pengetahuan matematika yang ada.

    ReplyDelete
  11. Misnasanti
    16709251011
    PPs PMAT A 2016

    sebagai seorang guru atau calon guru matematika yang inovatif dituntut untuk selalu melakukan pembahasan mengenai bagaimana kita mendapatkan pengetahuan tentang pembelajaran matematika yang sesuai dengan trend terkini. Pembelajaran matematika seperti juga ilmu lain mengalami perkembangan dan untuk itu penelitian oleh guru dalam rangka mengembangkan pendidikan matematika sudah tentu sangat diperlukan, Karena juga akan meningkatkan keprofesionalan guru. Maka dari itu, untuk dapat meningkatkan keprofesionalan seorang guru harus melakukan penelitian-penelitian untuk dapat mengembangkan sistem pembelajarannya secara ilmiah.

    ReplyDelete
  12. Johanis Risambessy
    167012510129
    PPs PEP B 2016

    Di zaman yang semakin maju ini, penelitian memegang peran penting dalam mengembangkan pendidikan matematika. Karena melalui penelitian, maka pendidik dituntut untuk dapat menemukan dan memecahkan masalah dalam pembelajaran matematika di sekolah. Ambil misal, Penelitian Tindakan Kelas yang dapat digunakan pendidik untuk melakukan penelitian dalam upaya untuk memperbaiki pembelajaran sekaligus mengembangan pendidikan matematika itu sendiri.

    ReplyDelete
  13. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    Dengan melakukan penelitian, artinya peneliti memberikan andil dalam pengembangan pendidikan matematika guna mengetahui masalah atau fenomena apa yang terjadi dan muncul dalam pembelajaran. Untuk menemukan inovasi-inovasi baru dalam pendidikan juga menjadi hal yang sangat bermanfaat untuk pengembangan pendidikan matematika. Manfaat ini akan mengalir sampai pada proses pembelajaran yang terbaik karena adanya penelitian yang melatarbelakangi, sehingga guru percaya diri terhadap proses pembelajarannya akan baik.

    ReplyDelete
  14. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Bagi seorang guru ataupun calon guru pembelajaran yang inovatif disekolah itu sangatlah penting karena dari situlah dapat terlihat bagaimana seorang guru dapat terus mengembangkan pola pikir yang dimilikinya sehinga dari pengembangan pola pikir itu akhirnya terjadi proses pentransferan ilmu lebih baik lagi antara guru dan siswa. dan untuk mendapatkan itu semua guru hendaknya melakukan penelitian-penelitian.

    ReplyDelete
  15. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Penelitian memegang peran penting dalam mengembangkan pendidikan matematika. Karena melalui penelitian, maka pendidik dituntut untuk dapat menemukan dan memecahkan masalah dalam pembelajaran matematika di sekolah.Dengan penelitian yang dilakukan guru memperoleh banyak manfaat antara lain guru mengetahui metode penelitian, guru mempelajari lebih dalam tentang ilmu matematika, guru mengasah kemampuan dalam pembelajaran matematika untuk lebih memperhatikan siswa dalam belajar, dan guru semakin ahli dalam mengkomunikasikan ide melalui hasil penelitiannya.

    ReplyDelete
  16. Wan Denny Pramana Putra
    16709251010
    PPs Pendidikan Matematika A

    Guru harus merubah mindset bahwa mengajar itu bukan sekedar mentransfer ilmu yang guru miliki kepada murid-muridnya tetapi mengajar itu adalah melayani kebutuhan siswa untuk belajar matematika. Agar bisa melayani kebutuhan siswa untuk belajar matematika, maka guru dituntut untuk melakukan penelitian. Maka sebenar-benar mengajar adalah kegiatan penelitian.

    ReplyDelete
  17. Kumala Kusuma Putri
    13301241020
    Pendidikan Matematika I 2013

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    In my opinion, research is really important thing in education world include mathematics education. Research can develope education world with new discoveries. In mathematics education, role of the research is really important to develope mathematics education. With research, we can find new something that can be used for mathematics learning. Just start from small thing in our environment. Make some question about it. Great inventors, like Newton, can find great theory from small thing. And that theory is a theory that we use until now. Isn't it great? From small thing become big thing. Research in mathematics education is just like that too. Research is really important. Research in mathematics education has many role to develope mathematics education. So, role of the research in mathematics education is really important to develope mathematics education. I think that is enough. Thank you.

    Wassalamualaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  18. Arif Dwihantoro
    13301244012
    Pendidikan Matematika C 2013

    Peran penelitian dalam pengembangan pendidikan matematika sangat penting. penelitian ini akan membuka ckrawala pengetahuan baik yang sebelumnya sudah ada ataupun pengetahuan baru terkait matematika ataupun pendidikan matematika.

    ReplyDelete
  19. Arif Dwihantoro
    13301244012
    Pendidikan MAtematika C 2013

    Dalam pembelajaran Matematika yang perlu terus dilakukan adalah terkait penelitian tindakan kelas sebagai upaya untuk terus mengupayakan pembelajaran matematika yang lebih baik dan meningkat dari berbagai segi atau aspek dalam pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  20. Nauqi Aprilia Putri
    13301241023
    Pendidikan Matematika A 2013

    Penelitian dalam pembelajaran matematika yang dilakukan oleh guru dapat menjadi salah satu cara pengembangan pendidikan matematika. Hal tersebut terjadi karena dengan melakukan penelitian, maka guru akan mengetahui cara – cara siswa dalam memecahkan suatu persoalan matematika. Yang mana cara yang dilakukan oleh tiap siswa dengan siswa yang lain berbeda. Sehingga, dapat diketahui mengenai alur pemikiran siswa yang akan terbentuk dalam benaknya. Dalam hal lain, sebagai seorang guru atau calon guru matematika yang inovatif dituntut untuk selalu melakukan pembahasan mengenai bagaimana kita mendapatkan pengetahuan tentang pembelajaran matematika yang sesuai dengan trend terkini. Tentunya, pendidikan matematika tidak boleh hanya sekadar terpusat pada guru, namun terpusat pada siswa yang mana juga merupakan pengembangan dari pendidikan matematika dan juga pembelajaran trend terkini.

    ReplyDelete
  21. MARTIN/RWANDA
    PPS2016PEP B
    First of all i would like to define the word mathematics,it is a science (or group of related sciences) dealing with the logic of quantity and shape and arrangement. if you look at the provided definition of mathematics, you can find that any thing occurs or planned to take place in the process of learning and teaching must be scientific. the research i appreciate in the teaching of mathematics is action research by the teacher to know what is going wrong in orsder to fix it, the second research i apreciate is experimental research that could be done by the teacher to know the effects of the approaches used in the teaching of mathematics.

    ReplyDelete
  22. Fatya Azizah
    16709251039
    Pendidikan Matematika B PPS UNY 2016

    peran penelitia dalam perkemangan pendidikan matematika tentu sangat besar. banyak hal yang kita tidak ketahui secara pasti mengenai dugaan dugaan yang berkaitan dengan kualitas pendiidkn bisa kita uji dengan adanya penelitian. hal in juga tentunya akan berdampak bagi terlaksananya inovasi pendidikan. karena itulah mahasiswa harus melakukan penelitian sebagai syarat kelulusan.

    ReplyDelete
  23. Andi Sri Mardiyanti Syam
    16701251031
    PPs S2 PEP Kelas B 2016

    Bismillah.
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    Seorang guru dituntut secara kretaiv dan inovatif dalam memfasilitasi transfer ilmu pengetahuan terhadap siswa. Hal tersebut tentunnya juga harus di dukung oleh regulasi pemerintah untuk dapat mensuport kerja keras guru dalam memfasilitasi transfer ilmu pengetahuan kepada siswa. Hal tersebut sudah mulai direalisasikan oleh pemerintah dengan menerbitkan kurikulum baru yakni kurikulum 2013 (K-13)sehingga kreativitas dan inovasi guru dalam memfasilitasi ilmu pengetahuan sudah memiliki payung hukum yang legal di mata pemerintah.

    Sekian, terima kasih.
    Wassalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  24. Khomarudin Fahuzan
    16709251041
    PPs Pend. Matematika B

    Penelitian itu bertujuan untuk mengatasi suatu permasalahan. Yang dilakukan dari identifikasi masalah yang ditemui. Kemudian dicari solusinya. Dalam pendidikan matematika tentu saja tidak terlepas dari permasalahan yang dihadapi, banyak masalah yang ditemui dalam proses pembelajaran. Bagaimana mengatasi masalah itu merupakan suatu penelitian. Sehingga guru itu pasti melakukan penelitian terhadap kelasnya. Apa masalahnya kemudian dicari penyelesaiannya. Sehingga peran penelitian sangat penting sekali dalam pembelajaran supaya dapat tercipta pembelajaran yang kondusif dan maksmal.

    ReplyDelete
  25. Syahrial
    16701251015
    S2 PEP kelas B 2016
    Sebagai seorang guru atau calon guru matematika yang inovatif dituntut untuk selalu melakukan pembahasan mengenai bagaimana kita mendapatkan pengetahuan tentang pembelajaran matematika yang sesuai dengan trend terkini.

    ReplyDelete
  26. Syahrial
    16701251015
    S2 PEP kelas B 2016
    Pengetahuan kita tentang aspek pembelajaran matematika dikehendaki sebagi pengetahuan yang bersifat ilmiah yaitu suatu pemahaman tentang cara bekerjanya pikiran individu siswa dalam mempelajari matematika, bagaimana memperoleh pemahaman tentang aspek pembelajaran secara arkitektural serta bagaimana seorang guru memahami adanya analogi-analogi di antara pengetahuan siswa, pengetahuan guru dan pengetahuan praktisi tentang pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  27. Erni Anitasari
    16709251007
    S2 Pend. Matematika Kelas A

    Penelitian pendidikan akan dilakukan oleh mereka yang peduli dengan dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pendidikan. Maka tidak jarang para guru yang terlibat langsung dengan siswa sering melakukan penelitian pengembangan untuk meningkatkan pembelajaran siswa yang diajarnya di sekolah.

    ReplyDelete
  28. Intan Fitriani
    13301241024
    Pend. Matematika A 2013

    Dalam melakukan penelitian, kita perlu mengikuti beberapa langkah tertentu untuk menghasilkan kesimpulan yang dapat diterima. Begitu pula dengan matematika, dalam membuktikan teori matematika kita perlu mengikuti kaidah tertentu untuk membuktikannya sehingga dapat diterima secara umum dan tidak menyalahi aturan yang berlaku.

    ReplyDelete
  29. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikna matematika c 2013

    penelitian dan pengemabnagn pendidikna atematika, menurut saya saya belajra adalah unuk mengamaljkannya (salah satunya menjaraknnya). dan saya mengajar untuk meneliti, jadi ada hubungan antara belajar (meningkatan didri dalam keilmuan), mengajar (memantapkan keilmuan) dan meneliti (menraokan/evaluasi ilmu pegetahuan). dengan demikian ketika para gur dan apraktisi pendidikan tersu melakuakn penlitian dalam kegiatan prose belajar menagjarnya dengan tren-tren pembelajran yang semakin maju dan berkembnag akan meberikan reflesi yang baik untuk guru, pesert a didik dan oang lain.karena enurut saya pendidikan itu bersifat flesibel seuai dengan ruang dan waktunya, sehinga dengan flesibiltas dan dinamisnya pembeajran akan menjadi pintu terbukanya inovasi-inovasi yang bermanfaat dalam kegiatan pembelajaran

    ReplyDelete
  30. ULFA LU'LUILMAKNUN
    16709251022
    S2 Pendidikan Matematika 2016 Kelas B

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Penelitian sangat penting dilakukan untuk perkembangan pendidikan matematika. Dari penelitian, peneliti dapat menjelaskan atau memberikan informasi tentang peristiwa-peristiwa atau metode-metode yang baru pada pendidikan matematika. Penelitian pendidikan matematika juga berfungsi untuk memperbaiki proses pembelajaran di kelas, dimana para pendidik dapat menggunakan hasil penelitian tersebut untuk memilih metode yang tepat dalam kegiatan belajar mengajarnya.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  31. RAIZAL REZKY
    16709251029
    S2 P.MAT B 2016

    Seorang guru matematika dituntut untuk aktif dan kreativ dalam menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini, dimana para guru matematika juga dituntut agar melakukan penelitian di lingkungan masyarakat untuk mengetahui masalah-masalah matematika yang ada dimasyrakat pada umumnya dan yang di alami oleh siswa pada khususnya. Dengan demikian peran penelitian terhadap pembelajaran matematika sangatlah bermanfaat.

    ReplyDelete
  32. Sumbaji Putranto
    16709251028
    Pend. Matematika S2 Kelas B

    Penelitian dalam dunia pendidikan harus terus berkembang dan dilakukan. Hal tersebut bertujuan agar pendidikan yang ada sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan jaman. Penelitian dalam dunia pendidikan juga dapat menumbuhkan inovasi-inovasi baru dalam dunia pembelajaran. Inovasi-inovasi ini diharapkan dapat membantu proses pembelajaran agar lebih menarik, inovatif, dan memperoleh hasil yang optimal sehingga tujuan dari pendidikan nasional dapat tercapai.

    ReplyDelete
  33. Jahidatu Lis Silmi I'la Alhaq
    16701251022
    S2 PEP B 2016

    Seorang pendidik memang harus kreatif, inovatif, dan bisa mengikuti perkembangan zaman dalam kegiatan belajar mengajar. Pendidik juga mempunyai peran penting dalam mengembangakan pendidikan. Pengetahuan dan profesionalisme juga perlu ditambah agar bisa memaksimal dalam pengembangan pendidikan.

    ReplyDelete
  34. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Penelitian tentu memiliki peranan penting di seluruh aspek kehidupan dunia. Tidak hanya pendidikan, sosial, budaya dan ekonomi semuanya mengacu pada penelitian untuk membuat kebijakan maupun gagasan dan wacana baru. Pendidikan matematika yang sifatnya juga universal dan memiliki peranan penting bagi kemajuan pendidikan dari segala sektor, tentu dituntut untuk selalu melakukan pengembangan yang salah satunya dengan cara penelitian. Maka, penelitian berbanding lurus dengan pengembangan dunia pendidikan.

    ReplyDelete
  35. RISKA AYU ARDANI
    16709251021
    PMAT KELAS B PPS UNY 2016

    Pada dasarnya riset atau penelitian adalah setiap proses yang menghasilkan ilmu pengetahuan.
    Adapun pengertian penelitian menurut para ahli adalah :
    1. Fellin, Tripodi & Meyer (1996) => Penelitian adalah suatu cara sistematik untuk maksud meningkatkan, memodifikasi dan mengembangkan pengetahuan yang dapat di sampaikan (dikomunikasikan) dan diuji (diverifikasi) oleh peneliti lain. Penelitian di bidang pendidikan matematika sangat diperlukan untuk memeperoleh inovasi terbaru dan bahkan mengidentifikasi apa saja yang menjadi kekurangan dalam proses pembelajran matematika. pada dasarnya kekurnagan tidak akan pernah habis dan inovasi tidak pernah berhenti. namun hal ini perlu dilakukan untuk mendapatkan kondisi yang selalu diduga dan dianggap baik pada segala kondisi dalam proses belajar matematika.

    ReplyDelete
  36. Arifta Nurjanah
    16709251030
    PPs P Mat B

    Guna meningkatkan profesionalisme guru dalam bidang pendidikan matematika, guru perlu melakukan perubahan paradigma pembelajaran menuju pembelajran yang inovatif. Inovasi yang baik perlu disusun secara sistematis melalui penelitian. Tanpa adanya penelitian, inovasi yang dilakukan belum tentu sesuai dengan kebutuhan siswa. Maka perlu diselidiki apa-apa saja yang sesuai dengan kebutuhan siswa, bagaimana kualitas pembelajaran yang dilakukan, bagaimana peran sumber belajar yang digunakan, dan lain sebagainya. Selain itu, penelitian juga berperan penting dalam menjawab permasalahan yang ada di dalam pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  37. Miftahir Rizqa
    16701261027
    PEP Kelas A
    Penelitian penting dilakukan untuk pengembangan ilmu pendidikan matematika. penelitian dilakukan berkaitan dengan kegiatan siswa dalam pembelajaran. sejauhmana siswa memahami pembelajaran, di mana kesulitan siswa dalam memahami materi pembelajaran, dan sebarapa besar tingkat kesulitan siswa dalam memahami materi pembelajaran. Tidak hanya itu, bagaimana solusi yang tepat untuk menangani masalah yang demikian sehingga pembelajaran dapat terlaksana dengan baik.

    ReplyDelete
  38. Miftahir Rizqa
    16701261027
    PEP Kelas A
    Peran penelitian tidak hanya untuk siswa tetapi begitu juga dengan guru. Penelitian dapat memberikan gambaran kepada guru mengenai kegiatan pembelajaran yang dilakukan di kelas. Apakah tujuan pembelajaran sudah tercapai dengan baik? jika belum di mana letak permasalahannya dan bagaimana solusinya. Apakah metode guru sudah tepat dengan materi pembelajaran? dan lain-lain.

    ReplyDelete
  39. Miftahir Rizqa
    16701261027
    PEP Kelas A
    Penelitian akan memberikan pencerahan bagi guru dalam kegiatan pembelajaran. Menjadi guru profesional tidak bisa lepas dari kegiatan penelitian terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Penelitian dapat memberikan informasi yang akurat mengenai permasalahan-permasalahan yang terjadi di lapangan. Dengan demikian informasi tersebut dapat dijadikan sebagai landasan berpijak untuk melakukan perbaikan dalam kegiatan pembelajaran.

    ReplyDelete
  40. Peran penelitian dalam pengembangan pendidikan matematika sangatlah penting. Dengan adanya penelitian guru dapat melakukan evaluasi dari semua aspek yang terkait dalam proses pembelajaran seperti metode, model dan implementasi pembelajaran yang bisa diamati langsung dalam proses pembelajaran di kelas maupun dari hasil perolehan nilai siswa sebagai output dari pembelajaran.

    Triwid Syafarotun Najah
    16701261011
    PEP S3 (A) 2016

    ReplyDelete
  41. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    PPs PEP B 2016

    Sebagai seorang edukator atau pendidik, baik tingkat dasar hingga menengah perlulah untuk tetap melakukan penelitian pendidikan. Hal tersebut dimaksudkan untuk memberikan solusi atas permasalahan yang terjadi atau mengembangkan suatu model, metode, atau startegi yang mampu meningkatkan mutu peserta didik.

    ReplyDelete
  42. Faqih Mu'tashimbillah
    12313244030
    Pend Matematika Internasional

    Penelitian dalam dunia pendidikan harus selalu dikembangkan.
    Hal tersebut dimaksudkan agar pendidikan yang ada sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan jaman.
    Penelitian dalam dunia pendidikan juga dapat menumbuhkan inovasi-inovasi baru dalam dunia pembelajaran.
    Inovasi-inovasi ini diharapkan dapat membantu proses pembelajaran agar lebih menarik, inovatif, dan memperoleh hasil yang optimal.

    ReplyDelete
  43. Penelitian bagi seorang guru matematika sangat berguna untuk meningkatkan profesionalismenya dalam bidang pendidikan. Guru harus selalu mengkaji setiap permasalahan yang dihadapi selama proses pembelajaran. Mengevaluasi dan merefleksikannya sebagai upaya penyegaran dan penambal kekurangan dalam mengajar. Mempelajari dan merealisasikan metode yang tepat untuk siswanya. Semua itu tentu dilaksanakan berdasarkan pengalaman mengajarnya. Untuk itu diperlukan penelitian tindakan kelas bagi guru sebagai upaya evaluasi pembelajarannya selama ini. Dimana dalam pelaksanaannya mengacu pada sistematika dan tata cara pelaksanaan metode ilmiah yang tentu hasil yang diperoleh dapat dipetakan dengan rinci dan jelas dikarenakan adanya landasan pengkajian ilmiah di dalamnya.
    Abidin
    16709251002
    S2 Pmat A 2016

    ReplyDelete
  44. Dalam rangka perbaikan dunia pendidikan khususnya pendidikan matematika, guru di tuntut untuk melakukan inovasi dalam setiap pembelajaran. Untuk memilih dan memilah strategi/ model apa yang sesuai dengan karakteristik materi yang d ajarkan. Seorang guru harus mampu melakukan penelitian sebagai dasar pengetahuan ilmiah sesuai dengan metodologi ilmiah sehingga akan memperoleh kebenaran yang diterima secara emperis dan teoritis.

    ReplyDelete
  45. Firda Listia Dewi
    16701251014
    S2 PEP B 2016

    Penelitian dapat dipakai untuk mengetahui sejauh mana peserta didik menguasai materi pelajaran dan guru mendapatkan pengalaman yang bermakna mengenai metode apa yang cocok diberikan pada peserta didik untuk materi yang dianggap sulit. Guru akan lebih berpengalaman untuk menerapkan bermacam-macam metode mengajar yang akan digunakan. Dengan adanya penelitian dapat meningkatkan profesionalisme guru dalam mengajar.

    ReplyDelete
  46. Firda Listia Dewi
    16701251014
    S2 PEP B 2016

    Setiap guru mata pelajaran diharapkan untuk mencoba melakukan penelitian tindakan kelas karena banyak sekali manfaatnya, selain untuk menumbuhkembangkan proses belajar siswa guru akan selalu bertambah pengalamannya baik dalam hal menulis, maupun dalam hal pengetahuan atau wawasannya luas. Kegiatan penelitian dapat untuk melakukan supervisi dan evaluasi terhadap guru dalam proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  47. LINA
    16701261022
    PEP-A/2016

    Guru dan dosen yang baik adalah pengajar yang juga melakukan penelitian. Pengajar tidak hanya menyampaikan ilmu/knowledge, tetapi juga melakukan penelitian terhadap seluruh proses belajar-mengajar. Proses penelitian dilakukan bersama dengan proses belajar-mengajar dengan. Tujuan penelitian yang dilakukan adalah untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar, untuk mendapatkan efektivitas belajar-megajar.

    ReplyDelete
  48. LINA
    16701261022
    PEP-A/2016

    "Penjelasan mengenai fenomena yang terjadi dalam proses belajar matematika sebagai suatu deskripsi kebenaran, memerlukan langkah-langkah empiris yang bersifat rasional untuk memperoleh teori tentang kebenaran dan idealitas praktek pembelajaran matematika. "

    Inti dari penelitian yang dilakukan oleh seorang guru adalah untuk menjawab dan menjelaskan pernyataan di atas. Jawaban dari pernyataan di atas dapat memberikan inovasi dalam proses pembelajaran di kelas.

    ReplyDelete
  49. LINA
    16701261022
    PEP-A/2016

    Setiap pengajar, tidak hanya pengajar matematika, perlu melakukan inovasi atas proses pembelajaran yang dilakukannya. Hal ini perlu dilakukan untuk menciptakan proses belajar yang efektif dan efisien. Inovasi yang dilakukannya harus berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan saat proses pembelajaran berlangsung.

    ReplyDelete
  50. Fitri Wulandari
    16701261018
    S3 PEP Kelas A

    Kegiatan penelitian dalam pengembangan pendidikan matematika menurut saya memegang peranan yang penting, karena tujuan dari penelitian adalah untuk mengupgrade pengetahuan pendidik terhadap perkembangan baru didunia pendidikan. Guru tidak terkungkung menggunakan bahan ajar yang sama dari tahun-ketahun. Dengan adanyanya penelitian, guru dapat meningkatkan pola dan bahan ajar, melengkapi apa yang selama ini sudah ada.

    ReplyDelete
  51. Fitri Wulandari
    16701261018
    S3 PEP Kelas A

    Pengembangan pendidikan matematika memerlukan inovasi dari para pendidiknya. Selain untuk meningkatkan pemahaman peserta didik, dengan adanya inovasi diharapkan siswa menjadi tertarik dan tidak bosan, sehingga pelajaran matematika tidak lagi menjadi suatu boomerang sebagai pelajaran yang sulit, namun menjadi pelajaran yang menyenangkan

    ReplyDelete
  52. Fitri Wulandari
    16701261018
    S3 PEP Kelas A

    Untuk meningkatkan profesionalitas guru dalam bidang matematika, maka guru harus meningkatkan pengetahuannya, salah satu langkahnya adalah dengan melakukan penelitian. Kegiatan pembelajaran matematika sebaiknya dikembangkan dengan mengkaitkan materi dengan permasalah sehari-hari, sehingga dapat melatih logika siswa, dan hal ini memerlukan inovatisi dari guru. Untuk dapat menghasilkan inovasi-inovasi tersebut, peran penelitian sangat penting. Tentang bagaimana memperoleh pemahaman tentang aspek pembelajaran secara arsitektural serta bagaimana seorang guru memahami adanya analogi-analogi diantara pengetahuan siswa, pengetahuan guru dan pengetahuan praktisi tentang pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  53. Fitri Wulandari
    16701261018
    S3 PEP Kelas A

    Melihat betapa banyak manfaat yang dapat diperoleh jika seorang pendidik melakukan penelitian, lalu kenapa masih banyak juga pendidik yang malas untuk meneliti? Mungkin kita perlu meneliti untuk mengetahui jawabannya.

    ReplyDelete
  54. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Peran penelitian dalam pengembangan lmu dapat diinjau dari beberapa aspek:1)Peran penelitian sebagai pemecahan masalah. Dalam hal ini meningkatkan kemampuan untuk menginterpretasikan fenomena-fenomena dari suatu masalah yang kompleks dan kait mengait;2)Peranan penelitian sebagai pemberi jawaban atas pertanyaan-pertanyaan dalam bidang yang diajukan. Dalam hal ini meningkatkan kemampuan untuk menjelaskan atau menggambarkan fenomena-fenoena dari masalah-masalah dan peertanyaan pertanyaan yang bersangkutan tersebut;3)Peranan penelitian untuk mendapatkan pengetahuan dan ilmu baru. Dalam hal ini berfungsi untuk menemukan pengetahuan/ilmu yang baru yang mana belum diketahui atau sama sekali belum pernah diterapkan dalam masyarakat yang bersangkuta

    ReplyDelete
  55. Siska Nur Rahmawati
    16701251028
    PEP-B 2016

    Selain sumber bacaan yang relevan, penelitian dapat digunakan sebagai sumber ilmu dalam melakukan pembelajraan di kelas. Penelitian dapat memberika guru pandangan dan saran untuk mengembangkan sebuah metode mengajar yang inovatif. Dengan adanya penelitian, guru juga memperoleh pemahaman bagaimana seharusnya pembelajaran matematika itu diterapkan di dalam kelas sesuai dengan tahap perkembangan peserta didik.

    ReplyDelete
  56. KASYIFATUN AENI
    13301241055
    PMA 13

    Seiring dengan perubahan dan perkembangan zaman, kita banyak dihadapkan dengan permasalahan, ancaman, serta tantangan baru. Karenanya, perlu dilakukan penelitian untuk menemukan alternatif dan solusi dari permasalahan yang dihadapi dengan mengembangkan apa yang ada. Penelitian penting dalam seluruh aspek kehidupan, termasuk dalam dunia pendidikan, terkhususnya lagi pendidikan matematika. Untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi di lapangan dan untuk membuat inovasi-inovasi baru dalam pembelajaran sudah tentu perlu dilakukan penelitian. Hal itu menjadi hal yang penting bagi guru dalam rangka meningkatkan profesionalitasnya dalam melayani kebutuhan siswa.

    ReplyDelete
  57. Annisa Eprila Fauziah
    16709251040
    PPs P.Mat B 2016

    Penelitian berperan penting dalam pengembangan dunia pendidikan. Dengan penelitian, seorang guru atau peneliti akan meninjau banyak permasalahan yang ada di dalam dunia pendidikan, khususnya di lingkungan sekolah karena sekolah merupakan tempat formal di mana para generasi penerus bangsa menuntut ilmu. Dengan mengambil beberapa masalah yang ada dalam sekolah, dicoba di analisis dan kemudian diberikan eksperimen atau perlakukan untuk mengetahui solusi dari permasalahan yang ada.

    ReplyDelete
  58. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

    Menurut Karlinger (1986) penelitian ialah proses penemuan yang mempunyai karakteristik sistematis, terkontrol, empiris dan mendasarkan pada teori dan hipotesis atau jawaban sementara. Penelitian dapat berperan sebagai pengembangan ilmu pengetahuan. Dengan melakukan penelitian, seorang guru matematika dapat mengetahui tentang pembelajaran matematika yang sesuai dengan trend terkini yang dapat meningkatkan kualitas mengajar yang berimplikasi pada kualitas belajar siswa sehingga guru dapat melakukan inovasi dalam proses pengajarannya.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id